CONTRACTOR HSE MANAGEMENT SYSTEM

pertamina
PRE QUALIFICATION (PQ)

April 2015

Bangkitkan Energi Negeri

1

Judul

Tahap Pra-Kualifikasi (PQ)

Administration

Contracted Work
Qualification Phase: Select A Qualified Contractor

Pre-Qualification
Risk Assessment
Selection CHSEMS

Contract Award
Data Bank
Field Implementation Phase: Ensure Field Safe Work

Pre Job ActivityWork In ProgressFinal Evaluation

Judul
OVERVIEW
Menentukan kualifikasi Kontraktor
1 terhadap pengelolaan aspek HSE.

Kontraktor harus mempunyai sistem untuk
2 mengelola risiko pekerjaan yang akan dikontrakkan.

Pra Kualifikasi sebagai persyaratan
3 pelaksanaan Tender untuk kontrak High Risk.

Evaluasi Pra Kualifikasi CHSEMS berdasarkan
4 hasil verifikasi dokumen & site visit (bila user
meminta dilakukan site visit).

mengatur. kemampuan & kepedulian terhadap aspek HSE agar diperbolehkan mengikuti proses tender. Judul TUJUAN • Menjaring Kontraktor yang memiliki kesadaran. • Semua Kontraktor yang di Pra Kualifikasi harus mampu mengidentifikasi risiko dari pekerjaan. . mengontrol dan mengendalikan semua aspek HSE dalam pekerjaannya.

Kebijakan Perusahaan dan Program Kerja 2 Kebijakan K3LL dan implementasi pelaksanaan program kerja HSE. Judul INDIKATOR TERHADAP KONTRAKTOR Beberapa hal yang bisa dijadikan Indikator dalam melakukan assessment terhadap kemampuan Kontraktor untuk mengatur. mengontrol dan mengendalikan aspek HSE : Komitmen Manajemen 1 Bukti dokumentasi pelaksanaan komitmen manajemen dalam pelaksanaan program-program HSE. Prosedur dan Dokumen 3 Prosedur-prosedur kritikal dan dokumen-dokumen HSE lainnya. Matrix kompetensi dan Induction. . Kemampuan dan Sistem Pembinaan terhadap SDM 4 Program pelatihan.

Pemantauan Implentasi Kinerja Program HSE 6 Parameter-parameter pemantauan kinerja. Keikutsertaan Pada Keanggotaan Organisasi HSE 9 Keangotaan dan peran dalam Organisasi HSE. latihan tanggap darurat.INDIKATOR TERHADAPJudulKONTRAKTOR Penanganan Dampak Bahaya 5 Metode pengkajian risiko dan pencegahannya. Hazard communication dan campaign. Penanganan Terhadap Kondisi Darurat 8 Prosedur keadaan darurat. Audit dan Program Perbaikan Berkelanjutan 7 Program-program audit dan inspeksi dan monitoring pelaksanaan rekomendasi. . HSE statistik dan performance.

PROSES PRA KUALIFIKASIJudul (Overview) Saat ini dilaksanakan untuk kontrak-kontrak yang memiliki tingkat risiko High Risk. Untuk kandidat Kontraktor/Bidder yang sudah memiliki sertifikat PQ HSE dari PHE WMO tidak perlu dilaksanakan PQ. . Waktu pelaksanaan PQ HSE adalah sebelum atau pada saat PQ di Bidding Process. Verifikasi lapangan dilakukan bila End User mempertimbangkan perlu dilaksanakan.

PROSES PRA KUALIFIKASIJudul
1. Kontraktor mengisi quisioner dan melengkapi
data/dokumen yang ada.
2. Kontraktor mengembalikan quisioner yang sudah diisi dan
dilengkapi dokumen kepada Procurement PHE WMO.
3. Tim Evaluasi Pra Kualifikasi melakukan penilaian
dan verifikasi.
4. Penilaian untuk High
Risk Contract.

Kontraktor yang lulus adalah kontraktor yang memiliki
potensi untuk mengelola pekerjaan yang berisiko
berdasarkan hasil evaluasi oleh Tim Evaluasi Pra Kualifikasi
CHSEMS.

PROSES PRA KUALIFIKASIJudul
FLOW CHART

CHSEMS

-Tidak Boleh Mengikuti
Tender High Risk. (Keputusan End User)
-Masih boleh mengikuti
Tender untuk kategori
Medium dan Low Risk.
-Harus menunggu selama 6
bulan untuk dilakukan PQ
ulang.

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul
Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8

A. 9 Topik utama dengan 26 pertanyaan.
B. 4 Killing Point:
1. Leadership & Commitment
2. HSE Communication &
Program Meeting
3. Personal Protective Equipment
4. HSE Manual & Procedure

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

QUISIONER PRA KUALIFIKASIJudul Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

CONTOH DOKUMENJudulPRA KUALIFIKASI .

FORM PENILAIAN JudulPRA KUALIFIKASI Versi Pedoman Kpts-13/BP00000/2006-S8 .

.

Bagian 1 – Kepemimpinan & Komitmen .

contoh: management review.1 Komitmen K3LL melalui kepemimpinan a)Bagaimana para manajer senior secara pribadi terlibat dalam manajemen K3LL? b)Memberikan bukti komitmen pada semua tingkat organisasi? c) Bagaimana anda mempromosikan budaya positif terhadap masalah-masalah K3LL? A B C D Bagian 1: Kepemimpinan dan Komitmen Komitmen mengenai Kesehatan. Keselamatan dan Lingkungan melalui kepemimpinan: Poin 1 (1) Tidak ada komitmen dari Manajemen Disiplin mengenai Keselamatan Bukti mengenai manajemen senior Bukti suatu kebiasaan positif Senior Kerja.Bagian 1 – Kepemimpinan & Komitmen BAGIAN 1: KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN 1. dan Perlindungan yang secara aktif terlibat dalam Keselamatan. Kesehatan Kerja dan Lingkungan pada tingkat manajerial kegiatan-kegiatan Keselamatan Lindungan Lingkungan dari manajemen tidak secara langsung melibatkan kerja. program safety behaviour mulai dari level manajemen sampai worker yang sudah berlangsung cukup lama (lebih dari 2 tahun) dan dilakukan evaluasi . senior dan pada semua tingkat  •A tidak ditemukan bukti keterlibatan senior manajemen  •B senior manajemen menyerahkan kepada manajemen lini untuk memantau pelaksanaan K3LL (pendelegasian)  •C ada bukti keterlibatan manajemen senior terlibat dalam kegiatan K3LL. Kesehatan. management meeting  •D contoh: perusahaan memiliki suatu ‘safety culture’. dan Perlindungan manajemen senior Lingkungan. management site visit. Kesehatan.

