PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
Mata Pelajaran : TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester :I V / 1
Tema : INDAHNYA KEBERSAMAAN
Subtema : BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN

Nama Guru : Luluk Mariana, S.Pd
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : MI Walisongo 1

KURIKULUM 2013

sekolah.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya . 3. melihat. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis. Menerima. serta permasalahan sosial 2. dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. gerak. Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 1.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia. bunyi. Kompetensi Inti 1. energi panas. tanggung jawab. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga. cahaya. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. Memiliki perilaku jujur.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) 1. perkembangan teknologi. guru dan tetangganya. teman.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 4. 3. membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MI WALISONGO 1 KEDUNGMALING Kelas / Semester : IV / I (satu) Mata pelajaran : Tematik Alokasi Waktu : 6 JP Tema : Indahnya Kebersamaan Subtema : Bersyukur Atas Keberagaman Pembelajaran :1 I.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan 1. peduli. menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar. disiplin. dan tempat bermain 4.1 Memiliki kepedulian terhadap gaya. energi.alat teknologi modern dan tradisional. santun. dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia 2. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia II.

dan pendidikan Seni Budaya dan Prakarya. Menuangkan fakta-fakta penting dari masa praaksara.1 Menunjukkan perilaku jujur. peduli. 2. Menuliskan kembali bahan bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri dengan menemukan informasi penting dalam setiap paragraf Ilmu Pengetahuan Sosial. Hindu Buddha. Menemukan perbedaan pada masa praaksara dan masa aksara 2. Islam dalam aspek pemerintah.2 Memahami manusia. Tujuan Pembelajaran 1. tanggung jawab dan kepedulian terhadap ala m sekitar melalui berkarya seni 3. 1. perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara. sosial. toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya 2. masa Hindu-Buddha.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan 2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.17 Menceritakan cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah III. santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang 3. dan masa Islam Seni Budaya dan Prakarya. siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kata- katanya sendiri dengan benar.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya 2. . disiplin bertanggung jawab. dan pendidikan 4. 2.6 Memahami cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah 4. Hindu Buddha. (SBdP) 1.3 Menunjukkan perilaku santun. ekonomi. ekonomi. Dengan menggunakan bahasa daerah. (SBdP) 1. siswa mampu menulis cerita sederhana tentang beberapa situs budaya dengan benar. perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara. Berkreasi membuat cerita sederhana tentang situs-situs budaya dengan menggunakan bahasa daerah IV. Islam dalam aspek pemerintah.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni 2.3 Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin. sosial.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia. Indikator Bahasa Indonesia 1. (IPS) 1. Setelah membaca teks.

Tanya Jawab. V. apa yang kurang sesuai). kemudian menuliskan fakta-fakta pentingnya dalam bentuk tabel dengan benar.  Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang tiga candi yang tertera pada buku siswa. Selanjutnya siswa membacakan hasilnya kepada teman dalam kelompok.  Siswa menuliskan kembali bacaan tentang ketiga candi dalam bahasa daerah.Kegiatan Pembelajaran ALOKASI KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN WAKTU PENDAHULUAN  Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor 20 menit urut dalam barisan  Mengkondisikan kelas pada situasi belajar  Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran  Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya INTI  Siswa membaca teks mengenai kehidupan 160 menit masyarakat praaksara. Diskusi Dan Ceramah VII.  Hasil ringkasan diperlihatkan kepada teman sebelah untuk saling dikomentari (apa yang kurang. 3. masa Hindu Buddha.  Siswa membaca teks tentang masyarakat praaksara dan membuat ringkasan dengan memuat pokok- pokok sesuai tertera pada buku siswa. siswa mampu menemukan perbedaan antara masa praaksara. Dengan membaca teks.  Siswa membaca teks tentang sebuah kerajaan Islam di Indonesia. Materi Pembelajaran  Mengenal masa praaksara dan masa aksara  Menuliskan kembali bahan bacaan  Berkreasi membuat cerita sederhana dengan menggunakan bahasa daerah VI.  Secara berkelompok. Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Strategi : Cooperative Learning Teknik : Example Non Example Metode : Penugasan. siswa membuat pertanyaan . dan masa Islam.

