You are on page 1of 13

MAKALAH INSTRUMENTASI KELAUTAN

ALAT UKUR TOPOGRAFI( THEODOLITE DAN WATERPASS )

Kelompok 3 :

1.Dwi Nindra Saputra 1314511022

2. Yesie Rahayu Ananingtyas 1314511028

3. Kadek Dian Prinasti 1314511048

4. Bintang Gustavina 1314511053

5. I Gusti Ayu Ricca Mahatma Putri 1314511040

6. Sangap Anastasius Sitanggang 1214511021

PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN

FAKULTASKELAUTAN DAN PERIKANAN

UNIVERSITAS UDAYANA

2015

Bagaiman kegunaandan cara menggunakan dari alat ukur waterpass? 1. garis patahan (Scarf Faulth). Bagaimana kegunaan dan cara menggunakan dari alat ukur theodolite? 2. Pengenalan permukaan . waterpass Bentuk-bentuk topografi meliputi bukit. dataran pantai. Bentuk umum yang meliputi bidang datar dan profil yang menentukan arah . lembah.Alat ukur topografi yang sering digunakan adalah theodolite . panjang lereng dan bentuk lereng . Struktur bagian dalam .2 Rumusan Masalah 1. Mengetahui kegunaandan cara menggunakan dari alat ukur waterpass . Kriteria-kriteria yang termasuk sebagai ciri khas bentuk-bentuk topografi dapat diketahui dengan : . arah lereg. model tiga dimensi. Topografi umumnya menyuguhkan relief permukaan. Untuk kontruksi pengendapan : mencirikan butir kasar/ Fragmen 1.3 Tujuan 1. dan identitas jenis lahan. jurang dan semacamnya juga dimasukkan dalam bentuk-topografi seperti gunung api.1 Latar belakang Topografi adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planet. satelit alami (bulan dan sebaginya) dan asteroid. BAB I PENDAHULUAN 1. aliran lava. Mengetahui kegunaandan cara menggunakan dari alat ukur theodolite 2.Relief adalah bantuk permukaan suatu lahan yang dikelompokkan atau ditentukan berdasarkan perbedaan ketinggian (amplitude) dari permukaan bumi (bidang datar) suatu bentuk bentang lahan (landform). Dengan bidang dakung tropografi sekitarnya . Dari bentuk-bentuk topografi yang dihasilkan dari proses erosi dan pengendapan yang arahnya keatas disebut bentuk positif dan yang tertekan kebawah disebut bentuk negatif. Sedang topografi secara kualitatif adalah bentang lahan (landform) dan secara kuantitatif dinyatakan dalam satuan kelas lereng (% atau derajat).

setting out bangunan.Sedangkan peta kontur berisi data kontur tanah saja pada wilayah tertentu. marking elevasi lantai atau patok.Bagian-bagian pokok pada theodolite bisa lihat pada gambar berikut. cek vertikal kolom. Alat ini mempunyai beberapa kelebihan di antaranya dapat digunakan untuk memetakan suatu wilayah dengan cepat. dan sebagainya. BAB II ISI 2. Istilah lain adalah memindahkan data pada gambar kerja ke lapangan.2.Theodolite ini juga bisa juga digunakan untuk pengukuran bendungan.1. letak saluran drainase.Setting out bangunan adalah kegiatan menentukan patok-patok pondasi di lapangan. jalan. Theodolit 2. letak pohon. dan sebagainya. . Peta situasi adalah peta suatu wilayah yang dihasilkan dari pengukuran di lapangan yang didalamnya terdapat data letak bangunan.1.1. Pada proyek gedung alat ini biasa digunakan untuk menentukan as-as pondasi atau kolom. elevasi tanah atau kontur. 2. tebing. sungai.1.produk dari pengukuran wilayah menggunakan theodolite ini salah satunya adalah peta situasi dan peta kontur tanah. Definisi dan Kegunaan Theodolite Theodolit adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. sungai. koordinat bangunan tertentu.ini lah beberapa kegunaan theodolite di lapangan. Bagian-bagian dan Cara Menggunakan Theodolite Theodolite mempunyai fungsi yang berbeda dengan waterpass di antaranya mampu mengukur sudut horizontal dan vertikal sehingga cakupan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh instrumen ini lebih banyak dibanding dengan waterpass. benchmark.

