You are on page 1of 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMA Halilintar Berawan Kota Mendung
Peminatan : Ilmu Bahasa dan Budaya
Matapelajaran : Bahasa Mandarin
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Kehidupan Sekolah
Alokasi Waktu: 3 x 3 Jam Pelajaran (1 JP = 45 menit)

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, toleran, kerjasama damai), santun, responsive, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraktif secara efektif dengan lingkungan sosial dam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan sesuai sesuai keilmuan.

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

No KD
No Indikator
Kompetensi Dasar (KD)
1 1.1. Mensyukuri kesempatan dapat 1.1.1. Meningkatkan semangat
mempelajari bahasa Mandarin sebagai belajar peserta didik
bahasa pengantar komunikasi internasional terhadap pembelajaran
yang diwujudkan dalam semangat belajar. bahasa Mandarin.
2 2.4. Menunjukkan perilaku santun, antusias, 2.4.1. Menunjukkan sikap
kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, antusias dalam
dan imajinatif dalam menghargai budaya mempelajari budaya dan
dan karya sastra. karya sastra bahasa
Mandarin.

2.4.2. Menunjukkan sikap
kerjasama dalam
kelompok pada proses
pembelajaran budaya dan
karya sastra bahasa
Mandarin.
3 3.3. Memahami unsur kebahasaan, struktur3.3.1.
teks Mengidentifikasi ujaran
dan unsur budaya yang terdapat dalam teks dalam wacana tulis.

SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 1

memperhatikan unsur kebahasaan. 3. partikel tanya dan kata tanya) dalam bahasa Mandarin pada sebuah teks. 2. 3. Meningkatkan semangat belajar peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Mandarin.1.2. partikel tanya dan kata tanya) dalam bahasa Mandarin pada sebuah teks.3. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 2 . Mengidentifikasi ujaran dalam wacana tulis. kata sangkal. Menyusun kata menjadi frasa dengan menggunakan hàn yǔ pīn yīn 汉语拼音 secara tepat. Menunjukkan sikap antusias dalam mempelajari budaya dan karya sastra bahasa Mandarin.6. Tujuan Pembelajaran Sikap 1. Membaca wacana tulis. 2.2. penggunaannya secara sederhana.3.4. 4 4. Mengidentifikasi pola kalimat (kalimat afirmatif.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana 4. Menyusun frasa menjadi kalimat dengan hàn yǔ pīn yīn menggunakan 汉语拼音 secara tepat.1. Mengidentifikasi tema wacana.3. Membandingkan makna untuk mengungkapkan informasi tentang dan pola kalimat.3.3.3. 4. Menunjukkan sikap kerjasama dalam kelompok pada proses pembelajaran budaya dan karya sastra bahasa Mandarin. Menyampaikan informasi tertulis dalam wacana singkat secara tertulis. struktur 4.2.4.3.3.2.1.5. ɡè rén xìn xī Mengidentifikasi tema terkait topik Identitas Diri (个 人 信 息 ) dan xué xiào shēnɡ huó wacana.\ teks dan unsur budaya yang sesuai konteks.3.3.4. Mempresentasikan wacana tulis.3. Pengetahuan 3. memperhatikan unsur kebahasaan. 3. kata sangkal.3. 3. struktur Mengidentifikasi pola teks dan unsur budaya yang sesuai konteks kalimat (kalimat afirmatif.3. 3.3. Kehidupan Sekolah ( 学 校 生 活 ) dengan 3. 3.3. C. Membaca wacana tulis. ɡè rén xìn xī penggunaan struktur bahasa Identitas Diri (个 人 信 息 ) dan Kehidupan xué xiào shēnɡ huó Mandarin dengan bahasa Sekolah ( 学校 生 活) dengan Indonesia.1.3. 3.4.

Metode Pembelajaran  Pendekatan Saintifik 5M (mengamati. mengkomunikasikan)  Demontrasi  Presentasi  Diskusi  Penugasan F. 4. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 3 . Mempresentasikan wacana tulis. 4. Materi Pembelajaran 1.Fungsi sosial dari wacana tulis a) Menyampaikan informasi 2.Unsur kebahasaan hàn yǔ pīn yīn a) Pelafalan fonetik (汉语拼音) 3.Struktur teks a) Kalimat afirmatif b) Kalimat sangkal 4.Unsur budaya a) Ungkapan terkait salam. hàn yǔ pīn yīn 3. Keterampilan 4. Membandingkan makna dan pola kalimat.6. identitas diri dan kehidupan sekolah.3.5. mencoba. seperti:你参加 什么课外活动? E. Menyusun frasa menjadi kalimat dengan menggunakan 汉语拼音 secara tepat.3.1. Media.3.3.4. penggunaan struktur bahasa Mandarin dengan bahasa Indonesia. Menyusun kata menjadi frasa dengan menggunakan 汉语拼音 secara tepat. Menyampaikan informasi tertulis dalam wacana singkat secara tertulis.3. mengasosiasikan. hàn yǔ pīn yīn 3. D.3. menanya. Alat dan Sumber Pembelajaran  Laptop dan Projector  PPT  Audiovisual hàn yǔ běi jīnɡ huá wén xué yuàn jǐ nán dà xué chū bǎn  Buku Elektronik Pelajaran Bahasa Mandarin 汉 语1. 北京华文学院, 济南大学出版 shè 社,2007.

