BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini menjelaskan tentang teori – teori dan konsep – konsep menurut para
ahli yang berhubungan dengan topik Tugas Akhir, khususnya mengenai Rancang
Bangun Aplikasi Pencarian Properti.

2.1 Tinjauan Pustaka
Penulis membuat aplikasi ini didorong dengan penelitian sebelumnya yang
terkait dengan pembuatan aplikasi antara lain :
1. Aplikasi broker properti studi kasus PT. Hore Indonesia Berbasis desktop.
Bahasa pemrograman VB.NET dan DBMS SQL Server 2000, implementasi
meliputi fungsi penyimpanan dan pembacaan informasi, proses sinkronisasi data
antara kantor cabang dengan kantor pusat, perhitungan bonus, dan pencatatan
pembayaran iuran oleh agen.
2. Aplikasi sistem informasi real estate studi kasus PT. Greenhouse berbasis web.
Bahasa pemrograman ASP.NET dan DBMS SQL Manager 2008, hasil dari
aplikasi ini dapat diakses oleh admin, agen dan calon pembeli, admin bisa
melakukan input, edit, delete data sedangkan agen dan calon pembeli hanya dapat
melihat saja.
3. Aplikasi listing properti dengan menggunakan studi kasus dari PT. Century 21
Yogyakarta.
Aplikasi berbasis android, dibuat dengan bahasa pemrograman mobile
android dan SQL Lite. Implementasi yang dihasilkan dari aplikasi listing properti
meliputi sinkronisasi data properti, input data properti dan listing client
4. Penerapan Haversine Formula Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Gereja Kristen
Di Semarang Berbasis Mobile.
Aplikasi ini digunakan untuk menghitung jarak dan mencari jarak terdekat
antara pengguna aplikasi dan Gereja yang dituju maupun gereja terdekat dari
lokasi pengguna

.
6

7

2.2 Sistem Informasi
Sistem informasi adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama–
sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan
pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan data untuk
menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengambilan
keputusan (Daihani 2003). Keberadaan komputer pada sistem informasi pada
dasarnya tidak mutlak. Tetapi komputer dengan segenap kemampuannya dalam
memproses data, akan meningkatkan efektifitas, produktifitas, serta efisiensi suatu
sistem informasi.
Informasi sendiri didefinisikan sebagai data yang sudah terolah sedemikian
rupa mempunyai arti atau makna bagi pihak tertentu. Sedangkan data adalah
serangkaian fakta yang menyatakan kejadian atau keadaan tertentu sebelum diolah
sehingga belum dapat dimengerti maknanya.Tiga kegiatan utama dalam sebuah
sistem informasi adalah pemasukan data, pemrosesan data dan pengeluaran data.
Pemasukan data berisi kegiatan pengumpulan data dari dalam organisasi atau dari
lingkungan organisasi. Sementara pemrosesan bertugas mengolah data sehingga
menjadi sesuatu yang bermakna. Sedangkan pengeluaran berfungsi memberikan
hasil olahan kepada pihak–pihak yang membutuhkan.Kegiatan dalam sistem
informasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

INPUT PROSES KELUARAN

Data, Fakta Pencatatan Informasi
Klasifikasi
Penyusunan
Peringkasan
Penyimpanan
Pengambilan
Pelaporan
Penyebaran

