You are on page 1of 10

PT.

SUMBER NIAGA UTAMA JAYA
General Contractor, Rental Equipment and Supplier
Jl. A.W. Syahrani no. 88 Sempaja – Samarinda – Kal Tim

SURAT PERJANJIAN SEWA ALAT BERAT
Nomor : 00125S_SEWA_ALAT/SNUJ-SMD/X/2015

Pada hari ini Senin tanggal Dua Belas Bulan Oktober tahun Dua Ribu Lima
Belas yang bertanda tangan dibawah ini masing-masing :

1. Nama : JOHAN YUWONO
2. Nama perusahaan : PT.Sumber Niaga Utama Jaya
3. Alamat Perusahaan : Jl.A.W.Syahrani no.88 sempaja samarinda kaltim

Dalam hal ini selaku pemilik alat yang selanjutnya
disebut sebagai PIHAK PERTAMA

1. Nama : ELCA MARADONA, ST
2. Jabatan : DIREKTUR CV. KUTAI UNIVERSAL GROUP
3. Alamat Perusahaan : Jl.P. ANTASARI NO. 44
Samarinda

Dalam hal ini selaku Penyewa alat yang selanjutnya
disebut sebagai PIHAK KEDUA

PIHAK KEDUA dalam hal ini apabila memenangkan tender untuk paket
pekerjaan/kegiatan Pembangunan Jalan Desa Sumber Agung diperlukan
beberapa peralatan berat yang memadai dari segi jumlah, jenis serta
kondisi yang baik di dalam pelaksanaan proyek tersebut diatas. Untuk itu untuk
menyewa alat-alat berat pada PIHAK PERTAMA

1. PIHAK PERTAMA selaku perusahaan yang bergerak dibidang RENTAL ALAT-ALAT
BERAT serta sekaligus pemilik, bersedia menyewakan peralatan berat untuk
kepentingan PIHAK KEDUA untuk pekerjaan tersebut diatas

Atas hal-hal yang diutarakan diatas, maka para pihak sepakat mengikat diri
dalam suatu surat perjanjian sewa alat berat dengan ketentuan dan syarat-
syarat sebagai berikut

PASAL 1

Jenis Alat Berat Yang Disewakan PIHAK PERTAMA menyewakan kepada PIHAK KEDUA berupa alat-alat berat yang terdiri dari : NO DAFTAR ALAT MEREK JUMLAH 1. Water Pump . Exavator kobelco 2 UNIT 2. Dump Truck MITSUBISI 20 Unit 5. Alat. Pasal 4 Kewajiban kewajiban 1. Motor Greder . 1 Unit 3. PIHAK KEDUA wajib menyediakan pelumas dan bahan bakar dan menanggung segala biaya biaya mobilisasi dan demobilisasi alat berat . Biaya alat berat tersebut diatas perunit adalah tetap dan akan dibayar pada pihak kedua kepada pihak pertama dengan cara pembayaran per (100) jam oprasional perunit alat berat……………………………………. Surat perjanjian alat berat berlaku terhitung apabila pihak kedua memenangkan paket pekerjaan/kegiatan Pembangunan Jalan Desa Sumber Agung PASAL 3 BIAYA 1. Vibratory Roller . 1 Unit 4. akan dipergunakan oleh PIHAK KEDUA untuk melaksanakan pekerjaan yang akan diperoleh oleh PIHAK KEDUA 2.Alat berat seperti tersebut dalam pasal 1. 1 unit PASAL 2 KEGUNAAN DAN WAKTU PENYEWAAN 1.

