BAB I

PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala, merupakan salah satu syarat
kelulusan yang diselenggarakan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dimana
setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif di masyarakat tempat dimana Kuliah Kerja
Nyata (KKN) tersebut dilaksanakan.
KKN merupakan suatu kegiatan yang dirasa penting baik bagi mahasiswa maupun
bagi masyarakat. Bagi mahasiswa, KKN merupakan aktivitas belajar yang dilakukan lintas
keilmuan dalam menggali, menghayati dan mencari solusi masalah-masalah pembangunan
masyarakat di perkampungan. Bagi masyarakat gampong, KKN diharapkan dapat
memberikan semangat baru untuk menggerakkan pembangunan gampong.
Mahasiswa pada hakikatnya harus siap memikul tanggung jawab yang besar dalam
melaksanakan fungsi generasinya sebagai kaum muda terdidik. Mereka harus sadar akan
kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan. Karena itu, dengan sifat dan
wataknya yang kritis itu mahasiswa dan masyarakat berperan sebagai kekuatan moral atau
yang senantiasa melaksanakan fungsi kontrol sosial. Untuk itulah maka kelompok mahasiswa
harus menjadi kelompok yang bebas dari kepentingan apapun, kecuali kepentingan kebenaran
dan objektifitas demi kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan.
Universitas Syiah Kuala selaku lembaga pendidikan yang mempunyai kewajiban
melaksanakan dharma perguruan tinggi, yaitu salah satunya dengan mengadakan KKN.
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan mampu bekerja
di berbagai bidang yang bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dan dedikasi yang
tinggi pada masa yang akan datang, maka sebagai realisasi dari tuntutan kurikulum lembaga
perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Syiah Kuala yakni penyelenggara Kuliah Kerja
Nyata (KKN) bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik.
Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan
seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu warga
masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki, serta dapat menerapkan
ilmu yang telah didapat pada perkuliahan ke dalam bentuk program-program yang bertujuan
untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada lokasi KKN Tematik Gampong
Ulee Gle Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya.

1

Kemudian dari gunung tersebut mereka menjumpai beberapa orang yang ada didaerah tersebut untuk menanyakan apa nama daerah (Gampong) ini. sebagian besar mata pencaharian warga pada waktu itu petani dan berkebun. Kabupaten Pidie Jaya. Mereka yang datang dari Kewedanaan Meurah Dua Meureudu menuju arah timur dengan Kereta Api sampai distasiun Jangka Buya mereka singgah menuju Buket Teungoh (Gle Gisa Punggong) dari sana mereka menuju arah selatan gampong tersebut melalui bukit yang rendah mereka menelusuri hutan perbukitan tadi sampai ke daerah yang diberi nama Gle Bale sekarang. kemudian mereka melanjutkan perjalanan ke arah timur dengan mendaki gunung yang lebih tinggi begitu sampai di puncak mereka menghentikan pendakian karena gunung yang didaki tadi sudah pada ujung terakhir. nama tersebut ditabalkan oleh tentara kerajaan Aceh yang datang untuk mempertahankan negeri ini dari gangguan penjajah. sementara kaki gunung tadi ada di gampong Buket Teungoh Kecamatan Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya. Lama kelamaan gampong yang memiliki wilayah perbukitan ini makin hari makin banyak yang mendiami.1 Gambaran Umum Gampong Lokasi KKN 1.1.1 Sejarah Gampong Desa Gampong Ulee Gle adalah salah satu gampong dari 45 gampong yang ada dalam Kecamatan Bandar Dua. Desa Gampong Ulee Gle punya sejarah tersendiri. hutan yang sebelumnya lebat kini sudah hampir semuanya jadi pemukiman penduduk.1. Di gampong yang semakin hari semakin menggeliat maju ini sedikit demi sedikit mulai dibenahi. Kayee Adang dan Tgk. Tetapi tidak ada seorang pun yang mengetahui nama gampong yang di maksud. ada sebagian bertempat tinggal di perbukitan dan sebagiannya dibawah lereng perbukitan. lalu nama tadi yang diberikan dengan Ulee Gle (kepala gunung). menurut kisah tetua-tetua disana nama Ulee Gle diambil dari sebuah nama gunung yang ada dilingkungan gampong. Lampucok yang sekarang nama keduanya tersebut ditabalkan sebagai nama dua buah dusun. 2 . kemudian oleh pasukan tentara kerajaan memberikan nama yang sesuai dengan keadaan gunung yaitu ujung akhir dari pada gunung tersebut. gampong yang kebetulan ditengah-tengahnya ada Desa Gampong Ulee Gle sebagai pusat perbelanjaan (Kota Ulee Gle) ini mulai dibangun kedai dan pertokoan. Terbukti digampong ini dulu terjadi pertempuran melawan penjajah Belanda dengan Gugurnya dua orang Panglima perang sekaligus Ulama dengan gelar yaitu: Tgk.

