You are on page 1of 14

1.

4 Landasan Teori
1.4.1 Konsep Umum Sistem Informasi Akuntansi

Untuk lebih mengetahui mengenai sistem informasi
akuntansi, berikut akan dijelaskan definisi-definisi singkat
menurut para ahli terkait dengan sistem informasi akuntanis,
yaitu sistem, informasi, akuntansi, sistem informasi dan sistem
informasi akuntansi.

1.4.1.1 Pengertian Sistem
Sistem adalah sekelompok unsur yang
berhubungan erat satu dengan yang lainnya, yang
berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan
tertentu, Mulyadi (2010:2).
Sistem adalah kumpulan/grup dari
subsistem/bagian/komponen baik phisik maupun
nonphisik yang saling berhubungan satu sama
lainnya dan bekerja sama secara harmonis untuk
mencapai tujuan tertentu, Azhar Susanto
(2013;22).
Sistem (system) adalah serangkaian dua atau
lebih komponen yang saling terkait dan
berinteraksi untuk mencapai tujuan, Marshall B
Romney dan Paul Jhon Steinbert alih bahasa oleh
Kikin Nur Safira dan Novita (2015:3).

Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.2 Pengertian Informasi Informasi adalah data yang telah diorganisasi dan telah memiliki kegunaan dan manfaat.1. apabila . 1. Dari ketiga pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan sekumpulan atau sekelompok unsur atau komponen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan. Menurut Raymond Mc. Akurat artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Marshall B Romney dan Paul Jhon Steinbert alih bahasa oleh Kikin Nur Safira dan Novita (2015:4).4. Krismiaji (2010:15). Informasi adalah data yang telah dikelola dan diproses untuk memberikan arti dan memperbaiki pengambilan keputusan. Azhar Susanto (2013:38).Leod dalam Azhar Susanto (2013:38) mengatakan “suatu informasi yang berkualitas harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. Pengujian akurasi dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berbeda.

Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap Dari keempat pendapat tersebut dapat diartikan bahwa informasi adalah sekumpulan fakta-fakta yang diolah menjadi bentuk data yang memeberikan arti dan manfaat serta dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan data tersebut sebagai pengetahuan ataupun dalam pengambilan keputusan. pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama maka data tersebut dianggap akurat. 3. 2. 4.4.3 Pengertian Akuntansi Menurut Lilis Puspitawati dan Sri Dewi Anggani (2011:3) : . 1. Tepat waktu artinya informasi itu harus ada dan tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan.1. Relevan artinya informasi harus diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh individu yang ada diberbagai tingkatan dan bagian dalam organisasi. tidak besok atau tidak beberapa jam lagi.

Menurut American Accounting Assosiation (AAA). Wikinson dalam Azhar Susanto (2013:65): “Akuntansi merupakan proses penyelesaian semua aktivitas ekonomi kedalam aktivitas yang hanya berkaitan dengan suatu organisasi perusahaan. Akuntansi merupakan proses identifikasi. pengumpulan dan penyimpanan data . Transaksi bisnis tersebut kemudian dimasukan kedalam suatu formulir (kertas atau layar komputer) sehingga menjadi dokumen atau data selanjutnya diolah menjadi informasi atau informasi akuntansi. aktivitas ekonomi lainnya yang tidak berkaitan dikesampingkan.” Menurut Marshall B Romney dan Paul Jhon Steinbert alih bahasa oleh Kikin Nur Safira dan Novita (2015:11): “Akuntansi adalah proses identifikasi.pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi (bagian ii menjelaskan tentang kegiatan ekonomi) 2. 1. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan (segi kegunaan dari akuntansi).

mencatat. Krismaji (2010:4) Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan (integrasi) dari sub-sub sistem/komponen baik phisik maupun nonphisik yang saling berhubungan dan bekerja sama satu sama lainnya secara harmonis untuk mengolah data transaksi yang berkaitan dengan masalah keuangan menjadi informasi keuangan. menyimpan dan mengolah data untuk . mencatat. 1.” Dari ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah proses untuk mengumpulkan. mengidentifikasi. Azhar Susanto (2013:72). Sistem informasi akuntansi adalah suatu sistem yang mengumpulkan.1. pengukuran dan komunikasi informasi. mengendalikan dan mengoperasikan bisnis. menyimpan dan mengkomunikasikan kegiatan ekonomi yang bermanfaat untuk pihak eksternal atau internal.4 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses datadan transaksi- transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan.4.serta proses pengembangan.

Sistem ini meliputi orang.1. data. prosedur dan intruksi. perangkat lunak.5.menghasilkan informasi bagi pengambilan keputusan. Hal ini disebabkan karena perbedaan bentuk input. .4. Marshall B Romney dan Paul Jhon Steinbert alih bahasa oleh Kikin Nur Safira dan Novita (2015:10 ). Dari ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi adalah komponen yang mengumpulkan. mencatat. proses dan output yang merupakam kompenen pembentukan sistem informasi akuntansi. walaupun intinya sama yaitu menyajikan informasi. 1. mengolah dan menyimpan data dari kegiatan administratif perusahaan dalam melaksanakan berbagai aktivitas sehari-hari untuk menghasilkan informasi keuangan . infrastruktur teknologi informasi serta pengendalian interna dan ukuran keamanan. Komponen-komponen Sistem Informasi Akuntansi Sistem informasi yang digunakan oleh setiap perusahaan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

menyimpan dan mengeluarkan hasil pengolahan data dalam bentuk informasi.Komponen-komponen sistem informasi menurut Azhar Susanto (2013:207) adalah : 1. memasukan. Sebagai hasil dari perencanaan. Brainware/Sumber Daya Manusia Brainware/sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam sistem informasi akuntansi. 2. dalam dunia bisnis yang dikenal sebagai sistem informasi akuntansi. memproses. Hardware/Perangkat keras Hardware/perangkat keras merupakan peralatan fisik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan. analisis. perancangan dan strategi implementasi yang didasarkan kepada komunikasi diantara sumber daya . 3. Software/Perangkat Lunak Software/perangkat lunak merupakan kumpulan dari program-program yang digunakan untuk menjalankan komputer. Komponen sumber daya manusia ini merupakan yang tak terpisahkan dengan komponen lainnya didalam sistem informasi.

