You are on page 1of 14

RENCANA KERJA TAHUNAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT

RSUP PERSAHABATAN
TAHUN 2015

I. Pendahuluan

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan
kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan
dan gawat darurat. Pelayanan Kesehatan Paripurna yang dimaksud adalah pelayanan
kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
Kesatuan upaya-upaya tersebut bukan hanya disebabkan oleh terselenggaranya
program saja, tetapi juga dipengaruhi aspek mutu pelayanan. Penelitian tentang mutu
pelayanan membuktikan, bahwa mutu pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dan
tuntutan para pemakai jasa pelayanan kesehatan yang disebut pelanggan yang apabila
terpenuhi akan menimbulkan kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang
diselenggarakan.
Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan di RSUP Persahabatan salah satunya
promotif melalui kegiatan promosi kesehatan rumah sakit yang diarahkan untuk meningkatkan
kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat
kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.
Promosi kesehatan di rumah sakit bertujuan terciptanya masyarakat rumah sakit yang
menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap dan
perilaku masyarakat rumah sakit serta pemeliharan lingkungan rumah sakit dan
termanfaatkannya dengan baik semua pelayanan yang disediakan rumah sakit. Dalam rangka
mewujudkan hal tersebut di atas, maka setiap rumah sakit diwajibkan mempunyai kegiatan
promosi kesehatan rumah sakit. Kegiatan promosi kesehatan rumah sakit (PKRS) di RSUP
Persahabatan dikelola oleh Instalasi Pelayanan HUMAS dan PKRS.

II. Latar Belakang

Mengingat masih banyak rumah sakit yang hanya menekankan pelayanan kesehatan
kepada aspek kuratif dan rehabilitative, maka saat ini telah terjadi perubahan fungsi rumah sakit
yang awalnya kepada aspek kuratif dan rehabilitative, kini telah berkembang kearah kesatuan

1

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 004 Tahun 2012. Dasar Hukum 1. sesuai sosial budaya mereka. Peraturan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Nomor HK.03. untuk dan bersama mereka. Tujuan Tujuan Umum : Program kerja ini bertujuan untuk menyampaikan kepada para pelanggan baik internal maupun eksternal bagaimana pengelolaan pelanggan di RSUP Persahabatan secara bertanggung jawab. 3. III. tentang Petunjuk Teknis Promosi Kesehatan Rumah Sakit 5. 2. melalui pembelajaran dari. 8. serta didukung kebijakan publik yang berwawasan kesehatan disebut Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).06/II. 6. kuratif dan rehabilitatif. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. oleh. preventif.upaya pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat mencakup aspek promotif. klien dan kelompok- kelompok masyarakat dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. mencegah masalah- masalah kesehatan dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat.A/2014. Pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit kepada pelanggan dalam rangka meningkatkan kemampuan pasien. Undang-undang keterbukaan informasi publik 7.2/53. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 131 / MENKES / SK / II / 2004 tentang Sistem Kesehatan Nasional. 4.Kes /SK/XI/2000 tentang Pembangunan Kesehatan menuju Indonesia Sehat 2010. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 574/Men. sedangkan tujuan pelaksanaan PKRS dimaksudkan agar terwujudnya 2 . klien dan kelompok-kelompok masyarakat agar pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya. Surat Keputusan Direktur Utama tentang SOTK Instalasi Pelayanan Humas dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit IV.

