Soal UKK PKN XI IPA dan IPS Semester II

Turnomo

1. Tahap–tahap perjanjian internasional adalah....
a. Negoisasi, ratifikasi dan relisasi
b. Negoisasi, persetujuan dan ratifikasi
c. Proses herbal, persetujuan dan ratifikasi
d. Negoisasi, penandatanganan, dan ratifikasi
e. Pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi
2. Mengadakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara yang ada di wilayah
kerjanya, merupakan fungsi dari....
a. Diplomatik
b. Konsuler
c. Atase-atase
d. Duta besar
e. PBB
3. Perjanjian-perjanjian internasioanal yang berisikan prinsip-prinsip dan ketentuan-
ketentuan yang berlaku secara umum, yaitu.....
a. Law of coordination
b. Law of power
c. Treaty contracs
d. Law of reciproity
e. Law of making trites
4. Hukum internasional yang mengatur negara yang satu dengan negara yang lainya
dalam hubungan internasional disebut....
a. Hukum internasional tertulis
b. Hukum perdata internasional
c. Hkum internasional tidak tertulis
d. Hukum publik internasional
e. Hukum antar bangsa
5. Berikut ini yang tidak termasuk subjek hukum internasional adalah ....
a. zona perang
b. tahkta suci
c. palang merah internasional
d. organisasi internasional
e. negara
6. perdamaian westphalia adalah perdamaian tentang....
a. serangkaian perjanjian yang mengakhiri perang 30 tahun yang terjadi yang
ditandatangani pada tahun 1648
b. serangkaian perjanjian yang mengakhiri perang 30 tahun yang terjadi yang
ditandatangani pada tahun 1647
c. perdamaian tentang hubungan internasional antara Jepang dan Sekutu yang
mengakhiri perang dunia kedua

adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidup bangsa dan bernegara c. a..... bidang-bidang aktivitas ekonomi d. mewujudkan tatanan dunia baru yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian e.. manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial b. a. apa yang dimaksud dengan perjanjian internasional bilateral .. propaganda c.. dibawah ini merupakan tujuan hubungan internasional kecuali. perjanjian yang mengatur semua negara baik peserta maupun bukan peserta perjanjian d.. perjanjian antar semua subjek hukum internasional 11. perjanjian yang bersifat khusus (treaty contract) dalam pergolongan perjanjian internasional yaitu. menjamin perdamaian dunia d. a. pengesahan .... menjaga keselamatan bangsa dan negara b.. landasan konstitusional bangsa 9. dibawah ini yang merupakan sarana-sarana hubungan internasional kecuali. perjanjian antar negara yang dilakukan oleh banyak negara dan terbuka untuk umum d. perundingan b. pengakuan de jure sebuah negara 7. meningkatkan persaudaraan e.. perjanjian internasional antara negara dan subjek hukum yang bersifat global e.. kekuatan militer 10. perjanjian yang bersifat terbuka 12. dalam tahap-tahap perjanjian internasional yaitu dilakukanya signature. diplomasi b. perdamaian tentang hubungan internasional antara Indonesia dengan Timorleste e. apa yang dimaksud signature .. perjanjian yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi negara-negara yang mengadakan perjanjian saja b.. perjanjian yang meletakan ketentuan-ketentuan atau kaidah-kaidah hukum bagi masyarakat internasional c. perjanjian yang mengatur hal-hal umum yang menyangkut kepentingan umum b. latar belakang perlunya hubungan internasional bagi bangsa dan bernegara sebenarnya tidak terlepas dari sebagai berikut kecuali... untuk melibatkan negara lain dalam kemajuan negara dan bangsa 8. pola hubungan antar bangsa e. perjanjian yang dilakukan oleh banyak negara e... a. a. memperoleh barang-barang c. a.. perjanjian yang mengatur hal-hal yang bersifat kepentingan dua negara saja c. d. untuk membangun komunikasi lintas bangsa dan negara guna mewujudkan kerjasama yang produktif d.

