KERANGKA FASILITASI KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER POSYANDU (REVITALISASI POSYANDU

)

Hari I
Judul Sessi Tujuan Pembelajaran Pokok Bahasan Metode Waktu Alat Bantu Belajar

Menjelaskan Latar Belakang
Pembukaan Laporan Ketua Panitia & kata sambutan dari Kadis Ceramah Microfon, Al-Qura’an
& Tujuan Pelatihan 30 menit

Menyampaikan alur kegiatan Alur kegiatan lokakarya
yang akan dilalui oleh peserta TOR
Alur Kegiatan Presentasi 30 menit LCD, Laptop
selama 2 hari

Bina Suasana Menciptakan suasana
Perkenalan masing-masing peserta Game bermain spidol,kertas
lokakarya yang kondusif 30 menit
peran flipchart

1. Pengertian Posyandu
Presentasi,
2. Kegiatan Posyandu
Tanya Jawab, LCD, Laptop,spidol,
Pengelolaan Peserta memahami tentang 3. Sistem Informasi Posyandu (SIP) Diskusi 4 jam flipchart, bahan
Posyandu Pengeloalaan Posyandu 4. Penyelenggaraan Posyandu Kelompok presentasi,spidol
5. Penyuluhan di Posyandu

Tugas Kader 1. Tugas Kader Posyandu Presentasi
Peserta mampu memahami LCD, Laptop,spidol,
dalam 2. Kegiatan Utama Posyandu tanya jawab,
tugas kader dalam 2 jam flipchart, bahan
Penyelenggaraan 3. Kegiatan Pengembangan Posyandu Diskusi
penyelenggaraan Posyandu presentasi,spidol
Posyandu Kelompok

Curah pendapat mengenai informasi penting
Menggali hasil pembelajaran Curah
Kesimpulan yang diperoleh peserta setelah mengikuti seluruh
pada hari I pendapat, 30 menit Flip Chart, spidol
proses pada hari I
klarifikasi

. lanjut kegiatan selanjutnya flipchart Menutup kegiatan secara Menyampaikan pesan-pesan penyelenggara Penutupan formal Ceramah 30 menit kegiatan . Masalah-masalah Kesehatan yang sering masalah Penilaian Masalah Peserta mampu memahami ditemukan di Posyandu Presentasi. Penyuluhan Yang Baik Kelompok dan 2 jam Kegiatan Posyandu spidol maupun diluar Kegiatan presentasi Posyandu Rumusan kesepakatan Menetapkan kesepakatan Penetapan kesepakatan dan rekomendasi tindak Curah dan rekomendasi tindak dan rekomendasi untuk lanjut 1 jam spidol. kesehatan Kesehatan pada masalah kesehatan pada 3.Masukan dari peserta untuk perbaikan proses pendapat spidol dan hasil kegiatan pada hari I selanjutnya 1. Pengertian Penyuluhan Melaksanakan Penyuluhan 2. Komunikasi Efektif 2. Masalah Kesehatan Gambar 2. Saran untuk Kader Peserta Mampu 1. . Kegiatan Untuk Menangani Masalah Kesehatan Diskusi 2 jam Yang sering Sasaran Posyandu sasaran Posyandu yang Ada kelompok terjadi di 4. Masalah Kesehatan yang Perlu Dirujuk Ke Sarana Posyandu Kesehatan 1. Motivasi Masyarakat untuk Berperan serta dalam Diskusi Peserta Mampu Flip chart. Review hari I masukan mengenai proses 30 menit .kertas pendapat.Penilaian peserta atas proses dan hasil kegiatan Untuk mendapatkan hari I Curah Flip chart. Metode dan Media Penyuluhan Diskusi Penyuluhan Pada Flip chart. Pesan.Hari II . dalam Kegiatan Posyandu 3. Kunjungan Rumah presentasi 4. Pergerakan Masyarakat Kegiatan Posyandu kelompok dan 2 jam Menggerakkan Masyarakat spidol 3.

Proses komunikasi 2 jam pentingnya komunikasi pendapat. Minat dan sikap pendapat. bahan kesehatan untuk masyarakat dan kader) menjadi ujung tombak 2 jam perubahan perilaku dan tanya jawab presentasi penurunan angka (garda terdepan) kegiatan promosi kesehatan di mobilisasi sosial Stunting tingkat masyarakat Game titik . Diskusi. Komunikasi yang berlebihan Game 1. dan .Strategi kemitraan promkes (Tokoh agama. Pesan yang panjang dan berantai komunikasi berisi pesan dapat menghambat proses . spidol Komunikasi . Al- Pembukaan Laporan Ketua Panitia & kata sambutan dari Kadis Ceramah 30 menit Tujuan Pelatihan Qura’an Bina Suasana : Plano. KERANGKA FASILITASI KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS BIDAN (KOMUNIKASI) Hari I Alat Bantu Judul Sessi Tujuan Pembelajaran Pokok Bahasan Metode Waktu Belajar Menjelaskan Latar Belakang & Microfon. kontrak belajar Spidol Presentasi Hasil Peserta mengetahui Dasar Bahan KAP study dan penyusunan strategi komunikasi 1 jam presentasi.5 jam Amplop Komunikasi mengidentifikasi hal-hal yang . tokoh strategi promkes : komunikasi Presentasi dan LCD. Pengertian dan Peserta memahami tentang Curah Flip Chart.Apa itu Komunikasi mata kelinci. Perkenalan. dan presentasi Hambatan Peserta memahami dan . Game. Strategi berdasarkan hasil KAP study LCD. Lem. harapan.Prinsip Komunikasi Diskusi. pentingnya . Curah komunikasi .Promkes berbasis sosial budaya Menyampaikan kebijakan dan strategi promosi . Laptop Komunikasi Kebijakan dan . curah Meta plan 3 Menciptakan suasana menyusun Perkenalan masing-masing peserta 1 jam lokakarya yang kondusif pendapat warna. Konflik informasi berantai.

posisi dan ekspresi diri presentasi .Curah pendapat mengenai informasi penting yang Curah Menggali hasil pembelajaran Flip Chart. diperoleh peserta setelah mengikuti seluruh pendapat. . 30 menit pada hari I spidol proses pada hari I klarifikasi .Latihan Kesimpulan .Perbedaan status.

