PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

DINAS KESEHATAN
UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK
JLN. Lintas Sumatera-Riau kode Pos 21465

KEPUTUSAN
KEPALA UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK

Nomor : / / / / 2017

TENTANG
PENETAPAN INDIKATOR MUTU DAN KINERJA
DI UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK
KEPALA UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK

Menimbang : a. bahwa dalam rangka memelihara mutu dan kinerja pelayanan di
UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Cikampak, perlu ditetapkan
indikator mutu dan kinerja;
b. bahwa untuk melaksanakan maksud point a, perlu ditetapkan
Keputusan Kepala UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Cikampak ;

Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-
Undang Nomor 23 Tahun 2014 (Lembaran Negara);
2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (Lembaran
Negara);
3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat
Kesehatan Masyarakat;
4. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
1457/MENKES/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan Minimal
Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota

MEMUTUSKAN Menetapkan : KESATU : Keputusan kepala UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Cikampak tentang penetapan indikator mutu dan kinerja di UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Cikampak KEDUA : Ketetapan mutu dan kinerja sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu adalah standar atau target capaian indikator Standar Pelayanan Minimal Sesuai manajemen mutu dan Standar Akreditasi Puskesmas KETIGA : Hasil pengukuran mutu dan kinerja setiap bulan dilakukan analisa tingkat ketercapaian setiap tri bulan untuk memperoleh informasi tentang faktor penyebab dan upaya mengatasi KEEMPAT Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat pelaksanaan surat keputusan ini dibebankan pada anggaran UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat Cikampak KELIMA : Surat keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan KEENAM : Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan surat keputusan ini.197604212005022001 . akan ditinjau dan diadakan perubahan seperlunya Ditetapkan di Cikampak pada tanggal Kepala UPTD Puskesmas Cikampak Drg Nurbaiti Hasibuan NIP.

6. 11. . Cakupan Balita gizi buruk mendapat perawatan. Cakupan pertolongan persalinan oleh bidan atau tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi kebidanan. Cakupan peserta KB Aktif. Cakupan Kunjungan Ibu Dasar Hamil K4 2. Cakupan pelayanan anak balita 9. 8. Cakupan Desa/Kelurahan Universal Child Immunization (UCI). Cakupan penjaringan kesehatan siswa SD dan setingkat 12. Cakupan neonatal dengan komplikasi yang ditangani. LAMPIRAN : KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK NOMOR : / / / / 2017 TANGGAL : 2107 INDIKATOR DAN STANDAR KINERJA DIPUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK Batas Waktu Standar Pencapaian No Jenis Pelayanan Indikator 2017 S/D 2021 Administrasi dan Adanya dokumen mutu yang Manajemen terkendali Pola Ketenagaan terpenuhi Adanya daftar urutan kepangkatan karyawan Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat Ketepatan upaya pencatan dan Pelaporan Puskesmas 1.10. Cakupan Ibu hamil dengan komplikasi yang ditangani 3. Cakupan kunjungan bayi. 7. Pelayanan Kesehatan 1. 4. Cakupan pelayanan Ibu Nifas 5. . Cakupan pemberian makanan pendamping ASI pada anak usia 6-24 bulan keluarga miskin.

Ketersediaan jenis pelayanan di Ruang Pemeriksaan Gigi 24Jam buka pelayanan di Ruang Pemeriksaan Gigi sesuai ketentuan 25. 2. 4. Cakupan pelayanan Rujukan kesehatan rujukan pasien masyarakat miskin 3. Cakupan Desa/Kelurahan epidemiologi dan mengalami KLB yang Penanggulangan KLB dilakukan penyelidikan epidemiologi <24 jam.Ketersediaan Jenis pelayanan rawat jalan Umum 20. Cakupan pelayanan kesehatan dasar masyarakat miskin.Hari Buka pelayanan di Pemeriksaan Gigi Ruang Pemeriksaan Gigi 23.Kepuasan pelanggan pada rawat jalan umum 6 Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan di Ruang 22.000 penduduk < 15 tahun b.Kepuasan pelanggan pada Ruang Pemeriksaan Gigi 7 Pemeriksaan Laboratorium 26. Penemuan pasien baru TB BTA Positip d. Cakupan Desa Siaga masyarakat Aktif. Penderita DBD yang ditangani e. Penyelidikan 16. Hari Buka Pelayanan Pemeriksaan Umum 19. Promosi kesehatan dan pemberdayaan 17. AFP rate per 10. 5 Pelayanan Pemeriksaan RawatJalan Umum 18. Cakupan penemuan penderita pneumonia Balita c. Pelayanan Kesehatan 15. Cakupan Penemuan dan penanganan penderita penyakit. 13. Penemuan penderita diare 14.Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan laboratorium . a.Waktu tunggu hasil Pelayanan laboratorium maksimal 60 menit 27.Jam buka pelayanan rawat jalan Umum sesuai ketentuan 21.