Inti  Mengamati 100  Peserta didik mengamati ujaran dalam wacana tulis.  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran dengan tema Kehidupan Sekolah. menit  Peserta didik mengamati gambar yang sesuai dengan tema Kehidupan Sekolah  Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk memahami makna ujaran dengan tema Kehidupan Sekolah  Menanya  Peserta didik menanyakan makna dan penggunaan kosakata dan struktur bahasa Mandarin yang terdapat pada wacana tulis.  Peserta didik membandingkan makna dan penggunaan kosakata atau ungkapan berdasarkan perbedaan latar belakang budaya.  Mencoba  Peserta didik membaca wacana yang tersedia dengan suara lantang.  Peserta didik menanyakan unsur-unsur budaya atau makna yang tersurat/tersirat dalam suatu karya sastra. Penutup  Peserta didik diajak untuk dapat menarik kesimpulan 15 menit SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 4 .  Peserta didik menyusun kalimat menjadi paragraf atau karangan.  Mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya.  Peserta didik menyimpulkan isi wacana.  Peserta didik mengumpulkan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat pada wacana.  Mengkomunikasikan  Peserta didik membaca wacana dengan suara lantang.  Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur budaya atau makna karya sastra.  Peserta didik menyusun kata menjadi frasa dan/atau kalimat.G.  Menalar  Peserta didik membandingkan bentuk aksara yang mirip. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama Materi Pelajaran Ke-9: 小华打球 Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu Awal  Berdoa/salam 20 menit  Presensi  Pemberian motivasi pentingnya pembelajaran bahasa Mandarin.  Peserta didik membacakan informasi yang dikumpulkan hasil pemahamannya terhadap suatu wacana tulis.

partikel tanya dan kata tanya) dalam bahasa Mandarin pada sebuah teks  Menanya  Peserta didik menanyakan makna dan penggunaan kosakata dan struktur bahasa Mandarin yang terdapat pada wacana tulis.  Menanyakan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat dalam wacana tulis.  Mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya.  Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur budaya atau makna karya SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 5 . Inti  Mengamati 100  Peserta didik mengamati pelafalan ujaran dalam wacana tulis menit  Peserta didik mengamati pola kalimat (kalimat afirmatif. kata sangkal.  Peserta didik menyimpulkan isi wacana. Pertemuan Kedua Materi Pelajaran Ke-9: 小华打球 Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu Awal  Berdoa/salam 20 menit  Presensi  Pemberian motivasi pentingnya pembelajaran bahasa Mandarin.  Peserta didik menyusun kata menjadi frasa dan/atau kalimat.  Mencoba  Peserta didik membaca wacana yang tersedia dengan suara lantang.  Peserta didik menanyakan unsur-unsur budaya atau makna yang tersurat/tersirat dalam suatu karya sastra. Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu (garis besar) pembelajaran pada pertemuan pertama dengan cara pendidik mengajukan beberapa pertanyaan dengan tema Kehidupan Sekolah.  Peserta didik membandingkan makna dan penggunaan kosakata atau ungkapan berdasarkan perbedaan latar belakang budaya.  Pendidik memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan meminta peserta didik untuk terlebih dahulu mempelajari sekilas materi tersebut.  Peserta didik mengidentifikasi informasi umum dan atau rinci  Menalar  Peserta didik membandingkan bentuk aksara yang mirip.  Peserta didik mengumpulkan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat pada wacana.  Peserta didik diberi tugas untuk berlatih membaca wacana tulis yang telah dipelajari dengan tema Kehidupan Sekolah.  Peserta didik menyusun kalimat menjadi paragraf atau karangan.

