NEGOSIASI

Pengertian teks negosiasi

Negosiasi adalah suatu wujud interaksi sosial yang fungsinya guna mendapatkan penyelesaian
bersama diantara pihak-pihak yang terlibat. Tujuannya untuk mengurangi atau bahkan kalai
bahkan menghilangkan perbedaan, pertentangan antar pihak. Teks negosiasi berarti maknanya
teks yang didalamnya mengandung unsur negosiasi.

Struktur teks negosiasi

Struktur teks negosiasi secara umum terbagi menjadi dua:

1. Struktur minimal : terdiri dari : pembukaan, isi, dan penutup

2. Struktur lengkap : orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian,
penutup

Ciri kebahasaan teks negosiasi

Ciri kebahasaan teks negosiasi antara lain:

1. Menggunakan bahasa yang santun

2. Terdapat ungkapan yang bersifat persuasif (mengajak, membujuk)

3. Kadang kala ada juga bahasa yang bersifat memerintah, memaksa

4. Adanya pasangan tuturan / partisipan

Tujuan Negosiasi

Adapun tujuan dilakukan negosiasi dalam hal bisnis, beberapa diantaranya untuk:

 Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan
persetujuan.
 Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
 Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win-win
solution).

Ciri Umum Teks Negosiasi

1. Menghasilkan Kesepakatan
2. Menghasilkan Keputusan yang saling menguntungkan
3. Memprioritaskan Kepentingan Bersama
4. Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian

yakni tim yang memberikan 2 sisi baik dukungan ataupun sanggahan terhadap mosi  Moderator. Unsur Unsur Debat Adapun unsur unsur dalam debat. diantaranya:  Terdapat 2 sudut pandang yaitu affirmatif (pihak yang menyetujui topik) dan negatif (pihak yang tidak menyetujui topik) . badan usaha. Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan Menurut Hendri Guntur Tarigan. Ciri Ciri Debat Adapun ciri-ciri debat. yakni tim yang setuju terdapat hal yang diperdebatkan (mosi)  Tim Negatif atau Oposisi. DEBAT Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). diantaranya:  Mosi.  Penulis. yakni orang yang memimpin dan membantu jalannya perdebatan. Proses negosiasi akan memberikan manfaat bagi perusahaan diantaranya membuat hubungan bisnis menjadi lebih luas dan pasar kebih berkembang. yakni hal atau topik yang diperdebatkan  Tim Afirmatif. Debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. 5. Sukadi. yakni orang yang menulis kesimpulan suatu debat. Mengarah pada tujuan praktis Manfaat Negosiasi Manfaat negosiasi yakni untuk menciptakan jalinan kerja sama antara institusi. maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian. Menurut G. Tujuan Debat Adapun tujuan debat yaitu:  Melatih keberanian mengemukakan pendapat  Melatih mematahkan pendapat lawan  Meningkatkan kemampuan merespon sesuatu masalah  Dan lain sebagainya. Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak. yakni tim yang tidak setuju atau menentang mosi  Tim Netral.

Debat Parlementer / Majelis ( assembly or parlementary debating ) .  Adanya proses saling mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak  Adanya adu argumentasi yang bertujuan untuk memperoleh kemenangan  Hasil debat diperoleh melalui voting atau keputusan juri  Sesi tanya jawab bersifat terbatas dan bertujuan untuk menjatuhkan pihak lawan  Adanya pihak yang berperan sebagai penengah yang biasanya dilakukan oleh moderator Tata Cara Debat Yang Baik Adapun tatacara debat yang baik yaitu:  Pertanyaan atau tantangan hendaknya dikemukakan secara professional.  Jenis-jenis Debat Berdasarkan bentuk. setiap tim menyampaikan argumentasi terhadap topik yang dimulai dari tim afirmasi. Mengetahui kelemahan dan kelebihan pihak lawan merupakan hal penting dalam strategi persiapan untuk menyangkal argumen lawan. setiap tim (baik tim afirmasi. Struktur Teks Debat Berikut ini adalah struktur debat yang baik:  Pengenalan Pada tahap pengenalan.  Batasi argumen maksimal tiga poin.  Analisis kritis.  Ketahui kesalahan umum dalam berpikir seperti kesalahan logis dan gunakan secara efektif dalam menyangkal argumen lawan. Gunakan itu sebagai kesempatan untuk menyangkal atau memojokkan lawan. Jenis – Jenis Debat.  Simpulan Pada simpulan.  3.  Debat Pada debat.dan metode-nya maka debat dapat' diklasifikasikan atas tipe-tipe atau kategori. keterampilan retorika (berbicar dan intelijensia (ability to perceive and understand ) atau Tidak Terbata-bata.  Gunakan logika dalam menyusun dan menyampaikan argumen. setiap tim memberikan ungkapan penutup terhadap pernyataan topik sesuai dengan posisinya. yaitu :  a). Tidak Menghina.  Pastikan kesahihan semua bukti eksternal yang disajikan dalam argumen. setiap tim mengomentari setiap argumentasi dari tim lain. tim oposisi dan tim netral) memperkenalkan diri  Penyampaian argumentasi Pada penyampaian argumentasi ini.  Sajikan konten atau substansi dengan akurat.  Fokus pada posisi pihak lawan atau argument lawan. Tidak merendahkan. Gunakan selalu konton (data/fakta) yang berhubungan dan mendukung pandangan. atau Berkomentar yang menyerang pribadi tidak dapat diterima. kemudian tim oposisi dan diakhiri dengan tim netral.  Kesimpulan dalam debat merupakan posisi kesimpulan final. sintetis.maksud.

