You are on page 1of 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP...)
Sekolah : SMPN 1 Ngawi
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VII/2
Materi Pokok : D. Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti
1. KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk
muka bumi, geologis, flora, dan
fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan

3.2 Mengidentifikasi interaksi social
dalam ruang dan pengaruhnya
terhadap kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam nilai
dan norma serta kelembagaan
sosial budaya.

3.3 Memahami konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, permintaan, dan
penawaran) dan interaksi
antarruang untuk keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, dan
budaya Indonesia.

4 Menguraikan kronologi perubahan. Pertemuan Kedua 3. bentuk muka bumi. dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik. Pertemuan Ketiga . 4. distribusi. sosial. dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi. dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi. budaya. distribusi. 4. iklim. 4. geologis. sosial.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial. dan pendidikan. Pertemuan Pertama 2. dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya. sosial. dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik. 3. budaya. geografis. 4. budaya. permintaan. konsumsi. dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu Buddha dan Islam.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi. geografis. C. flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi. potensi. dan budaya Indonesia.4 Memahami kronologi perubahan. sosial. Tujuan Pembelajaran 1. ekonomi.

Fokus Penguatan Karakter: D. Kegiatan Pendahuluan (8 menit) 1) Guru mempersilahkan peserta didik untuk berdoa 2) Guru mengabsen kehadiran siswa untuk menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. 3) Tahun. Project Based Learning F. Sumber Belajar 1) Buku siswa: Nama pengarang. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Problem Based Learning 4. Edisi (tanggal terbit). Judul buku. Tahun. 3) Guru memberi motivasi bahwa Indonesia adalah negeri muslim terbesar di dunia. (halaman). Judul artikel. . Halaman. Media : 2. Pertemuan pertama a. Judul buku. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan) 6) Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud 7) Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya H. Metode Pembelajaran (pilih salah satu) 1. Kota penerbitan: Penerbit (halaman). Kolom 5) Situs internet: Penulis. Tahun penerbitan. Tahun penerbitan. Materi pembelajaran pengayaan 3. Discovery learning 3. Materi Pembelajaran reguler 2. Nama koran. Materi pembelajaranp remedial E. Media dan Bahan 1. Bahan : G. Kota penerbitan: Penerbit (halaman) 2) Buku referensi: Nama pengarang. Inquiry learning 2. 4) Koran: Judul artikel. dan 6) Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 4) Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari: a) Daerah mana saja yang mayoritas penduduknya beragama Hindu? b) Daerah mana saja yang mayoritas penduduknya beragama Budha? c) Mengapa agama Hindu-Budha yang berkembang lebih dulu di Indonesia tidak menjadi agama mayoritas di Indonesia? 5) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. Materi Pembelajaran 1. namun tetap mempertahankan kebhinekaan hidup rukun berdampingan antar umat beragana yang berbeda-beda.

Pengetahuan 1) Tehnik : Tes Tulis/Tes Lisan/Penugasan 2) Instrumen : … (terlampir) d.(masukkan kegiatan literasi dan karakter) Menanya Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal- hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi Mengumpulkan Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau informasi/data membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan). korban letusan terdahsyat. Penilaian 1. c. Keterampilan . Sikap sosial 1) Tehnik : Observasi/Penilaian Diri/Penilaian antarteman 2) Instrumen : Lembar Jurnal Sikap (terlampir) c. b. Sikap spiritual 1) Tehnik : Observasi/Penilaian Diri/Penilaian antarteman 2) Instrumen : Lembar Jurnal Sikap (terlampir) b. Kegiatan Penutup (12 menit) 1) Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia 2) Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran. serta pesan moral yang diterima pada pembelajaran tersebut. Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik. 3) Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan sesuai indikator 4) Guru memberikan kegiatan belajar yang diselesaikan di rumah 5) Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan diselesaikam pada pertemuan yang akan datang 2. Teknik penilaian a. dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Pertemuan Kedua I. Kegiatan Inti (60 menit) Alokasi No Sintak Kegiatan Waktu Mengamati Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS).

pembiasaan terprogram. 3) Pemberian tes ulang dengan penyederhanaan.. Pembelajaran pengayaan Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian. Ngawi.. Remedial dapat dilakukan dengan alternatif sebagai berikut: 1) Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.. wali kelas... pengetahuan dan keterampilan.. . atau guru lain yang sesuai. Pembelajaran Remedial Program remedial dilaksanakan juga sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian.. atau dengan penugasan. 2) Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus. Pengayaan dilakukan dengan cara peserta didik diminta mencari di internet terkait dengan Keberagaman budaya di Indonesia. . baik dipandu langsung oleh guru atau tutor sebaya oleh kelompok yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar (learning mastery) yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran. NIP... .... 1) Tehnik : Praktik/Produk/Projek/Protofolio 2) Instrumen : … (terlampir) 2.. Remedial untuk kompetensi pengetahuan dapat dilakukan dengan cara mengulang kembali pembelajaran dari materi yang dianggap sulit. 3.. maupun cara yang lain. .. Kegiatan layanan ini dapat melibatkan guru bimbingan konseling... Bentuk dan layanan program remedial berbeda antara pencapaian kompetensi sikap. Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala SMP _______________ ___________________ NIP.. jika ada beberapa peserta didik yang tidak mencapai KKM.. Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian. Bentuk layanan remedial untuk kompetensi sikap dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan konseling..