Unit Kegiatan Belajar SB 5.1.

17

UNIT KEGIATAN BELAJAR
(SB 5.1.17)

1. Identitas
a. Nama Mata Pelajaran : Seni Budaya
b. Semester :5
c. Kompetensi Dasar :

3.1 Mengevaluasi bahan, media dan tehnik yang digunakan dalam berkarya seni
rupa.
4.1 Berkreasi karya seni rupa dua dimensi (Kolase).

d. Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.1.1 Menjelaskan pengertian karya seni rupa 2 dimensi
3.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis karya seni rupa 2 dimensi.
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi karya seni 2 dimensi.
4.1.1 Membuat sketsa karya seni rupa 2 dimensi dengan melihat model makluk
hidup
4.1.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam proses berkarya seni rupa 2
dimensi

e. Materi Pokok : Karya seni rupa dua dimensi (Kolase)
f. Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
g. Tujuan Pembelajaran :
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek serta pendekatan saintifik, peserta
didik dapat menjelaskan tentang konsep, unsur, dan prinsip dalam
berkarya seni rupa serta merancang dan membuat karya seni rupa
(Kolase), dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama
proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang
menyerah.

h. Materi Pembelajaran
1. Konsep, unsur, dan prinsip dalam berkarya seni rupa
2. Bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa (KOLASE)
3. Merancang dan membuat karya seni rupa (KOLASE)

1 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal
M.Pd

Kegiatan Pembelajaran a.17 2.1.Unit Kegiatan Belajar SB 5.Pd . Peta Konsep KOLASE 3. Pendahuluan Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian mengamati gambar dibawah ini. contoh Lukisan Kolase Pertanyaan: Apa definisi Kolase? Bagaimana cara pembuatan Kolase? Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Kolase 2 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. Gambar.

2) Kegiatan Belajar Ayo……ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!! Kegiatan Belajar 1 Bacalah uraian singkat materi dan contoh berikut dengan penuh konsentrasi ! Dalam berkarya seni rupa kita harus memahami konsep. unsur. dan teknik.unsur seni rupa: 1) Garis Garis adalah dasar dari semua gambar dan produk. apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kegiatan belajar kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti tes formatifagar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya. Kegiatan Inti 1) Petunjuk Umum UKB a) Baca dan pahami materi seni rupa dua dimensipada Buku Teks Pelajaran mata pelajaran Seni Budaya kelas XII b) Setelah memahami isi materidalam bacaan berlatihlah untuk berfikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya. b.Pd .17 Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut. Di samping ini contoh-contoh garis yang digunakan untuk membuat berbagai efek dan Variasi 3 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. c) Kerjakan UKB ini dibuku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang telah disediakan. silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.Unit Kegiatan Belajar SB 5. d) Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjutmelalui kegiatanayo berlatih. Unsur. A. bahan.1. prinsip.

adalah merah. 2) Bentuk harmonis Bentuk harmonis/laras adalah bentuk yang merupakan gabungan dari bentuk-bentuk dasar serupa atau sejenis 3) Bentuk kontras Bentuk kontras adalah bentuk yang tercipta dari gabungan bentuk-bentuk yang satu. misalnya warna kuning-orange adalah campuran dua warna kuning dengan orange.Unit Kegiatan Belajar SB 5.Pd . 4 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. diraba dan dirasakan oleh pancaindra kita. Halus 5) Warna Warna primer (artinya warna utama) ditambah dengan putih dan hitam. warna-warna seperti hijau adalah bercampurnya dua warna primer di kedua sisinya yaitu kuning dan biru.17 . Lembut. kuning dan biru. Warna tertier (artinya warna turunan ketiga). dibuat dengan mencampurkan warna primer dan warna sekunder.1. 4) Tekstur Tekstur adalah sifat permukaan bahan/material yang dapat dilihat. Sifat Tekstur: Keras. Kasar. Warna sekunder (artinya warna turunan kedua).sama lain bersifat kontras/bertentangan (misalnya lengkung dan lurus).

