Tindakan Pencegahan dalam Pengukuran

Kebisingan
on May 23, 2011 at 9:12 am
http://i1.wp.com/www.konsultank3.com/wp-content/uploads/2011/07/Tindakan-Pencegahan-
dalam-Pengukuran-Kebisingan.jpghttp://i1.wp.com/www.konsultank3.com/wp-
content/uploads/2011/07/Tindakan-Pencegahan-dalam-Pengukuran-Kebisingan.jpg
1. Catat sebelum pengukuran
Catat tanggal dan waktu pengukuran, lokasi, kondisi cuaca, nama-nama personil, tinggi
mikrofon, lingkup pengukuran, konpensasi frekwensi dari meteran tingkat kebisingan, kecepatan
pencatuan kertas dari perekam tingkat, model peralatn dan pabrik peralatan.
2. Pengaruh Angin
Waktu mengukur kebisingan di luar rumah, pasanglah layar pencegah angin pada mikrofon dari
meteran tingkat kebisingan.
3. tempat pengukuran
Pilihan lokasi yang tidak di pengaruhi oleh suara yang tidak bergema atau yang terpengaruh oleh
medan magnetik, getaran-getaran, atau suhu ekstrim atau kelembaban.
4. Periode Pengukuran
Pilih waktu yang kebisingan latar belakangnya stabil dan tidak ada sumber-sumber lainnya yang
mempengaruhu pengukuran-pengukuran.
5. Mengatur Lingkup
Dapatkan ide tentang tingkat tekanan suara berbobot A sebelum pengukuran, kemudian stel skala
penuh dengan kelonggaran tertentu yang bertanggung jawab atas waktu pengukuran penuh.
http://www.konsultank3.com/tindakan-pencegahan-dalam-pengukuran-kebisingan-327.html

Jenis Kebisingan
on May 16, 2011 at 7:39 am
http://i0.wp.com/www.konsultank3.com/wp-content/uploads/2011/07/Jenis-Kebisingan.jpg

Je n is e b
K is in g a n

http://i0.wp.com/www.konsultank3.com/wp-

content/uploads/2011/07/Jenis-Kebisingan.jpgSteady State Noise adalah kebisingan dimana
fluktuasi dari intensitasnya tidak lebih dari 6 dB. Sebagai contoh, suara yang ditimbulkan oleh
kompresor, kipas angin, dapur pijar (Steady State wide Band Noise); suara mesin gergaji sirkuler
(Circilar Chain Saw), dan suara yang ditimbulkan oleh katup (Steady State Narrow Band Noise).
Impact/Impulse Noise, adalah kebisingan yang ditimbulkan oleh sumber tunggal atau bunyi yang
pada saat tertentu terdengar secara tiba-tiba, misalnya kebisingan yang oleh ledakan bom atau
meriam, sedangkan impulsive berulang terjadi pada mesin produksi di industri.
Intermitten/Interuted Noise adalah kebisingan dimana suara mengeras dan kemudian melemah
secara perlahan-lahan. Sebagai contoh, kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan lalu lintas
atau pesawat yang tinggal landas.

Pengukuran Kebisingan
on May 20, 2011 at 8:30 am
http://i2.wp.com/www.konsultank3.com/wp-content/uploads/2011/07/Pengukuran-
Kebisingan.jpg?resize=263%2C299http://i2.wp.com/www.konsultank3.com/wp-
content/uploads/2011/07/Pengukuran-Kebisingan.jpg?resize=263%2C299Pengukuran
kebisingan bertujuan untuk membandingkan hasil pengukuran pada suatu saat dengan standar
atau Nilai Ambang Batas (NAB) yang telah ditetapkan.
Pengukuran yang ditunjukan hanya sekedar untuk mengendalikan terhadap lingkungan kerja
dilaksanakan di tempat di mana pekerja menghabiskan waktu kerjanya serta dilaksanakan pada
waktu pagi, siang, dan sore hari.
Alat yang digunakan untuk pengukuran intensitas kebisingan adalah Sound Level Meter (SLM)
yang mempunyai beberapa jenis antara lain :
1. Precision Sound Level Meter
2. General Purpose Sound Level Meter
3. Survey Sound Level Meter
4. Special Purpose Sound Level Meter

Kebisingan dan Pencegahannya
 6 Comments
by M.Nuruddin
Pendahuluan
Industrialisasi akan selalu diiikuti oleh penerapan tehnologi tinggi, penggunaan bahan serta
peralatan yang lebih komplek, namun sering kali berakibat buruk baik terhadap manusia maupun
lingkungan.
Ditempat kerja terdapat beberapa bahaya yang mempengaruhi lingkungan kerja seperti faktor
fisika, kimia, biologi, ergonomi serta psikologi.
Kebisingan merupakan sumber bahaya dari faktor fisika di tempat kerja, yang sumber bahaya
tersebut perlu dikendalikan agar tercipta lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman dan
produktif bagi tenaga kerja.

wordpress. Gendang telinga adalah selaput tipis yang dilapisi oleh kulit. Bagaimana telinga kita bisa mendengar ? Telinga dibagi menjadi 3 bagian : .com/2012/11/2r egzli1. karena sel rambut yang rusak tidak dapat tumbuh lagi maka bisa terjadi kerusakan sel rambut progresif dan berkurangnya pendengaran Jenis Kebisingan 1. teapi juga di sekitar kita seperti suara pesawat terbang.com/2012/11/2ls8jnn3. kipas angin. yang memisahkan telinga tengah dengan telinga luar. Getaran dari gendang telinga diperkuat secara mekanik oleh tulang-tulang tersebut dan dihantarkan ke jendela oval.files. dll. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20.Bagian Luar .files. Gelombang saraf ini lalu berjalan di sepanjang serat-serat saraf pendengaran yang akan membawanya ke otak. suara senapan. Bising intermitten (terputus putus) yang terjadi tidak terus menerus seperti suara lalu lintas.wordpress.w ordpress.jpghttp://nuruddinmh. dll.files. 1993).wordpress. Sel rambut yang berbeda memberikan respon terhadap frekuensi suara yang berbeda dan merubahnya menjadi gelombang saraf.jpg Suara yang ditangkap oleh daun telinga mengalir melalui saluran telinga ke gendang telinga.files. 2.bagian Tengah .Pengertian Kebisingan Masalah kebisingan tidak hanya merupakan masalah di tempat kerja saja.jpghttp://nuruddinmh. Bising kontinu (terus menerus) seperti suara mesin.com/2012/11/2ls8jnn3. suara pesawat terbang .jpg http://nuruddinmh. Getaran suara yang dihantarkan dari tulang pendengaran di telinga tengah ke jendela oval di telinga dalam menyebabkan bergetarnya cairan dan sel rambut. Pengertian kebisingan adalah bunyi atau suara yang timbul yang tidak dikehendaki yang sifatnya mengganngu dan menurunkan daya dengar seseorang (WHS.Bagian Dalam http://nuruddinmh. Suara yang sangat keras menyebabkan kerusakan pada sel rambut.com/2012/11/2regzli1.000 Hz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responsnya.

