CORETAN TINTAKU

Hidup ini tak boleh sederhana, yang boleh sederhana hanyalah sikap kita.

Sabtu, 12 Maret 2016
RPP INVITATION (KELAS 8)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 2 Sedati
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII / 1st
MAteri : Invitation
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit (1 pertemuan)

A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humanoria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

5 Menyusun teks tulis undangan dan ucapan selamat (greeting card). percaya diri. dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks C. 3. Bersikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan guru dan teman. peduli.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahsaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card). Kompetensi Dasar 1. sesuai dengan konteks penggunaanya. Sosial a. dan cinta damai. 2. Indikator 1. disiplin. peduli. Pengetahuan a. Bersikap jujur. Menunjukkan kesungguhan dalam belajar sebagai bentuk rasa syukur. Menunjukkan kemauan untuk mencba. dengan memperhatkan fungsi sosial. dalam melakukan komunikasi fungsional secara konsisten. disiplin. Menunjukkan sikap bertangung jawab.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar 2. 2. Mampu menerapkan dengan tepat struktur teks dari undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card). sangat pendek dan sederhana.2 Menunjukkan perilaku jujur. percaya diri. kerjasama dan cinta damai. 3. 4. struktur teks. B. b. 2. sesuai dengan konteks penggunaanya. Spiritual a.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.4 Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card). 4. sangat pendek dan sederhana.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab. dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. kerjasama. b. dalam melaksanakan komunikasi fungsional. . dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman c.

Peserta didik dan guru berdoa bersama. texts. Peserta didik mendapat pertanyaan mengenai materi 15 Menit sebelumnya. Tulisan tangan E. intonasi c. Media/alat. dan Sumber Belajar 1. whiteboard. laptop. Peserta didik merespon salam menggunakan bahasa Inggris. etc. struktur teks. Ejaan dan tanda baca d. Pendahuluan3. . Ketrampilan Menyusun teks tulis undangan dan ucapan selamat (greeting card). Give example from instruction! . Bahan. Material Pembelajaran ● Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran didalam maupun di luar kelas. Media/Alat Screen. Give example from prohibition! . sangat pendek dan sederhana. 2. Langkah Pembelajaran Pertemuan pertama AKTIFITAS RANGKAIAN AKTIFITAS WAKTU 1. dll. dengan memberikan keteladanan tentang perilaku sopan dan perduli. Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribaddi dan ucapan selamat (greeting card) 4. dengan memperhatkan fungsi sosial.Penggunnaan nominal singular dan plural b. tekanan kata. Bahan Gambar. Sumber Belajar: Buku Paket Bahasa Inggris kelas VIII F. LCD. Tata Bahasa : . ● Unsur Kebahasaan a. 3. dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks D. boardmarker. Ucapan.b. 2.

tujuan. Peserta didik mendiskusikan ringkasan singkat mengenai pembelajaran sebelumnya bersama guru. Menanya 2. dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. Peserta didik menerima informasi kompetensi. Give example from asking permission! . Give example from giving invitation! 4. what will we give to her/him? . manfaat. When we invite someone to our birthday. . 5. Peserta didik mengamati contoh contoh invitation card yang ada pada halaman pertama pada buku paket siswa. Mencoba 55 Menit 4. How the way to congratulate someone? 5. Peserta didik mendapatkan pertanyaan-pertanyaan pemandu yang mengarah kepada materi yang akan dipelajari. 6. . materi. Peserta didik secara berkelompok mencoba membuat invitation card dan greeting card dengan arahan guru. Peserta didik bersama guru membaca beberapa invitation card dan greeting card. misalnya: . a. Secara individu peserta didik berusaha mempelajari susunan bagian-bagian dari invitation card dan greeting card. Menalar Kegiatan Inti3. Mengamati 1. Para siswa dengan arahan guru bertanya tentang kosakata-kosakata sulit dan penggunaan dari invitation card serta greeting card.

Peserta didik mendapatkan tugas kelompok untuk membuat greeting card. Remedial dan Pengayaan ● Remidial Pemberian bimbingan secara khusus misalnya bimbingan perorangan ● Pengayaan Secara mandiri peserta didik belajar mencari text functional pendek berupa instruction. Penilaian ketrampilan H. Hj. 2016 Reaksi: Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest Tidak ada komentar: Posting Komentar . Maret 12. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan invitation card dan greeting card yang telah mereka buat secara berkelompok didepan kelas. Nur Diniyah Carissa Stella Alim. Penilaian social 3. Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir) 1. 7. writen by stella alim di Sabtu. Sidoarjo. 28 Oktober 2015 Guru Mata Pelajaran Guru PPL (Mahasiswa) Dra. Penilaian spiritual 2. Mengkomunikasikan 6. 9. Peserta didik menjawab salam penutup dari guru G. Penilaian pengetahuan 4. 10 Menit Penutup 8. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.

082 Kumpulan Coretanku  ► 2017 (1)  ▼ 2016 (19) o ► Juli (1) o ► April (4) o ▼ Maret (14)  machu picchu  PENGERTIAN DAN CONTOH NARRATIVE TEXT  TARI SERIMPI (indo-english)  SOAL READING UNTUK SMA  CONTOH ARTIKEL SKRIPSI  soal writing kelas 11  Soal reading untuk kelas 3 SMP  THE IMPLEMENTATION OF MANGA TO TEACH READING NARRA.  ► 2015 (2)  ► 2014 (14)  ► 2013 (23) .....Link ke posting ini Buat sebuah Link Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Posting Komentar (Atom) Google+ Followers Total Tayangan Laman 24.  RPP INVITATION (KELAS 8)  RPP INSTRUCTION KELAS 8  Soal Reading Kelas 7  RPP Recount Text Kelas 8  INTERLANGUAGE  The Important Of Motivation for Learning Second La.

suka membusuk di kamar. . matanya bisa berbinar terang buanget kalo ngeliat bunga2 berjejer indah. Asallahu yubarik fiina jami'an. Lihat profil lengkapku carissa stella alim. cewek yng ngak suka banyak ngomong. pecinta kuliner (alias semua makanan doyan). Gambar tema oleh merrymoonmary.Welcome to My Blog stella alim Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatu. hobi tidur sambil dikelilingin tumpukan buku atau cahaya notebook. suka sesuatu yang baru. Klo ditanya who am i? jawabnya. Diberdayakan oleh Blogger. Tema Tanda Air.