You are on page 1of 31

PENYUSUNAN MENU

RUMAH SAKIT UMUM
No Dokumen Revisike Halaman
“ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1
JL .RE Martadinata No 1
KertawangunanSindangagung
Kuningan
Ditetapkan
DirekturRumahSakitUmum
STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center
OPERASIONAL 1 Maret 2015

dr Toto TaufikurohmanKosim
KMC. 1010.03.02.003
1. PENGERTIAN Penyusunan menu adalah proses perencanaan pembuatan
menu makanan pasien rumah sakit
2. TUJUAN Tersedianyasiklus menu makanan pasien rumah sakit
3. REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit
4. PROSEDUR Penyusunan Menu
1. Menu disusun oleh tim menu
2. Menu disusun untuk 10 hari
3. Masa berlaku menu selama 6 bulan
5. UNIT TERKAIT Instalasi Gizi
6. DOKUMEN TERKAIT Daftar Menu

PENANGANAN KECELAKAAN KERJA

RUMAH SAKIT UMUM
No Dokumen Revisike Halaman
“ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1
JL .RE Martadinata No 1
KertawangunanSindangagung
Kuningan
Ditetapkan
DirekturRumahSakitUmum
STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center
OPERASIONAL 1 Maret 2015

dr Toto TaufikurohmanKosim
KMC. 1010.03.02.003
1. PENGERTIAN Penanganan kecelakaan kerja adalah upaya menanggulangi
kecelakaan yang terjadi akibat kerja
2. TUJUAN Untuk meminimalkan resiko akibat kerja
3. REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit
4. PROSEDUR Penanganan kecelakaan kerja
1. Membuat kronologis kejadian kecelakaan kerja
2. Melaporkan kejadian kecelakaan kerja melalui Kasi
Penunjang Medis Dan Ka Bid Pelayanan Medis
3. Mengevaluasi kejadian kecelakaan akibat kerja
4. Menindaklanjuti kejadian kecelakaan agar tidak
terulang kembali kecelakaan akibat kerja
5. UNIT TERKAIT 1. Instalasi Gizi
2. Instalasi K3 RS
3. Bidang Pelayanan
4. Instalasi Gawat Darurat
6. DOKUMEN TERKAIT Laporan Kronologis kejadian kecelakaan kerja

PENCUCIAN ALAT MAKAN PASIEN DENGAN PENYAKIT INFEKSI
MENULAR
RUMAH SAKIT UMUM
“ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ No Dokumen Revisike Halaman
JL .RE Martadinata No 1 0 1/1
KertawangunanSindangagung
Kuningan
Ditetapkan
DirekturRumahSakitUmum
STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center
OPERASIONAL 1 Maret 2015

dr Toto TaufikurohmanKosim
KMC. 1010.03.02.003
1. PENGERTIAN Pencucian alat makan pasien dengan penyakit infeksi
menular adalah kegiatan pembersihan alat makan pasien
yang telah digunakan untuk makan
2. TUJUAN Untuk membersihkan kotoran/sisa makanan yang melekat
pada alat makan guna mencegah terjadinya penularan
penyakit infeksi melalui alat makan
3. REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit
4. PROSEDUR Pencucian
1. Mengumpulkan alat makan yang akan dicuci setelah
digunakan pasien
2. Memisahkan alat makan yang digunakan oleh
pasien dengan penyakit infeksi menular
3. Membuang sisa makanan yang terdapat pada alat
makan
4. Mendahulukan mencuci alat makan yang digunakan
oleh pasien yang tidak mempunyai penyakit infeksi
5. Cara mencuci, dibilas sabun dengan air mengalir,
lalu masukan dalam air panas atau air larutan
kaporit
6. Memisahkan alat makan pada tempat/rak piring
5. UNIT TERKAIT Instalasi Gizi
6. DOKUMEN TERKAIT -

