RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

01

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : VIII/1

Materi Pokok : Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda

Alokasi Waktu : 7 x Tatap Muka

A. Kompetensi Inti
1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
.

2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
. peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya

3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
. prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
. mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar
1 Mengagumi keteraturan
. dan kompleksitas ciptaan
1 Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam
lingkungan serta
mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama
yang dianutnya

2 Menunjukkan perilaku
. ilmiah (memiliki rasa ingin
1 tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli
lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan
berdiskusi

2 Menghargai kerja individu
. dan kelompok dalam
2 aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
implementasi dalam
melaksanakan percobaan,
dan melaporkan hasil
percobaan.

2 Menunjukkan prilaku
. bijaksana dan
3 bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari.

2 Menunjukkan
. penghargaan kepada
4 orang dalam aktivitas
sehari-hari

3 Memahami gerak lurus,
. pengaruh gaya terhadap
1 gerak, serta
penerapannyapada gerak
makhluk hidup dan gerak
benda dalam kehidupan
sehari-hari

Indikator :

3.1.1 Menganalisis contoh
gerak benda pada

1.5 Menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan 3.8 Menyebutkan pasangan gaya aksi dengan reaksi .1.1. tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang 3.2 Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya 3.3 Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya 3.7 Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak 3.1.6 Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika 3.4 Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan 3.1.1.1.

1.1 Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu 4.1.1. gerak pada 1 makhluk hidup.5 Menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu . tentang gerak.4 Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak 4.3 Melakukan percobaan gerak lurus pada benda 4.1. dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak Indikator: 4.1.2 Melakukan pengamatan tentang jenis gerak pada 10 tanaman yang berbeda 4.1.10 Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari 4 Melakukan penyelidikan .1.9 Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang terbang 3. 3.

4. Melalui diskusi siswa dapat menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan Pertemuan IV (2 x 40 menit) 1. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan fungsi teknologi sabuk pengaman dikaitkan dengan Hukum I Newton . Melalui diskusi siswa dapat menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan grafik v-t yang disajikan 3.7 Menganalisis penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi C. Pertemuan II (2 x 40 menit) 1.6 Menghitung berat benda dengan menggunakan hukum II Newton 4. Melalui percobaan gerak lurus beraturan siswa dapat menjelaskan gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap benda 2.1. Melalui pengamatan gambar macam-macan hewan peserta didik dapat menjelaskan gerak pada hewan berdasarkan fungsi tubuh dan habitatnya Pertemuan III (3 x 40 menit) 1. Tujuan Pembelajaran Pertemuan I (3 x 40 menit ) 1. Melalui pengamatan tentang jenis gerak pada 10 jenis tanaman yang berbeda peserta didik dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan. Melalui percobaan siswa dapat menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecapatan dan waktu tertentu 4.1. Melalui praktikum pengaruh berbagai rangsangan terhadap gerak daun putri malu peserta didik mampu menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan 2. Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan bunyi Hukum I Newton 2.

Melalui diskusi kelompok. Jika arah grerak tumbuhan mendekati rangsangan disebut gerak tropisme positif. gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata b. c. Contohnya gerak akar kearah grafitasi b. Materi Pembelajaran Pertemuan 1 1. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan persinggungan. Contohnya gerak ujung batang atau ujung sulur tanaman kearah ajiran. Tigmotropisme. Pertemuan V (3 x 40 menit) 1. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh grafitasi bumi. Gerak Esionom berdasarkan jenis rangsangannya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: 1. Contohnya gerak ujung batang kearah cahaya. Hidrotropisme. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan air contohnya gearak akar kearah air. c. Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. Gerak Higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata Contohnya : merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong- polongan. membukanya diding sporangium (korak spora) paku-pakuan. peserta didik menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak 2. peserta didik dapat menghitung berta benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton Pertemuan VI (2 x 40 menit) D. Gerak pada tumbuhan bersifat pasif. Geotropisme atau grafitropisme. Contohnya gerak buluh sebuk sari menuju ke sel telur e. Gerak Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnyarangsangan dari luar. . d. Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga macam yaitu: a. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan zat kimia. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak tropisme dibagi menjadi: a. Fototropisme. Gerak Endonom adalah gerak yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri contohnya: gerak pertumbuhan daun. Melalui kajian LKS. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Jika arah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan disebut gerak tropisme negatif. Kemotropisme.