Bagian 2 – Kebijakan & Tujuan Strategis .

Perlindungan Lingkungan Lingkungan namun tidak disebar Lingkungan yang berfungsi sebagai disebarluaskan kepada para pekerja dan luaskan. kebijakan K3LL/policy statement dibuat dalam bahasa yang mudah (apabila pegawainya kewarganegaraan Indonesia. Kesehatan. Dokumen dan Kebijakan K3LL a)Apakah perusahaan memiliki dokumen kebijakan K3LL? Ya Tidak Jika ya. b)Siapa yang memikul tanggung jawab keseluruhan dan akhir untuk K3LL dalam organisasi anda? c) Siapakah pejabat paling senior dalam organisasi anda yang bertanggung jawab untuk kebijakan-kebijakan yang diterapkan di area yang dikuasakan dan lokasi di mana para pekerja bekerja? 2. pematuhan peraturan dan perbaikan berkesinambungan . policy dibuat dalam Bahasa Indonesia)  •D cukup jelas. dan Kerja. B cukup jelas. b)Rencana-rencana apa saja yang anda miliki untuk menginformasikan kepada para pekerja anda mengenai perubahan-perubahan kebijakan? Bagian 2: Kebijakan dan Tujuan Strategis Keberadaan Keselamatan Kerja. Ketersediaan Pernyataan Kebijakan untuk Pekerja a)Jelaskan secara rinci metode-metode yang anda gunakan sebagai sumber pernyataan kebijakan untuk semua pekerja anda. Kesehatan. dan Perlindungan tanggung jawab yang jelas. dan Perlindungan Kesehatan.1.2. Peraturan-peraturan dengan tugas dan Keselamatan Kerja.  •C cukup jelas. Kesehatan.isinya menerangkan mengenai komitmen pencegahan kecelakaan. Bagian 2 – Kebijakan & Tujuan Strategis BAGIAN 2 : KEBIJAKAN DAN TUJUAN STRATEGI 2. tanggung jawab terhadap dapat dilihat di papan pengumuman. Kesehatan. dan Perlindungan Lingkungan dirumuskan menggunakan bahasa yang mudah namun tidak disebar luaskan. Keselamatan. ada bukti penerimaan buku oleh pekerja). ada bukti foto-foto bahwa policy statement disebar di papan pengumuman dan disebarluaskan kepada seluruh pekerja (misal policy statement terdapat di dalam buku panduan HSE/HSE Guidebook yang disebarluaskan kepada seluruh pekerja. silakan lampirkan. dan Perlindungan Lingkungan: Poin 2(1) dan 2(2) Tidak ada kebijakan tertulis mengenai Ada kebijakan mengenai Keselamatan Kebijakan Keselamatan kerja.   •A cukup jelas.

Standar dan Dokumentasi .Kaitan. Sumber Daya.Bagian 3 . Tanggung Jawab.

Pekerja diminta untuk Perlindungan Lingkungan Safety. dan Lingkungan hanya Occupational dan Perlindungan Lingkungan. Kesehatan dan Lingkungan dilaksanakan secara Kerja. Kesehatan dan Perlindungan Kerja. manajemen hanya terlibat di pertemuan khusus K3LL saja •C cukup jelas. Organisasi – Komitmen dan Komunikasi a)Bagaimana keterlibatan manajemen dalam kegiatan-kegiatan K3LL. Kesehatan. Kerja. penetapan tujuan dan pengawasan? b)Apakah anda memiliki organisasi keselamatan? Ya Tidak. diwujudkan pada saat-saat Pertemuan Keselamatan Kerja. dan Perlindungan Keselamatan Kerja. bukti jadwal teratur & daftar hadir mengenai kegiatan K3LL (misal ada bukti monthly management meeting yang membahas K3LL)  •D cukup jelas. Kesehatan dan Perlindungan Lingkungan: Poin 3 (1) Tidak ada keterlibatan atau Keterlibatan dan komitmen Keterlibatan dan komitmen umum Keterlibatan dan komitmen umum komitmen dari manajemen manajemen dalam Keselamatan. nama pekerja sebagai pembicara) . seperti pada pertemuan Kesehatan. dan pengawas. Kesehatan. ada program kerja HSE yang ditetapkan manajemen.1. Lingkungan. Bagian 3. dan Perlindungan Perlindungan Lingkungan teratur pada tingkat manajemen Lingkungan dalam pertemuan tersebut. c)Bagaimana struktur perusahaan anda dibuat untuk mengelola dan mengkomunikasikan K3LL secara efektif? d)Ketentuan-ketentuan apa yang anda susun untuk rapt-rapat komunikasi K3LL? Program pertemuan dan pertimbangan mengenai Keselamatan Kerja. seperti poin c ditambah bukti keterlibatan pekerja membawa topik K3LL secara bergantian (bukti jadwal teratur & daftar hadir.  •A cukup jelas   •B cukup jelas. Jika ya. dan Perlindungan mengenai topik-topik Keselamatan Keselamatan Kerja. manajemen terhadap manajemen terhadap Keselamatan dalam kegiatan Keselamatan Kesehatan. tunjukkan bagan organisasi dan pembagian kerja. membahas escara bergantian tertentu.1 Organisasi – Komitmen dan Komunikasi (MANDATORY) 3. Kesehatan.

dan Perlindungan Kerja. Kerja. dan Perlindungan Kesehatan. Pelatihan Keselamatan Kerja. ada bukti pelaksanaan (sertifikat training/daftar hadir). memantau. berikan rincian. jelaskan materi dan lamanya pelatihan. database training untuk seluruh pekerja. Kesehatan. Lingkungan dan diterapkan. seluruh pekerja mendapatkan training K3LL yang berkaitan. Jika ya.Bagian 3. Kesehatan. Kapasitas dan Pelatihan untuk Manager/Supervisors/Petugas Lapangan Senior /Penasihat OSHEP Apakah manager dan supervisor di semua tingkatan yang akan merencanakan. evaluasi training . Kesehatan. Kesehatan. memperkirakan dan melaksanakan pekerjaan telah mengikuti pelatihan resmi mengenai K3LL sesuai dengan tanggung jawab mereka berkaitan dengan kinerja pekerjaan sesuai dengan persyaratan K3LL?  Ya  Tidak.2 Kapasitas dan Pelatihan untuk Manager/Supervisors/Petugas Lapangan Senior /Penasihat K3LL 3. untuk semua pekerja yang berkaitan namun terbatas pada staff tertentu dengan pekerjaan. dan Perlindungan dan Perlindungan Lingkungan dilakukan Lingkungan Lingkungan namun tidak diterapkan.  •A cukup jelas  •B ada bukti programnya saja (training matrix untuk level staf)  •C ada bukti pelaksanaan (sertifikat training/daftar hadir)  •D cukup jelas. dan Perlindungan Lingkungan untuk staf: Poin 3(2) Tidak ada pelatihan Keselamatan Ada pelatihan mengenai Keselamatan Ada pelatihan Keselamatan Kerja.2. Pelatihan Keselamatan Kerja. Jika pelatihan semacam itu diberikan di dalam perusahaan.

