BAB II

LAPORAN KASUS PSIKIATRI

Pemeriksaan mulai dilakukan pada Tanggal 12 Oktober 2016 pada pukul 07.00

WIB di Ruang Rawat Jiwa RSUD Datu Beru Takengon, sampai Tanggal 16 Oktober 2016.

Sumber anamnesa : autoanamnesa dan alloanamnesa.

KETERANGAN PRIBADI PASIEN

Nama : Zikransyah

Jenis Kelamin : Laki-laki

Tempat dan Tanggal Lahir : Takengon, 13 Juni 1989

Status Perkawinan : Menikah

Bangsa : Indonesia

Suku : Gayo

Agama : Islam

Pendidikan : SMA ( Sekolah Menengah Atas)

Pekerjaan : Petani

Alamat dan Telepon : Kala Kemili

Pernah masuk ke RS dengan

Keluhan yang sama atau berbeda :Belum pernah masuk ke rumah sakit sebelumnya.

KETERANGAN DIRI ALLO/INFORMAN

Alloanamnesis dengan ibu kandung pasien pada tanggal 14 Oktober 2016 via Telepon.

Nama : Khadijah

Jenis Kelamin : Perempuan

Umur : 48 tahun

Keluhan utama (Chief Complaint) pasien: pasien mengaku sering mendengar bisikan yang tidak jelas. Riwayat perjalanan penyakit sekarang ini Sekitar 1 bulan yang lalu awalnya pasien mendengar bisikan – bisikan. pasien mulai menunjukkan keanehan seperti sering mengamuk bahkan sampai curiga istrinya selingkuh dan mau di tinggalkan oleh istrinya. 4. kira-kira 3 hari sebelum pasien dirawat. Sebab utama pasien dibawa ke RSJ : pasien sering marah-marah dan mengamuk 3. 085358846663 Hubungan dengan pasien : Anak kandung Keakraban dengan pasien : Biasa Sudah berapa lama mengenal pasien : Sejak pasien lahir Kesan pemeriksa / dokter terhadap keterangan yang diberikannya : Bisa dipercaya I.Os sebelumnya belum pernah berobat ke dokter.Pekerjaan : Guru Pendidikan : S1 Alamat dan Telepon : Atu Lintang. . Pasien datang ke fasilitas kesehatan (RSJ Datu Beru) dibawa oleh “Keluarga” 2. Anamnesis Keterangan/anamnesis diperoleh dari pasien sendiri (autoanamnesis) dan informan (alloanamnesis) yang didapat ibu kandung OS via telepon 1.

Pengakuan ibunya . Riwayat penyakit sebelumnya Pasien belum pernah menderita hal seperti ini dan baru pertama kali ini di rawat di RSJ Datu Beru Takengon. os tidak bisa menerima kalau ayah dan ibunya pisah .ibunya pisah dan cerai sama ayahnya. 6. os sama istrinya sering ribut mungkin di karenakan factor ekonomi. Identitas orang tua / pengganti Identitas Orang tua / pengganti Bapak Ibu Nama (Almarhum) Khadijah Bangsa Indonesia Indonesia Suku Gayo Gayo Agama Islam Islam Pendidikan SMA S1 Pekerjaan Petani Guru Umur . berdasarkan informasi dari os sendiri mengatakan bahwa istrinya jika pada saat os bekerja dan membawa pulang sedikit uang maka istri os marah dan apabila uang yang di bawa pulangnya banyak baru istri os senang. Dimana serangan pertama dimulai 1 bulan yang lalu dengan gejala pasien mendengar bisikan dimana dari telinga kiri melarangnya untuk ke mesjid sedangkan telinga kanan menyuruhnya untuk ke mesjid. Riwayat Keluarga OS a. 48 tahun Alamat Atu Lintang Atu Lintang . Dulu os pernah mengamuk seusai tamat SMA karena os ingin sambung kuliah namun orangtuanya tidak ada biaya . bahkan os pernah hampir memukul ibunya. Pada saat Berdasarkan data dari informan sendiri mengaku os marah sama ibunya karena pada saat ayah os sakit.5.

