LAPORAN PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM

Server Voice Over Internet Protokol (VoIP) dengan Perangkat Lunak
Asterisk Sebagai Alat Praktikum Siswa

Oleh :
Nama : Rochmat, S.Kom
NIP : 197308132006041004
Mata Pelajaran : Komunikasi Data
Jurusan : Teknik Komputer dan Jaringan
Unit Kerja : UPTD SMK Negeri 1 Adiwerna

UPTD SMK NEGERI 1 ADIWERNA
JALAN RAYA II PO.BOX 24 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LEMBAR PENGESAHAN

Pembuatan Alat Praktikum
Nama Alat : Server Voice Over Internet Protokol (VoIP) dengan Perangkat
Lunak Asterisk Sebagai Alat Praktikum Siswa
Dibuat Oleh : Rochmat, S.Kom
NIP. 197308132006041004

Adiwerna, April 2016
Kepala Sekolah,

Drs. Parman, M.Pd
NIP. 196406291990031002

2

LEMBAR PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama : Rochmat, S.Kom
NIP : 197308132006041004
Jurusan : Teknik Komputer dan Jaringan
Nam Alat Praktek : Server Voice Over Internet Protokol (VoIP) dengan
Perangkat Lunak Asterisk Sebagai Alat Praktikum
Siswa

Dengan ini saya menyatakan bahwa alat praktek ini adalah benar-
benar asli hasil modifikasi dari perangkat lunak dan perangkat keras sesuai
dengan merk dagang masing-masing, dengan konfigurasi dan rancangan
asli sesuai dengan kebutuhan praktikum dan jaringan komputer dan internet
yang ada.

Adiwerna, April 2016
Guru Mata Pelajaran,

Rochmat, S.Kom
NIP. 197308132006041004

3

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah Yang Maha
Kuasa, dikarenakan dengan ijin-Nya, penulis diberikan kemudahan untuk
menyelesaikan laporan pembuatan alat praktikum yang berjudul “Server
Voice Over Internet Protokol (VoIP) dengan perangkat lunak Asterisk
sebagai alat praktikum siswa.
Mata pelajaran Komunikasi Data sebagai mata pelajaran yang
tergolong baru pada kurikulum SMK tahun 2013 menuntut baik guru
maupun siswa untuk lebih berimpromisasi dan eksplorasi bahan-bahan
pelajaran, baik terori maupun praktek. Secara nyata, materi mata pelajaran
Komunikasi Data ini sangat dibutuhkan bagi siswa jurusan Teknik Komputer
dan Jaringan, karena merupakan tulang punggung dalam menghadapi
perkembangan model komunikasi digital yang begitu sangat pesat melaju.
Tentu saja, dibutuhkan materi teori dan praktek yang uptodate, agar siswa
tidak gagap menghadapi tantangan dunia kerja.
Kendala dalam pembelajaran Komunikasi Data adalah masih
sedikitnya alat praktikum, yang telah disediakan sekolah, yang bersifat
instan atau langsung pakai. Sementara untuk materi teori, masih bisa
dipenuhi dari pencarian bahan pelajaran di internet maupun sumber yang
lain.
Untuk tujuan itulah, alat praktikum ini dibuat, yang tentu saja bukan
merupakan temuan seratus persen dari penulis, namun penulis
menerapkan perangkat lunak dan perangkat keras yang ada, tetapi masih
terpisah dan tidak bisa digunakan sebagai alat praktek dengan melakukan
installasi dan konfigurasi dari bahan yang ada sehingga sesuai dengan
kebutuhan praktek siswa dan sesuai dengan sarana jaringan komputer
serta internet yang ada.
Penulis sangat menyadari, masih banyak kekurangan yang ada
dalam pembuatan alat praktikum ini, namun penulis berpendapat bahwa
penerapan yang ada telah dengan baik memberikan pengalaman nyata

4

197308132006041004 5 . Atas kebaikan dan kerjasama semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu diucapkan terima kasih. S.Kom NIP. April 2016 Guru Mata Pelajaran. Adiwerna. Kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk kemanfaatan bersama bagi penulis. Rochmat.pada siswa untuk menerapkan teori dan pengetahuan yang telah dipelajari. siswa dan pembaca di masa yang akan datang.