PROSEDUR 1. Instalasi Gizi 6. REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. 1010. Mengumpulkan sampah dari masing-masing unit dalam tempat sampah sementara di ruang persiapan dan produksi 3. Menghindari penumpukan sampah yang berlebihan diruang Instalasi Gizi 2.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.03. Menghindari kontaminasi kuman dari sampah terhadap makanan yang diproduksi 3. TUJUAN 1. Instalasi Kesling 2. UNIT TERKAIT 1. PENGERTIAN Pembuangan sampah instalasi gizi adalah proses pengumpulan dan pembuangan sampah yang dihasilkan dari proses kegiatan produksi dan distribusi makanan 2. PEMBUANGAN SAMPAH INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL . Memindahkan sampah dari tempat sampah sementara ke luar ruangan dapur instalasi gizi untuk siap diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah RS oleh petugas kebersihan 5.02.003 1. Menampung sampah yang dihasilkan dari masing- masing unit dalam tempat pembuangan sampah sementara ditutup 2. DOKUMEN TERKAIT - .

RE Martadinata No 1 0 1/1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. Pemberian makanan dengan menggunakan alat makan khusus untuk penyakit menular 3. 1010.02.PROSEDUR 1.TUJUAN Mencegah terjadinya penularan yang disebabkan oleh makanan dan alat makan pasien 3. Menyimpan alat makan dengan baik 5.003 1. DOKUMEN TERKAIT - . PENANGANAN MAKANAN DAN ALAT MAKAN UNTUK PASIEN DENGAN PENYAKIT INFEKSI MENULAR RUMAH SAKIT UMUM “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ No Dokumen Revisike Halaman JL . Meniriskan alat makan di rak alat makan 5. dilakukan terlebih dahulu mencuci alat makan tidak menular (sesuai protap pencucian alat makan) 4.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. PENGERTIAN Penanganan makanan dan alat makan untuk pasien dengan penyakit infeksi menular adalah upaya untuk menangani makanan dan alat makan pasien dengan pasien penyakit infeksi menular 2. Mencuci alat makan dipisah. Memberikan label pada makanan untuk pasien penyakit menular 2.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6.03.

Menentukan kandungan zat gizi 3.003 1. Menetukan jumlah bahan makan yang digunakan 4.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. 1010.DOKUMEN TERKAIT Form Permintaan makanan formula pasien ruang rawat inap . Menentukan jenis makanan formula 2. Membuat cara pendistribusian 5. PENGERTIAN Penyusunan makanan formula RS adalah proses perencanaan/pembuatan standar makanan formula (cair) dengan pertimbangan kandungan gizi.TUJUAN Tersedianya standar makanan formula 3. Instalasi Gizi 2.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.UNIT TERKAIT 1. Ruang Perawatan 3. Komite Medis 6. PENYUSUNAN MAKANAN FORMULA RUMAH SAKIT No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .02. cara pembuatan dan cara pendistribusian 2.03.PROSEDUR 1. Membuat cara pembuatan 5. jumlah bahan makanan.

UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. Lauk hewani diletakkan pada baskom dan ditempatkan dalam lemari makanan matang 4. Sayur diletakkan pada baskom tertutup 6.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.DOKUMEN TERKAIT - .PROSEDUR 1.003 1. Telur rebus diletakkan pada tempat telur/baskom khusus telur dan ditutup (terpisah dengan telur mentah). 1010. Nasi diletakkan pada magic com 2.03.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. Bubur diletakkan pada panci tertutup 3. PENYIMPANAN MAKANAN MATANG RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/5 JL . Lauk nabati diletakkan pada baskom tertutup dan ditempatkan dalam lemari makanan matang 5.TUJUAN Untuk menghindari kontaminasi pada makanan 3. PENGERTIAN Penyimpanan makanan matang adalah proses penempatan makanan yang sudah diolah ke wadah-wadah tertentu sebelum pelaksanaan distribusi 2.02. 5.

