NASKAH PUBLIKASI

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN DI
KANTOR PEMERINTAHAN DESA DUKUH BERBASIS
VISUAL BASIC 6.0 DAN BASIS DATA MYSQL DENGAN
ARSITEKTUR CLIENT-SERVER
CIVIL INFORMATION SYSTEM MAKING IN DUKUH’S
VILLAGE GOVERNMENT OFFICE BASED ON VISUAL BASIC
6.0 AND MYSQL DATABASE WITH CLIENT-SERVER
ARCHITECTURE

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Komputer

BAYU PIPIT SUGIRI
201223015

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA
UNIVERSITAS SURAKARTA
SURAKARTA
2016

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR
PEMERINTAHAN DESA DUKUH BERBASIS VISUAL BASIC 6.0 DAN
BASIS DATA MYSQL DENGAN ARSITEKTUR CLIENT-SERVER
CIVIL INFORMATION SYSTEM MAKING IN DUKUH’S VILLAGE
GOVERNMENT OFFICE BASED ON VISUAL BASIC 6.0 AND MYSQL
DATABASE WITH CLIENT-SERVER ARCHITECTURE
Bayu Pipit Sugiri1), Budi Nugroho2), Cicilia Puji Rahayu3)
1)
Mahasiswa Sistem Komputer Universitas Surakarta
cahsolo_etan@yahoo.co.id
2)
Teknik Elektro Akademi Teknologi Warga
binug.electronics@gmail.com
3)
Sistem Komputer Universitas Surakarta
cicilia_puji@ymail.com

ABSTRAKSI

Kantor pemerintahan desa memiliki berbagai peranan yang fital dalam pengolahan data
pemerintahan seperti data kependudukan. Pengolahan data di Kantor Pemerintahan Desa Dukuh
masih menggunakan sistem yang semi manual sehingga kurangnya efisiensi waktu dalam
pelayanan dan pelaporan. Permasalahan tersebut momotivasi penulis untuk membuat sistem
informasi kependudukan yang dapat mengolah data penduduk, keluarga, kelahiran, kematian,
pindah datang, pindah keluar, surat pengantar dan surat nikah. Sistem ini diharapkan dapat
menunjang kinerja perangkat desa dalam pelayanan, pengolahan dan pelaporan data penduduk.
Sistem informasi kependudukan desa ini dibangun menggunakan program development
visual basic 6.0, basis data MySQL dan Crystal Report 8.5 sebagai perancangan laporan serta
menggunakan arsitektur jaringan client-server. Pembuatan diawali dari perancangan Database dan
perancangan output kemudian dilanjutkan pembuatan tampilan dan pembuatan kode program.
Sistem informasi kependudukan yang dibuat dapat mempercepat proses pelayanan surat
kependuduk dan pengelolaan data penduduk serta mempermudah dalam penyajian laporan data
penduduk ke dinas terkait. Sistem ini juga digunakan untuk import-export data penduduk dari dan
ke-dalam file excel serta dapat menujang kinerja dari perangkat desa khususnya sekretaris desa dan
kaur umum.

Kata Kunci : Sistem informasi Kependudukan, Visual Basic 6.0, MySQL, Crystal Report
8.5, Client Server, Desa.

ABSTRACT

Village government office has a vital role in various data processing such as population
data. Data processing in Dukuh's Village Government Office still uses semi-manual system so the
lack of time efficiency in services and reporting. These problems motivating the author to make a
population information system that can process data on population, family, birth, death, move
came, moved out, a letter of introduction and marriage. This system is expected to support the
performance of village officials in service, processing and reporting of population data.
The village population information system is created using Visual Basic 6.0 development
program, the MySQL Database and Crystal Report 8.5 as a reports design as well as using client-
server network architecture. Making of started of Database design and output design then
continued making the display and program coding.
Population information system created can accelerate the population letter service and
population data management as well as facilitate the presentation of population data reports to
the authorities. This system is also used for the import-export population data from and into the

Page | 1

Fungsi kantor desa antara bekerja secara optimal.0. Client Server.1 Latar Belakang telah menggunakan sebuah sistem Kantor pemerintahan desa informasi yang dibantukan dari merupakan suatu instansi yang pemerintah pusat. MySQL. Word dan Microsoft Excel. ditentukan saat ini. Sehingga sistem Pengelolaan informasi kependudukan tersebut tidak lagi digunakan. PENDAHULUAN Kantor Desa Dukuh sebelumnya A. Format lain untuk menyajikan informasi laporan dari sistem banyak yang kependudukan. kematian. Hal dalam pengambilan suatu keputusan. tersebut mengakibatkan kurangnya juga digunakan sebagai laporan efisien dan efektifitas dalam kepada instansi yang terkait yaitu pengelolaan data kependudukan.0 dan basis pengelolaan data serta dapat data MySQL dengan arsitektur memberikan efisiensi dan efektifitas client-server. sistem semi manual yaitu Microsoft surat keterangan dan surat pengantar. diharapkan mampu membantu pekerjaan perangkat desa dalam Page | 2 . informasi keuangan tidak sesuai dengan format yang dan informasi pembangunan desa. di tingkat desa meliputi berbagai hal Sementara ini untuk menunjang diantaranya pengelolaan data berbagai pekerjaan dalam penduduk. Sistem informasi ini kerja dari perangkat desa. kantor kecamatan. Village A. Visual Basic 6. pengelolaan data memanfaatkan pindak keluar. Sistem Informasi kependudukan desa tersebut masih memiliki kelemahan.excel file and can support the performance of the village officials exclusively village secretary and general kaur. keluarga. Civil. kelahiran. Keywords : Information System. Mengingat hal Berdasarkan uraian tersebut tersebut di kantor pemerintahan desa penulis termotifasi untuk membuat dibutuhkan sebuah sistem informasi sistem informasi kependudukan yang mampu mempermudah dalam berbasis visual basic 6. akan tetapi sistem memiliki berbagai fungsi dan informasi tersebut sudah tidak dapat wewenang. pindah datang. selain digunakan sebagai mengingat input data harus dilakukan pengontrolan atau acuan kepala desa untuk setiap pendataan kegiatan.