13 b. 13 a. Manfaat Alat 9 D. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL 1 LEMBAR PENGESAHAN 2 LEMBAR PERNYATAAN 3 KATA PENGANTAR 4 DAFTAR ISI 6 DAFTAR GAMBAR 7 A. Hasil Kinerja Alat. Penggunaan Alat Praktikum. Uji Kerja Alat Praktikum. Pemasangan Server pada Jaringan. 13 c. Simpulan 36 J. 12 5. 33 1. Android to PC 35 H. Saran 36 LAMPIRAN 37 6 . Prosedur dan Proses Pembuatan Alat. Perangkat Lunak dan Perangkat Keras. 33 2. PC to PC menggunakan kabel LAN. Kegiatan Praktek Siswa. Topologi Jaringan VoIP di SMK Negeri 1 Adiwerna. Nama Alat 9 B. Tujuan 9 C. 11 3. Alat dan Bahan. 28 G. 35 I. Gambar Kerja. 14 E. 17 F. Spesifikasi Hardware PC Server. Perancangan Pada Sisi Klien. Perencanaan Topologi Jaringan Dan Ip Address. 34 3. Laptop to PC menggunakan jaringan Wifi. 10 1. 12 4. Perancangan Pada Sisi Server. Rancangan Alat Praktikum. 27 1. 10 2. 27 2.

Access Point TP-LINK 15 Gbr. DAFTAR GAMBAR Gbr. Aktivasi Kartu Jaringan 19 Gbr. Asterisk sudah terpasang dengan baik. Rencana Kerja Pembuatan Alat 12 Gbr. Tang Crimping 17 Gbr.25.24. Installasi Zoiper di Linux 30 7 .20.12. Proses Loading Installasi Asterisk 18 Gbr. Fase perancangan pada sisi server 9 Gbr.21. Konfigurasi X-Lite 29 Gbr.6.22. Menu Installasi AsteriskNow 18 Gbr. Konfigurasi File Ketergantungan 21 Gbr. Konfigurasi TCP/IP Server Asterisk 19 Gbr.28 Client 1 siap melakukan panggilan dengan nomor SIP 302.14. Konfigurasi Update Sistem Module 22 Gbr.2.29. Konfigurasi Klien melalui Web-Config 23 Gbr.9. Konektor RJ45 16 Gbr. Kabel LAN UTP 15 Gbr. TP-Link Pocket 16 Gbr.4. 22 Gbr. PC Untuk Server 14 Gbr. Menu Login 22 Gbr. Konfigurasi Kata Sandi Root 21 Gbr. Switch D-Link DES-1024D 16 Gbr.26 Pemasangan Server Pada Jaringan LAN Kabel dan Wifi 28 Gbr.27. Konfigurasi IP Address PC Server Asterisk 20 Gbr.10.16. 29 Gbr.5. Menu Penambahan Akun 24 Gbr.11. Konfigurasi Zona Waktu 20 Gbr.23.17. Menu Web-Config Asterisk 23 Gbr.7.19.3. Topologi VoIP SMK Negeri 1 Adiwerna 11 Gbr.18.15. Fase perancangan pada sisi klien 10 Gbr.1.8.13.

Konfigurasi Akun VoIP di Zoiper pada Linux 31 Gbr. Proses Pemanggilan pada Komunikasi VoIP di X-Lite 34 Gbr.34.32.33.30.36. Menu Android OS 32 Gbr. Konfigurasi User VoIP di Zoper Android OS 33 Gbr.Gbr. Komunikasi VoIP dengan Wifi 34 Gbr. Komunikasi VoIP Zoiper Android Phone dengan PC 35 8 . 32 Gbr. Installasi Android OS.31.35.