dalam rangka pencapaian program sesuai standar pelayanan. Membuat laporan kegiatan bulanan 13. Menunjang kegiatan manajemen dalam rangka mencapai tujuan organisasi c. penyelenggaraan kegiatan pelayanan dan peningkatan wawasan dan ketrampilan petugas rumah sakit dan pengelola PKRS. Mengembangkan pedoman PKRS 20. Pasien dan keluarga mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang memenuhi kebutuhan kesehatan berkelanjutan atau mencapai sasaran kesehatannya f. Penanganan manajemen komplain 10. Mengelola indeks kepuasan masyarakat 11. Mengevaluasi proses dan hasil PKRS 18. koordinasi dengan kepala ruang / poli / instalasi / SMF 16. Melaksanakan hari besar kesehatan 19. Membuat laporan PKRS 3 . Pencitraan rumah sakit b. Membuat dan mengkoreksi klarifikasi hak jawab terhadap kasus 12. Rumah sakit dapat mengidentifikasi dan menjalin kerjasama dengan sumber-sumber yang ada di lingkungan rumah sakit maupun di luar rumah sakit. Kegiatan Pokok 1. Menciptakan pola komunikasi dan saluran komunikasi 3. Memberikan informasi yang terpercaya baik secara langsung ataupun melalui media. Tujuan khusus: a. Menjaga hubungan baik dengan media massa 6. g. Mengelola komunikasi dan informasi tentang pelayanan di RSUP Persahabatan kepada publik 9. Menjaga integritas saluran komunikasi umum dan media 5. Meningkatnya kemampuan mengembangkan media PKRS V. e. Mempersiapkan dan mengkoordinasikan promosi kesehatan rumah sakit 14. Menjaga nama baik rumah sakit 4. baik publik internal maupun eksternal d. Melayani publik dan memberikan masukan kepada pimpinan demi kepentingan organisasi. Mengelola kegiatan PKRS 8. baik media umum maupun media sosial 2. Mengikuti seminar atau studi banding PKRS 21. Mengembangkan strategi PKRS 17. Monitoring dan evaluasi PKRS 15. Membina hubungan harmonis antara rumah sakit dengan publik. Mengidentifikasi kebutuhan PKRS di instalasi dan sasaran kegiatan dengan cara observasi lingkungan. Membuat rencana kegiatan tahunan PKRS di RSUP Persahabatan 7.

Pembaharuan media edukasi. Publikasi dan dokumentasi 9.VI. Melakukan press konference kegiatan sedang menjadi issue publik 8. 4. Melakukan wawancara terkait kegiatan kehumasan 7. dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait. telah disusun beberapa rencana kegiatan yang dilakukan dengan strategi promosi kesehatan berupa pemberdayaan. Membuat Press Release 6. Melaksanakan seminar kesehatan terkait dengan promosi kesehatan dalam rangka memperingati hari-hari besar kesehatan baik tingkat nasional maupun tingkat internasional 11. 10. bina suasana. 5. Melaksanakan kegiatan PKRS bersama-sama dengan unit kerja yang melakukan PKRS baik di ruang rawat inap maupun rawat jalan sesuai jadual. Konsultasi dengan Direksi RSUP Persahabatan dan konsultan dari Pusat Komunikasi Publik Kementerian kesehatan dan Pusat Promosi Kesehatan Kementerian kesehatan minimal sebulan sekali 3. Melaksanakan seminar kesehatan terkait dengan hari-hari besar kesehatan baik nasional maupun internasional. baik cetakan maupun visual. Sasaran Sasaran program merupakan target pertahun yang spesifik dan terukur untuk mencapai tujuan yang menunjukkan hasil yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan Humas dan PKRS VIII. Mengadakan rapat internal dibawah koordinator Humas dan koordinator PKRS 2. Pembaharuan media edukasi baik visual maupun cetakan VII. Adapun 4 . advokasi. Cara Melaksanakan Kegiatan 1. Jadual pelaksanaan kegiatan Untuk mengembangkan Promosi Kesehatan Rumah Sakit di RSUP Persahabatan.

Pemberdayaan 5 . Penataan sarana informasi .rencana kegiatan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUP Persahabatan diantaranya adalah : Bulan No Uraian 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Ket 1 Membuat Rencana Kegiatan Tahunan PKRS di RSUP Persahabatan 2 Melaksanakan advokasi / koordinasi kepada Tim PKRS di Unit kerja 3 Mengidentifikasi kebutuhan PKRS di instalasi sasaran kegiatan dengan cara observasi lingkungan dan koordinasi dengan Kepala Ruang / Poli / Instalasi / SMF 4 Mengumpulkan data kebutuhan edukasi pasien berdasarkan asesmen di rawat jalan dan di rawat inap (individu) yang dilakukan oleh Profesional Pemberi Asuhan(PPA) 5 Analisa data 6 Mengembangkan strategi PKRS 7 Mengembangkan media PKRS . Leaflet. TV media edukasi . Poster / Banner 8 Melaksanakan uji coba media PKRS 9 Melaksanakan upaya perubahan perilaku masyarakat RS melalui : . Flipchart . Booklet.

