Inilah Perbedaan Pada 13 Kata dan Ungkapan Yang Kelihatannya Mirip!

Beberapa kata seperti “everyone” dan “everybody” atau “have to” dan “must” memiliki makna
yang serupa. Namun sebenarnya mereka tidak sepenuhnya sama. Apakah kamu memilih kata
tersebut berdasarkan tebakan atau “rasa-rasanya” saja? Ketika kamu sudah mengerti apa
perbedaannya, maka kamu dapat mengekspresikan pikiranmu dengan kata yang tepat.

Nah kini saatnya kita mengupas perbedaan dari kata-kata yang memiliki makna serupa namun
kerap kali salah digunakan.

1. "Everyone" dan "Everybody"

Kedua kata ini memiliki arti semua orang atau siapapun. Namun “everybody” biasanya digunakan
pada percakapan non-formal.

Pada kalimat yang mengandung “of” + diikuti dengan kata benda jamak, maka gunakan “every
one” bukan “everybody” dan harus ada spasi antara “every” dan “one”.

Contoh:

Hello, everyone! Nice to meet you.

Does everybody go out to the sea?

Every one of them was glad to hear that.

2. "Project" dan "Plan"

Kedua kata ini sama-sama memiliki arti rencana.

Namun "project" mengindikasikan sesuatu yang yang berasal dari rencana berskala besar yang
yang dilakukan oleh organisasi tertentu untuk suatu rencana pribadi

"Plan" digunakan dalam konteks yang bermacam-macam, namun lebih cocok untuk
menggambarkan rencana pribadi.

Contoh:

The Japanese government is working on a joint project with the U.S. government.

I have a plan to study abroad.

3. "Form" dan "Shape"

Kedua kata ini sama-sama memiliki arti bentuk.

"Form" mengindikasikan bentuk dalam artian yang luas, seperti bayangan, cairan, dan organisasi
(tidak spesifik). Kata ini juga sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu dalam bentuk
abstrak.

"Shape" memliki arti bentuk fisik (spesifik dan bisa digambarkan bentuknya) dan sering digunakan
untuk menggambarkan bentuk tiga dimensi.

Contoh:

The form of the country’s government is different from ours.

There is a rock in the shape of a dog.

4. "Early," "Fast," "Quickly," dan "Rapidly"

Kata-kata ini memiliki arti yang serupa, baik lebih awal maupun dengan cepat.

"Early" memiliki arti periode waktu tertentu yang lebih lebih awal.

"Fast" memiliki arti bahwa sesuatu yang terus menerus (stabil) berlangsung cepat. Kata ini di bisa
digunakan untuk mengungkapkan kecepatan yang terus menerus. Misalnya berlari atau berenang

Berbeda dengan "quickly", yang memiliki arti bahwa sesuatu terjadi dengan cepat dalam suatu
waktu. Kata in juga memiliki arti ketika sedang melakukan sesuatu yang durasinya tidak terlalu
lama, seperti “respon cepat” atau “serangan cepat” dalam permainan bola volley (durasi dalam
merespon dan menyerang di sini tidak lama atau dalam suatu periode saja)

"Rapidly" digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mengalami perubahan pada kecepatan
awalnya (dasar). Kata ini juga menggambar suatu hal yang mengalami pertumbuhan, perubahan,
atau perkembangan dengan cepat yang tidak seperti biasanya/normalnya

Contoh:

I get up early every morning.

He can swim very fast. (kecepatannya relative stabil)

She ran away quickly. (Berlari cepat untuk durasi tertentu saja)

The birth rate is increasing rapidly. (Angka kelahiran bertambah tidak seperti biasanya)

5. "Big" dan "Large"