jelas dan terstruktur. irama dan urutan kata. Diksi Diksi adalah kata-kata yang telah dipilih oleh seorang penyair untuk dimasukkan kedalam puisinya.yang akan menyebabkan para individu yang ditanya menunjang posisi yang hendak ditegakkan dan diperkokoh oleh sang penanya. baik unsur-unsur puisi secara fisik maupun dalam secara batin. mendengarkan pendapat yang berbeda.  Adapun maksud dan tujuan majelis ialah untuk memberi dan menambahi dukungan bagi suatu undang-undang tertentu dan semua anggota yang ingin menyatakan pandangan dan pendapatnya pun berbicara mendukung atau menentang usul tersebut setelah mendapat izin dari majelis .  b).Konvesional.Conventional.  Debat kompetitif dalam pendidikan tidak seperti debat sebenarnya di parlemen. pasti mempunyai 2 struktur. debat kompetitif tidak bertujuan untuk menghasilkan keputusan namun lebih diarahkan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tertentu di kalangan pesertanya. Debat Formal.or Educational debating )  Tujuan debat formal adalah memberi kesempatan bagi dua tim pembicara untuk mengemukakan kepada para pendengar sejumlah argument yang menunjang atau yang membantah suatu usul . dan kemampuan berbahasa asing (bila debat dilakukan dalam bahasa asing).atau Debat Pendidikan ( Formal. Sebab kata-kata yang dimasukkan kedalam sebuah puisi haruslah mengandung makna yang kemudian diserasikan dengan nada. Maka dari itu pemilihan kata dalam sebuah puisi sangatlah penting danjuga harus cermat. Setiap pihak diberi jangka waktu yang sama bagi pembicara- pembicara konstruktif dan bantahan.  c). Unsur-unsur puisi itu antara lain seperti berikut ini: STRUKTUR PUISI SECARA FISIK 1. Imaji . PUISI Unsur-unsur Puisi Dalam sebuah puisi. Debat Pemeriksaan ulangan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan terdahulu (cross-examination debating)  Adapun maksud dan tujuan perdebatan ini ialah mengajukan serangkaian pertanyaan yang satu sama lain erat berhubungan. seperti kemampuan untuk mengutarakan pendapat secara logis. 2. Kal itu disebabkan karena puisi itu suau karya sastra yang mengungkapkan banyak hal namun menggunakan sedikit kata.

