LEMBAGA PPM REPUBLIK INDONESIA

SMK BINA SISWA 1 GUNUNGHALU
Kompetensi Keahlian : TKJ, TSM, Pemasaran
Izin Disdik Nomor: 422/5422 Disdikpora 2012
Email : smk_binasiswa1@yahoo.com
Jln. Raya Cidadap RT.01/10 Ds.Sirnajaya Telp.022-6950123 Kec. Gununghalu

Nomor : 90/B.NS-1/PPM/XI/2012 Bandung Barat, Nopember 2012
Lampiran : 1 berkas
Perihal : Proposal Program Bantuan Pengadaan
Sarana dan Prasarana Peralatan Praktikum

Kepada Yth.
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
u.p. Kepala Subdit Sarana dan Prasarana
Komplek Kemdikbud Gedung E lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat 10270

Dengan Hormat
Bersama ini kami sampaikan berkas Program Bantuan Pengadaan Sarana dan Prasarana
Peralatan Praktikum pada SMK BINA SISWA 1 Gununghalu, proposal ini merupakan bagian
dari upaya pengembangan sekolah agar mampu barperan dalam pengembangan sumber
daya manusia (SDM) sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Kebutuhan pembangunan nasional
dan era globalisasi, sehingga program yang terangkum dalam proposal ini tepat sasaran dan
efektif untuk peningkatan pelayanan SMK BINA SISWA 1 Gununghalu.

Besar harapan kami agar kiranya hasil evaluasi final terhadap proposal ini dapat segera kami
terima, guna persiapan implementasi dan program tindak lanjut.

Atas perkenan dan perhatian yang Bapak berikan, kami ucapkan terima kasih.

Bandung Barat, Nopember 2012
Kepala SMK BINA SISWA 1
Gununghalu

Adang Cucu Cahyana, S.Pd

Teknik Sepeda Motor 3. Teknik Komputer dan Jaringan 2.com .Ijin Operasional : 422/5422 – Disdikpora 2012 Status Sekolah : Swasta Akreditasi : - Kompetensi Keahlian : 1. IDENTITAS SEKOLAH Nama Sekolah : SMK BINA SISWA 1 Gununghalu No. Pemasaran Alamat Sekolah Jalan : Raya Cidadap (Bunijaya) Desa : Sirnajaya Kecamatan : Gununghalu Kabupaten : Bandung Barat Provinsi : Jawa Barat Kode Pos : 40565 Telepon : 022 – 6950123 E-mail : smk_binasiswa1@yahoo.

LEMBAR PENGESAHAAN Dengan Ini Kami Menyatakan Bahwa Proposal “ Pengadaan Alat Praktik “ TAHUN 2012 ini dibuat sesuai dengan kondisi yang ada di SMK BINA SISWA 1 GUNUNGHALU Bandung Barat.Bandung Barat Dra.Hj. MM Pembina Utama Muda NIP. S. Agustina Piryanti. Oktober 2012 Ketua Komite Sekolah Kepala Sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. 196408301985032003 . SMK BINA SISWA 1 Gununghalu SMK BINA SISWA 1 Gununghalu Agus Rohmana Adang Cucu Cahyana.Pd Mengetahui / Menyetujui.

