You are on page 1of 9

3.

4 Perencanaan (Rencana Strategi)
NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegi Indikator Metode Media Dana Waktu PJ
atan
1 M1 (Ketenagakerjaan)Dilakukan dimulai tanggal 17 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok
a. Jumlah perawat Memenuhi Perawat a. Memberikan a. Pemenuhan Tanya Surat - Minggu I Ke
pada shif sore jumlah perawat ruang saran kebutuhan jawab dan permohona Keterang pal
tidak sebanding sesuai dengan bougenville mengajukan dasar klien diskusi n, jadwal an jam a
dengan jumlah jumlah pasien. permintaan terpenuhi dan pembagian kerja: rua
pasien, pada penambahan pasien jaga Shif pagi: nga
standarnya jumlah menyatakan perawat 07.00. n
jumlah minimal pegawai. puas dengan yang Shif dan
perawat sore b. Menerima pelayananan sesuai. siang: bag
yaitu 3 orang. pegawai yang ada. 14.00. ian
seperti TKS. b. Beban kerja Shif kep
perawat tidak malam: ega
terlalu tinggi 21.00 wai
karena ada an.
tambahan
pegawai.
b. Dari tingkat Mempermudah Perawat a. Memberi saran a. Perawat Tanya a. Terdapat - Minggu I
pendidikan dan ruang agar ruangan jawab dan struktur
responden yang mempercepat bougenville melanjutkan mengetahui diskusi organisasi
paling banyak serta efisienya pendidikan ke peran dan ruangan.
adalah kerja perawat jenjang yang fungsinya b.Terdapat
responden karena lebih tinggi. b. Kinerja perawat SOP atau
dengan tingkat memiliki b. Memberi saran baik dan bagan alur
pendidikan D3 tambahan ilmu agar menerima memuaskan bagan
keperawatan dan pegawai terhadap tindakan
dan 1 orang keterampilan dengan latar pelanyanan keperawat
dengan yang mumpuni belakang yang diberikan. an.
pendidikan pendidikan c. Perawat dapat
SPK. strata satu. bekerja dengan
cepat, terampil
dan efisien.

73

Minggu I gelang nama sarana dan bougenville dan umur pasien dapat nama dan nama pasien. Menganjurkan Perawat dapat Tanya Uraian . Tidak terdapat Memanfaatkan Ruang a. yang ada pelatihan ilmu yang terbaru. d. pada setiap c. Memberi saran untuk mengikuti seminar-seminar keperawatan terbaru. 2 M2 (Sarana dan Prasarana)Dilakukan dimulai tanggal 17 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok a. memasangkan b. Gelang nama Menulis Gelang . Jika dilihat dari Keterampilan Perawat a. Meminimalisir/ nama dan nnya pada menghindari memasang 74 . Minggu I pelatihan yang perawat ruang untuk mengikuti jawab dan tugas telah diikuti bertambah dan bougenville melakukan kegiatan seminar diskusi petugas perlu dilakukan perawat dapat pelatihan yang dan pelatihan. Memberi saran ruangan kepada kepala termasukruang ruangan agar Bougenville mengkoordinasi kan pegawainya agar dapat mengikuti pelatihan- pelatihan yang baru. diruangan BTCLS karena terbaru b. gelang mungkin. prasarana pasien ada mempermudah umur pasien ruangan gelang nama dalam mencari pasien ada seoptimal dan pasien.NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegiatan Indikator Metode Media Dana Waktu PJ 1 M1 (Ketenagaan)Dilakukan dimulai tanggal 23 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok c. Menulis nama a. Memberi saran tindakan agar mengikuti kegawatdarurata pelatihan n diperlukan ACLS/BTCLS.

Tidak Menciptakan Ruang a. Mengajarka n cara pemasangan pita sampiran. b. bersih. Membantu dan k peniti dan memudahkan ketentuan perawat dalam pita melakukan sampiran. penggunaan b. Menjelaskan a. rapi dan pasien dan nyaman. NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegiat Indikator Metode Media Dana Waktu PJ an 2 M2 (Sarana dan Prasarana)Dilakukan dimulai tanggal 17 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok b. Menciptakan Komuni Pita Iuran Minggu tersedianya pita ruangan yang bougenville kepada ruangan yang rapi kasi sampiran kelom I. III sampiran/tenda. kesalahan kannnya dalam ada pasien memberikan asuhan kepada pasien. Tetap mengingatka n pasien setiap hari agar tetap memasang pita sampiran dan menyimpan nya jika tidak 75 . observasi pasien. terapeuti dan pok dan IV nyaman. pasien. II. c.

