You are on page 1of 45

Analisis kelayakan usaha agribisnis

Muhammad Saikhu,SP,M.Agr

Glosarium analisis kelayakan usaha agribisnis

OLEH:

Klotilda Triani Pait

NIM:07.1.2.15.1875

PERTANIAN IIA

SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN
BADAN PENYULUHAN PERTANIAN DAN
PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN
KEMENTRIAN PERTANIAN
2017

GLOSARIUM ANALISIS KELAYAKAN USAHA
AGRIBISNIS
a. A

1
Glosarium analisis studi kelayakan usaha

Afiliasi:Pertalian sebagai anggota atau cabang.
Agregatif:Perkumpulan sejumlah benda yang terpisah
menjadi satu.
Akumulasi:Pengumpulan atau penimbunan.
Alokasi:Penentuan banyaknya barang yang disediakan
untuk suatu tempat.
Authority:Wewenang.
Agen :perantara pemasaran atas nama perusahaan.
a unit of account:alat satuan hitung.
AFTA :kawasan perdagangan bebas ASEAN
Analyzer:strategi bisnis yang dijalankan melalui
imitasi, yaitumeniru apa yang dilakukan prospektor.
Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan
dengan meminimalkan risiko.
Angka Indeks :angka perbandingan yang dinyatakan
dalam presentase untuk mengukur perubahan variabel.
Angka indeks:Suatu ukuran statistik yang
menunjukkan perubahan suatu variabel atau
sekumpulan variabel yang berhubungan satu sama lain
pada waktu atau tempat yang sama atau berlainan.
Anggaran:laporan sumberdaya keuangan yang disusun
untuk membiayai kegiatan-kegiatan tertentu dalam
jangka waktu tertentu.Anggaran terutama digunakan
sebagai peralatan pengawasan dalam mengelola usaha.
Angka pengganda pendapatan (multiplier):Angka
yang menunjukkan perubahan konsumsi dan perubahan

2
Glosarium analisis studi kelayakan usaha

tabungan karena adanya perubahan pendapatan
nasional.
Asuransi :perjanjian untuk menanggung resiko
tertentu, seperti kebakaran dan kecelakaan.
(agregat):kegiatan ekonomi secara keseluruhan

b. B
Backward linkage : pertalian ke belakang,
Backward bending supply curve:kurva
penawarannya terbalik.Barang, :alat pemuas kebutuhan
yang berwujud, seperti rumah dan pakaian.
Bank Sentral :badan keuangan yang diberi tanggung
jawab untuk mengatur dan mengawasi kestabilan
lembaga keuangan, serta untuk menjamin agar kegiatan
lembaga keuangan tersebut dapat diciptakan kegiatan
ekonomi yang tinggi.
Bank Umum :bank yang melaksanakan kegiatan usaha
secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah,
yang dalam kegiatannya memberi jasa dalam lalu lintas
pembayaran.
Barang/jasa:Segala sesuatu yang dapat memenuhi
kebutuhan atau alat pemuas kebutuhan manusia, atau
dengan kata lain barang adalah setiap benda yang
mempunyai faedah atau guna (utility) bagi manusia.
Bank deposit:(money)uang giral.
banknya para bank.

3
Glosarium analisis studi kelayakan usaha

Bank :badan usaha yang menghimpun dana dari
masyarakat dalam bentuk simpanan dan
menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk
kredit/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka
meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Bank:Badan usaha yang menghimpun dana dari
masyarakat dalam bentuk simpanan dan
menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk
kredit dan atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka
meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR):Bank yang
melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau
berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya
tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
Bank Syariah: Bank yang melaksanakan kegiatannya
dengan aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam
antara bank dengan pihak lain untuk penyimpanan
dana dan atau pembayaran kegiatan usaha, atau
kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan
syariah Islam.
Barang esensial :barang yang sangat penting (pokok)
dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Biaya peluang :biaya karena hilangnya kesempatan
akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain.
Barter:pertukaran tanpa uang.
Business plan : perencanaan usaha

4
Glosarium analisis studi kelayakan usaha

:celah yang terjadi dalam masyarakat karena adanya perebutan barang dan jasa yang menimbulkan terjadinya inflasi (choice):pilihan circulair flow diagram:diagram yang menggambarkan hubungan timbal balik antarpelaku ekonomi berupa arus melingkar yang membentuk sistem tertentu. c. :faktor-faktor lain dianggap tidak berubah/ konstan/tetap. sehingga barang tersebut merupakan barang pelengkap bagi barang lain. Ceteris paribus. Complementary commodity:barang yang digunakan bersama-sama dengan barang lainnya. C Capital gain:Perolehan modal. Biaya peluang (opportunity cost):Sejumlah barang atau pendapatan yang harus dikorbankan agar sejumlah barang yang lain dapat diproduksi/digunakan. 5 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Bunga modal:Balas jasa yang diterima pemilik modal. yang diukur dengan mannfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Biaya peluang (opportunity cost) :biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu. karena digunakan untuk proses produksi. Bilateral:hubungan pedagangan antara dua negara. Celah inflasi (Inflationary Gap).

common money:alat pembayaran yang sah secara ekonomi maupun hukum. Consumption expenditure:konsumsi rumah tangga yang dalam literatur ekonomi pada umumnya diberi simbol (C). ceteris paribus:faktor-faktor lain tidak berubah. d. (competition among ): persaingan di antara beberapa penjual barang/komoditas. :permintaan akan tenaga kerja. Diskrepansi statistik:Ketidakcocokan. 6 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Depresiasi:Sesuatu penurunan nilai mata uang Deflasi. :keadaan perekonomian yang menunjukkan turunnya harga secara terus-menerus. Defender:strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih dan mempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasar potensial yang ada. Demand of labour. ketidaksesuaian statistik. D Deposan:Penyimpanan uang di bank secara deposito. hukum ekonomi berlaku jika keadaan di sekitarnya tidak berubah. Cost Push Inflation :inflasi yang disebabkan karena kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh naiknya biaya input atau biaya faktor produksi. Desentralisasi:Sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan wewenang pada daerah.