dan memiliki keahlian yang tinggi serta mampu menghadapi persaingan global.Atas perhatian dan kerjasama yang baik. S. Bandung Barat. untuk mendukung tercapainya peningkatan mutu pendidikan di SMK BINA SISWA 1 Gununghalu melalui pemenuhan kebutuhan Sarana dan Prasarana pendidikan yang refresentatif dan proposional dengan jumlah siswa dan volume kegiatan pembelajaran di sekolah kami. dan untuk itu kegiatan ini akan berintegrasi dengan proses PBM dan Unit Produksi yang sudah ada. KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianya proposal ini dapat di selesaikan. Melalui program bantuan / Subsidi ini pada giliranya diharapkan dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pendidikan adalah suatu investasi jangka panjang yang harus ditanggung bersama antara pemerintah dan masyarakat. Kami menyadari bahwa program ini bertujuan untuk mendorong SMK dalam menyiapkan sumber daya yang terampil dan professional. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas SMK BINA SISWA 1 Gununghalu.Pd . kami mencoba mengemukakan fakta yang ada pada sekolah yang kami kelola kaitannya dengan kebutuhan akan sarana dan prasarana untuk menunjang akses sekolah kami terhadap kebijakan Direktorat PSMK dengan rencana strategisnya yang korespondensinya berbasis fasilitas e-mail dan internet. kami ucapkan terima kasih.untuk itu dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat sangat diperlukan dalam rangka penyempurnaan dan pemenuhan atas kebutuhan sarana refresentatif dimaksud selanjunya. mandiri. Oktober 2012 Kepala SMK BINA SISWA 1 Gununghalu Adang Cucu Cahyana. sarana pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar dan keterbatasan kemampuan kami untuk itu. Demikian Proposal ini kami susun untuk mendapat pertimbangan lebih lanjut. Dalam rangka usaha kami meningkatkan ketersediaan sarana dan kelayakan sarana pendidikan SMK BINA SISWA 1 Gununghalu kami menyusun dan mengajukan proposal ini. Rencana pengembangan sarana dan prasarana di SMK BINA SISWA 1 Gununghalu melalui usulan Bantuan/Subsidi ini juga di maksudkan dalam rangka untuk memperoleh Dana Subsidi Program bantuan Pengadaan Sarana dan Prasarana Praktikum pada SMK BINA SISWA 1 Gununghalu.

.................. 17 LAMPIRAN – LAMPIRAN : ................................... 2 D........................................................................................................... iv BAB I PENDAHULUAN ...... Sumber Daya Pendidikan/ Sarana Prasarana ...................................... 1 B......................................... Sumber Daya Manusia (Personal) ........... 1 A.............................................................................................................................................................................................................................. 10 BAB III POTENSI DAN PROGRAM YANG DIKEMBANGKAN ....................................................................... 13 BAB V PENUTUP ................................................................................................ ii KATA PENGHANTAR ...................................................... Perkembangan Sekolah ............................................................................... 11 BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA ... Data Yayasan .............................................. 1 C................................... Misi ............ Rencana Pengembangan Sekolah ....... Identitas Sekolah .................... Proses Belajar Mengajar ............................................... 9 G.......................................................................................... i LEMBAR PENGESAH ..................................... iii DAFTAR ISI ........................................... Tujuan ............................ 8 F............................................................................................................................................................ Rencana Pengembangan Sekolah Analisis Sumber Daya .............................................. Visi . 2 BAB II PROFIL SEKOLAH ............................. 11 A.......... 4 D......................................................................... 3 A....... DAFTAR ISI IDENTITAS SEKOLAH ................. Latar Belakang .............................................. Program Keahlian yang di Kembangkan .......................... 3 C.......... 3 B................. 11 B.................................................................................................................................................................................................. 6 E...................

adapun hal – hal yang mempengaruhinya antara lain : 1. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi derta mampu menghasilkan produk unggul. Dikaitkan dengan kompetensi siswa SMK BINA SISWA 1 Gununghalu baik tahun 2012/2013 atapun tahun – tahun sebelumnya belum seideal harapan semua pihak. baik ditinjau dari segi pendidikan maupun ekonomi. 2. pada hal faktor utama yang menentukan mampu tidaknya bersaing adalah SDM yang memliki kompetensi. sehingga dukungan dana belum optimal. 5. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah jauh dari yang diharapkan oleh siswa.Demikian pula peningkatan sarana dan prasarana dalam peningkatan kemampuan pelayanan dasar SMK menuju pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM). memilik komitmen dan keinginan untuk senantiasa mengembangkan sekolah yang berkualitas sejalan dengan kebijakan reposisi pendidikan menengah kejuruan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. artinya tidak lepas dari membicarakan pentingnya kemampuan managerial lembaga sekolah. . dan asia fasifik bahkan untuk kawasan asia fsifik akan dimulai pada tahun 2020. Berbicara mengenai peningkatan mutu pendidikan. SMK SMK BINA SISWA 1 Gununghalu sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang mengembangkan Visi dan Misi SMK. Motivasi belajar siswa masih rendah. Karena itu penyiapan SDM harus dilaksanakn secara sungguh-sungguh dan terencana dengan baik. waktu mempersiapkan diri dalam memasuki era tersebut sudah semakin pendek khususnya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. menyebabkan kemampuan managerial sekolah perlu ditingkatkan. Jumlah buku penunjang kurang 4. Dana pengembangan kurang memadai 3.Belum banyaknya kemampuan yang dimiliki oleh pihak sekolah dalam hal memanag (sesuai yang diharapkan). Latar Belakang Era pasar bebas yang penuh dengan tantangan dan persaingan tajam sedang diberelakuikan dikawasan asia tenggara pada tahun 2005. Karakteristik orang tua siswa yang heterogen. BAB I PENDAHULUAN A.

