Ketepatan dan kecepatan waktu pengumpulan data yang real time sangat diperlukan agar dapat dijadikan bahan pertimabangan dan penentuan tindak lanjut yang diperlukan terhadap masalah yang ditemukan dilapangan pada saat pelaksanaan supervisi oleh sanitarian sesuai dengan area wilayah kerjanya. Aplikasi Si SANTRI dibuat dengan memanfaatkan layanan google form (Survei online) yang diakses menggunakan shortcut yang dikonversi menjadi aplikasi Android. Dalam melakukan evaluasi kinerja pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah sakit diperlukan banyak data yang harus dikumpulkan. URAIAN INOVASI A. DATA UMUM Judul inovasi : Si SANTRI (Sistem Informasi Sanitasi Terintegrasi) Tanggal inisiatif : 1 Oktober 2016 Kategori : Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Aparatur II. salah satu instrumen standarnya adalah menggunakan formulir inspeksi sanitasi (IS). karena sebagian besar supervisor sanitasi sudah bisa dan familiar dengan Handset berbasis Android dan harganyapun sudah terjangkau. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diatas maka diperlukan suatu sistem komputerisasi secara otomatis sehingga hasilnya dapat diperoleh secara cepat. III. ANALISIS MASALAH. AMKL I. NASKAH LOMBA INOVASI PELAYANAN PUBLIK Oleh : (INSTALASI SANITASI) RACHMAD ARIFUDDIN. sebelumnya inspeksi sanitasi menggunakan formulir fisik sehingga dengan Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . RINGKASAN INOVASI Pengumpulan data kondisi kesehatan lingkungan (Sanitasi) rumah sakit saat ini mutlak sangat diperlukan sebagai dasar evaluasi kinerja pengelolaan kesehatan lingkungan di rumah sakit.

serta dapat mengevaluasi kinerja setiap staf yang diberikan tugas untuk mengawasi di suatu area. poliklinik. banyaknya area yang diawasi meliputi ruang rawat inap. instalasi. Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . terolah dan dapat segera disajikan apabila diperlukan. Dalam hal apa inisiatif ini kreatif dan inovatif Inisiatif ini menjadikan inovatif yang kreatif karena teknik pengumpulan data kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah sakit secara online belum pernah digunakan oleh instalasi sanitasi di rumah sakit yang lain. dan fasilitas penunjang lainnya maka setiap petugas harus membawa banyak lembaran formulir dan otomatis akan sangat banyak menghabiskan cetakan atau kertas dalam satu bulan. Belum lagi setiap petugas harus melakukan rekapitulasi dan pengolahan datanya sehingga akan memakan waktu yang cukup sampai data dapat disajikan dalam sebuah laporan serta risiko hilangnya data karena formulir yang terlewat atau hilang Sehingga untuk mengurangi penggunaan kertas serta mempercepat proses rekapitulasi. PENDEKATAN STRATEGI Siapa saja yang telah mengusulkan pemecahannya dan bagaimana inisiatif ini telah memecahkan masalah tersebut? Ide dari penggunaan aplikasi Si Santri adalah gagasan dari Kepala Instalasi Sanitasi dan didukung pelaksanaanya oleh seluruh staf Instalasi Sanitasi. Data bisa langsung dimasukkan dan kepala instalasi sanitasi dapat melihat langsung hasilnya. Dengan penggunaan formulir survey berbasis online tersebut instalasi sanitasi tidak lagi melakukan perbanyakan lembar formulir baik dengan cetak langsung (Print) ataupun dengan cara fotocopy. B. analisis data dan pelaporan maka diperlukan sebuah sistem pengumpulan data (entry ) secara digital sehingga data yang masuk dapat langsung terekapitulasi.

