You are on page 1of 8

ANAK By.

Nunung

1. Anak laki laki 12 tahun dibawa dengan keluhan tampak pucat. Rowayat perdarahan
ataupun demam disangkal. Pada pemeriksaan laboratorium , didapatkan Hb8 gr/dL,
lainlain dalam batas normal. Pada pemeriksaan sediaan apusan darah tepi didaptkan
gambaran anemia mikrositik hipokrom. Diagnosis apa saja yang mungkin pada anak
ini?
A. Leukiam , anemia defisiensi B12, thalasemia
B. Anemia hemolitik, thalasemia, anemia aplastik
C. Anemia defisiensi besi, thalasemia, anemia infeksi kronis
D. Anemia infeksi kronis, anemia karena perdarahan, anemia aplastik
E. Anemia defisiensi besi, anemia karena perdarahan, thalasemia
2. Anak usia 6 bulan dibawa ibunya dengan riwayat kejang dan kemudian tidak sadarkan
diri. Selama 3 hari ini pasien demam tinggi dan rewel. Kejang seluruh tubuh
berlangsung selama 10 menit. Pada pemeriksaan fisik ditemukan kaku kuduk. Dokter
melakukan pemeriksaan cairan serebrospinal dan didapatkan warna keruh, glukosa
rendah, protein meningkat. Apakah diagnosis pada pasien tersebut?
A. Ensefalitis
B. Meningoensefalitis
C. Meningitis bakterial
D. Abses otak
E. Menigitis viral
3. Anak laki laki usia 4 tahun dibawa ibunya ke UGD karena mengalami kejang pada
kedua tangan dan kaki selama kurang dari 10 menit. Sebelumnya pasien mengalami
demam selama 5 hari. Ibu pasien mengatakan bahwa anaknya kemarin kejang, selama
3 menit. Pada pemeriksaan fisik suhu 39 C. Diagnosis yang paling tepat adalah :
A. Kejang demam kompleks
B. Kejang demam sederhana
C. Epilepsi
D. Meningitis
E. Ensefalitis
4. Seorang anak tampak pucat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembesaran hepar
dan limpa. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan retikulosis (+) dan bilirubin
indirek meningkat. Apa kemungkinan diagnosis pada pasien ini?

Anemia megaloblastik C. Trichuris trichiura E. Necator americanus C. Ancylostoma duodenale B. Apa penyebab kondisi pasien ini ? . Anemia defisiensi besi B. BAK berwarna merah E. Anak perempuan berusia 7 tahun datang ke dokter praktek umum dibawa oleh orang tuanya dengan keluhan anaknya tampak kurus. Konstipasi D. Diare B. Anemia hemolitik E. Anclyostoma duodenale E. Seorang anak laki laki usia 5 tahun datang dibawa orang tuanya karena kesulitan tidur saat malam karena anak menggaruk daerah lubang anus. Oxyuris vermicularis D. Osteoporosis 6. Pada pemeriksaan mikroskopik tinja dijumpai telur cacing dengan tiga lapis dinding dan berisi ovum. Pusing C. Pasien 2 bulan lalu baru saja menjalani prosedur operasi gastektomi. Apa agen penyebab pada kasus diatas? A. Trichuris trichiura B. Apa agen penyebab pada kasus diatas? A. Sekarang ini selain nafsu makan kurang. Seorang anak berusia 11 bulan datang dengan keluhan lemas dan tidak mau makan. pasien merasa sering lemas dan kurang tenaga. Pada pemeriksaan ditemukan konjungtiva pasien pucat. Riwayat hanya minum ASI dan sari kacang hijau. Ascaris lumbricoides D. Anak suka main di pinggir got mencari ikan cupang. Pada pemeriksaan lab didapatkan anemia mikrositik hipokrom. Necator americanus C. A. Konjungtiva anemis. Strongyloides stercoralis 8. Anemia aplastik 5. Pada pemeriksaan fisik anak tampak pucat dan kurus. Ascaris lumbricoides 7. Dampak dari pengobatan untuk kasus diatas adalah : A. Pada pemeriksaan feses didapatkan adanya gambaran telur asimetris. Anemia sideroblastik D.