efektif. Meningkatnya penguasaan siswa dalam mengoperasikan komputer dan memanfaatkan akses internet dalam upaya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 8. Meningkatnya kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap bentuk- bentuk pelayanan sekolah kepada peserta didik 6. Ilmu dan Kesenian serta dapat menghasilkan pesertadidik yang profesional dan mampu memanfaatkan peluang kerja di era Globalisasi. inovatif. Memberikan bekal kecakapan hidup untuk mandiri atau bekerja kepada peserta didik melalui penyediaan sarana keterampilan yang representatif. Meningkatnya kualitas peribadatan melalui penyediaan sarana dan tempat ibadah yang representatif dalam upaya menumbuhkembangkan nilai akhlak dan budi pekerti kepada peserta didik 9. Tujuan SMK BINA SISWA 1 Gununghalu 1. Meningkatnya pencapaian nilai rata-rata tiap mata diklat 2. Visi Menjadi salah satu SMK Swasta yang unggul dalam bidang Olahraga. . Meningkatnya prestasi sekolah dalam berbagai cabang oahraga dan seni 3.B. Mempersiapkan lulusan yang berkompeten dan mempunyai keahlian 2. Misi 1. C. dan menyenangkan 5. kreatif. Mempersiapkan lulusan yang mampu bekerja di Dunia Usaha dan Industri 3. Mempersiapkan lulusan yang menguasai IPTEK dan IMTAQ D. Meningkatnya kualitas layanan sekolah kepada peserta didik dalam upaya mengembangkan kompetensi siswa di bidang akademik dan non- akademik 4. Meningkatnya budaya membaca yang baik di kalangan siswa melalui sarana perpustakaan sekolah yang representatif dan pelayanan yang optimal 7. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif dalam upaya mendukung pencapaian kualitas pembelajaran yang aktif.

Raya Cidadap (Bunijaya) Kelurahan : Sirnajaya Kecamatan : Gununghalu Nomor Telepon : 022 – 6950123 Kota : Bandung Barat Provinsi : Jawa Barat e-mail : smk_binasiswa1@yahoo. BAB II PROFIL SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) B I N A S I S W A 1 G U N U N G H A L U 1.3/110 .com Nomor Rekening Sekolah : 0014250646100 Atas Nama : SMK BINA SISWA GUNUNGHALU Nama Bank : BJB Cab.Disdikopra 2011 No. Padalarang . Ijin Operasional : 422/5422 – Disdikpora 2012 Status Sekolah : Swasta Akreditasi :- Jenis Program Keahlian : 1. Teknik Komputer & Jaringan 2. Identitias Sekolah Nama Sekolah : SMK BINA SISWA 1 Gununghalu No. Pemasaran Alamat Sekolah : Jl. Ijin. Teknik Sepeda Motor 3.Pendirian : 421.

MM Nama Sekretaris Yayasan : Visa Irany Thresna Dewi.Pd b. Pangkat/ Golongan Ruang : - d. Budi Mikhdar Hubungan Industri . 107 A Bandung Nomor Telepon : 022. Ahmad Yani No. S. Gugun Gunawan. 022-92411580 Bandung 4. Nama Lengkap : Adang Cucu Cahyana.Pd Kesiswaan 3. Baranangsiang No. Tahun Mulai Tugas : 2011 e. S. Kepala Sekolah a. Jend. S. Republik Indonesia (LPPM–RI) Alamat Yayasan : Jl. Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia h.4261984 Nama Ketua Yayasan : RM. Otto Muharam. NIP : - c.2.Pd. Pepen Supendie. Pendidikan Terakhir : S1 g. S.Pd Kurikulum 2. Status Kepegawaian : Pegawai Yayasan f. Wakil Kepala Sekolah Wakasek No Keterangan Nama Bidang 1. Neneng Marlina AS. S. SH 3. Nama Kepemilikan Yayasan Nama Yayasan : Lembaga PPM.222/34 B Telp. Asep Deni Nugraha. S.Pd Sarana dan Prasarana 4. Alamat Rumah : Jl.Pd Nama Bendahara Yayasan : Rd.

