BAB I

PENDAHULUAN

A. TUJUN DAN MANFAAT RKT SEKOLAH/MADRASAH
Salah satu tujuan utama pemerintah adalah menuntaskan Pendidikan Dasar 9 Tahun.
Mulai dari Undang-Undang Dasar, Undang-Undang Perlindungan Anak, Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional dan peraturan-peraturan yang ada saat ini telah menggambarkan dengan
sangat jelas keseriusan pemerintah untuk menyediakan pendidikan dasar bagi semua anak
berumur 7 (tujuah) sampai dengan 15 (lima belas) tahun. Untuk tujuan tersebut Departemen
Pendidikan Nasional telah memilih Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai salah satu
strategi untuk mencapai tujuan pendidikan dasar tersebut. Dalam rencana strategis (Renstra)
Depdiknas disebutkan bahwa semua sekolah/madrasah sudah menarapkan MBS pada akhir 2009.
Pada tahun 2005, pemerintah memperkenalkan Program Bantuan Operasional Sekolah
(BOS). Program ini bertujuan untuk memperkecil hambatan terbesar penyelenggaraan pendidikan
dasar, yaitu terlalu besarnya biaya yang harus ditanggung oleh orang tua peserta didik. Program
BOS ini memberikan subsidi kebutuhan belanja sekolah/madrasah kepada semua sekolah
dasar/madrasah ibtidaiyah, serta sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (negeri dan
swasta), sehingga biaya pendidikan secara keseluruhan akan berkurang.
Bagi orang tua peserta didik, program BOS ini akan membantu dalam:
 Mengirim anak-anak ke sekolah/madrasah (peningkatan akses);
 Membuat anak-anak tetap bersekolah (pengurangan putus sekolah/dropout);
 Mengirim anak-anak ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi (peningkatan transisi dari
sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah ke sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah).
Sedangkan bagi sekolah/madrasah, program ini akan:
 Meningkatkan mutu pendidikan, dan
 Mengembangkan otonomi sekolah/madrasah.
Melalui program BOS ini, pendapatan sekolah/madrasah meningkat secara signifikan.
Jumlah ini akan terus bertambah sejalan dengan upaya pemerintah (pusat dan daerah) untuk
meningkatkan anggaran pendidikan hingga mencapai 20% dari APBD/APBN, sebagaimana telah
digariskan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Selain itu, pendapatan sekolah/madrasah juga
akan masih bertambah lagi dari dana masyarakat sebagai akibat dari peningkatan kesadaran dan
partisipasi masyarakat dalam pembiayaan sekolah/madrasah (pendidikan).

RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 1

khususnya Bab II. Salah satu RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 2 . yaitu: Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. baik dari jumlah maupun mutu. Untuk mencapai hal tersebut. mengembangkan. Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. yakni program Wajib Belajar. serta Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005 – 2009. RKT yang akurat. Dengan proses penyusunan yang melibatkan semua pemangku kepentingan. LANDASAN HUKUM RKT dirumuskan berdasarkan peraturan-perundangan yang berlaku. Sekolah/madrasah juga harus bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan hal-hal tersebut di atas. mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat dipenuhi. Salah satu kebijakan pemerintah sekarang ini adalah mengembangkan otonomi sekolah/ madrasah. melakukan perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti dalam sebuah ’dokumen kunci’ yang bernama Rencana Kerja tahunan (RKT). keterbukaan dan akuntabilitas. B. Sekolah/madrasah harus memperbaiki proses pembelajaran. Manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS) merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kebijakan tersebut. terutama untuk anak dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Sekolah/madrasah harus mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. disebutkan bahwa lingkup standar nasional pendidikan meliputi 8 standar. semua tindakan sekolah/madrasah harus akuntabel dan transparan agar sekolah/madrasah memperoleh kepercayaan (trust) dari semua pemangku kepentingan. Hanya melalui perencanaan yang efektif. Pasal 2. sekolah/madrasah tidak punya pilihan selain ”berpikir sebelum bertindak”. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. termasuk meningkatkan manajemen di ruang kelas. mengelola dan mengerahkan sarana dan prasarana pendidikan dan sumberdaya lainnya secara lebih baik. Sebagai ujung tombak pelaksanaan program pendidikan dasar ini. Untuk itu. Perencanaan sekolah/madrasah merupakan aspek kunci MBS. RKT akan dapat diakses oleh semua pihak dan dilaporkan pada publik sehingga akan dapat memenuhi tuntutan publik. Melalui RKT diharapkan agar dana yang tersedia dapat dibelanjakan secara bijaksana. Sekolah/madrasah harus menyediakan. penerapan MBS dan BOS harus ditanggapi secara positif sehingga penyelenggaraan program pendidikan dasar ini dapat benar-benar direalisasikan. Permendiknas No. benar dan terkini juga akan membantu sekolah/madrasah memenuhi tuntutan publik akan perlunya partisipasi.

Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS) dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah. Dalam Permendiknas No. ayat (1) bahwa setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka pendek satuan pendidikan yang meliputi 1 (satu ) tahun. standar tersebut adalah standar pengelolaan. Lebih lanjut disebutkan dalam Pasal 53. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/madrasah wajib membuat: 1). 2). Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 3 .

DAN TUJUAN SEKOLAH A. VISI SEKOLAH/MADRASAH “Terwujudnya warga sekolah yang berilmu. Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan terhadap agama yang dianutnya untuk menbentuk pribadi yang baik 3. antara lain : CTL. C. Pakem. Meraih kejuaraan dalam bidang akademik dan non akademik di tingkat kabupaten. RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 4 . serta melatih diri dalam mencintai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. MISI SEKOLAH / MADRASAH 1. menjadikan warga sekolah memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup dan alam sekitar.. effektif. TUJUAN SEKOLAH/MADRASAH 1. BAB II VISI. terampil. Melestarikan budaya daerah melalui pelajaran muatan lokal bahasa Jawa dengan indikator siswa dapat berbahasa Jawa dengan baik dan benar sesuai dengan falsafah ”Bahasa menunjukkan Jatidiri Bangsa” disamping itu mengembangkan bahasa Inggris untuk menghadapi tantangan global. dan kreatif berdasarkan iman dan taqwa” B. dan hari esok lebih baik daripada hari ini” 8. 4. kreatif. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang aktif. 5. serta layanan bimbingan dan konseling. Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan melalui kegiatan upacara dan pramuka. 5. Menumbuhkembangkan hiduo gotong royong serta peduli kepada sesama dengan berorientasi pada rasa kesetiakawanan dan melu handarbeni. serta mendorong siswa memiliki toleransi antar umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya. 3. 2. dan menyenangkan. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Mengoiptimalkan peranan pendidikan agama dengan lebih menekankan pada kegiatan praktik. Menciptakan suasana yang kondusif untuk mengeffektifkan kegiatan sekolah. Melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah. MISI. Mengoptimalkan peranan sekolah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan semboyan ”hari ini lebih baik daripada hari kemarin. Mengembangkan pribadi yang cinta tanah air. 7. 2. mulat sarira hangrasa wani. bakti sosial. Life Skill. 4. 6.

dan IPA dari 6. Keterlibatan komite sekolah dalam Komite sekolah terlibat dalam Melibatkan komite dalam penerimaan Terlibatnya komite sekolah dalam PPD KS. Guru tika dan IPA dari 6.12 ke 7. Mempertahankan siswa naik kelas Memberdayakan 6 orang guru meng.00 dan 7.50 7.50 IPA Pendidikan dan Tng Kependidikan 9. Komite anak 28 siswa kelas I dari 121 jadi 129 2. 3 orang pendidik yang belum me Peningkatan tenaga pendidik agar Mengajukan usul Bantuan pendidikan Terlaksananya 3 orang guru menyele. berbakat.Peningkatan nilai rata-rata Matemati Melaksanakan pengayaan 2 minggu Tercapainya nilai rata-rata Matematika.Mengirimkan 6 orang guru dalam gunakan metode yang tepat KS. Kepala Sekolah miliki kualifikasi akademik pendidik berkualifikasi S-1. 8.50 7.00 dan 7. BAB III PROGRAM KEGIATAN STRATEGIS (E-1) Sasaran Program Kegiatan Indikator kegiatan Penanggungjawab Kesiswaan 1.67 ke 7. IPA dari 6. Guru dengan prosentase 100% gunakan metode yang tepat pelatihan Terbinanya siswa yang ber-bakat 5. bagi 18 anak yang rangking 3 besar tasi. Guru akademik secara effektif dsn demik secara effektif dsn effisien untuk 2 cabang lom-ba non akademik effisien Kurikulum Kegiatan Pembelajaran 7. berbakat dan berpres. kepada Pemerin-tah Daerah saikan kualifikasi pendidikan S-1 an S-1 RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 5 . Sekolah memiliki silabus dan RPP Menyusun Silabus dan RPP semua Menyediakan anggaran pe-nyusunan Tersusunnya silabus & RPP semua Guru yang lengkap mata pelajaran silabus dan RPP untuk 8 mata mata pelajaran pelajaran dan Muatan Lokal.12 ke 7.67 ke 7. Menyediakan anggaran bagi siswa Memberikan bantuan 1 set alat tulis yang cerdas. KS.Menyediakan anggaran pembinaan akademik secara ef-fektif dan effisien.00 dan ka. Meningkat nilai rata-rata Matema. cerdas. Pembinaan secara khusus kepada Membina secara khusus kepada siswa Menyediakan anggaran les 2 minggu Guru Kelas siswa berbakat berbakat sekali untuk siswa berprestasi Mempersiapkan peserta lomba non 6. Terlatihnya 6 orang guru dalam meng- 4.67 ke 7.12 ke sekali untuk mapel matematika. dan berprestasi. dan berprestasi. Pembinaan peserta lomba non Membinaan peserta lomba non aka. Jumlah siswa bertambah 8 Meningkatan jumlah siswa sebanyak 8 Memberi bantuan 1 set alat tulis pada Tercapainya pnambahan jm lah siswa KS. Komite penerimaan peserta didik penerimaan peserta didik pe-serta didik Tersedianya anggaran bagi siswa 3. Anggaran bagi siswa yang cerdas. Komite berbakat.