Siapa saja pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan? Keterlibatan seluruh staf instalasi sanitasi sangat diperlukan secara penuh untuk melakukan entry data secara rutin. Selain itu. Kemudian aksesnya diperpendek dengan mengkonversi link formulir online menjadi aplikasi Android. C. c. Sumber daya apa saja yang digunakan untuk inisiatif ini dan bagaimana sumber daya itu dimobilisasi? Sumber daya yang diperlukan dalam implementasi inovasi ini terdiri dari : a. karena harus di entry harian oleh Supervisor yang bertanggung jawab dan dapat segera menindaklanjuti keluhan yang terkait dengan tupoksi Instalasi Sanitasi dari setiap unit yang masuk Via Telegram Group Lapor RSUD Ulin Banjarmasin serta Group Koordinasi Pelayanan Cleaning service yang kemudian datanya langsung di Enrty. karena handset android yang harga murahpun sudah bisa menggunakannya. Sumber daya tenaga : yang terdiri dari seluruh staf instalasi sanitasi untuk selalu melakukan pengawasan lingkungan setiap hari dan mengentrynya kedalam formulir online Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . Dengan sistem ini dapat menghemat penggunaan kertas dan tinta printer untuk pencetakan formulir inspeksi sanitasi. dan apabila memang ada yang tidak bisa maka menggunakan formulir manual. Kemudia aplikasi dibagikan dan diinstalkan kepada seluruh staf yang menggunakan handset android dan bagi yang belum menggunakan disarankan untuk membelinya. PELAKSANAAN DAN PENERAPAN a. b. Bagaimana Strategi ini dilaksanakan Strategi dalam menerapkan inovasi ini adalah dengan membuat formulir inspeksi sanitasi yang sesuai dengan permenkes 1204 tahun 2004 tentang kesehatan lingkungan rumah sakit.

Kemudian masih ada yang belum bisa membeli hanset android serta kuota data yang tidak tersedia. Apa saja keluaran(output) yang paling berhasil? Output inovasi dengan metode ini. Sistem apa saja yang diterapkan untuk memantau kemajuan dan mengevaluasi kegiatan? Untuk memastikan inovasi ini berjalan sesuai tujuan maka diperlukan pemantauan hasil entry secara rutin. Data bisa langsung dimasukkan dan kepala instalasi sanitasi dapat melihat langsung hasilnya. serta menyarankan untuk mengentry data sesuai kondisi yang ditemukan dilapangan. d. Sumber daya pembiayaan : Perlunya biaya untuk akses internet d. f. telah terbukti efektif dan efisien pelaksanaan tugas melakukan perbanyakan lembar formulir baik dengan cetak langsung (Print) ataupun dengan cara fotocopy. serta dapat mengevaluasi kinerja setiap staf yang diberikan tugas untuk mengawasi di suatu area. Aplikasi Si SANTRI. Sumber daya sarana prasarana: tersedianya Gadget yang bisa menjalankan aplikasi c. b. Untuk mengatasi masalah tersebut kapala instalasi sanitasi menyediakan hotspot internet di ruangan Instalasi sanitasi sehingga seluruh staf yang kehabisan kuota internet bisa mengisinya di ruangan instalasi baik menggunakan Hanset Android maupun dengan Komputer diruangan Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . Apa saja kendala utama yang dihadapi dan bagaimana kendala tersebut dapat diatasi? Kendala utama dalam implementasi inovasi ini adalah ketertiban pengisian formulin yang masih turun naik serat validasi data yang kadang masih kurang atau tidak sesuai dengan kondisi dilapangan. e. dan segera memberikan arahan kepada seluruh staf instalasi sanitasi untuk segera mengentry data apabila ada yang belum mengentry pada hari berjalan.

Apa saja manfaat utama yang dihasilkan inisiatif ini? Kemudahan untuk pengumpulan data hasil evaluasi pelaksanaan kebersihan dan kesehatan lingkungan. D. Sebelumnya inspeksi sanitasi dengan menggunakan formulir fisik maka dalam satu bulan meja dan laci dipenuhi kertas formulir. I Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . . setiap data yang terkumpul dapat diolah untuk apa saja yang terkait dengan tupoksi Instalasi sanitasi. c. dan SKP (sasaran kerja pegawai). kemudian Aplikasi Si Santri masih bisa dikembangkan fitur-fiturnya agar tidak hanya bisa menampilkan data entry dan hasil analisis data secara otomatis saja. dapat digunakan untuk evaluasi kinerja staf instalasi sanitasi dan evaluasi kinerja pelaksana kebersihan (pihak ke-3). untuk rekapitulasi memakan waktu lama. data dapat diambil kapanpun tanpa harus mencari berkas fisik. pengolahan data sampai didapatkan hasil untuk pelaporan menjadi lama. Peluang replikasi sangat besar dan mudah oleh Pihak Rumah sakit lainnya atau pihak Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang wajib melakukan inspeksi sanitasi lingkungan secara rutin. Apa bedanya sebelum dan sesudah Inovasi? Perbedaan yang paling utama adalah penghematan penggunaan kertas. evaluasi sasaran kerja pegawai dan Dupak. b. Dapat dijadikan sebagai data dalam pembuatan daftar usul kenaikan pangkat (DUPAK). DAMPAK DAN KEBERLANJUTAN a. Keberlanjutan dan Peluang Direplikasikan Sejak inisiatif ini dilaksanakan maka permasalahan seperti yang disampaikan sebelumnya dapat teratasi. kecepatan dalam entry data dan pengolahan data serta pengarsipannya . Tetapi juga dapat ditambah dengan output dalam bentuk formulir sasaran kerja pegawai.