Luas Dusun Tgk Lampucok yaitu 80 Ha.3 Demografi Gampong Mayoritas penduduk Gampong Ulee Gle bersuku Aceh. 2. Untuk memudahkan kelancaran kegiatan pemerintahan. Adapun batas pemisah dari gampong Ulee Gle dengan gampong lainnya dapat dilihat dari persawahan. yaitu : 1. 3. Dusun Lueng Geukueh dengan 1 kepala dusun. 3 . Luas wilayah Desa Gampong Ulee Glee yaitu 270 Ha. Gampong Meugit Kayee Panyang dibagi dalam 3 dusun.1.1. Sedangkan jarak dengan Ibukota kabupaten adalah 9 Km. Kabupaten Pidie Jaya. 1. Dusun Tgk Kayee Adang dengan 1 kepala dusun. Tgk Kayee Adang dan Lueng Geukueh. Secara geografis gampong Ulee Gle memiliki lokasi yang stategis dimana cukup dekat untuk menempuh ke pusat perbelanjaan seperti pasar Ulee Glee. Hal ini cukup memberi kenyamanan bagi masyarakat dalam hal berbelanja untuk memenuhi kebutuhan. Desa Ulee Gle memiliki 3 dusun yang terdiri dari dusun Tgk Lam Pucok. Batas gampong sebagai berikut: a) Sebelah Timur : Gampong Meuko Kuthang b) Sebelah Selatan : Gampong Meuko Dayah c) Sebelah Barat : Gampong Blang Dalam d) Sebelah Utara : Gampong Buket Tengoh Desa Gampong Ulee Gle terletak sangat dekat dengan Ibukota kecamatan yaitu dengan jarak 0.3 Km. sedikit agak jauh.2 Kondisi Umum Gampong Desa Gampong Ulee Gle merupakan salah satu gampong yang ada di Kecamatan Bandar Dua. Tugas dari kepala dusun ini adalah membantu bapak Geuchik dalam setiap kegiatan pemerintahan desa. Provinsi Aceh. Gampong Ulee Gle memiliki jumlah penduduk sebanyak 1301 jiwa dengan Laki-laki berjumalh 636 jiwa dan perempuan berjumlah 665 jiwa. dusun Tgk Kayee Adang 60 Ha dan Dusun Lueng Geukueh luasnya 130 Ha. namun setelah sekian lama gampong ini kedatangan perantau yang telah menetap dan menjadi masyarakat dari gampong tersebut seperti suku Batak dan Jawa. Dusun Tgk Lam Pucok dengan 1 kepala dusun. 1. kurang lebih memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

