You are on page 1of 5

MODUL VIDEO EDITING

1. Sejarah Video Editing
Sejarah dimulai pada tanggal 28 desember 1895 dengan ditandai oleh untuk pertama
kalinya orang menonton film petunjukan di sebuah ruang yang diproyeksikan ke sebuah
layar. Lumiere bersaudara menyewa sebuah ruangan bilyar tua di bawah tanah di
Boulevard des Capucines, Paris yang kemudian dikenal sebagai ruangan bioskop
pertama di dunia, yang kemudian tempat itu dikenal dengan nama Grand Café. Mulai
saat itu menonton film menjadi sebuah pengalaman yang baru untuk semua orang.
(Iwan Raditya P.)
Film The Jazz Singer yang disutradarai oleh Alan Crosland yang dibuat pada tahun
1927 merupakan film hitam putih pertama yang menyajikan secara lengkap musik,
dialog dan nyanyian. Yang sebelumnya film berupa film diam tanpa dialog ataupun
nyanyian. Hanya diiringi oleh live music performance.
Setelah lebih dari 100 tahun, teknologi produksi film telah berkambang dengan pesat.
Dengan ditemukannya Video, yang dapat menggabungkan antara gambar dan suara
dalam satu medium penyimpanan. Dengan adanya perkambangan ini, orang awam
mudah dalam membuat video sendiri baik untuk tujuan komersial ataupun untuk koleksi
pribadi.

2. Istilah Video Editing
Apa itu Video ?
Video/Film adalah rangkaian banyak frame gambar yang diputar dengan cepat.
Masing-masing frame merupakan rekaman dari tahapan-tahapan dari suatu gerakan.
Kita sebagai manusia tidak dapat menakap jeda antar frame yang diputar dengan
kecepatan tinggi, rata-rata di atas 20 frame per detik. Standar kecepatan perputaran
frame ini kita mengenal beberapa standar broadcast.
Apa Itu Editing ?
Proses editing adalah salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak
dapat dipisahkan dari dunia broadcasting. Namun apa sebenarnya editing itu? Editing
yaitu Suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara
memotong gambar ke gambar cut to cut atau dengan menggabungkan gambar-gambar
dengan menyisipkan sebuah transisi. Pada proses editing, gambar tidak cukup hanya
digabung-gabungkan begitu saja.
Banyak sekali variable yang harus diketahui dalam proses editing. Seperti camera
angle, cameraworks, jenis shot, motivasi, informasi, komposisi, sound, dan continuity.
Dan istilah-istilah tersebut merupakan Grammar of The Edit yang harus dipegang dan
diketahui oleh seorang editor. (Iwan Raditya R.)

3. Jenis-Jenis Film

peristiwa atau kejadian yang diabadikan menjadi sebuah film. suspence atau action. untuk film non fiksi adalah film dokumenter yang menjelaskan tentang dokumentasi sebuah kejadian alam. akan lebih baik apabila kita belajar membuat film pendek terlebih dahulu. viewfinder. science fiction. remaja. power supply dan time code. video tape recorder (VTR). horror dan Film Musikal. tipe kamera tersebut adalah : a. Sebagai contoh. Kamera ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya : Lensa CCD. kamera analog b. Video Editing dengan Komputer Sebelum kita mempelajari tentang video editing.kamera V8 dan kamera Hi-8 jenis ini merupakan kamera yang awal diproduksi. film dibagi menjadi film anak. 4. Rudi Sujarwo yang bisa berhasil membuat film panjang dengan terlebih dahulu membuat film-film pendek yang bagus.Kalau dilihat dari isinya. fauna maupun manusia. seperti pengalaman sutradara terkenal. Masing-masing bingkai merupakan rekaman tahap-tahap (sekuen) suatu gerakan yang kemudian ditangkap oleh otak kita . film dibedakan pula menjadi film animasi dan nonanimasi. Film pendek mempunyai durasi kurang dari 60 menit. bagian elektronik. Ada Apa dengan Cinta merupakan Film Drama.kamera D8 (Digital 8) telah menggunakan teknologi digital yang merubag gambar yang melewati lensa ke dalam kode biner (kode 0 dan 1) . Sedangkan untuk kelompok fiksi. Dari segi penontonnya. 5. Dari segi pemerannya. ada beberapa tipe kamera yang dapat digunakan dalam pengambilan gambar. Die Hard merupakan jenis Film Action atau Suspence. gambarnya masih tergolong ke dalam gambar analog. audio recording.kamera mini DV. Sedangkan menurut durasinya. dewasa dan semua umur. Jaelangkung merupakan jenis film Horor dan Petualangan Sherina yang pernah in pada waktu lalu merupakan jenis Film Musikal. diantaranya : . kamera digital Kamera digital yang sering kita sebut sebagai handycam ini terdiri dari berbagai macam. film dibedakan menjadi jenis film fiksi dan non fiksi. Untuk bisa membuat film panjang yang bagus. film dibedakan menjadi film panjang dan film pendek. Alat ini dinamakan dengan kamera. kamera ini merupakan jenis kamera semi profesional. sebenarnya yang disebut video itu apa? Video atau gambar bergerak adalah rangkaian dari banyak frame (bingkai) gambar yang diputar dengan cepat (ingat teknologi yang digunakan dalam sebuah pertunjukan layar tancap pada masa yang lalu). Transformator merupakan film science fiction. . Jenis Kamera Sebelum kita memulai belajar bagaimana mengedit video sehingga kita bisa membuat sebuah tampilan video yang menarik dan enak ditonton. dalam dunia perfileman kita mengenal jenis-jenis film yang berupa drama. flora. alangkah lebih baik apabila kita mengenal alat yang digunakan untuk merekam sebuah adegan.