Kedua kata ini merupakan kata sifat yang memiliki arti besar. Perbedaannya adalah, kata “big”
biasanya digunakan secara lisan, sedangkan “large” biasanya digunakan secara tertulis (dalam
tulisan) dan sebagai kata yang formal. Kata “big” juga digunakan untuk menggambarkan

proporsi seperti angka dan jumlah. “Large” juga digunakan sebagai kata yang berhubungan dengan jumlah. menurut ukuran pribadi) China is larger than Australia. Contoh: You have become a big boy. "A lot of" dapat digunakan baik pada benda yang dapat dihitung maupun yang tidak. Sedangkan “little” biasanya diikuti dengan kata tambahan yang memiliki makna emosional/suatu sifat tertentu (seperti kelucuan atau kasih sayang). (“Big” di sini subjektif. "Small" menggambarkan sesuatu yang secara memiliki ukuran kecil secara objektif (memiliki ukuran tertentu dan bisa diukur). . (Luas pasar dapat terukur dan penekanan pada luas/angka) She bought a little teddy bear. "Much" digunakan pada benda yang jumlah tidak dapat dihitung. (boneka teddy kecil yang imut) 7." Kata-kata ini menggambarkan suatu yang banyak dan berlimpah. (Jelas terukur. Namun "little girl" memiliki arti gadis yang kecil secara fisik kecil sehingga memberikan penilaian lucu/imut.pemikiran dan konsep mengenai hal-hal yang secara fisik tidak tergambarkan dan bersifat subjektif. Jadi dapat dikatakan untuk hal yang objektif. "Many" digunakan untuk benda dengan jumlah banyak yang bisa dihitung. Contoh: The market of this country is smaller than that of our country. Misalnya dalam kalimat "small girl". "Many. cakupan." "Much. Pada kalimat affirmatif/persetujuan/positif sebaiknya menggunakan “a lot of” dibandingkan “much” Contoh: Many people visit Paris every year." dan "A lot of. ada ukurannya) 6. "Small" dan "Little" Kedua kata ini merupakan kata sifat yang memiliki arti kecil. memiliki arti gadis yang secara fisik kecil. I don’t have much time right now.

"Collect" memiliki arti mengumpulkan barang yang sejenis dari berbagai tempat. Sedangkan "select" memilih dengan objektif. Contoh: The researcher collected information from the internet. We promised to gather in the park. namun digunakan pada benda yang berbentuk abstrak. Contoh: The political party had to select a new leader. 9. "Select" dan "Choose" Kedua kata ini memiliki makna yang sama yaitu memilih. seperti masalah (fix problem) "Repair" digunakan untuk menggambarkan perbaikan yang rumit. do one of the following. "Fix" lebih sering digunakan. "Select" memiliki arti suatu pilihan terbaik yang dipilih diantara banyak pilihan secara objektif "Choose" memiliki arti suatu pilihan terbaik yang dipilih diantara banyak pilihan secara subjektif. Please choose a gift from the catalog. “Choose” memiliki arti memilih dengan subjektif. namun berbeda-beda jenisnya "Collect" memiliki kesan bahwa barang yang dikumpulkan telah dipilih atau berdasarkan permintaan khusus. (banyak orang dari asal berbeda-beda berkumpul) 10.I ate a lot of fish at the restaurant. . 8. Contoh: To fix the problem. "Fix" dan "Repair" Kedua kata ini memiliki arti memperbaiki. Sedangkan "gather" juga memiliki arti mengumpulkan barang dari berbagai tempat. seperti misalnya mesin. "Collect" dan "Gather" Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu mengumpulkan.

Sedangkan "will" digunakan bukan untuk kejadian yang sudah direncanakan. “must” menunjukkan keharusan pribadi untuk belajar agar dapat meraih cita-cita atau tujuan tertentu. Sedangkan “have to” menunjukkan bahwa belajar dilakukan secara ogah-ogahan karena orang tua atau guru akan marah jika tidak dilakukan. * Berdasarkan contoh di atas.She asked me to repair her car. Sedangkan “have to” memiliki arti sesuatu harus dilakukan karena suatu keadaan (bersifat objektif) Contoh: I must study. "Must" dan "Have to" Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu harus melakukan sesuatu. melainkan untuk mengungkapkan suatu prediksi atau niatan tertentu dari seseorang. (hanya prediksi saja) * "Be going to" pada kalimat di atas dikaitkan dengan laporan cuaca atau cuaca langit yang mendung. atau harus dilakukan karena urusan pekerjaan (bukan dari kemauan sendiri atau adanya dorongan dari faktor luar/kondisi tertentu) 13. "Be going to" digunakan untuk kejadian yang telah direncanakan atau sudah jelas akan terjadi. "Will" dan "Be going to" Kedua kata ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian di masa datang. (sudah jelas akan terjadi) It will rain tomorrow. . 12. "Nice to meet you" dan "Nice to see you" Kedua kata ini terlihat mirip. I have to study. 11. "Must" memiliki arti sesuatu harus dilakukan karena niat subjektif seseorang. namun memiliki makna yang berbeda. Contoh: It’s going to rain tomorrow. Sedangkan “will” menjelaskan bahwa ramalan hujan tersebut merupakan prediksi pribadi.

