RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Video Pembelajaran:

Problem Based Learning

pada

Perbaikan Sistim Bahan Bakar
Bensin Konvensional/Karburator

1

kritis. kreatif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. informasi. sekolah. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TAHUN PELAJARAN 2017. Menunjukkan keterampilan menalar.2 Menggambarkan gangguan alat kesehatan reproduksi 4. mandiri.4. budaya. 2 . dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Asisten Keperawatan.. menganalisis. dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual. teknologi. spesifik. dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Asisten Keperawatan pada tingkat teknis. komunikatif. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 3.4 Menerapkan program Kesehatan Reproduksi Indikator: 3. meniru. seni. regional. membiasakan. warga masyarakat nasional. dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. dan menyaji secara efektif. dunia kerja. serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. B.4. gerak mahir. serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.1 Menjelaskan Teori kesehatan reproduksi 3. dan kompleks. Menunjukkan keterampilan mempersepsi. kolaboratif. detil. kesiapan. berkenaan dengan ilmu pengetahuan. dan internasional. operasional dasar. Kompetensi Inti KI(3): Memahami. menerapkan.4 Melaksanakan kegiatan Kesehatan Reproduksi. KI (4): Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat.2018 Nama Sekolah : SMK Bhakti Nusantara Salatiga Mata Pelajaran : Ilmu Kesehatan Masyarakat Kelas/Semester : X / Gasal Materi Pokok : Kesehatan Reproduksi Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 4 x pertemuan ) A. mengolah. dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga. produktif. konseptual.

Melalui diskusi dan menggali informai. Teori Perawatan perineum ( Vulva Hygiene ) 4.2 Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene ) C. Alat dan Media Pembelajaran 1. peserta didik akan dapat : a. Menemani Kesehatan Reproduksi Wanita. siswa dapat mengetahui gangguan alat kesehatan reproduksi secara spesifik dan sesuai dengan bagian nya dengan jujur. Melalui diskusi dan menggali informai. LCD Proyektor. mengetahui manfaat yang didapat kan dari Vulva Hygiene dengan jujur. Setelah berdiskusi dan menggali informasi. Laptop 3. siswa dapat melakukan praktek perawatan Vulva Hygiene secara berurutan dan spesifik dengan penuh tanggung jawab. F. materi pembelajarannya secara rinci adalah: 1. jujur dan disiplin D. Praktek dan Penugasan 3. menerangkan pengertian alat reproduksi pria dan wanita dengan jujur. Phantom vagina dan penis 2. Demontrasi. tanggung jawab dan santun 2. Indikator: 4. FKM UI 2.1 Menjelaskan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene ) 4. 2010. siswa dapat : a. Pendekatan. Kesehatan Reproduksi. tanggung jawab dan santun b. EGC 3 . G. Buku I dan II. menerangkan anatomi alat reproduksi pria dan wanita dengan jujur. Struktur dan fungsi sel alat-alat reproduksi pada laki-laki dan perempuan 2. tanggung jawab dan santun b.4. Materi Pembelajaran Pembelajaran ini terkait dengan kajian tentang organ reproduksi pria dan wanita. mengetahui tujuan dari Vulva Hygiene dengan jujur. Tanya Jawab. Skill Lab Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene ) E. jujur dan disiplin dengan penuh tanggung jawab. Metode dan Model Pembelajaran 1. menerangkan pengertian Vulva Hygiene dengan jujur. tanggung jawab dan santun 4. Manuaba. tanggung jawab dan santun c. tanggung jawab dan santun 3. 2007. Melalui diskusi dan menggali informasi. Jakarta. Pendekatan : Saintifik 2. dkk. Metode : Diskusi.4. Model : Problem Based Learning. Suryadi. Tujuan Pembelajaran 1. Kelainan pada sistem reproduksi manusia 3. Sumber Belajar 1.

