RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
KELAS : XII TKR
PROGRAM : TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
KEAHLIAN

PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR

DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 KOTA MALANG

Jl. Ki Ageng Gribig No.28, Madyopuro, Kedungkandang,

Kota Malang, Jawa Timur 65138

2017

1

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. kritis. kolaboratif. dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual.3 Memperbaiki sistem stater dan komponennya sesuai SOP D. dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. mengolah. informasi. konseptual. budaya.1. Komutator. dan menyaji secara efektif. operasional dasar. serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan B. Armature.1. dan Field Coil Alokasi Waktu : 8 x 45 Pertemuan Ke :1 A. Kompetensi Dasar (KD) 3.1 Mendiagnosis kerusakan sistem stater 4.4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat. dan kompleks. teknologi. dunia kerja. Tujuan Pembelajaran Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam Mendiagnosa gangguan sistem stater dan komponen-komponennya sesuai SOP ini diharapkan siswa terlibat aktif 2 . sekolah. Menunjukkan keterampilan menalar.3 Mendiagnosa gangguan sistem stater dan komponen-komponennya sesuai SOP 4. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 3. seni. dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada tingkat teknis. Kompetensi Inti (KI) KI. kreatif. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kompetensi Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif Mata Pelajaran : Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Semester :5 Kelas : XII TKR Kompetensi Dasar : Mendiagnosis kerusakan sistem stater Materi Pokok : Pemeriksaan Brush. berkenaan dengan ilmu pengetahuan. mandiri. produktif. komunikatif.1 Memperbaiki sistem stater C.3 Menerapkan.2 KI. warga masyarakat KI. menganalisis.1 KI. detil. menerapkan. spesifik. dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga.

Pemberian Tayangan/gambar/wallchart/Film tentang Sistem Stater Rangsangan (Stimulation). Statement) Armature. Pengumpulan Data Membuat gambar rangkaian Sistem Stater (Data Collection) menit D. Kegiatan Pembelajaran Langkah-Langkah Pembelajaran Waktu 1. dan Field Coil) E. Pembuktian Mengelompokkan komponen Sistem Stater (cara (Verification) Perbaikannya Brush. Yakin. Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran A. tanya jawab. Salam dan mengecek kehadiran dan kebersihan lingkungan kelas b. Tertarik terhadap materi yang akan disampaikan melalui cerita terhadap hal-hal 10 yang diketahui dan dipahami siswa yang terkait dengan materi pelajaran . Menarik Kesimpulan Menyampaikan hasil analisis Sistem Stater (Generalization) 3 . Pendahuluan (10 Menit) a. menjawab pertanyaan. Materi Pembelajaran Terlampir F. Memotivasi siswa agar : . penugasan & Demontrasi G. dalam kegiatan pembelajaran dengan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat. Pendekatan : Saintifik (scientific). B. Metode Pembelajaran : Ceramah. Mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pelajaran melalui Doa. bahwa yang akan mereka pelajari dapat berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari terutama berkaitan dengan kompetensi keahlian mereka c. Pernyataan/Identifikasi Mengajukan pertanyaan menyangkut tayangan/gambar Masalah (Problem atau teks pembelajaran tentang sistem stater (Brush. Model Pembelajaran : Projec Based Learning 3. Pendekatan. dan Feld Coil) 335 C. dan Metode 1. 2. memberi saran dan kritik serta dapat : Memperbaiki sistem stater dan komponennya sesuai SOP E. Komutator. Armature. Model. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 2. Komutator.

Penutup (15 menit) a. H. Teknik : Test Dan Non Test 2. Penilaian Hasil Belajar (PHB) 1. 3. Kerusakan pada motor stater 15 . Memastikan kelas dan lingkungannya dalam kondisi rapi dan bersih. PEMERIKSAAN FIELD COIL DARI dan prosedur pemeriksaan KEMUNGKINAN SIRKUIT YANG field coil dibawah ini? TERBUKA a. Batterai lemah tidak berputar sama sekali ? . Ada masalah mekanis pada mesin atau motor stater 2 Jelaskan nama pemeriksaan a. Memotivasi siswa untuk terus belajar d. e. PEMERIKSAAN BAHWA FIELD COIL TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN MASSA  Dengan menggunakan ohmmeter pastikan bahwa antara ujung field coil dan field 4 . Bentuk : a. Menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya c. Mengajak siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah diberikan b. Mendampingi siswa ber-doa dan memberi salam. periksa hubungan antara kabel brush pada field coil. ganti field frame.  Dengan menggunakan ohmmeter. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis Uraian  N Skor Soal Pengetahuan Kunci Jawaban O 1 Apa penyebab motor stater .  Bila tidak ada hubungan. Sambungan kendor atau berkarat . 30 b.

30  Bila terdapat gangguan. gantilah field framenya. maka gantilah armature. PEMERIKSAAN BAHWA dan prosedur pemeriksaan armature coil dibawah ini? KOMUTATOR TIDAK a. TERBUKA  Dengan menggunakan ohmmeter periksa hubungan antara segmen komutator.  Bila ada hubungan. Jelaskan nama pemeriksaan 3 a. BERHUBUNGAN DENGAN MASSA  Dengan menggunakan ohmmeter periksa bahwa tidak ada hubungan antara komutator dengan armature coil core. frame tidak ada hubungan. b. Apa yang terjadi jika panjang 4 .Motor stater tidak berputar Brush sudah tidak sesuai .  Bila ada segmen yang tidak berhubungan maka gantilah armaturenya.Motor stater berputar lemah 10 standar? 5 . b. PEMERIKSAAN KOMUTATOR DARI KEMUNGKINAN SIRKUIT YANG b.

