You are on page 1of 22

BAB 3.

ITEM YANG DITAWARKAN

3.1 Web Profil

Web profil adalah situs web yang dapat dikunjungi oleh semua orang. Web ini berisi
informasi tentang sekolah baik informasi yang bersifat statis maupun dinamis. Informasi yang
terdapat pada web profil antara lain adalah sebagai berikut:

1. Profil Sekolah yang terdiri dari

a. Sejarah

b. Visi dan Misi

c. Struktur Organisasi/Lembaga

d. Fasilitas dan Sarana Penujang Pendidikan e. Alamat Sekolah dan Kontak

2. Berita dan Pengumuman

3. Tautan ke Halaman/Modul Lain

a. Tautan ke Sistem Informasi Akadmik Sekolah

b. Tautan ke e-Learning

c. Tautan ke Web Yayasan/Lembaga Terkait

4. Galeri Foto

3.2 Sistem Informasi Akademik Sekolah

3.2.1 Halaman Depan Sistem Informasi Akademik Sekolah

Pada halaman depan, program memuat informasi yang bersifat umum yang dapat diakses
oleh semua orang. Di halaman tersebut juga disediakan formulir untuk masuk sebagai
pengguna. Setelah pengguna masuk ke dalam sistem, program akan menampilkan halaman yang
berbeda dengan halaman tersebut sebelum pengguna masuk.

Halaman depan tetap dapat diakses oleh pengguna yang telah masuk untuk melihat
informasi umum seperti informasi profil sekolah, guru, fasilitas pendidikan, berita, dan lain- lain.
Berita yang dimuat pada halaman depan dapat diperbarui setiap saat oleh aministrator dengan
mudah karena Sistem Informasi Akademik Sekolah menyediakan fasilitas editor HTML (Hypertext
Markup Language) sehingga administrator tetap dapat membuat berita yang terformat dan
berisi gambar serta tabel meskipun administrator tidak memahami bahasa HTML.

Contoh Halaman Depan Sistem Informasi Akademik Sekolah

3.2.2 Data-Data pada Sistem Informasi Akademik Sekolah

1. Tahun Pelajaran
Pada setiap awal semester, tahun akademik baru harus ditambahkan. Tahun pelajaran dibagi
dengan semester ganjil dan semester genap. Tahun pelajaran tersebut dapat menjadi acuan
pada proses administrasi akademik seperti jadwal pelajaran, kehadiran guru dan siswa, nilai
akademik siswa, maupun informasi jumlah biaya pendidikan serta catatan pembayaran biaya
pendidikan.

2. Sebuah tahun pelajaran dapat diatur sebagai “periode berjalan” yang menyatakan bahwa
sekolah sedang melaksanakan periode tersebut. Untuk memilih sebuah tahun pelajaran
sebagai “periode berjalan”, cukup dengan memilih tautan “Periode Berjalan” di sebelah
kanan daftar tahun pelajaran. Periode berjalan akan ditandai dengan warna hijau pada tabel
daftar.

Data tahun pelajaran meliputi informasi sebagai berikut:

a. Kode Tahun Ajaran

b. Nama Tahun Ajaran

c. Tanggal Mulai Pembayaran

d. Tanggal Akhir Pembayaran

e. Tanggal Mulai Autodebet

Selain itu. Tanggal Akhir UTS k. akan tetapi jumlah siswa selalu berubah setiap tahun. f. Perubahan tersebut selain karena adanya penerimaan siswa baru. data pada tabel siswa juga berubah karena perubahan status siswa seperti siswa lulus. Tanggal Akhir Sekolah i. Catatan o. Tanggal Mulai Sekolah h. Tanggal Akhir UAS m. Tanggal Akhir Autodebet g. juga karena sekolah mungkin menerima siswa pindahan dari sekolah lain. pindah sekolah. Tanggal Mulai UAS l. naik kelas. Tanggal Batas Penyerahan Nilai n. atau siswa keluar . Tanggal Mulai UTS j. Siswa Meskipun tabel siswa merupakan tabel master. Status Tahun Pelajaran Daftar Tahun Pelajaran 3.