Pd 1 Staff TU (Kepegawaian) . Linda Lidiawati.Pd PKS Kesiswaan Adaptif 2 tahun 4.Pd Guru Normatif 2 tahun 9. S. 2 tahun 15. 2 tahun 16. Gugun Gunawan Guru Normatif 2 tahun 8. Nama Keterangan S1 D-3 D-2 D-1 SLTA 1 Widaningsih.Pd Guru Adaptif 2 tahun 11. S.S Guru Normatif 2 tahun 7.Pdi Guru Normatif 2 tahun 10. S. Adang C. Cahyana. Iif Nurlifah Guru Normatif 2 tahun 5. Riska Lisnawati. Pepen Supendi PKS Kurikulum Adaptif 2 tahun 3. S. Din Sopyan Guru Produktif 0 Tahun 18. Rizky Kurnia R. Asep Deni. Cecep Munajatullah Guru Produktif 2 tahun 6. Ferawati Nugraha. S. Bubun Guru Produktif 2 tahun 14. Farida Tata Usaha . S. Keadaan Tenaga Administrasi (TU) Keualifikasi Akademik No. S.Pd 1 Kepala TU 2 Farida Masryah 1 Bendahara 3 Rita Nurnaningsih. S.Pd Tata Usaha .5. M. Pupun Penjaga . Dyan Kristiana Guru Produktif 0 Tahun 6. Eri Miftahul Ridwan.Pd Kepala Adaptif 2 tahun Sekolah 2. Nanang Ihsan Guru Normatif 2 tahun 13.Pd Guru Normatif 2 tahun 12. Keadaan Guru NO NAMA JABATAN Mengajar Masa Kerja 1.. S. 2 tahun Sekolah 17. Rita Nurnaningsih.

60 Teknik Sepeda Motor . .7. - Jumlah 60 . . - Jumlah 45 56 40 141 Keadaan Siswa Tahun Ajaran 2011 / 2012 Kelas Program Keahlian Jumlah siswa X XI XII Teknik Komputer dan Jaringan 61 60 . . 60 . Keadaan Siswa Tahun Ajaran 2012 / 2013 Kelas Program Keahlian Jumlah siswa X XI XII Teknik Komputer dan Jaringan 45 56 40 141 Teknik Sepeda Motor . . . . 121 Teknik Sepeda Motor . . . - Pemasaran . . - Pemasaran . - Jumlah 61 60 . . . - Keadan siswa tahun ajaran 2010 / 2011 Kelas Program Keahlian Jumlah siswa X XI XII Teknik Komputer dan Jaringan 60 . - Pemasaran . . . .

Sarana Prasarana Penunjang Pembelajaran Kondisi Ruang Kelas Kondisi Ruang Kelas Jumlah Persen Baik 5 100 % Rusak Ringan . - Rusak Berat . - Total 5 100 % Perpustakaan Jenis Buku Jumlah (Judul) Persen Buku Pelajaran 10 28% Buku Penunjang 20 22% MODUL TKJ 30 50% Jumlah 60 100% Laboratorium Komputer Jenis Jumlah Persen Komputer IP 4 20 75% Printer Epson C 90 1 85 % Printer Canon ip 2700 1 - Infokus Zyrex 3 100 % Scanner Canon . - Modul KKPI 50 - Meja dan Kursi Siswa 120 Meja dan Kursi Guru 10 PapanTulis/ White Board 4 .

