You are on page 1of 33

I. PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran,
penelitian dan pengembangan, dan pengabdian masyarakat, maka pengembangan
penelitian dipandang sangat penting untuk memajukan kualitas pendidikan dan
ilmu pengetahuan secara umum di Asia Tenggara. Mahasiswa sebagai generasi
penerus utama kemajuan bangsa, khususnya wilayah Asia Tenggara, perlu untuk
terus mengembangkan penelitian. Dari penelitian tersebut, maka kemampuan
Sumber Daya Manusia dapat terus terasah untuk selalu mencari inovasi-inovasi
baru dalam bidang ilmu pengetahuan. Melalui penelitian ini juga, kasta Asia
Tenggara dalam pengembangan IPTEK dunia akan meningkat. Pada akhirnya, Asia
Tenggara akan mampu bersaing dengan negara-negara maju di dunia.
Penelitian merupakan suatu media untuk menyalurkan pemikiran-
pemikiran baru dalam bidang ilmu pengetahuan bagi mahasiswa. Namun, pada
umumnya penelitian-penelitian yang ada di Asia tenggara dinilai masih kurang
inovatif sehingga penelitian-penelitian yang sudah ada cenderung kurang
bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Berdasarkan kenyataan ini,
diperlukan suatu program untuk meningkatkan kualitas penelitian di Asia Tenggara
sehingga dapat memunculkan karya penelitian yang inovatif dan bermanfaat bagi
masyarakat Asia Tenggara.
Melihat realita tersebut, maka Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas
Diponegoro bekerja sama dengan Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik
Kimia Indonesia (BKKMTKI) menyelenggarakan sebuah lomba penelitian bagi
mahasiswa Teknik Kimia di kawasan Asia Tenggara. Chemical Engineering
Research Competition (CERCo) 2017 ini diharapkan dapat memacu
perkembangan penelitian dari mahasiswa, terutama dalam bidang Teknik Kimia.
Kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap perkembangan IPTEK di
Asia Tenggara. Tema yang diangkat adalah Research and Technology for Sustainable
Development Goals.

Dari tema tersebut, diharapkan agar aplikasi bidang-bidang ilmu Teknik
Kimia dapat diterapkan di masyarakat, antara lain dalam pengembangan UKM.
Semoga lomba ini dapat membentuk kultur baru di kalangan mahasiswa Teknik
Kimia di Asia Tenggara.

I.2 Maksud dan Tujuan Kegiatan
Chemical Engineering Research Competition bertujuan untuk :
1. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
2. Menambah pengetahuan dalam pelaksanaan penelitian secara umum.
3. Meningkatkan kemampuan untuk menciptakan penelitian yang inovatif dan
bermanfaat.
4. Mengembangkan budaya penelitian di kalangan mahasiswa.
5. Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjiwa peneliti dan
berkualitas serta bermanfaat bagi perkembangan IPTEK di Asia Tenggara.

3 Bidang Ilmu yang Dilombakan Full paper yang diikutsertakan harus mengacu pada tema yaitu Research and Technology for Sustainable Development Goals. Expo Club Ilmiah d. Peserta bisa perorangan atau kelompok dengan maksimal 3 (tiga) orang tiap kelompoknya. Lomba Poster II. 4. Peserta harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif diploma atau S-1 di Perguruan Tinggi dan sederajat. Seminar Nasional  Kegiatan pendukung 1. Dan lain-lain 2. Peserta masih berstatus mahasiswa pada saat presentasi grand final. 2. Expo Sponsor b.2 Bentuk Kegiatan Kegiatan ini merupakan lomba penelitian mahasiswa Teknik Kimia dalam bentuk acara :  Kegiatan utama 1. II.4 Persyaratan Peserta CERCo 1. 3. Expo a. Expo Finalis c.1 Nama Kegiatan Chemical Engineering Research Competition (CERCo) 2017 II. Presentasi Full Paper 2. II. Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda dalam satu perguruan tinggi dengan syarat minimal salah satu anggotanya . PENJELASAN UMUM II.