files.files.files.files. Bising Impulsif yang memiliki perubahan tekanan suara melebihi 40 dB dalam waktu yang cepat sehingga mengejutkan pendengarnya seperti suara senapan. Sumber Kebisingan Gambar di bawah adalah ilustrasi sumber kebisingan http://nuruddinmh.wordpress. dll 4. 13/Men/X/2011 http://nuruddinmh.wordpress.jpg Tabel dibawaha adalah NAB Kebisingan sesuai Permenaker No.jpghttp://nuruddinmh. emosi dll. Penurunan pendengaran sensorineural tipe koklea pada kedua telinga. kurang konsentrasi.jpg Pengaruh Kebisingan terhadap tenaga kerja adalah sebagai berikut : 1. bahkan bisa berakibat kepada kecelakaan karena tidak dapat mendengar isyarat ataupun tanda bahaya.wordpress.jpghttp://nuruddinmh.wordpress. 48 tahun 1996 http://nuruddinmh. Faktor yang mempercepat GPAB/NIHL adalah pajanan intensitas kebisingan melebihi NAB (>85 dbA selama 8 jam).wordpress.com/2012/11/buml-kebisingan1.com/2012/11/buml- kebisingan1.jpghttp://nuruddinmh. Penelitian yang dilakukan oleh . 3. com/2012/11/permen13. yaitu untuk lingkungan dengan waktu pajanan 24 jam yang kita kenal dengan Baku Mutu Lingkungan dan untuk tempat kerja dengan waktu pajanan 8 jam kerja atau Nilai Ambang Batas (NAB).com/2012/11/permen13. mercon.com) Di Indonesia penelitian tentang gangguan pendengaran akibat bising telah banyak dilakukan sejak lama.files. Gannguan pendengaran ini bersifat progresif tapi apabila tidak dilakendalikan dapat menyebabkan ketulian permanen. Tabel dibawah ini adalah baku mutu lingkungan sesuai Kepmen LH No. Faktor lama pajanan. 4. Survai yang dilakukan oleh Hendarmin dalam tahun yang sama pada Manufacturing Plant Pertamina dan dua pabrik es di Jakarta mendapatkan hasil terdapat gangguan pendengaran pada 50% jumlah karyawan disertai peningkatan ambang dengar sementara sebesar 5-10 dB pada karyawan yang telah bekerja terus-menerus selama 5-10 tahun. umur serta faktor lain akan berpengaruh terhadap penurunan pendengaran tersebut.com/2012/11/pts-hearing. Bising impulsif berulang yang terjadi secara berulang-ulang pada periode yang sama seperti suara mesin tempa. karena belum mengganggu percakapan sehari-hari. intensitas kebisingan. Gangguan fisiologis Gangguan dapat berupa peningkatan tekanan darah. nadi dan dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris 2.com/2012/11/pts- hearing. Ilustrasi dibawah ini adalah beberapa penelitian tentang GPAB (sumber:Ketulian.files. Gangguan psikologis Gannguan psikologis berupa rasa tidak nyaman. Batasan tingkat kebisingan yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran Batasan tingkat kebisingan dibagi menjadi 2.jpg Gangguan Pendengaran Akibat Bising/GPAB (Noise Induced hearing Loss/NIHL) Gangguan pendengaran akibat bising (GPAB) adalah penurunan pendengaran sensorineural yang pada awalnya tidak disadari. Gangguan komunikasi Gangguan komunikasi dapat menyebabkan terganggunya pekerjaan.3.wordpress. Gangguan pada pendengaran (Ketulian) Merupakan gangguan yang paling serius karena pengaruhnya dapat menyebabkan berkurangnya fungsi pendengaran.

Pengendalian Kebisingan 4. dengan intensitas bising lingkungan antara 84.files.8%) di perusahaan kayu lapis Jawa Barat mengalami tuli akibat bising. Pemantauan Kebisingan 2.jpghttp://nuruddinmh.files. mendapatkan hasil bising jalan raya (Jl.wordpress.com/2 012/11/slm.jpg Sound Level Meter Gambar di atas adalah Sound Level Meter (SLM) http://nuruddinmh.5 dB pada kelompok kontrol dengan lama pajanan kerja 8 tahun. Audiometri Test 3.2 m/dt. 14 pengemudi mengalami tuli akibat bising tahap awal dan 12 pengemudi mengalami tuli akibat bising tahap lanjut. .jpg Gambar diatas adalah Noise Dosimeter yang digunakan untuk personal monitoring kebisingan. Training Motivasi 6.com/2012/11/slm. Purnama pada penelitian dampak pajanan bising bajaj pada pengemudinya mendapatkan 26 dari 32 pengemudi mengalami tuli akibat bising. Rerata intensitas bising bajaj pada kelompok kasus tersebut adalah 101.wordpress. Pemeliharaan Catatan / record Pemantauan Kebisingan : Alat ukur untuk pengukuran kebisingan di tempat kerja adalah Sound Level Meter (SLM) dan untuk personal monitoring digunakan Noise Dosimeter.37 tahun dan 98. dengan masa kerja rata-rata 8.files. Sundari pada penelitiannya di pabrik peleburan besi baja di Jakarta. Sebelum melakukan pengukuran yang pertama harus dilakukan adalah identifikasi bahaya apakah di area kerja terdapat sumber bahaya dari mesin atau aktifitas pekerjaan yang dapat menimbulkan kebisingan. Lusianawaty mendapatkan 7 dari 22 pekerja ( 31. http://nuruddinmh. Program Konservasi Pendengaran meliputi : 1. Hal ini melebihi nilai ambang batas bising dan getaran yang diperkanankan.55 % pekerja menderita tuli akibat bising. dengan intensitas bising antara 85 – 105 dB. Jakarta) sebesar 95 dB lebih pada jam sibuk. bisa juga dengan melakukan Work Through Survey yaitu survey ke tempat kerja dan melakukan identifikasi bahaya.wordpress.MH.files. oleh karena itu tempat kerja yang melebihi NAB harus menerapkan Program Konservasi Pendengaran / Hearing Conservation Program (HCP).99 tahun.Hendarmin dan Hadjar tahun 1971.c om/2012/11/noisepro.2 dB.com/2012/11/noisepro.42 dB dengan lama pajanan kerja 12. Bashiruddin pada penelitian pengaruh bising dan getaran pada fungsi keseimbangan dan pendengaran mendapatkan rerata intensitas bising bajaj pada beberapa frekuensi adalah 90 dB dengan intensitas maksimum 98 dB dan serata akselerasi getar adalah 4.9 – 108.wordpress.Thamrin. Kombinasi antara bising alat transportasi dengan sistem suspensi dan gas buang yang buruk seperti bajaj dan bising jalan raya menyebabkan risiko gangguan pendengaran pengemudi kendaraan tersebut menjadi lebih tinggi GPAB tidak dapat disembuhkan namun bisa dicegah. Alat Pelindung Diri 5.jpghttp://nuruddinmh. mendapatkan 31.