Siswa dapat menginstalll X-Lite dan cara konfigurasinya. Server Voice Over Internet Protokol (VoIP) dengan Perangkat Lunak Asterisk Sebagai Alat Praktikum Siswa. sebagai perangkat lunak klien pada komunikasi VoIP baik di Windows atau Linux. 2. tidak memerlukan biaya khusus untuk penyediaan perangkat lunak server maupun klien VoIP karena tersedia dengan gratis (free). Pola KBM dengan komposisi 75% praktek dan 25% teori akan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang harus dikuasai. 4. Siswa dapat melakukan installasi Zoiper pada berbagai sistem operasi dan cara konfigurasinya. sebagai perangkat lunak klien pada komunikasi VoIP. B. Siswa dapat mengetahui installasi perangkat lunak AsteriskNow dan cara konfigurasinya sebagai server Voice over Internet Protocol (VoIP). 3. Guru mata pelajaran. Manfaat Alat. Sekolah dapat memanfaatkan alat praktikum ini sebagai sarana komunikasi gratis dan murah. Tujuan. 9 . Siswa mempunyai pengalaman nyata pembuatan sistem komunikasi Voip. 2. Manfaat yang bisa diambil dari pembuatan alat praktikum ini adalah : 1. baik dari sisi server maupun klien. Tujuan dari pembuatan alat ini adalah : 1. Nama Alat.A. 3. Siswa dapat menerapkan pengetahuan tentang komunikasi Voip sebagai sarana komunikasi murah dengan memanfaatkan jaringan komputer yang telah ada. 4. C.

menggunakan server PC yang diinstall sistem operasi berbasis linux yang telah dikonfigurasikan dengan paket software untuk server VoIP yaitu Asterisk. Proses perancangan pada sisi server ada beberapa tahap. Penggunaan Linux di sini menggunakan distributor (distro) AsteriskNOW yang khusus digunakan untuk menangani VoIP. Rancangan alat praktikum server VoIP ini. Asterisk dipilihan karena gratis mempunyai lisensi perangkat lunak bebas atau freeware. Mulai Instalasi VoIP (AsteriskNOW) Konfigurasi VoIP Server Pembuatan File Konfigurasi Alokasi VoIP Client Selesai Gbr 1.D. Perancangan Pada Sisi Server VoIP server menggunakan sistem operasi linux server dengan kompilasi khusus menjadi sebuah distribusi linux yang bernama AsteriskNOW. Asterisk yang dipilih merupakan paket pengembangan Asterisk. Tahap-tahap perancangan pada sisi server bisa dilihat pada gambar 1 di bawah. 1. dengan nama Asterisk Now. Fase perancangan pada sisi server 10 . Rancangan Alat Praktikum. Jenis distro ini dipilih dikarenakan atas kesetabilan dan kehandalan dari AsteriskNOW yang merupakan distro turunan dari debian.

Proses kedua konfigurasi VoIP server agar dapat dimaintence secara remote melalui media web base configuration. Proses pertama dalam perancangan server adalah instalasi software VoIP server dengan menggunakan Operating System AsteriskNOW Version 6. Diagram alir pada sisi client dapat dilihat pada gambar 2. laptop. dan Ekiga beberapa softphone untuk client handphone. Softphone yang dapat digunakan adalah X-Lite. 11 . sesuai dengan vendornya masing-masing. 2. tablet atau PDA yang lain agar mampu melakukan dan menerima panggilan dari dan ke server VoIP.12. Proses ketiga pembuatan file konfigurasi VoIP berupa account client dan trunk. Mulai Instalasi Softphone Konfigurasi Softphone Registrasi ke server VoIP Selesai Gbr. Fase perancangan pada sisi klien. Perancangan pada sisi Client Perancangan pada sisi client dengan menyiapkan PC. Tahap-tahap perancangan ini dapat dilakukan dengan instalasi softphone untuk melakukan registrasi server VoIP. Zoiper. 2.65-22 pada PC server yang dikhususkan untuk VoIP server. Proses ke empat manajemen pengelokasian account supaya mudah dipantau secara berkala.