Diagram interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram) :diagram yang menunjukkan interaksi timbale balik antar pelaku ekonomi. Diversifikasi. Devalusi :kebijakan pemerintah menurunkan nilai mata uang sendiri terhadap mata uang asing. Diferensiasi :(differentiation strategy). :perluasan produksi dengan cara menambah jenis produksi. Dividen:Bagian laba atau pendapatan yang dibagikan kepada pemegang saham. Derived Demand :permintaan terhadap faktor input tertentu atau produk tertentu yang tergantung pada permintaan terhadap sejumlah barang. Keunikan tersebut bisa dicirikan oleh kualitas yang tinggi. pelayanan yang prima. Divisi:Bagian dari organisasi atau perusahaan. maupun rancangan produk yang inovatif. strategi bisnis yangdiarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikanproduk yang dihasilkan. Demand Pull Inflation :inflasi yang terjadi sebagai akibat pengaruh permintaan yang tidak diimbangi oleh jumlah penawaran produksi. 7 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Domestik:Berhubungan dengan permasalahan dalam negeri.

Ekspektasi:Perkiraan. E Economic Science:ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu individu dan masyarakat membuat suatu pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang. dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai konsumsi. Disposible Income:Personal Income setelah dikurangi pajak langsung (misalnya pajak bumi dan bangunan. tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu. Distribusi:Menyalurkan barang/jasa hasil produksi kepada konsumen. e. baik dilakukan secara langsung maupun melewati perantara dalam perdagangan. sekarang dan masa mendatang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat. demand:banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu. Eksternalitas :keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelaku ekonomi sebagai akibat faktor-faktor gari luar proses kegiatan produksi yang memengaruhi hasil dari kegiatan ekonomi tersebut. Deflasi:Suatu keadaan di mana tingkat harga secara umum mengalami penurunan. pajak kendaraan bermotor dsb). 8 Glosarium analisis studi kelayakan usaha .

Ekonomi makro. Ekonomi deskriptif. :bidang ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan ekonomi dengan cara melihat dan menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan. Ekonomi teori. :ilmu ekonomi yang bersifat menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan merumuskannya dalam suatu hukum atau teori ekonomi. sehingga memusatkan perhatiannya pada masalah bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memperoleh kepuasan maksimum. :bidang ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan ekonomi di suatu Negara dengan analisis yang bersifat menyeluruh. Ekonomi makro:Bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. 9 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Ekonomi mikro:Ilmu yang mempelajari aktivitas- aktivitas perekonomian yang bersifat bagian kecil. Ekonomi mikro.:ilmu ekonomi yang menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.

Elastisitas penawaraan (elasticity of supply):Pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan. Elastisitas pendapatan (income elasticity):Persentase perubahan permintaan akan suatu barang yang diakibatkan oleh persentase perubahan pendapatan (income) riil konsumen. :ilmu ekonomi yang memakai ekonomi teori untuk membuat dan merumuskan kebijakan ekonomi Ekstensifikasi. Elastisitas permintaan (elasticity of demand):Pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta. 10 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Elastisitas penawaran. Ekspor:menjual barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri Expected rate of return:tingkat pengembalian yang diharapkan. Elastisitas (pemuluran):Pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. :perluasan produksi dengan cara menambah faktor produksi.:tingkat kelenturan atau tingkat kepekaan penawaran dalam menghadapi perubahan harga. Ekonomi terapan.

f. equilibrium price:harga keseimbangan merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi antara permintaan dan penawaran.:tingkat kelenturan atau tingkat kepekaan permintaan dalam menghadapi perubahan harga. Faktor produksi tenaga kerja:Segala kegiatan manusia. Elastisitas silang (cross elasticity):Persentase perubahan jumlah barang X yang diminta. effective demand:permintaan yang didukung oleh daya beli disebut permintaan efektif. dan tenaga kerja untuk menghasilkan produk baru. baik jasmani atau rohani untuk kegiatan produksi. Elastisitas permintaan. F Faktor produksi modal:Hasil produksi yang dipergunakan dalam proses produksi lebih lanjut untuk menghasilkan barang lain. 11 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . atau pengembangan organisasi usaha. Entrepreneur :orang yang memiliki dan menggunakan sumber daya finansial (uang). bahan mentah (material). yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang yang lain (Y). Entrepreneurship:pengusaha. bisnis proses produksi.

Finansial:Mengenai urusan keuangan. Fokus (focus strategy). :fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan (penawaran). Forward linkage : pertalian ke depan foreign enclave industry:daerah kantong bagi industri asing“full employment”:Kondisi manakala semua lowongan pekerjaan terisi penuh oleh para pencari kerja inilah yang disebut dalam ilmu ekonomi sebagai Opportunity Cost: biaya karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain. Fungsi penawaran. Firms:produsen Fungsi konsumsi :fungsi yang menunjukkan hubungan antara konsumsi dan pendapatan. Fluktuasi:Gejala yang menunjukkan naik turunnya harga. strategi bisnis yang diarahkan dalam segmen pasar yang sempit yang dijalankan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi(differentiation focus). 12 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Fiskal:Berkenaan dengan urusan pajak atau pendapatan negara. Fleksibel:Mudah menyesuaikan diri.