0 dengan basis data Menurut Peraturan Daerah MySQL yang dirancang Kabupaten Karanganyar Nomor 1 menggunakan software tahun 2011 Pasal 1 Ayat 13 Xampp phpMyadmin. Pendataan kependudukan B. dan prosedur kerja). pindak keluar. dan akurat.1 Sitem Informasi penduduk. menerangkan “data kependudukan 3.” Basic 6. Penelitian dilakukan di adalah data perseorangan dan / atau Kantor Pemerintahan Desa data agreat yang terstruktur sebagai Dukuh. LANDASAN TEORI yang meliputi pendataan B. A. surat sejumlah komponen (manusia.0 dan basis Manfaat yang dapat diambil dari data MySQL dengan arsitektur skripsi ini diharapkan mampu client-server? membantu proses pengelolaan data kependudukan yang lebih mudah.4 Tujuan Penelitian A. kematian.penyajian informasi yang lebih Ngargoyoso. Bagaimanakah tahapan membuat sistem informasi kependudukan A. Kabupaten efektif dan efisien. Desa Dukuh secara komputerisasi. pindah Menurut Abdul Kadir (2003) datang. teknologi informasi. Sistem dibuat menggunakan informasi). A. Pada pembahasan ini dibatasi pada : 1. Karanganyar. keluarga.2 Rumusan Masalah Tujuan penelitian ini adalah Berdasarkan latar belakang yang untuk mempermudah proses diuraikan di atas. “sistem informasi mencakup kelahiran.5 Manfaat Penelitian berbasis visual basic 6. dapat diproses (data menjadi 2. dapat diangkat pengelolaan data kependudukan di rumusan masalah sebagai berikut.3 Batasan Masalah cepat. Kecamatan hasil kegiatan pendaftaran penduduk Page | 3 . dan dimaksudkan untuk program development Visual mencapai suatu sasaran atau tujuan. ada sesuatu yang pengantar. keterangan dan surat komputer.

pernikahan atau perkawinan hardware. Sistem “Kematian adalah tidak adanya informasi yang dibuat haruslah secara permanen seluruh kehidupan mampu mempermudah dalam pada saat manapun setelah kelahiran pengelolaan data kependudukan serta hidup terjadi” (Peraturan Daerah dapat memberikan efisiensi dan Kabupaten Karanganyar Nomor 1 efektifitas kerja dari perangkat desa. selanjutnya disingkat menyatakan bahwa komputer adalah SIAK. bayi dari ibuya yang ditandai setelah Hardware atau istiah lain pemisahan tersebut bayi menunjukan perangkat keras merupakan piranti bukti-bukti kehidupan”(Peraturan komputer yang dapat dilihat dengan Daerah Kabupaten Karanganyar langsung oleh mata berfungsi untuk Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 1 Ayat menjembatani perangkat lunak 26).2 Teori Komputer Pasal 1 Ayat 21 menerangkan bahwa Dalam Jogiyanto Hartono “sistem informasi administrasi (2004) Donald H. Menurut UU No. yang masing-masing saling “Kelahiran adalah pristiwa mendukung guna pengolahan suatu kemunculan atau pemisahan lengkap data. pindah beberapa bagian antara lain keluar. pindah datang. Software.” menghasilkan output dibawah Sistem informasi kependudukan pengawasan suatu langkah-langkah haruslah mampu mengolah berbagai instruksi-instuksi program yang peristiwa penting yang terjadi pada tersimpan di memori (stored penduduk seperti kelahiran. dengan pengguna. program). dan pelaksana sebagai satu kesatuan. Perangkat keras Page | 4 . Komputer terdiri dari kemaatian. adalah sistem informasi sistem elektronik untuk yang memanfaatkan teknologi memanipulasi data yang cepat dan informasi dan komunikasi untuk tepat serta dirancang dan memfasilitasi pengelolaan informasi diorganisasikan supaya secara administrasi kependudukan di otomatis menerima dan menyimpan tingkat penyelenggara dan instansi data input.23 Tahun 2006 B. Sanders kependudukan. dan brainware dan pecatatan sipil yang lainya.dan pencatatan sipil”. Tahun 2011 Pasal 1 Ayat 30). memprosesnya.

dan komponen output. Flasdisk. Gambar 1. Beberapa contoh dari ditentukan padanya. Peralatan proses dari dalam mikroprosesor. atau yang juga komponen penyimpanan antara lain disebut dengan dengan istilah Hardisk. RAM. Perangkat lunak atau software kebalikan dari hardware merupakan semua bagian non-fisik dari perangkat komputer yang bertugas mengatur tugas dari keseluruhan proses pada komputer serta menjembatani komunikasi Gambar 2. dan ROM instruction set. pengguna mengeluarkan data dari Peralatan proses terdiri dari dalam komputer. Prosessor Komponen Penyimpanan merupakan perangkat komputer yang Gambar 3. atau bisa juga beberapa komponen perangkat keras disebut sebagai unit luar yang komputer yang saling berhubungan digunakan untuk menampilkan data satu sama lain. dan speaker. komponen yang memungkinkan user atau penyimpanan.terdiri dari berbagai komponen Komponen keluaran merupakan diantaranya komponen pemprosesan. merupakan komponen piranti keras komponen input. komponen keluaran antara lain : Prosessor. dan Power Suplay. Monitor Komputer digunakan untuk menyimpan data Hardware dapat bekerja baik di dalam maupun diluar puranti berdasarkan perintah yang telah komputer. Contoh tersebut diantaranya:Motherboard. Monitor. Printer. Hardisk antara perangat keras satu dengan Page | 5 .

