PENGAJUAN RENCANA PEMBENTUKAN

IKATAN ALUMNI SMK N 1 TRUCUK KLATEN

DI SUSUN OLEH
ASRI SUSANTI
ALUMNI KIMIA INDUSTRI 2009/2010

PENGERTIAN
Paguyuban alumni adalah wadah pengembangan bagi komuinitas non partisan
yang tumbuh atas dasar kesadaran, kebersamaa, keakraban, kekeluargaan dan rasa
tanggung jawab social DARI, OLEH dan UNTUK alumni dan keluarga alumni, khususnya
alumni SMK N 1 TRUCUK Klaten, yang bergerak dibidang social kemasyarakatan dan
kesejahteraan sosial.

Alumni adalah sebuah kata dari bahasa latin yang berarti bekas pelajar atau
mahasiswa pada sebuah sekolah / perguruan tinggi yang merupakan perjalanan atau sejarah
hidup manusia.

Dari pengertian tersebut diatas kita menyadari bahwa secara individu kita
mempunyai perjalanan hidup yang kita lalui dengan berbagai perjuangan yang tak kenal
lelah, hingga pada saat ini kita bisa merasakan hasil dari sebuah perjuangan itu. Dan selama
kurun waktu tiga dasawarsa, secara tidak sadar kita telah melupakan sebagian kecil dari
sejarah hidup kita. Oleh sebab itu agar kita bisa mengingat kembali kenangan akan sejarah
itu, maka pada tanggal … bulan …tahun ….telah terbentuk wadah yang bisa menjembatani
kita bersama dalam merajut kembali benang – benang sejarah dan memori kenangan kita di
masa SMK yang terbentuk dengan “PAGUYUBAN ALUMNI SMK N 1 TRUCUK”.

Dengan terbentuknya paguyuban ini kami mengharap partisipasi dan peran aktif dari
seluruh alumni SMK N 1 TRUCUKyang berada di daerah maupun di luar daerah agar dalam
pelaksanaannya nanti benar-benar bisa membantu dan menjadi motivator dalam
meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga alumni.

Akhirnya dengan mengucap BISMILLAHIR ROHMANNIR RAHIM marilahkita
rapatkan barisan demi satu tujuan yaitu :

“ALUMNI SMK N 1 TRUCUK YANG SEJAHTERA”

3. Mengadakan kegiatan social kemasyarakatan dalam komunitas alumni dan di lingkungan masyarakat. 2. 1. Mengadakan kegiatan reuni secara berkala pada tahun-tahun yang akan datang. 1. dan sosial kemasyarakatan. berguna bagi bangsa dan negara. Alumni yang berhasil. MISI . 7. Membantu dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan alumni. Paguyuban alumni dibentuk dengan mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan. Mengangkat harkat dan martabat alumni dan SMK N 1 TRUCUK 2. bahagia dan sejahtera merupakan tujuan yang utama alumni yang dididik dan dibina oleh segenap tenaga pendidik yang professional sehingga menjadi warga negara yang dan fungsional. 5. Mengadakan koordinasi. VISI MISI TERBENTUKNYA PAGUYUBAN ALUMNI SMK N 1 TRUCUK VISI . Berusaha menjadi motifator terhadap alumni yang “BELUM BERHASIL” 6. persaudaraan. Membentuk dan mewujudkan komunitas alumni yang berke – Tuhanan Yang Maha Esa dalam diri pribadi. sehingga terlahir generasi-generasi muda yang mumpuni. musyawarah dan kegiatan lainnya minimal setiap bulan sekali. kebersamaan. SMK Negeri 1 TRUCUK membawa rahmat bagi semua alumni. 3. keakraban. Melestarikan jalinan kekeluargaan terhadap almamater ( SMK Negeri 1 TRUCUK) dan antar alumni. 8. Memberi santunan dan atau beasiswa kepada siswa SMK N 1 TRUCUK yang berprestasi terutama dari kalangan keluarga yang tidak mampu. 4. berbudaya dan berakhal mulia. . 9. keluarga dan masyarakat luas.