PIHAK KEDUA tidak behak dan tidak diijinkan untuk mengalihkan atau menyerahkan dengan dalih apapun juga alat berat yang disewa kepada pihak kedua kepada pihak lain 4. PHAK KEDUA bertanggung jawab atas tuntutan ataupun complain masyarakat atau pemilik pekerjaan tehadap lokasi yang akan dikerjakan baik yang timbul setelah penandatanganan kontrak sebelumnya 7. PIHAK KEDUA menjamin dan bertanggung jawab sepenuhnya tehadap keamanan alat-alat berat yang digunakan dalam kepentingan pekerjaan tersebut dari penahan atau pemblokiran oleh masyarakat atau apapun pemeriksaan dari instansi 6.2. PIHAK PERTAMA mengurus perijinan yang diperlukan untuk oprasinal alat berat yang telah disewa tersebut ke instansi yang berwenang 5. Pajak pajak yang timbul dari perjanjian ini akan ditanggung oleh masing- masing pihak . PIHAK PERTAMA wajib menyediakan oprator dan mekanik yang cakap dan terampil guna kelancaran pekerjaan 3.

sedapat mungkin akan diselesainkan secara musyawarah oleh kedua belak pihak. Pasal 5 Sanksi sanksi 1. Apabila terjadi perbedaan pendapat antara kedua belah pihak mengenai perjanjian ini dan segalah sesuatu yang belum di atur didalamnya. serta meminta kembali seluruh peralatan berat yang disewa pihak kedua Pasal 6 Lain Lain 1. Apabila PIHAK KEDUA melanggar salah satu ketentuan dari perjajian alat berat seperti tersebut pada pasal 3 ayat (1) pasal 4 ayat (3) maka PIHAK PERTAMA berkah untuk mengakhiri dan atau memutukan perjanjian ini. . Dalam hal alat-alat berat yang disewa dalam keadaan rusak/tidak dapat dioprasikan untuk jangka waktu yang lama PIHAK PERTAMA wajib menyediakan penggantinya tepat waktu dan memberikan kompensasi kerugian apabila sampai terjadi keterlambatan 2.

SUMBER NIAGA UTAMA JAYA ( ELCA MARADONA. Demikian surat perjanjian sewa menyewa alat-alat berat ini. KUTAI UNIVERSAL GROUP PT.2.dan berlaku sejak tanggal ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan dibuat rangkap 2 (dua) diatas kertas ber_materai cukup yang mempunyai kekuatan hokum yang sama dan masing_masing pihak memegang 1(satu)lembar. PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA CV. ST ) ( JOHAN YUWONO ) .kedua belah memilih domisili hokum yang tetap dan tidak berubah di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Samarinda. Segalah akibat hukum yang timbul dari perjanjian ini.

Nama perusahaan : PT.044 Kel. Alamat Perusahaan : Jl.W. bersedia menyewakan peralatan berat untuk kepentingan PIHAK KEDUA untuk pekerjaan tersebut diatas Atas hal-hal yang diutarakan diatas. Nama : JOHAN YUWONO 5.47 Rt.A.Manggis No.Sidodadi Samarinda Dalam hal ini selaku Penyewa alat yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA PIHAK KEDUA dalam hal ini apabila memenangkan tender untuk paket diperlukan pekerjaan/kegiatan Pembangunan Jalan Poros Desa Batu Balai beberapa peralatan berat yang memadai dari segi jumlah. Nama : HERIJAL SURIANATA 5. Alamat Perusahaan : Jl. Untuk itu untuk menyewa alat-alat berat pada PIHAK PERTAMA 2. SURAT PERJANJIAN SEWA ALAT BERAT Nomor : 00123S_SEWA_ALAT/SNUJ-SMD/X/2015 Pada hari ini Senin tanggal Dua Belas Bulan Oktober tahun Dua Ribu Lima Belas yang bertanda tangan dibawah ini masing-masing : 4. Dimensi Global 6. jenis serta kondisi yang baik di dalam pelaksanaan proyek tersebut diatas. Jabatan : DIREKTUR PT. maka para pihak sepakat mengikat diri dalam suatu surat perjanjian sewa alat berat dengan ketentuan dan syarat- syarat sebagai berikut PASAL 1 Jenis Alat Berat Yang Disewakan PIHAK PERTAMA menyewakan kepada PIHAK KEDUA berupa alat-alat berat yang terdiri dari : NO DAFTAR ALAT MEREK JUMLAH . PIHAK PERTAMA selaku perusahaan yang bergerak dibidang RENTAL ALAT-ALAT BERAT serta sekaligus pemilik.Syahrani no.88 sempaja samarinda kaltim Dalam hal ini selaku pemilik alat yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA 4.Sumber Niaga Utama Jaya 6.