Guru menyampaikan teori mendasar tentang pengertian. 2006. Kegiatan Pendahuluan 5’ 1. 6. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia : Teori & Aplikasi dalam praktek. Sebagai apersepsi menanyakan hal yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas yaitu tentang sistem reproduksi yaitu apakah struktur jaringan penyusun pada sistem reproduksi sama dengan organ lainnya. 2007.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Kozier. Willkinson. Siswa memperhatikan gambar .EGC 4. Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. 7. anatomi alat reproduksi pria dan wanita 2. phantom serta membaca materi mengenai sistem reproduksi. 2. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Salemba Medika: Jakarta H. Alimul. Wahit Iqbal. b. Fundamental of Nursing 5. Judith M. Siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya c. Guru memberi pengarahan dan motivasi pada peserta didik 4. Refleksi tentang kegunaan dan manfaat yang diperoleh 4 . media dan 5’ ruangan 2. Memberi salam. Guru membawa phantom organ reproduksi manusia 4. Membimbing siswa dalam pembuatan kelompok yang beranggotakan 4 – 5 siswa. 3. Kegiatan Inti 80’ Mengamati 1. Mubarak. LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan ke.1 KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO a. 3. 2007. Azis. Siswa melakukan pembersihan peralatan. Siswa membaca materi tentang sistem reproduksi manusia dan menonton video tentang proses pembuahan 5. Diagnosa Keperawatan. mengecek absensi. Kegiatan Penutup 1. Guru menampilkan tentang gambar alat reproduksi laki- laki dan perempuan 3. mengecek kesiapan siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Jakarta.

Mengakhiri pembelajaran dengan salam dan berdo’a. Memberi salam. Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menugaskan siswa mengembangkan informasi penyebab gangguan alat reproduksi dan penanganan nya 5. Siswa secara berkelompok memilah penyebab berdasarkan bagian nya. Siswa melakukan pembersihan peralatan.2 KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO a. Kegiatan Penutup 5’ 1. Kegiatan Pendahuluan 1. mengecek absensi. mengecek kesiapan 10’ siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Siswa berdasarkan diskusi merumuskan masalah penyebab terjadi nya gangguan alat reproduksi 4. KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO dari materi pokok yang baru saja didiskusikan dan didemontrasikan 3. Guru memberi pengarahan dan motivasi pada peserta didik 4. Kegiatan Inti 75’ Menanya 1. 2. Materi pertemuan berikutnya. Siswa mendiskusikan berbagai penyebab terjadinya gangguan alat reproduksi pria dan wanita sesuai kelompok (dibagi 5 kelompok ) 3. Pertemuan ke. media dan 5 . Sebagai apersepsi menanyakan hal yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas yaitu tentang Kelainan pada sistem reproduksi manusia yaitu apa saja gangguan organ reproduksi dan penanganan nya b. membahas kemungkinan- kemungkinan penyebab Kelainan pada sistem reproduksi manusia 4. 3. dan cara penanganan masing- masing c. Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi penyebab terjadinya gangguan alat reproduksi pria dan wanita 2.

Kegiatan Inti Mengumpulkan Informasi 75’ 1. Kegiatan Penutup 10’ 1. Mengakhiri pembelajaran dengan salam dan berdo’a Pertemuan ke. Kegiatan Pendahuluan 1. Guru memberi pengarahan dan motivasi pada peserta didik 4. melakukan praktek tentang vulva hygiene 4. 6 . Materi pertemuan berikutnya. Siswa melakukan pembersihan peralatan. membahas teori tentang vulva hygiene 4.’ siswa dan menyiapkan media pembelajaran. media dan ruangan 2. Mengakhiri pembelajaran dengan salam dan berdo’a. siswa melakukan pembuatan lembar kerja berdasarkan tindakan yang akan dilakukan 3.3 KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO a. Materi pertemuan berikutnya. Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Refleksi tentang kegunaan dan manfaat yang diperoleh dari materi pokok yang baru saja didiskusikan dan didemontrasikan 3. Memberi salam. 3. 2. siswa mencatat dan membandingkan hasil pembuatan lembar kerja dengan lembar kerja yang sudah disediakan c. mengecek absensi. mengecek kesiapan 5. guru menugaskan siswa untuk membuat lembar kerja secara urut berdasarkan tindakan yang akan dilakukan 2. Refleksi tentang kegunaan dan manfaat yang diperoleh dari materi pokok yang baru saja didiskusikan 3. KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO ruangan 2. Sebagai apersepsi menanyakan hal yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas yaitu Teori Perawatan perineum ( Vulva Hygiene ) b.