 Peserta didik diberi tugas untuk berlatih membaca wacana tulis dengan tema Kehidupan Sekolah.  Peserta didik membacakan informasi yang dikumpulkan hasil pemahamannya terhadap suatu wacana tulis.  Mengkomunikasikan  Peserta didik membaca wacana dengan suara lantang.  Mencoba  Peserta didik membaca wacana yang tersedia dengan suara lantang. Penutup  Peserta didik diajak untuk dapat menarik kesimpulan 15 menit (garis besar) pembelajaran pada pertemuan kedua dengan cara pendidik mengajukan beberapa pertanyaan dengan tema Kehidupan Sekolah (pengucapan jam dalam bahasa Mandarin) pada wacana yang lebih kompleks.  Peserta didik menanyakan unsur-unsur budaya atau makna yang tersurat/tersirat dalam suatu karya sastra.  Pendidik memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan meminta peserta didik untuk terlebih dahulu mempelajari sekilas materi tersebut. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 6 . partikel tanya dan kata tanya) dalam bahasa Mandarin pada sebuah teks  Menanya  Peserta didik menanyakan makna dan penggunaan kosakata dan struktur bahasa Mandarin yang terdapat pada wacana tulis. Pertemuan Ketiga Materi Pelajaran Ke-9: 小华打球 Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu Awal  Berdoa/salam 20 menit  Presensi  Pemberian motivasi pentingnya pembelajaran bahasa Mandarin.  Menanyakan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat dalam wacana tulis. Inti  Mengamati 100  Peserta didik mengamati pelafalan ujaran dalam wacana tulis menit  Peserta didik mengamati pola kalimat (kalimat afirmatif.  Mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya. kata sangkal. Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu sastra.

Kisi-kisi : Jumlah Butir No. Bersyukur Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran 1 Bahasa Mandarin. Teknik Penilaian : Observasi dan Penilaian Diri b.  Peserta didik menyusun kalimat menjadi paragraf atau karangan.  Mengkomunikasikan  Peserta didik membaca wacana dengan suara lantang. Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu  Peserta didik mengumpulkan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat pada wacana. 1. Penilaian Proses dan Hasil Belajar 1.Kompetensi Sikap Spiritual a.  Peserta didik menyusun kata menjadi frasa dan/atau kalimat.  Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur budaya atau makna karya sastra. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri c.  Peserta didik diberi tugas untuk berlatih membaca wacana tulis dengan tema Kehidupan Sekolah.  Peserta didik mengidentifikasi informasi umum dan atau rinci  Menalar  Peserta didik membandingkan bentuk aksara yang mirip.  Peserta didik membacakan informasi yang dikumpulkan hasil pemahamannya terhadap suatu wacana tulis. H. Penutup  Peserta didik diajak untuk dapat menarik kesimpulan 15 menit (garis besar) pembelajaran pada pertemuan kedua dengan cara pendidik mengajukan beberapa pertanyaan dengan tema Kehidupan Sekolah (pengucapan jam dalam bahasa Mandarin) pada wacana yang lebih kompleks.  Pendidik memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan meminta peserta didik untuk terlebih dahulu mempelajari sekilas materi tersebut. Butir Nilai Indikator Instrumen Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada 1 pembelajaran Bahasa Mandarin. JUMLAH 2 SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 7 .  Peserta didik menyimpulkan isi wacana.  Peserta didik membandingkan makna dan penggunaan kosakata atau ungkapan berdasarkan perbedaan latar belakang budaya.

3.Kompetensi Pengetahuan a. d. Sumber/Referensi Buku Pegangan Kurikulum 2013 Buku Teks Pelajaran dan materi bahan ajar yang relevan. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3. M. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri c. Menunjukkan sikap kerjasama yang baik 2 Kerjasama 1 dalam kegiatan pembelajaran JUMLAH 2 d. Menyusun Kata c. 25 Februari 2016 Kepala SMA Halilintar Berawan Kota Mendung Pendidik Mata Pelajaran Bahasa Mandarin Drs. Teknik Penilaian : Tes tertulis b. Kisi-kisi : JUMLAH BUTIR NO INDIKATOR SOAL SOAL 1 Mengidentifikasi pola kalimat (kalimat afirmatif. Kisi-kisi : Jumlah No. Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B. e. partikel tanya dan kata tanya) dalam bahasa Mandarin pada sebuah teks. Taufan. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda. 2.Kompetensi Sikap Sosial a. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 8 . S. Instrumen: lihat Lampiran 2A dan Lampiran 2B. Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3. Butir Nilai Indikator Butir Instrumen Menunjukkan perilaku antusias dalam proses 1 Antusias 1 pembelajaran bahasa Mandarin.Pd Lesus.Pd NIP. Mengetahui Surabaya. Teknik Penilaian : Observasi dan Penilaian Diri b. kata 5 1-5 sangkal. 2 Menyusun frasa menjadi kalimat dengan menggunakan 5 6-10 hàn yǔ pīn yīn 汉语拼音 secara tepat. e.