5 Ketentuan Lomba CERCo 1.id 7. 8. yaitu :  Jumlah anggota sesuai ketentuan  Kesesuaian Full paper dengan topik yang telah ditentukan  Kesesuaian deadline (pengumpulan proposal tidak melewati batas waktu) 6. dari jurusan Teknik Kimia dengan bukti melampirkan fotocopy KTM. Kemudian dicompress jadikan satu dalam bentuk file zip/rar dengan format nama file CERCo_Tahap 1_Judul Karya Ilmiah_Nama Ketua Kelompok_Nama Perguruan Tinggi dikirim . Segala bentuk pelanggaran dan plagiarisme akan diberikan sanksi yang tegas berupa diskualifikasi dari keikutsertaan kompetisi.ac. Peserta mengunggah abstrak berbahasa Inggris (dalam format pdf).undip. formulir pendaaftaran dan scan Kartu Tanda Mahasiswa (dalam format jpg/jpeg). Peserta wajib melakukan registrasi dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh melalui website creation. Peserta yang terdaftar tidak boleh digantikan dengan peserta lain mulai dari tahap penyisihan abstrak sampai tahap terakhir. 7. Hasil karya wajib mengikuti tema yang telah ditentukan 3. Setiap institusi pendidikan dapat mengajukan lebih dari satu naskah penelitian 4. II. Naskah penelitian merupakan hasil karya sendiri. 6. peserta harus memenuhi egibility criteria. 2. Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan. Setiap tim didampingi oleh 1 dosen pembimbing dari institusi pendidikan yang sama dengan melampirkan biodata dari dosen pembimbing apabila lolos pada tahap Full paper. Peserta hanya boleh menjadi ketua di satu tim 5. 5. Peserta bukan dari panitia CERCo/Creation. Sebelum diseleksi.

Soedarto. 8030293101 Bank BCA Semarang UNDIP a.undip.undip. d. dan Biodata dosen pembimbing dengan format pdf e.id 8.Rek. Pas foto formal masing-masing anggota dengan format jpg atau jpeg. SH Tembalang . Pada tahap ini peserta diminta mengirimkan fullpaper dan wajib membayar biaya registrasi sebesar Rp250. b.id 11. H.000. Lembar Orisinilitas Karya. Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi abstrak berhak melanjutkan ke tahap tahap seleksi full paper. Semua file dalam bentuk softcopy dijadikan satu file dalam bentuk rar/zip dengan format CERCo_Tahap 2_Judul Karya Ilmiah_Nama Ketua Kelompok_Nama Perguruan Tinggi dikirim ke email creationundip@che. Halaman Pengesahan. peserta diwajibkan untuk melakukan konfirmasi melalui via SMS dengan format CERCo_Nama ketua Kelompok_Nama Perguruan Tinggi_Judul Paper_Waktu Pembayaran ke nomor +6287880638035 (Zidan) atau +6285649763969 (Siti) 10. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota dengan format jpg/jpeg.n. Dwi Anggraeni 9.00/tim ke nomor rekening berikut : No. Full paper yang dikirim dalam bentuk softcopy juga harus menyertakan dokumen-dokumen sebagai berikut: a. Universitas Diponegoro Jalan Prof. Scan/foto Bukti pembayaran dengan format jpg atau jpeg c. ke email creationundip@che. terdiri dari 1 naskah asli dan 2 fotocopy via pos paling lambat diterima tanggal 20 Agustus 2017 ( cap pos ) Kepada: Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Fakultas Teknik.ac. Mengirimkan hardcopy rangkap 3 (Berbahasa Inggris). Setelah melakukan pembayaran.ac.

Naskah dijilid dengan warna sampul hijau. 18.undip. Naskah penilitian pemenang akan disimpan panitia sebagai arsip lomba.ac. full paper tersebut akan diseleksi oleh juri dan dipilih 6 finalis 14. 15. Semarang Kode Pos : 50275 12.id pada tanggal 1 Oktober 2017. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. 13. 16. Pengumuman finalis dapat diakses melalui creation. Para finalis diharuskan membawa hasil penelitiannya dan mempresentasikan isi penelitian tersebut dihadapan dewan juri pada saat grand final. Setelah pengumpulan full paper yang dilombakan. . Naskah hasil penelitian dijamin kerahasiaannya oleh panitia. 17.

