MULTIPLE CHOICE

1.3 Dalam Injil Matius 25:14-30 dijelaskan tentang perumpamaan talenta. Yang
dilakukan oleh seorang hamba yang menerima lima talenta yaitu …..
A. Mengembangkannya
B. Menguasainya
C. Memberikan kepada orang lain
D. Menyimpannya
E. Menggunakannya
ANS:D

2.3 Aba, seorang siswa kelas X sering mengalami tindak kekerasan dari kakak kelas.
Ia dipaksa untuk push-up sebanyak seratus kali dan lari mengelilingi lapangan bola sebanyak
dua puluh kali. Akibat dari peristiwa ini, Aba menjadi trauma dan tidak mau masuk sekolah.
Berdasarkan kasus di atas, solusi yang dapat dilakukan untuk menjauhkan diri dari sikap
diskriminatif sesuai ajaran Gereja Katolik adalah ….
A. membiarkan perlakuan kakak kelas terus berlangsung karena ini sudah merupakan
sebuah tradisi
B. melaporkan kejadian ini kepada kepala sekolah agar para pelaku diberikan tindak
pembinaan
C. memberikan dukungan kepada Aba agar tetap tabah dan sabar jika menghadapi
perlakuan kasar kakak kelas
D. memberitahukan orang tua Aba terkait tindakan kakak kelasnya, agar Aba
dipindahkan ke sekolah lain
E. membantu Aba agar bisa membalas tindakan kakak kelas dengan maksud agar
tidak mengulangi perbuatannya

ANS:B
3.3 Suara hati merupakan keputusan akal budi di mana manusia mengerti satu
perbuatan konkret yang ia rencanakan, sedang laksanakan atau sudah laksanakan, baik atau
buruk secara moral. Dalam segala sesuatu yang ia katakana atau lakukan, manusia
berkewajiban mengikuti dengan seksama apa yang ia tahu bahwa itu benar dan tepat. Suara
hati adalah ….
A. Kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati manusia
B. Suara iblis mengajak berbuat tidak baik
C. Suara yang ada di dalam pikiran kita
D. Suara yang muncul secara tiba-tiba dan mendadak
E. Suatu tindakan manusia untuk menentukan sikap
ANS:D

Surge adalah tempat yang damai untuk selama-lamanya D. 1. Manusia tidak boleh mengandalkan harta. 3.3 Berikut ini adalah contoh berbagai macam tindakan terhadap penggunaan teknologi seperti . 4. Matius. Lukas C. Lukas E. Kerajaan Allah adalah suatu karunia yang diberikan kepada manusia . Markus D. dan 3 B. 4. 2. Lukas. Markus. Kerajaan Allah berarti Allah mulai memerintah E. Kejadian. 4. ada yang disebut sebagai Injil Sinoptik. dan 5 E. dan 5 ANS:C 5. Kata sinoptik berasal dari kombinasi bahasa Yunani (syn=bersama) dan (opsis = melihat ) untuk menandakan bahwa isi dari ketiga Injil tersebut dapat dilihat berdampingan. 2. bahkan diri sendiri. dan 4 C. Matius. Hal ini merupakan penjelasan dari … A. 2. 4. 1. Matius.3 Yesus adalah Kerajaan Allah yang menjelma menjadi manusia. Yang dimaksud dengan Injil Sinoptik yaitu….. Kejadian. Kerajaan Allah ada di dalam hati manusia yang berdoa memohon kedatangan Kerajaan Allah itu. Bilangan.. 1) Bertanggungjawab terhadap penggunaannya 2) Digunakan untuk mendapatkan keuntungan pribadi 3) Membeli yang paling mahal 4) Mendapatkan informasi yang dibutuhkan 5) Berusaha menggunakan untuk kepentingan pelayanan Tindakan yang benar terhadap penggunaan teknologi media adalah: A. Ulangan ANS:A 6. kekuasaan.3 Dalam Kitab Suci Perjanjian Baru. Markus B. dan 5 D. Yohanes.. Kerajaan Allah menuntut sikap pasrah/iman manusia kepada Allah B. Yohanes. 1. Kerajaan Allah merupakan rahmat pemberian dari Allah C. A.

