You are on page 1of 17

KERANGKA ACUAN

PERTEMUAN DESIMINASI P4K
DESA CIMERANG

UPTD PUSKESMAS PURABAYA
Jl. Raya Purabaya Km. 39 Sukabumi e-mail : puskesmaspurabaya@gmail.com

Fokus dari P4K adalah pemasangan stiker pada setiap rumah yang ada ibu hamil. selamat dan sehat. KERANGKA ACUAN PERTEMUAN DESIMINASI P4K DESA CIMERANG A. pertolongan persalinan. Di lain pihak masyarakat diharapkan dapat mengembangkan norma-norma sosial termasuk kepeduliannya untuk menyelamatkan ibu hamil dan ibu bersalin. dengan . P4K merupakan suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan di desa dalam rangka peningkatan peran aktif suami. yaitu ”Masyarakat Mandiri untuk Hidup Sehat”. asuhan masa nifas dan perawatan bayi baru lahir sehingga kelak dapat mencapai dan mewujudkan Visi Departemen Kesehatan. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. dalam rangka peran aktif suami. Latar Belakang P4K dengan stiker adalah merupakan suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan di desa khususnya. Yang terpenting adalah persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. Dianjurkan kepada ibu hamil untuk melahirkan ke fasilitas kesehatan termasuk bidan desa. semua warga masyarakat di desa tersebut mengetahui dan juga diharapkan dapat memberi bantuannya. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman. Bidan diharuskan melaksanakan pelayanan kebidanan antara lain pemeriksaan kehamilan. Diharapkan dengan adanya stiker di depan rumah.

menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. b. Pemanfaatan pertemuan dan kegiatan rutin sesuai tupoksi di setiap tingkat administrasi dengan menggunakan sumber dana yang ada termasuk memanfaatkan donor yang ada di wilayah masing-masing. tentang : . dengan tema : “Menuju Persalinan yang . Kampanye gerakan percepatan pelaksanaan P4K dengan stiker melalui momen Hari Kartini. Kampanye gerakan percepatan pelaksanaan P4K dengan stiker melalui momen Hari Kartini (mengingat ibu kartini meninggal dunia karena perdarahan pasca persalinan) dengan tema : “Menuju persalinan yang aman dan selamat. 2) Seluruh Kepala Dinkes Propinsi/Kab/Kota di Indonesia. Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. . Surat Edaran Menteri Kesehatan RI No : 295/Menkes/III/2008 yang ditujukan untuk : 1) Seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia. dengan menempel stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”. untuk melaksanakan P4K dengan stiker. Dasar Pelaksanaan a. . B. tentang : . . Pemantauan setiap ibu hamil secara intensif dengan pemasangan stiker P4K di setiap rumah ibu hamil. Dukungan berkesinambungan dalam pembinaan pelaksanaan P4K dengan stiker di seluruh wilayah kerja.

Ibu nifas dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan dan bayi baru lahir bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. a. ibu bersalin. Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari pelaksanaan P4K adalah untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil. Tujuan Umum Meningkatnya cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat . aman dan selamat. 2) Memfasilitasi semua pihak yang melakukan Kampanye gerakan Percepatan Pelaksanaan P4K dengan Stiker dengan tema : “Menuju Persalinan yang Aman dan Selamat. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI No :441. dengan menempel Stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”. dengan menempel stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”. 3) Memberikan dukungan secara berkesinambungan dalam pembinaan pelaksanaan P4K dengan Stiker di wilayah kerja saudara. untuk melakukan hal-hal sebagai berikut : 1) Memberikan pembinaan dalam Percepatan Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker di wilayah masing-masing. c. C.SJ tanggal 10 Juli 2008 yang ditujukan untuk seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia.7/1935.

dukun/pendamping persalinan dan kelompok masyarakat dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi dengan stiker. termasuk pemakaian metode KB pasca persalinan yang sesuai dan disepakati ibu hamil.  Taksiran persalinan. dan KB pasca salin sesuai dengan perannya masing-masing.  Penolong persalinan.dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. 3) Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama kehamilan. dan  Calon donor darah. 2) Adanya perencanaan persalinan. pendamping persalinan dan fasilitas tempat persalinan. 4) Meningkatnya keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal. suami. keluarga dan bidan.  Identitas ibu hamil. . b. Tujuan Khusus 1) Terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K di setiap rumah ibu hamil yang memuat informasi tentang :  Lokasi tempat tinggal ibu hamil. persalinan dan nifas. transportasi yang akan digunakan serta pembiayaan.