Contohnya. menguncupnya daun tumbuhan leguminosae karena rangsangan gelap. atau parabola. dan lain sebagainya tergantung pada struktur tubuhnya dan habitatnya Kecepatan gerak pada hewan tergantung pada kekuatan otot-otot alat geraknya. Gerak pada Hewan Hewan bergerak dengan cara berlari. Nasti Kompleks. f. Contohnya. Contohnya. gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya. gerak tumbuhan yang dipengaruhi lebih dari satu rangsangan. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu Contohnya. 2. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan gelap Contohnya. Berdasarkan jenis rangsangannya taksis dapat dibedakan menjadi : a. berjalan. Fotonasti. Untuk mempengaruhi gerak benda maka kepada benda bisa diberikan gaya. gerak spermatozoid menuju sel telur pada archegonium b. Dan untuk menempuh lintasan tertentu.Benda bergerak disebabkan oleh gaya. merayap. b. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan sentuhan. Kemotaksis. mekarnya bunga tulip oleh suhu yaitu dari musim dingin ke musim semi. Selama bergerak dalam lintasannya benda dikatakan mengalami perpindahan yaitu jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda. gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air.kelajuan merupakan perbandingan antara jarak tempuh dengan waktu tempuh. Fototaksis. benda memerlukan sejumlah waktu sehingga benda dikatakan memiliki kecepatan/kelajuan. Lintasan yang ditempuh benda selama bergerak disebut dengan jarak. terbang. Gerak Taksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber rangsangan. . Gerak Nasti adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Niktinasti. Seismonasti. berenang. Termonasti. Gerak euglena kearah datangnya cahaya. e. Pertemuan 2 1. Kecepatan. c. struktur tulang dan bentuk alat geraknya. gerak mengatupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena di sentuh d. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dibedakan menjadi: a. Yang dilakukan oleh organism bersel satu. cahaya. Setiap benda bergerak pastilah memiliki lintasan tertentu yang bentuknya dapat berupa garis lurus. suhu dan zat kimia. Pertemuan 3 Gerak lurus pada benda Benda dan makhluk hidup yang bergerak mengikuti hukum Newton tentang gerak. mekarnya bunga pukul empat (Mirabillis jalapa) pada sore hari. gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. lingkaran. 3.

namun berbanding terbalik dengan massanya atau a = . dengan gaya yang besar maka akan didapatkan percepatan yang lebih besar juga. Metode : pengamatan. gaya magnet. Jadi. komputer. charta macam-macam hewan. Discovery learning 3. Media : Tumbuhan putri malu. Semakin kecil massa benda. E. CD. Seekor banteng jantang mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh. Percobaan. Pendekatan : Saintifik 2. diskusi. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. . Pernyataan ini dikenal sebagai hukum II Newton. ceramah F. Metode Pembelajaran 1. Alat. memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang massanya lebih besar. Gaya magnet merupakan gaya yang timbul akibat adanya medan magnet Pertemuan 4 Hukum pertama Newton menyatakan bahwa benda akan cebdreung diam atau bergerak lurus beraturan bila resulta gaya yang bekerja sama dengan nol (∑ F = 0) Pertemuan 5 Hukum II Newton Percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan. Contoh lainnya seperti saat kita memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang sama. gaya gravitasi bumi). juga merupakan contoh penerapan hukum II Newton dengan alasan bahwa gaya yang kuat dari banteng jantan mampu menggerakan anak kijang sehingga memiliki percepatan tertentu. Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan fakta bahwa pada saat memindahkan balok akan lebih cepat jika gaya yang diberikan lebih besar. semakin besar percepatannya. Gaya gesek selalu berlawanan dengan arah gaya. Gaya tak sentuh (misalnya. Model : Learning Cycle. Hal ini dikarenakan gaya berbanding lurus dengan percepatan. Hal ini disebabkan massa meja lebih kecil daripada massa almari dan karena massa berbanding terbalik dengan percepatan benda. Gaya gesek adalah gaya yang ditimlkan akibat adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gambar-gambar benda. dan Sumber Pembelajaran 1. Jadi. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh (misalnya. Media. gaya otot dan gaya gesek).