asas yang didasarkan pada kekuasaan atas daerahnya. pertengkaran atau perselisihan diantara anggota masyarakat internasional. Kepentingan d. badan legislatif d. adalah pengertian.. badan eksekutif dan legislatif b. a. ratifikasi perjanjian internasional yang jarang dilakukan dalam perjanian internasional dilakukan oleh. perjanjian diakhiri sepihak oleh salah satu peserta dan disetuajui pihak lain 15... ratifikasi 13... masalah internasional c. penandatanganan d. asas kebangsaan c. ratifikasi campuran antara DPR dan Pemerintah e. sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat. ratifikasi oleh presiden 14.. telah tercapainya perjanjian b.. hal-hal yang bukan menyebabkan pembatalan perjanjian internasional yaitu.. mahkamah internasional 18. karena persetujuan dari seluruh peserta untuk mengakhiri perjanjian d. negoisasi e. kebiasaan inernasional c. keputusan pengadilan e.. c. Eciprositas . organisasi internasional maupun individu. a.. berikut ini yang bukan merupakan sumber hukum formal yang dijadikan acuan untuk menyelesaikan sengketa internasional yaitu.. organisasi internasional 17. karena punahnya salah satu pihak peserta perjanjian e. Courtesy e. a. sengketa internasional d... baik negara. a.. a. a. asas equality e. sebab sengketa internasional b. cara menyelesaikan masalah-masalah internasional e. asas kepentingan umum d.. yaitu asas. Kebangsaan c. asas teritorial b.. setiap warga negara di manapun berada tetap berada dibawah jangkauan hukum negara atas dasar asas.. asas hukum yang diakui oleh negara d.. perjanjian internasional b.. asas sunt servada 16. paksaaan dari seorang wakil dari suatu negara c. Teritorial b. badan eksekutif c..

. Salah satu badan kelengkapan PBB yang berkedudukan di Den Hag untuk menyelesaikan sengketa internasional dengan cara damai adalah . Bilateral b.. 2. Tingkat tertinggi dalam perwakilan diplomatik adalah. 1.. Menteri residen d. a. 2.. Adanya unsur kesalahan .2 dan 3 c. kecuali pajak atas tanah 5... Mentri residen d. Mengurusi masalah yangbersifat politis 4. 3.. Antarbangsa 20. UNESCO b. Duta c. Gerzant c.5 dan 6 d. Ditempatkan oleh menteri luar negeri Yang berkaitan dengan perwakilan konsuler adalah nomor. Dewan Perwakilan 24. a. Pejanjian yang dilakukan lebih dari dua negara.. Seorang pegawai negeri sipil tertentu yang tidak berasal dari lingkungan departemen luar negeri dan ditempatkan disalah satu kedutaan besar untuk membantu duta besar adalah. Duta b. Bebas atas pajak. a. Berkedudukan di ibukota propinsi atau negara bagian 3. Duta besar berkuasa penuh b.. 3 dan 4 b.19. Perhatikan pernyataan berikut ini : 1.. Multilateral c. Bebas menjadi saksi dipengadilan 6.. Internasional d. Kuasa usaha e. 1. Perhatikan pernyataan berikut ! 1.. Dewan ESOCOC e. a. yaitu perjanjian . Diakreditir terhadap kepala negara setempat 2... Dewan Keamanan c. Atase 23. Kuasa usaha e. Antarnegara e. a. Atase teknis 21.4 dan 5 22.. Mahkamah Internasional d.3 dan 6 e..

Hukum ex aequo et bono e. Telah tercapainya tujuan perjanjian 3.. Berikut yang merupakan upaya warga negara dalam mewujudkan kesadaran hukum adalah. Dibawah ini merupakan istilah-istilah lain hukum internasional yang sering digunakan kecuali... Roma c. a. Konferensi Asia-Afrika yang diselnggarakan pada tanggal 18-24 April 1955 bertempat di. Tahta suci merupakan salah satu dari subjek hukum internasional yang bermarkas di.. Trans national law e... 2 dan 4 d. 2 dan 3 e. a.. 2. Hukum cogeus internasional 28. Law coerse 27.. The law of nations b. a. India d.. 1 dan 3 c. Adanya unsur paksaan terhadap wakil suatu negara Dari pernyatan diatas ada dua hal yang dapat menyebabkan berakhirnya perjanjian internasional yaitu : a. Hukum perdata internasional c. Spanyol d. Pakistan e. Jakarta b. Athena 29. Yunani b. Inter state low d.. 4 dan 5 25.. Hukum civic internasional d.. Terdapatnya kecurangan 4. Masa berlakunya perjanjian berakhir 5. a. Menciptakan sistem hukum yang handal . The law among nations c. Andalusia e. 1 dan 2 b.. Hukum publik internasional b.. Hukum internasional yang mengatur hubungan hukum antar warga negara suatu negara dan warga negara dari negara lain disebut. Bandung c. Myanmar 26. a.