Membeli 1 Mempermudah . IV yang dirawat lain yang ingin pembuatan dirawat diruang diruang mengetahui daftar nama bougenville bougenville nama pasien pasien yang sedang b. Tidak tersedia Menambah Ruang a. NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegi Indikator Metode Media Dana Waktu PJ atan 2 M2 (Sarana dan Prasarana) Dilakukan dimulai tanggal 17 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok d. pelabelan nama kesalahan setiap obat dalam mengambil perekat ok III. Menulis dirawat nama pasien diruang yang sedang bougenville dirawat diruang bougenville e. Meletakkan pasien ataupun pasien yang alat-alat keluarga pasien dirawat di tersebut ruang dengan rapi Bougenville dan menyusun sesuai pada tempatnya. IV yang dapat keluarga keperawatan dengan media cetak dibagikan kepada pasien serta b. Leaflet Iuran Minggu benner/leaflet pengetahuan bougenville leaflet dan pengetahuan pasien dan benner Kelo I. daftar pasien ataupun pihak untuk pasien yang sedang pok III. II. keperawatan kepada benner serta keluarga mpok III. c. Tidak ada/ Memudahkan Ruang a. II. membuat Memudahkan dan Kertas Iuran Minggu kurang jelasnya dan mencegah bougenville label nama mencegah kesalahan dan lem kelomp I. Tidak tersedia Memudahkan Ruang a. IV obat pasien dalam berdasarkan obat bagi pasien mengambil raknya 76 . dipakai. II. Papan Iuran Minggu papan nama keluarga bougenville papan tulis memperoleh data tulis kelom I. Membuat Menambah .

ruangan sudah terlaksana jawab cetak kelom II a. dan dan pok satu hari menetapkan dan untuk diskusi pemanfa sebelum kasus perawat menerima atan pelaksanaan minimal pelaksana serta jaringan ronde satu hari mengaplikasi internet b. internet NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegi Indikator Metode Media Dana Waktu PJ atan 3 M3 (Metode)Dilakukan dimulai tanggal 24 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok a. akademik serta tim kolaborasi dokter dan ahli gizi Ronde Pelaksanaan Kepala a. obat bagi kemudian pasien ditempelkan pada bagian depan rak obat tersebut 3 M3 (Metode)Dilakukan tanggal 31 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh kelompok 1 manajemen keperawatan ruang bougenvil bersama pembimbing lahan. keperawatan dalam langkah ronde dilakukan pelaksanaan keperawatan sesuai ronde dengan keperawatan. Jarang a. ronde Kepala a. Jarang keperawatan Ketua tim mampu dan dan pok dilakukan dengan optimal dan memimpin diskusi pemanfa ronde sesuai prosedur perawat jalannya atan keperawatan pelaksana ronde jaringan di ruangan. ruangan mau sudah terlaksana jawab cetak kelom II kasus minimal berjalan dan Ketua tim dan mampu . keperawatan. Ronde sebelum kan ilmu keperawatan pelaksanaan keperawatan jarang ronde yang didapat dilakukan sesuai b. 77 . Perawat Ronde Keperawatan Tanya Media Iuran Minggu menetapkan keperawatan ruangan. Ronde khususnya dengan langkah. Kepala Ronde Keperawatan Tanya Media Iuran Minggu Keperawatan ronde ruangan.

Intervensi keperawatan tercatat didalam buku khusus (format) d. Perawat ruangan harus mampu melaksanaka n ronde keperawatan sesuai dengan lengkah- langkah ronde keperawatan 78 . b.langkah. Perawat langkah primer ronde menjelaskan keperawatan intervensi keperawatan yang akan dilaksanakan untuk pasien c.