Mengakhiri pembelajaran dengan salam dan berdo’a I. Instrumen dan Teknik Penilaian a) Teknik penilaian 1) Tes tertulis (terlampir) 2) Penugasan (terlampir) 3) Tes praktik / unjuk kerja (terlampir) 7 . REMEDIAL DAN PENGAYAAN 1. Refleksi tentang kegunaan dan manfaat yang diperoleh dari materi pokok yang baru saja didiskusikan 3. guru menugaskan siswa untuk memeriksa ulang lembar kerja yang sudah dibuat 2. Kegiatan Inti Menalar 75’ 1.’ 1. media dan ruangan 2. Guru memberi pengarahan dan motivasi pada peserta didik 4. mengecek kesiapan siswa dan menyiapkan media pembelajaran.4 KEGIATAN BELAJAR WAKTU KET NO a. siswa memeriksa kembali hasil pekerjaan dan memperbaiki bagian yang kurang Mengomunikasikan. Kegiatan Penutup 10’ 1. PENILAIAN PEMBELAJARAN. siswa secara individu membuat dokumentasi hasil pemeriksaan dan paktek. Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. 2. guru menugaskan siswa untuk melakukan praktek perawatan Vulva Hygiene 2. siswa memperbaiki sikap dan urutan tata cara melakukan vulva hygiene 5. 1. Memberi salam. c. Kegiatan Pendahuluan 5. 3. Pertemuan ke. guru membimbing dan memberi nilai hasil praktek 4. mengecek absensi. Siswa melakukan pembersihan peralatan. siswa melaksanakan praktek vulva hygiene dengan urut dan speseifik 3. Sebagai apersepsi menanyakan apakah pernah melihat atau melakukan praktek vulva hygiene b.

C = jika dua indikator terlihat D = jika satu indikator terlihat Indikator Penilaian Sikap: Disiplin a. atau informasi terhadap sesuatu apa adanya d. Mengerjakan tugas tepat waktu c. Mengemukakan perasaan. Tertib mengikuti instruksi b. Analisis Hasil Penilaian Instrumen Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap Nama Komunik Kerjasam Nilai Akhir Kreatif Kritis Peserta atif a (Modus) No didik/ 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Kelompok 1. Mengembalikan alat praktik pada tempatnya Jujur a. b) Instrumen 1) Soal tes tertulis (terlampir) 2) Lembar tugas dan lembar penilaian (terlampir) 3) Lembar soal paraktik dan lembar unjuk kerja siswa (terlampir) 2. B = jika tiga indikator terlihat. Mengumpulkan tugas tepat waktu d. N Keterangan: A = jika empat indikator terlihat. 3. menunjukkan sikap ramah 8 . 4. data. Melaporkan barang yang ditemukan Santun a. 2. Melaksanakan komunikasi dengan baik b. Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber c. Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan b.

Sebutkan bagian-bagian Kesehat alat organ reproduksi an reproduksi dibawah ini : Reprodu 3. Organ reproduksi pria adalah bagian-bagian tubuh laki-laki yang dipergunakan untuk melakukan proses reproduksi 2.4 menerapkan program kesehatan reproduksi Kompetensi Indikator (IPK) IndikatorSoal JenisSoal Soal Dasar a. menghormati pendapat teman Percaya diri 1.4.1 Menjelask Essay an Teori menerangk organ reproduksi pkan kesehatan an wanita dan pria ! program reproduksi pengertian 2. Jelaskan pengertian 3. Organ reproduksi wanita 1. menunjukkan perilaku sopan dan tidak menyinggung perasaan d. organ reproduksi ksi barkan wanita wanita gangguan b. c.Mons veneris .4 Menera 3. pengertian organ reproduksi pria dan wanita a. 4. siswa dapat 1.4.Labia minora 9 . tidak minder 2. berani mengemukakan pendapat Penilaian Pengetahuan a. Organ reproduksi wanita adalah suatu organ yang berperan dalam serangkaian proses yang mempunyai tujuan untuk berkembang biak atau memperbanyak suatu keturunan b.Labia mayora .2 Menggam pria dan a. Perbedaan oergan reproduksi a. berkomunikasi dengan guru tanpa malu-malu. Kisi-kisi soal Mata Pelajaran: Ilmu Kesehatan Masyarakat KD 3. Alat reproduksi (genetalia luar) . organ reproduksi pria siswa dapat alat menyebutka kesehatan n bagian- reproduksi bagian alat reproduksi pria dan wanita KunciJawabanSoal: 1. bekerjasama dengan teman tanpa canggung 3.