Gambar 2.1 Model Input Output

c. Jika tidak ada kerja sama maka ruang lingkup pemasaran propertinya semakin terbatas. Tidak terikat dengan peraturan sebuah perusahaan Broker tradisional tidak membawa bendera perusahaan sehingga dapat mengatur prinsip kerjanya sendiri dan tidak ada sanksi dalam segala tindakannya. sehingga tidak dapat mengunci risiko yang berkaitan dengan biaya pemasaran. b. Komisi lebih besar karena tidak perlu dibagi lagi dengan perusahaan properti walaupun kebanyakan komisi yang diterima besarnya di bawah komisi standar yang telah ditetapkan pemerintah. Mereka bergerak secara individu sehingga aktivitas yang dilakukan bergantung pada kemampuan pribadi dan jaringan yang dimilikinya. . Persentase komisi lebih besar b. Beberapa keunggulan dari broker tradisional ini antara lain : a. 8 2. Tingkat risiko pemasaran tinggi Memiliki risiko pemasaran tinggi karena bertindak secara individu dan tidak memiliki brand yang kuat maka properti-properti yang dipasarkan cenderung tidak bersifat eksklusif yang tidak dapat mengikat kontrak pemasaran dengan klien. Jaringan yang dimiliki terbatas Faktor kepercayaan antar broker menentukan apakah dapat bekerja sama atau tidak. Biaya pemasaran juga di tanggung sendiri Jika properti sudah dipromosikan dan terjual dengan pihak lain maka biaya pemasaran yang telah dikeluarkan tidak mendapatkan ganti rugi dan semua ditanggung sendiri. Menurut Wardono (2013) broker properti terdiri dari 2 macam. Broker tradisional Broker tradisional merupakan broker properti yang tidak berada dalam naungan sebuah perusahaan properti.3 Agen Properti Agen properti atau sering juga disebut broker properti merupakan suatu profesi sebagai perantara antara pemilik dan pembeli (penyewa) dalam transaksi sebuah properti seperti jual beli atau sewa menyewa rumah atau tanah. c. Sedangkan kelemahan dari broker tradisional adalah : a. yaitu : 1.

Data base listing properti yang dipasarkan juga besar Selain data properti pribadi juga bisa memasarkan properti milik tim. b. mencari penyewa atau yang menyewakan properti. Persentase komisi lebih kecil Persentase komisi dibagi dengan pihak perusahaan broker properti. mempromosikan properti. 9 2. CV. mengurus dokumen properti.Mojokerto. Broker properti bersertifikat Broker properti bersertifikat adalah broker properti yang berada dalam naungan sebuah perusahaan properti dan biasanya bergerak secara tim. d. c. b. Biaya pemasaran didukung perusahaan Dengan adanya kepastian perjanjian jasa pemasaran yang jelas maka perusahaan berani mendukung pemasaran dari properti broker tersebut. broker tersebut harus dapat mewakili perusahaannya beserta peraturan-peraturan yang ada di dalamnya. memonitor perkembangan properti dan sebagai manajer investasi properti.Smart Property. Walaupun masih tergolong baru sejak pertama berdiri hingga saat ini sudah banyak properti yang dipasarkan melalui CV.Smart Property yaitu memberikan solusi bagi setiap orang/instansi untuk mendapatkan kepuasan dalam bertransaksi . Jaringan luas Pemasaran propertinya mendapat dukungan dari jaringan yang telah dibentuk oleh perusahaan properti dan aliansinya. Terikat dengan peraturan Dalam menjalankan aktivitas profesinya. Layanan jasa agen properti ini adalah mencari penjual atau pembeli properti. Sedangkan kelemahannya dari broker properti bersertifikat antara lain : a.Smart Property adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa broker atau agen properti waralaba (franchise).April B1 . Yang berkantor di Perum Banjaragung Regency Jl. CV. Tingkat risiko pemasaran rendah Memiliki brand dari sebuah perusahaan maka semakin banyak kepercayaan yang didapat dari klien untuk mendapatkan eksklusif listing karena bukan hanya broker yang bersangkutan yang memasarkan tetapi juga perusahaannya.Smart Property berdiri sejak tahun 2014. Visi CV. Broker properti bersertifikat mempunyai beberapa keunggulan antara lain : a.