Gbr. Topologi VoIP SMK Negeri 1 Adiwerna 4.3.3. Rencana Kerja Pembuatan Alat 12 . Topologi Jaringan VoIP di SMK Negeri 1 Adiwerna.4. Gambar Kerja Gbr.

disatukan dalam jaringan oleh sebuah Hub dengan 24 port. Hardware PC server yang digunakan pada pembuatan alat praktikum ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut : a. Memory DDR3 2 Gb. Alat dan Bahan a. c. Mainboard Asus. b. e. Host atau Client yang terhubung melalui Hub memungkinkan 13 . Processor Intel Core 2 Duo. possibly also multiple servers in a distributed architecture b. Pemilihan hardware dengan spesifikasi di atas merujuk pada kebutuhan minimum hardware untuk installasi Asterisk Now seperti pada tabel di bawah ini : Tabel 1. 1 GB RAM Medium to large system More than 25 Dual CPUs. Spesifikasi Hardware PC Server. dan NIC onboard. Pada topologi star ini seluruh host pada sistem.5. Perencanaan Topologi Jaringan Dan Ip Address. 512 MB RAM office / home office less than three lines and five sets) Small business system Up to 25 3 GHz x86. VGA. Kebutuhan minimum server VoIP Purpose Number of channels Minimum recommended Hobby system No more than 5 400 MHz x86. Sound Card. Hard disk SATA 250 Gb. Keyborad dan DVDRW untuk intallasi. d. Stabiliser. Monitor LED Samsung. Topologi yang digunakan pada sistem komunikasi VoIP dalam pembuatan server ini adalah topologi star. 256 MB RAM SOHO system (small 5 to 10 1 GHz x86.

0. Rancangan IP address untuk sistem VoIP No.255 c. Akses point yang digunakan menggunakan tipe akses poin wireless CPE outdoor merk TPLink TL-WA5210G 2. terkoneksi melalui kartu jaringan melalui kabel UTP tipe straight.0.168.168. PC untuk server 14 . Perangkat IP Address Gateway Server Asterisk 192.0. Akses poin selain membagi-bagikan paket internet juga digunakan untuk memberikan ip adrress secara otomatis (dhcp) ke host atau klien.4 GHz. Pembagian IP address pada alat praktikum ini terlihat seperti pada tabel di bawah ini : Tabel 2. Perangkat Lunak dan Perangkat Keras 1) Beberapa PC/ Laptop (salah satu jadi server.168.168. Hub yang digunakan menggunakan merk Dlink.5 .168.1/24 Now 2.254 1.168. 192.0.100 192. Akses poin 192. Sedangkan untuk host atau klien diluar jalur kabel UTP bisa mengakses server dan melakukan komunikasi melalui akses poin. dan yang lain klien) Gbr.0. Host / Klien Start : 192.254/24 - DHCP : 3.254 End : 192.0. komputer atau PC yang tidak mempunyai wifi.

7.apk 4) File perangkat lunak X-Lite 5) File perangkat lunak Android.4 GHz Gbr. Access Point TP LINK 9) Kabel LAN UTP Gbr.iso 3) File perangkat lunak Zoiper.run dan Zoiper.2) File perangkat lunak AsteriskNow.iso 6) File perangkat lunak VirtualBox 7) Sumber Daya 8) Access Point TPLink TL-WA5210G 2. Kabel LAN UTP 15 .6.

Konektor RJ45 16 . TP-Link Pocket 12) Konektor RJ 45 Gbr.9. Switch D-Link DES-1024D 11) Mini Router TP-Link Pocket Gbr.8.10.10) Switch D-Link DES-1024D Gbr.

dan terganti oleh file sistem dari DVD Asterisk Now. Bakar file ISO ke DVD atau CD dengan software pembakar atau bisa menggunakan Google Burn ISO. maka dilakukan proses instalasi atau pemasangan software untuk PC Server yaitu Asterisk Now. 2. Tang Crimping E.org/downloads/asterisknow. 4. Setelah semua kebutuhan untuk pembuatan sistem komunikasi VoIP terpenuhi. Hal tersebut karena sistem operasi mendeteksi secara langsung ada tidaknya hubungan ke jaringan komputer. komputer server harus terhubung ke internet atau LAN untuk menjalankan proses installasi. seperti gambar berikut ini : 17 . Semua file dan data pada komputer ini akan terhapus. Pada awal installasi akan ditanyakan pilihan versi Asterisk yang akan diinstall. sebagai berikut : 1. Prosedur dan Proses Pembuatan Alat. 3. Pilih awalan booting komputer dari DVD untuk menginstall AsteriskNOW.13) Tang Crimping Gbr. Sebagai catatan. Download file ISO dari http://asterisk.11.