I’m late. B:That’s crazy! ※ half an hour = 30 menit Ungkapan ini digunakan untuk merespon orang lain ketika mereka sedang menceritakan pengalamannya. namun terkadang tidak mudah disadari bahwa memiliki perbedaan ketika digunakan dalam berbicara dan belajar Bahasa Inggris. Kata-kata diatas merupakan kata dan ungkapan dasar saja. Arti ungkapan ini bukan berarti seseorang gila (crazy memiliki arti secara harafiah sebagai gila). The subway was messed up and I was trapped for half an hour. Kamu juga bisa menggunakan "He/She's crazy!" untuk merujuk pada seseorang secara langsung. Pada kalimat di atas. Contohnya ketika kamu melihat seseorang yang sedang berlagak memamerkan pakaiannya atau seseorang yang memiliki perilaku yang sangat keterlaluan. kemampuan berbahasa Inggrismu tentu akan semakin berkembang. kata “mess up” merupakan sebuah idiom/ungkapan yang memiliki arti berantakan atau kacau. hal-hal seperti ini akan mulai terasa penting. namun hindari dan berhati-hati ketika mengungkapkan pada orang yang bersangkutan. Let’s get started! 13 ungkapan yang akan memperkaya ekspresimu Bahasa Inggrismu 1. . Pastikan kamu memeriksa kembali apakah setiap kata yang kelihatannya serupa pasti memiliki makna yang sama? Serta dengan mencari tahu setiap perbedaannya. hal ini berarti kamu senang dapat bertemu kembali dengan orang tersebut. "Nice to see you" digunakan jika kalian bertemu dengan seseorang yang sebelumnya pernah kalian temui."Nice to meet you" digunakan jika kalian bertemu seseorang untuk pertama kali. That’s crazy A:Sorry. Seiring dengan berkembangnya kemampuan berbahasa Inggris dan kosakatamu.

my bad. ketika kamu menggunakan ungkapan ini pada kecil. "Don't sweat". kata ini dilafalkan seperti "A. tentu ungkapan ini memiliki makna seperti makna aslinya (kerjaan PR-mu) . Dalam penggunaan Bahasa slang. Ungkapan ini biasanya digunakan untuk mengakui kesalahan kecil. do one’s homework A:That presidential candidate didn’t know what he was saying about the immigration issue. namun sebaiknya tidak digunakan pada saat pertemuan formal dan sebagainya. "Homework" biasanya digunakan untuk sekolah. S. B:He needs to do his homework before he speaks. P. Sedangkan ASAP merupakan singkatan dari “as soon as possible”. The deadline is next month. Namun. namun bisa juga merujuk pada persiapan dan pengecekan yang sudah dilakukan dalam pekerjaan atu kehidupan sehari-hari.2. dan lainnya. jarang digunakan untuk kesalahan fatal/besar. memiliki arti jangan biarkan dirimu berkeringkat. bahan bakar. don’t sweat A:I got to apply for the scholarship ASAP! B:Don’t sweat it. Ungkapan ini merupakan ungkapan kasual. ketika kamu akan membeli sebuah mobil. A. Are you sure about it? B:Oh. kamu tentu akan melakukan persiapan dan memeriksa segala hal. my bad A:My boss said I had to attend a conference on Monday. You have enough time to prepare. Ungkapan ini juga berarti. but I gave her the wrong date. seperti harga." 3. 4. tenang atau jangan tegesa-gesa. It’s actually on Tuesday. jadi kamu bisa gunakan ungkapan ini kepada temanmu. Contohya.