Letakkan armature di atas alat pengetes lalu penggunaan alat Growler tempelkan daun gergaji pada inti armature (Armature Tester)? dan armature diputar. Periksa kemungkinan ada hubungan antara komutator dan coil armature.80 harus melaksanakan remedial Program Remedial 1. Sebutkan nama pemerikaan pada gambar dibawah ini! 6 . Jika daun gergaji 15 tertarik atau bergetar berarti ada hubungan singkat pada armature dan harus diganti.99 3 Cukup (C) 7.00 – 8.99 4 Kurang (D) 6.00 Keterangan: Siswa yang mendapat nilai kurang dari 7. Jelaskan prosedur pemeriksaan dudukan sikat atau Brush Holder? 4.99 5 SangatKurang (E) < 6. 5 Bagaimana prosedur . Berapa panjang standar dan panjang minimal Brush! 3. Apa penyebab kemungkinan motor stater berputar lambat? 2. Penentuan Nilai Skor yang diperoleh Nilai = -------------------------------X 100 Skor Maksimal  Penyebaran Nilai No Prestasi Rentangan Nilai ∑ % 1 SangatBaik (A) 9.00 – 6.00 – 10.00 2 Baik (B) 8.00 – 7.

39 in) 3 Periksa isolasi antara pemegang sikat negative (-) dan pemegang sikat 30 positif (+) dengan menggunakan ohm meter. perbaiki atau ganti brush holdernya. Materi bisa browsing di internet 7 .Ada masalah mekanis pada mesin atau motor stater 2 Panjang standar : 16 mm (0. Bila terdapat hubungan. 4 a. Pemeriksaan hubungan komutator terhadap massa Skor 100 Program Pengayaan Tugas materi berikutnya 1. 2. Pemeriksaan run out komutator 10 b. Prosedur pemeriksaan solenoid atau switch magnetic.Sambungan kendor atau berkarat .Batterai lemah 40 .63 in) 20 Panjang minimum : 10 mm (0.Kerusakan pada motor stater . Prosedur pemeriksaan kopling stater. a) b) Kunci Jawaban No Kunci Jawaban Skor Maksimal 1 .

Keaktifan bertanya dan mengemukakan pendapat 20 3. Menyelesaikan tugas 10 tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan . Partisipasi . Kehadiran . b. Mengikuti instruksi guru 15 TOTAL SKOR KETERANGAN SB (SangatBaik) = 4 point B (Baik) = 3 point Skor = Bobot x Point kriteria C (Cukup) = 2 point K (Kurang) = 1 point JUMLAH NILAI TOTAL = TOTAL SKOR x 100 400 8 . Penilaian Sikap ASPEK KRITERIA NO UNSUR ASPEK BOBOT SKOR PENILAIAN SB B C K 1. Disiplin . Ketepatan waktu mengumpulkan tugas 10 4. Selalu hadir dalam kelas 20 sesuai dengan jumlah pertemuan dan jam efektif serta tepat waktu 2. Mentaati peraturan yang 15 berlaku . Fokus mengikuti proses 10 dalam kelas belajar mengajar . Penyelesaian .

Memeriksa brush III SikapKerja 3.1. Penggunaanpakaiankerja 1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur 15 3. Memeriksa Armature 2. Penilaian Keterampilan : Non Tes NAMA SISWA : KELAS : PROGRAM KEAHLIAN : KOMPETENSI : Kriteria BOBO SKOR No Aspek / UraianAspek yang dinilai T 1 2 S B C K B I PersiapanKerja 10 1.1.3.1 Running test V Waktu 15 5. Persiapan tool and equipment II Proses (Sistematikadan Cara Kerja) 2. Keselamatan kerja IV HasilKerja 30 4. Waktu penyelesaian praktik TOTAL SKOR Kriteria Penilaian SB (SangatBaik) = 4 point B (Baik) = 3 point Skor = Bobot x Point kriteria C (Cukup) = 2 point K (Kurang) = 1 point NILAI = TOTAL SKOR x 100 740 9 . c. Memeriksa komutator 30 2.1.1.2.2.2.

Indonesia. Sumber Belajar : ..PERUBAHAN SKOR MENJADI NILAI Aspek yang Bobot x ∑ No Nama Siswa Bobot ∑ nilai total dinilai nilai total 1. Bahan Dan Sumber Belajar 1. S. EKO PUDJIMARTONO NIP: 19580315 198403 1 009 10 .Gambar .Laptop dan LCD ..Jobsheet 2.Pd. 2017 K3 Teknik Kendaraan Ringan Guru Mata Pelajaran.Toyota Astra. Tahun Terbit.. ROCHMAN GUNAWAN NIP: 19801207 201407 1 001 NIM: 140513604609 Mengetahui. Toyota Astra...... Alat.co. Malang.id) (Sistem Stater) .... Kognitif 30% Afektif 30% Psikomotorik 40% NILAI AKHIR Keterangan: N Akhir ≥ 78 = Kompeten N Akhir < 78 = Belum Kompeten I. ... Tahun Terbit.Internet (www.Papan tulis dan spidol .Pd.. Alat dan Media Pembelajaran : . Step 1 Indonesia. Toyota Astra. Media.. SAHIRUL ALIM. Pedoman Reparasi Mesin 4A-FE...Toyota Astra.google. Kepala Sekolah Drs.. M. ..