Page | 6 . Sistem Database memiliki Database MySQL empat komponen penting yakni data. Apabila sudah ter- multithreaded. dan user” (Ema menggunakan phpMySQL pada web Utami dan Sukrisno 2005). Database sever yang mampu menampung sampai ratusan giga record. Perangkat Dalam pembuatan database lunak dikategorikan ke dalam tiga MySQL ada berbagai program bagian yaitu sistem operasi aplikasi yang datat digunakan salah (Operating System). Database MySQL di akses hardware.perangkat keras yang lain. dan aplikasi seperti ditunjukan dalam Gambar 4 (Application Software). bahasa satunya adalah Xampp phpmyadmin (Language Software).3 Teori MySQL Menurut MADCOMS (2002) “Database merupakan kumpulan data/informasi yang diorganisasikan dan saling berhubungan” Sedangkan “System Database adalah sistem komputer yang digunakan untuk Gambar 4. software. browser yang support dengan php Mohammad Sadeli (2013) seperti Google Chrome dan Mozilla mengatakan bahwa “MySQL adalah FireFox Sebelum pembuatan Database yang menghubungkan database pada web browser script php menggunakan perintah dilakukan pada Personal Computer query dan escaps character yang (PC) atau leptop terlebih dahulu telah sama dengan php”. Tampilan Manajemen menyimpan dan mengelola data tersebut. multi-user. B. install selanjutnya jalankan program SQL(Structured Query Language) tersebut kemudian klik start pada Relational Database Server modul apache dan MySQL seperti (RDBMS). MySQL merupakan pada Gambar 5. MySQL juga di ter-install program Xampp artikan sebagai sebuah phpmyadmin.

Tampilan Awal Visual BASIC (Beginners All Purpose Basic 6. Database B. Tampilan Create terlihat seperti pada Gambar 7. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung Object Oriented Gambar 5.0 Gambar 6.2003). konstanta.4 Teori Visual Basic 6. kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface. klik tab database kemudian isikan variabel.0 Syimbolic Instruction Code) Page | 7 . create seperti pada Gambar 6. Kata “Basic” merupakan bagian bahasa Gambar 7.0 Kata “Visual” menunjukan cara yang digunakan untuk membuat graphical user interface (GUI). dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Jadi Visual Basic merupakan program development yang pembuatanya menggunakan metode GUI dan bahasa BASIC. dan nama database pada textbox dan klik operator. Tampilan Xampp Programming (OOP). Pada pemrograman visual. (Wahana komputer . form. method. Tampilan awal visual basic 6. jenis data. pengembangan aplikasi diawali dengan pembuatan user interface. Object Control Panel Oriented Programming terdiri dari Untuk membuat database baru beberapa komponen antara lain proses yang dilakukan dengan cara properties. event.

Toolbar muncul tampilan utama Visual Toolbar digunakan untuk BASIC 6. menu bar. Query. Window dan Help. Page | 8 . form designer. tool box. Tools.0 seperti pada Gambar 8. Terdiri dari menu teks atau angka pada text box. Pada Gambar 8 menunjukan halaman dari visual basic 6. b. properties windows. Text box Debug. project windows. Run. Komponen diatas memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing diantaranya : Gambar 10. Toolbox Toolbox merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain Gambar 8. code windows. Tampilan Toolbar 3. Edit. Bagian Utama IDE tampilan program aplikasi yang Visual Basic 6.0 dari gambar tersebut terdapat beberapa komponen diantaranya title bar. Add-Ins. Gambar 9. dan form layout windows.Project. Diagram. mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat. File. Label Menu Bar terdapat daftar menu Label digunakan untuk yang berisi daftar perintah-perintah menambahkan teks pada saat yang dapat digunakan saat bekerja perancangan dengan mengetikkan pada Visual Basic. Tampilan Toolbox 1. Tahapan selanjutnya akan 2. View. Format. Menu Bar a.0 akan dibuat.

Exploler e. Command Button 4. Tampilan Project yang tersedia. c. User dapat memilih satu Gambar 12. g. Property merupakan yang tersedia. Property Window untuk mendapatkan masukan dari Property window digunakan user berupa pilihan dari item-item untuk mengatur properti dari yang tersedia. List Box List box digunakan untuk menampilkan daftar pilihan bagi user. Tampilan Property pilihan dari daftar pilihan yang Windows tersedia. Option Button Option button digunakan 5. Check Box Check box digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User hanya dapat komponen-komponen yang sedang memilih satu dari beberapa pilihan diaktifkan. Page | 9 . User dapat memilih satu. Untuk memilih item user dapat mengetikkan pilihan atau memilih dari daftar yang tersedia. yang sedang aktif. karakteristik dari sebuah objek. Combo Box Combo box digunakan untuk menampilkan pilihan item-item. Project Explorer Command button digunakan Menampilkan daftar form dan untuk menambahkan tombol pada module yang ada dalam project perancangan form. d. Text box digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan input data dari user (pengguna). f. beberapa atau mungkin semua item Gamabar 11.