6 Kondisi Pemerintahan Gampong Sistem pemerintahan gampong Ulee Gle berasaskan pada pola adat/kebudayaan dan peraturan formal yang sudah bersifat sejak jaman dulu. jumlah murid perempuan 248. 1 posyandu dan 3 tempat praktek dokter. Sumber air minum Desa Gampong Ulee Gle adalah air sumur. 3 bidan dan 1 bidan desa. 12% petani. jumlah guru laki-laki 20 orang dan guru perempuan 45 orang. murid perempuan 192. 10 kelompok pertokoan dan 3 bank. 3% pengusaha. 4 . dibantu oleh sekretaris gampong dan kepala dusun masing-masing. Jumlah tenaga kerja kesehatan di Desa Gampong Ulee Gle yaitu 2 dokter. sekitar 50% masyarakat Desa Gampong Ulee Gle berprofesi sebagai pegawai swasta. 1. 1. jumlah guru laki-laki 10 dan jumlah guru perempuan 25. dan 14% lain lain. memantau kinerja dan kebijakan yang diambil oleh geuchik. jumlah guru laki-laki 17 dan jumlah guru perempuan 24. Jenis ternak yang dimiliki oleh Desa Gampong Ulee Gle yaitu sapi 15 dan kambing 37. Desa Gampong Ulee Gle memiliki 2 Masjid dan 3 meunasah. Desa Gampong Ulee Gle memiliki 1 puskesmas. murid perempuan 345. Dalam tatanan gampong tidak luput pula dari peranan imum mukim yang memiliki peran dalam tatanan pemerintahan gampong yaitu sebagai penasehat baik dalam penetapan sebuah kebijakan pemerintahan gampong dan dalam memutuskan sebuah putusan hukum adat. Desa Gampong Ulee Gle terdapat 1 Pasar umum.1.4 Keadaan Alam dan Potensi Fisik Desa Desa Gampong Ulee Gle memiliki 1 SD dengan jumlah Murid laki-laki 177.1. jumlah murid perempuan 396.1. 21% sebagai pegawai negeri sipil. Desa Gampong Ulee Gle juga memiliki 1 MIN dengan jumlah murid laki-laki 236. jumlah guru laki-laki 5 orang dan guru perempuan 25 orang. Jika dilihat dari segi ekonomi.5 Data Penduduk Jumlah penduduk Gampong Ulee Gle berdasarkan data yang telah didapat dari data gampong adalah 1301 jiwa dengan jumlah Laki-laki 636 jiwa dan perempuan 665 jiwa. 1. Tuha peut menjadi bagian lembaga penasehat gampong yang juga sangat berperan dan berwenang dalam memberi keputusan terhadap pengambilan keputusan gampong. pemerintahan gampong dipimpin oleh seorang geuchik. serta memiliki 1 MTs dengan jumlah murid laki-laki 335. serta memiliki 1 SMP dengan jumlah Murid laki-laki 343.

TALEB KADUS TGK. KAYEE ADANG KADUS LUENG GEUKUEH SULAIMAN MARZUKI ALI IRWANDI SOFYAN KETUA PEMUDA MASRUL HADI 5 . Adapun struktur pemerintahan Gampong Ulee Gle kecamatan Bandar Dua. PUCOK KADUS TGK. kabupaten Pidie Jaya adalah sebagai berikut : KEUCHIK SAFWANUDDIN RAMLI BENDAHARA SEKRETARIS DESA SYUKRI ISMAIL TARMIZI KAUR PEMERINTAHAN BUNAIYA ABD OPERATOR KOMPUTER KAUR PEMBANGUNAN HIDAYATULLAH YUSHADI YUSUF KAUR KESRA SULAIMAN A.

b. Bagi Mahasiswa a.2. Bagi Masyarakat a. Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan level Universitas Syiah Kuala ke arah yang lebih baik dan berkualitas. c. 2. 3. b. Bagi Pemerintah a. Melalui Kuliah Kerja Nyata. Melatih mahasiswa untuk bermasyarakat yang penuh dengan realitas yang terkadang tidak realistis. masyarakat dan perguruan tinggi. Membantu pemerintah desa dalam melakukan pendataan penduduk. Mahasiswa diharapkan mampu mempertegas eksistensi perguruan tinggi sebagai lembaga yang mampu melahirkan kader-kader yang mampu membawa perubahan bagi masyarakat.2 Maksud. 6 . Kehadiran mahasiswa kiranya diharapkan mampu menyelesaikan konflik secara pragmatis. c. 1. b. Melalui kegiatan ini secara tidak langsung Universitas Syiah Kuala kearah yang lebih baik dan berkualitas. Dapat memberikan perubahan-perubahan sosial ke arah yang lebih baik untuk masyarakat. c. 1. Masyarakat dapat memperoleh masukan-masukan baru terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi. b. 4. Melatih mahasiswa untuk menerapkan ilmu teoritis yang telah didapatkan di kampus. Bagi Perguruan Tinggi a.1 Maksud Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bermaksud sebagai bentuk perwujudan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa yang dapat memberikan banyak manfaat baik bagi mahasiswa. Sebagai bentuk kewajiban dalam meluluskan mata kuliah KKN. mahasiswa dapat membantu melancarkan program-program yang telah direncanakan. Manfaat dan Tujuan 1. pemerintah.