Kelas Meskipun kelas merupakan data master. Pada saat ikon tersebut diklik. namun jumlah kelas dapat berubah. program akan menampilkan gambar siswa seperti pada gambar berikut: Tampilan Gambar Siswa yang Dipilih 4. maka kelas tersebut harus dimasukkan sebelum data-data transaksi akademik lain dimasukkan . Apabila terdapat penambahan kelas baru. Perubahan tersebut bisa disebabkan karena penambahan jurusan baru maupun perubahan jumlah siswa untuk setiap angkatan yang melebihi kapasistas kelas. Gambar tersebut dapat dilihat dengan memilih ikon gambar di sebelah kiri nomor urut. Daftar Siswa untuk Angkatan dan Kelas Tertentu Data siswa juga dilengkapi dengan gambar (pas foto) sehingga memudahkan administrator untuk mengidentifikasi siswa.

Memasukkan atau melihat kehadiran siswa pada semester tertentu c. Memasukkan atau melihat jadwal bimbingan siswa pada semester tertentu Daftar Anggota Kelas Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu . dan sesi pada tabel mata kuliah hanya menyimpan status terbaru dari siswa tersebut. Daftar Kelas untuk Semua Tingkat dan Jurusan 5. jurusan. Data ini diperlukan untuk menelusuri keberadaan siswa pada semester dan tahun akademik sebelumnya karena data tingkat. Anggota Kelas Anggota kelas adalah siswa yang berada pada sebuah kelas tertentu. Memasukkan atau melihat nilai siswa pada semester tertentu b. kelas. Sistem Informasi Akademik Sekolah menggunakan data ini untuk: a.

Daftar Hadir Siswa Daftar hadir siswa adalah daftar nama-nama siswa untuk kelas tertentu pada sebuah jadwal pelajaram. Setiap mata pelajaran diberi kode unik (berbeda satu sama lain). Untuk sebuah mata pelajaran yang sama dengan jumlah pertemuan 2 kali atau lebih dalam seminggu. Mmata pelajaran yang sama yang diberikan kepada tingkat atau jurusan yang berbeda harus diberi kode yang berbeda Daftar Mata Pelajaran untuk Semua Tingkat dan Jurusan 7. maka jadwal tersebut harus dibuat sebanyak jumlah pertemuan dalam seminggu untuk mata pelajaran tersebut Jadwal Pelajaran pada Tahun Pelajaran Tertentu 8. Daftar hadir siswa tersebut dicetak dan diparaf/ditandatangani oleh guru yang mengajar di kelas tersebut 9. Berita Acara Kegiatan Belajar Mengajar . Mata Pelajaran Mata pelajaran berisi semua mata pelajaran yang diberikan kepada setiap tingkat dan jurusan.6. Jadwal Pelajaran Jadwal pelajaran adalah jadwal Kegiatan Belajar Mengajar yang diselenggarakan pada sebuah semester dengan periode mingguan.

Jadwal Bimbingan Jadwal bimbingan adalah jadwal bimbingan konseling untuk siswa. Mata Pelajaran d. Kelas e. Jadwal Pelajaran c. Berita acara kegiatan belajar mengajar adalah berita acara yang dibuat di akhir kegiatan belajar mengajar. Daftar kehadiran guru dibagi berdasarkan semester. Ruangan f. Semester b. dan mata pelajaran tertentu . Guru yang Mengajar g. Informasi Kehadiran Siswa Berita acara tersebut ditandatangani sekurang-kurangnya oleh guru dan perwakilan siswa yang hadir 10. Berita acara tersebut berisi informasi tentang: a. kelas. Daftar Kehadiran Guru Daftar kehadiran guru berisi kehadiran guru untuk setiap jadwal pelajaran pada semester tertentu. Jadwal bimbingan dibagi 2 macam yaitu bimbingan per kelas dan bimbingan per siswa Jadwal Bimbingan Konseling pada Tahun Pelajaran Tertentu 11.

