You are on page 1of 12

PROMOSI KESEHATAN TENTANG

KEBUTUHAN NUTRISI

SATUAN ACARA PENYULUHAN
(SAP)

I. IDENTIFIKASI MASALAH

Nutrisi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan
fungsinya, yaitu energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur
proses-proses kehidupan (Soenarjo, 2000).

Menurut Rock CL (2004), nutrisi adalah proses dimana tubuh manusia
menggunakan makanan untuk membentuk energi, mempertahankan
kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal setiap
organ baik antara asupan nutrisi dengan kebutuhan nutrisi.

Sedangkan menurut Supariasa (2001), nutrisi adalah suatu proses
organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui
proses degesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan
pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan,
pertumbuhan, dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energy.

Nutrien adalah zat kimia organik dan anorganik yang ditemukan dalam
makanan dan diperoleh untuk penggunaan fungsi tubuh. Nutrient terdiri dari
beberapa , diantarannya :

fruktosa. dan galaktosa). Kebutuhan karbohidrat 60-75% dari kebutuhan energi total. kapri. cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan). dan kedelai). Juga bisa berupa disakarida (molekul ganda). 2. tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan sedikit atau tidak menghasilkan kalori tetapi dapat meningkatkan volume feces.  Karbohidrat kompleks (amilum) adalah polisakarida karena disusun banyak molekul glukosa. maltosa (glukosa + glukosa). bisa berupa monosakarida (molekul tunggal yang terdiri dari glukosa. dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan. Beberapa sumber protein berkualitas tinggi adalah: ayam. ikan. Protein . kalkun. dan biji-bijian. Beberapa sumber protein nabati adalah: kelompok kacang polong (misalnya buncis. contoh sukrosa (glukosa + fruktosa). Protein Protein sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh.  Serat adalah jenis karbohidrat yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup. jenis nutrien ini berupa struktur nutrien kompleks yang terdiri dari asam-asam amino. Protein merupakan konstituen penting pada semua sel. kacang-kacangan. terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa). Karbohidrat dibagi atas :  Karbohidrat sederhana (gula) . babi. daging. kitin pada hewan dan jamur). dan hati. domba. laktosa (glukosa + galaktosa). hidrogen dan oksigen. Karbohidrat Karbohidrat adalah komposisi yang terdiri dari elemen karbon.1.

 Perasaan kenyang. Lemak dan minyak terdiri atas gabungan gliserol dengan asam-asam lemak.8-1.  Penyekatan/isolasi.  Protein sebagai sumber energi. Fungsi lemak :  Sebagai sumber energi .  Perlindungan.0 g/kg BB dari kebutuhan energi total. Kebutuhan protein 10-15% atau 0. hormon dan haemoglobin. lemak dapat menunda waktu pengosongan lambung dan mencegah timbul rasa lapar kembali segera setelah makan. Fungsi protein :  Protein menggantikan protein yang hilang selama proses metabolisme yang normal dan proses pengausan yang normal. Untuk melepaskan asam- asam amino yang kemudian akan diserap oleh usus.  Ikut serta membangun jaringan tubuh. . merupakan sumber energi yang dipadatkan dengan memberikan 9 kal/gr. Kebutuhan lemak 10-25% dari kebutuhan energi total.  Protein diperlukan dalam pembuatan protein-protein yang baru dengan fungsi khusus dalam tubuh yaitu enzim.  Protein menghasilkan jaringan baru. 3. lemak akan mencegah kehilangan panas dari tubuh.akan dihidrolisis oleh enzim-enzim proteolitik. Lemak Lemak merupakan sumber energi yang dipadatkan.

