You are on page 1of 5

ROADMAP TIM DEREGULASI PENANAMAN MODAL

PROVINSI JAWA TIMUR

No. Program Kegiatan Timeline Remarks

peningkatan kepastian Perubahan peraturan perundang-
hukum terkait undangan sektoral dalam rangka
penanaman modal penyederhanaan perizinan dan
nonperizinan terkait dengan
penanaman modal baik jangka waktu
lama proses maupun jenis perizinan
dan nonperizinan yang diterbitkan oleh
Kementerian/Lembaga Pemerintah Non
Kementerian

Penyusunan peraturan perundang-
undangan terkait dengan penetapan
standar prosedur dan waktu
pengurusan perizinan dan nonperizinan
penanaman modal yang akan menjadi
payung hukum bagi semua pemerintah
daerah untuk mengoptimalkan
implementasi Pelayanan Terpadu Satu
Pintu (PTSP)

Pembenahan peraturan perundang-
undangan yang mengatur mengenai
pemberian insentif fiskal dan nonfiskal,
terutama bagi: (i) investor yang
berpartisipasi dalam pembangunan

infrastruktur energi nasional. serta (iv) investasi sektor minyak dan gas. dan laut dalam Melakukan review secara berkala terhadap Peraturan Presiden Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal agar lebih menarik bagi investor dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta kesepakatan internasional yang baru peningkatan layanan Penyusunan Rancangan Perda sebagai penanaman modal dasar hukum pengaturan pelimpahan kewenangan perizinan dan nonperizinan terkait dengan penanaman modal dari Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian . dengan mempertimbangkan aspek kesulitan geologi dan mendorong peningkatan produktivitas sumur-sumur tua. (iii) investor dalam negeri yang mengembangkan industri pengolahan bahan tambang dalam negeri. (ii) investor yang mengembangkan industri yang dapat menghasilkan bahan baku atau barang modal sederhana. eksplorasi daerah baru.

Harmonisasi dan sinkronisasi peraturan perizinan dan nonperizinan di pusat dan daerah untuk memberikan kepastian hukum kepada investor dan mendorong perbaikan iklim penanaman modal yang lebih kondusif Mendorong penyusunan Peraturan Kepala Daerah dalam rangka percepatan pemberian perizinan dan nonperizinan terkait dengan penanaman modal Mendorong penyusunan Peraturan Kepala Daerah mengenai pelimpahan/pendelegasian wewenang yang belum dilimpahkan/didelegasikan oleh Kepala Daerah kepada Kepala DPMPTSP Peningkatan deregulasi kebijakan penanaman modal Perumusan kebijakan dalam rangka perbaikan iklim penanaman modal dan kemudahan berusaha . Penyusunan Rancangan Perda terkait peta jalan harmonisasi regulasi untuk percepatan investasi.

dan . Penyelenggaraan evaluasi atas kebijakan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah Pemetaan kebijakan iklim investasi negara-negara pesaing Peningkatan kapasitas kelembagaan Tim Penyelenggaraan administrasi kelembagaan Deregulasi Penyelenggaraan perawatan sarana dan prasarana kerja Pengelolaan data dan informasi deregulasi penanaman modal Pengembangan database dan informasi deregulasi penanaman modal yang terintegrasi untuk mendukung pelayanan. pemantauan. Perumusan rekomendasi regulasi sektoral Penyelenggaraan sosialisasi kebijakan penanaman modal di dalam negeri Penyelenggaraan sosialisasi kebijakan penanaman modal di luar negeri .

perencanaan deregulasi penanaman modal Penyajian data dan informasi deregulasi penanaman modal Pengembangan sumber daya manusia Penyelenggaraan diklat teknis bagi tim deregulasi .