 Siswa membuat kesimpulan dari ketiga masa di Indonesia dalam bentuk tabel dengan memerhatikan beberapa hal penting. Siswa juga menjawab pertanyaan yang ada. Program Tindak Lanjut: a.  Siswa menjawab pertanyaan perenungan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV. Menyetujui Mojokerto. Alat dan Sumber Belajar 1. sebanyak-banyaknya.  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas. Instrumen Penilaian: a. Penilaian unjuk kerja b. Remedial. bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal). Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal). Ghufron Luluk Mariana . S Pd . b. PENUTUP  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan 30 menit hasil pembelajaran  Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal  Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran  Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. IX. Penilaian dan Program Tindak Lanjut: 1.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150. kemudian menukarkan hasilnya dengan hasil pekerjaan kelompok lain. Agustus 2014 Kepala MI Walisongo 1 Guru Kelas Drs.  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas. Penilaian sikap selama bekerja kelompok. 2.

2. Ringkasanku berisi informasi tentang tempat hidup manusia praaksara. . Kriteria Pengukuran Ya Tidak 1. Aku dapat menemukan perbedaan terkait tempat tinggal ketiga masa. (SBdP) No. Kegiatan menulis cerita dalam bahasa daerah dinilai dengan daftar periksa. 2. Ringkasanku berisi informasi tentang alat bantu untuk berburu da n me ngumpulka n ma ka na n. Ceritaku me muat kerajaan yang membangun candi. (IPS) No. 2. Kriteria Pengukuran Ya Tidak 1. Aku dapat menemukan perbedaan terkait pemerintahan ketiga masa. 4. 2. Ringkasanku berisi informasi tentang cara hidup manusia praaksara. 3. 3. 4. Ringkasanku berisi informasi tentang bagaimana manusia pra a ksara me nda pa t ma ka na n. Lampiran Penilaian A. 3.ketiga masa. Kegiatan membedakan masa praaksara. Penilaian 1. (Bahasa Indonesia) No. Kriteria Pengukuran Ya Tidak 1. Ceritaku berisi letak candi. dan masa Islam dinilai dengan daftar periksa. masa Hindu Buddha. Kegiatan membuat ringkasan kehidupan masyarakat praaksara dinilai dengan daftar periksa. Ceritaku berisi agama asal candi berada. 3. Ceritaku berisi kapan candi tersebut dibangun. Aku dapat menemukan perbedaan terkait kepercayaan/ agama ketiga masa.

.

 Peduli.5 1. Disiplin 1 = sangat kurang 2. Refleksi: 1. masa Hindu-Buddha.  Santun. Keberanian 1. karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.  Disiplin. Tanggung jawab 3 = cukup 4. karena tertib mengikuti instruksi. Hari ini. Ketelitian 4 = baik/sering 5. Jumlah skor 10-20 = Rendah X. Aspek yang dinilai: Rentang skor 1 . Jumlah skor 31-40 = Tinggi 2. karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar. . Peduli 2 = kurang/jarang 3. Aku tahu?  Menemukan perbedaan pada masa praaksara dan masa aksara  Menuangkan fakta-fakta penting dari masa praaksara. Kerja sama 5 = sangat baik/sangat sering 6. Santun 7. dan masa Islam 2. Jumlah skor 21-30 = Sedang 3. Aku melakukan?  Menuliskan kembali bahan bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri dengan menemukan informasi penting dalam setiap paragraf  Berkreasi membuat cerita sederhana tentang situs-situs budaya dengan menggunakan bahasa daerah 3. Hari ini. Aku bersikap?  Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan. Hari ini. Percaya diri Pedoman Penilaian: 8.