65 with Asterisk 11.211. 5. Full Install. Menu Installasi AsteriskNow Pada pembuatan server kali ini pilihan dilakukan pada FreePBX 5.13. Gbr.12. dengan pendeteksian hardware dan pemasangan paket-paketnya. Sistem akan melanjutkan proses installasi. sekitar tiga sampai lima menit. Gbr. Proses Loading Installasi Asterisk 18 . seperti pada gambar di bawah ini.

Konfigurasi TCP/IP Address Server Asterisk Pilihan default seperti pada kasus kebanyakan adalah pada pilihan paling atas.14. maka sistem akan mengkonfigurasi server dengan IP address yang telah ditentukan. dibuat IP address manual seperti pada perencanaan topologi dan IP address. sehingga dilangkah ini dipilih konfigurasi Ipv4 secara manual.1/24. Gbr. Gbr.168. kemudian tekan ENTER. dengan IP server kelas c. Pada pilihan IP adrress ini.0. Aktivasi Kartu Jaringan 19 . Setelah tombol OK ditekan. sehingga tinggal menekan tombol TAB samapai menayala merah. Sistem akan melanjutkan proses instalasi seperti pada gambar berikut.6.15. yaitu 192. dan tombol "OK" akan tersoroti menjadi putih. Selanjutnya sistem akan memberikan dialog pengaturan IP adrress jaringan seperti pada gambar di bawah ini.

Gbr. Konfigurasi Zona Waktu 8.16. Jika kita menggunakan waktu lokal Jakarta atau WIB. Setelah pemilihan zona waktu. selanjutnya sistem akan menanyakan zoneawaktu yang akan dipakaai sebagai acuan. maka zona waktu yang digunakan adalah GMT + 7. Setelah selesai mengkonfigurasi ip address. Konfigurasi IP Address PC Server Asterisk 7.17. installasi dilanjutkan dengan mengatur atau memberi pasword untuk root sebagai administrator server. Gbr. 20 .

Selesai pengaturan password atau kata sandi. maka installasi berlanjut dengan pemasangan paket-paket program dan paket-paket pendukung lainnya. Gbr. 21 . Konfigurasi Kata Sandi Root 9.18. sistem akan mencoba melakukan akses ke internet atau jaringan lokal yang ada. hal ini dilakukan untuk memperbarui module-module yang merupakan bawaaan paket distro dengan yang terkini.19. Konfigurasi File Ketergantungan 10. serta pustaka-pustaka yang digunakan agar paket program dapat bekerja normal. Gbr. seperti kebergantungan terhadap paket lain. Jika installasi berjalan normal maka.

Konfigurasi Update Sistem Module 11. Menu Login 12. Gbr. maka sistem akan menunjukkan halaman login setelah komputer memulai ulang dari awal. dengan mengetikan ip adrress di URL bar pada browser klien atau komputer yang terhubung atau masih dalam satu kelas ip address. maka perlu login sebagai root dan memberikan password yang sesuai dengan password yang dipasang pada saat installasi sistem. Apabila installasi berjalan lancar.20. 22 . 13. Gbr. Untuk melakukan konfigurasi server. Konfigurasi server dapat juga dilakukan dari komputer lain atau host lain yang masih dalam IP address yang sekelas.22. Asterisk sudah terpasang dengan baik. Gbr.21.

Jika semua langkah-langkah di atas telah dilakukan tanpa muncul pesan kesalahan.conf Pada pembuatan server kali ini. penulis membuat file konfigurasi untuk data klien atau akun pengguna VoIP. Konfigurasi sip. seperti gedit di linux. atau notepad di windows. Gbr. Gbr. Hal ini untuk mempermudah dan mempercepat proses konfigurasi 23 .24. maka proses installasi server asterisk now telah berhasil.23.conf dan extensions. secara langsung dari program text editor. Menu Web-Config Asterisk 16. Konfigurasi Klien melalui Web-Config 15.