Unit Produksi Jenis Jumlah Kondisi Tang Krimping 2 Buah Baik Solder 4 Buah Baik Lan Tester 2 Buah Baik Switch Hub 8 Port 2 Buah Baik Tang Potong 4 Buah Baik Obeng Min (-) 4 Buah Baik Obeng Plus (+) 4 Buah Baik PCI Network Adapter 2 Set Baik USB Wireless Adapter 2 Set Baik RG 45 1 Box Baik Apo Meter 2 Buah Baik Modem 2 Buah Baik Ethernet 10/100 Mbps 2 Set Baik PC Server 1 Buah Baik PC Client 15 Buah Baik Stabilizer 1 Buah Baik Tang Kabel 2 Buah Baik UTP Cat 6 1 Roll Baik DVD Room 4 Buah Baik CD Room 6 Buah Baik DVD –RW 2 Buah Baik IDE SATA/ATA 4 Buah Baik .

Penambahan dan pengembangan perlengkapan perpustakaan harus dilakukan antara lain: . Alat pemadam kebakaran . Teknik Komputer dan Jaringan . Jumlah alat-alat bantu . Penataan kembali ruangan yang ada . 4. Program Keahlian yang di Kembangkan Program yang di kembangkan pada SMK BINA SISWA 1 Gununghalu Adalah sebagai berikut: . Rencana Pengembangan Sekolah Adapun progran pengembangan sekolah dalam mengatasi masalah untuk mencapai tujuan SMK secara prioritas berdasarkan potensi yang di miliki yaitu antara lain: 1. Lemari tempat penyimpanan komponen . Menggunakan ruang yang ada dengan memperhatikan segi – segi kelebihan dan kekurangannya serta membagun bangunan yang baru dengan jalan mandengar/meminta pendapat ahli bangunan pendidikan. Meja kursi guru . Perlengkapan lainnya yang sesuai dengan buku pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. BAB III POTENSI DAN PROGRAM YANG DIKEMBANGKAN A. Jumlah alat-alat praktek . Penambahan meja kursi untuk ruangan yang ada . Teknik Sepeda Motor . Tempat penyimpanan tas . Rak koran dan majalah . Perlu penataan tata ruang untuk memenuhi kebutuhan luas tanah bagi pengembangan luas sekolah type B 2. Gudang . Pemasaran B. 3. Sarana dan prasarana Laboratorium masih harus di tingkatkan terutama berupa: .

Penataan dan penghijauan halaman sehingga selain berfungsi untuk tempat upacara dan bermain. Penataan ruang tata usaha sesuai dengan kebutuhan 10.5. 13. Perlengkapan alat-alat ekstrakulikuler serta meningkatkan pemaliharaan alat dan perlengkapannya 7. Membangun gedung serba guna dengan segala alat dan perlengkapannya. Penambahan kamar mandi dan WC terutama bagi guru dan tamu Perlu adanya pembagian tugas yang jelas penambahan personil yang bertanggungjawab terhadap kebersihan kamar mandi dan WC guru serta tamu. juga sebagai alat pelindung polusi udara . Penataan gudang dan pengadaan lemari dan rak yang di perlukan di gudang 12. Penataan kembali ruang guru sehingga situasinya menarik 9. Menyediakan ruang koperasi dan perlengkapannya. Pengembangan dan penyempurnaan kantin sehingga dapat menjadikan sarana/tempat memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman tetapi juga sebagai sarana pendidikan kepribadian siswa 14. untuk kegiatan koperasi sekolah 11. 8. Pembangunan dan pengembangan laboratorium bahasa sesuai dengan standar sekolah type B 6.