What’s that? A:I need to see (subway noise). Juga bisa digunakan pada saat akan memberikan saran. dengan kata lain ketika kamu hendak memberitahu kepada oranglain bahwa kamu akan membicarakan sebuah topik tidak disangka-sangka/mengejutkan. Contoh di atas merupakan contoh kalimat dengan nada yang kurang menyenangkan ketika kamu hendak memberikan saran. B:…You know what? I think it’s better if you stay in New York and go to a school here. Banyak orang yang menggunakan ungkapan ini beberapa tahun belakangan. he’ll back off. Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan makna “pada akhirnya”. (back down) Ungkapan ini berasal dari ide bahwa segala sesuatu harus selesai pada penghujung hari. B:What’s that? . Namun ungkapan ini juga dapat digunakan juga jika ada sebuah peristiwa menyenangkan yang tidak disangka-sangka dan kamu ingin menyampaikannya pada orang lain. B:At the end of the day. 7. You know what? A:California or North Carolina? I haven’t made up my mind which college I’m going to. Contohya: You know what? I was accepted to Harvard! 6.5. Ungkapan ini sering digunakan untuk membahas/permulaan pada saat akan masuk pada sebuah topik. at the end of the day A:The couple has been discussing their honeymoon for a whole month! The bride wants to go to Jamaica but the groom wants to go to Japan.

Hati-hati dalam menggunakan ungkapan ini karena bisa saja berpotensi untuk membuat orang lain marah (tergantung pada situasinya juga). 9. ungkapan ini memiliki makna seperti kata “titik”. like letters. seperti seseorang yang memiliki ide revolusi yang bagus atau sebuah produk yang memiliki fitur baru. Kalimat “see a doctor” pada percakapan di atas kerap digunakan dibandingkan “go to hospital”. period A:Mom. mengisi suatu makanan (misalnya sandwich) ke dalam tas karton coklat ke sekolah atau tempat kerja.A:I said I need to see a doctor today! Ungkapan ini digunakan ketika kamu menanyakan apa yang seseorang katakan ketika kamu tidak bisa mendengarkan/tidak mengerti perkataannya. even brown bag lunches? B:Wow. . packages. kedua kalimat ini memiliki arti yang serupa. Kata “shoes” (Jordan’s) pada percakapan di atas adalah bentuk jamak. it’s not rocket science A:My sink is clogged and I don’t know what to do. 10. Why not me? B:Because those are too expensive for a 3rd grader. Kata “brown bag lunch" memiliki arti yang serupa dengan ‘bento”. maka kata tersebut dapat diganti dengan “those” dan “them”. you don’t understand! Everybody’s wearing Jordan’s. that’s a game changer! It would change our lives forever! Ungkapan ini merujuk pada sesuatu hal/benda yang memiliki kemampuan untuk mengubah keadaan. game changer A:Have you heard about the latest cell phone which can actually send stuff. Jika dalam percakapan Bahasa Indonesia. Karena ungkapan ini memiliki arti sebagai pengakhir. Period! “Period” merupakan suatu ungkapan yang digunakan pada akhir kalimat. 8. I’m not buying them. untuk menegaskan bahwa tidak akan ada percakapan selanjutnya mengenai suatu topik.

ketika ada kesulitan dalam medapatkan kesepakatan bersama pada sebuah diskusi kelas. you never know A:Nikki isn’t the best person for a prom queen. Nikki is smarter and very popular. freaked out A:I was totally freaked out when I saw a woman in a mermaid costume with only pasties on her breasts in the subway! B:Only in New York! Ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan sebuah kejutan sederhana namun bisa memberikanmu kejutan hingga kamu merasa beku/tidak bergerak di tempat. like Skyler or Zoe. 12. "Rocket science" digunakan untuk melambangkan sesuatu yang sulit. Just take a vote” (Ini bukan hal yang sulit. There are prettier girls. sebuah pesta dansa yang dilakukan menjelang/sesudah kelulusan. cukup lakukan pemungutan suara 11. “It’s not rocket science. One of them will win. Ungkapan ini dapat digunakan pada situasi apapun. *Prom queen= murid perempuan yang dipilih sebagai “ratu” prom. Ungkapan “you never know". .B:It’s not rocket science. Get your toolbox and try it. B:You never know. Maka kamu dapat berkata. memiliki arti tidak ada orang yang memiliki kemampuan untuk memprediksi suatu hal. Contohnya.