29 September 2017  Pengumuman Finalis : 1 Oktober 2017 .25 Juni 2017  Seleksi Tahap I : 25 Juni .15 Juli 2017  Pengumuman lolos seleksi abstrak : 16 Juli 2017  Penerimaan Full paper bagi yang :17 Juli-20 Agustus 2017 lolos abstrak dan pembayaran  Seleksi Tahap II :20 Agustus .II.6 Proses Seleksi CERCo PENGIRIMAN ABSTRAK CERCo SELEKSI ADMINISTRASI DAN TIDAK ABSTRAK LOLOS LOLOS PENGIRIMAN FULL PAPER SELEKSI NASKAH CERCo TIDAK LOLOS LOLOS PRESENTASI NASKAH CERCO PENENTUAN PEMENANG LOMBA  Registrasi dan pengumpulan abstrak : 8 Mei.

Melakukan registrasi dengan mengisi formulir yang dapat diunduh melalui website creation. 2. 9 Ketentuan Lomba Poster Nasional A. II. S. Persyaratan Pendaftaran 1. diharapkan seluruh anggota tim hadir dan memakai almamater. Persyaratan Peserta 1. Keenam finalis mempresentasikan penelitiannya (persentasi dalam bahasa Inggris).id 2.H II. Finalis wajib menampilkan prototype karyanya.7 Pembimbing Setiap judul yang diajukan harus mendapat bimbingan dari seorang dosen pembimbing. Soedarto. Tidak dibatasi pengiriman kelompok/peserta setiap sekolah/instansinya 4.30 WIB bertempat di gedung Prof. 1 (hasil scan Kartu Pelajar atau KTM semua anggota . Peserta melampirkan bukti yang mendukung ketentuan persyaratan peserta no.8 Ketentuan Grand Final 1.ac. Pada saat grand final. 5.undip. 3. 4. Finalis dan peserta CERCo UNDIP wajib menghadiri grand final pada tanggal 4 November 2017 mulai pukul 07.  Technical meeting+ Gala dinner + culture trip : 3 November 2017  Expo. Peserta lomba poster adalah Siswa SMA/SMK/MAN/Sederajat atau Mahasiswa aktif jenjang S1/Diploma se-Indonesia 2. Setiap kelompok/peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 karya B. Peserta dapat berupa perorangan atau kelompok dengan anggota maksimal 2 orang dari sekolah atau institusi yang sama 3. Finalis diharapkan membawa poster untuk ditampilkan ketika Expo. Grand Final dan Pengumuman Pemenang : 4 November 2017 II.

8030293101 Bank BCA Semarang UNDIP a. Mengumpulkan pas foto 3x4 4.undip.Rek. Peserta bersedia mengikuti setiap peraturan yang telah ditentukan oleh panitia C. Sistem Pembayaran 1.00/karya 5.00 ke nomor rekening : No.undip. kelompok). Seluruh berkas persyaratan pendaftaran dapat dikirim via email dalam bentuk . 7.n.000.ac. Peserta yang tidak melengkapi persyaratan pendaftaran sesuai waktu yang ditentukan maka peserta dianggap gugur. Setelah melakukan pendaftaran. peserta diwajibkan untuk melakukan konfirmasi melalui via SMS dengan format Lomba Poster_Nama Ketua Kelompok_Asal Sekolah/Instansi_Judul Poster_Jam Pembayaran ke +62 87880638035 (Zidan) atau +62 85649763969 (Siti) D.id dengan subject Pendaftaran POSTER COMPETITION (CREATION UNDIP) paling lambat diterima tanggal 20 September 2017 9. peserta mengirimkan poster dengan format LOMBA POSTER_NAMA KETUA KELOMPOK_ASAL SEKOLAH/INSTANSI_JUDUL POSTER ke creationundip@che. 3. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp50. Menyertakan scan bukti pembayaran 6. Setelah melakukan pembayaran.id dengan subject Lomba POSTER Nasional (CREATION UNDIP) 8. Tema/sub-tema poster serupa dengan tema/sub-tema CERCo . Registrasi dilakukan dengan melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp50. Ketentuan Lomba 1.rar dengan format nama file : PERSYARATAN PENDAFTARAN LOMBA POSTER NASIONAL_NAMA KETUA KELOMPOK_ASAL SEKOLAH/INSTANSI_JUDUL POSTER ke creationundip@che.ac.000. Dwi Anggraeni 2.