atau kuning dengan kuning-hijau. 7) Warna Harmonis Yang disebut dengan warna- warna harmoni adalah yang dalam Lingkaran Warna keduanya berada dalam urutan terdekat. bidang.1. Misalnya warna kuning- orange dengan kuning.17 6) Warna Kontras Kontras yang paling kuat terjadi di antara dua warna berseberangan / berlawanan di dalam Lingkaran Warna. garis.Unit Kegiatan Belajar SB 5. Contoh warna Kuning dan Violet.Pd . atau satu sama lain memiliki intensitas yang sama kuat terhadap tangkapan mata jika ditampilkan bersama-sama). dan warna yang tersusun menjadi komposisi harmonis 5 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. Contoh Dibawah ini adalah contoh perpaduan antara titik. Warna- warna ini biasa juga disebut sebagai komplementer (warna- warna yang saling mengisi.

maka: Buatlah komposisi bidang atau desain kolase dengan memanfaatkan paduan titik maupun garis. seperti kertas.17 Agar lebih memahami. dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.1. logam. kain. maka kalian bisa melanjutkan pada kegiatan belajar 2 beriku Kegiatan Belajar 2 Setelah kalian belajar tentang unsur seni rupa pada contoh kegiatan belajar 1. ayo berlatih berikut. Apabila kalian telah mampu menyelesaikan latihan dengan baik. kayu. dan telah memahami. sekarang perhatikan materi berikut! Pengertian Kolase Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan. Ayoo berlatih! Setelah kalian memahami uraian singkat materi dan contoh di atas. kaca.Pd .Unit Kegiatan Belajar SB 5. Selama bahan tersebut dapat dipadukan dengan 6 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan.

1.17 bahan dasar. Kolase menjadi media yang digemari kalangan seniman 7 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. seni kolase berkembang pesat di Venice. pahat atau cetak di mana karya yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. Pada seni lukis. dari kanvas putih menjadi lukisan yang berwarna-warni. Jerman. misalnya.Unit Kegiatan Belajar SB 5. Italia. material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah dirakit menjadi satu kesatuan Dalam sejarahnya. Selanjutnya seni ini kian berkembang di Perancis. dan kota-kota lain di Eropa. Jadi kalau menggunakan kerang-kerangan atau potongan-potongan foto.Pd . Inggris. akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili persaan estetis orang yang membuatnya (Sumber:dokumen pribadi) Contoh gambar Kolase Seni kolase berlawanan sifatnya dengan seni lukis. Dalam seni kolase bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat. kirakira pada abad 17.

Setelah halus. kain dan berbagai objek lainnya. 4. Jenis-Jenis Kolase Berdasarkan Bahannya. Tempurung (batok kelapa) Untuk bahan kolase sebaiknya dipilih tempurung dari kelapa setengah tua sampai kelapa tua. Henri Mattise adalah salah satu seniman yang beralih kepada seni kolase ketika jari-jari tangannya terserang arthritis sehingga tak mampu melukis lagi. Unit Kegiatan Belajar SB 5. dapat digunakan kaca biasa yang dicat.Pd . Kaca Kaca yang digunakan adalah bekas potongan kaca yang biasa didapat di tempat orang yang memasang bingkai untuk gambar pajangan yang sudah tidak digunakanlagi. Dalam pengolahan kaca diharapkan berhati-hati agar tidak terluka. sesuai ukuran yang dikehendaki. Agar kaca berwarna. lalu dibersihkan dari serat-serat sabut itu dihaluskan dengan ampelas. Georges Braque dan Max Ernst terkenal dengan karya lukis memakai teknik kolase kertas. 2.17 karna unik dan menuntut kreativitas tinggi. Serutan Kayu Untuk bahan kolase dapat digunakan serutan kayu yang wajib dikeringkan dahulu. Bahan ini dapat dipotongpotong. Batu Batu yang cocok adalah batu akik sebab memiliki bermacam-macam warna. A. kuningan. kaca dapat dibentuk dengan cara mengetok atau menghempaskan ke atas permukaan yang keras. Keramik Keramik mempunyai warna yang cukup banyak.Tempurung dapat 8 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. baru dipotong dengan ukuruan yang dikehendaki. Untuk keperluan membuat kolase dapat digunakan bekas potongan keramik untuk lantai rumah.1. Kolase dapat di bagi menjadi beberapa jenis bahan. Dengan cara ini akan diperoleh ukuran kaca yang tidak teratur dan tidak sama besar. Logam Untuk kolase sebaiknya dipilih bekas-bekas logam yang gampang didapat. Plat logam dapat dipotong-potong dengan ukuran yang dikehendaki. Kalau pemotong kacatidak ada. 5. Hal ini dimaksudkan agar warnanya tidak berubah. dan aluminium. Adapun jenis-jenis bahan Kolase adalah sebagai berikut. lalu baru didatarkan ke bidang dasar kolase. 6. Pelukis Pablo Picasso. seperti seng. lalu serutan kayu dipotongpotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan siap untuk ditempel. lalu diasah sehingga warnanya akan kelihatan lebih cemerlang. 1. 3.