Kamu juga dapat menemukan ungkapan-ungkapan lainnya dari percakapan sehari-hari para native speakers. Poor kids could thrive with the internet and eventually contribute to society. see the bigger picture A:The government’s providing free Wi-Fi to low income households. 13. sedikit demi sedikit kemampuan Bahasa Inggrismu akan menjadi lebih hidup dan natural. kamu tidak perlu khawatir! Karena seiring dengan seringnya kamu berlatih dan menggunakan ungkapan-ungkapan ini. Selamat mencoba! . B:You have to see the bigger picture."Only in New York" adalah sebuah ungkapan yang berarti sesuatu yang aneh yang hanya bisa terjadi di kota New York. Ungkapan ini memiliki arti agar kamu melihat sesuatu untuk secara keseluruhan tanpa hanya melihat pada hal-hal yang kecilnya saja. It’s unfair to middle class. Walaupun pada saat ini kamu belum bisa menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut layaknya native speaker. Hal yang perlu diingat ketika mengunakan ungkapan ini adalah selalu gunakan awalan “the”. seperti “the big picture” Ungkapan-ungkapan di atas merupakan contoh dari ungkapan-ungkapan yang ada di sekitar kita.

Bagaimana harimu di sekolah? Gina: It was great. Gina: Wow! Terimakasih ibu. mom. Mrs.Dialog Actors: Gina as Daughter/ Anak Mrs. I made your favorite food. Ibunya bertanya beberapa pertanyaan kepadanya tentang harinya di sekolah. Her mother asks some question for her about her day in school. Mrs. Mrs. Lalu kemari. Then come here we take lunch together and make a conversation. Rebbeca as Mother/ Ibu Situation: Gina is back from school. Kita makan siang bersama dan ngobrol. Rebbeca: Really? Well. Let’s check it out! Situasi: Gina kembali dari sekolah. You are the best. Rebbeca: Hi. Rebbeca: You are welcome. Kamu yang terbaik. Wash your face and change your uniform. I’m home. Cuci muka dan ganti seragam mu. . Mari kita simak! Gina: Hi mom. sweetheart. Ibu Rebbeca: Kembali. Gina: Wow! Thanks. aku pulang. Gina: Hi mom. Sayang. How was your day at school? Ibu Rebbeca: Hi. ibu membuat makanan favoritmu. Ibu Rebbeca: Benarkah? Yah. Gina: Menyenangkan.

Gina: Eeemmm… It must be yummy. ………………. Gina: Thanks. Mrs. Rebbeca: Are you hungry? Ibu Rebbeca: Apakah kamu lapar? Gina: So badly. mom. mom. We get lunch together. Ibu Rebbeca: Biar ibu ambilkan untuk mu … Ini dia.. later ………………. Gina: Baik. Mrs. kemudian Mrs. Rebbeca: Come here. ibu.. Kita makan siang bersama-sama. 😀 Gina: Lapar sekali 😀 Mrs. Ibu Rebbeca: Kemarilah. Rebbeca: Let me take it for you… Here you go. Gina: Eeemmm … Pasti lezat.Gina: Okay. Gina: Terima kasih. Rebbeca: Do you prefer mango to orange juice? Ibu Rebbeca: Apakah kamu lebih suka jus mangga atau jus jeruk? . ibu.