Pada perusahaan . prosedur transaksi). hak kepemilikan properti. Misi CV. Setelah proses pelatihan dilakukan. Dalam mengujudkan visi dan misi tersebut. Memonitor perkembangan properti e. selanjutnya dilakukan proses pendaftaran agen pekerja pada perusahaan CV. Mengurus dokumen properti d. nilai pasar properti. pajak atas properti. CV. Agen Pekerja pada perusahaan ini mempunyai tugas antara lain : a. perjanjian jual beli atau sewa menyewa. Memasarkan atau mencari pembeli atau penyewa untuk properti yang akan dijual atau yang akan disewakan. b. c.Smart Property Pendaftaran properti dilakukan dengan disertai surat perjanjian jasa pemasaran antara perusahaan CV. Pendaftaran dan Pemasaran Properti Proses atau kegiatan pendaftaran dan pemasaran properti dilakukan oleh agen pekerja sepengetahuan dari staf perusahaan CV. Perekrutan Agen Pekerja Perekrutan agen pekerja yang dilakukan oleh CV.Smart Property dengan pemilik properti.Smart Property oleh staf perusahaan sebagai perwakilan dari manajemen perusahaan. Sebagai manajer investasi properti 2. jenis listing properti. Adapun beberapa proses bisnis yang dilakukan oleh CV. perjanjian jasa pemasaran.Smart Property melakukan beberapa proses bisnis. Materi pelatihan yaitu pengetahuan tentang broker/agen properti (standar komisi.Smart Property antara lain : 1. Mencari dan mendaftarkan properti yang akan dijual atau disewakan oleh pemilik properti. 10 properti.Smart Property adalah mengedukasi kepada setiap orang agar supaya memakai jasa agen properti yang profesional sebagai sarana dalam bertransaksi properti dan memahami kebutuhan setiap orang dalam urusan properti sehingga pengguna jasa agen properti ini mendapatkan kepuasan. komitmen pelayanan. ketrampilan sebagai agen properti dan sikap atau etika sebagai agen properti.Smart Property melalui proses pelatihan terlebih dahulu terhadap calon Agen Pekerja.

jangka waktu perjanjian. sedangkan 55% dari nilai komisi .Smart Property disediakan beberapa perjanjian jasa pemasaran untuk pemilik properti antara lain : a. Perjanjian Jasa Pemasaran Open Listing Khusus yaitu pemilik properti memberikan hak dan wewenang khusus kepada agen properti ini untuk memasarkan properti dari pemilik properti.Smart Property yaitu agen pekerja mendapatkan 45% dari besarnya nilai komisi hasil transaksi jual beli atau sewa menyewa properti. harga jual atau sewa dari pemilik properti. Dalam perjanjian jasa pemasaran dicantumkan beberapa informasi yaitu spesifikasi properti. pemilik properti bisa juga memberi hak dan wewenang pemasaran kepada agen properti yang lain. 3. Selain agen properti. Pembagian Komisi Pembagian komisi yang berlaku pada perusahaan agen properti CV. Penjualan atau Penyewaan Properti Agen pekerja dari CV. 11 CV. Perjanjian Jasa Pemasaran Eksklusif Listing yaitu pemilik properti memberikan hak dan wewenang khusus kepada agen properti CV. 4. b. kemudian agen pekerja akan mendampingi pembeli atau penyewa dan pemilik properti dalam pengurusan dokumen properti yang diperlukan sampai proses transaksi selesai. Dalam proses penjualan atau penyewaan properti. Saat transaksi penjualan atau penyewaan terjadi yang diawali dengan adanya uang tanda jadi atau uang muka yang diserahkan oleh pembeli atau penyewa properti melalui agen pekerja dan disaksikan oleh staf perusahaan CV. agen pekerja sebagai perantara atau perwakilan dari pemilik properti disebut dengan agen pendaftar.Smart Property yang nantinya akan diserahkan ke pemilik properti. persetujuan pembayaran komisi oleh pemilik properti kepada agen properti. sedangkan agen pekerja sebagai perantara atau perwakilan dari pembeli atau penyewa properti selanjutnya disebut dengan agen promosi.Smart Property akan melakukan kegiatan jasa perantara transaksi jual beli atau sewa menyewa antara pemilik properti dengan pembeli atau penyewa properti. dokumen properti.Smart Property sebagai satu-satunya yang memasarkan properti dari pemilik properti.

