PROPOSAL

BANTUAN BELANJA BANTUAN KEUANGAN
KEMAKMURAN MASJID
PEMERINTAH KABUPATEN BONDOWOSO
TAHUN 2017

DIAJUKAN
SEBAGAI KERANGKA KERJA DAN MASUKAN
BAGI PENETU KEBIJAKAN PUBLIK
DALAM MERUMUSKAN DAN MENENTUKAN KEBIJAKAN
BELNAJA BANTUAN KEUANGAN KEMAKMURAN MASJID

TA’MIR MASJID AL – BAROKAH
DESA PEKALANGAN RT. 21RW 04 KECAMATAN TENGGARANG
KABUPATEN BONDOWOSO
TAHUN 2017

TA’MIR MASJID AL – BAROKAH DESA PEKALANGAN RT. URAIAN JUMLAH KETERANGAN 1. 196512301986031017 . NO. Takmir Masjid Al – maklum Barokah Tahun Anggaran 2017 Ta’mir Masjid Al – Barokah Ketua MARZUKI Mengetahui. Kepala Kecamatan Tenggarang Kepala Desa Pekalangan JAKFAR SODIK. 12 Mei 2017 Keada Yth. Proposal Permohonan Bantuan 1 satu berkas Dikirim dengan hormat Belanja Keuangan Kemakmuran untuk menjadikan Masjid. S.MM SUKARDI NIP. 04 KECAMATAN TENGGARANG KABUPATEN BONDOWOSO Sekretaris : Desa Pekalangan Pekalangan. Bapak Bupati Bondowoso Di- Bondowoso S U R A T P E N G A N T A R NOMOR : 12/Ta’mir Masjid. 21 RW.Ab/V/2017.SOS.

Saran ibadah seperti masjid adalah merupakan saran penunjang dan mempunyai peran yang sangat besar dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa. Potensi masjid perlu diberdayakan sehingga dapat berhasil guna dan berdaya guna sesuai dengan fungsinya sebagai pusat kegiatan peribadatan dan pusat kegiatan kemasyarakatan untuk dapat menumpang percepatan terwujudnya tujuan pembengunan daerah menuju masyarakat yang adil dan makmur dilandasi oleh sendi – sendi dasar keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Swt. . Latar belakang Kegiatan masyarakat dalam meaksanakan ibadah khususnya shalat adalah merupakan kegiatan yang sangat positif yang perlu didukung dan ditumbuh kembangkan karena pengamalan agama khusunya shalat. keikhlasan dan sikap serta gairah dalam prosespelaksanaan pembangunan daerah. Tahun Anggaran 2017. PROPOSAL BELANJA BANTUAN KEUANGAN KEMAKMURAN MASJID PEMERINTAH KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2017 BAB I PENDAHULUAN A. mencegah dari perbuatan yang mungkar dan tercela. Disamping itu pelaksanaan ibadah khususnya shalat dapat menjamin stabilitas ketahanan mental yang merupakan modal utama dalam membentuk watak masyarakat kabupaten bondowoso yang beriman dan bertaqwa. mendorong masyarakat kearah kejujuran. ta’mir masjid dalam upaya menopang terwujudnya percepatan kemakmuran masjid dengan ini kami memandang perlu terdapat dukungan pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk memberikan stimuan dalam bentuk Belanja Bantuan Keuangan Kemakmuran Masjid. amat bermanfaat guna menumbuhkan dan merangsang akhlak yang mulia. Sehubungan hal tersebut.

data. Tujuan Tujuan yang ingin dicapai dalam pengelolaan kemakmuran masjid secara umum ialah untuk dapat meningkatkan dan menggairahkan fungsi masjid sebagi pusat kegiatan peribadatan dan pusat kegiatan masyarakat. B. rencan dan program kerja serta evaluasi kerja yang mantap. Nomor : D / Ist /62 / 75 / Tertanggal 2 Mei 1975. 21 RW.MIR MASJID AL – BAROKAH DESA PEKALANGAN RT. 04 KECAMATAN TENGGARANG Setiap masjid dalam pengelolaan tugas – tugasnya memiliki beberapa komponen sebagai alat kelengkapan organisasi yang mencerminkan adanya distribusi tugas pokok dan funsinya serta memiliki alat – alat kelengkapan. Disamping itu masjid sebagai suatu lembaga mempunyai sumber pendanaan . Landasan Operasional Landasan operasional pengelolaan kemakmuran masjid adalah. Maksud Dan Tujuan 1. C. disamping sebagai upaya percepatan terwujudnya pengelolaan kemakmuran masjid dapat tercapai sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.  Intruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Nomor : 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidkan Keagamaan. BAB II PENGORGANISASIAN TA. sbb :  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Departemen Agama Republik Indonesia. Maksud Maksud proposal ini dibuat adalah sebagai kerangka kerja yang diharapkan dapat memberikan gambaran sebagai bahan masukan kepada penentu kebijakan publik diKabupaten Bondowoso agar sinerginitas antara komponen infrastruktur lembaga pendidikan keagamaan yang ada ditingkat grass root dapat melakukan kemitraan dengan pemerintah kabupaten bondowoso. 2. dokumentasi.