Dengan Form designer merupakan pemrograman Database kita dapat jendela yang digunakan untuk secara leluasa mengatur tampilan dan melakukan perancangan tampilan alur kerja sebuah Database dengan dari aplikasi yang akan dibuat.5 Teori Crystal Report Gambar 13. 12. 13. dan sebagainya. dan Page | 10 . Tampilan Code program lain. Crystal reports memiliki fasilitas import hasil laporan yang mendukung format-format paket Gambar 14. dan Pemrograman Database HTML. 10. Code Window terpisah dari program Microsoft Code window merupakan Visual Basic tetapi keduanya dapat jendela yang digunakan untuk dihubungkan (linkagge)". Crystal menuliskan code program. Visual Basic dapat dihubungkan dengan program aplikasi pengolah data lain seperti Access. Adobe Acrobat Reader. Visual C/C++. 11. (Database Programming) merupakan Crystal report memiliki berbagai suatu bentuk pemrograman alternatif versi dari 8. Form Designer untuk pengolahan Database. dan Borland Delphi.5. Reports dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman berbasis Windows. Tampilan Form Menurut MADCOMS (2002) Designer "Crystal repots merupakan program khusus untuk membuat laporan yang 7. B.6. seperti Visual Basic. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang telah mendukung pemrograman Database. seperti Microsoft Windows Office. lebih baik. Visual Interdev. MySQL.

hardisk. Tampilan Desain Crystal Report 8.13.5 yang paling Setelah proses koneksi selesai popular digunakan saat ini dan untuk dilanjutkan dengan proses disain tampilan awal dari Crystal report 8. Tampilan Pemilihan (2003).5 Gambar 15. penggunaan bersama perangkat keras seperti printer.6 Teori Jaringan Komputer Crystal Report 8. komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi. Terdapat beberapa tipe Koneksi Database Page | 11 .5. dan sebagainya” Wahana Komuter Gambar 16. program-program. “Jaringan Gambar 16. Gambar 17. Tampilan Awal B.5 tampilan laporan seperti pada seperti pada Gambar 15. Crystal report 8.5 Menurut Zaenal Arifin (2005) “ Sebuah jaringan komputer paling Tahapan selanjutnya adalah sedikit terdiri dari dua komputer koneksi crystal report dengan yang saling terhubung dengan sebuah database ada berbagai metode media sehingga komputer-komputer koneksi database diantaranya ODBC tersebut dapat saling berbagi resource dan database file seperti pada dan saling berkomunikasi”. Gambar 17.

kantor. Sekema Jaringan WAN Metropolitan Area Network Selain tipe jaringan berdasarkan (MAN) adalah jaringan komputer rentang atau ukuran. bahkan antar Server Network Negara. jaringan terdapat komponen- Page | 12 . hingga jaringan kampus universitas adalah Gambar 19. Sekema Jaringan LAN 2. Sekema Jaringan Man contoh dari sebuah LAN. jaringan yang mencakup beberapa blok dalam komputer juga dibagi berdasarkan sebuah kota hingga seluruh kota itu jenis.jaringan berdasarkan rentang atau ukuran jaringan yaitu: Bandung 1. Metropolitan Area Network Jakarta Bandung Branch Office Headquarter (MAN) Gambar 20. Jaringan Lembong Branch Office pada sebuah rumah. daerah. Local Area Network (LAN) Internet Local Area Network (LAN) Director’s adalah jaringan komputer yang House Dago memiliki rentang atau meliputi suatu Branch Office area yang kecil seperti satu ruangan Japati Headquarter hingga beberapa gedung. Director’s House Internet Bandung Branch Office Gambar 18. Wide Area Network (WAN) Finance Department Wide Area Network (WAN) Network R&D Network adalah jaringan komputer yang mencakup daerah yang luas seperti antar kota. 3. Sebelum menguraikan jenis sendiri.

Jaringan Gambar 22. Jaringan Dengan dengan topologi ring terlihat seperti Topologi Bus pada Gambar 21. . bus tabrakan (collision) dapat terjadi Jaringan komputer juga ketika ada lebih dari satu komputer memiliki beberapa topologi dan yang mencoba mengirimkan data pengkabelan. Topologi ring Topologi ring memanfaatkan kurva tertutup. yaitu client yang menyediakan sumber data untuk dibagi kepada Gambar 21. 1.komponen jaringan Pertama adalah client. Jaringan bangun. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan kabel fiber optic sebagai saranan transmisi. yaitu menyediakan terkoneksi melalui sebuah jalur sumber data untuk digunakan oleh komunikasi tunggal yang dipakai client tetapi tidak memakai sumber bersama. Topologi bus lain (peer to peer). Page | 13 . Ketiga peran Sebuah jaringan komputer yang sebagai server. Berikut ini ada beberapa dengan topologi bus terlihat seperti topologi jaringan pada Gambar 22. Jenis topologi akan pada saat yang bersamaan sehingga mempengaruhi jenis kabel yang diperlukan suatu metode untuk digunakan begitu juga sebaliknya. Peran kedua adalah sebagai peer. Peran client ini hanya sebagai pengguna saja tidak menyediakan sumber data (sharing) dan informasi. artinya informasi dan data serta traffic disalurkan sedemikian rupa kepada masing- masing node. menangani situasi collision atau ketersediaan kabel akan menghindarinya. Pada jaringan bertopologi data yang disediakan oleh client. Jaringan Dengan client lain sekaligus memakai sumber Topologi Ring data yang tersedia pada client yang 2. Pada topologi ini mempengaruhi jaringan yang akan di menggunakan kabel coaxial.