5 jam Identifikasi promkes di tingkat desamasing lintas sector di tingkat terlaksana di desa secara rutin dan dapat dijadikan kelompok dan Pelaku masyarakat yang terkait sebagai media komunikasi presentasi promkes di komunikasi untuk perubahan .Hari II Review hari I Untuk mendapatkan .Identifikasi pelaku dan instansi yang terlibat tingkat desa perilaku dan mobilisasi sosial Membangun Sinergi Merumuskan mekanisme .Diskusi tentang peran dan fungsi masing-masing Diskusi 1.Penilaian peserta atas proses dan hasil kegiatan Curah 30 menit Review hari I masukan mengenai proses hari I pendapat dan hasil kegiatan pada hari I .Masukan dari peserta untuk perbaikan proses selanjutnya Komunikasi untuk Untuk mendiskusikan jenis .Tahapan perubahan perilaku dan intervensi pemberdayaa Untuk mengidentifikasi komunikasi n Masyarakat keterampilan komunikasi yang dibutuhkan dalam pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan Identifikasi Pelaku Mendaftar kegiatan masing. . kesepakatan lanjut kegiatan selanjutnya dan rekomendasi tindak lanjut Penutupan Menutup kegiatan secara Menyampaikan pesan-pesan penyelenggara Ceramah 30 menit Penutupan formal kegiatan .Daftar kegiatan sosial kemasyarakatan yang Diskusi 1. 1 jam Komunikasi pemberdayaan intervensi komunikasi untuk bidang kesehatan Diskusi untuk Masyarakat tahapan perilaku masyarakat .5 jam Membangun lintas sektoral koordinasi dan sinergi lintas pihak yang terlibat dalam upaya penurunan angka Kelompok dan Sinergi lintas program dan lintas sector stunting presentasi sektoral untuk mengefektifkan kegiatan promosi kesehatan Rumusan kesepakatan Menetapkan kesepakatan .Komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat di Simulasi.Penetapan kesepakatan dan rekomendasi tindak Curah 30 menit Rumusan dan rekomendasi tindak dan rekomendasi untuk lanjut pendapat.

Identifikasi pelaku dan instansi yang terlibat tingkat desa perilaku dan mobilisasi sosial Membangun Sinergi Merumuskan mekanisme .Penilaian peserta atas proses dan hasil kegiatan Curah 30 menit Review hari I masukan mengenai proses hari I pendapat dan hasil kegiatan pada hari I .Tahapan perubahan perilaku dan intervensi pemberdayaa Untuk mengidentifikasi komunikasi n Masyarakat keterampilan komunikasi yang dibutuhkan dalam pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan Identifikasi Pelaku Mendaftar kegiatan masing.Diskusi tentang peran dan fungsi masing-masing Diskusi 1.5 jam Identifikasi promkes di tingkat desamasing lintas sector di tingkat terlaksana di desa secara rutin dan dapat dijadikan kelompok dan Pelaku masyarakat yang terkait sebagai media komunikasi presentasi promkes di komunikasi untuk perubahan .Komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat di Simulasi.Daftar kegiatan sosial kemasyarakatan yang Diskusi 1.Masukan dari peserta untuk perbaikan proses selanjutnya Komunikasi untuk Untuk mendiskusikan jenis . 1 jam Komunikasi pemberdayaan intervensi komunikasi untuk bidang kesehatan Diskusi untuk Masyarakat tahapan perilaku masyarakat .Penetapan kesepakatan dan rekomendasi tindak Curah 30 menit Rumusan dan rekomendasi tindak dan rekomendasi untuk lanjut pendapat.Hari III Review hari I Untuk mendapatkan . . kesepakatan lanjut kegiatan selanjutnya dan rekomendasi tindak lanjut Penutupan Menutup kegiatan secara Menyampaikan pesan-pesan penyelenggara Ceramah 30 menit Penutupan formal kegiatan .5 jam Membangun lintas sektoral koordinasi dan sinergi lintas pihak yang terlibat dalam upaya penurunan angka Kelompok dan Sinergi lintas program dan lintas sector stunting presentasi sektoral untuk mengefektifkan kegiatan promosi kesehatan Rumusan kesepakatan Menetapkan kesepakatan .

LEMBAR KERJA KELOMPOK Identifikasi kegiatan dan Pelaku promkes di tingkat desa Kegiatan Waktu Pelaku .

Diskusi : Membangun Sinergi Lintas Sektor LEMBAR KERJA Kegiatan Waktu Pelaku Pihak terlibat/terkait Mekanisme Koordinasi jika disinergikan dengan kegiatan promkes Pengajian : 3 kali seminggu Tokoh agama Mengundang Bidan atau pihak Bapak-bapak puskesmas untuk memberikan Ibu-ibu informasi teknis .