Tersedia APD di setiap tindakan resiko tinggi 36.Kepuasan pelanggan 31.Tidak adanya kesalahan pemberian obat 30.197604212005022001 .Ketepatan waktu pemeliharaan alat 34.Peralatan laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi 10 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi 35. 28.Kejadian infeksi pasca tindakan Kepala UPTD Puskesmas Cikampak Drg Nurbaiti Hasibuan NIP.Kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat 33.Penulisan resep sesuai formularium 9 Pemeliharaan Sarana Puskesmas 32.Kepuasan pelanggan 8 Pelayanan Farmasi 29.

-Ketdak sesuaian adalah tidak terpenuhnya suatu pernyataan -Persyaratan (requirement ) adalah harapan atau kebutuhan yang Dapat berupa .Hasil proses analisis data e.Hasil proses monitoring d.Identifikasi ketidak sesuaian E.Hasil proses pengukuran kepuasan pelanggan.Seluruh karyawan Identifikasi ketidak sesuaian yang berasal dari a.Koordinator pelayanan klinis.Proses hasil audit internal d.Proses penanganan keluhan pelanggan b. Permasalahan yang ditemukan di puskesmas untuk segera ditindak lanjuti C.Proses analisis data f.Proses Monitoring e.PROSEDUR 1.PENGERTIAN -Tindakan perbaikan adalah tindakan untuk menghilangkan penyebab Ketidak sesuaian agar tidak terulang lagi .Hasil proses penanganan ketidak sesuaian layanan f. 3.supaya setiap tindakan perbaikan yang diambil dapat Menghilangkan penyebab ketidak sesuaian serta mencegah Berulang kembali.TUJUAN Sesuaian .Nurbaiti Hasibuan Nip 197604212005022100 A.REFERENSI A. KEBIJAKAN Agar tidak menimbulkan permasalahan mutu puskesmas semakin meluas Sistem manajemen mutu ISO 901-2008 D. Untuk menerangkan mekanisme tindakan perbaikan atas ketidak B.ketetapan . TINDAKAN KOREKTIF S NO DOKUMEN : NO REVISI : O TANGGAL TERBIT : P HALAMAN : UPTD PUSKESMAS NAMA KEPALA CIKAMPAK PUSKESMAS Drg.administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas mencatat ketidak sesuaian pada formulir Laporan ketidak sesuaian dan penyelesaiannya (LKP) .Temuan /laporan lainnya yang ada kaitannya ketidaksesuaian layanan.Proses penanganan ketidaksesuaian layanan c.Temuan /laporan lainnya 2.kebiasaan atau kewajiban -Tindakan perbaikan terhadap ketidak sesuaian yang teridentifikasi Melalui a.Hasil proses audit internal c.Seluruh karyawan menyampaian ketidak sesuaian kepada koordinator Bagian terkait . b.

adminitrasi dan manajemen Koordinator upaya puskesmas melakukan tindakan perbaikan sesuai Dengan tindakan perbaikan yang sudah ada ditetapkan 3.Ketua tim mutu melapor kepada kepala puskesmas hasil aktifitas Tindakan 6.administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas memberikan hasil tindakan 3.administrasi dan manajemen dan F.Karyawan terkait jika sudah selesai maka menandatangani formulir Laporan ketdaksesuaian dan penyelesaiannya (LKP) pada kolom yang Sudah disediakan 9.UNIT TERKAIT Koordinator upaya puskesmas .Koordinator pelayanan kilinis anminitrasi dan manajemen .Koordinator pelayanan klinis . 4.adminitrasi dan manajemen kordinator Koordinator upaya puskesmas beserta pelaksanaan /karyawan Terkait 2.sebagai penjelasan status tindakan Perbaikan sudah selesai dilakukan . Verifikasi 1.Jika belum selesai .kembali atau membuat formulir laporan Ketidaksesuaian dan penyelesaiannya (LKP) yang baru dan mengulangi Prosedur ini Semua kordinator pelayanan klinis .adminitrasi dan manajemen dan koordonator Upaya puskesmasmenetapkan rencana dan jadwal tindakan Perbaikan atas ketidak sesuaian B.Kordinator pelayan klinis . G.Koordinator pelayanan klinis .administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas menginformasikan aktifitas tindakan 5.Tindakan Perbaikan 1.Koordinator pelayanan klinis .Ketua tim mutu dan kepala Puskesmas membahas hasil aktifitas Tindakan untuk ditindak lanjuti 7.Koordinator pelayanan klinis .Jika sudah sesuai maka membubuhkan tandatangan pada kolom Verifikasi melakukan close out .Ketua tim mutu dan kepala puskesmas memberikan pengarahan kepada Koordinator bagian dan dan pengelolah terkait tentang langkah langkah Yang perlu diambil 8.REKAMAN HISTORIS NO HALAMAN YANG PERUBAHAN DIBERLAKUKAN DIRUBAH TANGGAL .administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas menerima laopran hasil tindakan Perbaikan dari staf terkait.Melaporkan kepada koordinator bagian atas tindak an perbaikan Yang telah dilakukan C.Koordinator pelayanan klinis .Koordinator pelayanan klinis .adminitrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas dan pelaksanaan membahas dan Menganalisis penyebab ketidaksesuaian 5. Koordinator upaya puskesmas memantau aktifitas tindakan perbaikan Yang sedang dilakukan oleh staf terkait 4. 4. 2.

