You are on page 1of 6

A.

Gejala - Gejala Kerusakan Lingkungan
Kerusakan lingkungan baik dalam skala global maupun local termasuk dinegara kita hingga
saat ini sudah semakin parah . Indikator kerusakan lingkungan terutama yang diakibatkan oleh
degridasi lahan cukup nyata didepan mata dan sudah sangat sering kita alami, seperti :
1. Banjir tahunan
2. Erosi dan pendangkalan sungai atau danau
3. Kelangkaan air
4. Polusi air dan udara
5. Pemanasan global
6. Kerusakan keragaman hayati
7. Ledakan hama dan penyakit

B. Dampak Kerusakan Lingkungan
1. Dampak kerusakan lingkungan terhadap pemanasan global
Konsentrasi gas-gas tertentu yang dikenal sebagaia gas rumah kaca, terus bertambah diudara
akibatnya tindakan manusia melalui kegiatan industry, khususnya karbon dioksida (CO2), dan CFC.
Akan tetapi yang terutama adalah karbon dioksida, yang umumnya dihasilkan dari penggunaan batu
bara, minyak bumi, gas, pengundulan hutan, serta pembakaran hutan .
2. Dampak pemanasan global terhadap perubahan iklim
Dalam panel antarpemertintahan mengenai perubahan iklim yang diselenggarakan pada bulan
Desember 1977 dan Desember 2000, badan terdiri atas 2.000 ilmuawan tersebut menyebutkan
sejumlah realitas yang ter jadi pada saat ini, diantaranya :

a. Mencairnya es kutub utara dan selatan

b. Curah hujan rata-rata 2-3%

c. Suhu rata-rata udara naik 0,3°C pertahun

d. Terumbu karang menjadi rusak

e. Kerusakan tanah pertanian merosot hingga2-8%

f. Permukaan tanah turun 0,8 cm per tahun

g. Bencana-bencana alam sering terjadi

h. Suhu global meningkat sekitar 5°C

i. Pemukaan es dikutub uatara makin tipis

j. Penggundulan hutan

k. 20% emisi karbon

l. Semenjak perang dunia II jumlah kendaraan bertambah

m. Negara-negara miskin dilanda kekeringan

bau. Pencemaran Tanah Tanah merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan makhluk hidup lainnya termasuk manusia. memasak. Peranan Manusia Dalam Kerusakan Lingkungan Manusia mempunyai peranan dalam pembentukan dan perusakan ekosistem. . Pencemaran air adalah masuknya bahan pencemar kedalam lingkungan air. Para petani beralih tempat olahan ke pegunungan r. Sedangkan peranan manusia dalam perusakan lingkungan. plastik. misalnya sisa hewan dan tumbuhan . industri. dan polutan yang tidak mudah atau tidak dapat diuraikan (nonbiodegradable) secara alami. dan masih banyak lagi. logam. Bahan yang dapat mencemari tanah dapat dibedakan menjadi dua yaitu polutan yang dapat diuraikan secara alami (degadrable) oleh dekomposer. misalnya pestisida. Biaya tahunan untuk menangkal pemanasan global p. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah. Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari.n. yaitu pencemaran tanah. Pencemaran Air Di dalam tata kehidupan manusia. dan rasa  Perubahan Ph  Eutrofikasi  Timbulnya endapan Koloid Peran manusia mengatasi pencemaran air dapat dilakukan antara lain:  Mengelola limbah cair industri dan rumah tangga sebelum dibuang ke perairan  Tidak membuang sampah keperairan atau selokan  Tidak membuang pestisida keperairan B. A. Pencemaran lingkungan dapat dibagi menjadi empat. kaleng dan buangan limbah lainnya. misalnya pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan adalah masuknya bahan organik atau anorganik kedalam lingkungan yang dapat mengganggu atau membahayakan organisme dilingkungan tersebut. Dampak pemcemaran air antara lain:  Perubahan warna. mencuci dan mandi. Panen makanan merosot q. waduk. air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum. air. Pengungsi akibat lingkungan hidup sudah berjumnlah 25 juta diseluruh dunia C. secara tidak sengaja telah menambah jumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. Berikut akan dibahas masing-masing pencemaran. udara dan suara. Selama 50 tahun ini kita telah menggunakan sedikitnya setengah dari sumber energy o.persawahan dan bendungan. Peranan manusia dalam pembentukan ekosistem adalah pembentukan ekosistem buatan seperti danau. ladang.