Tali j. namun bagaimana dengan gerak pada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak? · Guru meminta peserta didik mengamati gambar burung yang sedang terbang dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan “ Pernahkah kamu melihat burung yang sedang terbang bebas di udara? . Korek api atau lilin 3.Menyiapkan peserta didik n (Stimulasi/pemberia untuk belajar n rangsangan) . Mobil mainan 1. . Stopwatch f. beban 100 gram g. Kereta i. Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkan gerakan yang mudah diamati. Es dibungkus an b. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan I Kegiatan Langkah-langkah Deskripsi Kegiatan Alokasi Model Discovery Waktu Pendahulua Stimulation . 2. LKS praktikum e. Katrol h. Pita kertas d. Ticker timer 2.Guru melakukan pemusatan perhatian · dengan mengajukan pertanyaan” Manusia dan hewan memiliki prilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Gelas 1 buah G. . Mistar palstik c. : Alat: Bahan: Alat/Bah a.

) Kegiatan Problem statemen Menyampaikan informasi tentang Inti (pertanyaan/ kegiatan yang akan dilakukan identifikasi yaitu eksperimen pengaruh masalah) rangsangan terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu · Membagi peserta didik menjadi 10 kelompok · Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS tentang pengaruh rangsangan terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu Data collection Peserta didik mengumpulkan (pengumpulan data) imformasi yang relepan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui: · Melakuakn percobaan Pengaruh rangsang terhadap . Bagaimana burung tersebut dapat terbang dengan stabil di udara? Apa yang mempengarui gerakan burung tersebut? . Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran yang ingin dicapai . Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari gerak pada tumbuhan ( untuk mengetahui dan menjelaskan gerak pada tumbuhan.

gerak menutup dan membukanya daun putri malu · Peserta didik mengamati dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS Data prosessing · Peserta didik dalam (Pengolahan Data) kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil hasil pengamatan pada percobaan Pengaruh rangsang terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu dan mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS Verification · Peserta didik mendiskusikan (Pembuktian) hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan buku siswa (buku sumber). · Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi p-engolahan data. Generalisazation · Peserta didik menyimpulkan (menarik hasil percobaan Pengaruh kesimpulan) rangsang terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri. · Peserta didik dapat menyimpulkan factor-faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan. Penutup · Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran · Guru memberikan .

· Peserta didik menjawab kuis tentang Pengaruh rangsang terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu dan factor-faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan · Pemberian tugas untuk mengamati dan mencatat macam-macam gerak pada tumbuhan yang ada dilingkungannya masing- masing. Pertemuan II Kegiatan Langkah. 5) Memberi informasi kepada peserta didik bahwa pertemuan kali ini akan mendiskusikan kegiatan LKS:03 6) Menyampaikan format penilaian sikap dalam diskusi 7) Peserta didik mengorganisir diri . 1) Guru mengucapkan salam “Om an Engagement Swastiastu” (10 menit) 2) Memusatkan perhatian dengan mengecek kehadiran peserta didik. penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relepan) kepada kelompok yang berkinerja baik. 3) Memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana pergerakan hewan dibandingkan dengan tumbuhan? Bagaimana alat gerak hewan yang hidup di air dan hidup di darat? Mengapa berbeda? 4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan langkah LC Pendahulu 1.

dalam kelompok-kelompok belajar (4- 5 orang) Kegiatan 2 Eksplorasi 1) Peserta didik dalam kelompok inti Melakukan eksplorasi dengan (50 menit) mengamati gambar/charta. Explaination 6) Guru meluruskan pemahaman peserta didik yang keliru dan memberi tambahan penjelasan singkat didik 7) Peserta didik melalui perwakilan kelompoknya menyampaikan pandangannya tentang jawaban dari pertanyaan diskusi yang telah dipelajari dalam diskusi kelas 8) Peserta didik dari kelompok-kelompok yang lain menanggapi presentasi kelompok yang tampil 9) Guru mengajukan pertanyaan untuk 4. Elaboration menguatkan/ meluruskan konsep baru yang telah didiskusikan (1) apakah makin panjang kaki atau makin kuat otot gerakannya makin cepat? (2) Bagaimana pergerakan hewan karang? 10) Peserta didik memberikan jawaban . mencari informasi dan berdiskusi untuk menemukan jawaban dari LKS 03 2) Guru memberi batasan waktu pada peserta didik dalam mengerjakan LKS 03 3) Guru membimbing dan mendorong diskusi siswa 4) Peserta didik menuliskan jawaban pada kolom-kolom kosong yang tersedia dan menjawab pertanyaan diskusi dari LKS 03 5) Guru mengajukan pertanyaan untuk memancing pemahaman siswa saat bekerja (perhatikanlah! Apakah semua hewan memiliki alat gerak?) 3.