- lain b. Urutan bersaudara Urutan bersaudara dan cantumkan usianya dalam tanda kurung untuk OS sendiri lingkari nomornya 1. baik dan rajin. OS bersaudara 3 orang dan OS anak ke 1. Lk/pr ( 20 tahun ) e. Kepribadian Kepribadian Bapak Zikransyah dijelaskan oleh informan sendiri: Bahwa ayahnya orang yang bertanggung jawab. Gambaran kepribadian masing-masing saudara Saudara Gambaran Kepribadian Hubungan dengan saudara ke 1 Gampang marah Os 2 Baik Akrab 3 Baik Kurang Akrab . c. Lk/pr ( 22 tahun ) 3. ibunya minta pisah sama ayahnya. Ayah os sudah meninggal pada tanggal 1 juni 2016 Kepribadian Ibu Aramiko dijelaskan oleh informan sendiri : bahwa ibunya tidak setia karena pada saat ayahnya sering sakit. Hubungan Akrab Sebelum os nikah akrab OS Dan Lain- . d. Lk/pr ( Os ) 2.

f. OS tinggal bersama istri dan anaknya . Tidak ada Tidak ada Tidak ada 4 Tidak ada Tidak ada Tidak ada Nenek Tidak ada Tidak ada Tidak ada Kakek Tidak ada Tidak ada Tidak ada Dan Lain-lain Tidak ada Tidak ada Tidak ada h. Orang lain yang tinggal dirumah OS No Status OS Gambaran Hubungan OS dengannya Kepribadian dengannya 1 Tidak ada . Penyakit fisik Keluarga kebiasaan Bapak Tidak ada Tidak ada TB paru Ibu Tidak ada Tidak ada Tidak ada Saudara 1 Tidak ada Tidak ada Tidak ada 2 Tidak ada Tidak ada Tidak ada 3. - 4 Tidak ada . - 3 Tidak ada . - 2 Tidak ada . Dan kedua adik os tinggal di rumah lain bersama ibu kandung. g. Riwayat Tempat tinggal yang pernah ditinggali OS Keadaan Rumah Rumah No Tempat Tak tinggal Tenang Cocok Nyaman Menentu 1 Kala kemili Ya Ya Ya - 7. Gambaran seluruh faktor-faktor fisik dan mental yang bersangkut paut dengan perkembangan kejiwaan OS selama masa sebelum sakit (pra morbid) yang meliputi : . - OS tidak tinggal bersama orang lain. Riwayat penyakit jiwa kebiasaan-kebiasaan dan penyakit fisik (yang ada kaitannya dengan gangguan jiwa) pada keluarga OS Anggota Penyakit Jiwa Kebiasaan.

1. Riwayat masa bayi dan kanak-kanak Pertumbuhan Fisik : Baik Minum ASI : Dari lahir sampai usia 2 tahun Usia mulai bicara : 1 tahun Usia mulai berjalan : 11 bulan c.a.) Kesehatan Mental : Baik  Keadaan melahirkan : Aterm  OS anak yang diinginkan b. Kesehatan fisik masa kanak-kanak baik f.5 tahun Tingkah laku orang tua : di ajarkan Perasaan terhadap hal ini : Sabar e. Simptom-simptom sehubungan dengan problem perilaku yang dijumpai pada masa kanak-kanak tidak ditemukan d. g.2. Toilet training Umur : 2. Riwayat sewaktu dalam kandungan dan dilahirkan :  Keadaan ibu saat hamil : a. Kepribadian serta temperamen sewaktu anak-anak adalah suka bergaul. Masa sekolah Perihal SD SMP SMA PT Umur 6 tahun 12 tahun 15 tahun - Prestasi Baik Baik Baik - Aktivitas Baik Baik Baik - Sekolah Sikap Baik Baik Baik - terhadap .) Kesehatan fisik : Baik a.