Meksiko dan Korea. apa yang dimaksud dengan video. Jelas bukan. Australia dan Uni Eropa. Di era sekarang. sekarang mari kita lihat lebih dalam. Kalau kita hubungkan dengan memori penyimpana di dalam komuter. Untuk besarnya frame rate NTSC memiliki frame rate (fps : frame per second) yang terbesar. dengan adanya komputer. dan resolusi atau ukuran rekaman gambarnya. sedangkan untuk PAL dan SECAM memiliki frame rate sebesar 25 fps. yaitu mendekati 30 fps atau 30 fps. Semakin besar frame rate yang diterapkan. Dan standar NTSC diterapkan pada wilayah-wilayah sebagai berikut : Amerika. pekerjaan video editing dapat dilakukan lebih mudah dan murah. MOV. Standar PAL diadopsi di wilayah-wilayah sebagai berikut : Indonesia. kita membutuhkan berbagai macam peralatan video editing yang harganya sangat mahal. maka dengan frame rate yang lebih besar. Timur Tengah.sebagai ilusi gerakan. PAL dan NTSC. . Kanada. Standar broadcast Video/Film Standar video yang digunakan dalam video editing ada 3 macam yaitu : SECAM. AVI. Dengan komputer kita dapat menghemat biaya produksi pembuatan filmkarena kita hanya membutuhkan seperangkat computer multimedia. apa yang kita lakukan dalam video editing. Jepang. Dahulu jika kita ingin mengedit dan memanipulasi video. Perbedaan antara berbagai macam tipe data tersebut terdapat pada data rate. MPEG1 (VCD). maka akan lebih besar pula memori yang diperlukan untuk penyimpanannya. Format data untuk video digitak ada beberapa macam. maka akan semakin halus pula hasil video yang dihasilkan. 3GP. Sedangkan Standar SECAM diterapkan di wilayahwilayah : Perancis. MPEG4 dan lain sebagainya. WMV. yaitu aliran data per detiknya. Setiap standar menerapkan kecepatan putar film (frame rate) tersendiri dan dianut oleh wilayah tertentu. dan Afrika. MPEG2 (DVD) DV. Cina. yaitu Digital 8.

8 Mbps. gambar dan sura digital direkam dalam pita magnetic. dan data ratenya. Video Analog dan Video Digital Video Analog : Gambar dan Audio direkam dalam bentuk sinyal Magnetik pada pita magnetik. Video Digital. sama dengan S-VHS pada Video Analog MPEG4 digunakan untuk video streaming. tetapi jauh lebih muda karena tinggal drag and drop tanpa kerja dari nol.  Teknik Non-Linear. Beta. S-VHS. digunakan untuk DVD. tidak adanya penurunan kualitas gambar dan audio dalam proses reproduksi (selama tidak dilakukan kompresi). serupa dengan linear kita memotong-motong klip dalam editing. Perbedaan data format tersebut ditentukan oleh ukuran rekaman gambar atau resolusi. berarti kita tidak dapat menggunakan data tersebut. tetapi menggunakan sinyal digital berupa kombinasi angka 0 dan Format Data Video Video Analog : VHS. selain itu lebih mudah dalam editingnya dengan system non-linear. Video Digital : juga serupa dengan Video analog. digunakan untuk VCD. Contoh : MPEG1 memiliki resolusi 352 x 288 pixel. . begitu juga untuk memasukan effect. MPEG4 dan lainya. Hi-8 Video Digital : Digital 8. bisa juga menggunakan dua player bila kita ingin memasukan effect. kita tinggal drag and drop dengan effect yang sudah tersedia.15 Mbps. dengan data rate/bitrate-nya 1. tetapi apabila ada kerusakan sebagian data (kombinasi sinyal 0 dan 1) maka akan rusak keseluruhan. AVI. MPEG2(DVD) DV. MPEG1 (VCD). sama dengan VHS pada Video Analog MPEG2 memiliki resolusi 720 x 576 pixel dan bitratenya 9. Mov. Teknik Video Editing  Teknik Linear dilakukan dengan memotong-motong bahan video yang diberi istilah klip dan disusun dengan menggunakan video player dan perekam (VCRVideo Cassete Recorder). Bahkan kita dapat mengatur dengan mudah durasi dari effect yang kita pakai.

Sample Movie Maker. untuk pengolahan Video Intensif lebih baik menggunakan SCSI Harddisk. Sound Card 6. Capture Video Card dan Port. 2. Pinacle. PC sekelas P4 atau AMD Athlon. sedangkan untuk yang standar gunakan saja HDD serial ATA. Port Fire Wire IEEE 1394. . Putaran HDD minimal 7200 rpm. dll. digunakan untuk proses transfer dari camcoder ke PC. Pinacle Studio. sebaiknya menggunakan teknologi Hyper Trading. Vegas. USB2. Contoh : Pinacle. 3. 5.Peralatan Kerja 1. yaitu : Adobe Premier. VGA card 7. Harddisk. Movie Maker. CD-ROM dan CD-RW/DVD-RW Software Video editing saat ini cukup banyak diantaranya yang berbasis OS Windows. Kabel Firewire atau USB 4. Ulead Video Studio.