Menambah rumusan doa-doa dan devosi Gereja E. selalu mengucapkan damai sejahtera kepada setiap orang yang ditemui E. Sebagai syarat mutlak untuk diakui sebagai anggota resmi Gereja D. tetapi juga memberi kesaksian dengan tindakan-tindakan-Nya. maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas. Kuasa dan pemikiran Allah B. membantu keluarga dekat saja karena suatu saat kita juga butuh bantuan C. Memperkuat kepercayaan diri Gereja dan menutupi kesalahan-kesalahan Gereja ANS:A . bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa. Menurut pandangan para apokaliptik D. Pandangan dari orang Saduki ANS:A 8.3 Cara mewujudkan buah-buah roh yakni kasih. damai sejahtera dalam Galatia 5:16-26 adalah .. Pandangan dari orang Farisi C. dan di akhir jaman Allah akan menyatakan diri- Nya sebagai raja. sukacita. Kehidupan sehari-hari E. bersukacita dengan orang yang bergembira dan menjauhi orang yang sedang berdukacita D. mengasihi semua orang tanpa membeda-bedakan B. Membenarkan ajaran-ajaran lain yang berbeda C. Hukum Taurat yang sudah ada C. Dalam mewartakan Kerajaan Allah seringkali Yesus menggunakan perumpamaan. Hal ini merupakan Kerajaan Allah … A. dan mereka tidak akan lagi belajar perang.ANS:A 7.3 Alasan Gereja Katolik membuat syahadat para rasul adalah … A. Yang berciri nasionalis E. Perumpamaan-perumpamaan itu sesuai dengan … A. Pandangan dari para nabi B. Keinginan Tuhan Yesus sendiri D... Kuasa ditampakkan oleh keosmbongan ANS:D 9. Allah sekarang sudah meraja secara hukum.3 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa. mengadakan penyuluhan tentang hidup damai dan penuh kasih ANS:A 10.3 Yesus bukan saja berbicara tentang Kerajaan Allah. Merumuskan ajaran dasar Gereja perdana yang dibuat berdasarkan amanat agung Yesus Kristus B. A.

yang akan dilahirkan kembali bukan dari benih yang punah. Air ANS:D 12. 11.yang dulu bukan umat tetapi sekarang umat Allah” Gereja harus merupakan seluruh umat. Tiang awan C. Suara B. A. baik hierarki maupun umat bekerja sebagai pelaksana kegiatan ANS:A 13. gereja bukan hanya sebagai pendengardan pelaksana D. gereja adalah milik para hierarki dan umat sebagai pelaksana E. menjadi pelayan gereja D.3 Turunnya Roh Kudus kepada para Rasul pada hari Pentakosta ditunjukan dengan tanda … A.bangsa suci. menjual harta miliknya C. Contoh misi pewartaan yang dimaksud adalah …. umat pusaka.imamat rajawi.. Sebab mereka yang beriman akan Kristus. Burung merpati D. Salah satunya adalah misi pewartaan. umat harus menyadari kuasa yang dimiliki oleh pemimpin Gereja B.3 Dari bangsa Yahudi maupun kaum kafir Ia memanggil suatu bangsa yang akan bersatu padu bukan menurut daging. bukan dari daging melainkan dari air dan Roh Kudus. melainkan dalam Roh. melainkan dari yang tak dapat punah karena sabda Allah yang hidup. pemimpin Gereja seharusnya menyadari bahwa tanggung jawab ada dalam dirinya C. hai ini mengandung maksud … A. dan akan menjadi umat Allah yang baru.3 Umat Allah dipanggil dan dipilih oleh Allah untuk misi tertentu. Lidah-lidah api E. terlibat dalam organisasi ANS:D . akirnya dihimpun menjadi “keturunan terpilih. mewartakan Injil E. berkumpul bersama B.