. Bagian Atas. 3. Lingkaran dibagi dalam derajat sexagesimal yaitu suatu lingkaran penuh dibagi dalam 360° atau dalam grades senticimal yaitu satu lingkaran penuh dibagi dalam 400 g. Pada sumbu kedua diletakkan suatu teropong yang mempunyai diafragma dan dengan demikian mempunyai garis bidik. Pada sumbu ini pula diletakkan plat yang berbentuk lingkaran tegak sama seperti plat lingkaran mendatar. Lingkaran dibuat dari kaca dengan garis – garis pembagian skala dan angka digoreskan di permukaannya. lihat gambar di bawah ini : 1.Pada dua tempat di tepi lingkaran dibuat alat pembaca nonius.Diatas sumbu kesatu diletakkan lagi suatu plat yang berbentuk lingkaran yang berbentuk lingkaran yang mempunyai jari – jari plat pada bagian bawah. Bagian Tengah. Pada tepi lingkaran ini dibuat pengunci limbus. 2.Konstruksi instrument theodolite ini secara mendasar dibagimenjadi 3 bagian. terdiri dari sumbu kedua yang diletakkan diatas kaki penyanggah sumbu kedua. Garis – garis tersebut sangat tipis dan lebih jelas tajam bila dibandingkan hasil goresan pada logam. Di atas plat nonius ini ditempatkan 2 kaki yang menjadi penyanggah sumbu mendatar atau sumbu kedua dan sutu nivo tabung diletakkan untuk membuat sumbu kesatu tegak lurus. terdiri dari suatu sumbu yang dimasukkan ke dalam tabung dan diletakkan pada bagian bawah. terdiri dari pelat dasar dengan tiga sekrup penyetel yang menyanggah suatu tabung sumbu dan pelat mendatar berbentuk lingkaran. Sumbu ini adalah sumbu tegak lurus kesatu. Bagian Bawah.

Kuatkan (injak) pedal kaki statif 6. Buat kaki statif berbentuk segitiga sama sisi 5. Kencangkan sekrup pengunci perpanjangan 4. Letakkan theodolite di tribar plat 8. Tinggikan setinggi dada 3. Atur kembali ketinggian statif sehingga tribar plat mendatar 7. Kencangkan sekrup pengunci centering ke theodolite .Bagian – bagian theodolite Cara kerja penyiapan alat theodolita antara lain : 1. Kendurkan sekrup pengunci perpanjangan 2.