BB 3. A. tidak ada edema. asam folat C. Gizi baik C. Pada pemeriksaan fisik tampak atropi otot dan lemah di keuda lengan dan tungkai serta perut tampak datar. Anemia penyakit kronik E. Gastrin-related anemia 9. Ancylostoma duodenale 11. Ascaris lumbricoides E. Marasmus E. Oxyuris vermicularis D.8 kg. Kwashiorkor D. Marasmus – kwashiorkor 10. Pemeriksaan lab didapatkan kadar Hb 6 gr/dL. Pada pemeriksaan jasmani ditemukan muka seperti orang tua. Gizi kurang B. Gizi buruk tipe campuran D. Anak laki laki usia 3 tahun datang diantar oleh ibunya dengan keluhan batuk pilek sejak 2 minggu yang lalu. Necator americanus C. Anemia defisiensi B12. Gizi kurang tipe kwarshiorkor . Apa diagnosis yang paling mungkin pada anak ini? A. Pada pemeriksaan status gizi persentil berat badan/ tinggi badan didapatkan 50%. Pemeriksaan fisik ditemukan konjungtiva anemis. Parasit yang pasling mungkin menyebabkan penyakit ini adalah : A. Trichuris trichiura B. Pemeriksaan mikroskopik tinja ditemukan telur cacing tipis dan bening. Seorang anak laki laki 6 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan pucat dan berat badan tidak naik naik dalam 1 tahun terakhir. Sehari hari anak hanya tidur di kamar. Gizi buruk tipe kwarshiorkor B. Underweight C. dan TB 63 cm. Apakah diagnosis yang tepat pada kasus ini? A. Gizi buruk tipe marasmus E. Seorang anak perempuan usia 6 tahun datang dibawa ibunya dengan keluhan tidak mau makan. iga gambang. Anemia defisiensi asam folat D. Anemia defisiensi Fe B.

Terapi yang diberikan ? A. Epilepsi mioklonik D. TB 49 cm. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus ini ? A. tinjanya terlihat seperti berminyak. Anak laki laki 5 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sering BAB disertai lendir dan berbau sangat busuk sejak 5 hari yang lau. Ankilostomiasis D. Feses berwarna cokelat dan banyak. Kriopresipitate . Pada pemeriksaan fisik telur dengan duri rudimenter. Bayi berusia 2 hari dibawa ke RS dengan keluhan BAB 1 x berdarah dan muntah darah berwarna merah segar. Menurut pengakuan ibunya. Anak perempuan 7 tahun dibawa dengan keluhan sering melamun di kelas. Amubiasis C. BB normal. Keluhan disertai nyeri pada perut. Apakah patogen penyebab diare pada anak tersebut? A. Epilepsi tonik klonik B. namun tidak disertai darah. Taeniasis B. Strongiloidiasis 14. Diagnosis yang tepat adalah : A. Asam traneksamat B. K D. Anak usia 5 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan mencret. C C. Schistosomiasis E. Epilepsi tonik 13. Giardiasis B. Vit. Ascariasis D. Serangan melamun terjadi tiba tiba selama 15 detik disertai mata berkedip kedip. Pada pemeriksaan fisik ditemukan petekie (+).12. Vit. Balantidiasis E. Setelah selesai serangan pasien langsung kembali beraktivitas seakan tidak terjadi apa apa. Ascarias C. Absense umum C. Riwayat persalinan ditolong dukun. Enterobiasis 15. Pada pemeriksaan fisik didapatkan anak tampak sakit sedang. afebris. demam dan sakit perut. Absence atipikal E.

Encephalitis 19. Menurut orang tuanya. Taenia saginata 17. Intubasi endotrakeal B. Bayi 7 bulan diantar oleh ibunya dengan keluhan kejang. Trichuris trichiura C. Sesampai di RS. Fenobarbital iv C. Kejang demam E. Epilepsy C. Diberikan diazepam IV 2 kali tetapi tetap kejang. setelah itu sadar. Tetanus D. opintotonus. Dari pemeriksaan didapatkan trismus 1 cm. Riwayat tertusuk bambu 2 minggu yang lalu dengan tusukan yang tidak dibersihkan. Penanganan yang paling tepat dilakukan ? A. Meningitis B. Bagaimana pemberian vitamin A yang benar pada kasus ini ? A. pasien sulit berkonsentrasi. Kejang kelojoran. Carbocrome 16. Ascaris lumricoides B. pasien kejang lagi. 5 hari yang lalu anak susah diberi makan. Midazolam iv 18. nafsu makan dan BB turun. Ibu pasien ingin meminta vitamin A pada anaknya tersebuit. dan perut keras saat ditekan. Seorang anak dibawa ibunya dengan keluhan lumpuh otot yang dirasakan sejak 2 hari yang lalu. Diagnosisnya? A.000 IU . mata mendelik ke atas. Terdapat riwayat keluar cacing 20 cm berwarna putih kekuningan dari anus. Apa parasit penyebab tersebut? A. Anak 4 tahun dibawa oleh ibunya ke puskesmas dengan keluhan kurang gizi . Anak laki laki 5 tahun datang dengan keluhan diare disertai lendir dan darah. E. Oxyuris vermicularis D. berlangsung sekitar 5 menit. Infus RL 2 line D. Dari hapuran feses didapatkan telur bulat dinding tebal bergelombang warna kuning kecoklatan. Vitamin A 50. Phenitoin iv 10 mg/BB E. Ancylostoma duodenale E. Lumpuh otot dirasakan saat disentuh dan anak merasa kesakitan dan menangis.