dengan adanya mahasiswa dapat meningkatkan soft skill dari masyarakat di Desa Gampong Ulee Gle. Pengkajiannya akan dilakukan setiap tahun sampai 6 (enam) tahun pertama untuk dapat disusun program jangka panjang. b. 12% petani. sehingga semua yang telah diprogramkan dapat terukur hal-hal mana yang belum dilaksanakan dan berjalan. Melatih mahasiswa dalam mengkaji kejadian-kejadian sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. dan 14% lain lain. Oleh sebab itu.2. 3% pengusaha. Mendukung dan memotivasi segala proses dan kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Menjadi seorang sarjana yang mampu menyelesaikan segala persoalan yang ada di lingkungan masyarakat. Dengan adanya mahasiswa KKN Tematik dapat mengajarkan 7 . Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat di tempat KKN. 1. Program kerja Gampong meliputi bidang fisik atau insfrastruktur. 1. 21% sebagai pegawai negeri sipil.2 Tujuan Laporan Adapun tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai berikut : 1. sosial budaya dan bidang pelayanan kesehatan.3 Program Pembanguan Gampong Yang Telah Ada Saat ini Desa Gampong Ulee Gle dipimpin oleh seorang kepala gampong (keuchik) yang bernama Safwanuddin Ramli. 2. Jika dilihat dari segi ekonomi. ekonomi. Keempat bidang ini dituangkan dalam program jangka pendek dan jangka menengah menurut skala prioritas dan tahapan. Jika dilihat tingkat pendidikan dari rata-rata masyarakat Desa Gampong Ulee Gle mengenyam pendidikan sampai tingkat SD dan SMP. Tujuan Umum a. Memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di fakultas demi kepentingan masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu hal yang terpenting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. b. c. Tujuan Khusus a. sekitar 50% masyarakat Desa Gampong Ulee Gle berprofesi sebagai pegawai swasta.

sarana yang ingin dicapai. hasil yang dicapai. manfaat Kuliah Kerja Nyata. c. maksud.dan memberikan wawasan mengenai cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Gampong Ulee Gle dan menjadikan masyarakat sejahtera. sarana dan prasarana. dan tidak lanjut serta faktor pendukung dan penghambat. tujuan Kuliah Kerja Nyata. administratif dan pemerintah gampong. 8 . kesehatan dan kebersihan lingkungan. b. tujuan. wawancara langsung serta survey lapangan. dimana data yang dikumpulkan untuk penulisan laporan ini berasal dari hasil pengamatan. Adapun sistematika penulisan laporan adalah sebagai berikut : a. d. agama. ekonomi dan sosial-budaya. produksi. BAB I PENDAHULUAN Berisi gambaran umum lokasi Kuliah Kerja Nyata. BAB IV PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran.1 Jenis Pembangunan pada gampong Ulee Gle Jenis No Sumber Dana Keterangan Pembangunan/Kegiatan 1 Kantor Geuchik Pemerintah Daerah Tidak Berfungsi 2 Mesjid Pemda dan Swadaya Berfungsi 3 Meunasah Pemerintah Daerah Berfungsi 4 Puskesmas Pemerintah Daerah Berfungsi 5 Min Ulee Gle Pemerintah Daerah Berfungsi 6 SD Negeri Bandar Dua Pemerintah Daerah Berfungsi 7 MTsN Pemerintah Daerah Berfungsi 8 SMP Negeri Bandar Dua Pemerintah Daerah Berfungsi (Sumber : wawancara dengan aparatur desa.4 Metode dan Sistematika Pembahasan Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini yaitu metode pendekatan kualitatif. Tabel 1. metode dan sistematika pembahasan. program pembangunan gampong yang telah ada. BAB II BIDANG PERMASALAHAN GAMPONG Berisi pendidikan. BAB III REALISASI KEGIATAN MAHASISWA KKN Berisi bidang kegiatan yang dipilih. dan Observasi Langsung ) 1.