2.4 Properti Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) . sedangkan jika hanya sebagai agen pendaftar atau agen promosi saja maka nilai komisi yang didapatkan oleh agen pekerja sebesar 50% dari 45% besarnya nilai komisi hasil transaksi jual beli atau sewa menyewa properti. Penggunaan rumus ini mengasumsikan pengabaian efek ellipsoidal. juga pengabaian ketinggian bukit dan kedalaman lembah di permukaan bumi. 2013). Bukti transaksi tersebut diserahkan masing- masing kepada pembeli atau penyewa properti dan pemilik properti. Nitin R.Chopde. 12 hasil transaksi jual beli atau sewa menyewa didapatkan oleh CV. (Gintoro. Pembayaran uang komisi oleh perusahaan agen properti kepada agen pekerja khususnya untuk jenis pembayaran transaksi kredit dilakukan setelah uang muka dibayarkan oleh pembeli atau penyewa properti yang disertai dengan bukti penerimaan komisi.Smart Property Agen pekerja mendapatkan nilai komisi penuh 45% jika agen pekerja tersebut dalam data properti sebagai agen pendaftar dan dalam data transaksi properti sebagai agen promosi.5 Haversine Formula Haversine Formula adalah persamaan yang digunakan dalam navigasi. Berikut adalah rumus haversine (Prof. 2010) . yang memberikan jarak lingkaran besar antara dua titik pada permukaan bola (bumi) berdasarkan bujur dan lintang. Keterangan : . Singkatnya definisi dari Properti adalah tanah milik dan bangunan. definisi kata Properti adalah harta berupa tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tanah dan atau bangunan yang dimaksudkan. 2. cukup akurat untuk sebagian besar perhitungan. Saat uang muka dibayarkan oleh pembeli atau penyewa properti maka pihak CV.Smart Property akan melakukan pemotongan pembayaran komisi yang besarnya sesuai dengan perjanjian jasa pemasaran dengan pemilik properti dan selanjutnya sisa uang muka setelah dipotong komisi akan diserahkan ke pemilik properti yang disertai dengan bukti transaksi penjualan atau penyewaan properti.

. 13 = Jarak = Latitude Awal = Latitude Akhir = Longitude Awal = Longitude Akhir 2. DFD menunjukkan hubungan antara data pada sistem dan proses pada sistem.1 Simbol DFD menurut Teknik Yourdon/De Marco No Simbol DFD Keterangan 1 Entity Luar digambarkan dengan bujur A sangkar. Adapun teknik dasar DFD yaitu : Tabel 2. 2 Aliran Data dari satu proses ke proses lainnya. dimana data disimpan . proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut. Entity luar merupakan sumber atau Agen tujuan dari aliran data dari atau ke sistem. 3 Proses atau fungsi yang mentransformasikan data secara umum digambarkan dengan lingkaran.6 Data Flow Diagram (DFD) Menurut Andri Kristanto (2004 : 66) DFD adalah model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari sistem. DFD menggambarkan penyimpanan data dan proses yang mentransformasikan data. 4 Berkas atau tempat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data atau file.

Aliran data yang digambarkan sebagai panah dengan dua ujung menggambarkan terjadinya dialog. misalnya paket data. Komponen entity luar a.1. 2. d.7 Entity Relationship Diagram (ERD) Database adalah kumpulan file yang saling berkaitan.6. 3. Entity luar direpresentasikan dengan empat persegi panjang. Menggambarkan gerakan paket data atau informasi dari satu bagian ke bagian lain dari sistem. Nama lingkaran tersebut mendeskripsikan respon yang harus dilakukan sistem dalam menganalisa keadaaan. b. 4. b. f. disk dan model DBMS. Proses menunjukkan transformasi dari masukan menjadi keluaran dan biasanya komponen proses dapat disimbolkan dengan lingkaran atau segiempat tumpul. e. 14 2. b. Pada model data relational. c. Ujung panah menunjukkan arah data bergerak. Merupakan bagian luar sistem. Nama fungsi untuk menjelaskan arti dalam aliran tersebut dan ditulis untuk mengidentifikasikan aliran tersebut. Aliran data dapat menyebar atau menyatu. Penyimpanan direpresentasikan dengan garis paralel atau segi empat terbuka. hubungan antarfile direlasikan dengan kunci relasi (relation key) yang . Komponen proses a. Komponen aliran data (data low) a. c. Sintaks dan Fungsi Simbol DFD 1. Aliran data direpresentasikan dengan menggunakan anak panah. Dipakai untuk memodelkan kumpulan data. 2. Komponen penyimpanan (data store) a. b. Dalam proses umumnya didefinisikan dengan kalimat sederhana atau kata tunggal. tap magnetis. aliran data yang dihubungkan dengan entity luar dan menunjukkan hubungan antara sistem dengan dunia luar.

