SEGALA TENTANG KURSUS

Kemarin tgl 10 juli 2012 saya pertama kali masuk kelas internship di acces center. Pengalaman pertama
itu sungguh berat. Saya yang terbiasa dengan habit jelek suka membuang waktu dengan sia-sia menjadi
sock. Agaknya hari pertama ini spirit saya kendor, bahkan ada sedikit perasaan untuk give up
(menyerah). Tapi saya memaksa saja untuk lanjut. Malu kalau keluar

11 juli 2012. Saya tidur jam 11 malam. Tak biasa saya tidur jam segitu untuk belajar. Saya sangat stress.
Tapi saya harus meyakinkan diri untuk semangat. Menjaga spirit.

Pagi hari, saya mendapatkan materi conversation, dapat nilai B. hehehhehe. Luar biasa ya, dari yang tak
tahu apa2 hingga dapat nilai B. saya piker itu progress. (ckckckkc).

Jam 10.00 saya mendapat materi Pronuntition by coch Titin, saya agak kesulitan. Saya baru pertama kali
dapat materi seperti ini. Kepala terasa mw terbakar. Luar biasa kan? Semoga saja besok lebih panas lagi
(hehhheheh). Kalau mw sukses, ya inilah caranya. Belajar lebih keras. Watak orang Indonesia memang
selalu mw dipaksa. Malas. (nyindir yeeee).

Tanggal 12 juli 2012

Tadi malam, semangat saya menurun. Saya sangat pesimis untuk bisa mnyelesaikan kelas internship dan
bisa bahasa inggris dengan baik. Yah, selalu saja begitu. Semangat saya belajar juga kendor. Semalam
saya tidur jam 10. Padahal saya merencanakannya untuk tiap malam tidur pukul 00.00. sangat teledor
dan tak komit dengan diri sendiri.

Dua hari terasa seperti dua bulan, saya merasa dua hari itu terisolasi di acces. Dua hari ini saya hamper
tak perneh lagi ke singgahan untuk internetan. Semua terasa hambar dua hari ini. Semua berjalan
seperti mesin.

Ada orang bilang, itulah harga yang harus dibayar jika ingin memiliki cita-cita tinggi. Kita harus berusaha
sekuat tenaga dan yakin kita bisa. Yah..,. itulh saya kira kuncinya.

Kemarin malam juga, si doi mengancam mibta putus. Saya akui belakangan ini saya kurang perhatian ma
dia. Ahhh….. beraaaaaaaaaaaaaaaaaat.

Oh iya, kami mendapat teman baru. Dia baru lulus smp lho… saya piker dia gilaaaaa ya, kok berani
masuk kelas internship…ckckckckckkc

Pukul 11.30 siang

Saya baru saja selesai belajar pronunciation… pelajaran ini susah-susah gampang. Tadi pagi semangat
saya sempat drop. Saya berusaha sekuat tenaga untuk membuat kembali pulih. Saya ketawa saja.
Hahahahhahahahhahahahaha.

10.19 malam

Saya tidur lebih dari lima jam hari ini. Ini masalahnya. Hehehhehehe Saya harus menyelesaikan skripsi teman yang saya bikin. Semoga bisa terselesaikan dalam kondisi waktu yang sempit ini…. saya masih belum bisa melawan diri saya sendiri untuk tidak terllau mengikuti keinginan tubuh…. Saya menyadarinya. Dia mau naik ujian soalnya. Sekian dulu ya…. bantu saya melawan diri saya sendiri. Hari ini saya ingin menyelesaikan skripsi teman. 15 juli 2012 Hari ini si doi betein banget. Dasar perempuan. saya merasa ada penurunan nih… parah…. Hari ke empat ini saya merasa ada perkembangan. Dari kemarin sore hingga sekarang bikin masalaha melulu. siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaalllllllllllllllllllllllllll Sabtu. Saya harus memaksa diri saya….. masalah besar itu. saya harus mengerjakannya. Saya mesti belajar banyak banyak hal untuk percaya bahwa belajar lebih penting ketimbang mengahbisakan waktu untuk hal yang tak jelas…. 14 juli 2012 Saya rasa dua hari ini disiplin belajar menurun. Jumat. Tak ada hafalan. Saya mesti begadang mala mini. oh my god………. terlambat sholat. Tak ada tekanan.4… hahahhahahahahaa. kenapa raga ini tak bisa kompromi ya…. Senin. Tapi saya saying dia kok. kira-kira bisa disebut ada perkembangan tidak itu? Ckckckckckckkc ada-ada aja…… Saya makin malas. 13 juli 2012 Hari ini kami libur. 13 juli 2012 Hahahhahahah… saya tadi deg-dsegan… saya kira di hafal banyak… ahhhh. Hari ini kami bebas sejenak. Nanti ceritanya dilanjut…. Tugasnya banyak sekali. Semua pelajaran yang ada 3 itu punya tugas masing-masing.akhirnya selesai juga. saya hanya bverada di point 0. Saya sendiri mala mini berencana begadang. tapi agaknya saya tak punya waktu yang banyak. kadang sdaar saja tak cukup ampuh untuk membuat segala sesuatu menjadi revolusioner…………. Ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh…. Saya tiduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrr… kayak sapi aja… kunyuk gue…………………… susah banget jadi orang sukses ya…………….. Saya kadang heran. tapi kalau umpamanya perkembangan sempurnanya adalah 10. Tetap semangat ya! Oya. .. Saya terlambat bangun subuh. Minggu. Tuhan bantu saya. Itu gak masalah… Hari ini saya tak konsisten dengan target. Hahahhahahahahaha. menyelesaikan semuanya.Mala mini kami semua sibuk mengerjakan tugas.