poster-poster. 8. biji-bijian ini banyak pula macamnya. Tidak semua kulit buah dapat dijadikan bahan kolase. majalah. Fungsi Kolase Pada dasarnya fungsi atau tujuan Kolase adalah sebagai berikut: 1. Untuk dijadikan bahan kolase. Kertas-kertas bekas sampul. almanak-almanak. dan kulit rambutan. estetika. dapat pula digoreng tanpa minyak.1. 9. 7. Fungsi praktis . Kulit-kulitan Kulit-kulit berasal dari kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. daya serap. 10. yaitu dengan menggunakan berbagai bahan dan tekstur dapat membantu melejitkan ekspresi. demikian pula dengan kulit batang. Kertas Bekas Untuk bahan kolase sebainya dipilih kertas yang berwarna. Fungsi ekspresi. B. Semua kertas berwarna pada dasarnya dapat dijadikan bahan kolase. emosi. Semua kulit-kulitan haruslah dikeringkan dahulu sebelum digunakan sebagai bahan kolase. emosi yang menimbulkan rasa puas dan kesenangan sehingga dapat mengurangi beban psikhologis 9 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. Unit Kegiatan Belajar SB 5. Daun-daunan Daun-daunan adalah bahan kolase yang sangat gampang diperoleh. dan kreativitas 3. Biji-Bijian Biji-bijian diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. ukuran. Fungsi edukatif . karya tersebut dapat digunakan sebagai bahan dekorasi. yaitu dengan menuangkan ide. Pilihlah warna daun kering yang berbeda-beda agar dalam penyusunannya menjadi sebuah lukisan atau desain akan lebih mudah.Pd . 4. kertas dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. lalu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Dalam pemakaian. Kulit batang yang dapat dijadikan kolase di antaranya: rambutan. Biji-bijian ini hendaknya dikeringkan terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah lagi demikian pula penyusutannya. Bila perlu. warna. kulit jeruk. Fungsi psikhologis. kulit salak.17 dipotong-potong dengan gergaji besi sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. kemasan rokok atau kemasan produk-produk industri dapat pula digunakan sebagai bahan kolase.yaitu dapat membantu mengembangkan daya pikir. dan kelopak bambu. 2. kulit pisang. demikian pula bentuk. diambil daun kering atau daun yang sudah gugur. yaitu fungsi pada benda sehari – hari. kulit kacang tanah. dan teksturnya.

Sedangkan apresiasi karya seni yang tidak langsung. dan perkantoran. mencari. Artinya sebuah karya seni tersebut hanya sebagai pelengkap dalam suatu acara atau bangunan. pada umumnya akan disajikan kepada masyarakat atau audiens. Mengomunikasikan karya Kolase yang telah dibuat oleh peserta didik dapat dilakukan melalui presentasi karya di kelas atau melalui pameran. sehingga timbullah proses komunikasi. diapresiasi. apresiator dapat dengan bebas menilai. Fungsi seni dalam masyarakat dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi rekreasi dan fungsi komunikasi. pameran patung dan seni publik. Unit Kegiatan Belajar SB 5. Dalam hal ini para apresiator dapat menikmati sebuah karya seni secara langsung dan tidak lansung.17 5. dan menggali makna visual dari sebuah karya seni rupa tersebut. Fungsi seni di masyarakat yang berhubungan dengan rekreasi atau wisata. hotel. diamati. Disitu karya seni dinikmati.Pd . Fungsi sosial. Dalam mengamati sebuah karya seni rupa. maka disitulah terjadi interaksi antara audiens dan karya seni tersebut.1. apabila karya seni itu dikonsep atau diprogram untuk menarik wisatawan. Mengomunikasikan Karya Kolase Setiap karya seni. Pengamatan secara langsung ini dapat kita jumpai misalkan pada pameran seni lukisan. 10 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. mempunyai pengertian apabila karya seni tersebut tidak dijadikan konsep utama. Ini dapat dijumpai misalkan lukisan yang terpajang di restaurant. yaitu dapat menyediakan lapangan pekerjaan dengan banyaknya karya yang dimiliki diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas C. Ketika karya seni itu hadir di dalam masyarakat.