Posisikan theodolite dengan mengendurkan sekrup pengunci centering kemudian geser kekiri atau kekanan sehingga tepat pada tengah-tengah titi ikat (BM). 12. Atur (levelkan) nivo kotak sehingga sumbu kesatu benar-benar tegak / vertical dengan menggerakkan secara beraturan sekrup pendatar / kiap di tiga sisi alat ukur tersebut. Beda tinggi tersebut ditentukan dengan garis-garis visir (sumbu teropong) horizontal yang ditunjukan ke rambu-rambu ukur yang vertical. Waterpas atau sipat datar bertujuan untuk menentukan beda tinggi antara titik- titik di permukaan atas permukaan bumi secara teliti. yaitu bidang yang ketinggiannya dianggap nol. Atur (levelkan) nivo tabung sehingga sumbu kedua benar-benar mendatar dengan menggerakkan secara beraturan sekrup pendatar / kiap di tiga sisi alat ukur tersebut. yaitu bidang equipotensial yang berimpit dengan permukaan air laut rata-rata (mean sea level). bidang ini dianggap sebagai bidang geoid. 10.2. Pekerjaan ini dilakukan dalam rangka penentuan tinggi suatu titik yang akan ditentukan ketiggiannya berdasarkan suatu system referensi atau bidang acuan. Bidang equipotensial disebut juga bidang nivo. Definisi dan kegunaan waterpass Waterpass (penyipat datar) adalah suatu alat ukur tanah yang dipergunakan untuk mengukur beda tinggi antara titik-titik saling berdekatan. 2. Lakukan pengujian kedudukan garis bidik dengan bantuan tanda T pada dinding.2.1. Sedangkan pengukuran yang menggunakan alat ini disebut dengan Levelling atau Waterpassing. Tinggi suatu obyek di atas permukaan bumi ditentukan dari suatu bidang referensi. 11.Waterpass 2. Kegunaan Waterpass :  Memperoleh pandangan mendatar atau lurus  Menentukan beda tinggi . Bidang ini selalu tegak lurus dengan arah gaya berat di mana saja di permukaan bumi. Dalam geodesi. 9. dilihat dari centering optic.

dimana teropong dengan nivo menjadi satu. Type otomatis (automatic level). b. Type nivo refreksi (wye level). d. Type semua tetap dengan sekrup pengungkit (dumpy tilting level). Type semua tetap (dumpy level). penyetelan kedudukan teropong di lakukan dengan tiga sekrup pengatur. e. sedangkan cara menggunakannya cukup di pegang dengan tangan. Komponen teleskop dipasang di silinder tabung. dimana alat ini hanya terdiri dari teropong yang di lengkapi dengan nivo. . c.2. pada jenis ini sumbu teropong dapat di setel dengan menggunakan sekrup pengungkit (tilting screw). 2. sehingga memungkinkan mendapatkan pembacaan yang akurat. Pada jenis ini kedudukan sumbu teropong akan horizontal secara otomatis karena di dalamnya di lengkapi dengan prisma-prisma yang di gantungkan pada plat baja.2. dimana teropong dapat di putar pada sumbu memanjangnya. Alat ukur waterpas dapat di golongkan ke dalam beberapa jenis. yakni : a. Bagian-bagian dan cara menggunakan waterpass Bagian Utama dari Waterpass adalah sebagai berikut : 1. Hand level. TELESKOP Instrumen leveling teleskop digunakan untuk menentukan garis pandang dan memperbesar pandangan lurus terhadap referensi.

Lensa mata Lensa mata adalah mikroskop (biasanya dengan perbesaran dari sekitar 25 sampai 45 tenaga) untuk melihat gambar. bersama-sama dengan pusat optik dari sistem obyektif. Fungsinya adalah untuk memfokuskan sinar cahaya yang melewati lensa objektif ke bidang reticle . Lensa negatif terletak antara lensa obyektif dan reticle . 3. yang terletak di sudut kanan satu sama lain untuk memfasilitasi pengaturan garis bidik. Fungsi utamanya untuk mengumpulkan sinar cahaya yang masuk dan mengarahkan mereka fokus kearah lensa negatif. Selama fokus . memiliki sumbu optik cukup konsentris dengan sumbu tabung. Lensa negatif . Kotak dari gelas itu diisi dengan eter atau alcohol dan diatas di bagian . slide lensa negatif bolak-balik sepanjang sumbu tabung .2. baik pengukuran mendatar maupun pengukuran tegak. Fokus adalah fungsi penting yang akan dilakukan dalam menggunakan teleskop. digunakan suatu alat yang dinamakan Nivo. Nivo Pada waktu melakukan pengukuran dengan alat-alat ilmu ukur tanah. Reticle ini terdiri dari sepasang garis acuan tegak lurus (biasanya disebut garis bidik ) dipasang pada arah fokus utama sistem optik . Lensa obyektif . membentuk apa yang disebut garis bidik. hingga bagian atas tidak tertutup. Menurut bentuknya Nivo dibagi dalam dua macam : 1. Nivo Kotak Yaitu terdiri atas kotak dari gelas yang dimasukkan dalam montur dari logam sedemikian. Pelat kaca di tempatkan dalam tabung silinder utama dengan dua pasang sekrup yang berlawanan. 6. Lensa obyektif ini terpasang di bagian depan badan dari pesawat sipat datar. juga kadang-kadang disebut garis collimation. Untuk mencapai keadaan dua sumbu itu. haruslah sumbu kesatu tegak lurus dan sumbu kedua tegak lurus pada sumbu ke satu. Titik potong garis bidik. 4. Garis bidik adalah garis-garis halus terukir di kaca bundar tipis. dipasang dibagian tersebut sehingga sumbu optik berhimpit dengan lensa objektif . Reticle . 5.