Pasal 4 Kewajiban kewajiban 8. 6. 1 Unit 9. Motor Greder . 4 unit PASAL 2 KEGUNAAN DAN WAKTU PENYEWAAN 3. Water Pump . 4 Unit 11. Dump Truck MITSUBISI 20 Unit 10. 4 unit 12. 1 Unit 8. akan dipergunakan oleh PIHAK KEDUA untuk melaksanakan pekerjaan yang akan diperoleh oleh PIHAK KEDUA 4. PIHAK KEDUA wajib menyediakan pelumas dan bahan bakar dan menanggung segala biaya biaya mobilisasi dan demobilisasi alat berat 9. Vibratory Roller . Concrete Vibrator . Surat perjanjian alat berat berlaku terhitung apabila pihak kedua memenangkan paket pekerjaan/kegiatan Pembangunan Jalan Poros Desa Batu Balai PASAL 3 BIAYA 2. Biaya alat berat tersebut diatas perunit adalah tetap dan akan dibayar pada pihak kedua kepada pihak pertama dengan cara pembayaran per (100) jam oprasional perunit alat berat……………………………………. Concrete Mixer . PIHAK PERTAMA wajib menyediakan oprator dan mekanik yang cakap dan terampil guna kelancaran pekerjaan . Exavator kobelco 2 UNIT 7.Alat berat seperti tersebut dalam pasal 1. Alat.

PIHAK PERTAMA mengurus perijinan yang diperlukan untuk oprasinal alat berat yang telah disewa tersebut ke instansi yang berwenang 12.10. PIHAK KEDUA tidak behak dan tidak diijinkan untuk mengalihkan atau menyerahkan dengan dalih apapun juga alat berat yang disewa kepada pihak kedua kepada pihak lain 11. PHAK KEDUA bertanggung jawab atas tuntutan ataupun complain masyarakat atau pemilik pekerjaan tehadap lokasi yang akan dikerjakan baik yang timbul setelah penandatanganan kontrak sebelumnya 14. Pajak pajak yang timbul dari perjanjian ini akan ditanggung oleh masing-masing pihak . PIHAK KEDUA menjamin dan bertanggung jawab sepenuhnya tehadap keamanan alat-alat berat yang digunakan dalam kepentingan pekerjaan tersebut dari penahan atau pemblokiran oleh masyarakat atau apapun pemeriksaan dari instansi 13.

Apabila terjadi perbedaan pendapat antara kedua belah pihak mengenai perjanjian ini dan segalah sesuatu yang belum di atur didalamnya. serta meminta kembali seluruh peralatan berat yang disewa pihak kedua Pasal 6 Lain Lain 1. Pasal 5 Sanksi sanksi 3.sedapat mungkin akan diselesainkan secara musyawarah oleh kedua belak pihak. Dalam hal alat-alat berat yang disewa dalam keadaan rusak/tidak dapat dioprasikan untuk jangka waktu yang lama PIHAK PERTAMA wajib menyediakan penggantinya tepat waktu dan memberikan kompensasi kerugian apabila sampai terjadi keterlambatan 4. . Apabila PIHAK KEDUA melanggar salah satu ketentuan dari perjajian alat berat seperti tersebut pada pasal 3 ayat (1) pasal 4 ayat (3) maka PIHAK PERTAMA berkah untuk mengakhiri dan atau memutukan perjanjian ini.

Segalah akibat hukum yang timbul dari perjanjian ini.dan berlaku sejak tanggal ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan dibuat rangkap 2 (dua) diatas kertas ber_materai cukup yang mempunyai kekuatan hokum yang sama dan masing_masing pihak memegang 1(satu)lembar.2. SUMBER NIAGA UTAMA JAYA ( HERIJAL SURIANATA ) ( JOHAN YUWONO ) . Demikian surat perjanjian sewa menyewa alat-alat berat ini.kedua belah memilih domisili hokum yang tetap dan tidak berubah di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Samarinda. PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA PT. DIMENSI GLOBAL PT.