gas CO2 ini akan menghalangi pantulan panas dari Bumi ke atmosfer sehingga panas akan diserap dan dipantulkan kembali ke Bumi. tanah akan kehilangan produktifitasnya (tidak dapat digunakan untuk pertanian). juga gas metan yang berasal dari pembusukan kotoran hewan. Peran manusia mengatasi pencemaran tanah:  Memilah sampah yang mudah terurai dan sulit terurai  Sampah organik digunakan untuk kompos  sampah anorganik dapat didaur ulang lagi  Penyuluhan tentang pengolahan sampah kepada masyarakat  Membuang sampah pada tempat yang disediakan  Penggunaan pestisida buatan dikurangi dan diganti pestisida alami  Mengolah limbah industri sebelum dibuang C. Selain gas CO2. dapat juga berasal dari makhluk hidup. Turunnya kualitas tanah terjadi karena bahan-bahan tersebut mengganggu kehidupan didalam tanah terutama aktivitas mikroba pengurai (dekomposer). atau serangga-serangga yang telah mati. seyawa nitrogen (NO2). atau lebih dikenal dengan pemanasan global. dan chloroflourocarbon (CFC). Damapak Pencemaran: Pembakaran bahan bakar minyak dan batubara pada kendaraan bermotor dan industri menyebabkan naiknya kadar CO2 di udara. Akibatnya. Selain itu. Pencemaran Udara Udara dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. misalnya bakteri. Keadaan ini disebut efek rumah kaca (green house effect). Partikel dalam bentuk padat dapat berupa debu atau abu vulkanik. dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup. senyawa belerang (SO2 dan H2S). ada yang berbentuk gas dan ada yang berbentuk partikel cair atau padat. Akibatnya akan menyulitkan manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan. Partikel dalam bentuk cair berupa titik-titik air atau kabut. dan masuk ke lingkungan udara. serbuk sari. Kabut dapat menyebabkan sesak napas jika terhiap ke dalam paru- paru. Pencemar udara yang berbentuk gas adalah karbon monoksida. gas lain yang menimbulkan efek rumah kaca adalah CFC yang berasal dari aerosol. spora. Jika hal ini terjadi terus menerus. Efek rumah kaca dapat menyebabkan suhu lingkungan menjadi naik secara global. suhu di Bumi menjadi lebih panas. . Bentuk pencemar udara bermacam-macam. Pencemar Udara Berbentuk Partikel Cair atau Padat Partikel yang mencemari udara terdapat dalam bentuk cair atau padat. virus. gas CO2 ini akan berkumpul di atmosfer Bumi. Jika jumlahnya sangat banyak. Gas ini juga dihasilkan dari kebakaran hutan. Pencemar Udara Berbentuk Gas Beberapa gas dengan jumlah melebihi batas toleransi lingkungan.Polutan nondegradable dapat menyebabkan kualitas tanah menurun.