Romney dan Paul Jhon Steibart (2015:11) yang diterjemahkan oleh Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari adalah : 1. Teknologi Jaringan Telekomunikasi Teknologi jaringan telekomunikasi merupakan penggunaan media elektronik atau cahaya untuk memindahkan data atau informasi dari satu lokasi ke satu atau beberapa lokasi lain yang berbeda. manusia yang terlibat dalam suatu organisasi perusahaan. 4. 5. Database/Basis data Database/basis data merupakan bagian dari manajemen sumber daya informasi yang membantu perusahaan agar sumber daya informasi yang dimilikinya mencerminkan secara akurat sistem phisik yang dimilikinya. Prosedur Prosedur merupakan bagian rangkaian atau kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan cara yang sama. 6. Orang yang menggunakan sistem . Sedangkan komponen-komponen dari sistem informasi akuntansi menurut Marshall B.

Data mengenai organisasi dan aktivitas bisnisnya 4. Pengendalian internal dan pengukuran keamanan yang menyimpan data sistem informasi akuntansi.1. Tujuan Sistem Informasi Akuntansi Menurut Azhar Susanto (2013:8): “Sistem informasi akuntansi dibangun dengan tujuan . meliputi komputer. Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa komponen-kompoen sistem informasi akuntansi adalah perangkat keras (hardware). 1. Prosedur dan intruksi yang digunakan untuk mengumpulkan. 2. perangkat lunak (software). perangkat periferal dan perangkat jaringan komunikasi yang digunakandalam sistem informasi akuntansi 6.4.6. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data 5. jaringan komunikasi dan pengendalian. sumber daya manusia (brainware). basis data (database). memproses dan menyimpan data 3. Infrastruktur teknologi informasi. prosedur.

” Menurut Mulyadi (2010:19). baik mengenai mutu. Untuk memperbaharui pengendalian akuntansi dan pengecekan intern. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi. ketepatan penyajian maupun struktur informasinya 4. ketepatan penyajian maupun struktur informasinya 3.utama untuk mengolah data akuntansi yang berasal dari berbagai sumber menjadi informasi akuntansi yang diperlukan oleh berbagai macm pemakai untuk mengurangi resiko saat mengambil keputusan. Untuk memeperbaiki informasi yang dihasilkan olesh sistem yang sudah ada. tujuan disusunnya sistem informasi akuntansi adalah sebagai berikut : 1. yaitu untuk untuk memperbaharui tingkat keandalan (reability) informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai mutu. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru 2. . Para pemakai informasi tersebut dapat berasal dari perusahaan seperti pelanggan dan pemasok.

Romney dan Paul Jhon Steinbart yang diterjemahkan oleh Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari (2015:3). mendukung proses pengambilan keputusan dan membantu dalam memenuhi tanggung jawab pengelolaan perusahaan. dan para pelaku yang terlibat dalam berbagai aktivitas tersebut agar pihak menejemen. Azhar Susanto (2013:8). Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Fungsi sistem informasi akuntansi adalah mendukung aktifitas sehari-hari perusahaan. adalah sebagai berikut: 1.1.4. Adapun menurut Marshall B. Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan dari sistem informasi akuntansi adalah untuk mengolah data akuntansi yang berasal dari berbagai sumber menjadi informasi akuntansi yang diperlukan serta mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi dan bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. 1.7. para pegawai dan . Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi sumberdaya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut.

membantu dalam pengambilan keputusan serta memberikan kontrol untuk melindungi aset dan data-data yang dimiliki oleh perusahaan. 3.2.4.2 Konsep Umum Koperasi Simpan Pinjam 1. akurat dan andal. Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi sistem informasi akuntansi adalah sebagai pendukung aktivitas operasi perusahaan. pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang (review) hal-hal yang telah terjadi. termasuk data organisasi. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan. pelaksanaan dan pengawasan. 2. untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan.1 Pengertian Koperasi Menurut Nindo Pramono dalam buku Sutyanta R (2000:2) mengatakan bahwa . 1. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi.4.

” Dalam UU No.25 tahun 1992 Bab II bagian pertama landasan dan asas pasal 2. koperasi berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta berdasarkan atas asas kekeluargaan. Landasan dan tujuan dari koperasi di dalam UU No. dengan tujuan mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya. yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota menurut peraturan yang ada. dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan suatu usaha. koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada .25 tahun 1992 pada Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Bagian kedua tujuan pasal 3.“koperasi adalah suatu perkumpulan atau organisasi ekonomi yang beranggotakan orang-orang atau badan-badan.

2.4. adil dan makmur berlandaskan pancaila dan undang- undang dasar 1945. umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. 1.2 .