Masa remaja : Gampang marah i. OS adalah laki-laki dan sudah menikah. teman Sikap Baik Baik Baik - terhadap guru Kemampuan Tidak ada Tidak ada Tidak ada - khusus Tingkah Laku Baik Baik Baik - h. usia hubungan seksual pertama kali setelah menikah (21) tahun. tanggapan tentang haid pertama (-). kehidupan seksual dan rumah tangga : Usia haid pertama (-) tahun. perkawinan. . Kehidupan rumah tangga : Problem rumah tangga Problem : os curiga istrinya selingkuh dan istri os marah pada saat os kerja dan membawa pulang uang sedikit. Percintaan. Keadaan ekonomi : kurang Konflik dengan pekerjaan : tidak ada j.mempunyai anak 1 orang Keterangan pribadi dari isteri : Nama : Nurjannah Umur : 25 tahun Bangsa / suku : Gayo Agama : Islam Pendidikan : SMA Pekerjaan : Jualan sayur Status sosial : rendah Perkawinan didahului dengan pacaran dan perkawinan kurang di setujui orang tua. Riwayat Pekerjaan Usia mulai bekerja 18 tahun. OS mulai bekerja jadi tukang becak dan juga berkebun.

Tingkah laku dan aktifitas Psikomotor = Biasa Cara berjalan : biasa . Tempat tinggal : Rumah sendiri 2. Tidak ada 10. Pasien tidak pernah menggunakan alkohol / obat bius / zat addiktif lainnya II. Stressor Psikososial . Situasi sosial saat ini 1. Pemeriksaan Psikiatri Khusus A. nakal Sehat Sehat Akrab 8. k. Riwayat penyakit fisik . OS tidak pernah suicide. Memiliki hutang 9. Perihal anak-anak OS meliputi Kesehatan Sikap OS No Kelamin Umur Pendidikan Kepribadian Fisik Mental pada anak 1 Laki-Laki 5 tahun . Penampilan Sikap tubuh : biasa Cara berpakaian : biasa Kesehatan fisik : sehat 2. Gambaran Umum : 1. Polusi lingkungan tidak ada 1. 11. Tidak pernah berhubungan dengan polisi/penegak hukum. Keadaan ekonomi yang kurang .

os melihat semua kepala orang yang ada di mesjid berubah jadi kepala anjing. Afek : tidak serasi 2. Pembicaraan dan fragmen pembicaraan : Arus pembicaraan : biasa Produktifitas : biasa Perbendaharaan bahasa : biasa Isi pembicaraan : sesuai C. Depersonalisasi (-). Sikap terhadap pemeriksa Kooperatif B. Mood. Emosi lainnya : tidak ada D. Pikiran Gangguan bentuk : Umum : Psikosis. Mood : iritable 3. 3. RTA terganggu Spesifik : Asosiasi longgar (-) Gangguan isi : -waham kejar ( os sering curiga istrinya selingkuh sama orang lain) -waham rujukan ( os sering merasa ada orang lain yang membicarakan dirinya ) E. Derealisasi (-) . Persepsi : Halusinasi pendengaran : Pasien mendengar bisikan berupa ada yang membisik di telinga kirinya yaitu melarangnya untuk ke mesjid dan telinga kanan menyuruhnya untuk ke mesjid Ilusi : 2 hari sebelum masuk ke RS pada saat os shalat di mesjid . Afek. dan Emosi lainnya 1.