Fungsi konsumsi:Fungsi yang menunjukkan hubungan antara konsumsi (C) dengan pendapatan (Y). Fungsi tabungan :fungsi yang menunjukkan hubungan antara tabungan dan pendapatan. g. Full Bodied money:uang yang memiliki nilai nominal sama dengan nilai intrinsiknya. G 13 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . :fungsi yang menunjukkan adanya hubungan antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang diminta (permintaan). Fungsi permintaan:Fungsi yang menunjukkan hubungan antara variabel harga (P) dengan variable jumlah barang (Q) yang diminta. Fungsi penawaran:Fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. full bodied money:nilai uang ini dijamin penuh (100%) oleh bodynya. Fiducer money:uang yang memiliki nilai nominal lebih besar daripada nilai intrinsiknya. fiducer money:uang kertas sering disebut juga uang kepercayaan. Fungsi tabungan:Fungsi yang menunjukkan hubungan antara tabungan (S) dengan pendapatan (Y). Fungsi permintaan. Fungsi Produksi :hubungan antara jumlah input yang digunakan dan jumlah output yang dihasilkan.

baik masyarakat asing yang berada di dalam negeri. Grosir:Pedagang yang menjual barang dalam jumlah besar. termasuktanggungjawab yang tidak terbatasterhadap utang-utang bisnis. Goverment expenditure:pengeluaran konsumsi pemerintah GDP (Gross Domestic Product = Produk Domestik Bruto). GNP (Gross National Product = Produk Nasional Bruto). Jumlah seluruh produk yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara tanpa menghitung produk yang dihasilkan oleh masyarakat asing di dalam negeri dalam waktu satu tahun. 14 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . General partnership : persekutuan dimana semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis dan samasama bertanggungjawab. H harga (price):harga-harga dari semua kebutuhan masyarakat. h. secara terus-menerus artinya kenaikan harga barang-barang tersebut bukan hanya satu kali saja tetapi naik secara berulang-ulang. Jumlah seluruh produksi yang dihasilkan masyarakat. maupun masyarakat nasional dalam waktu satu tahun.

Ilegal:Tidak menurut hukum. tidak sah. Harga keseimbangan : harga yang terjadi sat jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. 15 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Harga keseimbangan atau harga pasar (equilibrium price):Harga yang terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. yang tingginya berada di atas harga pasar. Harga maksimum (ceilling price):Harga tertinggi yang berlaku di pasar yang ditentukan pemerintah. House hold:konsumen Hukum permintaan. i. yang tingginya berada di bawah harga pasar. I IHK :angka indeks yang memperhitungkan semua barang yang dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga. Harga minimum (floor price):Harga terendah yang berlaku di pasar yang ditentukan oleh pemerintah. Hukum Engel:Hukum yang menunjukkan hubungan antara pendapatan dengan konsumsi. :hukum yang menjelskan hubungan antara harga dan jumlah barang atau jasa yang diminta. Hukum penawaran :hukum yang menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan.

Insentif:Tambahan penghasilan yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja. impor :membeli barang dan jasa dari luar negeri ke dalam negeri Income per Capita :jumlah nilai barang dan jasa rata- rata yang tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu. Inflasi :kecenderungan naiknya harga barang umum secara terus menerus dalam suatu periode tertentu. Indeks harga.. :angka perbandingan untuk mengukur perubahan harga dari suatu periode ke periode lainnya. Inflasi. Indikator:Sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan. Indikator makro ekonomi. Intermediasi:Bentuk penyelesaian perselisihan. :data-data statistik yang mengindikasikan perubahan-perubahan kegiatan ekonomi – negara. :keadaan perekonomian yang menunjukkan kenaikan harga-harga barang secara umum yang terjadi secara terus-menerus. Industrial Origin:lapangan usaha 16 Glosarium analisis studi kelayakan usaha .penggunaan faktor produksi Intensitas:penting atau tidaknya. Inflasi:Keadaan harga yang mengalami kenaikan secara umum dan terus-menerus. (input).

Inflasi ringan (creeping inflation):inflasi yang lajunya kurang dari 10 % setahun. Inventori:Daftar kepemilikan barang. k. j. :kebijakan pemerintah dalam mengubah penerimaan dan pengeluaran negara. 17 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . imported inflation:penularan melalui harga barang impor. Inflasi ini sering disebut juga inflasi yang merayap. J Jasa :alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud. seperti jasa guru. dan tidak begitu mengganggu perekonomian secara nasional. Jumlah keseimbangan. :kebijakan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang beredar dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank. Kebijakan diskonto. :kebijakan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang beredar dengan cara menaikkan atau menurunkan cadangan kas minimum yang dimiliki bank-bank umum. Inflasi:tarikan inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan.:jumlah yang terjadi saat terbentuknya harga keseimbangan. K Kebijakan cadangan kas. Kebijakan fiskal.

Kebutuhan:Keinginan manusia atas barang dan jasa yang beraneka ragam untuk dapat terpenuhi dengan alat atau sarana yang ada.. :segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Kebutuhan. :kebijakan bank sentral untuk mengurangi jumlah uang beredar dengan cara memperketat syarat pemberian kredit. Kebijakan kredit longgar. :kebijakan pemerintah melalui bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. sehingga tercapai kemakmuran. 18 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Kepabeanan:Berhubungan dengan pajak. :kebijakan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang beredar dengan cara menjual atau membeli surat berharga. Kebijakan pasar terbuka. Kemasan:Bungkus pelindung barang dagangan. :kebijakan bank sentral untuk menambah jumlah uang beredar dengan cara memperlonggar syarat pemberian kredit. agar tidak terjadi inflasi. Kebijakan moneter:Kebijakan pemerintah untuk mengatur jumlah peredaran uang dan menjamin kestabilan nilai uang. Kebijakan moneter. Kebijakan kredit selektif.

