You are on page 1of 8

LEMBAR KERJA SISWA

Penentuan Kalor Penetralan

Pertemuan ke-6
Tujuan Pembelajaran: setelah mempelajari sub materi “
Penentuan Kalor Penetralan HCl dan NaOH” melalui
kegiatan percobaan dan diskusi kelompok, diharapkan
siswa dapat merumuskan hipotesis, menentukan
variabel, merancang penyelidikan, melakukan
eksperimen, membuat tabel, dan membuat grafik dengan
benar.

Hari/Tanggal : ……………………………………… Nilai
Kelompok : ………………………………………

Nama Anggota : 1. 4.

2. 5.

3. 6.

Dasar Teori

Termokimia adalah cabang dari termodinamika karena tabung reaksi dan
isinya membentuk sistem. Jadi, kita dapat mengukur energi yang dihasilkan oleh

1997) Panas netralisasi dapat didefinisikan sebagai jumlah panas yang dilepas ketika 1 mol air terbentuk akibat reaksi netralisasi asam oleh basa atau sebaliknya. hipotesis yang dapat kalian tuliskan adalah: 1………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………. joule. Fenomena Bacalah fenomena berikut dengan cermat! Rumusan Masalah 1. atau kilokalori. . Bagaimana cara menentukan perubahan entalpi (∆H) suatu reaksi? Hipotesis Berdasarkan rumusan masalah di atas. 1999) Termokimia mempelajari perubahan panas yang mengikuti reaksi kimia dan perubahan-perubahan fisika(pelarutan. reaksi sebagai kalor yang dikenal sebagai q. Hal ini disebabkan karena asam kuat dan basa kuat akan mudah terdisosiasi sempurna dalam bentuk ion di dalam larutan. Bagaimana cara mengetahui adanya perpindahan kalor? 2. (Sukardjo. Satuan tenaga panas biasanya dinyatakan sebagai kalor. Panas netralisasi terjadi dalam larutan asam kuat dan basa kuat dengan sedikit air ternyata berharga konstan. dan sebagainya). (Atkins. peleburan. bergantung pada kondisinya apakah dengan perubahan energi dalam atau perubahan entalpi.

Tabel 1. ……………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………………… …. Berikut ini daftar gambar alat yang akan kalian gunakan dalam perobaan. Siapkan alat yang akan digunakan dalam percobaan. Berilah tanda ceklis (√) untuk setiap alat yang disiapkan dan tanda (X) untuk alat yang tidak disiapkan dalam percobaan pada tabel alat percobaan dibawah ini. Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4 2. Alat Percobaan Alat Gambar Disiapkan . Merancang Penyelidikan 1. ………………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………………… ………………… 2.

Bahan No. Termometer 1 buah 6. Siapkan bahan yang akan digunakan dalam percobaan. Tabung reaksi 3 buah 5. Batang pengaduk 1 buah 4. Berikut ini daftar bahan yang akan kalian gunakan dalam perobaan Tabel 2. 1. Stopwacht 1 buah 3. Gelas kimia 1 buah 2. Bahan 1 NaOH 2 M . Kalorimeter sederhana 1 buah 3.

3. Menit ke 1 1/2 = ………………………… Menit ke 4 = …………………………. kemudian ukur suhu dan catat 2 Campurkan kedua larutan dalam calorimeter. Menit ke 3 1/2 = …………………………. Suhu Campuran 4. Menit ke 2 = ………………………… Menit ke 4 1/2 = ………………………… Menit ke 2 1/2 = ………………………… Menit ke 5 = ………………………… . Sebelum melakukan percobaan. Masukkan data pengamatan pada kolom berikut ini. Lakukanlah kegiatan percobaan sesuai dengan langkah yang telah kalian urutkan sebelumnya dengan benar.. Suhu HCl = …………………………………………. Menit ke 1/2 = ………………………… Menit ke 3 =…………………………… 5. 2.. 2 HCl 2 M 4. urutkanlah terlebih dahulu langkah-langkah kerja yang diacak berikut ini! No Langkah Kerja Langkah ke- 1 Masukkan 20 ml NaOH dalam gelas kimia. ukur dan catat suhu selama 5 menit selang waktu 1/2 menit 3 Masukkan 20 ml HCl dalam gelas kimia. kemudian ukur suhu HCl dan catat 4 Buatlah tabel hasil pengamatan Melakukan Eksperimen 1. Suhu NaOH = …………………………………………... Gunakan bahan secara efisien. Menit ke 1 =………………………….

Contoh nya campuran campuran aquadest dan NaCl.6. 4. 8.Buatlah tabel hasil pengamatan dari data yang diambil pada saat percobaan! Pertanyaan Diskusikan pertanyaan dibawah ini bersama kelompok mu! 1. Reaksi endoterm adalah reaksi yang disertai dengan perpindahan kalor dari lingkungan ke sistem. Pada saat melarutkan NaCl sebanyak lima sendok makan NaCl dibutuhkan air hangat untuk melarutkan NaCl tersebut. Rumuskan hipotesis yang berhubungan dengan pernyataan diatas! Tuliskan langkah-langkah dalam merumuskan hipotesis tersebut! (Keterampilan merumuskan hipotesis) . 7.

Akuades 26 0C Akuades + NaCl 26 0C .2. ∆H reaksi eksoterm adalah (-) sedangkan ∆H reaksi endoterm (+). Jenis reaksi terbagi menjadi dua reaksi yaitu reaksi eksoterm dan endoterm. Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik garis dengan benar! (Keterampilan membuat grafik) No. Bahan Suhu Awal Bahan Suhu Campuran Larutan Larutan 1. Larutan 28 0C Larutan NaOH + CaCO3 105 0C NaOH 3. Buatlah data diatas dalam bentuk tabel agar mudah dibaca oleh orang! (Keterampilan membuat tabel) 4. Larutan HCl Larutan HCl + Larutan 30 0C 58 0C NaOH 2. Keadaan sistem pada reaksi eksoterm adalah panas (melepas kalor) sedangkan keadaan sistem pada reaksi endoterm. Hasil pengamatan percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm diperoleh data dibawah ini. Suatu hipotesis menyatakan bahwa semakin banyak kalor yang dilepas maka suhu campuran yang diperoleh semakin tinggi? Identifikasi variabel yang berhubungan dengan hipotesis tersebut! Tuliskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel terikat? (Keterampilan mengidentifikasi variabel) 3.

Inferensi Berdasarkan percobaan yang telah kalian lakukan. apa yang dapat kalian simpulkan? KUNCI JAWABAN LKS (Lembar Kerja Siswa) .