banyak lawan satu. Pengajar Siswa Gambar 2. One to many relationship 2 file Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah satu berbanding banyak atau dapat pula dibalik. Seperti pada pelajaran privat dimana satu guru mengajar satu siswa dan satu siswa hanya diajar oleh satu guru. 15 merupakan kunci utama dari masing – masing file. dimana satu guru mengajar banyak siswa dan siswa hanya diajar oleh satu guru. Perancangan database yang tepat akan menyebabkan Dbase III Plus atau FoxBase dan paket program relational lainnya akan bekerja secara optimal. Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan tanda lingkaran untuk menunjukkan tabel dan relasi antarkeduanya diwakilkan dengan tanda panah ganda untuk menunjukkan hubungan banyak tersebut. Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan tanda lingkaran untuk menunjukkan tabel dan relasi antara keduanya diwakilkan dengan tanda panah tunggal. Seperti pada sistem pengajaran di sekolah dasar.3 One to many relationship 2 file . One to One relationship 2 file Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah satu banding satu.2 One to one relationship 2 file 2. Relasi antara 2 file atau 2 tabel dapat dikategorikan menjadi 3 macam. Demikian pula untuk membantu menggambarkan relasi secara lengkap terdapat juga beberapa relasi dalam hubungan atribut yang ada di dalam 1 atau 2 file yaitu sebagai berikut : 1. Pengajar Siswa Gambar 2.

Misalnya pada satu alamat pegawai terdapat puluhan pegawai kantor tersebut. 16 3. Pengajar Siswa Gambar 2. maka hubungan antara atribut alamat pegawai dengan nomor pegawai adalah satu alamat menunjukkan banyak pegawai. Satu nomor pegawai hanya satu nomr KTP. tidak ada yang berganda.4 Many to many relationship 2 file 4. Many to manyrelationship 2 file Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah banyak berbanding banyak. . Seperti pada sistem pengajaran di perguruan tinggi. Relasi many to one 2 attribute dalam 1 file Hubungan antara satu atribut dngan atribut lainnya dalam 1 file yang sama mempunyai hubungan satu lawan banyak. Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan tanda lingkaran untuk menunjukkan tabel dan relasi antarkeduanya diwakilkan dengan tanda panah ganda untuk menunjukkan hubungan banyak tersebut.5 Relasi one toone 2 attribute dalam 1 file 5. Relasi one to one 2 attribute dalam 1 file Hubungan antara satu atribut yang lain dalam satu file yang sama mempunyai hubungan satu lawan satu. dimana satu dosen mengajar banyak mahasiswa dan mahasiswa diajar oleh banyak dosen. Nomor Pegawai Nomor KTP Gambar 2. Misalnya atribut nomor pegawai yang unik dan atribut nomor KTP pegawai tersebut mempunyai hubungan satu lawan satu.