pekerja dijelaskan job description-nya (ada bukti tertulis). aman dan tugas-tugas darurat. checklist materi yang ditandatangani)  •D ada bukti induction program yang ditandatangani oleh pekerja. hal-hal tersebut buku panduan hanya diberikan pada akan ditindaklanjuti dengan pengamatan pekerja baru. Kemampuan dan Pelatihan K3LL Umum a)Pengaturan apa yang telah dipersiapkan perusahaan anda untuk menjamin bahwa para pekerja memiliki pengetahuan dasar mengenai K3LL dalam bidang industri. pekerja baru. termasuk subkontraktor memahami kebijakan dan prosedur OSHEP anda? c)Rencana-rencana apa yang telah dipersiapkan perusahaan anda untuk menjamin bahwa para pekerja dan pekerja baru telah menerima instruksi dan informasi berkaitan dengan bahaya-bahaya khusus yang mungkin muncul dari suatu pekerjaan? Pelatihan-pelatihan apa yang sudah anda berikan untuk menjamin bahwa semua pekerja memahami kondisi-kondisi perusahaan? d)Rencana-rencana apa yang telah dipersiapkan perusahaan anda untuk menjamin bahwa pengetahuan para pekerja saat ini mengenai OSHEP selalu terkini? Jika pelatihan semacam itu diberikan di dalam perusahaan. Selain itu. Program pelatihan dan orientasi pekerja: Poin 3 (3) (a) – (d) Tidak ada program formal Program formal dibuat untuk Pekerja diberi buku Program formal dirancang untuk meningkatkan pengetahuan karyawan panduan dan acuan.penyelia/ meningkatkan pengetahuan pekerja pengawas menjelaskan dan mengenai Keselamatan Kerja. Pekerja diberi panduan dan Instruksi-instruksi lisan mengenai acuan.Bagian 3. pekerja baru Lingkungan. Buku. dan mempertahankan agar pengetahuan selalu terkini? b)Pengaturan apa yang telah dipersiapkan perusahaan anda untuk menjamin bahwa para pekerja. Pengawas menjelaskan pekerja baru tetapi tidak pada saat kepada mereka pelaksanaan kerja yang orientasi pekerjaan. Pengawas menjelaskan dan prosedur perusahaan hanya diberikan menunjukkan pekerjaan tersebut kepada kepada sebagian pekerja.3. mengenai Keselamatan. ada bukti program pengamatan pekerja baru .3 Kemampuan dan Pelatihan K3LL Umum 3. dan Perlindungan Kerja dan Lindungan Lingkungan.  •A cukup jelas  •B ada bukti programnya saja  •C ada bukti pelaksanaan program induction (sertifikat training/daftar hadir. berikan rincian bahan-bahan pelatihan. Kesehatan mendemonstrasikan pekerjaan para Kesehatan.

bukan untuk Pelatihan ulang dilakukan secara periodik. dan Perlindungan Kerja. Pelatihan khusus mengenai Keselamatan Kerja.4-3.5. Pelatihan khusus a)Bagaimana anda mengidentifikasi lokasi dalam pelaksanaan pekerjaan anda di mana pelatihan khusus dibutuhkan untuk menghadapi kemungkinan- kemungkinan bahaya? Berikan daftar dan rincian pelatihan yang diberikan. b)Jika pekerjaan tertentu melibatkan radioaktif.  •A cukup jelas  •B cukup jelas. dan Perlindungan Lingkungan. Kesehatan. zat-zat kimia atau bahaya kesehatan kerja lainnya. ada bukti bahwa pernah dilakukan pelatihan dasar  •C cukup jelas. jarang dilakukan.  •D cukup jelas. sertifikasi welder.5 Pelatihan Khusus & Pelatihan Tambahan 3. contoh: sertifikat MIGAS untuk Crane Operator. kegiatan rutin. sertifikasi H2S dll. ada bukti pelatihan ulang/resertifikasi . kegiatan tertentu. dan Perlindungan Keselamatan Kerja. ada bukti pelaksanaan (sertifikat training/daftar hadir). Pekerja dengan Kemampuan K3LL – Pelatihan Tambahan Apakah perusahaan anda mempekerjaan staff yang memiliki kualitfikasi K3LL yang dapat memberikan pelatihan yang lebih dari sekedar persyaratan dasar? Ya Tidak Format kualifikasi keselamatan mana yang dimiliki staff anda? Pelatihan Khusus: Poin 3 (4) (a) dan (b) dan 3 (5) Tidak ada pelatihan Keselamatan Pelatihan dasar mengenai Pelatihan Keselamatan Kerja. Kesehatan. Perlindungan Lingkungan di lapangan Lingkungan hanya dilakukan dalam Lingkungan dilakukan secara teratur.Bagian 3. pemaparan asbes. menilai dan menangani bahaya-bahaya tersebut? 3. bagaimana anda mengidentifikasi.4. Kesehatan. dan Kesehatan.

saat ini. dan juga bukti corrective action dari subkontraktor . tujuan dan standar perusahaan.  Rencana-rencana untuk berhubungan dengan subkontraktor? Jika ada? d)Berikan nama subkontraktor-subkontraktor utama. tempat kerja.  •A cukup jelas  •B cukup jelas.6 Penilaian mengenai kesesuaian subkontraktor/perusahaan lain 3. ada bukti penilaian/audit terhadap subkontraktor dan/atau bridging document antara kontraktor dengan subkontraktor  •D ada bukti prosedur mengenai penilaian subkontraktor. ada bukti follow up action dari audit2 yg dilakukan. Jaminan kesesuaian di tertentu. kebijakan. ada bukti policy/checklist audit mengenai penilaian subkontraktor  •C ada bukti prosedur mengenai penilaian subkontraktor. Penilaian mengenai kesesuaian subkontraktor/perusahaan lain a)Bagaimana anda menilai: Kemampuan K3LL Catatan K3LL subkontraktor dan perusahaan yang anda kontrak? b)Bagaimana anda menjelaskan bahwa standar yang anda tuntut dipenuhi oleh kontraktor anda? c)Bagaimana and menjamin bahwa standar-standar berikut telah dipenuhi dan dicek?  Pelatihan mengenai keselamatan untuk pekerja yang bertugas. ada bukti penilaian/audit terhadap subkontraktor. jika diketahui. yang untuk subkontraktor telah dibentuk subkontraktor telah dibentuk dan hanya mencakup bidang-bidang dan diterapkan. Subkontraktor: Poin 3(6)(a)-(c) Tidak ada program evaluasi/penilaian Program evaluasi/penilaian standar Program standar dan penilaian Program standar dan penilaian untuk untuk subkontraktor dibentuk untuk subkontraktor.  Proses perekrutan untuk pekerja untuk bekerja di proyek anda.  Para pekerja telah memahami komitmen.6.Bagian 3. diterapkan.