5.17 (Sumber: Dokumen pribadi) Salah satu cara mengomunikasikan karya seni di depan kelas Fungsi seni dalam pengertian komunikasi adalah sebuah karya seni itu mempunyai pesan visual yang akan disampikan kepada masyarakat. 2. 4. Gunting atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil. seperti koran. 3. Oleskan lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas. Media dan perangkat yang dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar. 11 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. dan lem. Siapkan bahan dari barang bekas. Karya seni rupa dapat dikatakan berhasil menyampaikan pesan. majalah. Bahan bekas diberi pewarna terlebih dahulu. D.Pd .1. dan kertas. Dalam konteks ini karya seni menjadi mediator antara sang produsen dengan audiens. gunting pensil. Teknik MembuatKarya Kolase 1. Unit Kegiatan Belajar SB 5. Rencanakan penempelan bahan bekas pada gambar yang sudah kamu buat. pewarna. Buat gambar bunga (atau gambar lain yang kalian inginkan) di kalender bekas/kertas gambar. apabila makna dari sebuah karya tersebut dapat dicerna dan dipahami oleh audiens atau apresiator.

Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Penutup Bagaimana kalian sekarang? Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar seni rupa dua dimensi. Dapatkah kalian membuat rancangan Kolase dengan menarik? 4. maka lanjutkan berikut. Dapatkah kalian menyusun komposisi unsur seni rupa menjadi komposisi yang harmonis? 3.Unit Kegiatan Belajar SB 5. cari inspirasi dari berbagai sumber. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKB ini di Tabel berikut. c. Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi No Pertanyaan Ya Tidak 1. lanjutkan pada kegiatan ayo berlatih berikut.1. 12 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M.Pd . Tempelkan guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas. maka pelajarilah kembali materi tersebut dalam Buku Teks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan belajar seni rupa dua dimensi yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Usahan tempelan kertas tertata dengan rajin sehingga hasil kolase juga rajin.17 6. Dapatkah kalian mengkomunikasikan karya Kolase pada pameran/di depan kelas? Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas. buatlah sebuah Kolase non komersial dengan tema lingkungan. berikut diberikan Tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. 7. Apakah kalian telah memahmi unsur-unsur seni rupa? 2.Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan. Lakukan dengan rapi sesuai kreativitasmu. Jika sudah memahami. Ayo berlatih!! Setelah memahamicontoh di atas.

17 Dimana posisimu? Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi seni rupa dua dimensi dalam rentang 0 – 100.bagaimanapenyelesaian permasalahan pada bagian awal pembelajaran tadi? Silahkan kalian berdiskusi dengan teman sebangku atau teman lain. lanjutkan kegaitan berikut untuk mengevaluasi penguasaan kalian!.1. 1.Unit Kegiatan Belajar SB 5.Pd . Ini adalah bagian akhir dari UKB materi seni rupa dua dimensi. Buat definisi atau pengertian seni Kolase yang kamu pahami ! 2. Yuk Cek Penguasaanmu terhadap materi seni rupa dua dimensi KOLASE! Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasi materi seni rupa dua dimensi. Sukses untuk kalian!!! 13 Karya seni rupa dua dimensi (Kolase) | Oleh : Ingkan Prio Manunggal M. Bagaimanakah Kolase menyampaikan makna si pencipta pada audiensi? Setelah menyelesaikan latihan di atas dan mengikuti kegiatan belajarseni rupa dua dimensi. maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku kerja kalian masing-masing. Kemudian tuliskan penyelesaian tersebutdi buku kerja masing- masing!. tuliskan ke dalam kotak yang tersedia. Mengapa Kolase mampu berfungsi secara dekoratif? 3. Setelah kalian menuliskan penguasaanmu terhadap materi seni rupa dua dimensi. mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar keUKB berikutnya.