termasuk saya…. Saya masih setia memanjakan diri….. kita tak pernah diperhadapkan pada sesuatu yang sulit dan menantang… inilah produk yang lahir dari lingkungan yang sedari kecil memanjakan…………………………………………. Payaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh…. Tapi saya rasa belakangan ini saya lebih sering speak bahasa ketimbang speak English…….. oh. Sedari kecil...… 2012 Kami udah melewati puasa dengan baik… ckckkckckc. meminta dengan tulus untuk tunduk dan patuh agar mw belajar serius……… kenapa raga ini tak pernah mw kompromi…. saya rasa mengalami kemunduran dalam banyak hal… saya jadi malas. Entah kenapa. Waktu begitu sangat berarti… kami jadi belajar menghargai waktu??????????????? Atau belum sadar-sadar juga…. saya harus semangattttt……………. tempo hari rencananya libur akan dilakukan tgl . 20 juli 2012 Tadi malam ada sebagian kalangan puasa. Saya belum menelpon ortu hari ini. Sabtu.jadi manusia pemalas dan tak mau berpikir keras……………. 28 juli 2012 Sudah seminggu belakangan ini saya tak menulis apapun. untuk meminyta maaaf atas salah dan khilafff…. semua orang malas… saya malas bangun tengah malam untuk belajar. Dua minggu ini.Selasa. solat sering ditinggalkan……………. 19 juli 2012 Udah beberapa hari ini saya tak menulis sesuatu….. 15 juli 2012 Ada progress. sering menghabiskan waktu hanya untu tidur… banyak tugas terbengkalai… malas belajar…… banyak tugas-tugas tak sesuai rencana….. tak layak menyandang sarjana… berat kan??? Dari 7 judul conversation.… ya allah. lebih semangat dari yang lainnya…. dikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttt… tapi itu tak banyak… saya harus belajar lebih giat lagi. Parahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh…. ribeeeeetttttttt……. ckckckkkc Minggu. Oya. Hari ini saya malu karena tak bisa presentasi dengan baik… saya rasa ilmu saya masih sedikit. Kamis. Pokoknya semangat menurun tajam…………………. pare terasa hanya di kantin. Oh rupanya merubah itu lebih sulit dari yang dibayangkan… mencoba berdamai dengan diri... kelas dan camp. Kami memililh mengikiti pemerintah ketimbang muhammadiah……. Susah belajar menghargai diri…………………………… Memanjakan diri adalah cara orang Indonesia menikmati hidup…. selebihnya adalah daerah luar…. (panjang gak ya)…. Otak tak mw menyerap cepat……………….. tapi kami memilih tidak puasa oada hari ini. hari ini saya hanya bisa hafal 2 judul… parahhhhhhhhhhhhhhh banget. Selama tak menulis itu. Tapi hari masih panjang.. Jumat.

perlu saya akui ini membuuat saya ciut dengan semua ambisi saya. Saya piker saya tak secerdas yang saya bayangkan. Hati dan raga tak pernah sadar kalau itu penting dan menggrairahkan………… ribet sekalai untuk belajar berdamai…… sementara itu tugas bikin skripsi orang menumpuk……. Seolah gak bisa saya gapai. Pdahal ini hanya hal sepele dan tak perlu pusing.. Semua berlalu tanpa pernah saya bayangkan sebelumnya. Yah itulah kenyataan. Saya piker cita2 itu jauh disana. Mengapa saya begitu tak berdaya mengahdapi ini semua. Saya belum merasakan saya bisa berbahasa inggris. Hari ini 6 8 2015 saya akhirnya memiliki kesempatan bejalar dan melanjutkan studi di undip. sya jatuh cinta… Hamper dua tahun berlalu semenjak pertama kali saya menginjakkan kaki di pare untuk belajar bahasa inggris. Menummmmmpuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkk Rabu. Ini tanggal 19 11 2012. 2 AGUSTUS 2012 Lagi-lagi semangat ini menurun. Saya tak pernah membayangkan sedikitpun bakal lanjut kuliah disini. Toefl saya udah lebih 500 meski itu nilai yang kecil untuk ukuran waktu belajar selama 2 tahun. Sudah hamper tiga bulan saya tak mencacat. Hari ini tanggal 19 11 2012. Cukup lama saya vakum mencacat perjalanan hidup saya di pare. Jauh disana. Saya suka menjadi teman sekamar dia. Tak tahu kenapa. sudah semionggu belakangan semangat saya pudar. Saya malas belajar. Saya pun sudah mulai merasakan perjauangan saya yang menurut saya biasa2 saja soal English. kocak dan nyentik untuk ukuran anak seusianya. sekamar dengan ivan teman saya di internship orang bondowoso. Tuhan. kenapa bisa saya berpoikiran seperti ini Tuhan. Sekarang saya tinggal di eagle camp. Dia bisa menyesuaikan diri. dahulu. . jangan coba cukup lakukan….5 agustus tapi ditunda sampe tagl 10 agustus… berat rsanya menerima itu semua…. Saya sampai bulan ke dua ini belum memiliki progress yang memadai untuk bisa diandalkan untuk urusan bahsa inggris. tepat emapt bulan lebih saya di pare. Udah dua kali saya pinjam duit dari dia. Tak bisa saya gapaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii… oh. dia suka membantu. Oranggnya baru lulus sma. saya terkena penyakit yang dulu pernah saya rsakan. Jujur. Saya masih saja seperti tiga bulan yang lalu. Ya. Jangan piker. Apa yang mesti saya lakukan Tuhan..