perlu diketahui bahwa noise adalah menggunakan fungsi logaritma. mesin dengan intensitas kebisingan tinggi jauhkan dari area yang terdapat banyak pekerja disana.konduksi atau campuran. dst.Pengaturan jadwal kerja sesuai NAB.wordpress. engineering.Berlakukan area tersebut sebagai area terbatas. subtitusi. hanya boleh dimasuki personil yang terlatih. ada 2 jenis : 1. pasang peredam jika perlu total enclosure / partial enclosure. administrasi. Test Audiometri / Pendengaran Apabila hasil pengukuran di tempat kerja menunjukkan intensitas kebisingan melebihi NAB maka lakukan audiometri test kepada karyawan minimal 1 tahun sekali. Ear plug / sumbat telinga 2. Lakukan pengukuran secara periodik baik tempat kerja maupun personal monitoring.com/2 012/11/apd. Ear muff / tutup telinga http://nuruddinmh. Target dari audiometri test adalah pemeriksaan gangguan pendengaran persepsi. Untuk Tahap Administrasi bisa melakukan hal-hal sebagai berikut : . Alat Pelindung Diri / Alat Pelindung pendengaran Pemakaian Alat pelindung pendengaran adalah upaya terakhir dalam upaya pencegahan gangguan pendengaran. gunakan safety faktor 50%. 88 dBA bekerja selama 4 jam. sehingga rumus diatas menjadi Kebisingan (dBA) = Kebisingan area kerja (dBA) – [(NRR-7)*50%] . Jika mesin tersebut masih bising lakukan pemasangan barier.com/2012/11/apd.jpg Setiap Alat Pelindung Pendengaran memiliki nilai NRR (Noise Reduction Rate). secara prinsip Kebisingan yang akan diterima telinga kita adalah : Kebisingan (dBA) = Kebisingan area kerja (dBA) – NRR (dBC) Namun pengurangan dengan rumus diatas tidak tepat. Audiometri test juga harus dilakukan pada karyawan baru / rotasi / mutasi sebelum di tugaskan ke area dengan intensitas kebisingan yang tinggi. karena rentang pendengaran manusia sangat lebar dengan satuan desible (db).files. dengan mempertimbangkan kualitas serta cara penggunaannya yang tidak tepat.jpghttp://nuruddinmh.Langkah selanjutnya melakukan pengukuran kebisingan dengan SLM. Pengendalian Kebisingan Langkah efektif untuk pencegahan gangguan pendengaran adalh dengan melakukan pengendalian pada sumber bahaya dengan melakukan eliminasi. bandingkan data pengukuran dengan Nilai Ambang Batas.wordpress.files. Pada tahap perencanaan / engineering pastikan memilih peralatan dengan efek kebisingan paling rendah. menggunakan Alat Pelindung Pendengaran . misal 85 dBA bekerja selama 8 jam.

Pengukuran Getaran dan Kebisingan Lingkungan Kerja SUCOFINDO membantu peningkatan kenyamanan di lingkungan kerja. Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri ini diharapkan dapat dijadikan panduan bagi industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor dengan teknologi yang ramah lingkungan. kemudian hitung dengan rumus : Kebisingan (dBA) = Kebisingan area kerja (dBA) – [(NRR-7)*50%] – 5 http://nuruddinmh. TANTANGAN BISNIS Getaran dan kebisingan mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan dalam melakukan aktifitas di lingkungan kerja. maka gunakan pelindung ganda yaitu ear plug dan ear muff. 07 / 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru Puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa maka atas perkenan-Nya telah ditetapkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru Nomor 07 tanggal 6 April 2009.pilih NRR terbesar dari Ear plug atau ear muff.jpg Permen LH No.wordpress. untuk perhitungan . Kami berharap Peraturan Menteri ini dapat bermanfaat bagi semua sebagai rasa kepedulian kita terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat demi kesejahteraan umat manusia. informasi yang akurat.com/2012/11/noise-reduction-rating-ear-plugs. Peraturan Menteri ini ditetapkan dalam upaya mengendalikan pencemaran udara dari gangguan kebisingan sumber bergerak yaitu dari kendaraan bermotor yang saat ini terus meningkat terutama dirasakan di kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu. Pemerintah RI telah mengeluarkan peraturan mengenai persyaratan kesehatan lingkungan kerja untuk menjamin kesehatan pekerja.Apabila dengan rumus tersebut Kebisingan masih >85 dBA. Peraturan Menteri ini hendaknya dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait dengan sebaik-baiknya berdasarkan komitmen semua stakeholders. terpercaya dan tepat waktu tentang kualitas lingkungan kerja (getaran dan kebisingan) diperlukan untuk melihat kesesuaiannya dengan peraturan pemerintah.files. . SUCOFINDO memiliki pengalaman dan kemampuan serta dukungan peralatan laboratorium yang memadai untuk melaksanakan pekerjaan dimaksud.

Manfaat  Mengurangi dampak buruk getaran dan kebisingan terhadap pekerja. SUCOFINDO akan menugaskan personel yang kompeten dan berpengalaman untuk melaksanakan monitoring yang terdiri dari:  Perencanaan.  Pengukuran getaran bangunan. Setelah lingkup pekerjaan disepakati. SUCOFINDO juga merupakan salah satu perusahaan perintis yang bergerak di bidang lingkungan di Indonesia. 1405/MENKES/SK/XI/2002. Laboratorium SUCOFINDO mampu melakukan pengukuran getaran dan kebisingan.  Pengukuran getaran yang terpapar pada pekerja (personal vibration). Pelaksanaan Pelaksanaan monitoring mengacu kepada Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. Sucofindo bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.  Pengukuran kebisingan perorangan (personal noise). konstruksi. minyak dan gas. infrastruktrur.  Mematuhi peraturan tentang kualitas getaran dan kebisingan. yaitu:  Pengukuran kebisingan di tempat kerja.  Penyusunan rekomendasi dan pelaporan.  Mengurangi risiko pengeluaran tambahan. dan industri lainnya. dan telah menjadi mitra banyak perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang pertambangan.  Meningkatkan produktivitas.  Pengukuran di lapangan. Jaringan SUCOFINDO memiliki 44 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengakuan SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of .SOLUSI Ruang Lingkup Pekerjaan SUCOFINDO menyediakan jasa inspeksi berupa pengukuran getaran dan kebisingan sebagai bagian dari monitoring lingkungan. Di luar Indonesia. MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO Reputasi SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 dan didukung laboratorium komersial yang terbesar di Indonesia. Jasa sesuai kebutuhan pelanggan SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