CDM merupakan hasil penjabaran lebih lanjut dari ERD. Misalnya pada satu alamat pegawai terdapat puluhan pegawai kantor tersebut dan beberapa pegawai punya nama yang sama yang mempunyai alamat berbeda. CDM dibuat sudah dalam bentuk tabel – tabel tanpa tipe data yang menggambarkan relasi antar tabel untuk keperluan implementasi ke basis data. Alamat Pegawai Nomor Pegawai Gambar 2. 17 Alamat Pegawai Nomor Pegawai Gambar 2.6 Relasi Many to one 2 attribute dalam 1 file 6. Relasi many to many 2 attribute dalam 1 file Hubungan antara satu atribut dengan atribut yang lain dalam 1 file yang sama mempunyai hubungan banyak lawan banyak. Ada aturan –aturan yang harus diikuti dalam melakukan konversi ERD menjadi CDM.7 Relasi Many to many 2 attribute dalam 1 file 2. Maka hubungan antara atribut alamat pegawai dengan nama pegawai adalah beberapa alamat menunjukkan nama pegawai yang sama dan sebaliknya.8 Conceptual Data Model (CDM) CDM (Conceptual Data Model) atau model konsep data merupakan konsep yang berkaitan dengan pandangan pemakai terhadap data yang disimpan dalam basis data. Berikut adalah simbol – simbol yang ada pada CDM : .

.3 Mengubah ERD menjadi CDM ERD CDM Petugas Petugas Entitas Username PK Password Nama No_petugas Hak_akses Menjadi sebuah tabel tersendiri .* nama relasi dan multiplicity Nama relasi 1.2 Simbol CDM Simbol Deskripsi Entitas/table Entitas atau tabel yang menyimpan Nama_tabel data dalam basis data Relasi Relasi antar tabel yang terdiri atas 1.* Aturan untuk mengubah ERD menjadi CDM secara umum adalah sebagai berikut: Tabel 2. 18 Tabel 2..

relasi tidak menjadi tabel sendiri E1 id E2 PK Id_E1 PK Id_E2 rela E2 si Kunci primer salah satu entitas akan id dijadikan kunci asing (foreign key) pada tabel yang lain dan kunci asing itu Relasi dengan kardinalitas one to dijadikan kunci primer juga. 19 Relasi E1 id PK Id_E1 N PK Id_E2 Atribut_relasi N relasi E2 Menjadi sebuah tabel tersendiri dngan id kunci primer adalah atribut yang menjadi Atribut kunci primer di kedua entitas yang Relasi dengan kardinalitas many to direalisasikannya many E1 id E2 PK Id_E1 PK Id_E2 rela N E2 si Kunci primer entitas yang memiliki id hubungan one akan dijadikan kunci Relasi dengan kardinalitas one to primer di entitas yang memiliki many hubungan many dengan kata lain. . dengan kata one lain. relasi tidak menjadi tabel tersendiri.

PDM sudah merupakan bentuk fisik perancangan basis data yang sudah siap diimplementasikan ke dalam DBMS sehingga nama tabel juga sudah merupakan nama asli tabel yang akan diimplementasikan ke dalam DBMS. 20 2. PDM merupakan konsep yang menerangkan detail dari bagaimana data di simpan di dalam basis data. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom dimana setiap kolom memiliki nama yang unik beserta tipe datanya. Flowchart Sistem Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam suatu sistem data. 1.9 Physical Data Model (PDM) Model relasional atau Physical Data Model (PDM) adalah model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data. 2. Berikut adalah simbol – simbol yang ada pada PDM : Tabel 2.4 Simbol PDM Simbol Deskripsi Tabel Tabel yang menyimoan data dalam basis Nama_tabel data Relasi Relasi antar tabel yang terdiri dari persamaan antara primary key (kunci Id_tbl1 = id_fk_tbl2 primer) tabel yang diacu dengan kunci yang menjadi referensi acuan di tabel lain. Flowchart terbagi menjadi dua.10 Flowchart Menurut Heri Sismoro (2005) Flowchart program adalah suatu bagan yang menggambarkan atau mempresentasikan suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan masalah. Simbol yang digunakan : . yaitu flowchart sistem dan flowchart program.