Komite ja. 5 papan tulis tulis 5 papan tulis 11.Mengirimkan komite mengikuti dik . 5 almari. 5 papan kursi. beru-pa 100 meja. 7 alma rai. Komite sebagai kontrol dan penghubung fungsi komite. 200 kursi. Program Kerja Lainnya 14. Memiliki buku murid dengan ratio Kelengkapan buku murid dengan rasio Membeli 484 eksemplar bu-ku siswa Dimilikinya buku murid dengan rasio KS. Keuangan & Biaya 12. Sasaran Program Kegiatan Indikator kegiatan Penanggungjawab Sarana dan Prasarana 10. KS.Pengiriman peserta diklat pengu. KS. Komite wali murid PSM dan Kemitraan 13. 5 almari. 5 almari. Komite 1:1 1:1 1 : 1. Mengupayakan perba ikan 100 me Perbaikan perabot 100 meja. Guru seminggu sekali pramukaan. Dana dampingan BOS Pengumpulan dana Melaksanakan Rapat Pleno dengan Terkumpulnya dana dari luar BOS KS.Peningkatan peran dan fungsi KS. 200 kursi. Komite lat penguatan komite sekolah atan komite sek. 200 kursi. RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 6 . Komite Sekolah Peran dan fungsi Komite Se-kolah . Kepramukaan Program Kepramukaan Melaksanakan latihan kepramukaan Sekolah memiliki program latihan ke.Sosialisasi tentang peran dan . dan 5 papan tulis. Komite Sekolah sbg kontrol dan penghubung . 200 Mengajukan proposal kpd pihak terkait Diperbaikinya perabot berupa 100 KS. meja.

