HAM

Pengertian HAM

Hak asasi menunjukkan kekuasaan atau wewenang yang dimiliki seseorang dan bersifat
mendasar. Oleh karena hak asasi bersifat mendasar dan fundamental, maka
pemenuhannya bersifat imperatif.

Beberapa pendapat ttg definisi HAM
1. HAM adalah hak yang melekat pada diri manusia, tanpa hak itu manusia tidak dapat
hidup secara layak;
2. HAM adalah hak yang dimiliki manusia sejak kelahirannya.
3. HAM adalah hak dasar sejak lahir merupakan anugerah dari Allah SWT;
4. HAM adalah seperangkat hak-hak yang melekat pada hakikat dan keberadaban
manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Ciri pokok HAM.

1. HAM tidak diberikan atau diwariskan;

2. HAM untuk semua orang tanpa diskriminasi;

3. HAM tidak boleh dilanggar, tidak boleh dibatasi.

Sifat HAM

1. Individual

2. Universal

3. Supralegal, tdk tergantung kepada negara atau pemerintah;

4. Kodrati, bersumber dari kodrat manusia;

5. Kesamaan derajat

6. Pelaksanaan HAM tidak boleh melanggar HAM orang lain.

Perjuangan Nabi Muhammad SAW untuk membebaskan para bayi wanita dan wanita dari penindasan bangsa Quraisy tahun 600 M 2. budaya. Socrates (469-399 SM) dan Aristoteles (384-322 SM) sebagai filsuf Yunani peletak dasar diakuinya HAM. Universal maksudnya melekat pada harkat martabat setiap orang. Hukum Hammurabi di Babylonia yang memberi jaminan keadilan bagi warganegara (tahun 2000 SM). Merupakan cermin dan perjuangan rakyat dan bangsawan bagi pembatasan kekuasaan Raja John. dan disesuaikan dengan sosio-kultural suatu masyarakat atau negara. = Tahun 1679 muncul Hebeas Corpus Act. HAM masa Klasik. Perjuangan nabi Musa pada saat membebaskan umat Yahudi dari perbudakan (tahun 6000 SM) 2.Universalitas dan lokalitas. 4. selanjutnya dikeluarkan Bill of Rights. Di Amerika Serikat . mengenai peraturan penahanan. 1. 3. Lokalitas maksudnya setiap manusia harus diakui dan dihormati hak-hak dasarnya melalui hukum. Di Inggris = Perjuangan HAM sejak tahun 1215 dengan Magna Charta. = Tahun 1628 dikeluarkan piagam Petition of Rights yang berisi tentang hak-hak rakyat beserta jaminannya. Sejarah Perkembangan Perjuangan HAM 1. politik atau pengalaman suatu bangsa/negara. III. Pelaksanaannya tidak bisa dilepaskan dari kondisi sosial.

Sidang Majelis Umum PBB 1966 Hasil sidang mengeluarkan Covenants on Human Rights : a.D. d. kebebasan untuk beragama (freedom of religion) b. menghasilkan naskah “Declaration des Droits de L’homme et du Citoyen (pernyataan mengenai hak asasi manusia dan warga negara). Perjuangan HAM ini karena rakyat Amerika yang berasal dari Eropa sebagai emigran merasa tertindas oleh pemerintahan Inggris. kebebasan dari rasa takut (freedom of fear). The International covenant on Civil and Political Rights b. kebebasan dan hak milik. PBB Tgl 10 Desember 1948 dideklarasikan Universal Declaration of Human Rights. VI. Amerika serikat sebagai negara pertama menetapkan dan melindungi HAM dalam konstitusi. c. = Dalam sejarah perjuangan HAM. seperti hak hidup. tentang hak-hak dalam diri manusia. Dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan”. sosial. = Kemudian dijadikan landasan bagi pengakuan HAM yang terlihat dalam Declaration of Independence of The United States. The International Covenant on Economic. V. .= Perjuangan HAM didasari oleh pemikiran John Locke. pernyataan tidak puas dari kaum borjuis dan rakyat terhadap kesewenanga-wenangan raja Lois XVI. Mereka dikaruniai akal dan budi. Roosevelt yang menyebutkan The four Freedoom. “Sekalian orang yang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak asasi yang sama. Pada tahun 1791 deklarasi ini dimasukkan dalam konstitusi. dan fraternite (persaudaraan). Di Perancis Perjuangan HAM ketika terjadi revolusi Perancis tahun 1789. IV. VII. kebebasan dari kemelaratan (freedom of want). and cultural Rights. egelite (persamaan). Atlantik Charter 1941 Atlantik Charter muncul setelah perang dunia ke II oleh F. a. Revolusi Perancis ini dikenal sebagai perjuangan penegakan HAM di Eropa dengan semboyan Liberte (kebebasan). kebebasan untuk berbicara dan berpendapat (freedom of speech and thougt).