Memakai sepatu bot/sepatu karet pada saat pencucian 3.03.02. DOKUMEN TERKAIT - .RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. lalu tiriskan 5. Menyiram kembali dengan air mengalir peralatan yang dicuci. menyabun dan menyikat sampai bersih 4. rendam dengan air panas selama 10 menit. pengolahan dan distribusi makanan 2. Menata dan merapihkan peralatan pada rak peralatan setelah selesai mencuci 6. PENCUCIAN PERALATAN MASAK RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL . Mengumpulkan peralatan yang akan dicuci pada masing-masing tempat cucian 2. 1010. UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. Menyiram dengan air. PENGERTIAN Pencucian peralatan masak adalah kegiatan pembersihan alat masak yang telah selesai dipergunakan untuk proses persiapan. Melepas sepatu bot/sepatu karet dan menempatkannya pada tempatnya 5. PROSEDUR 1.003 1. REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. TUJUAN Untuk membersihkan kotoran/sisa makanan yang melekat pada alat masak 3.

03. Bahan makanan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diharapkan tidak diterima oleh Instalasi Gizi kemudian mengusulkan kepada rekanan barang agar rekanan mengganti bahan makanan tersebut tanpa mengganggu proses penyelenggaraan makanan 3. PENGERTIAN Penerimaan bahan makanan adalah suatu kegitan yang meliputi menerima/meneliti dan melaporkan macam kualitas dan kuantitas makanan yang diterima rekanan kepada RSU KMC sebagai tanggung jawab rekanan atas kewajiban yang diberikan oleh RSU KMC sesuai dengan pesanan 2. 1010. jenis bahan makanan.PROSEDUR 1. jumlah . TUJUAN Terselenggaranya penerimaan bahan makanan untuk memperoleh bahan makanan yang bermutu tinggi sesuai dengan pesanan yang ditetapkan 3.003 1.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. PENERIMAAN BAHAN MAKANAN No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .02. Mencatat dalam buku penerimaan bahan makanan yang meliputi: nomor. Petugas Instalasi Gizi memeriksa.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. mengecek jumlah dan jenis bahan makanan berdasarkan pemesanan dan spesifikasi bahan makanan 2.

DOKUMEN TERKAIT From Penerimaan Bahan Makanan .UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. jumlah total harga belanja bahan makanan yang diterima pada hari ini 5. jumlah harga. satuan.

1010.PROSEDUR 1.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.003 1. Bahan makanan kering disimpan digudang dalam wadah/rak 4. TUJUAN Memenuhi persediaaan bahan makanan dan menjaga keamanan serta kerusakan bahan makanan 3. PENYIMPANAN DAN PENANGANAN BAHAN MAKANAN RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL . Memisahkan bahan makanan basah dan kering 2.02.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. Bahan makanan basah disimpan di kulkas dan keadaan sudah terpotong 5. Menyimpan dengan sistem FIFO (First In First Out) 5. PENGERTIAN Penyimpanan dan penanganan bahan makanan adalah proses kegiatan penyimpanan bahan makanan dengan menggunakan prinsip penanganan sesuai dengan sifat dan jemis bahan makanan 2.DOKUMEN TERKAIT Kartu Stok .REFERENSI Pedoman Pelayanan Instalasi Gizi 4. Mencatat bahan makanan yang akan disimpan 3.03.

02. DISTRIBUSI MAKANAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL . Memberikan makanan kepada pasien rawat inap untuk memenuhi kebutuhan makanannya 3. Membagi makanan sesuai kelas perawatan dan dietnya 3.Terselenggaranya distribusi makanan yang sesuai dengan waktu distribusi yang telah ditentukan 2.03. TUJUAN 1. Memberikan plastik perekat pada tempat makanan pasien 5.PROSEDUR 1. Melihat jumlah pasien pada setiap ruangan pada blangko/formulir permintaan makanan pasien 2. Instalasi Gizi 2. 1010.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Januari 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. PENGERTIAN Distribusi makanan pasien adalah proses pembagian makanan yang dilakukan di Instalasi Gizi untuk penderita sesuai dengan dietnya yang dilaksanakan pada jam-jam tertentu 2. Memberikan labelling pada tempat makanan pasien sesuai dengan dietnya 4. Sopan santun keramahan petugas distribusi dijaga dengan baik 5.DOKUMEN TERKAIT Form Permintaan makanan pasien ruang rawat inap .UNIT TERKAIT 1.003 1.Instalasi Rawat Inap 6.

REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. menyanggrai dan menumis Adapun pengolahan bahan makanan yang dimaksud meliputi : 1. Membuat lauk pauk sesuai siklus menu dengan standar resep 3.DOKUMEN TERKAIT Daftar Siklus Menu . Bubur Saring sesuai dengan standar resep 2. PENGELOLAAN PRODUKSI RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL .PROSEDUR 1. 1010.003 1. Menanak nasi baik dalam bentuk Nasi.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. mengukus. Pengolahan lauk nabati 4. Pengolahan makanan pokok 2. menggoreng. Tim.03. TUJUAN Terselenggaranya proses pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang memenuhi syarat gizi dan bercita rasa tinggi 3.02. Pengolahan lauk hewani 3. Membuat sayur sesuai siklus menu dengan standar resep 5.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. PENGERTIAN Pengelolaan produksi adalah proses perlakuan terhadap bahan makanan dengan cara: merebus. Pengolahan sayur 2.

REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. 1010.02.PROSEDUR 1. Membuat laporan alat inventaris Instalasi Gizi setiap bulannya 5. DOKUMENTASI Buku Inventaris Barang dan Alat TERKAIT . Menggunakan peralatan sesuai dengan cara pemakaian dan fungsinya 3.003 1.UNIT TERKAIT 1. Instalasi Gizi 6. PENGGUNAAN ALAT BAIK UNTUK PERALATAN MESIN MAUPUN PERALATAN YANG MENGGUNAKAN TANGAN RUMAH SAKIT UMUM “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ No Dokumen Revisike Halaman JL . PENGERTIAN Tata cara penggunaan alat baik untuk peralatan mesin maupun perlatan yang menggunakan tangan 2. Menginventaris peralatan yang tersedia di dapur dan mengidentifikasi peralatan yang masih dapat digunakan atau dalam kondisi rusak 2. Bagian Umum 2. TUJUAN Untuk menjelaskan prosedur penggunaan alat agar digunakan sebagaimana fungsinya 3.03.RE Martadinata No 1 0 1/1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Januari 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.

Petugas Instalasi Gizi membagikan makanan karyawan pada sore hari 5. 1010.UNIT TERKAIT 1. PENYEDIAAN MAKANAN PEGAWAI No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .02. Instalasi Rawat Inap 3. Instalasi Gizi 2. TUJUAN Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi pegawai di malam hari 3.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. PENGERTIAN Penyediaan makanan yang dikhususkan untuk karyawan RSU Kuningan Medical Center yang dinas malam 2. Petugas Instalasi Gizi menyiapkan makanan pegawai disesuaikan dengan jumlah pegawai yang dinas malam 3. Petugas Instalasi Gizi melakukan pengecekan jumlah karyawan yang dinas malam 2.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.PROSEDUR 1. Bagian Umum 6.DOKUMEN TERKAIT - .03.003 1.

PROSEDUR 1.02.003 1. PEMELIHARAAN RUANG DAN ALAT No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL .UNIT TERKAIT 1. Instalasi Gizi 2.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Maret 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. PENGERTIAN Upaya untuk menjaga dan memelihara ruang dan alat yang ada di Instalasi Gizi RS 2. Bagian Umum 6. Jika kondisi barang masih bagus maka tidak perlu melakukan perbaikan dan proses selesai. TUJUAN Untuk mengatur segala sesuatau yang berhubungan dengan pemeliharaan peralatan sesuai kebutuhan guna menunjang kelangsungan semua proses penyelenggaraan makanan 3. maka menyuruh teknisi melakukan proses perbaikan ruang dan alat 5. 1010. jika tidak.03. Melakukan pengecekan fisik secara berkala dan membuat daftar pemeliharaan 2.DOKUMEN TERKAIT Form Perbaikan/Penambahan/Penggantian Barang .