solat dan makan siang. Peserta Peserta pada pertemuan desiminasi P4K dan pengenalan faktor risiko ibu hamil bagi kader di Desa Cimerang diikuti oleh 52 orang yang terdiri dari unsur kader kesehatan.00 WIB. 17 November 2016 Tempat : Aula Desa Cimerang F. Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan pemberian materi dan kemudian dilakukan Tanya jawab. E. dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh bapak Tsalits Sulaeman.15 WIB. Yang bertugas sebagai moderator pada kegiatan ini adalah Ibu Elih Nurhayati. Pada pukul 12.00 WIB peserta dipersilahkan untuk istirahat. PKK desa dan seluruh ketua RT di wilayah Desa Cimerang . Tempat dan Waktu Pelaksanaan Adapun pelaksanaan kegiatan pertemuan desiminasi P4K dan pengenalan faktor risiko ibu hamil bagi kader di Desa ini dilaksanakan pada : Hari / Tanggal : Kamis. Pada sesi tanya jawab ini banyak sekali permaslahan yang muncul dalam pelaksanaannya di masyarakat.00 WIB peserta sudah mulai memasuki aula Desa Cimerang dan melakukan registrasi peserta dengan mengisi daftar hadir. Kemudian peserta .Kep selaku petugas Promosi Kesehatan di UPTD Puskesmas Purabaya.D. acara langsung dibuka oleh bapak Kepala Desa Cimerang dan langsung memberikan beberapa arahan sekaligus sambutan. Proses Pertemuan Pada pukul 08. dan acara dimulai lagi pukul 13. dan acara baru bisa dimulai kurang lebih pukul 08. S.

00 WIB G. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. dan akhirnya pertemuan ditutup tepat pukul 15. kerena terbatas nya pengetahuan dan kurang nya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan kegiatan ini. .bisa merumuskan cara-cara bagaimana mengatasi permasalahan itu. Penutup Demikian yang dapat kami paparkan mengenai laporan kegiatan desiminasi P4K ini. Semoga laporan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya laporan ini dan penulisan laporan dikesempatan-kesempatan berikutnya.

LAPORAN HASIL KEGIATAN PERTEMUAN DESIMINASI P4K DESA CIMERANG TANGGAL 17 NOVEMBER 2016 UPTD PUSKESMAS PURABAYA Jl.com . Raya Purabaya Km. 39 Sukabumi e-mail : puskesmaspurabaya@gmail.

Dianjurkan kepada ibu hamil untuk melahirkan ke fasilitas kesehatan termasuk bidan desa. dalam rangka peran aktif suami. Latar Belakang P4K dengan stiker adalah merupakan suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan di desa khususnya. .1. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman. Yang terpenting adalah persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. yaitu ”Masyarakat Mandiri untuk Hidup Sehat”. Bidan diharuskan melaksanakan pelayanan kebidanan antara lain pemeriksaan kehamilan. selamat dan sehat. Fokus dari P4K adalah pemasangan stiker pada setiap rumah yang ada ibu hamil. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. Diharapkan dengan adanya stiker di depan rumah. Di lain pihak masyarakat diharapkan dapat mengembangkan norma-norma sosial termasuk kepeduliannya untuk menyelamatkan ibu hamil dan ibu bersalin. semua warga masyarakat di desa tersebut mengetahui dan juga diharapkan dapat memberi bantuannya. P4K merupakan suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan di desa dalam rangka peningkatan peran aktif suami. pertolongan persalinan. asuhan masa nifas dan perawatan bayi baru lahir sehingga kelak dapat mencapai dan mewujudkan Visi Departemen Kesehatan.