Daftar kehadiran siswa juga dapat dibagi berdasarkan semester. Daftar Kehadiran Guru Menurut Jadwal Pelajaran Daftar Kehadiran Guru untuk Jadwal Pelajaran Tertentu 12. Daftar Kehadiran Siswa Daftar kehadiran siswa berisi kehadiran siswa untuk mata pelajaran dan semester tertentu. dan jadwal pelajaran untuk kelas yang bersangkutan Pengaturan Kehadiran Siswa untuk Jadwal Pelajaran berdasarkan Kehadiran Guru . mata pelajaran. kelas.

siswa. guru. Nilai Akademik Siswa Nilai akademik siswa adalah rekaman nilai akademik untuk setiap siswa pada semester dan mata pelajaran tertentu. Nilai akademik siswa dapat diakses pada semseter berikutnya dan dapat dilihat oleh karyawan (administrator). Daftar Kehadiran Siswa untuk Pertemuan Tertentu berdasarkan Kehadiran Guru 13. dan wali murid Daftar Pelajaran untuk Kelas Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu Pengaturan Nilai Akademik Siswa untuk Mata Pelajaran Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu . Nilai akademik siswa terdiri dari beberapa ujian yang diberikan dan nilai akhir untuk mata pelajaran tersebut di semester yang bersangkutan.

Berikut ini merupakan tampilan nilai akademik per siswa Daftar Siswa untuk Kelas Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu Pengaturan Nilai Akademik Siswa Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu .Daftar Nilai Akademik Siswa untuk Mata Pelajaran Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu Nilai akademik siswa juga dapat ditampilkan per siswa. Dengan demikian. sekolah dapat dengan mudah melihat prestasi akademik siswa tertentu.

dan kelas Daftar Jenis Biaya untuk Siswa Angkatan Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu . Informasi tersebut dapat dipublikasikan oleh sekolah 16. Predikat Nilai Sekolah mungkin memberikan predikat untuk setiap nilai yang diraih oleh siswa. Jenis Biaya Sistem Informasi Akademik Sekolah juga mempunyai fitur untuk keuangan yang berhubungan dengan biaya pendidikan yang dibebankan kepada siswa atau wali murid. Daftar Nilai Akademik Siswa Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu 14. bahkan kelas. jurusan. jurusan. Besarnya biaya mungkin berbeda untuk setiap angkatan. Sistem Informasi Akademik Siswa memungkinkan sekolah untuk mengatur predikat nilai untuk semua semester. Predikat tersebut mungkin berbeda untuk setiap semester. Predikat nilai tersebut dinyatakan dengan istilah dan dibagi berdasarkan rentang nilai 15. Sistem Informasi Akademik Sekolah memungkinkan sekolah untuk mengatur jenis dan besarnya biaya tersebut untuk masing-masing angkatan. Prestasi Sekolah Sistem Informasi Akadmik Sekolah menyediakan fasilitas untuk menyimpan informasi tentang prestasi yang diraih sekolah.

Ekstra kurikuler dapat didasarkan pada periode. jurusan. Ekstra Kurikuler Sistem Informasi Akademik Siswa juga menyediakan fitur ekstra krurikuler. dan kelas Daftar Siswa untuk Kelas Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu Daftar Pembayaran Biaya Pendidikan oleh Siswa Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu . tingkat. Administrator dan siswa serta wali murid yang bersangkutan dapat melihat status pembayaran dan jumlah cicilan untuk masing-masing jenis biaya yang dibebankan kepada siswa atau wali murid yang bersangkutan 18. Semua biaya dapat dicicil meskipun sekolah dapat mengharuskan untuk melakukan pembayaran sekaligus.17. Cicilan tersebut akan terakumulasi untuk setiap jenis biaya yang dibebankan kepada masing-masing siswa. Pembayaran Biaya Pendidikan Sistem Informasi Akademik Sekolah menyimpan informasi pembayaran biaya pendidikan yang dibayar oleh siswa atau wali murid.

Master Guru 2. Master Karyawan 9. Tabel master tersebut adalah sebagai berikut: 1. Master Gedung 1. Meskipun demikian. Master Kurikulum 11. Master Ruangan 3. Isi tabel tersebut selalu bertambah pada setiap semester. Master Kelas 10. Master Siswa 4. Master Badan Hukum 5. Master Jurusan 3. Master Mata Pelajaran Sistem Informasi Akademik Sekolah juga mempunyai tabel master yang relatif lebih statis. Adapun tabel master tersebut adalah sebagai berikut:  Agama  Jenjang  Ruangan  Autodebet  Jurusan  Sesi  Badan Hukum  Karyawan  Siswa  Biaya Study  Kategori Fasilitas  Status Aktivitas Guru . Master Pejabat 2. data pada tabel master tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Penambahan Cicilan Biaya Tertentu oleh Mahasiswa Tertentu pada Tahun Pelajaran Tertentu Daftar Cicilan untuk Biaya Tertentu oleh Siswa Tertentu pada Tahun Pelajaran Terntentu Sistem Informasi Akademik Sekolah mempunyai beberapa tabel master yang dinamis.