mendikte. Yang bisa menunjukkan suatu keadaan.Perwajahan Puisi Perwajahan puisi adalah suatu bentuk kata dan pengaturan baris kata yang ada pada puisi. benda maupun rupa dn lainnya. Rima atau Irama Rima atau Irama adalah suatu persamaan yang ada pada bunyi sebuah puisi yang berada pada awa. Di dalam puisi gaya bahasa biasa disebut dengan majas. Sehingga bisa menimbulkan efek irama yang menonjol pada puisi. jenis kelamin. Gaya Bahasa Gaya bahasa adalah penggunaan suatu bahasa yang kemudian bisa menimbulkan banyak makna. pendengaran. dan keperibadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya. pengalaman sosiologis dan psikologis. baris. perasaan maupun sentuhan. usia. bait. penciuman. kelas sosial. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna. Pengalaman indrawinya tersebut bisa berupa pendengara. dan bentuk puisi saja. 3. Nada berhubungan dengan tema dan rasa. STRUKTUR PUISI SECARA BATIN Tema/Makna (sense). media pusi adalah bahasa. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya akan latar belakang sosial dan psikologi penyair. namun juga dari wawasan. 6. agama. Penyair dapat menyampaikan tema baik dengan nada yang menggurui. maka pusi harus memiliki makna ditipa kata. pengetahuan. kedudukan dalam masyarakat. Sehingga pendengar puisi bisa terbawa akan apayang disampaikan pada puisi tersebut. gaya bahasa.Imaji adalah susunan suatu kata yang mengungkapakan suatu pengalaman dari penyair yang sesuai pengalaman indrawinya. Kata Konkret Kata konkret adalah sebuah kata yang bisa memungkinkan untuk mendatangkan sebuah imajinasi pada ikirn atau perasaan penyair. Rasa (Feeling) yaitu sikap penyair mengenai pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. bai itu pada indra penglihatan. Nada (tone) adalah sikap penyair terdapat pembacanya. bekerja . Kedalaman pengungkapan tema dan ketetapan dalam menyikapi suatu masalah tidak tergantung dari kemampuan penyair memili kata-kata. penglihatan maupun perasaan. 5. rima. melihat serta merasakan apa yang telah dialami si penyair. Dalam sebuah imaji sendiri juga terbagi menjadi 3 bagian. dan pengetahuan. 3 bagian tersebut yaitu suara. dan sentuhan. 4. Dengan menggunakan imaji bisa membuat si pembaca seolah-olah mendengar. pengalaman. tengah maupun akhir puisi. penglihatan. seperti latar belakang pendidikan. dan makna keseluruhan.

3. bait. 2. atau pola pantun. Ciri-Ciri Puisi Baru 1. baris. menganggap bodoh dan rendah pembaca. Pengertian Puisi Baru adalah jenis puisi yang tidak lagi terikat oleh aturan yang memiliki bentuk lebih bebas dari puisi lama dalam segala hal seperti rima. diksi dan sebagainya. Tujuan Tujuan pada struktur puisi adalah puisi tersebut haruslah mempunyai amanat atau pesan kepada si pendengar. 3. Memiliki sajak yang teratur. Jenis-jenis Puisi Puisi Baru dan Puisi Lama Puisi Baru Puisi terbagi menjadi dua jenis. nada baris maupun pada keseluruhan puisi. Rasa Rasa pada struktur puisi adalah suau perasaan yang disampaikan oleh penyair. Yang memang menyangkut pada apa yang dialami si penyair tersebut yang kemudian disampaikan melalui puisi. Umumnya berbentuk empat seuntai. Disetiap gatara terdiri dari 4 sampai 5 suku kata. Amanat/tujuan maksud (intention) adalah pesan yang akan disampaikan penyair kepada pembaca yang terdapat dalam puisi tersebut. 4. dll. 6. Baik itu pada kata. 5. 4. Nada Nada pada struktur puisi adalah nada yang digunakan pada saat menyampaikan puisi tersebut haruslah saling berkaitan. 2. Bersifat simetris atau memiliki bentuk rapih. Lebih menggunakan sajak syair. Tema Tema pada struktur puisi ini adalah kandungan makna yang akan disampaikan dari dalam puisi yang disampaikan tersebut kepada pendengar. dengan nada sombong. Terdiri dari kesatuan sintaksis (gatra). menyerahkan masalah kepada pembaca.sama dengan pembaca dalam pemecahan masalah. . Struktur Puisi 1.