macam atau jenis dan kualitas bahan makanan yang dibuat untuk kurun waktu tertentu 2.03. Membaca standar porsi. Perhitungan jumlah kebutuhan per bahan makanan adalah kapasitas makanan dikalikan standar porsi ditambah 2%-5% untuk persediaan 4. TUJUAN Terselenggaranya perencanaan bahan makanan sesuai dengan menu bahan makanan yang telah direncankan serta jumlah konsumen yang ada untuk kurun waktu tertentu 3.02. 1010. siklus menu yang berlaku. kapasitas makanan pasien 3. kebijakan pemberian makanan rumah sakit.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Januari 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. Perencanaan bahan makanan yang dibuat rangkap tiga 5. Merencanakan bahan makanan basah setiap hari dan bahan makanan kering menyesuaikan dengan kebutuhan (2 atau 5 harian) 5.DOKUMEN TERKAIT Form Daftar Pemesanan Bahan Makanan . Merencanakan bahan makanan 2. pola menu.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.PROSEDUR 1.003 1.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. PERENCANAAN BELANJA BAHAN MAKANAN RUMAH SAKIT UMUM No Dokumen Revisike Halaman “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ 0 1/1 JL . PENGERTIAN Perencanaan bahan makanan adalah kegiatan untuk menetapkan jumlah.

Jika makanan pasien belum habis. alat makan pasien diambil dan dibawa ke dapur 4. PENGERTIAN Suatu kegiatan pengambilan alat makan pasien oleh tenaga pramusaji setelah 1 jam makanan diberikan kepada pasien 2. Jika makanan pasien telah habis dikonsumsi. Instalasi Rawat Inap 6. Pramusaji kembali ke kamar pasien sambil melihat apakah makanan yang diberikan telah dikonsumsi atau belum 3. pramusaji menunggu sekitar 1 jam dari waktu pendistribusian makanan 2.003 1.PROSEDUR 1.DOKUMEN TERKAIT Buku Keluar Masuk Alat Makan .UNIT TERKAIT 1.KEBIJAKAN Alat makan kembali dalam keadaan utuh. PENARIKAN ALAT MAKAN PASIEN No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . 5. TUJUAN Menghindari kehilangan alat makan 3.03. Instalasi Gizi 2. tidak rusak.02. dan hilang 4. pramusaji meminta izin kepada pasien untuk memindahkan sisa makanan yang masih ingin dikonsumsi. 1010. Setelah pramusaji mendistribusikan makanan kepada pasien .RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.

PENGERTIAN Suatu kegiatan mengubah (memasak) bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap dimakan. 1010. TUJUAN 1. rasa. Makanan diet a) Makanan diet rendah lemak. diet rendah purin:  Makanan diambil dari pengolahan sebelum dilakukan pemberian santan  Lauk nabati rendah garam b) Makanan diit rendah garam Makanan diambil dari pengolahan sebelum dilakukan pemberian garam .03. Meningkatkan dan mempertahankan warna.003 1. Diet rendah kolesterol. PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/2 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .PROSEDUR Setelah dilakukan persiapan bahan makanan dilakukan pengolahan berdasarkan standar resep 1.02. diet jantung. diet hati. Meningkatkan nilai cerna 3.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. keempukan dan penampilan makanan 3.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. Mengurangi resiko kehilangan zat gizi bahan makanan 2. berkualitas dan aman untuk dikonsumsi 2.

Setelah makanan diambil untuk makanan diet maka dilakukan pemberian gula dan tambahan garam. 5. DOKUMEN TERKAIT Form Permintaan Makanan Pasien Ruang rawat Inap Daftar Siklus Menu .UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. c) Makanan diit Diabetes Mellitus Makanan diambil dari pengolahan sebelum dilakukan pemberian gula 2. Makanan non diet 3.