Guru . Guru . Belanja Operasional dan Perawatan a. Kegiatan Daerah Binaan . Kegiatan KKG dan KKKS .Membayar alat ekstrakurikuler . Laporan Pendidikan . Pengembangan Profesi Guru . Kegiatan Upasara dan Lomba . Gr Kelas. Terlaksananya upacara & lomba . Keg. Membiayai kegiatan Diklat . Kepala Sekolah d. Mapel penyayaan materi dan penyayaan materi . Pendidikan dan Pelatihan . . Kegiatan UKS dan Dokter Kecil . Inventaris Sekolah . Kegiatan Keagamaan . Membayar kegiatan UUS/UKK . Kegiatan UUTS . Terlaksananya kegiatan Rapat RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 7 . Buku Teks Pelajaran dan PBS . Terselenggaranya keg. kemah . Sekolah. Guru . Membiayai kegiatan Rapat . Membayar kegiatan UUTS . Terbayarnya 121 eks buku PAI . ATK dan Bahan Habis Pakai . Guru . Proses Pembelajaran . Kep. Terlaksananya keg. Terlaksananya lap. Kep. Membiayai Pesta Siaga. Sekolah. . Terbayarnya kegiatan UUTS . Perlengkapan Pendidikan . Terlaksananya pelatihan DK . Terlaksananya kegiatan PPDB . dan kebutuhan rumahtangga b. Kep. Membiayai kegiatan KKG/KKKS . Pelatihan Dokter Kecil . Membiayai Pesantren Kilat . Kep. Kegiatan Olahraga dan Seni .Membayar administrasi sekolah . Sekolah. Kep. Kep. Kep. Langganan Daya dan Jasa .Membayar Pendukung PBM. Sekolah. Terbelinya perlengkapan OR . pendidikan . TU. Terlaksananya Pesantren Kilat . Belanja Barang dan Jasa a. Guru .Membayar rekening listrik . Terbayarnya pendukung PBM. Kegiatan Rapat . Terlaksananya kegiatan remidial . Gr. Sekolah. Kegiatan Kepramukaan . pendidikan . Remidi dan Pengayaan . Membiayan kegiatan Lomba . Kegiatan UASBN dan ujian Sek . Membiayaai kegiatan PPDB . Honor Tenaga Wiyata Bhakti Honorarium Tenaga Wiyata Bhakti Membayar honor 2 orang GWB dan Terbayarnya honorarium dua orang Kepala Sekolah 1 orang PTT GWB dan seorang PTT b. ATK dan bahan Habis Pakai . Terlaksananya pesta siaga. BAB IV KEGIATAN OPERASIONAL (E-2) Kategori Sasaran Kegiatan Indikator Penanggungjawab 1. Terbayarnya kegiatan UUS/UKK . Kep.Kepala Sekolah dan kebutuhan rumahtangga TU. . - 2. Terbayarnya rekening listrik . Kep.Membayar 121 eks buku PAI dan . Kegiatan Kesiswaan . Perlengkapan Pendidikan . Penerimaan Peserta Didik baru . Terkirimnya kegiatan diklat guru . Membayar kegiatan ujian . Kepala Sekolah e. . Porseni . Membayar keg lap. Terlaksananya kegiatan Dabin . Guru b. Sekolah. Sekolah. Kepala Sekolah 121 eks buku SBK dan 121 eks buku SBK 3. Sekolah. Lomba dan Kreatifitas . Langganan Listrik . Guru c. Sekolah. Peringatan Hari Besar . Kepala Sekolah c. Terlaksananya kegiatan Lomba . Panitia PPDB . kemah . Belanja Pegawai a. Membayar kegiatan remidial dan . Kesejahteraan Kesejahteraan . KKG/KKKS . Guru . Membiayai kegiatan Porseni . Inventaris Sekolah . Buku Pelajaran dan Penunjang . Membiayai kegiatan dabin . Terbayarnya kegiatan ujian . Guru . Terbayarnya buku administrrasi . Kegiatan Ulangan Semester . Guru . Kep. Sekolah.

Kategori Sasaran Kegiatan Indikator Penanggungjawab d.Menyelesaikan bangunan gapura . Sekolah. Biaya Pembangunan .Pengelolaan Dana BOS . Guru c.Kep. Pemeliharaan dan Perawatan . Terlaksananya bangunan gapura .KS. Bayar pengelolaan dana BOS . Guru 4. Foto Kelas I dan VI . . Dana BOS . . Guru. Subsidi Siswa . Terlaksananya rehab paving sek . - 5.Kepala Sekolah . - b.KS. Gapura Sekolah . . Biaya Rehabilitasi . . Paguyuban Wali Murid . Belanja Pembangunan dan Rehab a. Belanja Tak Terduga dan Lain-lain a.Membiayai foto Kelas I dan VI . Pavingisasi . Sanitasi Sekolah . Terbayarnya foto Kelas I dan VI . . . Sekolah. Terawatnya sanitasi sekolah .Perawatan sanitasi sekolah . Komite . Pengelolaan Dana BOS . Bendahara b.Merehab paving halaman sekolah .Kep. - RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 8 .