b. Hubungan antar bangsa mutlak dilakukan oleh engara manapun didunia.. Salah satu subjek hukum internasional adalah pemberontak sebagai pihak yang bersengketa. Hakim d. Belliegerent b...... Trakat bilateral d. Equality d.. Orang yang diserahi tugas untuk menyelesaikan sengketa secara arbiterasi adalah.. Arbitraser c. a. Perebutan pengaruh politik internasional e... kecuali. a. Hankam d. Arbirator b. Salah satu pihak tidak memenuhi kewajibanya dalam perjanjian internasional b. Jaksa e. Trakat multilateral b. d. Pemahaman hak dan kewajiban secara optimal 32... Tujuan setiap negara berbeda-beda c. Mahkamah pidana internasional atau The International Criminal Court dibentuk permanen berdasarkan.. Adanya kerjasana ekonomi e.. Menerapkan hukum pada setiap lapisan masyarakat tanpa kecuali c. Trakat sederhana e. Jure belli aet pacis c. Penyebab sengketa internasional adalah sebagai berikut... Meningkatkan kebutuhan setiap bangsa sejalan denga kemajuan teknoolgi 31. Perebutan sumber-sumber ekonomi d. a. Meningkatkan fasilitas atau sarana prasarana yang lengkap untuk memudahkan proses keadilan 30. Pada zaman modern ini mustahil suatu bangsa mampu mencukupi semua kebutuhanya tanpa bantuan negara lain .. Sosial 35. a. Politik c. Perbedaan penafsiran isi perjanjian internasional c.. Mendukung upaya pemerintah untuk menegakan hukum di Indonesia d. a. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya sikap sadar hukum e. a. Perjanjian internasional bersifat tertutup 33. Semua masalah b... Ius gentius .. kecuali.. yang sering disebut. Setiap negara mempunyai kepentingan sendir-sendiri b. Persoalan yang dapat dibawa kemahkamah inetrnasional ialah yang berkaitan dengan masalah. Ekonomi e. Perjanjian regional c. Deawan keamanan 34.

Jelaskan peranan hukum internasional terhadap perdamaian dunia ! 2. Menyantuni fakir miskin dan anak terlantar d... mengapa dalam hukum internsional pemberontak dan pihak dalam sengketa menjadi salah satu subjek hukum internasional ! . Melaksanakan pemilu dengan kebebasan memilihnya d. Kebijakan b.. Contoh keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain. Negara merdeka yang terbatas pada pemerintahan saja. Menghargai hak-hak kaum atau kelompok minoritas 40. Memberi subsidi kepada penduduk dan daerah yang tidak mampu e. Ec aequo et bono 36. Memberi hukuman setimpal bagi pelanggar hukum b. Kumpulan beberapa negara yang satu tujuan Esai 1. Sesuai dengan pengakuan mahkamah internasional tentang pengakuan personil yang dianggap sujek hukum internasional adalah sebagai berikut. a. Olahragawan asing e.. Dalam bidang politik. a. a. Perbuatan yang tidak memihak atau tidak berat sebelah disebut.. Pengusaha internasional 37.. Keterbukaan 39. sedangkan dalam hubungan hukum internasional dia tidak memiliki hak c.... Negara merdeka yang terbatas pada pemerintahan dalam negeri saja sedangkan dalam hubungan hukum internasional mereka bertindak sebagai kesatuan b. Para pelajar asing b. Inkatan bangsa-bangsa e. Keramahan d. keuali. Melaksanakan pemilu berdasarkan UU e. Apa yang dimaksud dengan perserikatan negara.. Kepedulian e.. Kebebasan untuk berkampanye b. Keadilan c. Negara merdeka yang membentuk organisai internasional d. Menyediakan pemilu sebagai pesta rakyat c.. Berikan tanggapan penjelasan.. Perwakilan suatu negara d. upaya mewujudkan jaminan keadilan dapat dilakukan dengan. Para turis c.. e. a.. Pelaksanaan pemiluu oleh lembaga independen 38. Mengutamakan asas praduga tak bersalah c. a.

. Apa yang dimaksud sumber-sumber hukum dalam arti formal ?.3. Jelaskan yang dimaksud dengan perjanjian bilateral ! 5. Sebutkan tahapan-tahapan ratifkasi internasional ! 4. sebutkan sumber- sumber hukumnya dan jelaskan ! minimal 3 sumber.