Selama ini d. Sentralisasi atan format yang ada bersama perawat obat dilakukan masih obat oral. Teknik obat oral/injeksi sentarlisasi obat pada pasien belum jelas 79 . sentralisasi obat dilaksanakan Perawat b. Melaksanakan dilaksanakan dan pok III. c. Mendokumentas sentralisasi obat ikan setiap untuk pasien pemberian obat d. dengan baik. obat format cetak Kelom I. Alat-alat f. IV belum optimal secara optimal Associate kegiatan sesuai format. Mendokumentas c. injeksi dan yang c. memberikan e. Pelaksanaan obat dan sentralisasi obat. setiap hari. Sentralisasi lain tercampur ikan hasil obat dari salah satu pelaksanaan terdokumentasi keduanya sentralisasi obat. ruangan. Selama ini sentralisasi obat b. pemanfa b. Membuat tabel kesehatan hanya double check sebagian ada bagi 2 perawat dengan jumlah sebelum terbatas.NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegiatan Indikator Metode Media Dana Waktu PJ 3 M3 (Metode)Dilakukan dimulai tanggal 24 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok Sentralisasi Obat Sentralisasi Ketua Tim a. II. Sentralisasi Pengisian Media Iuaran Minggu a. Membuat format a. Membuat format belum ada serah terima format obat persetujuan e.

Perawat mengisi absensi terima tentang timbang terima melaksanak setiap hari (datang masalah (overan). sehingga pasien d.NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegiatan Indikator Metode Media Dana Waktu PJ 3 M3 (Metode)Dilakukan dimulai tanggal 17 Mei 2017 dan dilaksanakan setiap pagi oleh ketua tim dan setiap shift sore dan malam oleh perawat pelaksana yang melaksanakan dinas saat itu Overan (timbang a. keperawatan b. Timbang Tanya Format . Menyusun format lebih di timbang terima fokuskan pada pasien serta diagnose medis petunjuk teknis dibandingkan pengisianya lebih menekankan pada masalah aspek dan masalah keperawatan keperawatan. waktu saat waktu. Perawat Kepala a. nurse station diskusi IV kurang tepat terima tepat Perawat b. Associate diwajibkan b. melihat dilanjutkan dahulu c. Perawat dan di pasien. masih terbatas kondisi secara langsung. Timbang terima terima di c. Masalah pasien e. Timbang langsung dengan dilanjutkan terima kondisi pasien. Menentukan a. Timbang terima yang sudah (overan) nurse dilakukan di nurse dan belum dilakukan tanpa station dan station terlebih teratasi. II. Perawat mengisi rencana format timbang tindakan belum terima setiap kali spesifik pergantian shift. a. 80 . Dokumentasi langsung kondisi pasien dengan baik. Perawat mengikuti Ketua jawab timbang dilakukan di dan terima III. an timbang dan pulang). dan terkadang timbang Tim terima. Isi timbang dilakukan b. melihat dengan melihat terdokumentasi c. d. penanggung terima jawab timbang I. Minggu terima) mampu Ruangan.

. . Mengisi pada infeksi bdan pok dan IV kamar pasien. informasi leaflet mengatur tempat membawa c. rumah. . . c. Membeli alat Agar setiap . Tempat Iuran Minggu (DischargePlanni pasien yang bougenvile tempat leaflet. 81 . . III ng) pulang dapat b. nosokomial tempat tempat nosokomial tempatn diruangan. III depan setiap infeksi bougenville b. yang sudah b. . Softa Iuran Minggu softa man di terjadinya ruangan man. angka kejadian man kelom II. - 5 M5 (Mutu)Penyediaan sarana dan prasarana pada tanggal 30 Mei 2017 dan dilaksanakan oleh semua anggota kelompok Menyediakan Tidak Pasien a. Membeli softa a. dibaca di ruang bougenvile. pasien yang leaflet kelom II. 4 M4 (Keuangan) . Memberikan penjelasan dan arahan agar keluarga dan pasien dapat menggunakannya. Mengisi dengan tentang leaflet di sebelah pulang leaflet leaflet yang sering penyakitnya. ruangan nurse agar dapat digunakan di station. . Memasang alat pulang mendapat dan pok dan IV Membuat dan mengambil dan pada dinding. diri. Mengurangi . Alat pelindung ya disiapkan. Dokumentasi NO Masalah Tujuan Sasaran Program/Kegiatan Indikator Metode Media Dana Waktu PJ 3 M3 (Metode)Penyedian sarana dan prasarana dimulai tanggal 27 Mei 2017 dan pendidikan kesehatan pada pasien yang pulang dilaksanakan oleh semua anggota kelompok Rencana pulang Agar setiap Ruang a. f.