operasi SUCOFINDO terakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025.academia.facebook. dan berakreditasi sistem mutu ISO/IEC 17025 oleh KAN-BSN/ILAC (International Laboratory Accreditation Commission) MRA.com/sharer. Selain itu.docx)  EFEK_KEBISINGAN. serta telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).edu/attachments/31737593/do wnload_file?st=MTM5NDg0OTUzOCwxMTguOTcuMjcuNTA%3D&ct=MTM5NDg1NjY4MQ %3D%3D http://www.edu/attachments/31737593/download_file? st=MTM5NDg0OTUzOCwxMTguOTcuMjcuNTA%3D&ct=MTM5NDg1NjY4MQ%3D%3D Download (.academia.docx .595 http://www.php?t=Paper%20on%20Academia.academia.com/share?text=Paper%20on %20Academia.edu%3A%20EFEK %20KEBISINGAN&u=http%3A%2F%2Fwww.edu %2F4261932%2FEFEK_KEBISINGANhttp://twitter.edu/attachments/31737593/download_file? st=MTM5NDg0OTUzOCwxMTguOTcuMjcuNTA%3D&ct=MTM5NDg1NjY4MQ%3D%3D http://www. serta bersertifikat ISO 9001 EFEK KEBISINGANmore by acer acer http://www.edu%3A%20EFEK%20KEBISINGAN \l "\l "\l " 1.Inspection Agencies).academia.

6 KBhttp://www. Kebisingan juga dapatdidefinisikan sebagai bunyi yang tidak disukai. medium atau zat perantara ini dapat berupa zatcair. gas. Manusia mendengar bunyi saatgelombang bunyi. kebisingan adalah suara yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat- alat. proses produksi yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan kesehatan danpendengaran. Suara diatas 20 kHz disebut ultrasonic dan dibawah 20 Hz disebut infrasonik . suara yang mengganggu atau bunyi yang menjengkelkan.edu/attachments/31737593/download_file? st=MTM5NDg0OTUzOCwxMTguOTcuMjcuNTA%3D&ct=MTM5NDg1NjY4MQ%3D %3D BUNYI Bunyi adalah perubahan tekanan yang dapat dideteksi oleh telinga atau kompresi mekanikal ataugelombang longitudinal yang merambat melalui medium.Berdasarkan Kepmenaker.Bunyi yang menimbulkan kebisingan disebabkan oleh sumber suara yang . KEBISINGAN Kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatandan kenyamanan lingkungan yang dinyatakan dalam satuan desibel (dB). Batasfrekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20 kHz padaamplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responya.Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal.academia. tetapi suara murni secarateoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitude atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel. 49. padat. sampai kegendang telinga manusia. yaitu getaran udara atau medium lain.

2.bergetar. Perasaan mual. stres dan kelelahan. perdagangan. gangguan komunikasi dan ketulian. serta dapat menyebabkanpucat dan gangguan sensoris. gas dan cairanKebisingan ini di timbulkan akibat pergerakan udara.susah tidur dan sesak nafas disbabkan oleh rangsangan bisingterhadap sistem saraf. flare boom. sistem pencernaandan keseimbangan elektrolit. dan cairan dalam kegiatan proses kerjaindustri misalnya pada pipa penyalur cairan gas. piston. Di Industri. roda gila. alat pengangkut dan kegiatan rumahtangga.Bising dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan pusing/sakit kepala. Getaran sumber suara ini mengganggu keseimbangan molekul udara sekitarnya sehingga molekul-molekul udara ikutbergetar. Umumnya sumber kebisingan dapat berasal dari kegiatanindustri. Getaran sumber ini menyebabkan terjadinya gelombang rambatan energi mekanis dalammedium udara menurut pola ramatan longitudinal. pembangunan. Lebih rinci dampak kebisingan terhadap kesehatanpekerja dijelaskan sebagai berikut:1. sumber kebisingan dapat di klasifikasikan menjadi 3 macam. Pergerakan udara. tekanan darah. alat pembangkit tenaga. konstriksi pembuluh darah perifer terutama pada tangan dan kaki. benturan atauketidak seimbangan gerakan bagian mesin. gas. Bising dapat menyebabkan berbagaigangguan seperti gangguan fisiologis. Rambatan gelombang diudara ini dikenal sebagaisuara atau bunyi sedangkan dengan konteks ruang dan waktu sehingga dapat menimbulkan gangguankenyamanan dan kesehatan SUMBER KEBISINGAN Sumber bising ialah sumber bunyi yang kehadirannya dianggap mengganggu pendengaran baik darisumber bergerak maupun tidak bergerak. batang torsi. apalagi bila terputus-putus atau yangdatangnya tiba-tiba. . keseimbangan organ. Gangguan dapat berupa peningkatan tekanan darah (± 10 mmHg). jet. Gangguan FisiologisPada umumnya. MesinKebisingan yang ditimbulkan oleh aktifitas mesin.3. gangguan psikologis. peningkatannadi. Terjadi pada roda gigi. misalnya gangguan terhadappendengaran dan gangguan non Auditory seperti gangguan komunikasi. dan lain-lain. Bising merupakan suara atau bunyi yang mengganggu. Adayang menggolongkan gangguannya berupa gangguan Auditory.fan. bearing. gas buang. yaitu1. dan lain-lain.menurunya performan kerja. VibrasiKebisingan yang ditimbulkan oleh akibat getaran yang ditimbulkan akibat gesekan. kelenjar endokrin. bising bernada tinggi sangat mengganggu. Hal ini disebabkan bisingdapat merangsang situasi reseptor vestibular dalam telinga dalam yang akan menimbulkan evekpusing/vertigo. outlet pipa. ancaman bahaya keselamatan.