8 Flowchart Sistem . 21 Tabel 2.5 Simbol Flowchart Sistem Simbol Keterangan Pita magnetic Keyboard Storage Input/output Proses Magnetic tape Arah proses Contoh dari Flowchart Sistem : Keyboard CPU Diskette Storage/ Penyimpanan Gambar 2.

22 2.11 Internet Interconnected network atau lebih dikenal sebagai internet (dengan huruf I kapital) lahir sebagai hasil langsung dari keperluan – keperluan penelitian dan pengembangan oleh pemerintah. dan pengusaha besar. menunjukkan awal dan akhir dari program (preparation symbol). penghubung pada halaman yang sama (off page connector symbol). memberikan nilai awal pada suatu variabel atau counter (processing symbol).6 Simbol Flowchart Program Simbol Keterangan (terminal symbol). Simbol yang digunakan : Tabel 2. universitas. menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data (input/output symbol). . Flowchart Program Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu procedure pemecahan masalah. proses yang ditulis sebagai subprogram. mewakili operasi perbandingan logika (predefined process symbol). menunjukkan proses input atau output (decision symbol). penghubung pada halaman yang berbeda Arah proses 2. yaitu prosedur/fungsi (connector symbol).

kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara diamana pelakunya tidak perlu beranjak dari tempat mereka berada. teknis. internet adalah layanan on-line yang menawarkan unsur hiburan. Dalam bidang pendidikan internet menjadi sarana pembelajaran yang cepat. Internet juga berperan penting dalam dunia ekonomi dan bisnis. . yaitu : 1. baik sosial. mempermudah akademis untuk mendapatkan informasi tentang materi – materi yang relevan cukup dengan memanfaatkan search engine. Dewasa ini penggunaan internet telah merasuk hampir ke semua aspek kehidupan. Banyaknya orang yang membutuhkan informasi tentang suatu hal. 3. Waktu sebagai faktor yang sangat penting. Dengan hadirnya e-commerce. Bagi beberapa orang.Terdapat beberapa alasan mengapa internet semakin popular saat ini. Hal ini diakibatkan oleh perbedaan pandangan yang berbeda tentang internet itu sendiri bagi setiap orang. Kualitas informasi sendiri adalah sangat kompleks. sedangkan bagi yang lainnya internet bias berarti layanan on-line untuk masalah pendidikan. 4. Internet dapat menyajikan informasi lebih cepat dari pada media manapun. hiburan bahkan agama. Kelebihan sarana internet yang tidak mengenal batas geografis menjadikan internet sebagai sarana ideal untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. 2. atau bagi yang lainnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang menyediakan fungsi ekonomi bagi perusahaan baik sebagai alat pemasaran atau publikasi perusahaan bahkan untuk komunikasi. baik dari nilai informasi tersebut atau ketersediaan informasi yang dibutuhkan. ekonomi. 23 Sutanta (2005 : 538) mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada definisi yang baku tentang istilah internet. Melalui internet kita dapat mengetahui berita – berita paling aktual hanya dengan hanya dengan mengklik situs web. pendidikan. namun secara geografis sangat berjauhan untuk memperoleh informasi tersebut. dan subyek yang selalu berubah – ubah (seperti informasi fluktuasi harga) merupakan akurasi nilai informasi yang penting. Informasi dapat di share dengan pertukaran pesan antar komputer di seluruh dunia.