B12) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A.Berikut ini rincian dari beberapa vitamin dan penting: a) Vitamin A Vitamin ini membantu perkembangan daya lihat bayi. B12 dari daging. b) Vitamin B-kompleks Semua vitamin B membantu produksi energi. Vitamin dibagi dalam dua kelas besar yaitu vitamin larut dalam air (vitamin C. Sumber vitamin A antara lain: telur. dan susu. dan gangguan jantung. dan hati. anemia. . D. gangguan penglihatan. ikan. dan membantu terbentuknya sel-sel otak bayi. B2. Makanan seperti misalnya roti.4. Anak-anak yang kekurangan vitamin A akan menderita rabun senja serta gangguan pertumbuhan. B6. Vitamin B6 membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi. padi-padian. Setiap anggota vitamin B-kompleks bersumber dari makanan tertentu misalnya: B1 dari kacang buncis dan daging babi. B1. Mereka juga rentan terhadap infeksi. E dan K). Juga berperan dalam proses kerja sel tulang. Vitamin B1 dan niasin (salah satu anggota B-kompleks) membantu sel tubuh menghasilkan energi. telur. B12 digunakan dalam pembentukan sel darah merah. kerusakan syaraf. Vitamin Vitamin adalah bahan organic yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh dan berfungsi sebagai katalisator proses metabolisme tubuh. dan hati banyak mengandung vitamin B-kompleks. Kecukupan vitamin B- kompleks membantu mencegah kelambatan pertumbuhan. keju.

Mineral dan Air Mineral merupakan unsure esensial bagi fungsi normal sebagian enzim. bahkan pada sejumlah anak. kebutuhan vitamin ini sudah terpenuhi dengan bantuan sinar matahari. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi. Keju dan yogurt kaya kalsium tetapi tidak mengandung vitamin D. Makanan yang diperkaya vitamin D lebih baik daripada suplemen vitamin. cairan dan . suatu penyakit yang melemahkan tulang atau menjadikan tulang cacat. Mineral merupakan konstituen esensial pada jaringan lunak. Mereka memerlukan vitamin C untuk membentuk beberapa zat kimia dan menggerakkan zat kimia lain (salah satu anggota grup vitamin B. dan sangat penting dalam pengendalian system cairan tubuh. Sayangnya. Vitamin D sangat penting karena membantu kalsium masuk ke tulang. misalnya) agar dapat digunakan tubuh. Inilah sebabnya mengapa vitamin D kadang ditambahkan ke dalam susu sapi (disebut susu yang telah “diperkaya”). Mereka yang kekurangan vitamin C bisa menderita kelemahan tulang. anemia. c) Vitamin C Anak-anak dapat memperoleh vitamin C dari jeruk dan berbagai sayuran. banyak produk susu olahan yang digemari anak-anak justru tidak diperkaya dengan vitamin D. d) Vitamin D Sinar matahari membantu tubuh membuat sendiri vitamin D. Anak-anak yang mengkonsumsi diet rendah vitamin D bisa menderita ricketsia. dan gangguan kesehatan lainnya. 5.

namun dianjurkan sebanyak 1900 cc sebagai batas optimum II.  Air merupakan zat makanan paling mendasar yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. contoh Na. Waktu : 1 x 30 menit III. Bidang Studi : Ilmu Keperawatan Anak B.  Pembentukan garam-garam yang larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh . Tubuh tidak dapat mensintesis sehingga harus disediakan lewat makanan. Cl (ekstraseluler). PENGANTAR A. Anak dapat mengetahui makanan bergizi yang perlu dikonsumsi untuk tumbuh kembang anak tersebut. Tiga fungsi mineral :  Konstituen tulang dan gigi . Pada orang dewasa asupan air berkisar antara 1200-1500cc per hari. . Sub topik : Gizi seimbang pada anak D. contoh : calsium. magnesium. Hari/Tanggal : – G.  Bahan dasar enzim dan protein. K.  Kira-kira 6% tubuh manusia dewasa terbuat dari mineral. Mg. Tempat : – F. Tujuan Instruksional Umum Pada akhir proses penyuluhan. Tubuh manusia terdiri dari atas 50%-70% air. Rangka mengandung sebagian besar mineral. Sasaran : – E. rangka. Topik : Nutrisi Pada Anak Sekolah C. P (intraseluler). fosfor.

b. METODE a. Bahaya makanan jajanan V. Tujuan Instruksional Khusus Setelah diberikan penyuluhan orang tua dapat : 1. Poster c. Tujuan Nutrisi Pada Usia Sekolah 4. Tanya jawab atau diskusi VII. Ceramah. Zat gizi apa saja yang diperlukan tubuh 3. Materi SAP b. MEDIA a.IV. Menyebutkan pengertian dari nutrisi 2. MATERI Terlampir VI. Slide .