dan hanya dapat mengirim dan menerima Flowchart administrasi data melalui suatu simpul tertentu. pada topologi tree kemudahan untuk menambah. serta masalah yang Page | 14 . seseorang dengan mudah membuat sebuah sistem jaringan. terdapat komputer-komputer yang prosedur yang berjalan. fungsi simpul pusat pendistribusi mengurangi atau mendeteksi data disebar ke beberapa simpul kerusakan jaringan yang ada. permasalahan panjang kabel yang tree terlihat pada Gambar 24.3. kependudukan. PEMBAHASAN Topologi Star C. Topologi tree Analisa terhadap sistem yang Jaringan dengan topologi tree sedang berjalan menjelaskan hasil (pohon) terdapat beberapa buah pengamatan terhadap sistem nyata jaringan bertopologi star yang yang berjalan pada Kantor bergabung dalam sebuah susunan Pemerintahan Desa Dukuh. analisa yang memiliki hirarki sehingga ini meliputi dokumen yang ada.1 Analisa sistem yang sedang berjalan 4. harus sesuai (matching) juga tidak menjadi suatu yang penting lagi. ` Topologi star Berbeda dengan topologi star di Topologi jaringan ini banyak mana hanya ada satu simpul pusat digunakan di berbagai tempat. Simpul akar Simpul Topologi ini menggunakan kabel pendistribusi UTP dan connector RJ-45. Jaringan dengan topologi star terlihat seperti pada Simpul daun Gambar 23. Jaringan Dengan Topologi Tree Gambar 23. karena pendistribusi data. Gambar 24. Jaringan Dengan C. Jaringan dengan topologi itu. Selain lainnya.

Flowchart prosedur dan kelebihan dari sistem kematian tersebut dapat diketahui.29. formulir pelaporan Umum membuatkan surat kelahiran.ada sehingga dapat dilakukan a. Kepala kartu keluarga model DK-1. Flowchart bagaimana cara kerja dari sistem Administrasi Surat Kelahiran tersebut. KAUR Umum untuk diberikan laporan kepindahan. Desa menandatangani surat surat pengantar pindah. Analisis prosedur ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas Gambar 25. laporan kelahiran. Jika berkas telah surat keterangan kelahiranF. Analisa dokumen sistem yang Proses pengurusan surat berjalan merupakan analisa kelahiran dari desa diawali terkait dokumen yang digunakan dengan membawa surat dalam proses penolahan data kalahiran dari bidan atau rumah kependudukan di Kantor sakit dan pengantar RT Pemerintahan Desa Dukuh. surat kelahiran 1. surat keterangan kelahiran F-201 sesuai dengan kematian F-2. laporan diserahkan kembali kepada kematian. Analisis prosedur yang berjalan memberikan gambaran umum tentang sistem kependudukan yang digunakan. formulir isian formulir yang tersedia. Page | 15 . surat pengantar arsip. laporan kepada pemohon dan sebagai kedatangan. KAUR Umum Dokumen yang digunakan kemudian mengecek berkas dalam pengolahan data kelahiran yang diserahkan oleh penduduk di Desa Dukuh adalah pemohon. laporan kelahiran yang telah dibuat dan penduduk bulanan. 2. lengkap dan sesuai maka KAUR 201. setempat. Flowchart administrasi evaluasi terhadap sistem tersebut. surat keterangan dan surat pengantar. nikah. sehingga kelemahan b.

Flowchart Administrasi Keterangan Pindah Administrasi Surat Kematian d. Gambar 27. Jika formulir surat pindah tempat berkas telah lengkap dan sesuai yang tersedia. kembali kepada KAUR Umum untuk diberikan kepada pemohon dan sebagai arsip. tempat yang telah dibuat dan 2. pindah dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Page | 16 . Flowchart prosedur administrasi penduduk penduduk pindah datang Proses pengurusan surat Proses pengurusan pindah dari desa diawali dengan penduduk datang dari desa atau membawa surat pengantar RT kelurahan lain diawali dengan setempat dan foto copy kartu membawa surat keterangan keluarga alamat tujuan pindah. Kepala Desa KAUR Umum untuk diberikan menandatangani surat kematian kepada pemohon dan sebagai yang telah dibuat dan diserahkan arsip. Kepala Desa maka KAUR Umum menandatangani surat pindah membuatkan surat kematian F. KAUR maka KAUR Umum Umum kemudian mengecek membuatkan surat keterangan berkas kematian yang pindah tempat sesuai dengan diserahkan oleh pemohon. Flowchart prosedur c. Jika kematian dari rumah sakit atau berkas telah lengkap dan sesuai pengantar RT setempat. Flowchart Gambar 26. Proses pengurusan surat KAUR Umum kemudian kematian dari desa diawali mengecek berkas pindah yang dengan membawa surat diserahkan oleh pemohon.29 sesuai dengan formulir diserahkan kembali kepada yang tersedia.

Jika membuatkan surat keterangan berkas telah lengkap dan sesuai pembuatan kartu keluarga baru maka KAUR Umum membuatkan atau perubahan kartu keluarga surat keterangan atau pengantar jika pemohon bermaksud untuk sesuai dengan diperlukan. dan keterangan datang serta rekapan dari data Proses pengurusan surat tersebut. dan diserahkan kembali kepada KAUR Umum untuk diberikan kepada pemohon dan sebagai arsip. pindah . Jika Umum kemudian mengecek berkas telah lengkap dan sesuai berkas pengantar RT yang maka KAUR Umum diserahkan oleh pemohon. mati. Gambar 29. Kepala bergabung kepada keluarga Desa menandatangani surat yang sudah terdaftar keterangaan atau pengantar yang sebelumnya. Prosedur pembuatan pengantar dan keterangan dari Page | 17 . KAUR Umum surat keterangan Rukun Tangga kemudian mengecek berkas (RT) setempat dan diberikan kedatangan penduduk yang kepada KAUR Umum. Flowchart administrasi laporan data kependudukan Gambar 28. Kepala Desa dimohon dan diserahkan kembali menandatangani surat kepada KAUR Umum untuk keterangaan atau pengantar diberikan kepada pemohon dan perubahan KK yang telah dibuat sebagai arsip. Flowchart surat peranngantar dan data lahir. Sipil dan diberikan kepada desa dilakukan dengan membawa KAUR Umum. Flowchart Administrasi Pengantar dan Keterangan f. Flowchart Proses pelaporan data Administrasi Penduduk Datang kependudukan meliputi laporan e. KAUR diserahkan oleh pemohon.