yang mencakup kegiatan-kegiatan yang berbahaya. Kesehatan. dan Perlindungan dan memperbaharui standar.  •A cukup jelas  •B ada bukti perusahaan memiliki Standar HSE yang dijadikan acuan/digunakan  •C perusahaan melakukan Gap Analisis antara Prosedur yang dimilikinya dengan Peraturan yang berlaku. ada bukti perusahaan memiliki standar kerja yang jelas untuk pekerjaan kritis yang dilakukannya  •D seperti C. sertifikasi ISO 14001/OHSAS 18001 atau badan sertifikasi lain .Bagian 3. dan Perlindungan mengenai standar Keselamatan menjelaskan.7. Kesehatan. merevisi dan menyebarkan standar-standar K3LL? Standar Keselamatan Kerja. Standar a)Apakah anda memiliki Standar K3LL? b)Bagaimana anda menjamin bahwa standar-standar K3LL telah diterapkan? c)Bagaimana anda mengetahui standar-standar industri dan peraturan K3LL baru yang dapat diterapkan untuk kegiatan-kegiatan anda? d)Apakah anda memiliki struktur yang komprehensif untuk menyusun.7 Standar 3. dan Perlindungan Lingkungan: Poin 3 (7) (a)-(d) Tidak ada standar Keselamatan Ada standar mengenai Keselamatan Kontraktor memiliki peraturan Kontraktor memiliki sistem untuk Kerja. memantau kesesuaian. standarnya selalu di update/revisi/review. dan Perlindungan Kerja. Kesehatan. Kesehatan. ada bukti perusahaan memiliki standar kerja yang jelas untuk pekerjaan yang dilakukannya. Lingkungan Lingkungan Kerja.

Bagian 4 – Penanganan Bahaya dan Dampak .

Kesehatan. ada bukti prosedur/metode penilaian bahaya  •D seperti poin C. dan Perlindungan dan Perlindungan Lingkungan memiliki Lingkungan tidak mencakup evaluasi Lingkungan mengacu pada Lingkungan mencakup metode. Sistem Keselamatan Kerja. Kerja.1. metode yang lengkap untuk mengenai pengaruh dan bahaya keperluan untuk menilai pengaruh metode untuk mengevaluasi mengevaluasi seluruh pengaruh dan dan bahaya.Bagian 4. namun tidak memiliki pengaruh dan bahaya-bahaya bahaya berkaitan dengan Keselamatan struktur yang lengkap untuk besar. dan Perlindungan Kesehatan. Lingkungan dan diterapkan dalam semua dokumen kontrak. Sistem Keselamatan Kerja.1 – Penanganan Bahaya dan Pengaruh 4. tetapi tidak memiliki prosedur yang jelas  •C seperti poin B. memantau dan meminimalkan bahaya dan pengaruh? Penilaian Pengaruh dan Bahaya: Poin 4 (1) Sistem Keselamatan Kerja. Penanganan bahaya dan Pengaruh Teknik apa saja yang perusahaan anda miliki untuk mengidentifikasi.  •A cukup jelas  •B ada bukti statement/policy mengenai perlunya melakukan penilaian bahaya. menilai. dan Perlindungan Kesehatan. ada bukti/tercantum dalam kontrak mengenai keharusan meng-evaluasi bahaya-bahaya . Kesehatan. dan Perlindungan diterapkan./bukti penilaian bahaya. Kesehatan. Sistem Keselamatan Kerja. ada contoh.

contoh: MCU dilakukan secara acak/pada pekerja tertentu. atau hanya ada prosedur MCU  •C ada bukti prosedur/metode untuk pemantauan paparan (prosedur MCU dan pelaksanaannya)  •D seperti poin C.2. bahaya yang dapat diperkirakan melakukan pemantauan secara acak.Bagian 4. (berkaitan dengan metode evaluasi pengaruh dan bahaya) dan menyatakannya dalam kontrak  •A cukup jelas  •B cukup jelas. Paparan terhadap Pekerja Sistem apa yang ada untuk memantau paparan tenaga kerja anda terhadap zat-zat kimia dan unsur-unsur fisik? Paparan terhadap pekerja: Poin 4(2) Perusahaan tidak secara aktif Perusahaan menginformasikan para Perusahaan memiliki metode yang Perusahaan memiliki serangkaian menginformasikan pekerjanya untuk pekerjanya mengenai bahaya utama tepat untuk memantau paparan metode untuk memantau paparan memantau paparan mereka namun perusahaan hanya bahaya-bahaya besar. ada bukti/tercantum dalam kontrak mengenai keharusan meng- evaluasi pengaruh dan bahaya (kewajiban MCU tercantum dalam kontrak) .Paparan terhadap Pekerja 4.2 .

radiasi dsb dalam pekerjaan mereka? Kemungkinan bahaya (bahaya kimia.Bagian 4. suhu yang sangat tinggi.3 – Penanganan Bahaya yang Potensial 4. kebisingan. asap. Penanganan Bahaya yang Potensial Bagaimana para pekerja anda memberitahukan yang lain berkaitan dengan bahaya yang mungkin timbul seperti zat kimia. ada database bahaya yang selalu update (aspect impact/ HIRADC). demarcation line. seperti kebisingan. ada bukti sosialisasi penyebaran kemungkinan bahaya . fisik. dan biologis. uap.3. radiasi. induction mengenai bahaya potensial)  •D seperti poin C. untuk secara formal menyebarkan informasi kepada semua pekerja dan melatih para pekerjanya untuk menangani persoalan-persoalan semacam itu.  •A cukup jelas  •B cukup jelas  •C ada bukti prosedur/metode untuk pemberitahuan bahaya tersebut (foto-foto signboard. dsb): Poin 4 (3) Perusahaan tidak memiliki ketentuan Perusahaan menyediakan informasi Perusahaan menyediakan informasi Perusahaan merawat database khusus untuk menginformasikan para untuk para pekerja di tempat kerja kepada para pekerjanya selama mengenai hakikat kemungkinan bahaya pekerjanya mengenai hakikat megnenai hakikat kemungkinan keterlibatan pertama mereka di dalam kontrak dan memiliki metode kemungkinan bahaya bahaya namun tidak ada tindak lanjut lapangan.