Pengertian Bronchitis b. 15 Pelaksanaan : menit a.VIII. 2 menit Penutup : a. KEGIATAN PEMBELAJARAN PENYULUHAN No.Mengucapkan a. Komplikasi d. Memberi salam a. Pencegahan e. 3 menit Pembukaan: a. Pengertian bronchitis pertanyaan b.Mendengarkan dan pembelajaran memperhatikan 2. Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Peserta 1. Menjawab salam terimakasih . Bertanya dan menit menyebutkan : menjawab a. Komplikasi d. 10 Evaluasi : a. Menjelaskan materi a. Pencegahan e. Tanda dan gejala c. Materi : a. Pengobatan 3. Tanda dan gejala c. Menjawab salam b.Menyimak dan penyuluhan secara mendengarkan berurutan dan teratur. Menjelaskan tujuan b. Pengobatan 4.

A.M. vitamin. Oktober 2016 Dosen Pembimbing Penyuluh Bangu. Terdiri dari : Karbohidrat. dan air . LAMPIRAN MATERI KEBUTUHAN NUTRISI 1) Pengertian nutrisi Nutrisi adalah zat-zat makanan yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya. membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.S.AMK.Pd. protein. yaitu menghasilkan energi.IX. lemak. HALAMAN PENGESAHAN Mengetahui : Kolaka. EVALUASI • Anak mengetahui tentang jenis nutrisi yang diperlukan • Jumlah hadir dalam penyuluhan minimal 20 Anak XI.Hed IIN LESTARI X. mineral.

d. Sumber : ASI dan Sapi. margarine dan bumbu selada.2. biji-bijian Kandungan menengah : telur. kacang-kacangan. . Pengaturan proses tumbuh. Air penting sebagai pelumas tubuh. Lemak Fungsi utama : memberikan energi. daging. keju. Air Air merupakan komponen terpenting dari struktur tubuh dan sebagai pelarut. Air mengatur suhu tubuh dan mendistribusikannya. Karbohidrat Merupakan sumber utama energi manusia. tepung. Sumber protein : Kandungan tinggi : susu. Zat gizi apa saja yang diperlukan tubuh a. Protein Fungsi protein adalah : Penunjang pertumbuhan. c. semakin besar anak-anak ditambahkan biji- bijian. roti dan makanan lain seperti kentang. ikan. mentega. b. Sumber : ASI dan susu sapi. minyak. susu cair. Kandungan rendah : buah-buahan dan sayur-sayuran. unggas. biji-bijian.

. Bahaya jajanan sembarangan Bisa menyebabkan penyakit Membuat anak tidak nafsu makan dirumah Kebersihannya tidak terjamin . Tujuan Nutrisi Pada Usia Sekolah Supaya pertumbuhan dan perkembangan maksimal Memperbaiki gizi anak Menentukan perkembangan anak pada usia selanjutnya 4. e. Vitamin dan Mineral Sebagai zat pengatur Sumber : Buah-buahan dan sayuran 3.

Markum...DAFTAR PUSTAKA Departemen Kesehatan RI kerjasama dengan WHO dan UNICEF. Mansjoer. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak Jilid 1. Jakarta. A. 2000. EGC. 1998.X. EGC. Buku Bagan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Indonesia. Pedoman Diagnosis dan Terapi. Jakarta. 1993. Kader Kesehatan Masyarakat. Balai Penerbit FKUI. RSUD Dr. Media Aesculapius. 1994. dkk. Kapita Selekta Kedokteran. . Jakarta. 1994 Lab/UPF Ilmu Kesehatan Anak. alih bahasa Adi Heru S. Rosa M. WHO. Prinsip Keperawatan Pediatrik Edisi 2. Jakarta. Jakarta. Soetomo Surabaya.H.. A. edisi 3. 1991 Sacharin.