Konsekuensi:Akibat dari suatu perbuatan atau tindakan. tidak menghasilkan sendiri). Koefisien Gini. Kelangkaan :kondisi persediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas. Kewirausahaan:Kemampuan dalam mengolah dan mengatur usaha produktif. Kompetitif:Berhubungan dengan persaingan. :koefisien atau angka untuk menunjukkan tingkat ketimpangan distribusi pendapatan. Konvensional:Berdasarkan kesepakatan umum. Komersial:Berhubungan dengan niaga atau perdagangan. Korektif:Bersifat membetulkan. Konsolidasi:Peleburan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan. Konsumtif:Bersifat konsumsi (hanya memakai. Komoditas:Barang dagangan utama. Konsultan:Ahli yang tugasnya memberi petunjuk. Konsepsional:Berdasarkan pikiran atau cita-cita. 19 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Kelangkaan :terbatasnya sumber daya yang tersedia untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

tingkat kesemptan kerja. Kebijakan Moneter :kebijakan Bank Sentral dalam proses mengatur jumlah uang beredar (penawaran uang) untuk mencapai tujuan khusus. Kredit:Tiap-tiap perjanjian suatu jasa (prestasi) dan adanya balas jasa (kontraprestasi) di masa yang akan datang. Komisioner :perantara pembelian dan penjualan atas nama dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Kurva Garis Anggaran :kurva yang menggambarkan berbagai kombinasi jenis barang-barang yang tersedia pada rumah tangga dengan penghasilan tertentu dan pada berbagai tingkat harga. 20 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . kestabilan nilai tukar. Konsumsi:Menggunakan atau memanfaatkan barang yang dihasilkan oleh produsen. seperti laju inflasi. Kelangkaan:Keadaan timpang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sarana atau alat yang terbatas. dan pertumbuhan ekonomi. Konsumsi :kegiatan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa. Kebijakan Fiskal :kebijakan pemerintah dalam mengarahkan perekonomian pada kondisi yang lebih baik dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah melalui pajak.

Loan Deposit :pinjaman yang dititipkan pada bank dan dapat diambil sewaktu-waktu. Kurs:Nilai mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara lain. suatu titik akan dicapai setelah batas titik ini hasil dari penambahan terhadap output akan menurun. Laissez Faire :sebuah doktrin ekonomi yang menekankan pada keunggulan pasar bebas terhadap pasar individu dan perekonomian umum yang diatur oleh peraturanperaturan pemerintah. L Laba usaha:Balas jasa yang diterima seorang pengusaha atau wirausaha. Law of diminishing return. Kurva Indiferen :kurva yang menunjukkan kombinasi alternative dari dua produk dan kedua produk tersebut memberikan kegunaan atau kepuasan yang sama. Law of Diminishing Returns :hukum dalam teori penawaran hasil marjinal yang semakin menurun dalam jangka pendek atau proporsi faktor input variabel yang menyatakan bahwa pertambahan faktor input tidak tetap yang sama dalam fungsi produksi. 21 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . :“hukum tambahan hasil yang semakin berkurang” dikemukakan oleh David Ricardo. l.

baik oleh penjual maupun pembeli. Marginal propensity to save:perbandingan antara bertambahnya saving dengan bertambahnya pendapatan nasional yang mengakibatkan bertambahnya saving termaksud. 22 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . yaitu adanya banyak penjual dan banyak pembeli sehingga harga tidak dapat ditentukan sendiri. multi lateral:hubungan pedagangan banyak kawasan Market khusus:. Mekanisasi. :perluasan produksi dengan cara menggunakan mesin-mesin yang menghemat waktu dan tenaga. M Marginal propencity to consumme:angka perbandingan besarnya konsumsi dengan besarnya perubahan pendapatannasional yang mengakibatkan adanya perubahan konsumsi. labor force:semua penduduk pria dan wanita dalam usia produktif. Limited partnership : persekutuan dimana sekurang- kurangnya satuorang yang bertanggung jawab tidak terbatas dan anggota lainnyabertanggung jawab terbatas. Leasing :penyewaan barang-barang modal (seperti mesinmesin) dengan sistem pembayaran secara berkala. m.

n. Mobilisasi:Gerak yang mudah atau cepat. Multinasional:Terjadinya atas beberapa negara atau bangsa. Measurement asset:penilaian atas dasar pembandingan atas dasar dua set portofolio yang memiliki risiko yang sama. medium of exchange:alat penukar. Margin:Tingkat selisih antara biaya produksi dan harga jual di pasar. Market Failure :gagalnya pasar dalam mencapai alokasi sumber daya yang optimum. Market leader : pemimpin pasar Market challenger : penantang pasar Market follower : pengikut pasar Market nicher : perelung pasar modal:capital (mispriced):mengidentifikasi efek yang salah harga. N Net Present Value (NPV) atau nilai sekarang bersih: analisis manfaat finansial yang digunakan untuk mengukur layak tidaknya suatu usaha dilaksanakan dilihat dari nilai sekarang (present value) arus kas 23 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . atau aliran tertentu di bidang ilmu. Measurement asset:penilaian kerja portofolio atas dasar asset yang telah ditanamkan dalam portofolio. ajaran. Mazhab:Golongan pemikiran yang sepaham dalam teori. Money:sebutan untuk uang.

bersih yang akan diterima dibandingkan dengan nilai sekarang dari jumlah investasi yang dikeluarkan. :nilai yang diberikan kepada suatu barang karena barang tersebut dapat ditukar dengan barang lain. :nilai yang diberikan kepada suatu barang karena barang tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Nilai tukar. Nilai eksternal uang:Nilai yang diukur dengan kemampuan uang untuk ditukarkan dengan sejumlah mata uang luar negeri atau uang asing. Nilai. Neraca perdagangan:Suatu catatan tentang kegiatan ekspor dan impor barang atau jasa antarnegara. dan dari dalam negeri ke Negara lain. Nilai pakai. :arti yang diberikan manusia terhadap suatu barang karena dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia atau dapat ditukarkan dengan barang lain. Neraca pembayaran:Suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan negara lain ke dalam negeri. Nilai barang:Kemampuan pakai barang untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kemampuan tukar barang terhadap yang lain. 24 Glosarium analisis studi kelayakan usaha .