Hari ASI . Hari Kesehatan Sedunia . Hari Kesehatan Nasioanal .Bulan Peduli Kanker Paru . Hari Kanker Sedunia . Hari Tuberkolosis Sedunia .Hari Cuci Tangan Pakai Sabun . Hari Asma . Advokasi . Hari AIDS/HIV 12 Mengembangkan pedoman PKRS 13 Mengikuti seminar / lokakarya PKRS 14 Evaluasi Kegiatan 15 Membuat laporan PKRS 16 Melaksanakan ragam kegiatan terkait dengan macam-macam 6 . Bulan No Uraian 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Ket . Hari Anak .Hari Gizi Nasional . Bina Suasana .Hari Anti Narkoba Sedunia . Kemitraan 10 Mengevaluasi proses dan hasil media PKRS 11 Melaksanakan peringatan hari besar kesehatan : . Hari Pelanggan Nasional .Hari Tanpa Tembakau Sedunia .

Bulan No Uraian 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Ket hari kesehatan yang tercantum di kalender resmi RSUP Persahabatan Gathering wartawan media 17 cetak dan elektronik minimal 20 wartawan di setiap kegiatan besar rumah sakit Assement Sign dan Bilboard internal Rumah Sakit dan Jalan 18 menuju Rumah Sakit dalam bentuk mapping dan memperbaharui Mengeluarkan News Letter tiap 19 bulan dan didistribusikan ke unit- unit terkait baik internal RS dan Eksternal RS Membuat buku Profil Pelayanan 20 RSUP Persahabatan yang akan dikeluarkan menyambut HUT RSUP Persahabatan November Kerjasama dengan pihak legal dan Bagian umum untuk evaluasi 21 dan peningkatan kerjasama IKS dengan institusi dan yayasan dalam layanan kesehatan Kerjasama dengan organisasi 22 Dharma wanita berkaitan dengan ragam kegiatan internal dan eksternal Kerjasama dengan kegiatan 23 senam yang ada di RSUP Persahabatan dari hari Selasa sd Minggu Kerjasama dengan Korpri 24 khususnya Kantin Cemara dalam sosialisasi layanan kesehatan 25 Kerjasama dengan Koperasi dalam ragam kegiatan terkait dengan promosi layanan kesehatan baik dari program 7 .

Cleaning service ruangan dan Perparkiran. Bulan No Uraian 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Ket eksternal RS dan internal RS Kerjasama dengan institusi dan masyarakat sekitar dalam promosi kesehatan & kegiatan RSUP Persahabatan wilayah 26 Jakarta Timur Kerjasama dengan unit eksternal dalam pelatihan Customer Service Excelent disertai dengan sosialisasi values baru RSUP Persahabatan PIKKO ke 27 frontliner dan pegawai yang terkait langsung dengan customer. Cleaning servise taman. Kerjasama dengan unit eksternal dengan kepolisian dan RW 28 setempat berkaitan dengan penertiban PKL dan kebersihan lingkungan sekitar Rumah Sakit Bergabung atau membuat group 29 Humas Rumah Sakit se-Jakarta Timur Membuat jinggle terkait value 30 RSUP Persahabatan dan ragam video terkait dengan layanan promosi RSUP persahabatan Memperbaharui company profile 31 secara hardcopy dan softcopy disosialisasikan ke semua unit eksternal Rumah sakit 8 . ke outsourching seperti Security.