Bendahara : No. 21 Rw. sbb : Ketua Ta’mir : No. 04 Kecamatan Tenggarang sedangkan kontak person Ta’mir Masjid Al – Barokah adalah.berbagai usaha yang dilakukan untuk menopang keberlangsungan lembaga dalam upaya kemakmuran masjid. 082334183686 Sekretaris : No. Hp. Hp. Imam Disamping unsur pengurus sebagai alat kelengkapan organisasi dan alat kelengkapan lainnya uga terdapat sekretariat ta’mir masjid al – barokah yang dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan secara kelembagaan terdapat di Desa Pekalangan Rt. Hp. Nofi Bendahara : M. secara organisatoris Ta’mir Masjid Al – Barokah terdiri dari : Ketua : Marzuki Sekretaris : Abdullah / P. 085258499036 .Zaenal Arifin Seksi Pendidikan : Abd. Azis Seksi Ibadah : Yahya Seksi Sosial : Buhari Seksi Da’wah : Ghozali Seksi Pemeliharaan : Zainul Seksi Keamanan Dan Ketertiban : P.

Rp.( dua juta rupiah ) .- Pembayaran Transport Petugas Keamanan Selama 5 Bulan @ Rp. 500.. 100. oleh karena itu kontribusi peran Pemerintah Kabupaten Bondowoso sangat diharapkan agar dapat memberikan stimulan dan mempercepat upaya – upaya kemakmuran masjid. 21 Rw. 500. Guna kepentingan tersebut diatas... 2. 100. 100.000.- Pembayaran Transport Petugas Khotib Selama 5 Bulan @ Rp.000..000. agar keberfungsian masjid sebagaimana sunnah rasul dapat terwujud dengan sebaik – baiknya. 500.000. Rp.- Jumlah rencana penggunaan anggaran seluruhnya sebesar rp. Pengurus Masjid Al – Barokah Desa Pekalangan Rt.000. 04 Kecamatan Tenggarang dapat memperoleh peluang dan kesempatan serta diberi kepercayaan oleh pemerintah kabupaten bondowoso untuk menerima bantuan melalui belanja bantuan keuangan kemakmuran masjid pada tahun anggaran 2017 kami akan memanfaatkan belanja bantuan keuangan dimaksud untuk kepentingan sbb : Pembayaran Transport Petugas Mu’adzin Selama 5 Bulan @ Rp..000. 21 Rw.000. 2. 04 Kecamatan Tenggarang melalui pendekatan program pada tahun anggaran 2017 berharap untuk dapat memperoleh bantuan melalui belanja bantuan keuangan kepada ta’mir masjid oleh pemerintah kabupaten bondowoso sebesar rp.000..000.000.( dua juta rupiah ) Apabila kami selaku Pengurus Masjid Al – Barokah Desa Pekalangan Rt. Rp. BAB III RENCANA PENGGUNAAN ANGGARAN Dukungan anggaran dalam upaya kemakmuran masjid sangatlah dibutuhkan keberadaannya. Rp.- Pembayaran Transport Petugas Kebersihan Selama 5 Bulan @ Rp. 100.000.000. 500.

Demikian proosal ini disampaikan dengan harapan untuk dapat berfungsi sebagai bentuk komunikasi formal Kepada Bapak Bupati Bondowoso sebagai masukan dalam perumusan dan penetuan kebijakan publik. BAB IV PENUTUP Upaya memakmurkan masjid sebagai impementasi dari rasa ikut memiliki dan ikut bertanggung jawab terhadap keberadaan pengelolaannya merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah kabupaten bondowoso. S.MM SUKARDI NIP. Oleh karena itu. maka kontribusi peran pemerintah kabupaten bondowoso sangat dibutuhakn. Kepala Kecamatan Tenggarang Kepala Desa Pekalangan JAKFAR SODIK. Ta’mir Masjid Al – Barokah Ketua MARZUKI Mengetahui. 196512301986031017 . agar keberadaan masjid dapat berfungsi sebagai central / pusat kegiatan peribadatan bagi ummat islam dan kegaiatan kemasyarakatan dengan seagala aspeknya dapat terwujud dengan sebaik – baiknya.SOS.