Nominal:Menurut yang tercatat. O Obligasi :surat pengakuan utang dengan kesanggupan untuk mengembalikan pokok utang dan bunganya secara periodik pada waktu yang telah ditentukan. Opportunity Cost :suatu ukuran dari biaya ekonomi dengan digunakannya sumber-sumber daya langka 25 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . rinci serta dapat dilaksanakan. artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin. Nilai intrinsik uang:Nilai berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang. Operasional. National Income :nilai neto dari semua barang dan jasa (produk nasional) yang diproduksi setiap tahunnya dalam suatu negara. Nilai nominal uang:Nilai berdasarkan tulisan yang tertera pada uang. Net National Product:Net National Product atas dasar harga pasar /GNP. tidak berbadan hukum. (National Income):Pendapatan Nasional. (NNP):dikurangi depresiasi/penyusutan atas barang modal dalam proses produksi selama satu tahun. Nilai internal uang:Nilai yang diukur dengan kemampuan uang untuk ditukarkan dengan sejumlah barang dan jasa. Nonkorporasi:Tidak berbadan usaha. o.

(faktor input) untuk memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan. 26 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Otoritas:Hak melakukan tindakan atau membuat peraturan untuk memerintah orang lain. P Parsial:Merupakan bagian dari keseluruhan. paling menguntungkan. Orientasi:Pandangan yang mendasari kecenderungan. (output).program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Output nasional. Partnership : suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. :jumlah seluruh barang dan jasa yang diproduksi perusahaan di suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. Optimal:Tertinggi. misi dan tujuan. Optimum :suatu hasil yang paling baik di antara sekumpulan keadaan yang ada. selengkap atau sepiring makanan. p. kebijakan. aturan. Porsi:Bagian. strategi. kekuasaan yang sah yang diberikan kepada lembaga di masyarakat. prosedur. perencanaan:sebagai proses penentuan visi.Mencapai produk.

Pasar barang abstrak :pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar input :pasar yang memperjualbelikan input (masukan) berupa faktor-faktor produksi. Premi:Jumlah uang yang harus dibayarkan pada waktu tertentu kepada asuransi sosial. Proposal:Rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Pasar duopoli :pasar yang dikuasai dua penjual. (production possibility frontier curve)’:Batas kemungkinan produksi dalam bentuk grafik disebut kurva batas kemungkinan produksi. Promosi:Perkenalan dalam rangka memajukan usaha. Produktif:Mampu menghasilkan dalam jumlah besar. 27 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Prestise:Wibawa. (production possibility frontier-PPF :Kurva batas kemungkinan produksi. Produktivitas:Kemampuan menghasilkan sesuatu. Prospector:strategi bisnis yang diarahkan secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi produkproduk baru. Preferensi:Hak untuk didahulukan dan diutamakan daripada yang lain.

dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen. Pasar output :pasar yang memperjualbelikan output (hasil produksi) berupa barang dan jasa. Pasar persaingan monopolistik :bentuk pasar antara pasar persaingan sempurna dengan pasar monopoli. Pasar monopoli:Suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran. precautionary motive:motif berjaga-jaga. Pasar persaingan sempurna :pasar yang memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) 28 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Pasar oligopoli :pasar yang dikuasai beberapa penjual. bungkus. Pasar persaingan monopolistik:Pasar yang terjadi bila di dalamnya terdapat banyak produsen. Pasar oligopoli:Suatu keadaan pasar di mana terdapat beberapa produsen atau penjual menguasai penawaran baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diamdiam bekerja sama. Pasar monopoli :pasar yang dikuasai satu penjual atau satu perusahaan. Pasar monopsoni :pasar yang dikuasai satu pembeli. tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk. Pasar oligopsoni :pasar yang dikuasai beberapa pembeli.

Pasar persaingan sempurna (perfect market):Pasar yang terorganisir secara sempurna untuk memperdagangkan barang-barang homogen. Penawaran uang :jumlah uang yang beredar. Pendapatan nasional:Jumlah pendapatan yang diterima oleh masyarakat/pemilik factor produksi suatu negara selama kurun waktu tertentu (biasanya digunakan ukuran waktu 1 tahun). Pasar persaingan tidak sempurna :pasar persaingan sempurna yang tidak lengakap ciri-cirinya. Pasar ini memiliki beberapa ciri. Pendapatan nasional :jumlah seluruh pendapatan yang diterima rumah tangga sebagai balas jasa faktor- faktor produksi selama satu tahun. Pengeluaran nasional :jumlah seluruh pengeluaran yang dilakukan rumah tangga di suatu negara untuk membeli barang dan jasa selama satu tahun. Pelaku ekonomi:pihak yang menjalankan kegiatan ekonomi dalam suatu sistem ekonomi. Penawaran (supply):Jumlah keseluruhan barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga. :usaha untuk meningkatkan atau menambah kuantitas dan kualitas barang dan jasa 29 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Perluasan produksi.

:jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli pada waktu tertentu pada harga tertentu. Pola konsumsi. perfect competition:pasar persaingan sempurna. melalui berbagai cara. :politik bank sentral untuk mengurangi jumlah uang beredar dengan beberapa cara/kebijakan. Produksi. seperti mekanisasi dan intensifikasi. :politik bank sentral untuk menambah jumlah uang beredar dengan beberapa cara/kebijakan. :jumlah uang yang diperlukan masyarakat dalam suatu waktu tertentu. :setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah guna barang dan jasa. Politik uang longgar (easy money policy). Politik uang ketat (tight money policy). Produk Domestik Regional Bruto:Produksi yang dihasilkan oleh suatu masyarakat dalam kurun waktu 1 tahun yang berada di daerah/regional tertentu Product derved demand:permintaan turunan. Produksi:Kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. pasar yang memiliki ciri. 30 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Permintaan uang. :susunan kebutuhan seseorang terhadap barang dan jasa yang akan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu yang dipenuhi dari pendapatannya. Permintaan.

Personal Income:pendapatan yang diterima oleh setiap lapisan masyarakat dalam satu tahun. Politik pasar terbuka (open market policy):Kebijakan bank sentral untuk membeli atau menjual surat berharga dengan tingkat suku bunga tertentu. Politik cadangan kas (cash ratio poticy):Kebijakan yang berhubungan dengan perbandingan antara kas dengan kredit yang diberikan kepada masyarakat. Private consumption expenditure:semua pengeluaran rumah-rumah tangga keluarga dan perseorangan serta lembaga-lembaga swasta bukan perusahaan untuk membeli barang dan jasa-jasa yang langsung dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 31 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Produksi :kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung yang ditujukan untuk menambah atau mempertinggi nilai dan guna suatu komoditi untuk memenuhi kebutuhan manusia. PDB:Produk Domestik Bruto (PNB):Produk Nasional Bruto Pendapatan Nasional Netto NNP:dikurangi pajak tidak langsung yang dipungut pemerintah. Politik diskonto (discount policy):Kebijakan untuk memengaruhi jumlah uang yang beredar dengan jalan menaikkan atau menurunkan suku bunga (diskonto). atau jika kita menghitung dari GNP.

R Rasio:Perbandingan antara berbagai gejala yang dapat dinyatakan dengan angka. s. serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan dan laba. Rush:penarikan uang dari bank secara besar-besaran. Politik pembatasan kredit (plafon credit policy):Kebijakan untuk membatasi atau mempermudah pemberian pinjaman atau kredit kepada masyarakat. Resesi:Kelesuan kegiatan ekonomi atau bisnis. Regional:hubungan perdagangan dalam satu kawasan. q. Revaluasi :kebijakkan pemerintah menaikkan nilai mata uang sendiri terhadap mata uang asing. 32 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Politik uang ketat (tight money policy):Kebijakan untuk mengurangi banyaknya jumlah uang yang beredar. - r. Rumah tangga perusahaan:Bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan didirikan. bekerja. Rate of risk:tingkat risiko. S Saham :tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan.

Stimulasi:Dorongan atau rangsangan. seperti peraturan dan kebijakan. pengaturan 33 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Sistem ekonomi:Cara untuk mengatur atau mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi. Standar moneter:Sistem moneter yang didasarkan atas standar nilai uang. baik ekonomi rumah tangga negara atau pemerintah maupun rumah tangga masyarakat atau swasta. Sistem ekonomi sosialis:Sistem ekonomi di mana seluruh kebijakan perekonomian ditentukan oleh pemerintah. Surplus:Jumlah yang melebihi hasil biasanya. Sistem ekonomi :cara suatu negara mengatur kehidupan ekonominya dengan menggunakan perangkat tertentu. termasuk di dalamnya peraturan tentang cirri-ciri/sifat-sifat dari uang. SBI :surat berharga atas unjuk dalam rupiah yang diterbitkan Bank Indonesia sebagai pengakuan hutang berjangka pendek dengan sistem diskonto. Subsidi:Bantuan uang dan sebagainya kepada yayasan atau perkumpulan Simultan:Terjadi pada waktu bersamaan. Sistem ekonomi liberal:Suatu sistem di mana negara memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi. Spesialisasi:Pengahlian di suatu cabang pekerjaan. Spekulasi:Tindakan berdasarkan untung-untungan.

ekspor impor logam mulia. Survival:Hal yang berhubungan dengan pertahanan. (scarcity):kelangkaan (source):sumber (scarcity):Keadaan timpang yang merupakan masalah tersebut dinamakan kelangkaan. Subsistem:perekonomian masih pada tingkat rendah Solvabilitas :kemampuan bank untuk memenuhi seluruh kewajibannya pada saat bank tersebut bubar (dilikuidasi). 34 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . substitute commodity:barang yang dapat menggantikan fungsi barang lain. Spesialisasi. t. T Tahun dasar. Studi kelayakan usaha (SKU) atau feasibillity studi : cara yang ditempuh untuk menentukan layak tidaknya suatu gagasan usaha dilaksanakan. serta fasilitas bank dalam hubungannya dengan demand deposit (simpanan yang setiap saat dapat diambil). tentang jumlah uang yang beredar (baik logam maupun kertas). :perluasan produksi dengan cara mengadakan pembagian kerja. umumnya dipakai dalam penghitungan satu angka indeks. :tahun yang dipakai sebagai dasar perhitungan.