Inventory cadangan dimonitor. bukti pemakaian & penggantian.4. c)Apakah anda memberikan pelatihan berkaitan dengan prosedur untuk menggunakan PPE? Jelaskan bahan pelatihan dan tindak lanjut yang ada. selalu dipertahankan di atas tingkat kebutuhan. ada bukti prosedur APD & bukti pernah dilakukan penilaian APD  •C ada bukti Penilaian kebutuhan APD/Audit/pemeriksaan yang dibutuhkan sesuai pekerjaan yang akan dilakukan  •D cukup jelas. memonitor perusahaan untuk menilai untuk memastikan pemakaian penggunaan APD yang dan mengharuskan pemakaian kebutuhan individu. Latihan penggunaan APD dilakukan. yang benar. d)Apakah anda memiliki program untuk menjamin bahwa PPE digunakan dan dirawat? Alat Pelindung Diri (APD) : Item 4. dan penggantian.4 – Alat Pelindung Diri (MANDATORY) 4. latihan pemakaian APD . disyaratkan.4 APD dasar disediakan bagi Dilakukan penilaian APD secara Dilakukan penilaian dan Prosedur untuk menilai semua karyawan tapi tidak ada prosedur formal namun hanya sedikit usaha pemeriksaan acak terhadap persyaratan tersedia.  •A cukup jelas  •B cukup jelas.Bagian 4. inventory database baik dan memiliki cadangan APD di atas tingkat kebutuhan. baik yang standar maupun yang diperlukan untuk kegiatan-kegiatan khusus? b)Apakah anda menyediakan Perlengkapan Perlindungan Diri yang sesuai dengan para pekerja anda? Berikan daftar PPE untuk cakupan pekerjaan ini. Alat Pelindung Diri (Personal Protective Equipment) a)Rencana-rencana apa saja yang dimiliki perusahaan anda untuk pengadaan dan penyediaan perlengkapan perlindungan dan pakaian kerja.

5 – Penanganan Limbah 4. minimalisasi. meminimalkan dan mengelola limbah? b)Apakah sistem anda sesuai dengan peraturan yang berlaku? c)Berikan jumlah total insiden yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang jumlanya melampaui USD$ 50. ada bukti prosedur pengolahan limbah  •C misal: ada bukti prosedur pengkategorian limbah (pemilahan sampah.000 dalam 24 bulan terakhir. dan klasifikasi) aturan apapun untuk meminimalkan serta secara aktif mencoba untuk dampak lingkungan megnhilangkan dampak lingkungan  •A cukup jelas. i)Siapa yang bertanggung jawab dengan koordinasi masalah lingkungan dan pengalamannya? Pemrosesan Limah: Poin 4(5) Perusahaan tidak memiliki metode Perusahaan memiliki prosedur umum Perusahaan memiliki prosedur untuk Perusahaan memiliki sistem yang tepat yang tepat untuk memproses limbah mengenai pemrosesan limbah pembuangan limbah berdasarkan untuk memproses limbah (termasuk kategori namun tidak membuat identifikasi. penerapan reduce. ada bukti perusahaan melakukan pengolahan limbah . tidak ada usaha pengolahan limbah  •B cukup jelas. Lampirkan salinan laporan yang dikirimkan ke pemerintah. reuse & recycle)  •D seperti poin C.Bagian 4.5. menggolongkan. Penanganan Limbah a)Sistem apa saja yang ada untuk mengidentifikasi. d)Apakah anda memiliki prosedur mengenai pembuangan limbah?  Ya Tidak e)Apakah sistemnya sesuai dengan peraturan yang berlaku? f)Apakah anda memiliki prosedur untuk melaporkan tumpahan minyak dan / atau bahan-bahan berbahaya lain? Ya Tidak g)Apakah anda memiliki prosedur untuk membersihkan tumpahan minyak dan / atau bahan-bahan berbahaya lain? Ya Tidak h)Berikan rincian mengenai peralatan yang anda kaitkan dengan persoalan-persoalan lingkungan.

kualitas udara. atau usaha serupa.Bagian 4. hal-hal apa yang tercakup? b)Apakah anda memiliki penilaian resiko. Kesehatan Industri a)Apakah anda memiliki program untuk kebersihan industri? YaTidak Jika ya. untuk mengidentifikasi bahaya di tempat kerja? Jelaskan proses tersebut.  •A cukup jelas  •B cukup jelas  •C ada bukti peraturan mengenai kesehatan industri (industrial hygiene). contoh: ada peraturan mengenai kebisingan. pencahayaan.6. c)Jika anda mengadakan bahan/zat berbahaya di tempat kerja. housekeeping  •D seperti C dan ada bukti program-progam industrial health & hygiene yang rutin dilaksanakan .6 – Kesehatan Industri 4. jelaskan proses yang akan anda terapkan terhadap dokumen dan mengawasinya. ergonomis. Kesehatan Lingkiungan Industri: Poin 4 (6) Tidak ada peraturan megnenai Ada peraturan-peraturan dasar Ada peraturan dan bahaya yang Ada peraturan yang menyatakan kesehatan lingkungan industri namun tidak diterapkan diketahui namun tidak ditindaklanjuti minimalisasi dampak terhadap kesehatan manusia dengan menyediakan tempat kerja yang sehat.

dan resiko dan disebarluaskan. dan dapat dilihat pada papan pengumuman. menyatakan pertanggunjawaban dan tanggung jawab. sanksi.Bagian 4. ada bukti peraturan  •C ada bukti penyebarluasan peraturan dan resiko  •D ada penyebarluasan peraturan. apakah termasuk dalam tes masuk untuk pekerja dan cek secara acak? Alkohol dan Obat-obatan : Poin 4(7) Tidak ada peraturan tertulis mengenai Ada peraturan mengenai alkohol dan Ada peraturan mengenai alkohol dan Ada peraturan mengenai obat-obatan alkohol dan obat-obatan tidak resmi obat-obat tidak resmi namun tidak obat-obatan tidak resmi dan mereka tidak resmi yang secara jelas menyatakan disebarkan secara luas.7 – Obat-obatan dan Minuman Keras 4. sanksi. Obat-obatan dan Minuman Keras Apakah anda memiliki kebijakan mengenai obat-obatan dan minuman keras dalam organisasi anda? Jika ya. disebarluaskan ke seluruh pekerja. resiko.  •A cukup jelas  •B cukup jelas. foto-foto bukti pada papan pengumuman .7.

