You are on page 1of 6

Seragam Karang Taruna - KARANG TARUNA

Seragam Karang Taruna

Oleh : Dicki Dirmania

Pembuatan Seragam Karang Taruna

Pembuatan Seragam Karang Taruna secara utuh harus
sesuai dengan ketentuan dalam PRT Karang Taruna pasal 49
s/d 54 baik dalam ketepatan warna maupun tata letak
atributnya;

Pembuatan Seragam Karang Taruna diusahakan sedapat
mungkin menggunakan bahan yang sama dan bersifat kolektif
yang dikoordinasikan oleh Bendahara Pengurus Karang
Taruna yang bersangkutan;

Secara spesifik Pembuatan Seragam Karang Taruna harus
memenuhi ketentuan model dan ketentuan lainnya sebagai
berikut:

UntuK Seragam Resmi Karang Taruna diatur sebagai berikut:
1. Kemeja lengan panjang harus berwarna putih polos
dengan model yang standard;
2. Jas (lengan panjang) berwarna biru dongker polos dengan
model standar tidak memakai lidah pada bagian kedua
bahu atasnya, berkantung atas di dada sebelah kiri tanpa
penutup dan dibagian bawah kiri-kanan dengan penutup,
tanpa hiasan kancing pada sisi depan kiri-kanan tetapi
berhiasan kancing pada ujung lengan kirikanan, dan kerah

https://karangtarunaku.blogspot.co.id/2016/04/seragam-karang-taruna.html[02/08/2017 08:56:24]

berlogo Karang Taruna di saku atau dada sebelah kiri yang disablon/dicetak langsung pada kaos tersebut.id/2016/04/seragam-karang-taruna. Sepatu resmi (pantofel) berwarna hitam polos dengan kaus kaki yang warnanya menyesuaikan. Celana panjang yang terbuat dari bahan bukan jeans dengan warna bebas dan model bebas namun sesuai dengan kepantasan.Seragam Karang Taruna . Untuk Lambang Karang Taruna tetap di sisi bahu sebelah kiri dengan peletakan 5 cm dari batas jahitan bahu atas. 5. berkantung atas di dada sebelah kiri-kanan dengan penutup berkancing sedang dan dibagian bawah kiri-kanan dengan penutup berkancing sedang. 4.co. 2. Untuk Seragam Operasional Karang Taruna diatur sebagai berikut: 1. Untuk Lambang Karang Taruna tetap di sisi bahu sebelah kiri dengan peletakan 5 cm dari batas jahitan bahu atas.html[02/08/2017 08:56:24] . Celana panjang berbahan bebas dengan wama dan model bebas namun sesuai dengan kepantasan. Sepatu bebas dapat berbentuk cats/sporty atau kasual sesuai dengan kepantasan dan diusahakan ditambah kelangkapan kaus kaki yang warnanya menyesuaikan. Untuk Seragam Tambahan Karang Taruna diatur sebagai berikut: 1. 3. Jaket lengan pendek berwarna biru benhur dengan model standar kemeja memakai lidah pada bagian kedua bahu atasnya. Kaus berkerah dan tidak berkerah berwarna dasar biru benhur dengan bahan standar minimal TC. berkantung pada bagian samping kiri-kanan.KARANG TARUNA yang tidak menutupi nama pemakai pada dada sebelah kanan dan Tulisan Karang Taruna pada dada sebelah kiri (di atas kantung). dan nama Tingkatan Karang Taruna di sisi bahu sebelah kanan dengan peletakan 5 cm dari batas jahitan bahu atas ditambah Logo Daerah masing-masing sesuai tingkatan dengan peletakan 3 cm dari atribut nama Tingkatan Karang Taruna. Sepatu sedapat mungkin model kasual dengan warna bebas dan ditambah kelengkapan kaus kaki yang warnanya menyesuaikan. dan memiliki satu kantung pada bagian kanan belakang yang berpenutup. 3. Celana panjang berwarna biru dongker polos dengan model tanpa lipatan bagian depan. dan nama Tingkatan Karang Taruna di sisi bahu sebelah kanan dengan peletakan 5 cm dari batas jahitan bahu atas ditambah Logo Daerah masing-masing sesuai tingkatan (kecuali Propinsi) dengan peletakan 3 cm dari atribut nama Tingkatan Karang Taruna. 3.blogspot. Seragam tambahan Karang Taruna pada prinsipnya dibuat https://karangtarunaku. dan kelengkapan nama pemakai pada dada sebelah kanan (di atas kantung) dan Tulisan Karang Taruna pada dada sebelah kiri (di atas kantung). 4. 6. 4. Kemeja lengan pendek berwarna bebas dengan model yang standar. 5. 2. Topi Karang Taruna berwarna dasar biru dongker dengan model standar dengan pengatur besaran di bagian belakang.