Transfer Payment :penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa proses produksi. yaitu kenaikan jumlah uang yang beredar (JUB). Tenaga kerja. maka pihak penawar akan mengadakan penawaran saham. 64 tahun. Biasanya ada suatu 35 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Taken money:uang yang nilai nominalnya lebih tinggi dari nilai intrinsiknya (bahan) contoh taken money adalah rupiah (Rp)uang yang bahan dasarnya dari kertas dan dikenal dengan uang kertas. the few differentiated:yang berbeda corak. :penduduk yang dianggap sanggup bekerja bila ada permintaan kerja yang berusia 15 s.d. tapi diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun yang lalu. Teori kuantitas uang:Suatu teori yang mengemukakan bahwa terjadinya inflasi itu sebenarnya hanya disebabkan oleh satu faktor. dengan suatu harga tertentu harga per saham. Mungkin bisa harga diatas pasar saat itu. tetapi dibawah nilai harta saham-saham perusahaan tersebut. Teori strukturalis tentang uang:Teori inflasi jangka panjang karena menyoroti sebabsebab inflasi yang berasal dari kekakuan (infleksibilitas) struktur ekonomi suatu negara. Trial and error : coba-coba Take Over (Pengambilan Alih) :jika perusahaan– perusahaan atau perorangan ingin menguasai atau membeli secara mutlak sebuah perusahaan.

Tanah: salah satu bentuk faktor produksi. syarat bahwa order tersebut bersyarat pada waktu diterima. Tanah meliputi juga kekayaan alam atau benda lain yang dikandungnya. serta di dalam suatu jangka waktu yang ditentukan. Talon: bukti yang harus diserahkan untuk memperoleh lembaran kupon baru. 36 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Kegiatan ini sepenuhnya didasarkan kepada interaksi di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi di pasaran. Target Company (Sasaran Perusahaan) :suatu perusahaan yang dipilih oleh pemodal untuk melakukan take over. yaitu benda / unsur yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Kupon dan Talon hanya pada efek atas unjuk. Tantiem :bagian keuntungan perusahaan yang dihadiahkan kepada karyawan. dalam hubungannya dengan jumlah minimum saham-saham. Tangan Gaib (Invisible Hand): istilah yang diciptakan oleh Adam Smith yang pada hakikatnya mengatakan bahwa dalam sistem pasar bebas tidak terdapat manusia atau institusi yang akan mengatur kegiatan dalam perekonomian. setelah lembaran kupon yang lama habis. Misalnya laut dapat juga dipandang sebagai faktor produksi.

Uang kartal:Uang yang diberi tanda atau cap oleh pemerintah. atau surat perintah pembayaran lainnya (telegrafic transfer). baik bagi penciptaan uang kartal maupun uang giral. Uang giral:Simpanan atau deposito pada bank yang dapat diambil dengan menggunakan cek. giro. Technical Analysis (Analisa Teknis) : suatu teknik analisa terhadap permintaan dan penawaran efek yang didasarkan pada volume transaksi serta perkembangan harga. Target Price (Sasaran Harga / Kurs) : suatu harga yang diharapkan pemodal meningkat dalam periode tertentu pada saat ia membeli saham suatu perusahaan. Uang inti:Inti dari proses penciptaan uang. Uang giral. :uang yang disimpan di bank-bank umum yang bisa diambil sewaktu dengan menggunakan cek atau bilyet giro. u. 37 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . yang dicetak atau dibuat oleh bank umum/bank komersial. sehingga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima umum. U Uang:Alat untuk mempermudah pertukaran. :uang logam dan uang kertas yang beredar di masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah. Uang kartal.

Util:Satuan kepuasan. Undervalued (Penilaian Rendah): Efek yang dijual dibawah nilai likuidasinya atau nilai pasar yang 38 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Uang kursi :uang yang tersimpan di bank dalam bentuk tabungan. Ultramanajer: orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membuka bidang usaha baru di berbagai tempat dengan pendekatan yang inovatip. Uang Yang Diedarkan (UYD) :uang kartal yang berada di masyarakat ditambah dengan uang kartal yang berada di kas bank-bank. deposito berjangka dan tabungan valuta asing milik swasta domestik (swasta dalam negeri). UMR :Upah Minimum Regional. Utility :kepuasan atau kesenangan yang diperoleh oleh seorang individu dari konsumsi (consumption) suatu barang (good) atau jasa (service). Undercapitalization: situasi dimana suatu perusahaan tidak memiliki modal yang cukup untuk melaksanakan usaha pokoknya secara normal. UMP :Upah Minimum Provinsi. Pengertian UYD dimaksud sama dengan uang kartal di dalam konsep moneter. Upah dan gaji:Balas jasa yang diterima tenaga kerja karena jasanya dalam proses produksi. UMK :Upah Minimu Kota/Kabupaten.

Unloading :penjualan efek yang dilakukan pada saat harga sedang turun dengan tujuan untuk menghindari kerugian lebih banyak. Unit Of Trading (Unit Perdagangan) : standard jumlah saham atau obligasi yang diperkenankan untuk diperdagangkan di bursa efek. 39 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Unqualified Opinion (Wajar Tanpa Syarat): pernyataan pendapat akuntan publik setelah memeriksa dan meneliti laporan keuangan perseroan yang memperlihatkan tidak ada hal-hal disembunyikan dalam penyajian laporan keuangan tersebut. Hal ini terjadi karena industrinya kurang populer. seharusnya diterima oleh pemegang saham. Unpaid Dividend (Dividen Tunggak): dividen yang telah diumumkan oleh dewan direksi suatu perusahaan tetapi belum dibayar pada saat pembayaran diumumkan. yang selanjutnya bertindak untuk melaksanakan penjaminan atas keberhasilan penjualan Emisi Efek tersebut. perusahaan yang kurang dikenal atau perusahaan tersebut mempunyai pendapat yang tidak menentu di masa lalu. Underwriter (Penjamin Emisi): Suatu Badan (Perusahaan Sekuritas) atau Lembaga Penunjang dalam proses Emisi Efek.