dijelaskan dalam Tabel 1. Diagram Konteks dirumuskan dengan : Sistem Yang Berjalan jumlah penduduk bulan ini = jumlah penduduk bulan lalu+ Dari uraian Flochart dan jumlah penduduk lahir + jumlah diagram koneks diatas. Menghitung jumlah data lahir.2 Diagram konteks sistem yang 4 Terjadinya duplikasi data kependudukan yang berbasis yang tersimpan antar kompuer cilent server berjalan Diagram konteks adalah C. dan datang untuk mencari jumlah penduduk bulan ini. pindah . induk untuk dijadikan jumlahan penduduk bulan lalu. Sistem informasi yang Page | 18 .3 Analisa sistem yang dibuat diagram arus data yang berfungsi Analisis umum sistem yang untuk menggambarkan keterkaitan dibuat ini menjelaskan tentang aliran-aliran data antara sistem kebutuhan sistem yang akan dengan bagian-again luar sistem. maka penulis penduduk datang-jumlah dapat menarik beberapa penduduk mati-jumlah penduduk permasalahan yang terjadi. laporan diawali dengan Adapun diagram konteks yang dibuat menghitung penduduk pada buku di tunjukan pada Gambar 31. dibangun pada kantor Pemerintahan Desa Dukuh. Tabel 1 Evaluasi Sistem Yang Sedang Berjalan No Permasalahan Rencana Pemecahan dibuatkan sistem informasi Proses yang dilakukan bersifat kependudukan 1 manual sehingga memerlukan bayak waktu dalam melakukan setiap pekerjaan sulitnya pecarian dan dibuatkan basis data yang Gambar 30. Flowchart 2 pengelompokan data mampu menyimpan data penduduk penduduk Administrasi Laporan Data Sering terjadinya dibuatkan id otomatis dari Kependudukan 3 penggandaan Id atau nomor sistem surat dibuatkan sistem informasi C. mati. Jumlah peduduk bulan ini dapat Gambar 31. seperti pindah.

Dengan adanya arsitektur sistem. Kantor Pemerintahan Desa Dukuh. Pembuatan sistem dibuat dimana perbedaan antara informasi kependudukan dirancang proses yang berjalan dan proses yang user friendly sehingga Page | 19 . C. Perangkat teknologi dilakukan pelatihan terlebih dahulu berupa hardware dan software yang sehingga akan memudahkan user sebagian besar sudah tersedia di untuk mengopersasikannya. memerlukan operator dengan 1.5. yaitu Tahapan ini penulis akan XAMPP for Windows dan Crystal menjelaskan tentang sistem yang Report 8. Sistem informasi mengenai layak atau tidak suatu kependudukan ini juga tidak sistemseperti dijelaskan berikut ini.4 Perancangan sistem yang hanya kurang beberapa software dibuat yang belum terpasang. Kantor Pemerintahan Desa Dukuh. 2. Dari analisis yang telah dilakukan Secara fungsional sistem tersebut tidak ditemukan hambatan- haruslah mampu menyajikan hambatan berarti dalam informasi yang relevan untuk menerapkan sistem yang dibuat laporan data kependudukan di dikatakan layak. tepat dan yang dibuat ada beberapa hal akurat. serta perangkat sistem kependudukan yang dibuat manusia (brainware). perangkat lunak Dukuh dibidang administrasi (software). memenuhi kebutuhan pemakainya. informasi yang dibutuhkan akan Dalam pengembangan sistem didapatkan dengan cepat. keamanan dan kependudukan. Kelayakan operasional Kebutuhan nonfungsional Sistem informasi yang dibuat meliputi kebutuhan teknologi sebuah harus bisa menyelesaikan masalah- sistem informasi berbasis komputer masalah yang dialami petugas yang yang terdiri dari perangkat keras ada di Kantor Pemerintahan Desa (hardware). Kelayakan teknis keahlian khusus untuk Kelayakan teknis berkaitan mengoperasikannya karena sistem dengan kebutuhan sistem yang telah dirancang untuk mudah disusun dari aspek teknologi yang dioperasikan.baik harus dapat menganalisa dan mempermudah pengoperasiannya. Selain itu akan digunakan.