- 12.Membayar kegiatan UUTS . v .Membiayai kegiatan Diklat .Menyelesaikan bangunan gapura . . Kegiatan Rapat . Penerimaan Peserta Didik baru . Langganan Listrik . v v . . . .Membiayan kegiatan Lomba v v v v v v v v v v v v 11. . v . . Pavingisasi .Membiayai kegiatan Porseni . v v - 10. . Sanitasi Sekolah . v . . v v - 14. Perlengkapan Pendidikan . . . . .Membayar kegiatan UUS/UKK . v .Membayar keg lap. .Membiayaai kegiatan PPDB v .Kegiatan Upacara dan Lomba . . .Membayar kegiatan ujian . . .Pelatihan Dokter Kecil . . . v . . v . . . . Honor Wiyata Bhakti . . . . - 3. . . Kegiatan Daerah Binaan . . Kegiatan Ulangan Semester . . Kegiatan UKS dan Dokter Kecil . Gapura Sekolah . Lomba dan Kreatifitas . v 25.Membayar honor 2 orang GWB dan 1 orang PTT v v v v v v v v v v v v BARANG DAN JASA 2. . . . . . . Pendidikan dan Pelatihan . . . Kegiatan Keagamaan . . Kegiatan UASBN dan ujian Sek . . Laporan Pendidikan . . . v . . . . - 8. .Membiayai Pesta Siaga. . . TU. . Pengelolaan Dana BOS . . . v . v . . . . . . v v . . . . . . - BELANJA OPERASIONAL DAN PERAWATAN 7. - 20. Subsidi Siswa . pendidikan . . . . . . - 9. . . v - 17. . Kegiatan Kepramukaan .Perawatan sanitasi sekolah v v v v v v v v v v v v BELANJA TAK TERDUGA DAN LAIN-LAIN 26. . Kegiatan Olahraga dan Seni . Kegiatan KKG dan KKKS . . . . . . . - 13. . . v - 18. . - RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 9 . . .Subsidi Siswa . . . . Peringatan Hari Besar . Inventaris Sekolah . . . . - 16.Pengelolaan Dana BOS v v v v v v v v v v v v 27. . Kegiatan UUTS . Remidi dan Pengayaan . . Buku Teks Pelajaran dan PBS . . v . . v v v v . .Membiayai Pesantren Kilat . - 4.Membayar alat ekstrakurikuler .Membiayai kegiatan dabin v v v v v v v v v v v v 22. .Membiayai kegiatan Rapat v v v v v v v v v v v v 23. . . . . .Membayar administrasi sekolah v . . v 19. . . . . v . v . . dan kebutuhan rumahtangga v . . . . .Membayar 121 eks buku PAI dan 121 eks buku SBK v . . . .Membayar kegiatan remidial dan penyayaan materi v v v v v v v v v v v v 15. . BAB V JADWAL PROGRAM KEGIATAN TAHUNAN (E-3) BULAN SASARAN PROGRAM DAN KEGIATAN OPERASIONAL 7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 BELANJA PEGAWAI 1. . - 24. .Membiayai kegiatan KKG/KKKS v v v v v v v v v v v v 21. . Keg.Merehab paving halaman sekolah . - 5. .Membayar rekening listrik v v v v v v v v v v v v 6. v . . . v . . kemah .Membayar Pendukung PBM. v . . . . v . . . . . . ATK dan Bahan Habis Pakai .

- .000 .399.000 .000. - .000 . . . - .000 .Pelatihan Dokter Kecil 372. - . .790.000 6.000 .Membayar administrasi sekolah 300.000 . . . dan kebutuhan rumahtangga 2.000 . . . . pendidikan 450. .Dana Cadangan dan Subsidi Siswa 2.000 .395.000 300. .Membiayai kegiatan KKG/KKKS 360.Membayar honor 2 orang GWB dan 1 orang PTT 9. - BELANJA TAK TERDUGA DAN LAIN-LAIN .Membayar kegiatan remidial dan penyayaan materi 1.250 .000 550. - . . .000.000 . .000 .Membiayai kegiatan Dabin dan Konferensi Dinas 900. kemah 1.000 1. .000 1. .Membiayai Pesantren Kilat 1. .000 . . .179. - . dan Orkes 1.Membiayaai kegiatan PPDB 280.Membiayan kegiatan Lomba 372.Perawatan sanitasi sekolah 209.116. .000 9. - . . . .Pengelolaan Dana BOS 700. . - . .452750 . - BELANJA OPERASIONAL DAN PERAWATAN . - RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 10 .000 372. .179. . .000 2.116. - .000 8. . - . TU.402. - .000 . - .000.250 209. .116.000 1. .000 .779.000 1. . - .Membayar alat ekstrakurikuler 1. . .000. .000 450.000 1. .000 .000 279. - .000 .000 . .Membiayai pengecatan .Membayar rekening listrik 300.000 1.Membayar Pendukung PBM.Membiayai kegiatan Diklat 800. . RENCANA BIAYA DAN SUMBER PENDANAAN (TABEL E-5) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 URAIAN PROGRAM DAN KEGIATAN OPERASIONAL Rencana Biaya BOS Komite APBD II APBD I APBN BELANJA PEGAWAI .Membiayai kegiatan Porseni 1. . .000 .Membayar kegiatan UUTS/UUS/UKK/Ujian 8.402.000 300. - . . - . .Kegiatan Upacara dan Lomba 550. - .000 700.000 . .Menyelesaikan perbaikan mebelair dan fasilitas lainnya 279.000 372.Membayar keg lap. .Membiayai Pesta Siaga. - .116. .000 .000 .000 360. . . .000 900. .399.000 280.Membayar 93 eks buku Pendidikan Jasmani.779. .395. - BARANG DAN JASA .000 800. BAB VI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH A. - . . - .000 .

