RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R PP)
MI WALISONGO 1 KEDUNGMALING

Kelas / Semester : IV / I (satu)
Mata pelajaran : Tematik
Alokasi Waktu : 6 JP
Tema : Indahnya Kebersamaan
Subtema : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran :3

I. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

II. Kompetensi Dasar
Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung
campuran.
2.2 Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang daun
daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat).
3.5 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola
pengubinan melalui pengamatan
4.2 Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-
hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk
mendapatkan

Membuat peta pikiran tentang indra pendengar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) 1.3 Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung III. Setelah mengamati gambar dan berdiskusi. Tujuan Pembelajaran 1. ide dalam berkarya seni. V. Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Strategi : Cooperative Learning Teknik : Example Non Example Metode : Penugasan. siswa mampu menuliskan laporan berdasarkan dengan melengkapi tabel secara rinci. Materi Pembelajaran  Penggunaan kata tanya (ADIK SIMBA)  Melakukan percobaan  Merancang peta pikiran  Merancang pengubinan VI. Merancang hasil seni kreatif tentang pengubinan IV. siswa mampu membuat peta pikiran tentang indra pendengar dengan benar. Setelah membaca teks dan diskusi kelas. 3. 4. dan kolase 4. Berdasarkan instruksi. Indikator Matematika 1. Setelah melakukan percobaan.2 Mengenal gambar alam benda. Tanya Jawab.Kegiatan Pembelajaran ALOKASI KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN WAKTU PENDAHULUA  Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor 20 menit N urut dalam barisan  Mengkondisikan kelas pada situasi belajar  Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran  Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya . 2. siswa mampu merancang pengubinan dengan teknik yang benar. 3. siswa mampu merancang seni kreatif tentang pengubinan dengan teknik yang benar. Menulis laporan berdasarkan hasil percobaan dengan melengkapi tabel 2. Diskusi Dan Ceramah VII. Merancang pengubinan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 1.

Penilaian unjuk kerja b. Kita dapat melihat keindahan ciptaan Tuhan dan keindahan hasil karya manusia. Penilaian sikap selama bekerja kelompok. Penilaian dan Program Tindak Lanjut: 1. Tuhan Yang Maha Esa juga menganugerahkan kepada kita indra penglihat. sapu tangan.  Siswa merancang pengubinan sesuai dengan instruksi yang tertera pada buku siswa. sendok. kaleng. PENUTUP  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan 30 menit hasil pembelajaran  Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal  Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran  Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik VIII.  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas sesuai instruksi. penggaris. . IX. Instrumen Penilaian: a. INTI  Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui 160 menit tempat bunyi berada sesuai instruksi yang terdapat pada buku siswa.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.  Siswa mengamati gambar ukiran tradisional yang terdapat pada buku siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.  Siswa menulis perenungan pada buku siswa. 2. Pensil warna.  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. Peta Pikiran  Siswa bekerja sama dalam kelompoknya untuk membuat peta pikiran tentang indra pendengar dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. kapas. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV. Alat dan Sumber Belaja 1. mangkuk.  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa selain indra pendengar.

Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).2. bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal). S Pd . Agustus 2014 Kepala MI Walisongo 1 Guru Kelas Drs.  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas. Program Tindak Lanjut: a. Ghufron Luluk Mariana .  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas. Remedial. b. Menyetujui Mojokerto.

Aku melakukan?  Merancang pengubinan  Membuat peta pikiran tentang indra pendengar  Merancang hasil seni kreatif tentang pengubinan 3. Santun. karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar. Hari ini.5 2. Unjuk kerja pengubinan dinilai dengan rubrik. Lampiran Penilaian A. Disiplin Rentang skor 1 . (Matematika dan SBdP ) B. . NO. karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa. Tanggung jawab 2 = kurang/jarang 4. Disiplin. Hari ini. Jumlah skor 21-30 = Sedang 3. Jumlah skor 31-40 = Tinggi 2. karena tertib mengikuti instruksi. Ketelitian 3 = cukup 5. Santun 5 = sangat baik/sangat sering 7. Percaya diri 8. Jumlah skor 10-20 = Rendah X. NIS Nama Siswa Skor perolehan setiap aspek Nilai Predikat 1 2 3 4 5 6 7 8 1 2 3 4 5 Aspek yang dinilai: 1. Aku bersikap? Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan. Peduli. Hari ini. Penilaian Sikap. Refleksi: 1. Keberanian Pedoman Penilaian: 1. Aku tahu?  Menulis laporan berdasarkan hasil percobaan dengan melengkapi tabel 2. Penilaian: Unjuk Kerja 1. Kerja sama 4 = baik/sering 6. Peduli 1 = sangat kurang 3. (IPA) 2. Peta pikiran tentang pendengaran dan fungsinya dinilai dengan daftar periksa.