Tugas 1. 3. Tugas 1. Bersama-sama Sekretaris dan Bendahara merancang agenda mengupayakan pencarian dan penggalian sumber dana bagi aktifitas operasional dan program paguyuban 6. Bersama-sama Sekretaris menandatangani surat-surat yang berhubungan dengan sikap dan kebijakan paguyuban. Merumuskan segala kebijakan di Seluruh Bidang dalam pengurusan 4. Mewakili Ketua apabila berhalangan untuk setiap aktifitas dalam roda paguyuban. 8. 2. Tanggungjawab Mengkoordinasikan dan mengpaguyubankan seluruh penyelenggara program kerja di Seluruh Bidang dalam pengurusan dan mempertanggungjawabkan kepada ketua. Mengoptimalkan fungsi dan peran Wakil Ketua agar tercapainya efisiensi dan efektivitas kerja paguyuban. Kewenangan Membuat dan mengesahkan seluruh keputusan – keputusan dan kebijakan- kebijakan paguyuban melalui kesepakatan dalam forum rapat Pengurus Pleno (RPP). c. b. Mewakili paguyuban untuk membuat persetujuan/kesepakatan dengan pihak lain setelah mendapatkan kesepakatan dalam RPP 3. c. KEPENGURUSAN KETUA a. Mengawasi seluruh penyelenggaraan program kegiatan di seluruh bidang dalam pengurusan SEKRETARIS . Mengkoordinasikan dan mewakili kepentingan paguyuban di Seluruh Bidang dalam pengurusan. b. Memelihara keutuhan dan kekompakan seluruh pengurus paguyuban 7. Mewakili paguyuban untuk menghadiri acara/upacara kenegaraan tertentu atau agenda strategis lainnya 4. Memimpin rapat – rapat pengururs pleno dan rapat – rapat pengurus 2. Tanggungjawab Mengkoordinasikan dan mengpaguyubankan seluruh penyelenggaraan paguyuban dan program kerjanya dan mempertanggungjawabkan pada akhir masa baktinya. Kewenangan Membuat dan mengesahkan seluruh keputusan dan kebijakan paguyuban di Seluruh Bidang dalam pengurusan . baik bersifat kedalam maupun keluar 5. Memberikan pokok-pokok pikiran yang merupakan strategi dan kebijakan Karang Taruna dalam rangka pelaksanaan program kerja maupun dalam menyikapi reformasi diseluruh tatanan kehidupan demi pencapaian cita-cita dan tujuan paguyuban. WAKIL KETUA a.

a. Tugas 1. Membuat risalah dalam setiap pertemuan/ rapat-rapat paguyuban baik RPP maupun rapat pengurus 4. mengusulkan dan mendokumentasikan peraturan dan Data yang berkaitan dengan atribut dan asset yang tidak bergerak untuk mendukung kepentingan paguyuban baik internal maupun eksternal. b. 6. . 3. Bersama Ketua dan Bendahara merupakan Tim Kerja Keuangan (TKK) atau otorisator keuangan ditubuh pengurus. Bersama Ketua menandatangani surat masuk dan keluar pengurus. Tanggungjawab Mengordinasikan seluruh penyelenggaraan roda paguyuban bidang administrasi dan tata kerja paguyuban dan mempertanggung jawabkan kepada ketua. Bertanggungjawab untuk setiap aktifitas di bidang administrasi dan tata kerja paguyuban. Mengawasi seluruh penyelenggaraan aktifitas paguyuban di bidang administrasi dan tata kerja dan menghadiri rapat-rapat pleno dan rapat pengurus harian. 3. Bersama Sekretaris mengawasi seluruh penyelenggaraan aktifitas paguyuban di bidang administrasi dan tata kerja dan menghadiri rapat-rapat pleno dan rapat pengurus harian. 2. logistik dan travel paguyuban. Kewenangan Membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan paguyuban bersama-sama ketua dalam bidang administrasi dan penyelenggaraan roda paguyuban. Mewakili sekretaris apabila berhalangan terutama untuk setiap aktifitas kesekretariatan dan tata kerja paguyuban. c. c. Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan paguyuban di bidang administrasi dan tata kerja paguyuban untuk menjadi kebijakan paguyuban 5. Kewenangan Membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan paguyuban bersama-sama Sekretaris dalam hal kesekretariatan dan kerumahtanggaan. Menjaga dan memelihara soliditas kepengurusan melalui konsolidasi internal dan menejemen konflik yang representive. WAKIL SEKRETARIS a. 4. Tanggungjawab Mengordinasikan seluruh aktivitas kesekretariatan dan tata usaha paguyuban dan mempertanggung jawabkan kepada Sekretaris. 5. Tugas 1. Merumuskan. b. Memfasilitasi kebutuhan jaringan kerja internal 7. 2. Mengusulkan dan memfasilitasi kebutuhan paguyuban dalam pengadaan akomodasi.

Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan paguyuban di bidang pengelolahan kekayaan dan keuangan paguyuban untuk menjadi kebijakan paguyuban. c. Koordinator Umum adalah sebagai petugas penghubung/ humas baik di lingkup Pengurus dan berkoordinasi dengan coordinator kelas. 4. Memfasilitasi kebutuhan pembiayaan program kerja dan roda paguyuban. Memimpin rapat-rapat paguyuban dibidang pengolahan kekayaan dan keuangan paguyuban.menghadiri rapat-rapat pleno dan rapat pengurus harian. Tanggungjawab Mengkoordinasikan seluruh aktivitas pengolahan/pembukuan keuangan paguyuban dan mempertanggungjawabkan kepada Bendahara. b. 3. Mewakili Ketua apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan kekayaan dan keuangan paguyuban. WAKIL BENDAHARA a. Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan paguyuban tentang system pembukuan keuangan paguyuban untuk menjadi kebijakan paguyuban. b. 5. 3. Kewenangan Membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan paguyuban bersama-sama Ketua dalam hal keuangan dan kekayaan paguyuban. Tugas 1. c. Kewenangan Membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan paguyuban bersama-sama Bendahara dalam pengolahan pengawasan dan pemeriksaan kekayaan keuangan. Menyelenggarakan aktifitas pembukuan terhadap transaksi pengeluaran dan pemasukan keuangan secara rutin. Tanggungjawab Mengordinasikan seluruh aktivitas pengolahan keuangan dan kekayaan paguyuban dan mempertanggungjawabkan kepada ketua. Mewakili Bendahara apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan kekayaan dan keuangan paguyuban. .BENDAHARA a. 2. 2. Bersama Ketua dan Sekretaris merupakan Tim Kerja Keuangan TKK) atau otorisator keuangan ditubuh pengurus. Tugas 1.

2) Melakukan penarikan dan mengumpulkan dana kepada pengurus atau warga alumni dan menyalurkannya kepada yang berhak menurut aturan yang berlaku. baik yang bersifat ke-daerahan maupun nasional. 1) Memberi informasi kepada pengurus bilamana ada Warga Alumni yang sakit. Sosial adalah sebagai petugas dibidang social kemasyarakatan yang berkaitan dengan Warga Alumni yang menderita sakit atau terkena musibah.Koordinator Kelas adalah petugas yang berfungsi sebagai jembatan atau penghubung dalam menyampaikan rencana-rencana kegiatan dan informasi-informasi yang perlu disampaikan kepada Warga Alumni baik yang berada didaerah asal atau yang berada diluar kota. Pendidikan dan Seni adalah sebagai yang menjadi sumber informasi dibidang Pendidikan formal dan non formal baik di SMK N 1 KLATEN dan pendidikan pada umum-nya maupun pengembangan bakat seni dalam bentuk apapun. kenamusibah atau bantuan lain yang diperlukan. Umum adalah sebagai petugas yang mempersiapkan segala hal dan kebutuhan baik sarana maupun prasarana yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang direncanakandan dilaksanakan paguyuban. .