PENGERTIAN Serangkaian kegiatan yang meliputi pemilihan kualitas dan kuantitas bahan makanan yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan 2. waktu pesanan dan spesifikasi yang ditetapkan 3.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.03.DOKUMEN TERKAIT Form Penerimaan Bahan Makanan . Bahan makanan yang tidak sesuai spesifikasi dapat dikembalikan serta minta ganti bahan makanan sesuai spesifikasi 5.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6.02. Bahan makanan diperiksa. sesuai dengan pesanan dan ketentuan spesifikasi bahan makanan yang dipesan 2. TUJUAN Dipilih bahan makanan sesuai dengan daftar pesanan. Bahan makanan dikirim ke gudang penyimpanan sesuai dengan jenis barang atau dapat langsung ke tempat pengolahan bahan makanan 3. PEMILIHAN BAHAN MAKANAN No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . 1010.003 1.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.PROSEDUR 1.

.

DOKUMEN TERKAIT - . TUJUAN Memepersiapakan bahan makanan pokok (beras) sebelum dilakukan kegiatan pengolahan 3. Beras/ bahan makanan kemudian ditiriskan 5.3 kali sampai cucian berasnya bersih 4. Bahan makanan ditempatkan dalam tenggok kemudian dicuci dengan menggunakan air mengalir sambil diaduk- aduk 3.PROSEDUR 1.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. mencuci.02. kulit padi/skam.003 1. PENGERTIAN Serangkaian kegiatan dalam penanganan bahan makanan pokok yang meliputi berbagai proses antara lain membersihkan. seperti kerikil. Pencucian bahan makanan dilakukan +.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. dll 2. dll 2. Bahan makanan yang akan diolah disiapkan kemudian dibersihkan dari kotoran yang tercampur didalamnya. PERSIAPAN BAHAN MAKANAN POKOK No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. paku.03. 1010.

1010.03. ayam. merendam. Untuk daging giling persiapan yang dilakukan dengan cara menambah bumbu 5. daging giling. ikan telur.DOKUMEN TERKAIT - . Bahan makanan lauk yang dimaksud meliputi : daging ayam. mengocok. dan telur) 2.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4. daging sapi. Petugas membersihkan bahan makanan yang akan diolah dengan cara mengupas kulitnya (untuk tempe). PERSIAPAN LAUK No Dokumen Revisike Halaman 0 1/1 RUMAH SAKIT UMUM “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . membuang kotorannya (untuk ikan segar . Bahan makanan dicuci dan dibersihkan dengan menggunakan air mengalir kemudian ditiriskan 3. mencuci. TUJUAN Mempersiapkan bahan makanan berupa lauk hewani/nabati sebelum dilakukan proses pengolahan 3. memotong.PROSEDUR 1.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. dan lain-lain.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. tahu. mengupas.003 1.02. PENGERTIAN Serangkaian kegiatan dalam penanganan lauk yang meliputi proses membersihkan. tempe 2.

kangkung. Sayur yang perlu dipotong dilakukan pemotongan sesuai kebutuhan dan jenis masakan 3. PERSIAPAN SAYUR No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . dll) 4. PENGERTIAN Proses awal bahan makanan (sayuran) sebelum dilakukan proses pengolahan Adapun yang dimaksud dengan sayur adalah: 1. ketimun. Sayuran tunas (tauge panjang. Sayuran direndam dalam air yang telah diberi sedikit garam untuk menghilang ulat yang ada didalamnya. TUJUAN Mempersiapkan bahan makanan berupa sayur sebelum dilakukan proses pengolahan 3. dll) 2.REFERENSI Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit 4.02.PROSEDUR 1. Sayur dicuci di air mengalir kemudian ditiriskan dikeranjang pencucian diulang sampai tiga kali hingga . dll) 3. sawi. dll) 2. dll) 6. terong. dll) 5. 1010. brokoli. Sayuran kacang-kacangan (buncis. Sayuran daun (bayam. Sayuran umbi (kentang.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. kacang panjang. wortel. tauge pendek. Sayur dihilangkan akar dan batang yang tidak terpakai 2. 4. Sayuran bunga (bunga kol.003 1. Sayuran buah (labu siam.03.

UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. Sayur ditempatkan di keranjang yang bersih. siap untuk dimasak 5. bersih 5.DOKUMEN TERKAIT - .