 Daerah  Kategori Prestasi  Status Awal  Fasilitas  Kategori Ujian  Status Guru  Gedung  Kebangsaan  Status Kerja  Golongan  Kehadiran  Status Sipil  Golongan Darah  Ketersediaan Ujian  Status Siswa  Guru  Kurikulum  Tingkat  Hari  Level Pengguna  Tingkat Prestas  Hidup  Mata Pelajaran  Warga Negara  Ikatan  Metode Penilaian  Jabatan  Negara  Jenis Biaya  Pejabat  Jenis Bimbingan  Pekerjaan  Jenis Kelamin  Pendidikan  Jenis Sekolah  Provinsi 3. Data Siswa 2. Data Jenis Biaya 7. Data Mata Pelajaran 4. Data Jadwal Bimbingan 6. Microsoft Word 2003 3. Hypertext Markup Language (HTML) .3 Ekspor Data Sistem Informasi Akademik Sekolah menyediakan fasilitas ekspor beberapa data. Adapun beberapa data yang dapat diekspor sebagai berikut: 1. Microsoft Excel 2003 2. Data Guru 3. Data tersebut diekspor ke dalam format lain untuk diolah kembali atau dicetak sesuai dengan kebutuhan.2. Data Pembayaran Biaya Pendidikan Format yang dapat didukung antara lain adalah sebagai berikut: *) 1. Data Jadwal Pelajaran 5.

Untuk format lain. Tampilan Form Ekspor Data Siswa . Extensible Markup Language (XML) 5. dan Extensible Markup Language (XML). 4. Microsof Word 2003. Data dengan format Extensible Markup Language (XML) dibagi menjadi 2 yaitu data tanpa normalisasi dan data dengan normalisasi. Hypertext Markup Language (HTML). sekolah dapat mengajukan permintaan khusus kepada developer agar dapat didukung oleh program. Comma Separated Value (CSV) Keterangan: Format yang telah disediakan adalah Microsoft Excel 2003.

Tampilan Form Ekspor Data Guru Tampilan Form Ekpsor Data Mata Pelajaran .

Jenis biaya dibedakan menurut: 1.3 Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) terintegrasi dengan Sistem Informasi Keuangan. Tampilan Form Ekspor Jadwal Pelajaran Sistem Keamanan Akun Sistem Informasi Akademik Sekolah dilengkapi dengan username dan password untuk setiap tingkatan pengguna. Kelas . Sistem Informasi Keuangan meliputi: 1. Jurusan 3. Jenis biaya yang harus dibayar oleh siswa 2. password yang lemah tidak akan terjamin keamanannya. 3. Transaksi pembayaran 3. Password dieknripsi secara bertingkat sehingga meningkatkan keamanan data. Meskipun demikian. Laporan transaksi pembayaran Jenis biaya diatur setiap sesi (semester) oleh administrator. Angkatan atau tahun masuk 2.

Apabila terdapat kesalahan. maka sekolah dapat mengubungi vendor atau developer untuk memperbaikinya. . jurusan. Administrator tidak boleh menghapus atau mengubah jenis biaya yang telah dibuat dan digunakan. Administrator tidak dapat mengubah atau menghapus jenis biaya tersebut melalui program. Penghapusan atau perubahan jenis biaya akan menyebabkan kekacauan pada laporan pembayaran dan akan menyebabkan data pembayaran hilang. Sistem Informasi Akademik Sekolah secara otomatis mengunci jenis biaya pada saat transaksi pembayaran untuk jenis biaya tersebut dilakukan. Untuk menghindari terjadinya kesalahan di atas. Setiap jenis biaya akan menjadi sebuah akun pembayaran bagi siswa yang bersangkutan. atau kelas masing-masing. Setiap siswa akan dikenakan biaya pendidikan menurut tahun masuk.