Proses sistem yang berjalan penyimpanan. terkomputerisasi dan menggunakan Perubahan lainnya adalah telah basis data serta menjadi ter-integrasi digunakannya basis data yang berada antara bagian satu dengan lainnya. Perancangan proses dapat client server. maka proses input data sistem yang dibuat dilakukan secara tidak terulang pada setiap kegiatan. terjadi perubahan pada bagian proses dan Gambar 32.dibuat. dilihat seperti Gambar 32. dimana dengan adanya dilakukan secara manual sedangkan basis data. pada satu server sehingga Tujuan dari perancangan sistem yang meminimalkan kesalahan dari dibuat adalah untuk mengatasi duplikasi data. Perancangan proses permasalahan yang terjadi pada digunakan untuk menjelaskan proses sistem yang sedang berjalan dengan pengolahan data dari sistem cara merancang sistem informasi informasi kependudukan yang akan kependudukan dengan arsitektur dibuat. Pada sistem yang dibuat. Perancangan Proses Sistem Yang Dibuat Page | 20 .

tipe pengolahan data penduduk.1. Perancangan output Perancangan output merupakan perancangan laporan Keterangan yang dihasilkan dari pengolahan data Nama Tabel : tb_penduduk pada sistem informasi kependudukan Primery Key : NIK yang dibuat. user berinteraksi dengan program. Perancangan interface output dari proses pengolahan data Perancangan interface pindah. Tabel 2 Tabel Penduduk Gambar 33. dan mati. field. Perancangan basis data Rancangan halaman menejemen Perancangan basis data penduduk digunakan untuk menguraikan tentang tabel. Tabel yang digunakan dalam sistem informasi kependudukan yang dibuat seperti pada Tabel 2. Rancangan laporan penduduk bulanan merupakan hasil 2. Rancangan halaman menejemen penduduk 3. yang dibuat. merupakan suatu bentuk rancangan Rancangan laporan penduduk dari tampilan yang digunakan untuk bulanan seperti pada Gambar 34. lahir. datang. data dan primery key yang digunakan Rancangan halaman menejemen oleh sistem informasi keendudukan penduduk seperti pada Gambar 33. Page | 21 .

Rancangan Aritektur menggunakan media transmisi tanpa Jaringan kabel atau wireless karena pada 5. Perancangan jaringan Perancangan arsitektur jaringan pada sistem informasi kependudukan yang dibuat dilakukan untuk menentukan tipe jaringan dan media transmisi data. tampilan program agar user dapat Arsitektur jaringan pada sistem mengenal program aplikasi serta informasi kependudukan yang dibuat uatuk petunjuk bagi user dalam terlihat seperti ada Gambar 35. Page | 22 . Manual program jaringan wireless jaringan komputer Manual program merupakan lebih efisient dan fleksibel. pengoprasian sistem yang dibuat. Gambar 34. Rancangan Laporan Penduduk Bulanan 4. Sistem informasi kependudukan ini dirancang Gambar 35. Pada sistem informasi kependudukan yang dibuat penulis menggunakan tipe jaringan client- server karena dianggap lebih cocok untuk mengatasi permasalahan duplikasi data.

Panels(2) = rs!UserName F_menu.EOF Then MsgBox "Maaf Userid dan Paassword Anda Salah !!!. vbInformation. menu log in yang memeberikan perintah masuk dan pemberian hak akses akan diuraikan pada Tabel 3.". KonekDb. Menu Utama pengolahan data kependudukan.SetFocus Perintah yang digunakan untuk masuk menu Else 'MsgBox "login succses". F_menu.id = rs!id F_menu. dimana yang menggunakan aplikasi ini adalah personil yang diberi hal akses. digunakan untuk menjalankan proses Page | 23 .StatusBar1.SetFocus Exit Sub Else Call BukaDatabase Dim rs As New ADODB. Terdapat validasi data antara user name F_menu.Panels(5) = rs!Status Unload Me End If End If End Sub b.Show dan password saat keduanya salah. "Peringatan" utama.StatusBar1. vbOKOnly. "Peringatan" clr t_username. Gambar 36. vbApplicationModal. Menu Login Tampilan menu log in terlihat seperti Beberapa penulisan kode pada pada Gambar 36. "Peringatan" t_username. Menu utama ini berfungsi Tampilan menu utama terlihat sebagai induk semua menu yang seperti pada Gambar 37.Open "Select * from tb_admin where username ='" & t_username & "' and password='" & t_password & "'".a. adLockOptimistic If rs. adOpenDynamic.Recordset rs. Menu login Tampilan login merupakan syarat untuk memanfaatkan program secara keseluruhan.Recordset Set rs = New ADODB. Tabel 3 Listing Program Menu Log In Listing Program Keterangan If t_username = "" Or t_password = "" Then MsgBox "Data Login Belum Lengkap".

" dd ") & sbul & Format(Date.Show Case "kk" F_keluarga.Show Case "dt_pindah_in" F_datang.Show 1 F_Password. Page | 24 .Enabled = False F_Lock. "yyyy") Case "pengantar" F_surat_pengantar. Menu Penduduk Pembuatan menu penduduk digunakan untuk mengoalah data penduduk.Show F_pengantar_nikah.idd = id F_Password. Tabel 4 Listing Program Menu Utama Listing Program Keterangan Select Case Toolbar1. Perintah yang digunakan "yyyy") Case "DT_PENDUDUK" untuk masuk menu yang F_Penduduk.Show dipilh.Show Case "ganti_pwd" F_Password.Label12 = "" & Format(Date. " dd ") & sbul & Format(Date. " dd ") & sbul & Format(Date.Show Case "logout" F_Login . Tampilan menu penduduk terlihat seperti pada Gambar 38. Tampilan Menu Utama Beberapa penulisan kode pada perintah masuk daftar menu yang di menu utama yang memeberikan pilih akan diuraikan pada Tabel 4.Tag Case "dt_pindah_out" F_Pindah. "yyyy") Case "exit" Unload Me Case "grafik" c. Case "lockk" Me. Gambar 37.idd = id Case "dt_lahir" F_kelahiran.Show F_kelahiran.lbtgl = "" & Format(Date.Show Unload Me Case "nikah" F_pengantar_nikah.lb_tgl = "" & Format(Date.Show F_surat_pengantar.