Identifikasi Ketidaksesuaian 1.Nurbaiti Hasibuan Nip 197604212005022100 A.REFERENSI Sistem manajemen mutu ISO 901-2008 E.Seluruh karyawan menyampaikan ketidaksesuaian kepada koordinator Bagian terkait 3.TUJUAN Prosedur ini bertujuan untuk menerangkan mekanisme tindakan Perbaikan atas ketidaksesuaian .PROSEDUR A. C.hasil proses audit internal c.supaya setiap tindakan perbaikan yang diambil dapat menghilangkan penyebab ketidaksesuaian serta mencegah Berulang kali .PENGERTIAN *Tindakan Preventif adalah tindakan untuk menghilangkan mencegah ketidak sesuaian agar tidak terulang lagi *Ketidaksesuaian adalah tidak terpenuhnya suatu persyaratan *Persyaratan adalah ketentuan yang dipersyaratkan oleh standar /target Atau kebutuhan /harapan . *Ketidaksesuaian diidentifikasikan melalui : -Proses penanganan keluhan pelanggan -Proses penanganan ketidak sesuaian layanan -Proses monitoring -Proses Analisa Data -Proses temuan /laporan lainnya yang ada kaitannya B.dievaluasi dan ditindak lanjuti D.Hasil proses monitoring d.Hasil proses pengukuran kepuasaan pelanggan b. KEBIJAKAN Tindakan perbaikan wajib dimonitor .Hasil proses analisa data e.administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya Puskesmas dan pelaksana membahas dan Menganalisis penyebab ketidaksesuaian . TINDAKAN PREVENTIF S NO DOKUMEN : NO REVISI : O TANGGAL TERBIT : P HALAMAN : UPTD PUSKESMAS NAMA KEPALA CIKAMPAK PUSKESMAS Drg.Koordinator pelayanan klinis .administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya Puskesmas mencacat ketidaksesuaian dan Penyelesaiannya (LKP) 4.Temuan /laporan lainnya 2.Hasil proses penanganan ketidaksesuaian f.Koordinator pelayanan klinis .Seluruh karyawan mengidentifikasi ketidaksesuaian yang berasal dari a.

Ketua tim mutu dan Kepala Puskesmas memberikan .Koordinator pelayanan klinis .pengarahan Kepada koordinator bagian dan pengelolah terkait tentang Langkah langkah yang perlu diambil 13.Koordinator pelayanan klinis. Tindakan Pencegahan 6.Koordinator pelayanan klinis .Menandatangani formulir laporan ketidaksesuaian dan penyelesaiannya (LKP) 20.administrasi dan manajemen Koordinator upaya Puskesmas memeriksa hasil tindakan perbaikan 17.Karyawan terkait . 14.administrasi dan manajemen dan Kordinator upaya Puskesmas memantau aktifitas tindakan perbaikan Yang sedang dilakukan oleh staf terkait 9.sebagai penjelasan status Tindakan perbaikan sudah selesai dilakukan 18.Jika sudah sesuai maka membubuhkan tanda tangan pada kolom Perivikasi melakukan close out .Melaporkan hasil tindakan perbaikan yang telah selesai kepada Kepala Puskesmas atau ketua tim mutu .Ketua tim mutu dan Kepala Puskesmas membahas hasil aktifitas Tindakan untuk di tindaklanjuti 12.Koordinator pelayanan klinis.jika sudah selesai maka menandatangani formulir Laporan keti daksesuaian dan penyelesaiannya (LKP).administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya puskesmas beserta pelaksana /karyawan terkait 7.Koordinator pelayanan klinis .Melaporkan kepada koordinator bagian atas tindakan perbaikan Yang telah dilakukan B.administrasi dan manajemen dan Manajemen dan koordinator upaya Puskesmas mendapatkan rencana Dan jadwal tindakan perbaikan atas ketidaksesuaian .administrasi dan manajemen dan Koordinator upaya Puskesmas menerima laporan hasil tindakan Perbaikan dari staf terkait 16.administrasi dan manajemen koordinator Upaya Puskesmas melakukan tindakan perbaikan sesuai dengan Tindakan perbaikan yang sudah ditetapkan 8.Koordinator pelayanan klinis administrasi dan manajemen aktifitas Tindakan perbaikan yang tidak mencapai target kepada ketua tim Mutu 10.Ketua tim mutu melapor kepada kepala Puskesmas hasil aktifitas Tindakan 11.Jika belum selesai kembali atau membuat laporan ketidaksesuaian Dan penyelesaiannya (LKP)yang baru dan mengulangi prosedur ini 19.Koordinator pelayanan klinis.5.Verifikasi 15.

PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN DINAS KESEHATAN UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CIKAMPAK JALAN LINTAS SUMATERA –RIAU KODE POS 21465 BUKTI PELAKSANAAN TINDAK LANJUT TERHADAP HASIL YANG TIDAK SESUAI N HASIL HASIL TINDAK TANGGAL PELAKSAN KET O MONITORING EVALUASI LANJUT PELAKSANAA A N .