5. 3. Orang (Baik). Pengetahuan umum : Baik (presiden saat ini) 6. Orientasi : Waktu (Baik). dan seterusnya sebanyak 5 x) 4. Pemeriksaan Internal Tidak dilakukan IV. memori dekat (baik). Mimpi dan Fantasi Mimpi : Tidak ada Fantasi : Tidak ada G. Memori : memori jauh (baik). Kemampuan mengendalikan rangsang dalam diri sendiri : Baik III. Pemeriksaan Neurologik Tidak dilakukan V. Konsentrasi dan kalkulasi : Baik (pasien bisa menjawab hitungan seperti 100-7. ada tetangga membutuhkan pertolongan. Pemeriksaan laboratorium dan diagnostik khusus lainnya Tes urin = Narkoba (-) . pasien mengembalikan kepada pemiliknya). pasien menyelamatkan tetangga yang bisa pasien selamatkan) Judgment Test : Baik (jika dompet orang yang dikenal jatuh. 93-7. Alertnes : Compos Mentis 2. Sensorium 1. Insight : derajat 1 ( Penyangkalan total atas penyakitnya) I.F. memori segera (baik). memori baru saja (baik). Pikiran Abstrak : Baik (persamaan pulpen dan pensil) H. tempat(Baik). Judgement : Judgment sosial : Baik (jika kebakaran di dekat rumah.

Dan pengakuan dari istri os bahwasanya os sangat curiga istrinya selingkuh dan mau di tinggalkan oleh istrinya. Dulu os pernah mengamuk seusai tamat SMA karena os ingin sambung kuliah namun orangtuanya tidak ada biaya . . dalam dia bekerja os mengaku sering curiga kepada orang lain bahwa ada orang lain yang sedang membicarakan dirinya . Resume Seorang pasien laki-laki bernama Zikransyah (26tahun) dibawa oleh keluarganya ke RSJ Datu Beru Takengon dengan sebab sering marah-marah dan mengamuk. Saat ditanya pasien mengaku sering mendengar bisikan sekitar 1 bulan yang lalu berupa banyak suara orang yang mendekat ke telinganya . os tidak bisa menerima kalau ayah dan ibunya pisah . Pemeriksaan oleh psikolog / petugas sosial dan lain-lain Tidak dilakukan VII.VI.ibunya pisah dan cerai sama ayahnya. os curiga kalau orang lain selalu bilang jangan mau naik becak yang di bawa os untuk dia bekerja mencari penghasilan melalui becak os tersebut. Pengakuan ibunya . bahkan os pernah hampir memukul ibunya. Dimana serangan pertama dimulai 1 bulan yang lalu dengan gejala pasien mendengar bisikan dan 3 hari sebelum masuk ke rumah sakit os juga mendengar bisikan dimana dari telinga kiri melarangnya untuk ke mesjid sedangkan telinga kanan menyuruhnya untuk ke mesjid. pekerjaan os sehari-hari yaitu tukang becak. berdasarkan informasi dari os sendiri mengatakan bahwa istrinya jika pada saat os bekerja dan membawa pulang sedikit uang maka istri os marah dan apabila uang yang di bawa pulangnya banyak baru istri os senang. os sama istrinya sering ribut mungkin di karenakan factor ekonomi. Pasien belum pernah menderita hal seperti ini dan baru pertama kali ini di rawat di RSJ Datu Beru Takengon. Berdasarkan data dari informan sendiri mengaku os marah sama ibunya karena pada saat ayah os sakit.