Rp 890.00 AX1930 GB.000 Rp 1.00 V33 Max. Optical Resolution 4800x9600 dpi.1 (G. 1 IDE SATA/ATA 16 Rp 100.Brightness 2500 ANSI Lumens GTC SCREEN 4 5 70″x70″ / 180×180 cm TRIPOD 70" Rp 700.Komputer Acer 2120 3.HDD 250 GB SATA.775.000.992.000 Rp 80.00 ADSL2+ Modem T1.Light Source EPSON SCANNER 6 2 White LED.000.000 Rp 1.000 Rp 24.3.DMT) Scanner Type Flatbed. pixel Depth (in/Out) 48 bits input.Sensor Type CCD.000.000.00 Projektor Max. Rp 4.500. Router Type ADSL2 + W8961N 300Mbps WAN Standar ADSL 5 Wireless N 3 Standar : Full-rate ANSI Rp 500.00 Power 220 V Processor Intel Core i3- PC.3 Ghz. DVD R/RW Projection System DLP Technology. Film Scan .999.385.Optical Density 3.000 Rp 3.000. Native Infocus / Resolution SVGA 3 Proyektor Acer 5 (800x600).9905.Resolution 12800 dpi.000.000 Rp 1. 48 bits output. BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA NO JENIS JUMLAH SPESIFIKASI HARGA Jumlah Harga SATUAN 2.413 Issue 2.780.500.00 TP-Link TD. ITU-T Router G.DDR 3 2 2 15 Rp 5.600.Resolution Up to SXGA (1280 x 1024).0 USB IDE SATA/ ATA.

000.000.00 10 LAN Cable Tester 10 UTP/Xoacial and USB Rp 325.processor 400MHz. Obeng Min 3/16". 11 3 6 Grey 1000 feet (300 m) Rp 1.120. Pompa Penyedot Solder.000. Mata Obeng 2- Way Plus PH2 dan Min 1/4".720.00 12 Hardisk Ekternal 5 Seaget 250 GB. Platform Multifunction.000 Rp 1.5 " Rp 356. Max. Expantion Portable 2. Obeng Baud 3/16". Up to 8000 pages Recommended :250 to 2000 pages. Tank Knip / Potong.000 Rp 4. Obeng Plus PH0. Tas Tool Kit 9 Crimp Tool 10 For RJ 11/RJ 12 / RJ 45 Rp 572.000 Rp 3. Chip tweezers.000.00 Terbilang : Seratus Empat Puluh Lima Juta Rupiah Bandung Barat.00 Belden UTP Cable 7814 A.780.000 Rp 5.000 Rp 3. Max Media Size A4.680. 2 8 Tool Sheet 10 Gagang Obeng.000. Obeng Min 1/8". Adang Cucu Cahyana. Tang Lancip. S.00 Acess Point Act. Obeng Baud 1/4". Mata Obeng 2-Way Bintang T10 dan T15.000.300.00 Jumlah Rp 145.000.000.00 M1212NF ppm.memory Capacity 64 MB network Supports Available Solder 30W 220-240V.000 Rp 9. Kunci Inggris 6".Pd .Print HP LaserJet Pro Speed black 18 7 3 Rp 3.Printing Method Laser.Link Surecom EP - 13 10 Wireless USB 9001-g Rp 312. Oktober 2012 Kepala SMK Bina Siswa 1 Gununghalu.000.UTP Cable Cat 6. Three-prong parts and Chip retriver/extractor.000. Chip Inserter. Chip Extractor with securers and bows.250.560.100. Obeng Plus PH1.Resolution Uo to 600 x 600 dpi (1200 dpi effective). Rp 300. Tabung Part.Monthly Usage Volume.000 Rp 3. Tank Crimping.Max.00 Self Closure Tweezers.

Mudah-mudahan setelah mendapatkan bantuan ini SMK BINA SISWA 1 Gununghalu lebih berperan aktif lagi terhadap perkembangan dan pembangunan Bangsa dan Negara. Maka disusunnya proposal ini penuh pengharapan sebagai bahan kajian dan pertimbangan bagi pengambil kebijakan untuk dapat mengabulkan aluran permohonan ini. mengingat daya beli masyarakat yang masuk SMK BINA SISWA 1 Gununghalu pada umumnya rendah. BAB V PENUTUP SMK BINA SISWA 1 Gununghalu merupakan salah satu lembaga Pendidikan yang sudah 3 tahun lamanya berpartisipasi ikut serta dalam pembangunan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu bersaing dalam dunia kerja maupun dalam dunia industri. Dalam mencapai tujuan SMK BINA SISWA 1 Gununghalu banyak sekali mengalami hambatan.Pd NIP. terutama dalam masalah biaya. Oktober 2012 Kepala SMK BINA SISWA 1 Gununghalu Adang Cucu Cahyana. - . S.Karena SMK BINA SISWA 1 Gununghalu sangat-sangat membutuhkan uluran tangan Pemerintah untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Bandung Barat.