. untuk melaksanakan P4K dengan stiker.2. tentang : . Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Pemanfaatan pertemuan dan kegiatan rutin sesuai tupoksi di setiap tingkat administrasi dengan menggunakan sumber dana yang ada termasuk memanfaatkan donor yang ada di wilayah masing-masing. Dasar Pelaksanaan a. dengan tema : “Menuju Persalinan yang aman dan selamat. Dukungan berkesinambungan dalam pembinaan pelaksanaan P4K dengan stiker di seluruh wilayah kerja. tentang : . 2) Seluruh Kepala Dinkes Propinsi/Kab/Kota di Indonesia. Surat Edaran Menteri Kesehatan RI No : 295/Menkes/III/2008 yang ditujukan untuk : 1) Seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia. . . Kampanye gerakan percepatan pelaksanaan P4K dengan stiker melalui momen Hari Kartini (mengingat ibu kartini meninggal dunia karena perdarahan pasca persalinan) dengan tema : “Menuju persalinan yang aman dan selamat. Pemantauan setiap ibu hamil secara intensif dengan pemasangan stiker P4K di setiap rumah ibu hamil. Kampanye gerakan percepatan pelaksanaan P4K dengan stiker melalui momen Hari Kartini. b. . dengan menempel stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”. dengan menempel stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”.

ibu bersalin. . untuk melakukan hal-hal sebagai berikut : 1) Memberikan pembinaan dalam Percepatan Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker di wilayah masing-masing. 3. c. 3) Memberikan dukungan secara berkesinambungan dalam pembinaan pelaksanaan P4K dengan Stiker di wilayah kerja saudara. dengan menempel Stiker P4K di setiap rumah ibu hamil”. 2) Memfasilitasi semua pihak yang melakukan Kampanye gerakan Percepatan Pelaksanaan P4K dengan Stiker dengan tema : “Menuju Persalinan yang Aman dan Selamat.7/1935.SJ tanggal 10 Juli 2008 yang ditujukan untuk seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia. Tujuan Umum Meningkatnya cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. Ibu nifas dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan dan bayi baru lahir bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari pelaksanaan P4K adalah untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI No :441. a.

Meningkatnya keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal. 2. Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama kehamilan. 4. . Tujuan Khusus  Terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K di setiap rumah ibu hamil yang memuat informasi tentang :  Lokasi tempat tinggal ibu hamil. dan  Calon donor darah. pendamping persalinan dan fasilitas tempat persalinan. PKK desa dan para ketua RT di wilayah kerja Desa Cimerang. suami. persalinan dan nifas. dukun/pendamping persalinan dan kelompok masyarakat dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi dengan stiker. 1. 3. b. keluarga dan bidan. Adanya perencanaan persalinan.  Identitas ibu hamil.  Taksiran persalinan. termasuk pemakaian metode KB pasca persalinan yang sesuai dan disepakati ibu hamil. dan KB pasca salin sesuai dengan perannya masing-masing.  Penolong persalinan. transportasi yang akan digunakan serta pembiayaan. Peserta Peserta pada pertemuan desiminasi P4K dan pengenalan faktor risiko ibu hamil bagi kader di Desa Cimerang diikuti oleh 52 orang yang terdiri dari unsur kader kesehatan.

Kep 14.45 Tanya Jawab Panita 14.00 .45 .00 . S.00 ISOMA Panitia 13.15 .09.45 Coffe Break (snack) Panitia 09.14.30 .12. Jadwal JAM ACARA FASILITATOR 08.30 Sambutan dan Pengarahan Kepala Puskesmas 09. 17 November 2016 Tempat : Aula Desa Cimerang 6.14.09.00 .13.15 Registrasi Peserta Panitia Kapala Desa & 08. Penutup Demikian yang dapat kami paparkan mengenai laporan kegiatan desiminasi P4K ini.08.15.45 .00 Penyampaian Materi Badri Sanusi.5. . Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya laporan ini dan penulisan laporan dikesempatan-kesempatan berikutnya.00 Do’a / Tutup Panita 7.00 . kerena terbatas nya pengetahuan dan kurang nya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan kegiatan ini. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Adapun pelaksanaan kegiatan pertemuan desiminasi P4K dan pengenalan faktor risiko ibu hamil bagi kader di Desa ini dilaksanakan pada : Hari / Tanggal : Kamis. Semoga laporan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. S.00 Penyampaian Materi Badri Sanusi.Kep 12. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya.

.

DOKUMENTASI KEGIATAN .

DOKUMENTASI KEGIATAN .

DOKUMENTASI KEGIATAN .