id 8. Poster yang dibuat merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dilombakan ataupun dipublikasikan dalam lomba sejenis 4. Tidak mengandung unsur SARA 6. 12. Ukuran kertas A3 9. Poster dikumpulkan dalam bentuk file digital [jpg. Peserta wajib menyertakan logo CERCo dan CREATION yang dapat diunduh di website creation. dan resolusi gambar tidak dibatasi. Format file JPG/JPEG/PNG 10.ac. Poster harus sesuai dengan tema yang ditentukan 3.undip. 11. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Pengumuman juara : 31 Oktober . Penilaian : 21 September – 29 Oktober 4. 15. jpeg. png] dengan ukuran file maksimal 5 MB (Mega Byte) 13. font . Penilaian poster 50% dari juri dan 50% dari jumlah like poster yang terhitung sejak poster dipublikasikan di line sampai 30 Oktober 2017. Pemilihan warna. Poster dbuat sekreatif mungkin 7. Poster yang diunggah peserta akan dipublikasikan oleh panitia pada akun line pada 24 Oktober 2017 14. Tools atau software untuk membuat poster tidak dibatasi. namun poster harus jelas terbaca dan dapat dipahami isinya. Timeline Acara 1. juara 2 dan juara favorit) yang diumumkan pada 31 Oktober 2017 16. E. Tidak mengambil dari sumber manapun (tidak mengandung plagiarisme) 5. Dari lomba poster akan diambil 3 poster terbaik (juara 1. Pendaftaran : 15 Agustus – 5 September 2. Pengumpulan karya : 6 September – 20 September 3. 2.

3. Pada dasarnya hasil karya memuat unsur-unsur identifikasi masalah. 2. Sistematis a.2 Sistematika Naskah Lomba Penelitian Mahasiswa Teknik Kimia Sistematika penulisan naskah full paper mahasiswa sebagai berikut ini: a. Halaman judul Halaman judul menyajikan: logo perguruan tinggi. Tulisan didukung oleh data atau informasi terpercaya b. Bersifat asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasikan c. Kreatif dan inovatif Karya berisi gagasan atau ide kreatif dan inovatif yang mensolusikanatau mengantisipasi suatu permasalahan yang telah. tulisan Chemical Engineering Research Competition 2017. kesimpulan dan rekomendasi III. 4. Tiap langkah penulisan karya dirancang secara sistematis dan runtut d. Solusi yang dikemukakan hendaknya memiliki landasan teori yang jelas dan realistis untuk diaplikasikan. KETENTUAN PENULISAN III. bulan dan tahun. nama perguruan tinggi. nama penulis. sedang atau diduga berkembang di masyarakat. Kritis Karya berisi telaah kritis terhadap suatu permalahan dan isu mutakhir (current issues) atau aktual yang didukung oleh argumentasi ilmiah. Aplikatif Karya yang diikutsertakan dapat diaplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat dan khalayak umum. III. b. judul. Kreatif dan inovatif dalam arti. analisis-sintesis yang menghasilkan solusi masalah. kota.1 Sifat dan Isi Karya Sifat dan isi karya harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1. Abstrak . karya berisi hal yang baru dan belum pernah ada.

Biodata dosen pembimbing. f. j. Bab II Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian. ketajaman analisis dan sintesis data. sistematika penulisan. h. manfaat penulisan. manfaat. k. Abstrak berisi uraian singkat penelitian yang meliputi: latar belakang. Kata Pengantar d. Daftar Pustaka Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah. dan Lampiran lain jika diperlukan. tujuan. analisis informasi dan atau data. c. Lampiran-lampiran Lampiran-Lampiran terdiri atas :Halaman pengesahan. tujuan penulisan. serta merumuskan saran. sumber penulisan. atau sumber-sumber lainnya. Biodata peserta. maksimal 300 kata. Fotokopi Kartu Mahasiswa/KTM yang masih berlaku. Daftar Isi e. Misal: Daftar Tabel. hasil dan saran yang direkomendasikan. Abstrak ditulis 1 spasi. . buku. penarikan kesimpulan. dll). i. g. Lembar orisinilitas karya. Bab III Metode Penelitian Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data. sasaran penulisan. Bab I Pendahuluan Pendahuluan berisi: latar belakang. perbandingan hasil dengan hipotesis atau hasil sejenis sebelumnya. Daftar Gambar. tahapan penulisan. Daftar lain (Jika ada.Metode penulisan dapat mencakup: pendekatan penulisan. metode penulisan. Daftar Grafik. proses/teknik pengolahan data. Bab IV Hasil dan Penelitian Kumpulan dan kejelasan penampilan data. rumusan masalah.