15’ Pendahulu an Stimulation Ø Guru memberikan memberikan apersepsi berupa pertanyaan “ Mengapa benda dapat bergerak? Gerakan apa saja yang bisa dilakukan oleh benda?apakah keadaan sekitar bend dapat mempengaruhi gerak benda? Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran yang tertera pada kegiatan ‘Ayo kita pelajari! . dengan menunjuk contoh-contoh 11) Guru memberi penguatan atau meluruskan atas jawaban peserta didik 12) Guru mengajukan pertanyaan untuk membantu peserta didik mengemukakan kesimpulan Penutup 5. Pertemuan III Tahap Kegiatan Pembelajaran Alok Pembelajaran asi Wakt u 1. Evaluasi 1) Guru melakukan refleksi terhadap (20 menit) kegiatan belajar siswa dengan mengajukan pertanyaan lisan 2) Guru mengapresiasi proses dan hasil kegiatan diskusi yang telah berlangsung 3) Guru menyebarkan lembar penilaian diri. kepada semua siswa 4) Peserta didik menjawab lembar penilaian diri 5) Guru mengingatkan siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibelajarkan pada pertemuan berikunya.

Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bagian ini yang tertera pada ‘Mengapa Hal ini Penting? Ø Guru mengorganisir peserta didik menjadi beberpa kelompok yang terdiri atas 3-5 orang 2. Inti 90’ Problem Ø Guru memberikan kesempatan kepada Statement peserta didik untuk memgidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan gerak lurus. Penutup 15’ Generalizati Ø Guru membimbing peserta didik untuk on menarik kesimpulan Ø Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi penting berikutnya dan mengerjakan soal pada kolom ‘Ayo kita coba’ . kumudian dipilih satunya untuk ditetapkan dan dibuat hipotesisnya. Data Ø Secara berkelompok peserta didik collection melakukan percobaan gerak lurus beraturan yang tertera pada kolom ‘Ayo kita coba’! Ø Peserta didik melakukan percobaan gerak lurus beraturan sesuai petunjuk LKS Percobaan gerak lurus Ø Peserta didik memperoleh data percobaan berupa pita kertas yang sudah ditandai oleh ticker tamer Data Ø Peserta didik melakukan kegiatan processing mengolah data pita tadi yang tertera pada kolom ‘Apa yang dapat kamu temukan? Verification Ø Peserta didik melakukan pembuktian hasil pengolahan data dengan menjawab pertanyaan yang ada di LKS 3.

Inti 60’ Pembahasan Ø Menyampaikan informasi tentang kegiatan Tugas dan yang akan dilakukan yaitu eksperimen Identifikasi membuktikan sifat kelembaman suatu Masalah benda (Problem Ø Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS Statement) membuktikan sifat kelembaman suatu benda Ø Melakukan percobaan membuktikan sifat kelembaman suatu benda Data Ø Peserta didik mengamati percobaan dan collection mencatat data pengamatan . Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bagian ini yang tertera pada ‘Mengapa Hal ini Penting? Ø Guru mengorganisir peserta didik menjadi beberpa kelompok yang terdiri atas 3-5 orang 5. 10’ Pendahulu an Menciptaka Ø Guru melakukan pemusatan perhatian n situsi dengan cara : (Stimulation) · Guru memperlihatkan gambar seorang anak duduk di jok mobil dan menggunakan sabuk pengaman · Guru memancing peserta didik agar memberi komentar atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.Pertemuan IV Tahap Kegiatan Pembelajaran Alok Pembelajaran asi Wakt u 4.

