You are on page 1of 6

Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan - KARANG TARUNA

Petunjuk Tekhnis
Keprotokoleran dan
Pelantikan

Oleh : Dicki Dirmania

STANDARISASI KEPROTOKOLERAN

PEMBUKAAN
1. Ucapan selamat datang oleh MC;
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an;
3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya;
4. Menyanyikan Mars Karang Taruna;
5. Pembacaan Dasa Sakti Karang Taruna;
6. Laporan Ketua Panitia;
7. Sambutan dari Ketua Karang Taruna;
8. Sambutan dari Ketua Karang Taruna setingkat diatasnya
(atau yang mewakilinya);
9. Sambutan Pejabat Pemerintah :
Walikota/Camat/Lurah/yang mewakili sekaligus membuka
secara resmi acara;
10. Penyerahan Cindera Mata (Kalau Ada);
11. Do’a Penutup;
12. Selesai/Ramah Tamah.

PENUTUPAN
1. Pengantar oleh MC;
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya;
3. Menyanyikan Mars Karang Taruna;

https://karangtarunaku.blogspot.co.id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan.html[02/08/2017 08:59:24]

9. 8.Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan .id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan. Alur keprotokoleran dan pendelegasian       https://karangtarunaku. Pembacaan Hasil Keputusan Acara. Sambutan dari Pemerintah setempat (Kalau Ada).blogspot. 5.html[02/08/2017 08:59:24] . 7. 6. Ramah Tamah. Laporan dari Ketua Panitia. Catatan : Seremonial Pembukaan dan Penutupan Permusyawaratan dan Rapat-Rapat Karang Taruna atau Acara Seremonial lainnya seyogyanya mengacu urutan acara diatas dan disesuaikan dengan kebutuhan.co. Do’a Penutup.KARANG TARUNA 4. Sambutan Ketua Karang Taruna (Sekaligus Menutup Acara).

Instansi terkait serta masyarakat luas. 7. Foto Bersama Pengurus dengan Pembina dan Undangan penting lainnya. 12. Pembacaan SK Pengurus Karang Taruna oleh Kadis/Kabid/Kasie social. 15. 14. 9. Menyanyikan Mars Karang Taruna. 11. Sambutan Pembina Umum. Pembacaan Dasa Sakti Karang Taruna. https://karangtarunaku. Sambutan dari Ketua Karang Taruna terpilih. 8. Sambutan dari Ketua Karang Taruna setingkat diatasnya (atau yang mewakilinya). 6.id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan. 4. Ucapan selamat dari para undangan. 18. 17. Penandatanganan Berita Acara Pelantikan. 10. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. 5.KARANG TARUNA         PELANTIKAN PENGURUS KARANG TARUNA PROSESI PELANTIKAN : Prosesi Pelantikan/Pengukuhan PKTK/PKTC/PKTL agar dilaksanakan dengan waktu tersendiri sehingga memiliki nilai politis dan strategis bagi organisasi terhadap Pengurus. 19. 3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. JADWAL ACARA PELANTIKAN : 1. Do’a Penutup. Penyerahan Pataka dari Pembina umum kepada Ketua terpilih.co.Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan . Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Oleh Pembina Umum. Pembukaan oleh MC.blogspot.html[02/08/2017 08:59:24] . Pengucapan Janji Pengurus dipimpin oleh Ketua Terpilih. 2. 16. Penyerahan Cindera Mata (Kalau Ada). Selesai/Ramah Tamah. 13. Laporan Ketua Panitia Pelantikan.