epididymis . uretra . benar.Tuba fallopi . benar. kelenjar prostat Pedoman Penskoran : Soal no 1: skor 4: jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban. skrotum . tidak menyebutkan golongan genetalia wanita Skor 2: jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban Skor1: jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban Pengolahan nilai: IPK No. organ reproduksi pria . Alat reproduksi (genetalia dalam) .ovarium b. Klitoris . . benar dan lengkap Skor 3: jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban Skor 2: jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban Skor 1: jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban Soal no 2 : skor 4: jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban.Vagina . ada penggolongan perbedaan genetalia pada wanita Skor 3: jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban.Uterus (Rahim) . Soal Skor penilaian Nilai 1 1 4 Nilai perolehan KD pengetahuan: rerata dari nilai IPK 2 2 4 (8/8)*100 = 80 Jumlah 8 Penilaian Keterampilan Instrumen Penilaian Keterampilan. tubulus seminiferous . Vestibulum . vesikula seminalis . 10 . testis . Hymen 2. penis . vas deferens .

3 Alas bokong dan handuk bawah 4. 4 Memberitahu prosedur tindakan yang akan dilakukan C. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan tujuan vulva hygiene 2. 2 Mengenalkan diri kepada klien dan keluarga 7. PERSIAPAN ALAT 1. 3 Menjelaskan tujuan dilakukan tindakan 8. konsistensi. pada labia mayora dan minora. 11 Dengan tangan kiri. kemudian klitoris ke arah anus dan pada meatus 21. 12 Usap dari atas ke bawah dari sepanjang daerah yang jauh dari lipatan labia. 13 Gunakan kapas baru untuk setiap usapan 22. 7 Menutup bagian bawah dengan selimut 16. 4 Menanggalkan pakaian bagian bawah 13. sepanjang dekat lipatan labia. 1 Pispot/ stik pan 2. 5 Menganjurkan pasien untuk mengangkat bokong atau memiringkan badannya dan memasang alas bokong dan pispot dengan tepat 14. 10 Pada pasien wanita membersihkan vulva dan membilasnya dengan air 19. 4 Botol berisi air bersih B. regangakan labia dengan tangan kanan ambil kapas DTT dengan menggunakan pinset 20. 6 Tinggikan bagian kepala 300 dari tempat tidur (bila tidak ada kontraindikasi) dan kedua lutut ditekuk 15. LANGKAH-LANGKAH 1 Perawat mencuci tangan dan mengeringkannya dengan handuk kering 2 Memasang tabir disekeliling tempat tidur 3 Memasang handuk dibagian bawah 12. 2 Kertas pembersih 3. Siswa dapat menyebutkan prosedur kerja vulva hygiene CHECKLIST VULVA HYGIENE NO PROSEDUR KERJA A.4 menerapkan program kesehatan reproduksi dengan Indikator: 1. PERSIAPAN PASIEN 5. 16 Catat dalam catatan perawat volume. 9 Menganjurkan pasien untuk menekan bel bila selesai BAB/ BAK 18. urine dan tinja 25. 17 Melakukan tindakan dengan hati-hati dan tidak menunjukkan rasa jijik D. 14 Perawat mencuci tangan 23. 1 Memberi salam 6. 8 Menganjurkan pasien untuk BAB/ BAK dan pastikan pasien dalam posisi yang nyaman 17. Mata Pelajaran : Ilmu Kesehatan Masyarakat Kelas : X KD 4. SIKAP 11 . 15 Merapikan pasien dan lingkungan 24.