SubItems(3) = adr!nama li. KonekDb.SubItems(2) = adr!no_kk masuk menu yang li.Caption = no Loop adr. memeberikan perintah untuk Tabel 5 Listing Program Menu Penduduk Listing Program Keterangan On Error GoTo err Dim adr As New ADODB.Add(. no) li.SubItems(6) = adr!jen_kelamin adr.Recordset Dim li As ListItem Dim no As Long Call BukaDatabase Set adr = New ADODB.ListItems .Open SQL.SubItems(4) = adr!nama_kk dipilh.Close End With Page | 25 .SubItems(1) = adr!nik digunakan untuk li. Tampilan Menu Penduduk Beberapa penulisan listing menampilkan data pada listview program pada menu penduduk yang diuraikan pada Tabel 5. adOpenDynamic. Gambar 38. li.MoveNext btotal. adLockOptimistic With lv. .SubItems(5) = adr!tgl_lahir li.Recordset adr.EOF no = no + 1 Perintah yang Set li = .Clear Do Until adr.

pembuatan sistem informasi tb_kelahiran. tb_kematian. formulir pelaporan Page | 26 . keterangan kelahiran. dan MySQL dengan arsitektur client tb_surat_pengantar. visual basic 6.1 Kesimpulan yang didalamnya berisikan Dari pembahasan tentang tabel tb_penduduk. PENUTUP a. kependudukan di Kantor tb_keluarga. proses Laporan data penduduk pencetakan laporan akan merupakan hasil keluaran dari proses menghasilkan output seperti pada pengolahan data kependudukan Gambar 15. Laporan data penduduk sistem yang dibuat. tb_admin. Gambar 15 Laporan Data Penduduk Bulanan D. Perancangan Database dbdesa D. d.0 dan basis data tb_surat_nikah. Pemerintahan Desa Dukuh berbasis tb_datang. server dapat ditarik kesimpulan b. laporan data berikut: penduduk. Perancangan Output dari sebagai berikut : proses pengolahan data 1. tb_pindah. Pembuatan sistem informasi penduduk adapun output kependudukan ini memiliki dirancang adalah formulir isian beberapa tahapan sebagai kartu keluarga.

sekretaris desa dan kaur menu pindah datang. kematian. Pembutan nomor surat sudah di KTP elektronik. pengantar nikah model menggunakan metode black N1. model persyaratan fungsional N6. Membuat Database yang lebih penduduk ke dinas terkait. dilakukan secara otomatis sehingga sangat kecil Page | 27 . c. model N2. menu keluarga. laporan kelahiran. Sistem informasi informasi kependudukan desa ini kependudukan yang dibuat belum terdapat normalisasi Database dapat digunakan untuk dan belum dapat membaca data dari mempercepat proses pelayanan KTP elektronik serta masih bersifat surat kependuduk dan offline. Menambahkan sensor dan file excel. kelahiran. ternormalisasi untuk 3. menu surat pengantar. menu umum. dan model N7 perangkat lunak yang dibuat. Sistem informasi program pada setiap menu kependudukan yang dibuat yaitu menu log in. box yang terfokus pada model N4. menu perangkat desa terlebih bagi kelahiran. Bagi pembaca yang berminat pengelolaan data penduduk mengembangkan sistem ini dapat serta mempermudah dalam menambahkan beberapa hal : penyajian laporan data 1. pindah keluar. penduduk dari dan ke-dalam 2. Pembuatan tampilan dan kode 6. program untuk membaca data 4. Program ini dapat digunakan meningkatkan kinerja program untuk import-export data aplikasi yang dibuat. Dalam pembuatan sistem 2. kemungkinan terjadinya keterangan kematian. lapora dengan pengujian pindah. model N5. laporan pendatang.2 Saran nikah. laporan nomor surat ganda. dan menu surat D. Implementasi sistem dilakukan pengantar pindah. 5. model N3. menu kematian. menu dapat menunjang kinerja dari utama.

Seri Panduan Pemrograman Database Visual basic 6. C.0 dengan Crystal Report.Andi Offset. Undang- undang Nomor 24 Tentang hosting sebagai server Perubahan Atas Undang- databese online. Konsep Dasar Pengolahan Peraturan Bupati Nomor 7 dan Pemrograman Databse Tentang Petunjuk Pelaksanaan dengan MYSQL.Andi Offset. Sekertariat Negara. 2005. 2011. Pengenalan Sistem Informasi. M. 2003. C. Jakarta Page | 28 . DAFTAR PUSTAKA Negara. Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. 2003.V. Administrasi Kependudukan.V.Andi Offset.V. 2010. Karanganyar Kadir. Ms.V.V. 2008. Sekretaris Pengembanganya. Komputer.Z. Membutkan domain dan Republik Indonesia. Peraturan Daerah Nomor 1 Pemrograman Visual Basic Tentang penyelenggaraan 6. 2005. Palembang Yogyakart Utami. 2002. Yogyakarta 2006 Tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Wahana Komputer. Toko Baju Online Membangun Jaringan dengan PHP dan MYSQL. 2013. Edisi: 1. C.Andi Offset. 2013. Yogyakarta MADCOMS. 3. Konsep Penduduk Pencatatan Sipil dan Jaringan Komputer dan Retribusinya. C. dan Sukrisno. Yogyakarta Sekretaris Daerah. Kabupaten Karanganyar. Jakarta Arifin. Wahana Komputer. Karanganyar infotek.0. E. Karanganyar Nomor 21 Tahun C. Yogyakarta Kabupaten Karanganyar. Peraturan Daerah Kabupaten dan Ms. salemba Daerah.Visual Basic. Langkah Mudah Sadeli.Andi Offset. Yogyakarta Republik Indonesia.Access. Maxikom. 2003. A. Praturan mentri Dalam Negeri Nomor 19 Tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Sekertariat E.