tanda nyata dari hidup dalam Kerajaan Allah B.tugas-tugas Gereja tersebut adalah. A. Uskup.. Imam. dan memberi kesaksian sebagai murid-murid Tuhan Yesus Kristus. menerimakan sakramen perkawinan dan memberikan materi kepada yang miskin ANS:B 16. martiria. Pembantu Uskup E. Uskup. Imam.3 Para imam menjadi wakil uskup. menghadirkan dan membangun persekutuan. mewartakan Injil dan mengajar orang miskin dan papa B. martiria. A. imamat. menggembalakan umat serta mengumpulkan umat untuk mau bertobat D. mengembangkan pewartaan kabar gembira. mengunjungi orang sakit B. Tugas konkrit para imam sama seperti tugas Uskup yaitu … A. kuasa Ilahi yang tampak dalam kehidupan Gereja akan semakin nyata D. mengurus perlengkapan imam D. Kardinal. Uskup. memimpin ibadat sabda E. Awam. mengajar bina iman anak C. kebanggaan Gereja karena mereka tidak menikah C.3 Peranan awam dalam tugas sebagai imam adalah ….3 Susunan Hierarki Gereja Katolik terdiri dari kaum tertahbis. A. maka ia menjadi …. teladan hidup setiap orang yang menginginkan kekayaan duniawi E. Awam ANS:A 15.. dewan para Uskup. Paus. Diakon C. Kerygma. memajukan karya cinta kas/pelayanan. Dewan para Imam. liturgia.3 Para biarawan/biarawati mengucapkan kaul sebagai anggota umat. liturgia. diakonia . 14. sebagai penolong dan organ mereka.. koinonia. Para imam dipanggil melayani umat Allah sebagai pembantu arif bagi badan para Uskup.3 Gereja memiliki tugas untuk menghidupkan peribadatan yang menguduskan. Rahmat Allah yang datang dalam dunia untuk menciptakan keadilan ANS:A 18. Di masing-masing jemaat setempat dalam arti tertentu mereka menghadirkan uskup. mewartakan Injil dan menggembalakan umat beriman C. Paus. diakonia B. koinonia. Pembantu Uskup B. mengajar para katekumen ANS:D 17. Struktur kepemimpinan (Hierarki) dalam Gereja yakni… A. Imam. Paus. Diakon D. memberikan semua sakramen sebagaimana yang dilakukan oleh Uskup E. Uskup.

C. koinonia. Kekudusan. A. Melayani dan dilayani sesuai dengan keinginannya B. rajawi E. karena sumber Gereja berasal dari …. Datang untuk melayani bukan untuk dilayani E. martiria. Menguasai dan dikuasai oleh orang lain sebagai tanda kesaksian D. mengunjungi umat yang sakit D.3 Gereja kita adalah kudus.3 Sebagai murid Yesus hendaknya …. Mencintai dan dicintai sesame orang yang beriman kepada Yesus C. para rasul yang dengan setia menantikan kehadiran Yesus B. memberikan pelayanan sakramen ANS:C 20. koinonia. A. martiria. Mewartakan dengan kata-kata karena kesaksian akan banyak resikonya ANS:D . Para pemimpin Gereja adalah orang kudus ANS:B 21. liturgia D. A. berani membuat tanda salib di tempat umum C. diakonia ANS:B 19. memberikan nasehat rohani E. kenabian. diakonia. kekudusan. roh Kudus sebab arah yang dituju Gereja dan unsur-unsur ilahi yang ada di dalam Gereja adalah kudus C. martiria. liturgia.3 Salah satu tugas dan tanggung jawab seseorang yang sudah dikuduskan dalam tugas Diakonia adalah …. Roh Kudus sebab Ia tampak dalam permandian katolik D. Tugas dan wewenang dari imam adalah kudus E. liturgia. koinonia. memimpin ibadat sabda B.