Cara suara bising itu mengganggu.ac.id/hendra/?p=80 Metode Pengukuran Kebisingan Posted on 11 Juni 2009 by alifis 17 Votes [Materi 01. Komposisi dari suara bising. Berapa desibel-kah intensitas kebisingan itu? disebabkan oleh bemacam-macam nada secara serempak.id/hendra/?p=80 http://blog. Diteliti nada apa saja yang ikut membentuk bising tadi. Pelatihan & Praktek Pengambilan Sampel kebisingan di Bapedalda Propinsi NTT. Maret 2006] Kriteria Kebisingan Sifat-sifat dari suara bising yang dianalisis: Derajat kebisingan suara secara menyeluruh (overall noise level).isi-dps. Berapa jamkah setiap hari suara bising itu mengganggu? Apakah bising itu berlangsung terus-menerus ataukah terputus-putus? Berapa jamkah seluruhnya dialami gangguan kebisingan selama bekerja ? .ac.http://blog. — Yang dimaksud ialah frekwensi.isi-dps. lamanya dan kontinuitas suara bising itu.

Berikut ini adalah Kawasan peruntukan dan baku tingkat kebisingan yang diijinkan.SE.00.01/MEN/1978 ( aturan jadul :) ) Menurut Indonesia (Tabel diatas). Kalau ia harus bekerja terus-menerus.00 pagi ( hasilnya ditambah faktor pembobotan 5 dB(A). Menurut Australia . maka dia hanya boleh diberi tugas 25 menit per hari.Baku Tingkat Kebisingan Dalam upaya pencegahan dan perlindungan masyarakat terhadap gangguan kebisingan ditetapkan baku tingkat kebisingan yaitu Keputusan MenLH No. Zona B untuk perumahan. Zona D bagi lingkungan industri. Untuk Leq siang hari (Ls) pengukuran dilakukan dari jam 06. maka akan terjadi ketulian. lingkungan dengan kebisingan 100 dB seseorang masih dapat bekerja dengan aman selama 195 menit setiap hari (3 jam 15 menit). Menurut Amerika Serikat dalam Occupational Safety and Health Act . pabrik.00 – 22. pertokoan. 718 tahun 1987 tentang kebisingan yang berhubungan dengan kesehatan menyatakan pembagian wilayah dalam empat zona. 40 jam per minggu adalah 85 desibel Jika kebisingan lebih dari 85 dBA. dengan kebisingan sekitar 50 – 60 dB. asal setiap selesai bekerja selama 15 menit dia diberi istirahat 20 menit. tempat pendidikan. Menurut Amerika orang itu boleh dipekerjakan dua jam secara terus menerus. Kalau dia bekerja lebih lama. Seharusnya zona-zona ini diterapkan dalam penentuan kembali Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK). Jika lamanya shift lebih dari 8 jam. 48/MenLH/11/1997 yang mana baku tersebut didasarkan pada nilai tingkat kebisingan siang dan malam. perdagangan. Zona C. sedangkan pengukuran Leq malam hari (Lm) dilakukan dari jam 22. tempat perawatan kesehatan atau sosial.00 – 06. Kota yang memiliki RDTRK perlu melakukan pengawasan secara berkala agar tingkat kebisingan di zona-zona itu tak melebihi nilai ambang batas. Zona A adalah zona untuk tempat penelitian. . waktu kerjanya harus diperpendek. Berikut Edaran Menteri Tenaga Kerja No. dan rekreasi. pasar. Nilai ini diperoleh dari hasil perata-rataan hasil pengukuran Leq selama 24 jam. Tingkat kebisingan 60 – 70 dB. Tingkat kebisingannya berkisar 35 – 45 dB. stasiun kereta api. rumah sakit. Tingkat intensitas maksimal untuk “Noise exposure time” atau waktu paparan kebisingan selama 8 jam. Angka kebisingan 45 – 55 dB. dan terminal bus. dalam The Australian Oto-Laryngological Society. seorang yang bekerja dalam tempat dengan kebisingan suara 100 dB hanya dibenarkan bekerja paling lama dua jam sehari di tempat itu. maka tingkat kebisingan yang ada harus diturunkan. antara lain perkantoran. Peraturan Menteri Kesehatan No.

-Ambil jumlah titik kedudukan sebanyak yang diperlukan. Spesifikasi Range Skala 40 s/d 120 dB. Metode Pengukuran & Perhitungan Pengukuran. Lo atau Low Intensity berada pada skala 40 s/d 80 dB.49/MenLH/11/1996. sedangkan Hi atau High Intensity berada pada skala 80 s/d 120 dB. 3 diantaranya adalah sebagai berikut: .: Analog Sound Level Meter Digital Sound Level Meter Sound Level Monitor + Alarm Noise Dosimeter Integrating Sound Level Meter Contoh piranti Analog: Sound Level Meter 407703 Extech Instrument 407703 Extech termasuk sebagai instrument pembacaan langsung. terbagi dalam optional range skala Low dan High Low : 40 s/d 80 dB dan High: 80 s/d 120 dB.Waktu pengukuran adalah 10 menit tiap jam ( dalam 1 hari ada 24 data) . mengacu pada KepMenLH N0. -Aktifkan pengukuran dengan mengatur saklar geser pada kedudukan Lo atau Hi.l. Portable.Piranti Pemantau Kebisingan p ira n ti Jenis Piranti Pengukur Kebisingan a. simple function Power battery 9V DC Calibration standard 70dB Prosedur Pengukuran -Posisikan sound level meter pada kedudukan yang merepresentasikan tingkat intensitas bising di tempat itu. -Pencatatan pada satu kedudukan akan terkait dengan pembacaan skala minimum dan skala maksimum.

Titik–titik sampling harus dibuat dengan jarak interval yang sama diseluruh lokasi. Jarak pengukuran dari sumber harus dicantumkan. Pengukuran ini dilakukan dengan membuat gambar isoplet pada kertas berskala yang sesuai dengan pengukuran yang dibuat. Jadi dalam pengukuran lokasi dibagi menjadi beberpa kotak yang berukuran dan jarak yang sama.com/2009/06/11/metode-pengukuran-kebisingan/ Belajar bekerja Senin.2 m dari permukaan tanah Analisis Pemantauan Berikut contoh representasi kebisingan di tiga titik pengambilan data atau pola tingkat kebisingan di beberapa kawasan Pada umumnya keseluruhan pemantauan tersebut diatas.wordpress. misalnya : 10 x 10 m. Biasanya dibuat kode pewarnaan untuk menggambarkan keadaan kebisingan. Pengukuran dengan titik sampling Pengukuran ini dilakukan bila kebisingan diduga melebihi ambang batas hanya pada satu atau beberapa lokasi saja.Pencuplikan data adalah tiap 5 detik ( 10 menit ada 120 data) -Ketinggian microphone adalah 1. misalnya Kompresor/generator. Pengukuran dengan Grid Untuk mengukur dengan Grid adalah dengan membuat contoh data kebisingan pada lokasi yang di inginkan. Nilai Ambang Batas untuk kebisingan .. Selain itu juga harus diperhatikan arah mikrofon alat pengukur yang digunakan Pengukuran dengan peta kontur Pengukuran dengan membuat peta kontur sangat bermanfaat dalam mengukur kebisingan. http://alifis. misal 3 meter dari ketinggian 1 meter. Pengukuran ini juga dapat dilakukan untuk mengevalusai kebisingan yang disebabkan oleh suatu peralatan sederhana. warna kuning untuk kebisingan dengan intensitas antara 85 – 90 dBA. jenis maupun kecepatan kendaraannya. sumber bising utamanya adalah aktivitas dari kendaraan yang ada di jalan raya. sehingga kelemahannya adalah tidak dihitungnya jumlah. kotak tersebut ditandai dengan baris dan kolom untuk memudahkan identitas. kelemahannya adalah metode pengukurannya secara general tanpa memperhatikan tipe atau jenis bising utamanya. karena peta tersebut dapat menentukan gambar tentang kondisi kebisingan dalam cakupan area. Nilai Ambang Batas Kebisingan Nilai ambang Batas Kebisingan adalah angka 85 dB yang dianggap aman untuk sebagian besar tenaga kerja bila bekerja 8 jam/hari atau 40 jam/minggu. warna hijau untuk kebisingan dengan intensitas dibawah 85 dBA warna orange untuk tingkat kebisingan yang tinggi diatas 90 dBA. 13 Juni 2011 Pengukuran titik sampling kebisingan.