Peran manusia menanggulangi pencemaran suara:  Membuat dinding kedap suara  Menanam tananam yang dapat meredam suara sekitar rumah  Mesin-mesin yang dapat mengeluarkan suara bising haruslah dilengkapi peredam suara  Para pekerja haruslah menggunakan penutup telinga untuk mencegah telinga tuli.atau terhadap organism yang lain. . Suara bising merupakan bunyi yang tidak diinginkan dari suatu kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat mengganggu manusia dan kenyamanan lingkungan. Manusia merupakan makluk dominan sacara ekologik karena sifat-sifat anatomi serta mentalnya .namun manusia mampu mengeksploitasi tingkat-tingkat tropic lainya bahkan seluruh ekosistem untuk memenuhi kebutuhanya . Pencemaran Suara Sumber pencemaran suara adalah suara bising. pada tongkat 120db akan membuat telinga sakit dan dapat membunuh manusia pada tingkat 180db. dan 2.manusia menempati tingkat tropic tertinggi dalam ekosistem dan ia pun tidak mempunyai predator.  Mengadakan reboisasi  Mencegah penebangan hutan secara liar  Menggunakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. D.Peran manusaia mengatasi pencemaran udara antara lain:  Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil  Dilakukan usaha untuk mendata dan membatasi jumlah kendaraan bermotor yang layak beroperasi.  Mengurangi penggunaan penggunaan CFC sehingga dapat mencegah rusaknya lapisan ozon di atmosfer sehingga dapat mengurangi pemanasan global. mesin kendaraan dan mesin pesawat. Hilangnya pendengara manusia dimulai pada tingkat kebisingan 80-90db selama delapan jam. Contoh lain peranan manusia terhadap kerusakan lingkungan Peranan Manusia Terhadap Lingkungan Manusia Sebagai Organisme yang Dominan Secara Egologik Organisme dikatakan dominnan secara ekolagi jika: 1. Manusia mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan hidaupnya. Suara bising dapat berasal dari suara mesin pabrik. Manusia dapat berkompetensi sacara lebih baik untuk memenuhi kebutuhn hidupnya terutama dalam hal makanan jika ibandingkan makhluk lain dalam suatu ekosistem. sifat-sifat itulah yang menyebabkan manusia dapat berkompetensi dan berhasil dengan baik mendapatkan apa yang dibutuhkan.

lama kelamaan terciptalah kota atau hutan pengganggu yang bisa bertahan misalnya nyamuk dan lalat. Bahan gas salah satunya berupa polusi udara.selain fecces manusia jugamembuang kotoran vbarang sintetik dan juga racun yang penguraianya lambat sekali. yang tidak dapat dihancurkan secara biologis seperti kertas.dalam air masukknya pollutant kesistem perairan yang antara lain deterjen. untuk piaraan dirumah .begitu pula pemakaian prestisida yang berlebihan dalam pertanian yang berakibat mengurangi kebutuhan tanah. untuk prestos social . Manusia sebagai peenyebab evolusi Evolusi alamiah berlangsung sangat lambat . 4. Adapun bahaya polusi diantaranya polusi udara karbon monoksida yang dikeluarkan kendaran bermotor menyebabkan pekerjaan sel darah merah (hemoglobin )terganggu.manusia mengubah habitat alamiah .3. . Manusia sebagai makluk pembuat alat Manusia juga merupakan organism yang membudidayakan makananaya perubahan cara hidup dari pengumpulan makanan jadi penanaman serta pemetik hasil tanaman serta pemetik hasil tanaman marupakan suatu pencapaian yang mempunyai dampak ekologi yang luas.cair pencemaran sungai dan lain lain. manusia juga menjadikan tumbuh-tumbuhan untuk estetika .besi.seperti bunga-bunga dan hiasan.hewan membuang kotoran berupa faces yang dapat diuraikan untuk daur ulang karena terdiri dari bahan organic.akibatnya organism yang sudah sangat kurang sampai batas sukar untuk dipulihkan kembali.Dengan demikian terbentuklah ekosistem buatan manusia. asam belerang dapat membiasakan mikro organism yang mempunyai peranan penting dalam siklus ekosistem.gelas dan plastic.yang akan mencemari lingkungan . 5.selain itu makanan yang cukup mengakibatkan populasi manusia meningkat dengan segala akibat yang berarti.. 6.bahan buangan padat ada yang dapat dihancurkan secara biologis seperti makanan sisa. Manusia sebagai makluk perampok Manusia mengeksploitasi ekosistem untuk keperluan yang tidak konsumtif misalnya untuk kepercayaan misalnya hewan untuk olah raga.Alat-alat pertanian yang berkembang dari tingkat penanaman menjadi mesin-mesin modern yang apt mengolah tanah lebih luas.tetapi perusakan alam oleh manusia baik yang disengaja maupun tidak telah mempercepat evolusi organic. Manusia sebagai makluk pengotor Manusia merupakan satu-satunya makluk pengotir lingkunga-nya.Luas areal pengubahan hanya hanya terdapat disekitar tempat tinggal .

Makalah “Gejala Kerusakan Lingkungan Hidup” D I S U S U N Oleh Nama : Roynaldo Kelas : XI IPS ARKEOLOGY .