3.seperti preposisi (“di”. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul. “yang”. Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal). dimulai dari sebelah kiri. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris. jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri. 5. artinya tidak ada penomoran Bab dan Sub-bab. 9. seperti preposisi (“di”. Naskah diketik 1 (satu) spasi pada kertas berukuran A4 dengan font 12. “untuk”. Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal)dimulai dari sebelah kiri tanpa digarisbawahi. “sejak”. kata sambung (“dan”. Times New Roman. “setelah”. “ke”. halaman pengesahan serta kata pengantar apabila ada.5 spasi. 7. ii.3 Petunjuk Teknis Penulisan dan Pengetikan 1. “dari”. 8. kata sambung (“dan”.huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital). “karena”). “atau”. Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 3 spasi antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halaman baru). Jarak pengetikan antara Bab dan Subbab 2. kecuali kata-kata tugas. 3 cm dari samping kanan.III.5 spasi. diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i. “antara”. “dengan”). “ke”. Abstrak dan Daftar Pustaka diketik 1 spasi. nama/daftar anggota kelompok. “antara”. “sejak”. Judul Anak Subbab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri. Khusus abstrak ditulis menggunakan font styleitalic (cetak miring). Judul artikel diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digaris bawahi. 10. 3 cm dari batas atas. Nama-nama penulis beserta alamat institusinya diketik tepat di bawah judul artikel dengan jarak 1. “karena”). 4. 6. “dengan”). “setelah”. dan seterusnya). . “pada”. “tentang”. antara Subbab dan kalimat dibawahnya 2 spasi. “atau”. “yang”.huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital). “untuk”. dan 3 cm dari batas bawah. “dari”. 2. “pada”. Cara penulisan Bab dan Subbab tidak menggunakan sistem numeral. “tentang”. kecuali kata- kata tugas.

Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah.5 cm dari tepi atas.11. 12. 13. . Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab. Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah.

III... .(member’s name)............(leader’s name)........ Member : .4 Sampul/Cover depan Naskah CERCo Sampul/Cover depan naskah CERCo dibuat sebagai berikut UNIVERSITY LOGO Chemical Engineering Research Competition 2017 ……………… CERCo’s Title……………… Suggested by : Leader : ..( NIM / Batch). .........(member’s name).......( NIM / Batch)........ .( NIM / Batch). UNIVERSITY NAME CITY YEAR UNIVERSITY NAME CITY .. ...........

E-mail : ……………………………………….III.. Address/Phone Number/Fax : ……………………………………….………. Recognized: Maid / Vice Chancellor for Student Affairs / Polytechnic Director / Director of the Academy / Chairman of the College. University/Institution : ………………………………………. NIP : ………………………………………. Phone Number : ……………………………………….…….. or the competent authority at the institutional level …….. c. …. b.. e. Validation Date .. …………………. Group leader ………………………….5 Halaman Pengesahan CERCo VALIDATION PAGE CHEMICAL ENGINEERING RESEARCH COMPETITION 1. Full Name : ………………………………………. Full Name and Title : ………………………………………. 3. Address : ………………………………………. NIP ……………. d.. Group Leader a. Major/Faculty : …………. ………………………………… NIP. Title : ………………………………………. Group Member : ………………………………(person) 4. b. f.. c..…………………………….. d..…………. 2. Approved: Academic Consultant. Academic Consultant a. …………………………. Student ID Number.…………………….………………… City. Student ID Number (NIM) : ……………………………………….

TITLE GROUP LEADER. bbb.III.6 Abstrak Abstrak dibuat sebagai berikut ini. City Abstract xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Keywords:Aaaaa. University Xxx. MEMBER Academic consultant : XXX Major Xxx. cc . Faculty Xxx.