Pencatatan. Pelaporan dan evaluasi kegiatan Pencatatan.000 9 . a.000 Rp. Laporan Tahunan  Laporan komplain pelanggan. Biaya Melaksanakan Program No. Laporan Bulanan  Laporan manajemen komplain pelanggan  Laporan Indeks kepuasan pelanggan (IKM)  Laporan Jadwal PKRS  Laporan Perusahaan yang masih dan sudah Ikatan Kerjasama.  Laporan jadwal jaga petugas customer service 24 jam di IGD  Laporan stock opname barang persediaan di instalasi. Evaluasi Kegiatan Evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan di Promosi Kesehatan Masyarakat diadakan setiap 3 (tiga) bulan sekali yaitu bulan Mei. Indeks kepuasan pelanggan dan Jadwal PKRS  Laporan kegiatan tahunan  Laporan Program kerja Instalasi  Laporan Rencana Bisnis Anggaran / RBA XI.000. bulanan dan tahunan. Pelaporan dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan di Instalasi Pelayanan HUMAS dan PKRS dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu laporan harian.000 Rp. 8. Amplifier & Wireless Mic 3 Unit Rp.500. Laporan Semesteran  Laporan komplain pelanggan. 4.500.000. Projector 3 Unit Rp. Screen Projector 3 Unit Rp. dan Nopember oleh Koordinator PKRS yang akan dilaporkan kepada kepala Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS.500. c.000 2. Agustus.000 3.IX. X.  Laporan penanya di pojok informasi dan customer service. Adapun hal yang dievaluasi adalah output atau capaian kegiatan di tiap bulannya apakah sudah memenuhi target yang telah ditentukan sebelumnya. Laporan Mingguan  Laporan manajemen komplain pelanggan dan Jadwal PKRS  Laporan hallo pasien b.000 Rp.500. Nama vol Satuan Harga Jumlah 1. 13. 24.7.2. Indeks kepuasan pelanggan dan Jadwal PKRS  Laporan kegiatan tahunan dan laporan semesteran  Laporan Program kerja Instalasi d.

4. 750.2.75. Kamera DSLR 2 Unit Rp. 1 paket Rp. 5. brosur. Printer 2 Unit Rp.75.7.500. Lembur Pegawai 1 x 4 hari Rp.) 13.000.40 000.7. 56.000 Rp.000 Rp.000 Rp. spanduk. TUJUAN Meningkatkan kecepatan respon terhadap realisasi permohonan design media publikasi / promosi 10 . Program Mutu TIME RESPON TERHADAP REALISASI PERMOHONAN PEMBUATAN DESIGN MEDIA PUBLIKASI / PROMOSI PLANNING/PERENCANAAN Judul Time respon terhadap realisasi permohonan design media publikasi / promosi Rumusan Pernyataan dan Uraian Masalah Latar Belakang : bagian kegiatan dari Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS.000 /bulan) x 12 bulan Total : Rp.14. dll.75. poster.000 Rp. 39.35.000.000. Rp.000.75.000. Kegiatan dalam rangka hari.000 Rp.000 8.000. Signage (Petunjuk Arah) 50 item Rp. Komputer 2 Unit Rp.000. 414. 28 kegiatan Rp.000 6.000 Rp.000.100.3.000 Rp.000 hari besar kesehatan Paket.6.000 7.000 Rp.000.12.000 10. baik promosi ilmiah dan non ilmiah di dalam dan di luar Rumah Sakit agar masyarakat lebih mengenal Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan.3.000 5.000 Rp.500.000 12 Cetakan (banner.600. booklet. 10.000.500.000 Terbilang : seratus delapan belas juta lima ratus ribu rupiah XII.000. 200.000.000 Rp. 10. Tripod Kamera 2 Unit Rp. Televisi 10 Unit Rp.000 poster.000. baik dalam bentuk leaflet. Pameran 4 Pameran Rp.000.2.000 11. spanduk & banner Media Publikasi / Promosi adalah suatu sarana yang digunakan untuk mengumumkan / menyiarkan / mengenalkan tentang suatu produk / jasa layanan sehingga tertarik.000 9 Pencetakan leaflet 100 RIM Rp.000 (11 orang 15.