Upstairs Market :suatu amanat jual beli yang diselesaikan di dalam perusahaan perantara tanpa melalui bursa efek. V (value added):nilai tambah inflasi suatu peristiwa dalam perekonomian terjadi harga-harga dari semua barang naik secara terus-menerus atau berulang-ulang. Upah Riil :kemampuan upah yang diterima pekerja untuk membeli barang dan jasa. v. Upah riil ditentukan berdasarkan kepada tingkat harga yang berlaku pada tahun dasar. Variabel:Sesuatu yang dapat berubah. indikasi pasar akan bergerak pada range tersebut. Biasa disebut Debenture. Upah Uang / Nominal: nilai dalam bentuk uang yang diterima pekerja sebagai imbalan dari melakukan suatu pekerjaan. Unsecured Debt: obligasi yang tidak dijaminkan oleh agunan apapun dari perusahaan yang menerbitkan. demikian sebaliknya pada downsloping channel. Upset Price : istilah yang digunakan di pasar lelang yang menunjukkan harga terendah yang bersedia ditawarkan oleh pemilik barang. 40 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Upslooping Channel adalah bentuk saham yang sejajar ke atas.

Sekalipun demikian penanaman modal ventura ini juga mengandung risiko sehingga sering disebut pula Risk Capital. Venture Capital (Modal Ventura) : sumber dana penting yang digunakan bagi perusahaan yang baru memulai usahanya dan mempunyai prospek yang baik. Variabel (Ekonomi) data ekonomi (misalnya harga atau kuantitas barang yang diproduksi yang dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menjelaskan atau mengetahui sifat hubungan diantara kedua data ekonomi tersebut. Hak ini diperoleh seorang 41 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . vicious circle:keadaan ini sering dengan lingkaran setan dalam perekonomian negara Value Broker:komisinya berdasarkan persentase nilai transaksi yang dilaksanakan. Venture Capital Company (Perusahaan Modal Ventura) : badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan lain (Investasi Company) untuk jangka waktu tertentu. Vesting :hak dari seorang karyawan untuk menerima keuntungan yang disumbangkan karyawan (employer contribute benefits). Setiap data ekonomi dapat digolongkan sebagai variabel apabila data itu dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menerangkan sifat hubungannya.

Retracement yang terjadi. Volatility: pergerakan harga saham yang naik turun secara tak beraturan. karyawan setelah mengabdi kepada perusahaan didalam jangka waktu tertentu. wiramanajer :orang yang memiliki kemampuan sebagai wirausahawan tetapi tidak menjalankan usaha sendiri melainkan menjalankan usaha atau memimpin usaha orang lain. hak untuk memperoleh pembagian keuntungan (profit sharing plan). Contoh dari vesting seperti hak pensiun. umumnya hingga 50-100% dari kenaikan harga yang telah terjadi. Wiramanajer: manajer yang meng-implementasikan ide-ide wirausahawanmenjadi sesuatu yang menguntungkan bagi organisasi/perusahaan(pinchott III. Disebut V-top karena bentuknya yang seperti huruf V terbalik. V-top :Istilah dalam perdagangan saham. Harga saham terlihat mengalami kenaikan yang sangat tajam pada dua atau tiga hari perdagangan dan kemudian kembali mengalami penurunan (retrace). W wirausahawan :orang yang menjalankan usahanya sendiri. 1985) 42 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Ini adalah salah satu bentuk dari pattern. w.

Yield Spread (Hasil Ragam) adalah perbedaan yield diantara berbagai penerbitan efek. Wirakaryawan :para karyawan yang memiliki kemampuan sebagai wirausahawan tetapi karena sebab-sebab tertentu mereka memilih untukbekerja di suatu perusahaan/organisasi. x. Year End Dividend (Dividen Tahun Buku) adalah dividen ekstra yang dibayarkan pada akhir tahun buku disamping dividen biasa. Yield Advantage (Pertambahan Hasil) adalah tambahan tingkat pengembalian yang akan diperoleh pemodal jika ia membeli Convertible Security dibandingkan dengan saham biasa yang diterbitkan secara bersamaan oleh perusahaan. Didalam membandingkan obligasi biasanya dikaitkan 43 Glosarium analisis studi kelayakan usaha . Simbol “x” juga digunakan untuk obligasi tanpa bunga y. X Or X D: suatu symbol yang biasa digunakan di dalam pengumuman surat kabar untuk menunjukkan bahwa saham yang diperdagangkan adalah ex dividen (tanpa dividen). Yield (Hasil) adalah hasil dividen yang dalam bahasa asingnya disebut “Dividen Yield” tergantung pada tingkat dividen serta harga yang dibayar untuk saham itu.

jumlah penduduk relatif konstan Zero Minus :penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih rendah dari harga lain yang terakhir. z. Yield To Maturity adalah konsep yang digunakan untuk menentukan berapa tingkat pengembalian yang diterima pemodal bila menginvestasikan dana pinjaman jangka panjang (obligasi) dikaitkan dengan saat jatuh temponya. Zero-Coupon Security: suatu efek yang tidak memberikan bunga secara periodik tetapi dijual dengan potongan dari harga nominalnya. dengan berbagai obligasi yang mempunyai kualitas yang berbeda-beda satu sama lain. Z zero growth:pendapatan tetap/stabil. Zero Plus Tick adalah penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih tinggi dari harga lain yang terakhir. 28 44 Glosarium analisis studi kelayakan usaha .

45 Glosarium analisis studi kelayakan usaha .