4. Selanjutnya pengguna ataupun admin dapat mengatur konfigurasi lainnya melalui web config tersebut.conf. dengan cara melakukan browsing pada alamat IP server. 2. Penambahan akun SIP phone. Kemudian edit file extensions. Nama akun SIP phone. 24 .conf di direktori asterisk. Keterangan akun SIP phone. Masuklah sebagai root menggunakan password yang sudah dibuat tadi. seperti pada gambar di bawah ini : Keterangan gambar : Gbr. Pilihan override. Nomer akun SIP phone. digunakan kode guru sebagai nomer akun. 5.conf serta extensions. Daftar nomer akun dan konfigurasinya pada sip. namun user atau pengguna bisa mendaftarkan diri sendiri pada server melalui web configuration.pengguna VoIP. Menu Penambahan Akun 1. Untuk nomer akun yang digunakan pada server VoIP di SMK Negeri 1 Adiwerna ini. 3.25.

20) exten =>304.Dial(SIP/307.2.1.Dial(SIP/301.1.1.Hangup exten =>305.Dial(SIP/304.20) exten =>305.Dial(SIP/302.1. Isi file extensions.conf [default] exten=>_. Isinya sebagai berikut.Dial(SIP/305.Hangup 25 .2.1. Konfigurasi sesuai dengan kebutuhan.Dial(SIP/308.2.Hangup() [xitkj3] exten =>301.2.Hangup exten =>307.1.20) exten =>307.Hangup exten =>304.2.Dial(SIP/306.Dial(SIP/303.Hangup exten =>308.1..20) exten =>308. sebagai contohnya dibuat dengan nomor kepala 3 sejumlah 16 saja.20) exten =>302.20) exten =>301.Hangup exten =>302.20) exten =>306.2.conf).Hangup exten =>306.(nano /etc/asterisk/extensions.2.Hangup exten =>303.20) exten =>303.1.1.2.

Hangup exten =>313.Dial(SIP/314.2.conf”.2. keluar dan simpan konfigurasinya (ctrl+x dan enter).2.conf pada direktori yang sama (asterisk) dengan “nano /etc/asterisk/sip.20) exten =>309.20) exten =>315.Dial(SIP/312.Hangup exten =>311.Hangup exten =>316.20) exten =>314.1.2.Hangup Usai diedit.Hangup exten =>315.Dial(SIP/311.1. Disini kami menyesuaikan dengan estensions.20) exten =>312.Hangup exten =>310.2.Dial(SIP/315.20) exten =>316.Dial(SIP/309.2.1.conf jadi isinya sebagai berikut.2.1.Hangup exten =>312.20) exten =>310.20) exten =>313.Dial(SIP/313.1.20) exten =>311.conf [general] contex=default port=5060 26 .2.Dial(SIP/316.1.Hangup exten =>314.1.1.Dial(SIP/310. Isi file file sip. exten =>309. Kemudian edit juga file sip.

0. binaddr=0. Cek konektivitas jaringan dengan menggunakan ping (ping <IP server>). F. 1. Pemasangan Server pada Jaringan.0 srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes allowguest=no [301] type=friend username=301 secret=301 host=dynamic nat=no dtmfmode=rfc2833 allow=all callerid="sip301" context=xitkj3 canreinvite=no mailbox=301@xitkj3 Simpan konfigurasi tersebut dengan perintah yang sama saat membuat/mengedit extensions.conf. Hubungkan komputer server dengan HUB menggunakan kabel LAN yang sudah disediakan dan disambungkan ke access point. Sedangkan 27 .0. Penggunaan Alat Praktikum. Serta terakhir semua client yang akan menggunakan kabel untuk menggunakan VoIP dihubungkan dengan HUB.