Kegiatan Inti Pembahasan tugas . Ø Mengolah dan menganalisis data percobaan pemisahan campuran dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS Data Ø Diskusi prinsip-prinsip sifat kelembaman processing suatu benda berdasarkan data hasil percobaan dan mencocokan dengan konsep pada buku sumber Verification Ø Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok 6.Guru bertanya kepada peserta didik mengapa memindahkan meja besar lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh 2 orang daripada dilakukan sendiri ? .Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan yaitu percbaan hukum II Newton.Menyampaikan informasi 70 mnit dan Identifikasi tentang kegiatan yang akan masalah. Penutup 10’ Generalizati Ø Guru membimbing peserta didik untuk on menarik kesimpulan Ø Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi penting berikutnya dan mengerjakan soal tes uraian Pertemuan V Kegiatan Langkah-langkah Diskripsi Kegiatan Alokasi model Discovery waktu Pendahuluan Motivasi peserta Pemusatan perhatian 20 menit didik .Membagi peserta didik menjadi . dilakukan yaitu percobaan hukum II Newton .

Presentasi hasil percobaan . Peserta didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh Observasi melalui percobaan . . Penilaian . .Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi berikutnya H.Peserta didik dan guru mereviu 30 menit tentang hasil kegiatan pembelajaran . Diskusi data hasil percobaan untuk menarik kesimpulan . Mengolah dan menganalisis data Verifikasi dari setiap percobaan untuk menjawab pertayaan-pertayaan pada LKS Generalisasi . beberapa kelompok (3-5 orang) . Mempresentasikan hasil percobaan.Guru memberikan pujian atau bentuk peghargaan kepada kelompok yang nilainya baik. Melakukan percobaan tentang hukum II Newton menggunakan Pengumpulan data alat dan bahan yang telah disiapkan . Membuat kesimpulan Penutup . Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS bagaimana menemukan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda yang bergerak . Peserta didik mengamati Pengolahan data percobaan dan mencatat data dan analisis pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS .

1 Menganalisis contoh tes . gerak benda pada tulis 1 tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang 2 3.1.4 Menjelaskan sistem otot tes hewan yang sesuai tulis dengan pola gerak yang dilakukan 5 3.1.6 Menganalisis peristiwa tes kelembaman tulis berdasarkan gravik v – t yang disajikan 7 3.1.5 Menghitung kecepatan tes seorang anak bersepeda tulis dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan 6 3.1. Menjelaskan jenis gerak tes pada tumbuhan tulis berdasarkan penyebabnya 3 3.7 Menyimpulkan tes hubungan antara gaya unju dan massa dengan k percepatan benda kerj bergerak a 8 3.2.1.3 Menganalisis alat gerak tes hewan berdasarkan tulis kesesuaian dengan lingkungan hidupnya 4 3.8 Menyebutkan pasangan tes gaya aksi dengan reaksi tulis .1.1.N K Indikator Pencapaian Tek o D nik 1 3 3.1.

1.10 Mengevaluasi tes 0 penerapan hukum III tulis Newton dalam kehidupan sehari-hari 1 4 4.1.1. gerak yang dilkukan oleh unju 1 tanaman putri malu k kerj a 1 4.1 Menjelaskan jenis-jenis tes 1 . 9 3.7 Menganalisis penerapan 5 hukum III Newton pada atlet lompat tinggi Pertemuan I 1.5 Menghitung jarak tes 3 tempuh hewan yang tulis berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu 1 4.1. dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya 1 4.9 Membandingkan besar tes gaya aksi reaksi yang tulis terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang terbang 1 3.1.1.2 Menjelaskan prinsip tes 2 gerak yang dilakukan tulis oleh burung. ikan. Metoda dan bentuk intrumen M B e e t n o t .1.6 Menghitung berat benda tes 4 dengan menggunakan tulis hukum II Newton 1 4.

d u e k I n s t r u m e n · · S L i e k m a b p a r P e n g a m a t a n S i k a p d a n R u b r i .

k · · T T e e s s U p n e j n u i k l a K i e a r n j a k i n e r j a e k s p e r i m e n · · T T e e s s T U e r r a t i .