Sosial.Umum dan atau seksi-seksi yang lain sesuai kebutuhan. Satu orang Sekretaris 5. mempunyai kemampuan. 2. Satu orang Wakil Ketua 4. Satu orang Bendahara 7. Didalam mengadakan dan melestarikan kegiatan-kegiatannya Pengurus dapat bekerja sama dengan pihak lain dan donator yang dipandang perlu. DAN MASA BAKTI 1. kemauan dan pengabdian terutama dibidang kesejahteraan sosial dan sosial kemasyarakatan. Seksi-seksi . b. Keanggotaan : Anggota Paguyuban Alumni adalah seluruh siswa SMK N 1 TRUCUK dimulai dari lulusan angkatan pertama baik yang berada atau bertempat tinggal di daerah asal maupun di luar wilayah/ kota yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama tanpa membedakan agama. Satu Orang Wakil Bendahara 8. Susunan dan jumlah pengurus paguyuban alumni adalah sebagai berikut : 1. ANGGARAN DASAR KEANGGOTAAN. 3. Pengurus Paguyuban dipilih melalui musyawarah Warga alumni yang memiliki kemampuan dan ketrampilan berorganisasi. . c. Koordinator Umum. Kepengurusan : a. Koordinator Kelas. Masa bakti : Masa bakti atrau masa jabatan penguru paguyuban alumni selama 5 ( lima ) tahun terhitung sejak tanggal terbentuknya kepengurusan dan selanjutnya dapat dipilih kembali. kedudukan dan status social. yang selanjutnya disebut “WARGA ALUMNI “. Satu orang Wakil Sekretaris 6. 2. PENGURUS. Satu orang Ketua 3. satu atau dua orang pelindung dan penasehat.

50% dari hasil investasi akan disalurkan kepada rekening Dana Abadi IKA SMK N 1 TRUCUK. Dana dari investor akan dikelola oleh funnd investment management dimana dana pokok dijamin aman oleh pihak Ketiga.Seluruh hasil investasi disalurkan kepada rekening Dana Abadi IKA SMK N 1 TRUCUK.  Silver Investor . sedangkan pokok investasi tetap menjadi milik investor.Baik pokok maupun hasil investasi sepenuhnya disalurkan kepada rekening Dana Abadi IKA SMK N 1 TRUCUK  Gold Investor . Pengabdian masyarakat 4. 2. SEKILAS DAN PERKEMBANGAN DANA ABADI Latar Belakang : Dana abadi adalah dana yg diinvestasikanoleh investor dan akan dikelola oleh lembaga profesional. sedangkan pokok serta 50% dari hasil investasi menjadi milik investor. Biaya pengembangan ketrampilan sumber daya alumni 3. 5. Pengembangan pendidikan dan fasilitas pembelajaran di SMK N 1 TRUCUK Cara Pengelolaan Dana Abadi : Dana abadi dikelola oleh funnd investment management dan ditanamkan pada instrument investasi dengan profile resiko yang rendah. . Dana yg diinvestasikan oleh investor atau dana pokok dapat dicairkan berdasarkan batasan yg ditentukan oleh paguyuban dan hasil keuntungan dari pokok inilah yg akan dipergunakan untuk program .program dan kegiatan alumni. Biaya operasional program-program SMK N 1 TRUCUK. Tujuan : Tujuan pembentukan dana abadi antara lain Tujuan dari program dana abadi adalah untuk menghasilkan dana dari dana pokok yang akan dikumpulkan dari para alumni sebagai investor dan dana tersebut sangat diperlukan demi terselenggaranya program-program dan kegiatan IKA SMK N 1 TRUCUK. Pengumpulan Dana Abadi dari alumni SMK N 1 TRUCUK dengan 3 (bentuk) investasi  Platinum Investor . Beasiswa siswa – siswi SMK N 1 TRUCUK. Alokasi Rencana Penggunaan Dana Abadi : 1. dengan management fee sebesar 1% dari dana yang masuk yang dibagi 50% untuk IKA SMK N 1 TRUCUK & 50% untuk funnd investment management.