Pda pemeriksaan fisik ditemukan konjungtiva anemis. Mikroorganisme penyebab pada kasus ini adalah : A.000 IU E. Ethosuximide C. Vitamin A 200. Diagnosis yang paling tepat adalah : A. anak sering menatap papan tulis dengan pandangan kosong selama beberapa detik kemudian menulis seperti tidak terjadi apa apa. Vitamin A 300. tubuhnya bergerak gerak.000 IU D. Menurut gurunya. Trichuris thriciura 21. Primary general tonic seizure D. Ancylostoma duodenale E.000 IU C. Seorang anak 7 tahun datang dengan kejang seluruh tubuh. Awalnya setelah kejang. Anak laki laki 7 tahun datang bersama ibunya ke praktek dokter dengan keluhan anak sering melamun di sekolah. Primary idiopathic seizure . lemas dan suka mengantuk di kelas. Primary general tonic clonic seizure B. Fenitoin E. Primary general clonic seizure E. Secoundary general atonic seizure C. Vitamin A 100. pitting edema +/+ di ekstremitas. Dari anamnesis diketahui kakak perempuan pasien juga pernah mengalami hal serupa. B. Terapi pilihan utama untuk diberikan pada anak ini adalah : A. Carbamazepin B. Ascaris lumbricoides C. Fenobarbital 22. Giardia lamblia B. Keluhan ini sudah dialami sejak 3 bulan yang lalu sehingga menganggu prestasi anak di sekolah. Enterobius vermicularis D. kadar Hb 7.000 IU 20. Gabapentin D. tubuhnya tidak bergerak kemudian makin lama setelah kejang. Vitamin A 400.1 gr/dL dengan eritrosit mikrositik hipokrom. Anak laki laki 12 tahun dibawa orangtuanya ke puskesmas dengan keluhan nyeri perut.

Kejang demam kompleks E. Keluhan kejang diawali dengan panas tinggi selam 1 hari. Meningitis E. Diketahui 1 hari sebelumnya anak mengalami demam. Kejang berkisar 10 menit yang lalu dengan durasi kurang lebih 1 jam. Luminal 10 mg/kgBB B. Bayi ini baru pertama kali mengalami kejang.Pada pemeriksaan ditemukan konjungtiva anemis dan pemeriksaan tinja didapatkan telur parasit dinding 3 lapis berisi ovum. kejang seluruh tubuh. Epilepsi B. sebelum kejang anak mengalami demam. Anak 3 tahun dibawa keluarganya dengan keluhan kejang yang berlangsung selama 1 jam sebelumnya. Oxyuriasis 24. Bayi 18 bulan diabwa ibunya dengan keluhan kejang.23. secara tiba tiba pada seluruh tubuh. kejang tidak berulang. Ascariasis D. Anak laki laki 10 tahun dibawa ke tempat praktek dengan keluhan cepat lelah dan sering mengatuk di dalam kelas. Thricuris E.Terapi pada bayi bila terjadi kejang lagi adalah : A. Ensefalitis 26. Diagnosis yang paling mungkin adalah : A. Anak usia 2 tahun dibawa ke UGD RS karena kejang. Ancylostoma B. Luminal 5 mg/kgBB . Kejang demam sederhana B. Diazepam iv 10 mg/kgBB C. dan setelah kejang bayi sadar kembali. Kejang demam simpleks C. Kejang demam kompleks C. Parasit yang dimaksud adalah : A. Kejang demam fokal 25. Anak tidak memiliki riwayat kejang sebelumnya. Necator C. Pemeriksaan klinis tidak ada kelainan. Epilepsi D. Diagnosisnya adalah : A. Dalam observasi anak tidak pernah lagi kejaang. Kejang demam parsial D.

Makrofag D. baggypant (+) serta teraba hepar 3 cm dibawah arcus costa. Anak laki laki 5 tahun perut membesar beberapa bulan. Anak menderita kejang demam dan sedang mendapatkan pengobatan rumatan. Basofil B. Eosinofil C. Berapa lamakah pengobatan dilakukan pada pasien ini? A. Apakah diagnosis pada anak ini? A. Diazepam per rektal 10 mg 27. Tidak ada demam dan nyeri perut. KEP I B. rambut kering dan mudah patah.difficille E. C. Komponen darah yang mungkin meningkat? A.bibir mencucu. 1 tahun bebas kejang dan diganti dengan paracetamol 28. lemah dan pucat.coli 30. KEP II C. badan juga kaku dan melengkung. udem tidak dijumpai.Datang dibawa oleh ibunya dengan keluhan tidak dapat minum ASI. Suka bermain tanah. BAB keluar cacing 2 hari yang lalu. Marasmus kwarshiorkor E. Neurofil E.Tetani B. C. Anak laki laki usia 1 tahun. E. 1 tahun bebas kejang dan dihentikan bertahap selama 1-2 bulan D. 2 tahun dan dihentikan secara bertahap selama 1 tahun B. Pasien tampak kurus. D.botulinum C. C. 2 tahun bebas kejang dan dihentikan selama 1tahun E. tampak badan kurus. Diazepam oral 5 mg/kgBB E. Marasmus D. Organisme apa yang menyebabkan keadaan ini ? A.perfringens D. Limfosit 29. Kwarshiorkor . C. Bayi 6 bulan. 1 tahun dan langsung di stop C. imunisasi tidak lengkap.