Waktu maksimum bekerja adalah sebagai berikut No. Zona yang diperuntukkan bagi perumahan. Zona yang diperuntukkan bagi industri. Perdagangan dan pasar. 88 4 jam 3. pabrik. 91 2 jam 4. Zona yang diperuntukkan bagi perkantoran. 85 8 jam 2. tempat perawatan kesehatan/sosial & sejenisnya. Zona D : Intensitas 60 – 70 dB. RS. Zona yang diperuntukkan bagi tempat penelitian. TINGKAT KEBISINGAN PEMAPARAN (dBA) HARIAN 1. Zona Kebisingan menurut IATA (International Air Transportation Association) Zona A: intensitas > 150 dB → daerah berbahaya dan harus dihindari Zona B: intensitas 135-150 dB → individu yang terpapar perlu memakai pelindung telinga (earmuff dan earplug) Zona C: 115-135 dB → perlu memakai earmuff Zona D: 100-115 dB → perlu memakai earplug /" /" Apr 25 . terminal bis dan sejenisnya. 97 30 menit 6. stasiun KA. 94 1 jam 5. Zona B : Intensitas 45 – 55 dB. tempat Pendidikan dan rekreasi. 100 15 menit Zona Kebisingan Daerah dibagi sesuai dengan titik kebisingan yang diizinkan Zona A : Intensitas 35 – 45 dB. Zona C : Intensitas 50 – 60 dB.di tempat kerja adalah intensitas tertinggi dan merupakan rata-rata yang masih dapat diterima tenaga kerja tanpa mengakibatkan hilangnya daya dengar yang tetap untuk waktu terus-menerus tidak lebih dari dari 8 jam sehari atau 40 jam seminggunya.

g? blogID=1389623978512199428&postID=2151 334342868465184&from=pencil http://3.com/post-edit.bp.blogger. Dep Kes.Pengukuran Kebisingan Lingkungan //www.com/- PQm607r7ZD4/T5fDmmVVfJI/AAAAAAAAAEQ/H7ZL1fPSgeY/s1600/sound+level+dB.com/- PQm607r7ZD4/T5fDmmVVfJI/AAAAAAAAAEQ/H7ZL1fPSgeY/s1600/sound+level+dB.bp. Penggilingan padi di Cianjur. Direktorat Penyehatan Lingkungan Pemukiman. Pabrik Ban di Bogor.blogspot. Pokok kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pemantauan parameter kualitas lingkungan yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan.png http://3. Salah satu parameter kualitas lingkungan yang perlu segera dipantau adalah kebisingan lingkungan.blogspot. tentang adanya gangguan kebisingan di berbagai tempat seperti kegiatan pabrik pendinginan udang di Ujung Pandang. Berdasarkan laporan tahunan Direktorat PLP Dep Kes. bengkel sepeda motor di Medan menunjukkan bahwa terdapat berbagai sumber potensial penyebab kebisingan lingkungan yang merisaukan masyarakat . mengupayakan peningkatan pengawasan kualitas lingkungan.png Metoda Sederhana Pengukuran Kebisingan Lingkungan PENDAHULUAN Dalam rangka pelaksanaan Program Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PLP) periode Repelita V.

satu sama lain saling berkaitan. Pada umumnya SLM mempunyai pembobotan atau skala A. 8) Level Equivalent (Leq) atau tingkat kebisingan sinambung setara adalah tingkat kebisingan ajeg (steady noise) yang sama dengan kebisingan fluktuatif dalam suatu periode/interval waktu pengukuran tersebut ALAT UKUR KEBISINGAN Untuk mengukur tingkat kebisingan dipakai alat yang disebut sound level meter atau SLM. Sumber kebisingan dapat berasal dari mesin- mesin di pabrik. sehingga pengertian ketiganya diperlukan sebelum kita mencoba menyelesaikan masalah pengukuran kebisingan Dalam tulisan ini akan diperkenalkan metoda sederhana pengukuran. B dan C. 3) Background noise level atau tingkat kebisingan sekitar adalah tingkat kebisingan suatu zona yang belum terpengaruhi oleh kebisingan buatan. SLM memberikan respons kira-kira sama dengan respons telinga manusia dan memberikan pengukuran objektif serta bisa diulang-ulang tiap tingkat kebisingan. melainkan juga kepada lamanya kebisingan berlangsung. dengan kata lain adalah tingkat bunyi alami. sedang B pada tingkat kebisingan sedang dan C pada tingkat kebisingan tinggi. Untuk pengukuran tingkat kebisingan dipakai skala A. Ke dalam sketsa ini ditambahkan data tingkat kebisingan di sekitar titik sampling kebisingan. B dan C.Kebisingan merupakan salah satu polutan yang sering mendapat protes dan pada umumnya merupakan hasil samping pemanfaatan teknologi. BEBERAPA PENGERTIAN 1) Sound level meter atau SLM adalah alat ukur kebisingan. Ketiga aktifitas itu. Secara umum setiap pengukuran kebisingan akan melibat- kan tiga aktifitas yaitu sumber kebisingan. Dewasa ini hanya pembobotan A digunakan secara meluas. di daerah perkotaan khususnya di daerah pemukiman telah diketahui bahwa sumber utama kebisingan adalah lalu lintas jalan. dengan respons terhadap frekuensi SLM mendekati respon telinga. perhitungan dan laporan kebisingan lingkungan. 7) dB A adalah satuan tingkat kebisingan. 5) Noise dose atau dosis kebisingan adalah potensi kebisingan yang merusak pendengaran yang tidak tergantung kepada tingkatnya. pesawat terbang yang melintas di angkasa hingga sistim suara di rumah kita sendiri. Dalam penggunaannya SLM kadang-kadang di hubungkan dengan frequency analyzer. karena B dan C tidak mencerminkan hubungan yang sesuai dengan pengujian-pengujian subjektif. 2) Weighting network atau pembobotan adalah rangkaian elektronik yang kepekaannya berubah- berubah sesuai dengan perubahan frekuensi telinga manusia. Ada 3 macam pembobotan yang telah distandarisasi secara intemasional yaitu A. terutama kendaraan bermotor. diperoleh bila menggunakan alat ukur SLM pada filter pembobotan A. Pembobotan A mendekati kesamaan pada tingkat kebisingan rendah. . 4) Noise mapping atau pemetaan kebisingan adalah suatu sketsa yang sangat teliti yang menggambarkan letak relatif dari semua titik sampling kebisingan. pengukuran kebisingan dan penerima kebisingan. 6) DeciBel (dB) adalah satuan tingkat kebisingan. Jumlah dB adalah 10 kali logarithma (dasar 10) dari perbandingan.