........... Which include Chemical Engineering Research Competition (CERCo) 2017 is our paper and never being include in other competition.......................III...................................................................... If there’s a mistake I am willing to be eliminated..... By this declare that the title : ...........……………………………………………………………… .............. Made on :……....................2017 Best Regards......................... Group leader (materaiIDR6000...........................................................7 Format Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya ORIGINALITY PAGE Signed by : Group Leader : ……………………………..........) .............. At : ........... Address : …………………………….. Student ID Number : ……………………………............................ University : ……………………………................. Thereby this originality page is made............................- /legally) (...

.............. d...................... h............. Award : ........................... e.............. I should accept the sanctio ns ........... ... ................................................... (City.............. Phone Number : ................................................................... Thereby I created this biographical data to fulfill the requirements of Chemical Engi neering Research Competition.........III....................8 Biodata Dosen Pembimbing/Peserta ACADEMIC CONSULTANT/PARTICIPANTS IDENTITY CHEMICAL ENGINEERING RESEARCH COMPETITION A...................................... g..................................... Full Name (with title) : .......................................................................... Date) Academic consultant / Participants Full Name .................................. f........................... Birth date and place : ......................... Major/Faculty : ............. Student ID Number (NIM) : ............................... Research Publication : ..................................................................................................................................................... If later on it turned out to be found different with reality.............. ......................... Address : ................................... b................................... i.... All the data I input and biographical data contained is correct and legally defensi ble ...... c......... Identity : a................................. .................... E-mail : ..........................

6. selanjutnya peserta yang lolos abstrak diwajibkan untuk mengirim naskah karya tulis 2. tata letak. Kriteria penilaian naskah Chemical Engineering Research Competition(CERCo) mencakup aspek: No Kriteria Penilaian Parameter Penilaian  Tata tulis: ukuran kertas. Selanjutnya penilaian tahap pra lolos abstrak terdiri atas dua aspek: 1) Naskah karya tulis 2) Presentasi karya tulis. Naskah yang diterima sesuai batas waktu yang telah ditentukan akan diseleksi dan ditetapkan untuk dipresentasikan di hadapan Tim Juri. 5. 1 Format Karya Tulis  Penyajian: sistematika tulisan. 3.1 Kriteria Penilaian Kriteria penilaian Chemical Engineering Research Competition (CERCo) yaitu sebagai berikut ini: 1. ketepatan dan kejelasan ungkapan Kreativitas dan Inovatif  Relevansi topik dengan tema 2 Topik/Gagasan  Keunikan dan Keaktualitasan  Nilai tambah keilmuwan Kebermanfaatan/Kontribusi 3  Nilai tambah kerjasama/pragmatis  Nilai tambah dalam pemecahan masalah . Tim Juri akan menetapkan pemenang berdasarkan hasil penilaian naskah dan presentasi karya tulis ilmiah. IV. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Panitia CERCo 4. KRITERIA DAN FORMAT PENILAIAN IV. Penilaian tahap awal yaitu tahap seleksi abstrak CERCo. kerapian ketik. ragam bahasa ilmiah. Peserta yang terseleksi akan diundang untuk mempresentasikan karya tulisnya di hadapan Tim Juri. jumlah halaman.

kesimpulan. pembangunan daerah  Relevansi data dan informasi yang diacu  Keakuratan dan integritas data dan 4 Data dan Sumber Informasi informasi  Kemampuan menghubungkan berbagai data dan informasi  Kemampuan menganalisis dan Pembahasan. mensintesis pembahasan serta 5 serta Transfer Gagasan merumuskan kesimpulan  Prediksi transfer gagasan dan proses adopsi .

2. Seleksi full paperCERCo 20 Agustus -29 September Tim Review 2017 6. yang lolos abstrak dan email pembayaran 5. Pengumuman lolos seleksi 16 Juli 2017 Website abstrak 4. No. Kegiatan Waktu Keterangan 1. Seleksi Abstrak 25 Juni . Registrasi dan pengumpulan 8 Mei . Penerimaan full paper bagi 17Juli-20Agustus 2017 Website.25 Juni 2017 Pendaftaran abstrak + Pengumpula n 2. Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan Program Chemical Engineering Research Competition (CERCo) tahun 2017 dijadwalkan sebagai berikut ini.IV.15 Juli 2017 Tim Review 3. Presentasi full paperCERCo 4 November 2017 Tim Review dan penentuan pemenang . Pengumuman finalis CERCo 1 Oktober 2017 Website dan email 7.