pandangan ini merupakan sikap Gereja… A. Meledakkan bom di pasar atau pusat keramaian ANS:E 26. melaksanakan Ajaran Sosial Gereja C. 22. Laboren Excercens D. Rerum Novarum B. Pra Konsili Vatikan II B.3 Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya. Contessimus Annus E.3 Dokumen ajaran social Gereja yang dikeluarkan oleh Paus Leo XIII yakni … A.3 Semua keutamaan dalam 10 Perintah Allah merupakan keutamaan-keutamaan yang patut kita pahami dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Pasca Konsili Vatikan II D. menafsirkan dokumen gereja D.3 Tindakan yang dilakukan gereja Katolik untuk menciptakan perdamaian dunia adalah …. Mencontek C. menegakkan paham kapitalis ANS:B 25. namun tidak bersalah D. Salticitudo Rei Socialis ANS:A 24.3 Perintah kelima: “Jangan Membunuh” mempunyai arti … . Contoh tindakan yang melanggar Perintah Allah yang ke 5 adalah … A. Melawan dan menghina orang tua B. Mencuri hp atau barang berharga milik teman saat istirahat E. Pra Konsili Vatikan I E. berpihak pada negara berkembang E. Memfitnah teman yang kita benci. Sejak Konsili Vatikan I C. mendukung paham liberalis B. Memasuki millennium II ANS:C 23. A. Gaudium et Spes C.

hidup adalah anugerah Allah D. Kontrak perkawinan untuk hidup bersama selama masih saling mencintai D. Sebagai kebersamaan seluruh hidup dari pria dan wanita D. Monogami dan terceraikan C. Persekutuan cinta antara laki-laki dan perempuan E. security approach ANS:B 29. Kesepakatan antara pria dan wanita untuk hidup bersama ANS:A 30. reinkarnasi D.3 Melenyapkan benih hidup yang mulai tumbuh dalam kandungan merupakan bentuk tindakan … A.3 Makna dasar perkawinan Katolik adalah .3 Tujuan Perkawinan menurut Gereja Katolik adalah … A. Tanda kehadiran Allah bagi suami istri ANS:E 28.3 Sifat perkawinan sacramental dalam Gereja Katolik adalah .3 Pengertian perkawinan sebagai sakramen adalah… . Suci dan sakral ANS:A 31. Kesejahteraan lahir dan batin suami-isteri serta anak-anak B. hidup harus dinikmati E. Poligami dan terceraikan E. Kebahagiaan dan kesenangan suami-isteri C. A. Monogami dan tak terceraikan B. hidup harus disyukuri C. abortus provocatus C.. Perjanjian awal dari suami-istri untuk hidup semati C. hidup adalah pengabdian B. Ikatan antara suami-istri dan keluarga besar dari pasangan tersebut B.. single majority E. A. kesatuan antara seorang pria dan seorang wanita menurut relasi cinta yang eksklusif E... euthanasia B. Poligami dan tak terceraikan D. A. hidup berarti bernyawa ANS:C 27.