Bagian 5 – Rencana & Prosedur .

ada contoh panduan K3LL  •C bukti prosedur yang lebih detail dari pekerjaan misal prosedur pengangkatan.1 –Panduan K3LL dan Operasi 5.(atau panduan yang dilengkapi dengan prosedur-prosedur tersebut)  •D poin C. Perlindungan Lingkungan. Keselamatan Kerja. dan Perlindungan Lingkungan dengan sistem pengkinian dan penyebaran kepada seluruh pekerja. yang dan Perlindungan Lingkungan. lampirkan salinan dokumen pendukung.Bagian 5. Kesehatan. dan mengenai Keselamatan Kerja.1. disebarluaskan ke seluruh pekerja) . mesin press atau penggali? Ya Tidak Jika jawabannya Ya. persyaratan mencakup semua pelaksanaan untuk rencana Keselamatan Kerja. peralatan berat. Kesehatan. kerja di ketinggian dll. Kesehatan.  •A cukup jelas  •B cukup jelas. Kesehatan. prosedur/panduan tertulis mengenai mencakup semua peringatan/panduan dan Perlindungan Lingkungan dan Perlindungan Lingkungan Keselamatan Kerja. dan Perlindungan Lingkungan dan pelaksanaan: poin 5(1)(a) dan (b) Tidak ada panduan/prosedur Ada prosedur/panduan dasar Kontraktor memiliki Kontraktor memiliki prosedur yang Keselamatan Kerja. pekerjaan yang berbahaya Kesehatan. ditambahkan bukti penyebaran prosedur tersebut kepada seluruh pekerja dan dilakukan updating terhadap prosedur-prosedurnya (contoh: buku panduan yang lengkap seperti poin C. Panduan K3LL dan Operasi Apakah anda memiliki Panduan K3LH atau Buku Panduan Pelaksanaan yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan K3LH seperti dijelaskan dalam prosedur K3LH dan peraturan keselamatan yang disetujui oleh perusahaan seperti scaffolding untuk mesin pengangkat. Bagaimana anda menjamin bahwa prosedur yang diterapkan oleh para pekerja di lapangans esuaid engan tujuan dan kebijakan K3LH anda? Panduan mengenai Keselamatan Kerja. Kesehatan.

ketiga.  •A cukup jelas.2. (meliputi tanggung jawab. dipantau dan dirawat secara benar dan dalam kondisi pakai yang baik? Pengawasan dan Perawatan Peralatan: Item 5. ada bukti audit/sertifikasi dari pimpinan atau pihak ketiga/tim ahli (contoh sertifikasi PSV oleh MIGAS. pemeliharaan/perawatan dan pengawasan hanya bergantung pihak ketiga  •C ada bukti program. untuk memastikan pengawasan pemeliharaan peralatan yang ada pemeliharaan peralatan ada dan inspeksi berkala melibatkan dan pemeliharaan plant dan atau dilapangan tergantung pada pihak dilaksanakan secara efektif pimpinan tertinggi atau tim ahli. tidak ada program inspeksi rutin  •B cukup jelas.2 – Pengawasan dan Perawatan Peralatan 5. lokasi atau di lokasi-lokasi lain oleh para pekerja anda telah terdaftar. frekuensi dan tindak lanjut). peralatan. diamati. penanggungjawab dan jadwal  •D poin C. bersertifikasi sesuai dengan peraturan.2 Tidak ada program yang rinci Program Pengawasan dan Program Pengawasan dan Sebagai tambahan pada C. sertifikasi alat angkut dll) .Bagian 5. Pengawasan dan Perawatan Peralatan Bagaimana anda menjamin bahwa tempat produksi dan peralatan yang digunakan di area kerja. pelaksanaan (checklist inspeksi).

journey management plan .Bagian 5. sopir. Perawatan dan Manajemen Keselamatan Transportasi Rencana-rencana apa saja yang dimiliki perusahaan anda untuk mencegah kecelakaan kendaraan? Penanganan Keselamatan Transportasi Darat: poin 5(3) Tidak ada perhatian khusus mengenai Perlunya keselamatan transportasi Perusahaan memiliki strategi Perusahaan memiliki strategi lengkap dan keselamatan transportasi darat darat diketahui namun manajemen manajemen umum dengan serangkaian rencana prosedur yang sebagai kegiatan yang berbahaya menyerahkan kepada masing-masing beberapa prosedur mengenai mencakup kendaraan.3 – Perawatan dan Pengawasan Peralatan 5. ada bukti dilakukan training defensive drive. dan manager/supervisor untuk bagian-bagian keselamatan manajemen operasional.3. penerapannya transportasi darat  •A cukup jelas  •B cukup jelas  •C ada bukti prosedur keselamatan berkendara & pelaksanaan (checklist inspeksi kendaraan)  •D poin C. jadwal kerja.

Bagian 6 – Penerapan dan Pemantauan Kinerja .

Kesehatan. ada bukti prestasi dari hasil pemantauan kinerja K3LL (Proper biru/hijau/emas. oil spill dll)  •C ada bukti prosedur/sistem/program dari parameter-parameter performance  •D poin C. dan Perlindungan kepada pekerja untuk perbaikan dan Lingkungan Lingkungan di area-area yang penghargaan atas prestasi penting  •A cukup jelas. beri contoh c)Rencana-rencana apa yang dimiliki perusahaan anda untuk menyampaikan hasil dan penemuan-penemuan dari pengawasan dan pemantauan kepada: i) Manajemen pusat anda? ii) Pekerja di lapangan? a)Apakah perusahaan anda pernah menerima penghargaan untuk kinerja K3LH? Ya Tidak Manajemen dan pemantauan kinerja kegiatan kerja: poin 6(1) Tidak ada sistem untuk memantau Memantau kinerja Keselamatan Kerja. LTI. ada parameter-parameter yang ditetapkan sebagai performance (misal recordable injury.Bagian 6. Kesehatan. safe manhour award dll. tidak ada program inspeksi rutin  •B cukup jelas. Pengawasan kinerja dan manajemen K3LH dalam Kegiatan Kerja a)Rencana-rencana apa yang dimiliki perusahaan anda untuk pengawasan dan pemantauan kinerja K3LH? b)Kriteria apa yang digunakan perusahaan anda dalam menilai kinerja.) . zero accident award. Perusahaan memiliki sistem untuk Perusahaan memiliki sistem pemantauan kinerja Keselamatan Kerja.1.1 – Pengawasan kinerja dan manajemen K3LH dalam Kegiatan Kerja 6. dan Perlindungan Lingkungan di beberapa area Kerja. traffic incident. dan Perlindungan memantau kinerja Keselamatan kinerja yang lengkap dengan umpan balik Kesehatan.