ibu. She is kind. Her family moved here yesterday. Mrs. Mrs. Gina: Thanks a lot. Mrs. I do. Di sini Anda pergi. She will stay for 3 years until the graduation. Rebbeca: So. mom. Dia memberi ku souvenir dari kotanya. Rebbeca: Alright. Gina: Yah. ibu. Dia baik. Mrs. aku punya teman sekelas baru. She is from out of the town.Gina: I prefer orange to mango juice. Dia dari luar kota. mom. Dia akan tinggal selama 3 tahun sampai kelulusan. katakan padaku. Apa yang kamu alami di sekolah mu? Gina: Well. Here you go. Apakah kamu menyukainya? Gina: Yes. Namanya Tina. Gina: Aku lebih suka jeruk daripada jus mangga. She gave me a souvenir from her town. Gina: Ya. Rebbeca: That’s nice. Ibu Rebbeca: Baiklah. Do you like her? Ibu Rebbeca: Itu bagus. I have a new classmate. Keluarganya pindah ke sini kemarin. Her name is Tina. Gina: Terima kasih banyak. What was your experience at your school? Ibu Rebbeca: Jadi. tell me. Rebbeca: Really? Ibu Rebbeca: Benarkah? .

ibu. Apakah ibu tahu? Dia satu tahun lebih tua dari ku. Mrs. Rebbeca: Oh. Mrs. Gina: Ya. Gina: Aku dapat 75. my dear. Rebbeca: Oh. Mrs.Gina: Yeah. Did you know. Rebbeca: How was your test? Did you get a good score? Ibu Rebbeca: Bagaimana ujian mu? Apakah kamu mendapatkan skor yang baik? Gina: I got 75. sayangku. That’s so sad. Apakah kamu tahu alasannya? Gina: Yes. I’m sorry. Rebbeca: Oh. Maafkan aku. . I’m sorry to hear that. She can’t walk normally. Ibu Rebbeca: Oh. Itu ini disebabkan oleh insiden mobil 2 tahun yang lalu. I do. Gina: Ya. mom. Itu sangat menyedihkan. aku juga Dia tidak bisa berjalan dengan normal. She was hospitalized for year Gina: Ya. Gina: Ya. 😀 Ibu Rebbeca: Oh. ibu turut menyesal mendengarnya. mom? She is a year older than me. so am I. Gina: Yeah. 😀 Gina: Yeah. Dia dirawat di rumah sakit selama satu tahun. Do you know the reason? Ibu Rebbeca: Oh. Mrs. It was caused by the car incident 2 years ago.

Rebbeca: What a good girl. ibu. kamu harus tetap berjuang lebih keras dari ini untuk mendapatkan nilai 100. Aku akan menyelesaikannya terlebih dahulu. Rebbeca: Have you finished your meal? Ibu Rebbeca: Apakah kamu telah selesai makan? Gina: Yes. Mrs. I will finish it first. I have. wash the dishes. my dear. Gina: Baik. Ibu Rebbeca: Tolong. ibu. I have homework from my teacher. Selanjutnya. Next. mom. Rebbeca: Do you want to take a nap? Ibu Rebbeca: Apakah kamu ingin tidur siang? Gina: No. Gina: Okay. Gina: Ya. Sayang. Saya memiliki pekerjaan rumah dari guru saya. . you have to keep harder than this to get 100. mom. Gina: Baiklah. Mrs. cuci piring.Mrs. Rebbeca: That’s okay. Ibu Rebbeca: Gadis baik. I don’t. Gina: Tidak. Gina: Okay. aku tidak. Mrs. Rebbeca: Please. Mrs. Ibu Rebbeca: Tidak apa-apa.

ibu. Mrs. Simak penjelasan tentang Imperative Sentence di sini: 7 Fungsi Penggunaan Imperative Sentence Lengkap dengan Contoh Kalimat dan Arti 2. Rebbeca: Let me take it for you… Here you go. We get lunch together. Gina: Terima kasih. Mrs. sayangku. Mrs.Gina: Thank you. I’ll wash the dishes. Rebbeca: Alright. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: Eeemmm… It must be yummy. Rebbeca: Please. Ibu Rebbeca: Kembali. Here you go. Penjelasan dari Dialog di atas: 1. Rebbeca: You’re welcome. Gina: I’ll go to the kitchen. Ibu Rebbeca: Silakan. Rebbeca: You are welcome. We take lunch together and make a conversation. . Aku akan mencuci piring. my dear. Mrs. Mrs. Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs. Wash your face and change your uniform. Gina: Aku akan pergi ke dapur. Then come here. mom. Kalimat yang bercetak tebal adalah Imperative Sentence. Rebbeca: Come here.