sepert X-Lite atau Zoiper. dipilih secara acak.26. Kegiatan Praktek Siswa Setiap siswa wajib membuat file konfigurasi sip.untuk client yang menggunakan wifi. Gambar penggunaan alat praktek bisa dilihat di bawah ini. sambungkan dengan access point yang ada. 28 .0 dan dengan Sistem Operasi Windows 7). Pemasangan Server Pada Jaringan LAN Kabel dan Wifi 2. X-lite bisa diinstall di SO Linux ataupun Windows. Gbr. File siswa yang dipakai. Selanjutnya setiap siswa melakukan installasi perangkat lunak klien VoIP.(Disini menggunakan X-lite 3. Langkah-langkah yang dikerjakan siswa untuk melakukan installasi dan konfigurasi perangkat lunak klien VoIP adalah sebagai berikut. atau pada tablet android yang dimiliki Jurusan TKJ.exe ditiap-tiap computer client dengan cara klik 2x atau klik kanan install. Kemudian file tersebut diujikan pada server. laptop pribadi siswa. baik di PC klien Bengkel Komputer. Sedangkan semua siswa wajib mengumpulkannya dalam bentuk softcopy.conf dan extensions. Download software X-lite di website-website atau blog-blog yang menyediakan fasilitas download X-lite.conf dengan perangkat lunak teks editor sesuai dengan selera masing-masing siswa. Install X-lite. a.

User name. Gbr. 29 . Klien 1 siap melakukan panggilan dengan nomor SIP 302. Gbr. kemudian isikan Display Name. Authorization user name dan Domain (IP Server) sesuai dengan konfigurasi SIP. Klik pada tanda yang berlingkar merah dan pilih SIP Account Setting serta klik add.28. Password. Contoh konfigurasi tampak seperti pada gambar di bawah.27.conf dan extensions. Konfigurasi X-Lite b.conf diserver asterisk.

29.conf milik server. dari website penyedia kemudian install dengan masuk ke terminal dan masuk direktori unduhan zoiper. Pilih settings dan Create new account. install dengan . nomor SIP harus beda.2_Linux_Free_32Bit_64Bit./zoiper. Menginstalll dan konfigurasi Zoiper di Linux.tar. Installasi Zoiper di Linux 30 . kita atur akun SIP kita sesuai dengan data dari SIP.run. Download file Zoiper_3.conf dan extensions.Sama seperti X-lite.gz. Isi sama seperti di X-lite dengan catatan. Contoh kita gunakan Gbr.run.c.

30.4 dan menggunakan flashdisk)  Masuk BIOS dan atur 1st boot menjadi media mana yang akan digunakan.1. 31 . Jika dual boot android akan terinstall pada partisi sistem operasi yang sudah ada)  Bisa juga dengan menggunakan Live CD/USB dengan memilih Run Android without instalation.10 Gbr.168. (Biasanya. Username : 303 Password : 303 Domain : 192. Konfigurasi Akun VoIP di Zoiper pada Linux d.  Pilih Installation – Install Android to Harddisk dan pilih/buat partisi yang akan diinstal Android. Menginstalll Zoiper di Android.  Install computer Client dengan Sistem Operasi Android ( menggunakan Android KitKat 4.

Installasi Android OS. klik pilihan pasang atau install.32. Dapat juga dilakukan dengan mendownload atau mengunduh file 32 . masuklah kedalam Playstore.31. ini membutuhkan sambungan data atau internet. Jika ada.  Pilih layout keyboard dan zona waktu Anda. Gbr. Menu Android OS e. tunggu sampai installasi selesai. Gbr. Untuk menginstallasi Zoiper di android. dan cari perangkat lunak dengan kata kunci zoiper. Kemudian tunggu hingga installasi selesai dan masuk lingkungan desktop android.

tunggu hingga installasi selesai.33. 33 .1. Konfigurasi User VoIP di Zoper Android OS Contohnya menggunakan akun dengan data sebagai berikut : Account name : Client 3 Host : 192. Dengan catatan akun SIP juga tidak boleh sama dengan yang lain. PC to PC menggunakan kabel LAN. Jika semua elemen sudah siap dan konektivitas lancar (kabel LAN dalam keadaan baik dan persentase lost paket saat ping 0%) coba untuk melakukan panggilan ke server atau client dengan membuka X- lite atau Zoiper (Kami menggunakan X-lite).10 (domain) Username : 304 Password : 304 Authentication user : 304 Outbond proxy : 192.168.168.10 G. Gbr.com]. nama akun.1_[ApkSteed.apk dari situs resminya. zoiper di android juga harus mengisi nomor akun SIP.1. dan isi nomor SIP tujuan. password. Uji Kerja Alat Praktikum 1. Sama seperti zoiper di linux. Zoiper_IAX_SIP_VOIP_Softphone1.18. host dsb seperti yang terlihat dibawah ini. kemudian klik dua kali pada file apk tersebut.