........... jumlah halaman... 10 Abstrak ragam bahasa ilmiah.. Format 1 ...................Relevansi data dan infrormasi 10 ...........Nilai tambah bagi 3 n/kontribusi kerjasama/pragmatis 20 ... kerapihan ketik. Kreativitas dan .............. Kriteria Parameter Penilaian Bobot Skor Nilai No Penilaian (%) .Relevansi topik dengan tema 2 inovatif . : ………..........Keunikan dan keaktualitasan 35 topik/gagasan .. Kriteria dan Format Penilaian FORMAT PENILAIAN ABSTRAK CERCo Perguruan Tinggi : ……………………………………………………………….... Anggota : ……………. Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………… 2........................3........Nilai tambah dalam pemecahan masalah pembangunan daerah 4 Data dan ......... ketepatan dan kejelasan ungkapan............Penyajian: sistematika tulisan.......Nilai tambah keilmuwan Kebermanfaata ......Tata tulis: ukuran kertas. tata letak.... Fakultas/Program Studi : ………………………………………………………………… Judul Karya Tulis : ………………………………………………………………… Tim Lomba : ………………………………………………………………… 1..................... IV...

. mensintesis pembahasan serta kesimpulan........ 3 (cukup)...... 4 (baik) dan 5 (sangat baik) Catatan Penilai : …………………………………………………………………………… . ......Keakuratan dan integritas data dan informasi ..Prediksi transfer gagasan dan gagasan proses adopsi JUMLAH 100 . sumber yang diacu informasi .. Setiap kriteria diberi skor : 1 (sangat kurang).... Penilai.. 5 merumuskan kesimpulan 25 serta transfer ..... Nilai = Bobot x skor *) Coret yang tidak perlu .………………………………………………………………......Kemampuan menganalisis dan Pembahasan.. 2 (kurang).Kemampuan menghubungkan berbagai data dan informasi .......

.Penyajian: sistematika tulisan........ Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………… 2.......Tata tulis: ukuran kertas..... : ……………………………………………………………….. ketepatan dan kejelasan ungkapan....Keunikan dan keaktualitasan Topik/Gagasan . FORMAT PENILAIAN FULL PAPERCERCo Perguruan Tinggi : ………………………………………………………………....... Kriteria Parameter Penilaian Bobot Skor Nilai No Penilaian (%) ............... 10 kerapihan ketik....... jumlah halaman.Relevansi topik dengan tema 35 2 Inovatif ..... Fakultas/Program Studi : ………………………………………………………………… Judul Karya Tulis : ………………………………………………………………… Tim Lomba : ………………………………………………………………… 1.................. : ……….... Tulis ragam bahasa ilmiah.Keakuratan dan integritas data ....................... Format Karya 1 ....Nilai tambah dalam pemecahan masalah pembangunan daerah Data dan .................. tata letak.....Nilai tambah keilmuwan 20 Kebermanfaata ..............Nilai tambah bagi 3 n/Kontribusi kerjasama/pragmatis ............ Kreativitas dan ........Relevansi data dan infrormsi 10 4 Sumber yang diacu Informasi .... Anggota : ……………..

. 2 (kurang).......... ..Prediksi transfer gagasan dan Gagasan proses adopsi JUMLAH 100 Catatan : .………………………………………………………………........Kemampuan menganalisis dan 25 Pembahasan.. 5 merumuskan kesimpulan serta Transfer . Penilai....... dan informasi .. Setiap kriteria diberi skor : 1 (sangat kurang).Kemampuan menghubungakan berbagai data dan informasi ..... 3 (cukup).. 4 (baik) dan 5 (sangat baik) Catatan Penilai : …………………………………………………………………………… .. mensintesis pembahasan serta Kesimpulan...... Nilai = Bobot x skor *) Coret yang tidak perlu ....