berikan rincian Program Keselamatan Kerja: Poin 6(2) (a) – (b) Tidak ada program Pertemuan rutin Pertemuan membahas Pertemuan mengenai resmi membahas keselamatan keselamatan kerja keselamatan kerja kerja untuk pelaksanaan dilakukan berdasarkan diadakan secara rutin dan kerja tertentu jadwal pertemuan rutin topik-topik berkaitan oleh pengawas atau dengan pekerja dibahas perwakilan divisi dan dilaksanakan secara keselamatan kerja bergantian  •A cukup jelas  •B cukup jelas. peserta dan topiknya.2 – Program Keselamatan 6. pre job meeting)  •C contoh: ada weekly/monthly HSE meeting terjadwal yang pembahasan materinya dilakukan oleh bagian K3LL  •D contoh: ada weekly/monthly HSE meeting terjadwal yang pembahasan materinya dilakukan bergantian dari masing-masing departemen .2. Program Keselamatan a)Apakah anda mengatur pertemuan keselamatan di tempat anda?  YaTidak Jelaskan frekuensi. ada bukti meeting mengenai pembahasan K3LL suatu pekerjaan (misal: tool box talk/meeting.Bagian 6. a)Apakah anda mengorganisir kampanye untuk merangsang prosedur kerja yang aman? b) Ya Tidak Jika ya.

Pemberitahuan mengenai kecelakaan. Pengobatan.3 – Insident/Kejadian berbahaya. penyusunan persyaratan dan larangan: Poin 6(3) dan 6(4) Ada lebih dari satu kecelakaan Satu kecelakaan serius dalam lima Hanya ada kecelakaan kecil Tidak ada kecelakaan dalam lima tahun serius dalam lima tahun terakhir tahun terakhir terakhir  •A ada bukti statistik data kecelakaan dalam 5 tahun terakhir. dan Peringatan Larangan Hukum Apakah perusahaan anda pernah berada dalam situasi di mana anda harus melakukan pengobatan atau memberikan peringatan larangan hukum berkaitan dengan insiden/kecelakaan oleh badan-badan nasional terkait.Bagian 6. Tuntutan Perbaikan dan Pemberitahuan larangan bersifat hukum 6. badan-badang yang memiliki wewenang mengenai K3LH atau lembaga penegakan hukum lainnya atau dituntut di bawah hukum K3LH dalam lima tahun terakhir?  Ya  Tidak Jika jawbannya ya. beri penjelasan rinci. Insiden/kecelakaan. kejadian-kejadian berbahaya. terjadi beberapa kali kecelakaan serius (LTA/cacat/fatal)  •B ada satu kecelakaan serius (satu LTA/cacat/fatal)  •C kecelakaan hanya kasus-kasus perawatan medis atau lebih ringan  •D kecelakaan hanya kasus-kasus first aid .3.

b)Bagaimana anda mendokumentasikan kinerja kesehatan? c)Bagaimana anda mendokumentasikan kinerja lingkungan? d)Berapa sering pengamatan kinerja K3LH anda dilakukan? Oleh siapa? Catatan Kinerja K3LL (Perbandingan tingkat cedera di tahun terakhir dengan rata-rata lima tahun sebelumnya) : Item 6.  •A tidak ada bukti rate statistik  •B rate statistik kecelakaan tidak menjadi lebih baik dari tahun ke tahun  •C ada penurunan rate kecelakaan dari tahun ke tahun  •D cukup jelas .Bagian 6.4.4 – Catatan Kinerja K3LL 6. Catatan mengenai Kinerja K3LL a)Apakah anda menyimpan catatan mengenai insiden dan kinerja K3LH anda dalam lima tahun terakhir? Ya Tidak Jika ya. yang memadai. tahun terakhir. sebutkan hal-hal berikut: Jumlah total korban Kasus Hari Kerja Terlarang Luka yang mengakibaktan hilangnya waktu Tingkat Kecelakaan Fatal Kasus-kasus yang mengakibatkan hilangnya waktu Frekuensi Luka yang mengakibatkan hilangnya waktu Kasus Perawatan Medis Tingkat Insiden Total yang Tercatat untuk setiap tahun Sertakan definisi perusahaan anda mengenai hal-hal di atas pada rangkaian K3LH terpisah.4 Kontraktor tidak memberikan Rate statistik K3LL tidak menjadi Memperlihatkan perbaikan rate Kondisi C dipertahan selama lima informasi rate statistik K3LL lebih baik. statistik K3LL yang kecil.

kecelakaan.5.5 – Penyelidikan dan pelaporan Insiden 6. atau insiden terkait di tempat lain. dikomunikasikan kepada para pekerja anda? c)Apakah pelajaran mengenai keselamatan dari kecelakaan yang nyaris terjadi dilaporkan? Ya Tidak d)Silakan sediakan salinan laporan penyelidikan selama 12 bulan terakhir. Penyelidikan dan Pelaporan Insiden a)Apakah anda memiliki prosedur untuk menyelidiki. dan Perlindungan Lingkungan  •A ada bukti prosedur mengenai penyelidikan/pelaporan insiden  •B cukup jelas. melaporkan dan menindaklanjuti insiden. Kesehatan. silakan lampirkan. Keselamatan Kerja. ada bukti incident/near miss report yang dikirim ke Departemen HSE  •C ada bukti foto-foto kejadian lesson learn disosialisasikan/diumumkan di papan pengumuman dll. b)Bagaimana penemuan. setelah diselidiki. Penyelidikan dan Laporan Kecelakaan: Poin 6(6) (a) – (d) Penemuan penyelidikan kecelakaan Penemuan dikomunikasikan secara Penemuan-penemuan Seperti C dan ditambah dengan biasanya tidak dikomunikasikan terbatas kepada orang-orang dikomunikasikan kepada seluruh informasi pengaruh secara rinci untuk penting/kuncidengan memo internal pekerja dengan menggunakan tujuan pengembangan kinerja perusahaan atau media serupa papan pengumuman.  •D ada bukti pemantauan dari tindak lanjut hasil investigasi yang terus termonitor . atau penyakit di tempat kerja? Ya Tidak Jika ya.Bagian 6.

Bagian 7 – Audit dan Pengamatan .