ergonomi c. 1 Dalam komunikasi terapeutik 27. 2 Dalam melakukan tindakan PENSKORAN Komponen/ Sub. Kriteria Kinerja komponen 1 2 3 4 I.26. Sikap Kerja  Penggunaan Alat tidak Alat sesuai Alat ukur Alat alat digunakan prosedur digunakan digunakan tidak tetapi sesuai dengan benar sesuai kurang prosedur sesuai prosedur tepat prosedur dan sempurna  Keselamatan Tidak Sangat Kurang Melaksanakan kerja melaksana kurang melaksanakan keselamatan kan melaksanak keselamatan kerja dengan keselamata an kerja dengan benar n kerja keselamatan kerja  Kejujuran 1 indikator 2 indikator 3 indikator 4 indikator terlihat terlihat terlihat terlihat  Tanggung 1 indikator 2 indikator 3 indikator 4 indikator 12 . Proses  Langkah Pelaksanaa Pelaksanaan Pelaksanaan Pelaksanaan pelaksanaan n tidak sesuai sesuai sesuai vulva sesuai checklist checklist tetapi checklist dan hygiene checklist tetapi tidak kurang sempurna urut sempurna III. WAKTU Menyelesai Mampu Mampu Mampu kan lebih menyelesaik menyelesaikan menyelesaika dari 15 an 10 – 15 dalam waktu n dalam menit menit -10 menit dan waktu 10 kurang tepat menit dan tepat IV.dan lengkap  Cuci tangan Tidak cuci Cuci tangan Cuci tangan 7 Cuci tangan 7 tangan kurang langkah tidak langkah dan lengkap dikeringkan dikeringkan II. Persiapan  Menyiapkan Alat kerja Alat kerja Menyiapkan Menyiapkan alat kerja salah disiapkan alat kerja ada alat kerja tidak yang kurang dengan ergnomi rapi.

Menyampaikan data sesuai fakta 2. Kriteria Kinerja komponen 1 2 3 4 jawab terlihat terlihat terlihat terlihat  Disiplin 1 indikator 2 indikator 3 indikator 4 indikator terlihat terlihat terlihat terlihat Indikator sikap: Indikator Jujur: 1. Tidak mengerjakan yang tidak diminta 4. Menyelesaikan/mengumpulkan tugas yang diberikan tepat waktu 3.Komponen/ Sub. bahan dan atau ruang setelah pembelajaran 3. Membersihkan. Berani mengambil resiko terhadap kerusakan alat/media pembelajaran yang tidak dipergunakan sesuai prosedur Indikator Disiplin: 1.11 dan 4. merapikan dan mengembalikan alat. Analisis Hasil Penilaian Hasil penilaian peserta didik dianalisis untuk : . Mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan 2. Mengikuti instruksi dengan benar ProsentaseBobotKomponenPenilai NilaiPraktik an (NP) Persiapa Prose Hasil WAKTU Sikap ∑ NK n s Kerja 1 2 4 5 6 Bobot 20 40 20 10 10 (%) SkorKo mponen NK Keterangan: Skor komponen diisi rerata dari skor sub komponen NK (Nilai Komponen) = skor komponen x bobot NP (Nilai Praktik) merupakan penjumlahan dari NK (Nilai Komponen) Batas Ketuntasan belajar (Ketuntasan Minimal) adalah 75 1. Mengikuti kegiatan pembelajaran (hadir dan pulang) tepat waktu 2. Tidak menutupi kesalahan yang terjadi 3.perbaikan proses pembelajaran 13 .mengetahui ketuntasan belajar peserta didik pada KD 3.11 . Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari Indikator Tanggung Jawab: 1. Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain 4. Aktif dalam kegiatan diskusi/praktik kelompok 4.

SST 14 .Suharno. M. .Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM (belum tuntas)dilaksanakan remidiasi Peserta didik yang memperoleh nilai tuntas dilaksanakan pengayaan Mengetahui Salatiga. 14 Juli 2017 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Drs. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan .Menentukan program remidiasi dan pengayaan 2.Si Putri Ratnasari.