Simak penjelasan tentang Modal di sini: Penggunaan “Modals” dalam Bahasa Inggris 3. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: Yes. Rebbeca: Do you prefer mango to orange juice? Gina: I prefer orange to mango juice. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: Yeah. Next. Kalimat yang bercetak tebal adalah Comparative Degree. Rebbeca: Oh. Simak penjelasan tentang Sympathy di sini: Penjelasan dan Penggunaan “Expressing Sympathy” Lengkap dengan Contoh Dialog dan Arti 7. mom? She is a year older than me. It was caused by the car incident 2 years ago. Simak penjelasan tentang Preference di sini: Rumus dan Penggunaan “Preference” dalam Kalimat Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contoh Soal dan Jawaban 4. my dear. Rebbeca: Oh. . Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs. so am I. Mrs. Simak penjelasan tentang Passive Voice di sini: 30 Contoh Soal Passive Voice Beserta Jawaban dan Penjelasannya 6. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: Yeah. you have to keep harder than this to get 100. Kalimat yang bercetak tebal adalah Passive Voice. my dear. I’m sorry to hear that. Rumus dan Contoh Kalimat Degrees of Comparison “Positive/ Comparative/ Superlative” 5.Kalimat yang bercetak tebal adalah Modal. She was hospitalized for year. She can’t walk normally. That’s so sad. Did you know. I do. Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs. Jenis. Kalimat yang bercetak tebal adalah Sympathy. Simak penjelasan tentang Comparative Dregree di sini: Pengertian. mom. Kalimat yang bercetak tebal adalah Preference. Mrs. Rebbeca: That’s okay.

Rebbeca: Really? Well. mom. Penggunaan. Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs. mom. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: I got 75. Contoh Kalimat. my dear. Simak penjelasan tentang Apologizing di sini: Pengertian. I made your favorite food. Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs.Kalimat yang bercetak tebal adalah Elliptical Construction. Simak penjelasan tentang Advice di sini: Dialog Bahasa Inggris 2 Orang tentang “Giving Advice” di Gymnasium 10. Rumus. Rebbeca: That’s okay. Gina: Thank you. mom. Contoh Kalimat dan Contoh Dialog 12. Penjelasan dan Penggunaan “Asking for Apology” Lengkap dengan Contoh Dialog dan Arti serta Latihan Soal 9. . Penggunaan. mom. Next. mom. Rebbeca: What a good girl. Gina: Thanks a lot. Gina: Thanks. You are the best. Simak penjelasan tentang Elliptical Construction di sini: Materi Listening Penggunaan “So/ Too and Either/ Neither” 8. dan Contoh Dialog 11. Kalimat yang bercetak tebal adalah Apologizing. Kalimat yang bercetak tebal adalah Expressing Admiration Simak penjelasan tentang Expressing Admiration di sini: Expressing Admiration: Pengertian. Kalimat yang bercetak tebal adalah Advice. I’m sorry. Perhaikan kalimat di bawah ini: Gina: Wow! Thanks. Kalimat yang bercetak tebal adalah Expressing Gratitude Simak penjelasan tentang Expressing Gratitude di sini: Expressing Gratitude: Pengertian. you have to keep harder than this to get 100. Perhaikan kalimat di bawah ini: Mrs.

mom. You are the best. Do you like her? Mrs. Rebbeca: Really? Kalimat yang bercetak tebal adalah Responding to Good News Simak penjelasan tentang Responding to Good News di sini: Pengertian.Gina: Wow! Thanks. Penjelasan dan Penggunaan “Responding to Good News” Lengkap dengan Contoh Dialog dan Arti serta Latihan Soal Semoga artikel ini membantu kalian memahami materi Bahasa Inggris lebih dalam lagi. Amin http://www.com/dialog-bahasa-inggris-sehari-hari-antara-anak-dan-ibu-di- rumah/ . Mrs. Rebbeca: That’s nice.pustakabahasainggris.