Kepala IPH & PKRS mendisposisikan agar dibuatkan desain sesuai dengan user ( unit kerja pemohon ). 3. 3 Setelah selesai design. 4. 6. 2. 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % PJ design berkoordinasi dengan unit kerja/tim pemohon untuk 11 . WAKTU & TARGET No Hal TAHUN 2015 . 5. Koordinasi dengan unit kerja/tim pemohon untuk pendistribusian/pemasangan. Adanya disposisi dari Bagian Umum terkait permintaan secara tertulis dari unit kerja disertai isi materi yang diinginkan untuk dipromosikan atau hasil telusur IPH & PKRS. Mengajukan ke Bagian Umum untuk pembuatan / pencetakan dengan melampirkan design. Koordinasi dengan vendor yang ditunjuk agar hasil pembuatan/pencetakan sesuai dengan design yang telah disepakati. PJ design berkoordinasi dengan unit kerja/tim pemohon untuk mendapatkan persetujuan desain. 2 Kepala IPH & PKRS mendisposisikan agar dibuatkan desain sesuai 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % dengan user ( unit kerja pemohon ).Uraian Kegiatan 1. Agustus September Oktober November Desember 1 Adanya disposisi dari Bagian Umum terkait permintaan secara tertulis dari unit kerja disertai isi materi yang 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % diinginkan untuk dipromosikan atau hasil telusur IPH & PKRS. Setelah selesai design.

Lamanya proses design 5. Penyebab : 1. Surat dikirimkan oleh unit kerjak Direktur tidak ditembuskan langsung kehumas sehingga menyebabkan lama direspon 3. penyebab. 5 Koordinasi dengan vendor yang ditunjuk agar hasil pembuatan/pencetakan 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % sesuai dengan design yang telah disepakati. Masalah : Belum tercapainya Time respon terhadap realisasi permohonan design media publikasi / promosi. PELAKSANAAN Melaporkan kepada pimpinan rumah sakit mengenai masalah. Penelusuran / pengecekan sesuai dengan kondisi lapangan memerlukan waktu 4. 4 Mengajukan ke Bagian Umum untuk pembuatan / pencetakan dengan 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % melampirkan design. Perbaikan beberapa kali dari pihak pemohon 12 . dan cara penyelesaian masalah. Birokrasi persuratan 2. 6 Koordinasi dengan unit kerja/tim pemohon untuk pendistribusian/pemasan 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % gan. mendapatkan persetujuan desain.

Melihat data rekapitulasi permohonan 2. 4. Untuk mempercepat proses design sebaiknya vendor yang ditunjuk sudah mengetahui kondisi lapangan RSUP Persahabatan (sebaiknya sudah ditentukan. 3. Design di RSUP Persahabatan hanya 1 (satu) orang sehingga perlu penambahan designer. Time respon terhadap 70 % 75 % 80 % 85 % realisasi permohonan design media publikasi / promosi TIME RESPON TERHADAP REALISASI PERMOHONAN PEMBUATAN DESIGN MEDIA PUBLIKASI / PROMOSI Perspektif Customer Sasaran Strategis Terwujudnya design media publikasi Tujuan Peningkatan Time respon Terhadap permohonan design media publikasi Definisi operasional Time respon Terhadap permohonan design media publikasi adalah kecepatan IPH & PKRS dalam merealisasikan permohonan design media publikasi. Membuat presentase jumlah design yang ditindaklanjuti terhadap seluruh design yang telah direalisasikan. Surat permohonan ke direktur langsung ditembuskan ke IPH & PKRS agar bisa langsung berkoordinasi sambil menunggu surat disposisi dari Bagian Umum. baik dari permohonan unit kerja maupun hasil telusur yang telah disepakati bersama dengan unit kerja yang ditelusur. 13 . Melihat data tindak lanjut permohonan setiap unit kerja dalam kurun waktu perbulan 3. 6. 2. No. 3 vendor). Revisi dibatasi maksimal 3 kali agar mempercepat proses. Adapun hasil design media publikasi merupakan suatu sarana yang digunakan untuk mengumumkan / menyiarkan / mengenalkan tentang suatu produk / jasa layanan sehingga tertarik sehingga memerlukan design disesuaikan kebutuhan dan kondisi lapangan. Target September Oktober November Desember 1. Metode Penilaian 1. Adanya kesalahan pencetakan/pembuatan dari vendor Cara Penyelesaian : 1.

4. NIP. Persentase penilaian Jakarta. ST. 197205182006041005 14 . 2 Januari 2015 Kepala IP Humas & PKRS Yusuf Nurhakim.