... Butir Nilai : Bersyukur Indikator Sikap : 1.. 2.. Skor Indikator Sikap Jumlah No.. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Diri. . 2. Tahun Pelajaran : .d. Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri. Petunjuk Umum 1.Lampiran 1 LEMBAR OBSERVASI Kelas : .… s.5 Tuntas 2 Badriah 2 3 5 (5:8)x4=2.. Semester : .. Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Mandarin.. Nama Peserta Didik Spiritual (1 – 4) Perolehan Skor Akhir Tuntas/ Tidak Tuntas Indikator 1 Indikator 2 Skor 1 Ahmad Fauzi 4 3 7 (7:8)x4=3.5 Tuntas 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Guru Mata Pelajaran.. Periode Pengamatan : Tanggal .S...Pd Lampiran 2 INSTRUMEN PENILAIAN KI-2 (SIKAP SOSIAL) LEMBAR PENILAIAN DIRI A. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 9 ... Lesus. Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Mandarin.

Petunjuk Pengisian 1. 3. atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut: 4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan 3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan 2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan 1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan 2. 2. 8. nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4. S.Pd Lampiran 3 INSTRUMEN PENILAIAN K-3 PENGETAHUAN A. 7.4 Jml Observasi Nilai Skor No Nama Peserta didik Antusias Kerjasama (1) (2) 1. Lesus.D 2. 5. Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir. c. Kolom SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru. 2.B. d atau e pada jawaban yang benar! (skor = 8) 1.Manakah yang merupakan kata tanya? a. 4. Pilihlah a. LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN PENILAIAN DIRI Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin Kelas/Program : X/IBB Kompetensi : K.1 dan 2. Guru Mata Pelajaran. 是 SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 10 . 9. 3. b. 6. 10.

不 b. 的 d. 是 b. 这 e... 那是谁的书包? B.... 那 3.Manakah yang merupakan partikel untuk menyatakan “milik”? a. 他是谁? d... 谁 d... 你是谁? e.. 这是什么? b... 这 c. 这是我的书。 b. 这 4.Pilihlah jawaban yang tepat pada dialog di bawah ini: zhè shì shuí de shū A: 这是谁的书? B: . 这是我的本子。 e..。 a.. 那 d.. 那是什么? c. 是 c... Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang baik dan benar! (skor = 12) 1.我的 是 书 这 SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 11 .. 书包 2.Manakah yang merupakan kata sangkal? a... 这是我的尺子。 5.Pilihlah pertanyaan yang tepat pada dialog di bawah ini: A: ...... 谁 c. 这是我的书包。 c. 谁 e...? nà shì wǒ de shū bāo B: 那是我的书包。 a. 这是我的笔。 d. b..... 不 e..........

dan jawaban salah diberi skor 0. Pelafalan Ada masalah pengucapan sehingga pendengar • 2 perlu konsentrasi penuh. Ada masalah pengucapan yang serius sehingga • 1 tidak bisa dipahami. SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 12 . butir soal diberi skor 8. 4 • Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak 3 mempengaruhi makna. Penentuan Skor Akhir = Skor A + Skor B D. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) minimal 75 Lampiran 5 PETUNJUK PENENTUAN SKOR KI-4 (KETERAMPILAN) A. 2.小强的 这 笔 是 3.妹妹的 是 玩具 这 4.谁的 这 尺子 是 5.谁的 是 本子 这 Lampiran 4 PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KI-3 (PENGETAHUAN) A. Penentuan Skor = jumlah benar x 12 C. Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara ASPEK KETERANGAN SKOR • Sangat jelas sehingga mudah dipahami. jawaban salah diberi skor 0. 4 Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu • 3 dapat dideteksi. Untuk soal bagian B: Jawaban benar untuk masing-masing butir soal diberi skor 12. Untuk soal bagian A: Jawaban benar untuk soal bagian A. Penentuan Skor A = jumlah benar x 8 B. Tatabahasa • Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa.

4 Kadang-kadang menggunakan kosakata yang • 3 kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi. Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga • 1 percakapan tidak mungkin terjadi B. Rumus Penghitungan Skor Akhir: Jumlah Perolehan Skor x4 Skor Maksimal Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4 SMA Halilintar Berawan Kota Mendung 13 . • Sangat lancar. 2 Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan • 1 tidak mungkin terjadi. • Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat. Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit • 2 dipahami. Kosakata • Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat. 3 Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan Kelancaran • 2 bahasa. 4 • Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa. Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak 1 bisa dipahami.