Estetika ...........Tingkat pemahaman gagasan Prototipe hasil .....Kebenaran dan ketepatan 40 jawaban ...Penampilan finalis ketika 10 4 Performance presentasi ...............Kontribusi Anggota Tim JUMLAH 100 ..Keterbukaan peserta dalam menjawab pertanyaan .....Penggunaan bahasa .........Cara presentasi (sikap) .. Butir yang dinilai Bobot Skor Nilai No Kriteria (%) .......... Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………… 2.. FORMAT PENILAIAN PRESENTASI CERCo Perguruan Tinggi : ………………………………………………………………...Sistematika penyajian dan isi 35 ....Penggunaan alat Teknik bantu/peraga 1 penyajian ....... Anggota : ……………...Fungsi 15 3 karya . Fakultas/Program Studi : ………………………………………………………………… Judul Karya Tulis : ………………………………………………………………… Tim Lomba : ………………………………………………………………… 1.Ketepatan waktu ...Cara menjawab 2 Penalaran ...

3 (cukup). ……………………………… .Catatan : . 4 (baik) dan 5 (sangat baik) ………………. 2 (kurang). ……………………………… Juri.Skor setiap kriteria : 1 (sangat kurang).

..... Nama Ketua Tim Lomba : ………………………………………………………………… 2.. Anggota : …………….................... Fakultas/Program Studi : ………………………………………………………………… Judul Karya Tulis : ………………………………………………………………… Tim Lomba : ………………………………………………………………… 1...... ……………………………… Juri. ………………………………………………… . Nilai Presentasi LKTIM (40%) NILAI TOTAL (100%) ………………........ Nilai Naskah Karya Tulis LKTIM (60 %) 2.... No......... FORMAT PENILAIAN AKHIR CERCo Perguruan Tinggi : ……………………………………………………………..... Kriteria Penilaian Nilai (KP) (N) 1..................

PENGHARGAAN 1. Juara II Lomba Poster : Uang tunai Rp1.000.00 + Souvenir Juara harapan : Sertifikat + Uang tunai Rp2.00 + Souvenir 3. Seluruh peserta yang mengirimkan full paper mendapatkan e-sertifikat 2.00 + Souvenir Juara II : Medali + Sertifikat + Uang tunai Rp7.00 .00 + gratis tiket seminar nasional 4.000.000.500.000.000.00 + gratis tiket seminar nasional 5.500. V. Juara Favorit : Uang tunai Rp500. Dari full paper yang masuk akan diseleksi dan dipilih enam finalis untuk masuk ke tahap grand final dan berhak memperebutkan : Juara I : Medali + Sertifikat + Uang tunai Rp10. Expo Terbaik : Uang tunai Rp500.000.000. Juara I Lomba Poster : Uang tunai Rp1.000.000.500.00 6.00 + Souvenir Juara III : Medali + Sertifikat + Uang tunai Rp5.000.000.

JADWAL ACARA Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Uraian No II III IV I II III IV I II III IV I II III IV I II III IV I II III IV I Kegiatan 1 Publikasi X x x x x x X x x x X x x X X kegiatan ke Perguruan Tinggi di Indonesia 2 Tahap X x x x x x Pendaftara n peserta CERCo dan pengumpul an abstrak 3 Tahap x x x X seleksi abstrak 4 Penguman X lolos abstrak 5 Tahap X x x pengumpul an Full Paper CERCo 6 Tahap x x X x x x X seleksi Full Paper CERCo 7 Pengumum X an 6 finalis 8 Undangan x x x x dan presentasi grand final 9 Persiapan x x x x grand final 10 Grand final X . VI.

undip.id karena dikhawatirkan akan terjadi perbaikan maupun revisi yang mendadak dari pihak panitia. LAYANAN INFORMASI Untuk informasi lebih lanjut. SH Komplek Undip Tembalang Semarang e-mail : creationundip@che. VII.id Fb : Creation undip Twitter : @CreationUNDIP Website : Creation.ac.ac.ac.id Contact person : Sigit Firman (089635808821) Dwi Sulistyanto (082324472346) NB : Demi menuju sempumanya format full paper para peserta CERCo diharapkan untuk aktif mengakses creation. . Prof.undip.undip. dapat menghubungi sekretariat CERCo 2017 : Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro JI. Soedharto.