Guru dan siswa dapat mengakses e-learning tersebut dengan akun masing- masing.3.4 e-Learning Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) menyediakan modul tambahan berupa e. Adapun bentuk interaksi yang terjadi adalah sebagai beikut: 1. Guru dapat menulis artikel atau artikel pada e-learning 2. Pada modul e-learning ini. e-Learning terintegrasi dengan mata pelajaran yang diajarkan pada masing-masing kelas. Meskipun demikian. Siswa dapat membaca dan mengunduh artikel atau artikel pada e-learning . guru dan siswa dapat berinteraksi. Halaman Depan e-Learning e-Learning merupakan pengaya dari metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah.Learning atau sistem pembelajaran elektronik. Guru dapat membuat ujian online pada pada e-learning 3. e-Learning tersebut terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik Sekolah. nilai ujian dari e-learning ini tidak secara otomatis masuk ke dalam komponen penilaian meskipun guru bisa memasukkannya sebagai salah satu komponen penilaian.

Meskipun demikian. Ujian pada e- learning menggunakan sistem pilihan berganda. guru atau administrator dapat mengatur kapan nilai tersebut dipublikasikan. tautan. 4. Tampilan Editor Artikel 2. Artikel Guru dan administrator dapat menulis artikel pada e-learning. e-Learning dilengkapi dengan editor HTML sehingga memudahkan pengguna. diberi warna. Ujian Pengguna (guru dan administrator) dapat membuat ujian untuk kelas tertentu. e-learning menyediakan editor HTML untuk soal dan pilihan jawaban. Pengguna tidak perlu mengetahui bahasa HTML. audio. flash. video. Pengguna dapat memformat tulisan menjadi tebal. Artikel juga dapat dibuka untuk umum sehingga tidak terbatas pada kelas tertentu saja. video. Pengguna juga dapat memasukkan gambar. Sistem langsung memberikan nilai secara otomatis sesaat setelah jawaban ujian dikirim oleh siswa. . dan lain-lain. bergaris bawah. Siswa dapat mengikuti ujian online dari manapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pengguna (guru dan administrator) dapat memasukkan gambar. dan lain-lain ke dalam soal dan pilihan jawaban. Artikel ditulis dengan format HTML. Artikel tersebut dapat dibaca oleh semua siswa pada kelas yang bersangkutan. table. Siswa dapat mengikuti ujian online pada e-learning Fitur e-Learning 1. dan sebagainya. tabel. miring.

…) b. …) . iii. 3. lower-alpha (a. Gambar tersebut akan mempunyai format PNG. decimal-leading-zero (01. system secara otomatis mendeteksi adanya duplikasi soal. III. 2. 4. pengguna dapat langsung memasukkan gambar dari clipboard secara langsung dengan menggunakan tombol Ctrl+V pada keyboard. pengguna tidak perlu mengunggah banyak file gambar ke server. upper-roman (I. 04. maka system akan memberitahukan kepada pengguna dan tidak akan menyimpannya. Pengguna dapat mengacak pilihan jawaban pada masing-masing soal. C. B. Selain itu. b. decimal (1. 02. d. Dengan demikian. Apabila soal yang sama telah dibuat sebelumnya. ii. Dalam sebuah ujian yang sama. c. pengguna juga dapat memilih penomoran pilihan yaitu sebagai berikut: a.Tampilan Editor Soal Pilihan Berganda Khusus untuk browser Mozilla Firefox 13 atau yang lebih baru. iv …) e. IV …) d. D. lower-roman (i. upper-alpha (A. Gambar tersebut dapat ditampilkan di hamper semua browser PC kecuali Internet Explorer 6 atau yang lebih rendah. II. 03. …) f. …) c.

Dokumen Excel (XLS. Dan lain-lain Tampilan File Manager . PNG.3. 7ZIP) h. TAR. File yang diuanggah bisa merupakan: a. TAR. Gambar ( JPEG. Dokumen PDF g. Dokumen PowerPoint (PPT.GZ. Dokumen Word (DOC. PPTX) f. File hasil kompresi (ZIP. GIF) b. Objek Flash dan Video c. XLSX) e. Pengaturan File (File Manager) File Manager adalah modul yang digunakan untuk mengunggah file ke server pada saat guru atau administrator menulis artikel maupun ujian. RAR. DOCX) d.