70-I/PD.1Ls 0. 0.. 250 Hz.1L1 0.1L6 Ls = 10 log 1/16 [ T 110 + ..03.. maka harus dianalisis selama 24 jam. Standar Alat Ukur. Artinya tingkat kebisingan sinambung setara harus dihitung 24 jam. dan metoda pengukuran dan analisis kebisingan lingkungan Puslitbang KIM-LIPI ANALISIS HASIL PENGUKURAN Kebisingan lingkungan umumnya adalah kebisingan yang berubah-ubah dengan waktu. Nilai Lsm inilah yang kemudian dibandingkan dengan nilai baku tingkat kebisingan seperti pada Permenkes No. Lsm dapat dihitung dengan rumus : 1 0.1L7 0.6) = 115.LP tahun 1992 tentang Petunjuk Pengawasan Kebisingan yang Berhubungan dengan Kesehatan. Dianjurkan agar SLM yang digunakan kelas 1 (precision) atau serendah-rendahnya kelas 2 dan memenuhi standar SII-2025-86. maka untuk menghitung Ls dan Lm. Bila dipakai piston phone 124 dB. yang dipandang mewakili tingkat kebisingan sinambung setara. Informasi ini sangat berguna terutama dalam rangka pengendalian kebisingan. Peralatan dan Kalibrasi Cara ini memerlukan alat SLM dan 2 orang operator.Alat ini berfungsi sebagai filter yang akan memberikan informasi tentang frekuensi dominan kebisingan.04.. . Alat untuk kalibrasi dianjurkan adalah dari jenis piezoelectric yang menghasilkan 94 dB pada 1.T 10 ] dB METODA PENGUKURAN SEDERHANA 1. harus diambil sampel-sampel pengukuran selang waktu tertentu.10 + 8. METODA PENGUKURAN Metoda pengukuran kebisingan lingkungan dan kasus kebisingan di masing-masing zona peruntukan. Bila digunakan alat lain dengan frekuensi lain. Mengingat kebisingan lingkungan bersifat fluktuatif terhadap waktu.000 Hz.1(Lm+10) Lsm = 101og [ 16. harap diperhatikan koreksi terhadap rangkaian pembobotan A. dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Dirjen PPM dan PLP No. maka penunjukan alat ukur haruslah (1248.T 610 ] dB 0.4 dBA.1L9 Lm = 10 log 1/8 [ T 710 + . 718/1987. Kalibrasi dilakukan setiap kali akan melakukan pengukuran. yang selanjutnya level siang-malam disebut Lsm.10 ] dB di mana : Lsm = Leq selama 24 jam Lm = nilai Leq pada siang hari (16 jam) Ls = nilai Leq pada malam hari (8 jam) Lm + 10 menyatakan bahwa hasil pengukuran di malam hari ditambah 10 dB sebagai pembebanan atau koreksi khusus.

level recorder. Dalam hal kebisingan diduga amat fluktuatif sehingga sulit untuk menetapkan sampel mana yang dapat mewakili suatu interval waktu tertentu.html . Jarak antara badan operator dan alat ukur harus cukup jauh agar tidak terjadi pantulan. Dalam keadaan apapun tidal( diizinkan untuk memegang alat ukur terus menerus.7. Titik Ukur dan Teknik Pengukuran Titik Ukur 1) Pada dasarnya pengukuran dilakukan di tempat di mana terdapat keluhan. Peralatan lain seperti octave filter. Teknik Pengukuran 1) Cara pengukuran sederhana memerlukan 2 orang operator. pada mikropon harus selalu dipasang pelindung angin (wind-screen).com/2012/04/pengukuran-kebisingan-lingkungan. · Jumlah sampel sepanjang hari minimal sebanyak 120 sampel. dengan perincian 9 sampel siang hari dan 3 sampel malam hari (Tabel 1). http://bintangtsabit. Misal antara puku106. Sebelum pengukuran. 2) Pengukuran dilakukan pada pembobotan "A" dan waktu fast.2 meter di atas tanah. satu orang untuk membaca alat ukur. alat harus dikalibrasi dengan sound level calibrator (SLC) atau piston phone dan baterai harus pada kondisi penuh atau masih diizinkan (normal).blogspot. maka diizinkan untuk melakukan pengukuran pada jarak 0. Tidak diizinkan untuk melakukan pengukuran di tempat di mana sehari-hari sama sekali tidak pernah ada orang lalu lalang. atau di mana dilakukan pemantauan secara permanen. tidak hujan. sepanjang alat-alat tambahan tersebut tidak akan membebani SLM bila disambungkan. kecuali pada saat mengubah control attenuator pada alat ukur. Kalau hal ini tidak mungkin. dan satu orang untuk memberi aba-aba membaca dan mencatat hasil pengukuran. kecepatan angin tidak terlalu besar. dianjurkan agar sampel diambil setiap jam. 4) Pengukuran harus dilakukan pada cuaca yang cerah.Alat ukur dan kalibrasi seperti tersebut di atas merupakan peralatan yang dipakai untuk pengukuran.00 atau L6. pada selang waktu tertentu.0007.5 meter di depan jendela terbuka. 2) Pengukuran harus dilakukan di tempat terbuka. berjarak 3 meter dari dinding-dinding untuk menghindari pantulan. sehingga jumlah keseluruhan 24 sampel. 2. tape recorder. harus dipasang pada statif. statistical analyzer dipakai untuk keperluan rekayasa pengendalian kebisingan. Sebagai pengaman. Peralatan tambahan tersebut tidak boleh dipakai untuk menganalisis hasil pengukuran di lapangan dengan tujuan membandingkan dengan baku mutu. 3) Tinggi alat ukur sekitar 1. 3) Pengukuran dilakukan dengan cara pengambilan sampel sebagai berikut : · Sampel sebanyak 120 diperoleh dari waktu pembacaan tiap 5 detik selama 10 menit.