Jumlah kata yang terdapat pada satu baris. seorang penulis biografi harus menggunakan sumber referensi yang harus dapat dipertanggungjawabkan. Penggunaan irama. Sajak atau rima. 3. koran. maka pengertian biografi adalah sebuah tulisan yang berisi cerita berupa fakta – fakta mengenai kisah hidup seseorang yang dianggap penting atau pun berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Pengertian Teks Biografi Istilah biografi pada dasarnya berasal dari kata bios (bahasa Yunani) yang artinya makhluk hidup dan kata graphien (bahasa Yunani) yang artinya tulis. 2. rekan kerja orang yang ditulis. Biografi dapat dibagi menjadi dua macam yaitu biografi singkat dan biografi panjang. rima. dan beberapa sumber referensi lainnya. 5. Jika diartikan secara lengkap. Ciri ciri Teks Biografi  Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada toko yang diceritakan dalam bentuk narasi . Jika diartikan dari asal katanya. surat. Banyaknya suku kata. BIOGRAFI 1. 3. Jumlah baris kalimat yang terdapat dalam satu bait. maka biografi adalah tulisan yang menjelaskan mengenai riwayat hidup seseorang. Biografi singkat berisi mengenai fakta – fakta kehidupan seseorang beserta dengan peran penting yang pernah dilakukannya. Beberapa sumber referensi yang biasanya digunakan oleh seorang penulis biografi yaitu buku harian. 2. sedangkan biografi panjang berisi mengenai informasi penting yang ditulis secara lebih mendetail dengan gaya penyampaian yang baik.Puisi Lama Pengertian puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat erat dengan kaidah dan aturan-aturan penulisan yang berlaku seperti: 1. intonasi dan sebagainya. diksi. Merupakan sastra lisan karena disampaikan dan diajarkan dari mulut ke mulut. Tidak diketahui siapakah nama pengarang dari puisi tersebut. Ciri-Ciri Puisi Lama Puisi lama memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1. Dalam pembuatan biografi. kerabat tokoh yang ditulis. 4. Sangat terikat dengan kaidah dan aturan-aturan yang masih berlaku seperti gaya bahasa.

Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut. biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis. sebuah biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya. Berdasarkan jurnalistik. Biografi perjalanan karir. entah itu berupa kelebihan. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. b. sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita. berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan. penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. b. Berdasarkan isinya a. Akan tetapi. masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain. Biografi perjalanan hidup. c. Biografi intelektual. . Biografi. penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah. sehingga patut menjadi teladan  Teks biografi memiliki struktur yang jelas Jenis jenis Biografi Berdasarkan sisi penulis a. b. biografi yang penulisannya tanpa seizing dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Berdasarkan persoalan yang dibahas a. Biografi politik. persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset.  Unauthorized biography. Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya.  Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah- masalah sampai pada akhirnya sukses. Namun. berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat. biografi ini hampir sama dengan biografi politik. Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua :  Authorized biography. Autobiografi.

kata hubung itu dinamakan konjungsi intrakalimat. Kata Hubung Kata hubung adalah kata yang berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Berisi mengenai pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Berisi penjelasan suatu cerita baik itu berupa pemecahan masalah.Berdasarkan penerbit a. Buku subsidi. . jadi boleh ada maupun tidak ada. percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. proses berkarir. tetapi. kemudian. Apabila kata hubung tersebut berfungsi sebagai penyambung kata dalam sebuah kalimat. lalu. c. menyedihkan hingga mengesankan yang pernah dialami oleh tokoh hingga mengantarkannya meraih mimpi. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik. berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi. Orientasi Tahap ini adalah bagian pengenalan suatu tokoh. b. sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan. Unsur Kebahasaan Teks Biografi a. Reorentasi ini bersifat opsional semata. Struktur Teks Biografi a. penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. b. Buku sendiri. peristiwa menyenangkan. Semua kejadian tersebut diurai disini. Reorientasi Tahap ini adalah bagian penutup. Contoh : dan . Peristiwa dan Masalah Tahap ini adalah bagian kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh. cita-cita dan kesuksesan. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau. menegangkan.

tersebut. akan tetapi. kata hubung itu dinamakan konjungsi antarkalimat. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar) Mengadili. terdapat kata yang berfungsi menunjukkan peristiwa. Contoh : dia. antara lain :  Kata rujuk benda atau hal. akhiran ataupun sisipan. Kata Kerja Kata kerja atau verba adalah suatu kelompok kata yang menjelaskan sesuatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Contoh : oleh karena itu. disana.Apabila kata hubung tersebut berfungsi menyambungkan antara satu kalimat dengan kalimat lain. b. yakni berdasarkan bentuk dan berdasarkan jenis. waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh. -nya. itu.  Kata rujuk orang. meskipun demikian. Peristiwa. d. Kata kerja berimbuhan Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan. ambil. yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan. maupun sisipan. tidak hanya itu. ajak 2. baik berupa awalan. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran) . Kata rujukan dikatagorikan menjadi beberapa bagian. Contoh : disini.  Kata rujuk tempat. beliau. mereka. Rujukan Kata Rujukan kata yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata kerja dibagi menjadi dua. akhiran. Waktu dan Tempat Dalam teks biografi. Contoh : ini. Contoh : Mengambil. ia. Kata kerja dasar Kata kerja dasar adalah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya. Kata berdasarkan bentuk 1. Contoh : Adil. disitu. c.