. 2.. . . u a l n i s d a n P i l i h a n G a n d a 2.. .. . ... ..... . Contoh Intrumen a.... tif ati ah a n ha f Sk Pe ti or se rta di di k 1.. Lembar pengamatan sikap Lembar penilaian sikap pada kegiatan praktikum N Di Te H Kr In Ju N a si liti ati ea ov ml o m pli ..

jika selalu berperilaku dalam kegiatan Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut PREDIKAT NILAI Sangat Baik ( 80 ≤ AB ≤ SB) 100 Baik (B) 70 ≤ B ≤ 79 Cukup (C) 60 ≤ C ≤ 69 Kurang (K) <60 . 2 …… . . jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan Skor 3.Lembar penilaian sikap/prilaku pada saat diskusi N Nam K S T Pr Bija J o a e a ol o ksa u Pese r n e ak na m rta j t r tif l didik a u a a n n h s S a k m o a r 1 ... ..... …… Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom- kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:. jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan Skor 2...jika sering berperilaku dalam kegiatan Skor 4..... Skor 1. ..

b. Melakukan percobaan dengan 4 macan rangsang yang berbeda .. Alat praktikum dalam keadaan siap pakai 20 Ada 3 aspek yang tersedia 10 Ada 2 aspek yang tersedia 2 Pelaksanaan 30 . Melakukan percobaan sesui dengan petunjuk Percobaan . Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati 20 Ada 3 aspek yang tersedia 10 Ada 2 aspek yang tersedia 3 Kegiatan 30 . ……… 2 ……………… . Membersihkan alat yang digunakan akhir . Lembar Pengamatan Ketrampilan Praktikum Penilaian Ketrampilan percobaan gerak pada tumbuhan N Nama Persiapa Pelaksana Kegiatan Ju o n an Akhir mla Percobaa Percobaan Percobaa h n n Sko r 1 ……………… . Bahan-bahan tersedia dengan lengkap alat Bahan) . Alat-alat tertata rapih sesuai dengan urutan Percobaan percobaan (Menyiapkan . ……. Mengembalikan alat ke tempat semula . Rubrik No Keterampilan Sk Rubrik yang dinilai or 1 Persiapan 30 . Membersihkan meja praktikum Percobaan .

. Peristiwa gerak apakah yang terjadi pada kedua gambar tumbuhan di atas? Jelaskan! b. Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsangan berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut . Memahami cara pemisahan campuran pada setiap metode pemisahan campuran 3. ……… c. Gambar A menunjukkan dua macam gerak yang berbeda. Instrumen Soal Pengetahuan Soal Uraian 1. . Perhatikan gambar di bawah ini! A B Gambar A dan B menunjukkan gejala gerak pada tumbuhan a. jelaskan kedua gerak tersebut! Soal Pilihan Ganda 1. 20 Ada 3 aspek yang tersedia 10 Ada 2 aspek yang tersedia Penilaian diri No Pernyataan Sudah Belum memahami memahami 1. Memahami prinsip-prinsip pemisahan campuran pada setiap metode 2. Jelaskan jenis grerak apa saja yang dapat dilakukan oleh tanaman putri malu! 2. . .

Mekarnya bunga pukul empat C. Gerak hidronasti B. Merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polongan Kunci jawaban Rubrik Penilaian Uraian No Uraian Skor 1 Jika menjawab tiga macam gerak 30 dengan benar 20 Jika menjawab dua macam gerak 10 dengan benar Jika menjawab satu macam gerak dengan benar 2 a. Menutupnya daun putri malu D. A. Gerak hidrostatis 2. Jika menjawab dua macam gerak 20 dengan penjelasan yang benar 10 Jika menjawab satu macam gerak dengan penjelasan yang benar Total 100 Rubrik Penilaian Pilihan Ganda Soal Nomor Jawaban Skor 1 C 50 2 D 50 . Gerak hidrotropisma C. A. Menguncupnya daun tanaman leguminosae B. Contoh gerak tumbuhan berikut yang bukan merupakan gerak nasty adalah …. Jika menjawab tiga macam gerak 60 dengan penjelasan yang benar 40 Jika menjawab dua macam gerak 20 dengan penjelasan yang benar Jika menjawab satu macam gerak dengan penjelasan yang benar b. Gerak higroskopis D.

TOTAL 100 .