dan hiburan lainnya. PHP bersifat free atau gratis. Database berfungsi untuk menyimpan informasi atau data. Penggunaan program PHP memungkinkan sebuah website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Microsoft IIS. 24 Internet juga dimanfaatkan dalam bidang bidang keagamaan. MSQL. Unix. Database atau sering juga disebut basis data adalah sekumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik dan merupakan sumber informasi yang dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki program PHP : 1. PHP mampu berjalan di Linux sebagai flatform sistem operasi utama bagi PHP. seperti game. dan Microsoft SQL Server. 4. Untuk . Solaris. Informix. Disini internet menyediakan berbagai macam hiburan. Disini internet berfungsi sebagai sarana dakwah dan diskusi – diskusi keagamaan. Tingkat akses PHP lebih cepat serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi. 2. 2006). Script – script PHP yang anda buat harus tersimpan dalam sebuah server dan dieksekusi atau diproses dalam server tersebut. diantaranya MySQL. 5. phtt pd. Data yang dikirim oleh pengunjung website/komputer client akan diolah dan disimpan dalam database web server dan bias ditampilkan kembali apabila diakses. dan Xintami mampu menjalankan PHP. Beberapa server seperti Apache.12 PHP Menurut MADCOMS (2008 : 1) bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman yang bekerja dalam sebuah web server. tetapi dapat juga berjalan di Free BSD. PWS. Janner Simarmata. 3.13 Database MySQL Sistem manajemen basis data (DBMS) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan kumpulan program untuk mengakses data (Silberschatz. dan yang lainnya. Beberapa database yang sudah ada baik yang bersifat free/gratis ataupun komersial sangat mendukung akses PHP. Windows. fhtt pd. ADL Server. Selain itu internet juga dimanfaatkan dalam dunia hiburan (entertainment). Prosgre SQL. music. 2. 2.

Software database ini kini telah tersedia juga pada platform sistem operasi Windows (98/ME atau pun NT/2000/XP). praktis dan efisien. MySQL merupakan database yang digunakan oleh situs – situs terkemuka di internet untuk menyimpan datanya. 25 mengelola database diperlukan software yang sering disebut DBMS (Database Management System). MySQL merupakan database yang paling populer digunakan untuk membangun aplikasi web yang menggunakan database sebagai sumber dan pengelola datanya. hal ini dipandang tidak efisien. Kepolpuleran MySQL dimungkinkan karena kemudahannya untuk digunakan. ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang pesat. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozzila Firefox. Sejarah JavaScript dimulai sekitar tahun 1994. mengelola. terutama lingkungan Linux dengan menggunakan script PHP dan Perl. Database terdiri dari tabel yang di dalamnya terdapat field – field. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. cepat secara kinerja query. Website pada saat itu umumnya dibuat menggunakan bahasa pemograman PERL yang pemrosesannya hanya bisa dilakukan di sisi web server. baru kemudian ditampilkan lagi di dalam web browser. 2. setiap instruksi dari user harus dikirim terlebih dahulu kepada web server.14 Java Script Java Script adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language. dimana untuk server side seluruh kode program dijalankan di sisi server. Programmer web . Bahasa pemrograman Client Side berbeda dengan bahasa pemrograman Server Side seperti PHP. Sidik (2005 : 1) mengungkapkan bahwa MySQL merupakan software sistem manajemen database yang sangat popular di kalangan pemrogram web. mengontrol dan mengakses database dengan mudah. Dengan DBMS pengguna atau user dapat membuat. dan sebuah database bias terdiri dari beberapa tabel. dan mencukupi untuk kebutuhan perusahaan – perusahaan skala menengah kecil. Kelemahan pemrosesan di sisi web server adalah. Karena kecepatan rata-rata koneksi internet yang terbatas.

Netscape pada saat itu merupakan perusahaan software ternama yang memiliki web broser Netscape Navigator. Brendan Eich seorang programmer dari Netscape mulai mengembangkan sebuah bahasa pemograman script yang dinamakan Mocha. ukuran font (font sizes) dan lain-lain. Perancangan desain text dapat dilakukan dengan mendefinisikan fonts (huruf) . . fonts (huruf). margins (ukuran).15 CSS (Cascading Style Sheets) CSS berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagiamana suatu text akan tertampil di halaman web. 2. konten dan desain web akan mudah dibedakan.Dengan adanya CSS. colors (warna). Elemen-elemen seperti colors (warna) . latar belakang (background). jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu. 26 membutuhkan bahasa pemograman client-side yang bisa berjalan di web browser tanpa harus dikirim ke server. Pada tahun 1995. sizes (ukuran) dan spacing (jarak) disebut juga “styles”.