dan melakukan penilaian dalam kegiatan penetapan kualifikasi Karang Taruna. Apabila digunakan untuk mengikuti acara-acara formal tertentu yang nilai penghormatannya tidak terlalu dikedepankan misaInya memberikan ceramah/materi dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tertentu. yakni: Pelantikan pengurus Karang Taruna.Seragam Karang Taruna . Loreng perlakuan penggunaannya sama dengan seragam operasional namun dikhususkan untuk Satuan Khusus Karang Taruna. Maupun untuk kegiatan yang dianggap memiliki penghormatan yang tinggi. misaInya yang sesuai hanya penggunaan jas. atau jasnya saja. Seragam Resmi Karang Taruna dapat digunakan secara tidak lengkap untuk kondisi-kondisi berikut: 1. 4. pembukaan/penutupannya. Seragam Resmi Karang Taruna hendaknya dirawat dan disimpan dengan baik apabila tidak dipergunakan sesuai https://karangtarunaku. 2.id/2016/04/seragam-karang-taruna. Apabila digunakan untuk mengikuti kegiatan persidangan dalam Forum pertemuan Karang Taruna di luar dari upacara pembukaan/penutupan. Untuk Kegiatan-kegiatan Upacara resmi lainnya. Melakukan audiensi dengan pejabat tertentu. 2. kemeja dan dasi saja. Penggunaan Seragam Karang Taruna Untuk Seragam Resmi Karang Taruna harus digunakan secara lengkap untuk kegiatan-kegiatan sebagai berikut : 1.blogspot. Penyambutan Tamu-tamu Penting.co. Menghadiri undangan upacara pembukaan kegiatan kongres/ musyawarah atau kegiatan resmi lainnya yang diselenggarakan oleh organisasi sosial atau kepemudaan lainnya.html[02/08/2017 08:56:24] . Seragam Resmi Karang Taruna tidak boleh digunakan untuk diperlakukan lain selain yang diatur dalam ketentuan penggunaannya pada ayat ini. dengan kelengkapan atribut yang disesuaikan peletakkannya sesuai dengan kepantasan kecuali untuk Lambang Karang Taruna yang diletakkan di dada sebelah kiri dari si pemakai. Menghadiri undangan jamuan dari pejabat tertentu. 3. menghadiri upacara. Apel besar/apel siaga untuk maksud tertentu.KARANG TARUNA berdasarkan kebutuhan baik dalam jumlah maupun modelnya. Seragam Tambahan lainnya adalah dalam bentuk: 1. Untuk Kegiatan-kegiatan Upacara resmi baik upacara pembukaan maupun penutupan dalam peringatan hari-hari besar dan Upacara Keagamaan. 3. Untuk Kegiatan-kegiatan Upacara resmi baik upacara pembukaan maupun penutupan dalam Forum pertemuan Karang Taruna di berbagai tingkatan. 2. Rompi yang perlakuan penggunaannya sama dengan seragam operasional.