Kesehatan.Bagian 7 – Audit dan Peninjauan BAGIAN 7 : AUDIT DAN PENINJAUAN a)Apakah anda memiliki kebijakan tertulis mengenai audit K3LL?  Ya  Tidak b)Bagaimana kebijakan-kebijakan di atas menjelaskan mengenai standar auditing. termasuk tindakan-tindakan yang tidak aman dan kualifikasi untuk auditor? c)Apakah rencana K3LH perusahaan anda memasuukan jadwal audit?  Ya Tidak Aspek-aspek audit yang mana yang tercakup? d)Bagaimana efektivitas auditing diuji dan bagaimana laporanmanajemen serta tindak lanjut mengenai hasil audit? Audit: Poin 7(1) (a) – (d) Proses audit hanya diterapkan secara Dokumen Keselamatan Kerja. dan Perlindungan Kesehatan. dan Perlindungan mengenai audit tanpa rincian khusus rinci mengenai audit sesuai dengan penemuan Lingkungan mengenai jadwal dan cakupan jadwal / cakupan untuk area-area penting  •A cukup jelas  •B ada bukti policy/prosedur mengenai audit K3LL  •C ada bukti jadwal pelaksanaan/rencana kerja audit dalam satu tahun program kerja  •D poin C. Seperti C namun diarahkan ke peran sepintas – tidak secara eksplisit Kesehatan. Dokumen Keselamatan Kerja. dan Perlindungan manajemen dalam kegiatan audit dan dimasukkan dalam Keselamatan Lingkungan mencakup acuan-acuan Lingkungan mencakup penjelasan tindak lanjut terhadap penemuan- Kerja. ada bukti manajemen terlibat dalam melakukan audit dan tindak lanjut dari temuan audit .

Bagian 8 – Prosedur Tanggap Darurat .

prosedur darurat yang disebarluaskan. penyebaran racun. H2S.  •A cukup jelas  •B ada bukti policy/prosedur mengenai tanggap darurat  •C ada bukti policy/prosedur mengenai tanggap darurat yang spesifik untuk kejadian-kejadian tertentu (misal tumpahan minyak. Prosedur ditulis dalam panduan untuk frekuensi latihan. evakuasi. Prosedur Tanggap Darurat Tidak ada tanggap darurat tertulis Hanya prosedur dasar Prosedur darurat untuk skenario Prosedur darurat dipersiapkan untuk utama dipersiapkan secara tertulis.Bagian 8 – Prosedur Tanggap Darurat BAGIAN 8 : PROSEDUR TANGGAP DARURAT Apakah anda memiliki rencana tanggap darurat?  Ya Tidak Berikan daftar prosedur tersebut. skenario utama seperti untuk seperti untuk kebakaran/ledakan. emergency contact list  •D poin C dan ada bukti jadwal pelatihan (emergency drill) secara rutin . H2S. kebakaran. atau barang-barang atau barang-barang yang mudah yang mudah terbakar dan penyakit terbakar. medivac.). kebakaran/ledakan. Frekuensi latihan ditentukan. penyebaran racun. Tidak ada persyaratan darurat. evakuasi. H2S. kebocoran gas dll. Jelaskan bagaimana prosedur darurat dipertahankan dan struktur komando di bawah situasi darurat.

Bagian 9 – Manajemen K3LH Ciri-ciri tambahan .

dan Perlindungan Perlindungan Lingkungan.. Lingkungan Lingkungan. dan Perlindungan Kerja. dan Kerja.  •A cukup jelas  •B cukup jelas (asosiasi professional dari perusahaan tersebut. Kesehatan.CIRI-CIRI TAMBAHAN a)Jelaskan jenis usaha perusahaan anda dan sejauh mana partisipasi perusahaan anda dalam organisasi yang berkaitan dengan hal-hal industrial. anggota KADIN. Kesehatan. )  •D poin C. b)Apakah perusahaan anda memiliki ciri lain atau peraturan K3LH lain yang tidak tercakup dalam tanggapan anda dalam kuesioner? Keanggotaan Perkumpulan: poin 9 (1) dan 9 (2) Bukan anggota perkumpulan Perusahaan menjadi anggota Setidaknya perusahaan menjadi Perusahaan menjadi peserta aktif dari setidaknya satu perkumpulan yang anggota asosiaasi Keselamatan sedikitnya satu asosiasi Keselamatan tidak mefokuskan pada Keselamatan Kerja. dll. Kesehatan. ada bukti keterlibatan perusahaan dalam agenda kerja asosiasi atau dalam kepengurusan asosiasi .Bagian 9 – Manajemen K3LH Ciri-ciri tambahan BAGIAN 9 : MANAJEMEN K3LH . perdagangan dan pemerintahan.)  •C cukup jelas (misal: Asosiasi K3 yang diakui Depnaker dll.

Penilaian Pre Qualifikasi .

EVALUASI PRA KUALIFIKASIJudul CHSEMS Passing Grade Kelulusan Kontrak High Risk Lulus TS > 56 Kontraktor yang lulus evaluasi Pra Kualifikasi CHSEMS akan Tidak Lulus TS < mendapatkan sertifikat CHSEMS dan boleh mengikuti Tender untuk 56 kontrak High Risk  Setelah tahapan PQ. maka kontraktor dapat mengikuti proses seleksi pemenang tender .

SERTIFIKAT LULUS JudulCHSEMS XXX .

EVALUASI PRA KUALIFIKASIJudul CHSEMS .

R R R C R R A 5. R C C I A I 6.Send Invitation to Contractor/Bidder for PQ CHSEMS Clarification. R R I A 3. R C C I R R A . Create Conditional Acceptance if Required.Return PQ CHSEMS Questionnaire with related evidence. I R I I A 4. Manager ACTIVITIES Contractor/ Bidder CHSEMS Champion Affected Dept Procurement inEachDept End User HSE 1. I R I A 2. PRA-KUALIFIKASIJudul . Attend PQ CHSEMS Clarification. Determine if Site visit required.RACI SCM Dept.Send PQ CHSEMS Questionnaire to Contractor/Bidder.

CONDITIONAL ACCEPTANCEJudul Conditional Acceptance: • Diberlakukan bila hanya ada satu atau dua. Sr HSES Manager. • Hanya berlaku spesifik untuk tiap tender saja. Sr SCM Manager dan VP Operation . • Kekurangan hasil dari PQ akan ditindaklanjuti oleh pihak kontraktor dan diberi tenggat waktu yang disepakati antara End User dan Kontraktor. bahkan tidak ada kontraktor yang memenuhi kriteria HSE (tidak lulus PQ CHSEMS) dalam proses tender. • Conditional acceptance harus mendapat persetujuan dari Line Manager.

FORM CONDITIONALJudulACCEPTANCE .

FORM CONDITIONALJudulACCEPTANCE .

Judul .

• Isilah hasil penilaian tersebut dalam lembar penilaian Pra Kualifikasi CHSEMS.Exercise II & Group Discussion • Lakukanlah penilaian terhadap dokumen Pra Kualifikasi CHSEMS Kontraktor yang telah dibagikan. . • Gunakan matrix scoring untuk membantu dalam proses penilaian.

TERIMA KASIH .