Pikiran didapatkan gangguan isi berupa waham rujukan dan waham kejar. dan tidak terdapatnya gangguan pada kesehatan fisik saat masa kanak- kanak. Pasien tidak pernah menggunakan alkohol / obat bius / zat addiktif lainnya.OS menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Keadaan saat ibu melahirkan OS aterm dan OS anak yang diinginkan. usia minum ASI dimulai dari lahir sampai usia 2 tahun. OS tidak pernah suicide. Tingkah laku saat remaja adalah os gampang marah. Riwayat penyakit fisik tidak ada. OS memiliki stress psikososial yaitu Keadaan ekonomi yang kurang dan os memiliki hutang pada bibinya. tingkah laku dan psikomotor biasa. kebiasaan-kebiasaan dan penyakit fisik (yang ada kaitannya dengan gangguan jiwa) pada keluarga OS. Tidak terdapatnya penyakit jiwa. Toilet training 2. waktu. agak lama. Riwayat pada masa bayi dan kanak-kanak adalah baik. Konsentrasi dan kalkulasi tidak terganggu. OS tidak pernah berhubungna dengan hukum dan polisi. Kepribadian OS suka bergaul.os mulai bekerja pada usia 18 tahun. Untuk Prestasi. Afek didapatkan tidak serasi. Insight derajat 1 dan judgment baik sosial maupun test baik. Aktivitas Sekolah. Pemeriksaan Psikiatri Khusus didapatkan dari cara berpakaian biasa. Oritentasi tempat. segera hasilnya tidak terganggu. Pada sensorium didapatkan Alertnes compos mentis.5 tahun. orang tidak terganggu. produktifias biasa. Pengetahuan umum dan piiran abstrack tidak terganggu. Pada persepsi didapatkan halusinasi audiotorik dimana OS mendengar bisikan-bisikan yang tidak jelas. mood iritable. Pada Memori jauh. baru saja. Sikap terhadap guru. . Pembicaraan dan fragmen pembicaraan didapatkan arus pembicaraan biasa. Sikap terhadap pemeriksa kooperatif. Perbendaharaan bahasa biasa dan isi pembicaraan sesuai. Sikap terhadap Teman semuanya baik dan pasien tidak memiliki kemampuan khusus. usia mulai berbicara 1 tahun dan usia mulai berjalan 11 bulan. Keadaan fisik dan mental ibu saat hamil OS baik.

seksual dan pekerjaan pramorbid baik. Gangguan psikotik polimorfik akut dengan gejala skizofrenia 3. Awitan akut 4. Riwayat sosial. Awitan lambat (usia 26 tahun) 2. Prognosis Prognosis Baik 1. 5. Diagnosis Aksis I : Skizofrenia Paranoid Aksis II : Tidak ada diagnosis Aksis III : Tidak ada diagnosis Aksis IV : Primary support group : Ibu dan Istrinya Aksis V : GAF Scale 40-31 (beberapa disabilitas dalam hubungan dengan realita dan komunikasi. Gangguan Psikotik Lir-skizofrenia IX. Menikah 6.VIII. disabilitas berat dalam beberapa fungsi. Diagnosis Banding 1. Ada faktor presipitasi yang jelas 3. Gejala positif lebih menonjol . Gangguan Waham 2.

Mengajarkan keterampilan dan meyakinkan agar mau beraktivitas . Dukungan dan Kasih Sayang Keluarga Psikoterapi 2. Menjelaskan kepada keluarga tentang .Sosioterapi keadaan pasien 4. Mengingat keluarga untuk rajin kontrol -Terapi Kognitif-Perilaku keadaan pasien .Terapi Farmakologi Teori Fakta Antipsikosis seperti : Persidal 2 mg 2x 1 1/2 Chlorpromazine 200 Hexymer 2 mg 2x1 mg 2x1 Clorilex 25 mg 2x1 Non-farmakologi Teori Teori 1.Terapi Supportif 3.

afek tumpul. serta dapat ditemukan uji kognitif yang buruk. Obat-obatan yang digunakan merupakan obat antipsikotik tipikal dan atipikal. sedangkan antipsikotik atipikal efektif untuk mengatasi gejala negatif. riwayat sosial. sistem pendukung. deteriorasi. Antipsikotik tipikal efektif untuk mengatasi gejala positif. tidak berbuat sesuatu. hidup tak berguna. dan lain-lain. self absorbed. Prognosis untuk penyakit skizofrenia tergantung dari berbagai faktor. . riwayat keluarga. gejala. faktor pencetus. Gejala khas harus berlangsung minimal 1 bulan dan harus ada perubahan konsisten dan bermakna dan mutu keseluruhan aspek perilaku pribadi dengan manifestasi hilangnya minat. anhedonia. antara lain onset. seksual. BAB III KESIMPULAN Skizofrenia merupakan suatu sindrom psikotik kronis yang ditandai oleh gangguan pikiran dan persepsi.