maka garis arah nivo tidak mendatar. Sekrup-sekrup level Sekrup-sekrup pengatur yang dipaki untuk mendatangkan level. hingga mempunyai bentuk bidang bulatan dengan jari-jari yang besar. dalam tutup kotak diberi bentuk bidang lengkung dari bulatan dengan jari-jari yang besar. 2. Lup Lensa yang bisa disetel menjadi alat pengamat melakukan pembidikan. Penahan sinar Sebuah tudung metal atau plastik yang dipasang di atas lensa obyektif untuk melindungi lensa tersebut dari kerusakan dan untuk mengurangi silau pada waktu level digunakan. Kait dan rantai ditempatkan tepat di tengah- tengah di bawah level. . Bagian kecil kotak itu berisi zat cair. Tombol focus tombol pengatur yang memfokuskan level sacara internal terhadap target yang dikehendaki. kait dan rantai. Tanda bahwa garis arah nivo mendatar adalah bila kedua ujung gelembung letak di sebelah kiri dan di sebelah kanan titik nivo T dengan jarak yang sama. tempat unting -unting digantung bila sudut pandang akan diputar. Adapun bagian-bagian yang lainnya adalah: a. Lup tersebut diputar agar salib sumbu bidik berada dalam fokus. c. b. Nivo Tabung Yakni terdiri atas tabung dari gelas yang berbentuk silinder. dengan bidang dalamnya yang diatas digosok. d.Unting- unting. Di bagian atas luar tabung diperlengkapi dengan garis-garis yang berjarak 2 mm (garis-garis paris). g. Piringan horizontal f. Teropong Tabung yang menjaga agar semua lensa dan gigi fokus berada pada posisinya yang benar. e. Alas Alas tipis berukuran 3 ½ x 8 “ yang mengikat alat pada tripod. sehingga bagian dari atas kelihatan gelembung. Apabila gelembung dalam keadaan lain.

Kaki tiga Kaki tiga digunakan untuk menyangga alas waterpass dan menjaganya tetap stabil selama pengamatan. n.h. . Yang penting dari rambu ukur ini adalah pembagian skalanya harus betul-betul teliti untuk dapat menghasilkan pengukuran yang baik. Nama dan nomor seri plat. Sumbu yang dapat digeser-geser Sebuah alat yang dimaksudkan untuk memungkinkan ditempatkannya sumbu alat tepat di atas suatu titik tertentu. Tabung nivo. Mistar ukur adalah sebuah pita ukur yang ditopang vertikal dan digunakan untuk mengukur jarak vertikal antara garis bidik dan sebuah titik tertentu yang berada di atas atau di bawah garis bidik tadi. m. j. Panjangnya 3 meter (ada yang 4 dan 5 meter). Sebuah sekrup pengatur untuk memperkirakan kelurusan antara salib sumbu bidik dan sasaran bidang horizontal. i. Sebuah tabung gelas bergraduasi yang berisi cairan yang sejajar dengan garis bidik teropongm. l. Di samping itu cara memegangnya harus benar-benar tegak (vertikal).Rambu ini terbuat dari bahan kayu atau aluminium.Kaki tiga ini mempunyai dua baut yaitu baut pertama digunakan untuk menentukan sambungan kaki dengan kepala sedangkan baut kedua digunakan untuk penyetelan kekerasan penggerak engsel antara kaki tiga dengan kepalanya. Sekrup tengensial horizontal. k.