3 Alasan orang Katolik perlu berdoa sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan adalah ….3 Hidup membiara dan hidup selibat merupakan panggilan hidup. Menghindari resiko berkeluarga D.. Amir bekerja siang malam tanpa lelah demi mendapatkan upah yang maksimal ANS:B 35. A.. Keperawanan B. . menjadi tanda bahwa perkawinan itu tidak dapat diceraikan ANS:B 32.. Kehormatan C. Berpihak pada yang miskin dan menderita ANS:A 33. Budi bekerja dengan rajin dan menjalin relasi yang baik dengan semua orang C.3 Dalam hidup membiara seseorang diwajibkan untuk hidup menurut tiga nasihat Injil. Inti hidup membiara dan hidup selibat ialah . A. Andi bekerja sekuat tenaganya agar mendapatkan upah dari yang dikerjakannya B. menjadi tanda bahwa perkawinan itu sekali untuk selamanya D.3 Makna kerja secara sosial adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjalin kerjasama dengan banyak orang. Kemiskinan D. Sony sangat giat dan semangat bekerja karena sedang diperhatikan oleh atasannya D. Ketaatan ANS:B 34.. menjadi tanda bahwa perkawinan itu sah B. Penerapan dalam hidup sehari-hari adalah …. Kesucian E. Tuti menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebatas memenuhi aturan pegawai E. Mewartakan Sabda Tuhan E. Persatuan erat dengan Kristus B. A. menjadi tanda cinta Allah kepada ciptaan-Nya dan cinta Kristus pada Gereja-Nya C. Menjalankan tiga nasihat Injil C. tujuan hidup keluarga adalah mencapai kekudusan E. A. yang tidak termasuk dalam ke tiga nasihat injil tersebut adalah .

Baptis dan Ekaristi . Mewartakan Injil dan menggembalakan umat D. Persamaan dari keduanya dalam hal sakramen meliputi . Menyempurnakan diri D. Biarawan-biarawati dan mewartakan injil C. Menemukan teman B. Deuterokanonika dan Perjanjian Baru ANS:A 39. Memajukan teknik dan kebudayaan ANS:C 37. Yang tidak termasuk kekhasan Gereja Katolik adalah … A. A.. menjadikan Allah sebagai jaminan akan keberhasilan pekerjaan ANS:A 36. A. Biarawan-biarawati dan kaum imam B. Imam dan Diakon) E. Sola Gratia dan Sola Scriptura B. Hierarki (Uskup. A. menjadikan manusia bekerja sendiri demi kepentingan pribadinya C. Pengabdian pribadi kepada Allah E.. Menggembalakan umat dan pelayanan sakramen E. di sisi lain juga terdapat kesamaan dari keduanya. Alkitab yang terdiri dari Protokanonika.3 Kerja adalah suatu kegiatan manusia yang diarahkan untuk kemajuan manusia. Mencari nafkah C. Kitab Suci dan Tradisi C.. Sakramen sebagai tanda kehadiran Allah D. demikian pula dengan Gereja Katolik.. Baptis dan Tobat B.3 Kaum selibat memiliki dua macam profesi yang sangat dihayati dengan meneladan pola hidup Yesus. Nilai rohani dari aktivitas kerja bagi manusia ialah .. mendapatkan pujian dan kepercayaan dari atasan D.3 Setiap Agama memiliki kekhasan masing-masing. yaitu : A. mendekatkan diri dengan Allah yang memberikan semua kebutuhan manusia B. Sola Fides. baik kemajuan rohani maupun jasmani. tidak melupakan Allah sebagai Sang Pemberi Rejeki E. Dengan demikian kerja merupakan hal yang tak terelakkan bagi manusia dan bahkan merupakan panggilan hidup dan tugas manusia. Pelayanan sakramen dan liturgi ANS:A 38.3 Terdapat perbedaan antara Katolisisme dan Protestantisme.

bergabung dalam organisasi keagamaan di lingkungannya masing-masing E.3 Salah satu contoh dialog kehidupan antara gereja Katolik dan umat beragama lain yang bisa dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah …. A. C. tukar menukar pengalaman hidup dalam kehidupan beragama C. Perkawinan dan Ekaristi ANS:C 40. meminta penjelasan tentang ajaran iman dari saudara yang beragama lain B. menjalin relasi dan komunikasi dalam semangat kekeluargaan dengan tetangga ANS:E . Baptis dan Perkawinan D. Imamat dan Ekaristi E. memperkenalkan ajaran iman agamanya masing-masing ketika berkumpul D.