ADVERTISEMENT Langkah pertama untuk mengurangi kebisingan di tempat kerja Anda adalah untuk melakukan evaluasi kebisingan sistematis. Hal ini sering dilakukan dengan memiliki karyawan memakai dosimeter pribadi yang akan merekam 8-jam setiap karyawan Time Weighted Average (TWA) dan persentase dosis. kontrol administratif akan dimasukkan dalam program konservasi pendengaran. konsultan keamanan akan menentukan apakah langkah-langkah perlu diambil untuk mengurangi tingkat kebisingan di fasilitas tempat kerja Anda.Keamanan Kebersihan Konsultan Industri Mengurangi Kebisingan on February 3. salah satu tugas pertama seorang konsultan kebersihan industri keselamatan akan lakukan adalah berjalan melalui fasilitas tempat kerja dengan dosimeter untuk memperoleh tingkat kebisingan pada berbagai titik di sekitar fasilitas. Profesional konsultan kebersihan industri keselamatan juga akan mengevaluasi fasilitas untuk menentukan apakah ada daerah di mana kontrol engineering dapat diterapkan untuk mengurangi tingkat kebisingan. karyawan Anda akan diminta untuk mendaftarkan diri dalam program konservasi pendengaran. Jika tingkat kebisingan di atas OSHA Tingkat Aksi 85 dBA. Dalam banyak kasus. tingkat kebisingan di fasilitas Anda akan berkurang dan karyawan Anda akan menemukan cenderung kehilangan pendengaran dari kebisingan kerja terkait. Salah satu daerah yang paling umum dan penting kebersihan industri adalah kebisingan. konsultan kebersihan pelindung industri berpengalaman dan diperlengkapi untuk membantu tempat kerja Anda mengurangi kebisingan dalam berbagai cara. Setelah hasil tersebut diperoleh. 2011 at 8:51 am . Jika fasilitas tempat kerja Anda mengikuti rekomendasi yang digariskan oleh konsultan keamanan kebersihan industri. Persiapan Pengukuran Kebisingan on May 21. 2011 at 6:44 am e K a m a n a n e b K e rs ih a n K o n s u lta n In d u s triM e n g u ra n g iK e b is in g a n Ada banyak cara yang konsultan kebersihan industri keselamatan tempat kerja dapat membantu Anda menjadi lebih aman. Ini juga akan menyatakan bahwa alat pelindung diri (APD) harus diberikan untuk karyawan yang berada di daerah kebisingan tinggi atau mungkin masuk wilayah kebisingan tinggi.

siapkan dokumen- dokumen lapangan atas dasar peta-peta linkungan sekitarnya.com/image/cache/data/Alat Uji dan test/Sound Level Meter Digital Lutron SL-4001-400x400. Peralatan Pengukuran Buatlah daftar dari peralatan yang diperlukan dan terlebih dahulu periksalah batere. alat ukur waktu. kertas perekam pengganti.com/wp-content/uploads/2011/07/Persiapan-Pengukuran- e P rs ia p a n P e n g u k u ra n e b K is in g a n Kebisingan.konsultank3. operasi dan aspek-aspek lain dari peralatan. Dokumen-dokumen Untuk merekam titik-titik pengukuran dan informasi lain di lapangan. dan sebagainya.konsultank3 . batere-batere. Juga sediakan kabel-kabel power yang diperlukan.com/www.wp. kamera-kamera. dan sebagainya 2. dan peralatan penting apa saja seperti tripod-tripod.wp.jpg Sound Level Meter Digital Lutron SL-4001 Brand: LUTRON Product Code: Lutron SL-4001 Availability: In Stock Info: (+6221) 53670757 / 71399316 Harga: NEGO Surat Dukungan:Hubungi Kami Chat With Gis:ymsgr:sendIM?teknologisurvey&&<="" ymsgr:sendIM? geosurveying2010&&<="" ymsgr:sendIM?geosurveying03&&<="" ymsgr:sendIM? geosurveying05&&<="" ymsgr:sendIM?geosurveying06&&<=""ymsgr:sendIM?geosurveying06 Pembayaran: Harga: Rp1. takaran-takaran.000 Qty: .950. catatan lapangan.com/image/cache/data/Alat Uji dan test/Sound Level Meter Digital Lutron SL-4001-400x400.gif 1.com/www. alat-alat tulis. pena-pena. Home » GPS Handheld » ALAT UJI & PENGUKURAN » Sound Level Meter » Sound Level Meter Digital Lutron SL-4001 http://teknologisurvey.950.000 Tidak termasuk pajak: Rp1.jpghttp://teknologisurvey.com/wp-content/uploads/2011/07/Persiapan-Pengukuran-Kebisingan. http://i0.gif http://i0. dan perbekalan-perbekalan lain. transceivers.

Lutron SL-4001  Layar Tampilan LCD Besar  Jaringan wilayah frekuensi didesain Sesuai Standar IEC 651 tipe 2.  Layar Tampilan LCD Yang Hemat Dan jelas bahkan DIBAWAH kondisi pencahayaan Yang Terang.  Output AC / DC untuk SISTEM ekspansi yang.  Memakai KOMPONEN-KOMPONEN Yang KUAT. . Tahan untuk menyimpan value per share jelajah maksimum PADA tampilan Layar.  Microphone kondenser untuk AKURASI Tinggi Dan stabilitas Jangka Panjang.  Jaringan waktu (CEPAT & SLOW) Yang memiliki Karakter Dinamis. Tahan lama.  Indikator peringatan untuk lebih Dan di bawah beban. memungkinkan penggunaan Artikel Baru Satu Tangan.  Fungsi Max. casing plastik ABS termasuk.  Desain Kecil Dan Ringan.  Fitur VR Yang dapat diatur Siaran dan hiburan untuk pengkalibrasian.  Daerah Jaringan A & C telah Sesuai Standar.  Baterai Indikasi rendah. 0 e s P a n a n d a 0 Pesan anda | Tulis Pesan anda More Sharing ServicesShare Share on emailShare on print Share on facebook Share on twitter Description Tulis pesan anda (0) Produk terkait (10) Sound Level Meter Digital Lutron SL-4001 Alat Ukur Intensitas & Kebisingan Suara Spesifikasi .