co. KATA-KATA PELANTIKAN BERDASARKAN HASIL MUSYAWARAH WARGA/TEMU KARYA KARANG TARUNA KE …… KOTA/KECAMATAN/KELURAHAN …………………… YANG DILAKSANAKAN PADA TANGGAL …………….……………………. TUGAS POKOK KARANG TARUNA ADALAH SEBAGAI KOMPONEN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PERMASALAHAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN POTENSI SOSIAL-EKONOMI DALAM KERANGKA PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL. DI ……………. PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN KARANG TARUNA DISELENGGARAKAN MELALUI JEJARING KEPENGURUSAN MULAI TINGKAT NASIONAL HINGGA KECAMATAN YANG BERSIFAT HORISONTAL. YANG MEMPOSISIKANNYA SEBAGAI ORGANISASI YANG PALING MENGAKAR.20. KARANG TARUNA ADALAH KOMPONEN UTAMA BANGSA DALAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN SEBAGAI PEREKAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA. STATUS SOSIAL EKONOMI. SUMBERDAYA MANUSIA KARANG TARUNA ADALAH PEJUANG YANG DENGAN PENGETAHUANNYA DAN INTEGRITAS KEPRIBADIANNYA SELALU MELAHIRKAN KARYA NYATA BAGI MASYARAKATNYA. 2. 6. 5.KARANG TARUNA DASA SAKTI KARANG TARUNA 1. AGAMA..html[02/08/2017 08:59:24] . 3. 9.id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan. 4.. KARANG TARUNA BERKEDUDUKAN DI DESA/KELURAHAN. 7. KARANG TARUNA BERSIFAT NON-PARTISAN (INDEPENDEN) TERUTAMA DALAM PENDIRIAN POLITIKNYA YANG HANYA UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT.blogspot. KARANG TARUNA BERSIFAT LOKAL YANG DILANDASI OLEH NILAI-NILAI KEARIFAN BUDAYA SETEMPAT.. KARANG TARUNA MEMILIKI WARGA TERBESAR DITANAH AIR DENGAN KEANGGOTAAN YANG BERSIFAT TERBUKA BAGI SELURUH WARGA MASYARAKAT TANPA MEMANDANG JENIS KELAMIN. PENGETAHUAN SERTA KESADARAN DAN TANGGUNGJAWAB SOSIALNYA TERHADAP WILAYAH LOKALNYA. SAYA ATAS NAMA WALIKOTA/CAMAT/LURAH ………………………. KARANG TARUNA BERWATAK SOSIAL YANG MENJADIKANNYA SEBAGAI SATU-SATUNYA ORGANISASI SOSIAL WADAH PENGEMBANGAN GENERASI MUDA. 10. KARANG TARUNA BERBENTUK OTONOM DALAM ARTI BERKAPASITAS MENYELENGGARAKAN KEGIATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL UNTUK MASYARAKATNYA TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN. DAN BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN WALIKOTA/CAMAT/LURAH ……………………….……… Nomor ………. 8.Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan . SUKU DAN PENDIRIAN POLITIK.……… DENGAN INI SAYA MELANTIK SAUDARA-SAUDARA https://karangtarunaku.

Taat pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga Karang Taruna serta ketentuan-ketentuan organisasi lainnya..” KATA-KATA SAAT PENYERAHAN PATAKA KARANG TARUNA “WAHAI ANAK MUDA KIBARKANLAH PANJI-PANJI KARANG TARUNA DISELURUH PENJURU KOTA/KECAMATAN/KELURAHAN ……………………. saya berjanji : 1...Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan ... SELAMAT BERTUGAS ANAK MUDA !!!“ Bagikan Artikelnya yuu >>> Tentang Dicki Dirmania Saya hanya mencoba menyampaikan INFORMASI PENTING bagi eksistensi kawans Karang Taruna dimanapun berada. SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MEMBERIKAN KEKUATAN LAHIR DAN BATHIN KEPADA SAUDARA-SAUDARA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN AMANAH YANG DIBERIKAN PENGUCAPAN JANJI PENGURUS “ Demi Allah/ Atas nama Tuhan/ Atas nama Sang Budha/ Demi Sang Hyang Widhi............ Akan melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai pengurus Karang Taruna .co.blogspot. dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya...html[02/08/2017 08:59:24] .. BERKARYA DAN BERJUANGLAH DENGAN HATI. Artikel Terkait Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan https://karangtarunaku. Memegang teguh rahasia jabatan dan bersedia mempertanggung jawabkan jabatan saya tersebut secara moral maupun organisasional. 4.. YANG KITA CINTAI INI... 2. 3...id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan....... semoga bermanfaat dan dapat dijadikan Inspirasi serta motivasi bagi kita semua.KARANG TARUNA MENJADI PENGURUS KARANG TARUNA KOTA /KECAMATAN/KELURAHAN ……………………… MASA BHAKTI ………………….. Setia dan teguh pada amanah Temu Karya.

Petunjuk Tekhnis Keprotokoleran dan Pelantikan .id/2016/03/petunjuk-tekhnis-keprotokoleran-dan.html[02/08/2017 08:59:24] .co.KARANG TARUNA Pelantikan Contoh SK Kepengurusan Karang Taruna Petunjuk Pelaksanaan MWKT / TKKT Tidak ada komentar: Posting Komentar Berikan Komentar sebagai bukti artikel telah dibaca Beri komentar sebagai: Publikasikan Pratinjau Beri tahu saya © KARANG TARUNA Beranda Daftar Isi Bertanya Kebijakan & Privasi https://karangtarunaku.blogspot.