d. sehingga dapat membantu dalam evaluasi dan perbaikan yang akan datang. Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI . Apa saja Pelajaran yang dapat dipetik Komitment yang kuat semua staf instalasi sanitasi untuk melakukan pengawasan (supervisi) lingkungan rumah sakit serta mengentry data secara real atau senyatanya sangat diperlukan agar dapat diperoleh dan menghasilkan data yang valid sesuai dengan kondisi yang ada.

LAMPIRAN : DOKUMENTASI Si Santri Visualisasi Aplikasi Si SANTRI di Handset Android Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .

VISUALISASI FORMULIR Si SANTRI Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .

VISUALISASI HASIL DATA ENRTY YANG TEREKAM SESUAI TAHUN BULAN DAN TANGGAL ENTRY VISUALISASI REKAPITULASI DATA ENTRY PER ORANG SUPERVISOR SANITASI SEBAGAI BAHAN EVALUASI KINERJA STAF INSTALASI SANITASI Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .

VISUALISASI SALAH SATU INDIKATOR KESEHATAN LINGKUNGAN YANG DIPERIKSA VISUALISASI GRAFIK DATA ENTRY UNTUK TEMPAT SAMPAH MEDIS Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .

VISUALISASI HASIL DATA ENTRY YANG DIDOWNLOAD DALAM FORMAT MICROSOSFT EXCEL YANG SIAP DIOALAH SECARA LEBIH LANJUT SESUAI KEPERLUAN Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .

50 Cukup 5 Ruang Aster Lantai 5 9.00 Baik 8 Ruang IDI 5. ZONE 3 DIAGNOSTIK 1 Gedung diagnostik lantai 1 8.50 Cukup_Baik SALAH SATU HASIL PENGOLAHAN DATA ENTRY MENJADI SKORING TINGKAT KEKOTORAN AREA KERJA CLEANING SERVICE SEBAGAI BAHAN EVALUASI KINERJA Naskah Lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 – RSUD Ulin Banjarmasin : Si SANTRI .50 Cukup_Baik 7 Ruang Perpustakaan 5.00 Cukup 5 Ruang IGD terpadu Lantai 5 9.50 Cukup_Baik 6 Ruang RJA 7.50 Cukup_Baik 4 Ruang Anggrek lantai 4 8.00 Cukup III. ZONE 5 TULIP 1 Ruang Tulip lantai 1 10. ZONE 4 ANGGREK BARU 1 Ruang Anggrek lantai 1 8.00 Baik 9 Ruang Instalasi Sanitasi 6.00 Cukup 4 Ruang Aster Lantai 4 9.50 Cukup 4 Ruang Tunggu Keluarga Pasien 11.00 Cukup_Baik IV.50 Cukup 5 Ruang IRNA 7.50 Cukup_Baik V. ZONE 2 IGD 1 Ruang IGD terpadu Lantai 1 11.00 Cukup 4 Ruang IGD terpadu Lantai 4 11.00 Cukup_Baik 3 Ruang Anggrek lantai 3 8. AREA KERJA KEKOTORAN KATEGORI (% ) I.00 Cukup_Baik 2 Gedung diagnostik lantai 2 8.00 Cukup 2 Ruang Tulip lantai 2 11.00 Cukup 3 Ruang Aster Lantai 3 9.00 Cukup 6 Ruang IGD terpadu Lantai 6 11.00 Cukup_Baik 3 Gedung diagnostik lantai 3 8.50 Cukup_Baik 2 Ruang Aster Lantai 2 9.00 Cukup 2 Ruang IGD terpadu Lantai 2 10.00 Cukup 3 Ruang IGD terpadu Lantai 3 9.00 Cukup II.00 Cukup 3 Ruang Tulip lantai 3 10. REKAPITULASI HASIL EVALUASI KINERJA CLEANING SERVICE SKORING TINGKAT KEKOTORAN RSUD ULIN BULAN MEI 2017 SKORING NO. ZONE 1 ASTER 1 Ruang Aster Lantai 1 8.00 Cukup_Baik 10 Logistik 8.70 Cukup 2 Ruang Anggrek lantai 2 8.00 Cukup_Baik 4 Gedung diagnostik lantai 4 8.