1.850 Jumlah defisit 7. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) Pendapatan Belanja No Uraian Jumlah No Uraian Jumlah 1.000 Jumlah Belanja 47. APBD Kabupaten . Pendidik & tenaga kependidikan 105.850 RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 11 .250 5 Usaha Sekolah . Orang tua murid . APBD Propinsi/Dana Pendamping 2.078. PSM dan Kemitraan 0 c.850 Jumlah Seluruhnya 47. Barang . Belanja Tak Terduga dan Lain-lain 2. Belanja Pegawai 9.790. 5. Belanja Operasional dan Perawatan 177. BOS 36. 4.B.808. 8. Belanja Pembangunan dan Rehabilitasi 0 6 Lain-lain .000 a. 2.056. Rutin Dari Pemerintah .711. Budaya dan lingkungan Sekolah 550.850 Jumlah Seluruhnya 47. Pegawai .000 b. Kurikulum dan Pembelajaran 1.790. 3.000 d.84. Bantuan 5.000 c. Keuangan dan Pembiayaan 1.000 Jumlah Pendapatan 39. BOS Buku .016. Rencana kerja Lain 1. Sukarela 2.800 a. 7.921. Kegiatan Kesiswaan 4. Sarana dan Prasarana 2. 4.210.305. Sisa Tahun Lalu .000 0 e.800 3.860. I Program Kegiatan Strategis 2. 3.016.000 b. II Kegiatan Operasional 0 4 Komite 1.000 a. APBN .000. Pemeliharaan .774.000 6.016. Barang dan Jasa 5.000 b.

Dokumen ini masih bersifat terbuka. kalimat dan jumlah angka yang belum sesuai yang diharapkan semua pihak.hidayah serta inayah Amin RKT SD Negeri 1 Asemrudung Page 12 . masukan dan bimbingan demi kesempurnaan dan keberhasilan program kami. Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dilaksanakan oleh Tim yang terdiri Kepala Sekolah . Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah kegiatan operasional selama 1 (satu) tahun yang dijabarkan menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) 3. Setiap program/kegiatan dapat dimonitor dan dievaluasi. dengan harapan untuk mendapat masukan. kritikan. Adapun penyusunan Rencana Kerja Sekolah dimaksud dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Semoga Allh SWT selalu bersama kita dan selalu memberikan limpahan taufik . kritikan serta bimbingan yang bertujuan untuk kesempurnaan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) ditahun mendatang Demikian secara singkat kesimpulan yang kami buat. Oleh sebab itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan selanjutnya kami dengan senang hati menerima tanggapan. kritikan. yang akhirnya dapat digunakan sebagai dasar penyusunan program pada tahun berikutnya. BAB VII PENUTUP KESIMPULAN Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2011/2012 ini disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan setiap program/kegiatan dapat dilaksanakan dan dievaluasi secara transpran.Guru dan komite Sekolah 2. Akhirnya kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan dokumen Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Akhirnya kami sadar bahwa dalam proses penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun anggaran 2011/2012 masih banyak kekurangan baik dalam penyusunan data. dapat dipertanggungjawabkan serta dievalusi. 5. masukan dan bimbingan demi keberhasilan program kami. dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan serta hambatannya dalam satu tahun berjalan. Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) memuat program-program strategi dan rutin yang pelaksanaan terjadwal secara rinci 4. semua kami serahkan kepada pemangku kepentingan untuk memberikan tanggapan.