Untuk Seragam Operasional Karang Taruna digunakan untuk kegiatan-kegiatan sebagai berikut: 1. pada prinsipnya digunakan untuk kegiatan-kegiatan atau event tertentu dalam rangka penyelenggaraan program-program Karang Taruna. selain digunkan dalam rangka kegiatan/event terkait juga diperbolehkan untuk digunakan sehari-hari. Mengikuti kegiatan study banding atau kegiatan Study Karang Bhakti Karang Taruna. yang saat upacara pembukaannya tetap mengenakan Seragam Resmi Karang Taruna. 7. 6. olah raga dan seni budaya. sosial. Untuk kepentingan propaganda. 3. Bagikan Artikelnya yuu >>> https://karangtarunaku. karena itu pembentukan satgas dengan kelengkapan seragam yang sudah ditentukan oleh kewilayahan yang masih diakui keberadaannya sampai kebijakan yang mengatur secara Nasional ditetapkan. 5. Melakukan kunjungan ke lapangan baik untuk peninjauan kegiatan ekonomi. ketentuan penggunaannya pada ayat ini. 4. 2.KARANG TARUNA dengan tempat yang memadai.Seragam Karang Taruna . 2. Seragam Satuan Khusus Karang Taruna Penentuan seragam untuk satuan khusus/satuan tugas (satgas) akan diatur kemudian dalam kebijakan tersendiri sehingga keberadaan satuan tersebut disepakati oleh forum yang berwenang untuk mengambil keputusan tentang itu. Seragam Operasional Karang Taruna tidak boleh digunakan untuk diperlakukan lain selain yang diatur dalam. Seragam Operasional Karang Taruna hendaknya dirawat dan disimpan dengan baik apabila tidak dipergunakan sesuai dengan tempat yang memadai. Melakukan kegiatan pendampingan dan advokasi untuk kelompok masyarakat tertentu baik yang memiliki permasalahan sosial tertentu maupun dalam kegiatan pengembangan masyarakat terutama dibidang sosial dan ekonomi. 8.blogspot. Seragam Tambahan Karang Taruna. Untuk Seragam Tambahan Karang Taruna diatur sebagai berikut : 1.id/2016/04/seragam-karang-taruna. maupun kegiatan rekreatif lainnya. Aturan pelaksanaannya dibuat tersendiri dalam Petunjuk Teknis yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Pengurus Nasional Karang Taruna. Menghadiri Upacam peringatan hari-hari besar keagamaan yang hanya digunakan oleh Anggota Aktif. dan lain-lain.co.html[02/08/2017 08:56:24] . Untuk kelengkapan seragam bagi petugas tertentu dalam pelaksanaan upacara resmi misalnya upacara pengibaran Bendera dalam peringatan hari-hari besar Nasional. Menghadiri Upacara peringatan had-hari besar Kota di lapangan terbuka yang hanya digunakan oleh Anggota Aktif.

Seragam Karang Taruna .id/2016/04/seragam-karang-taruna.KARANG TARUNA Tentang Dicki Dirmania Saya hanya mencoba menyampaikan INFORMASI PENTING bagi eksistensi kawans Karang Taruna dimanapun berada.html[02/08/2017 08:56:24] .co.blogspot. Artikel Terkait Logo Karang Taruna Kota Bandung Bendera Karang Taruna Panji Karang Taruna Mars & Hymne Karang Taruna Seragam Karang Taruna Tidak ada komentar: Posting Komentar Berikan Komentar sebagai bukti artikel telah dibaca Beri komentar sebagai: Publikasikan Pratinjau Beri tahu saya https://karangtarunaku. semoga bermanfaat dan dapat dijadikan Inspirasi serta motivasi bagi kita semua.

KARANG TARUNA © KARANG TARUNA Beranda Daftar Isi Bertanya Kebijakan & Privasi https://karangtarunaku.co.id/2016/04/seragam-karang-taruna.blogspot.html[02/08/2017 08:56:24] .Seragam Karang Taruna .