sebaiknya pada hari berawan bebas dari gelombang panas. 5. Pastikan kaki tripod menancap kuat dan instrumen yang mengacaukan ke tripod tegas. Berdirikan Rambu Ukur pada tempat yang Kita Ukur(Pastikan Rambu ukur Dalam Keadaan Tegak). Lakukan pengaturan ketika kondisi cuaca dalam keadaan baik.kemudian kunci gerak halus horisontalnya. 5. Pilih medan yang memungkinkan setup penuh di daerah yang memungkinkan mendapatkan pemandangan yang luas. Atur Fokus Benang Diafragma dan gerak halus horisontalnya. atau dilindungi dari sinar matahari langsung. Tempatkan instrumen di tempat teduh. Tidak terlihat garis harus melewati alternatif matahari dan bayangan. pemeriksaan terakhir dari semua pengaturan harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua telah selesai dengan benar . Tekan kaki tripod ke dalam tanah dengan kuat. 3. Berdirikan Alat 2. Centring alat dengan mengatur Kiap(Pastikan alat dalam keadaan Datar) 3. Standar metode dan urutan yang ditentukan harus diikuti dalam menyetel atau mengatur instrumen survei. Catat hasil Ukurannya. Melonggarkan atau mengencangkan mur pengaturan dengan tepat dan sekrup dengan alat khusus dan pin mencapai posisi yang benar. sedikitnya 200 ft harus dibuat dalam arah yang berlawanan. 4. Melalui benang yang ada di rambu ukur. atau diarahkan ke matahari. Sebarkan kaki tripod dengan baik sehingga posisi plat tripod mendekati datar. Cara pengukuran topografi menggunakan waterpass: 1. 2. 4.Cara Penggunaan Alat Penyipat Datar Waterpass Persyaratan untuk Pengujian dan Menyesuaikan Instrumen Sebelum pengujian dan pengaturan instrumen : 1. .

Waterpass digunakan untuk mengukur beda tinggi antara titik-titik saling berdekatan. Setel sekup yang berada paling bawah theodolite secara bersama sehingga gelembung nivo tepat ditengah. Theodolite digunakan untuk memetakan suatu wilayah dengan cepat (peta situasi dan peta kontur tanah) dan Bisa digunakan untuk pengukuran bendungan. untuk membidik objek digunakan teropong yang besar. Cara menggunakan theodolite yaitu dengan memasang patok terlebih dahulu. . BAB III KESIMPULAN 1.Setelah itu theodolite dipasang diatas kepala statif dan kunci theodolite dengan pengunci. Kemudian mengatur fokus benang dan melihat posisi benang halus tersebut. tebing. 2. dan jalan. Waterpass lebih digunakan untuk memberikan sifat datar pada jalan raya dan bangunan.siapkan statif dan kunci statif tepat ditengah patok sehingga patok terlihat dari kepala statif. sungai. Cara menggunakan waterpass yaitu dengan cara memasang penopang alat waterpass kemudian meletakan rambu ukur di tempat yang akan kita ukur.

com/cara-menggunakanmengoperasikan-theodolite/ Wongsotjitro.Surveying for Construction.C.Dasar Pengukuran Tanah (Surveying) .. R.S. Yayasan Kanisius 1980. Paul . Brinker. 1974..graw-Hill Book Company United. Ilmu Ukur Tanah. W...WLF.wordpress. Mc. DAFTAR PUSTAKA http://cwienn. Irvine.com/2009/06/01/pengenalan-theodolite/ http://tugasakhirteknik. Dasar ..