Nomor

Revisi Ke
Berlaku Tgl

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
PENATALAKSANAAN COOLCHAIN
ATAU
RANTAI DINGIN

Ditetapkan
Kepala UPT Puskesmas Japah

Teguh Ratmono,S.Kep,M.Kes
NIP: 19700303 199003 1 006

DINAS KESEHATAN KABUPATEN BLORA
UPT PUSKESMAS JAPAH
Jln. Japah Todanan,Blora Telp 085102100308 (58257)

bila perlu beri bedak. Perawatan Harian .Tujuan Sebagai acuan dalam penerapan langkah dalam proses penatalaksanaan coolchain/ rantai dingin 3. . . . B. b. . jangan sampai kendor.Bila suhu sudah stabil antara 2-8 oC pada lemari es atau -15 s/d -25 oC pada freezer. PENATALAKSANAAN COOLCHAIN/RANTAI DINGIN No. Pemeliharaan Coolchain/ Rantai Dingin a. Biarkan posisi tersebut sampai bunga es mencair semuanya. Jangan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya untuk mencongkel bunga es. . .Prosedur A. . Posisi termostat jangan diubah-ubah dan agar diberi selotip. .5 cm.Jangan membuka pintu lemari es/ freezer. . .Bersihkan kerapatan karet pintu. bila perlu diberi pelumas.Periksa kestabilan bunga es pada dinding bagian dalam lemari es. Penanganan Vaksin Bila Listrik Padam . bersihkan embun/ uap air yang menempel pada dinding bagian dalam lemari es.Periksa dan catat suhu lemari 2 x sehari pagi dan siang.Bersihkan bagian luar lemari es untuk menghindari karat. Pencairan Bunga Es .Kebijakan Pedoman Pelayanan Imunisasi 4.Periksa termometer. Perawatan Bulanan . c. M. Kes NIP 19700303 199003 1006 JAPAH 1. pastikan suhu masih diantara 2 oC s/d 8 oC untuk .Periksa kondisi Freeze-Tag.Bersihkan bagian dalam lemari es.Pindahkan vaksin ke dalam kotak vaksin atau lemari es lain. .Cabut stop kontak lemari es/ freezer (jangan mematikan lemari es/ freezer dengan memutar termostat).Dilakukan apabila ketebalan bunga es mencapai 0. Perawatan Mingguan . . C. 2.Bersihkan engsel pintu.Hindarkan seringnya buka tutup pada lemari es. Kep. . Selama pencairan bunga es.Pengertian Coolchain/ rantai dingin adalah tempat/ alat dengan sistem rantai dingin untuk menyimpan vaksin di Puskesmas. pintu lemari es/ freezer harus tetap terbuka. revisi : SOP TanggalTerbit: Halaman : UPT PUSKESMAS TeguhRatmono S. . Setelah cair.Periksa steker listrik pada stop kontak. Dokumen : LOGO PUSK No. .Bersihkan karet pintu. Pencairan dapat dipercepat dengan menyiram air hangat ke dalam lemari es.Referensi Pedoman teknis Imunisasi tingkat Puskesmas 5.

Hidupkan generator. . . TT. Selanjutnya setelah 2 x 24 jam selamatkan vaksin dengan mengirim ke tempat lain yang bisa menyimpan vaksin. BCG) didekatkan dengan evaporator.Penyimpanan vaksin pada suhu 2-8 º C . Vaksin yang sudah dipakai disimpan sampai 4 minggu untuk vaksin DPT- HB dan TT. Menata dan menggunakan sesuai metode FIFO . Pelaksana P2 7. Apabila suhu lemari es/ chiller mendekati +8 oC masukkan coolpack secukupnya. D. Vaksin yang sifatnya freeze sensitive ( DPT-HB. Rekaman Historis NO HALAMAN YANG DIRUBAH PERUBAHAN DIBERLAKUKAN TGL . Tindakan ini hanya berlaku 2 x 24 jam. dan 2 minggu untuk vaksin Polio (Pelayanan di dalam gedung).Bila ditemukan vaksin yang ED atau rusak VVMnya segera melaporan ke DKK dan mengirim/ mengembalikan vaksin ke DKK. Pelarut vaksin BCG dan Campak dimasukkan dalam kulkas 12 jam sebelum dipakai untuk pelayanan. E. . . 6. lemari Es (chiller) atau -15o s/d -25 oC untuk freezer. Apabila suhu freezer mendekati -15 oC masukkan cold pack secukupnya. Pelaksana KIA . Polio.Penataan Vaksin. Pengelolaan Vaksin Expired Date atau Rusak . . . Penyimpanan Dan Penataan Vaksin . . DT) diletakkan jauh dari evaporator dan Heat sensitive (Campak.Unit Terkait .

Apakah Petugas melakukan Pencairan Bunga Es 2 3. Apakah Petugas melakukan Pemeliharaan Coolchain/ 1 Rantai Dingin 2. M. Kes NIP 19700303 199003 1006 JAPAH Unit :……………………………………………………………………… Nama Petugas :……………………………………………………………………… Tanggal Pelaksanaan :……………………………………………………………………… No Langkah Kegiatan Ya Tidak TB 1. Apakah Petugas melakukan Penanganan Vaksin Bila 2 Listrik Padam . Dokumen : LOGO PUSK No. Kep. PENATALAKSANAAN COOLCHAIN/RANTAI DINGIN No. revisi : SOP TanggalTerbit: Halaman : UPT PUSKESMAS TeguhRatmono S.

... 4.........… Pelaksana / Auditor …………………………….. . Apakah petugas melakukan Penyimpanan Dan Penataan 3 Vaksin 5.. Apakah Petugas melakukan Pengelolaan Vaksin Expired 4 Date atau Rusak Jumlah Compliance rate (CR) : …………………………………% …………………………….......... NIP:……………….....