PERSIAPAN BUAH No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL .02. TUJUAN Mempersiapkan bahan makanan berupa buah sebelum dilakukan proses distribusi 3.PROSEDUR 1. Pramusaji menggunakan sarung tangan plastik untuk membersihkan buah dari kotoran dengan cara memotong. Pramusaji menyiapkan buah dan alat yang akan digunakan 2. PENGERTIAN Kegiatan penanganan buah sebelum dilakukan proses distribusi 2. 1010.03. Buah seperti melon. untuk buah buah pisang dilakukan pengelapan dengan menggunakan lap bersih.003 1. pepaya.KEBIJAKAN 1. semangka dilakukan pencucian dahulu menggunakan air mengalir baru dilakukan pengupasan kulit kemudian dicuci dengan air mineral dan ditiriskan dari air. dan membuang bagian-bagian yang tidak digunakan 3. Buah yang disiapkan sesuai siklus buah dan standar porsi 2. untuk apel.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 1 Desember 2015 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. pir dan anggur dilakukan pencucian dahulu dengan menggunakan air mengalir kemudian tiriskan menggunakan lap bersih . mengupas. Buah yang disiapkan bersih dan siap makan 4.

Pemotongan buah sesuai berat standar porsi. 5.DOKUMEN TERKAIT - . untuk pisang dipotong kedua ujung kulit tanpa memotong bagian buah. 4.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi 6. untuk pir dan anggur dipotong tangkainya.

Untuk memperkirakan IMT.02. Tambahkan skor yamg diperoleh dari langkah 1. Ruang Rawat Inap 6. gizi kurang atau obesitas 3.2. 1010. gunakan pengukuran panjang lengan bawah (ulna).03. Jika tinggi badan tidak dapat diukur.KEBIJAKAN Keputusan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan nomor HK.04/I/2790/11 tentang standar akreditasi rumah sakit Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan 4. 2. TUJUAN Mengidentifikasi dan menata laksana pasien dewasa yang mengalami gizi buruk.PROSEDUR 1.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 18 Juni 2016 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC. ASSESSMEN GIZI DEWASA No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . 2. Adanya efek atau pengaruh akut dari penyakit yang diderita pasien dan diberikan skor (rentang antara 0-2) 4. dapatmenggunakan pengukuran lingkar lengan atas (LLA) 3. PENGERTIAN Status nutrisi dengan menggunakan kriteria malnutritionuniversal screening tool (MUST).DOKUMEN TERKAIT Rekam Medis .3 untuk menilai adanya resiko malnutrisi a) skor 0 =resiko rendah b) skor 1 =resiko sedang c) lebih dari 2 = resiko tinggi 5.02.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi.003 1.

Assessmen gizi pasien anak kurang dari 5 tahun dengan melihat grafik z –score WHO 2005:BB/TB .03. gizi kurang atau obesitas 3.02. ASSESSMEN GIZI ANAK No Dokumen Revisike Halaman RUMAH SAKIT UMUM 0 1/1 “ KUNINGAN MEDICAL CENTER “ JL . TUJUAN Mengidentifikasi dan menata laksana pasien anak yang mengalami gizi buruk. Asessmen gizi pasien anak lebih dari 5 tahun menggunakan grafik CDC dengan rumus: %IBW = (BB Aktual/BB Idealx 100%) 2. Usia 0-2 tahun laki-laki warna biru dan permepuan warna merah muda. 1010.RE Martadinata No 1 KertawangunanSindangagung Kuningan Ditetapkan DirekturRumahSakitUmum STANDAR PROSEDUR Tanggalterbit Kuningan Medical Center OPERASIONAL 18 Juni 2016 dr Toto TaufikurohmanKosim KMC.PROSEDUR 1.003 1. Usian 2-5 tahun laki- laki warna biru dan perem<>puan warna merah muda .KEBIJAKAN Keputusan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan nomor HK. 2.02. TB/U. PENGERTIAN Status nutrisi dengan menggunakan kriteria malnutrition universal screening tool (MUST).04/I/2790/11 tentang standar akreditasi rumah sakit Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan 4. BB/U.

Ruang Rawat Inap` 6.5.UNIT TERKAIT Instalasi Gizi.DOKUMEN TERKAIT Rekam Medis .