Laptop to PC menggunakan jaringan Wifi.35.34. Kemuadian buat SIP account (menggunakan X-lite) dan lakukan panggilan ke client lain. Sambungkan laptop dengan jaringan wifi dan lakukan ping ke server untuk memastikan konektivitas lancar. Setelah 301 merespon. Gbr.Misal dari 302 ke 301. pada X-lite (computer) isi nomor 301 dan klik tombol hijau. 302 dan 303 bisa melakukan interaksi. antara 302 dan 301 sudah dapat melakukan interaksi. misal dari 303 ke 302. Laptop mengisi nomor SIP 302 dan klik tombol hijau untuk memanggil. Setelah 303 merespon. Proses Pemanggilan pada Komunikasi VoIP di X-Lite 2. Gbr. Komunikasi VoIP dengan Wifi 34 .

Masalah-masalah yang ditemui antara lain : 1. saat reboot tidak bisa masuk grub 35 . Praktik yang dilakukan tentu ada kendala yang dialami yang mana menunjukkan seberapa handal kualitas layanan server VoIP yang dibuat. Android to PC Setelah Android sudah dalam satu jaringan menggunakan wifi dan SIP account di android sudah siap. Imbasnya tidak bisa melakukan panggilan. Dan setelah terpasang. Install android di PC tidak terpasang diharddisk. Gbr. Tidak bisa melakukan ping ke server. 2. dan dikira sudah 100% berhasil menginstalll.3. Hasil Kinerja Alat. Ini terjadi beberapa kali sehingga kami harus menginstalll ulang beberapa kali.36. Komunikasi VoIP Zoiper Android Phone dengan PC H. misal dengan nomor 304 kita bisa melakukan panggilan ke computer PC (contoh : 302) dengan cara yang sama seperti di Laptop atau PC. Hal ini disebabkan kabel LAN yang buruk seperti RJ-45 yang tidak ada penguncinya (patah) dan kesalahan saat proses crimping.

android. I. 3. batas timur adalah gerbang selatan dan batas barat adalah ruang teori 30. sistem operasi yang sudah ada (saat itu dual boot dengan windows7) juga hilang. Beberapa client hanya bisa menerima/melakukan panggilan (tidak bisa kedua-duanya). bahkan mencakup area lokasi komunikasi sepanjang lebih kurang 200m. bahkan connector kabel dan dalam penggunaan SIP account harus disesuaikan dengan settingan server serta tiap SIP account client berbeda-beda. Setelah didiskusikan oleh siswa dalam kelompok. Dalam membuat sebuah jaringan untuk VoIP. Semua ada keterbatasannya dalam hal ini adalah jangkauan wifi yang belum merata. seperti PC Server. Simpulan Alat yang dibuat telah bekerja dengan baik. 36 . access point. Sehingga installasi kembali diulang sampai akhirnya benar-benar tidak ada masalah. Saran. J. yaitu dari ujung utara rumah dinas sampai selatan gedung C. ternyata kesalahannya ada pada konfigurasi access point dan harus di reset. Akibatnya. harus diperhatikan konfigurasikonfigurasi tiap-tiap elemen pembangun.

3. 2. Server VoIP sebagai alat praktikum Komunikasi Data. 37 . Penggunaan Server VoIP pada Kunjungan Kerja Menristek Dikti di SMK Negeri 1 Adiwerna. LAMPIRAN 1. Server VoIP siap digunakan.

4. Analisa Kualitas Server VoIP dengan Wireshark 38 .

Server VoIP dengan Konfigurasi CLI lewat Konsole 39 .5.

6. Hasil analisa rekaman komunikasi VoIP 7. 40 . Catatan atau Log Komunikasi VoIP klien di Server VoIP.

Tampilan di Smartphone Asus 41 .8. TP-LINK OUTDOOR 9.

Tampilan Proses Installasi di Proyektor 42 .10.

Siswa sedang melakukan percobaan VoIP 43 .11.

44 .

45 .