izin parlemen dalam penetapan pajak. Optional Protocol. HAM dalam Tap MPR No XVII/MPR/1988. [ ]. UU dan pembentukan negara. HAM dalam Undang-undang No 39 tahun 1999 dan UU No 26 tahun 2000. demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. mengeluarkan pendapat. 39 Tahun 1999 tentang HAM). Pengadilan Hak Asasi Manusia adalah Pengadilan Khusus terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat. Pengakuan Bangsa Indonesia akan HAM a. d. HAM di Indonesia. menghalangi. Mengenai kebebasan pemilihan anggota parlemen. c. e. kebebasan bicara. 1. Pembukaan UUD 45.c. bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak seluruh bangsa. Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseoarang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi. dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. Dirumuskan tujuan nasional dalam pembukaan UUD 45. membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang. Pemerintah dan setiap orang. Pelanggaran HAM yang berat diperiksa dan diputus oleh Pengadilan HAM meliputi : . HAM diimplementasikan dalam pasal-pasal UUD 45. kebebasan beragama. dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara. serta diperbolehkannya parlemen untuk mengubah keputusan raja. b. adanya kemungkinan warganegara mengadukan pelanggaran HAM kepada The Human Rights Committee PBB setelah melalui Pengadilan Negaranya. hukum. Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. Lalu sila kedua Pancasila merupakan landasan idiil pengakuan dan jaminan HAM. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM).

5. menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya. 1. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok. perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional. berupa : 1. Membunuh anggota kelompok. 2. Kejahatan genosida. pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa. mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok. . perbudakan. 2. dengan cara : 1. pemusnahan. 4. Kejahatan terhadap kemanusiaan Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa. Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil. kelompok etnis. ras. kelompok agama. 6. 3. 4. pembunuhan. memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain. penyiksaan. 3. atau 5. 2.

sih artinya Hak Asasi Manusia itu? Apa saja Macam- Macam HAM? Nah. atau mengancam atau memaksa seseorang atau orang ketiga. budaya. 9 UU No. apabila rasa sakit atau penderitaan tersebut ditimbulkan oleh. (Penjelasan Pasal 7. etnis. pemaksaan kehamilan. Pelanggaran HAM atau Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara. 9. dengan menghukumnya atau suatu perbuatan yang telah dilakukan atau diduga telah dilakukan oleh seseorang atau orang ketiga. jabatan. perbudakan seksual. atau sepengetahuan siapapun dan atau pejabat publik (Penjelasan Pasal 1 angka 4 UU No. marilah kita membahasnya bersama-sama. penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik. perkosaan. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM) Penyiksaan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja. sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan yang hebat. keturunan. atau 10. agama. kejahatan apartheid. atas hasutan dari. Hak asasi Manusiam memiliki wadah organisasi yang mengurus . dengan persetujuan. HAM atau Hak Asasi Manusia adalah hak melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. palcuran secara paksa. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status. dan sebagainya. jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional. 7. 39 Tahun 1999 tentang HAM) [ ] Pengertian Hak Asasi Manusia atau Definisi HAM sering sekali ditanyakan oleh sebagian orang terutama Pelajar. penghilangan orang secara paksa. golongan. 8. baik jasmani maupun rohani. 39 Tahun 1999 tentang HAM) Penghilangan orang secara paksa adalah tindakan yang dilakukan oleh siapapun yang menyebabkan seseorang tidak diketahui keberadaan dan keadaannya (Penjelasan Pasal 33 ayat 2 UU No. atau untuk suatu alasan yang didasarkan pada setiap bentuk diskriminasi. 8. pada seseoarang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang dari orang ketiga. ras kebangsaan.

Hak membuat dan mendirikan parpol / partai politik dan organisasi politik lainnya .permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Jenis dan Macam Hak Asasi Manusia Dunia : 1.Hak kebebasan untuk memilih.Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli .Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum 4.Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan . Salah satu tokoh ham di Indonesia adalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dari Indonesia.Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan . Hak asasi pribadi / Individual Right .Hak menentukan. Hak azasi Ekonomi / Property Rigths . Hak asasi di bidang politik / Political Right . memeluk. dll .Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi 3. penangkapan.Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / pns . bepergian dan berpindah-pndah tempat .Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan. Hak azasi hukum / Equality Right . Hak asasi sosial budaya / Culture Right . penahanan dan penyelidikan di mata hukum. dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing 2. hutang-piutang. memilih dan mendapatkan pendidikan . Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan / tuntas sehingga diharapkan perkembangan ham di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Pembagian Bidang. 6.Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa.Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak . Hak Asasi Peradilan / Procedural Rights .Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan .Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan .Hak kebebasan untuk memiliki susuatu .Hak kebebasan untuk bergerak.Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak 5.hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan .Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat .

maka pelaksanaan konsep HAM itu sendiri tidak boleh dipaksakan begitu saja. akan tetapi juga berlaku untuk para bangsawan dan keluarga kerajaan. Definisi HAM sekalipun sudah memiliki rumusan yang kongkret. Pengertian Hak Asasi Manusia / HAM Tanggal 10 Desember 2008 ini diperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hukum mulai berlaku tidak hanya untuk rakyat. PBB melalui organisasi-organisasi independen seringkali masih memaksakan definisi HAM berlaku bagi semua bangsa.Hak mendapatkan pengajaran .. Kalau teman-teman ada masih bingung seputar Hak Asasi Manusia / HAM silahkan dibaca lagi Pengerian Hak Asasi Manusia diatas agar teman-teman lebih paham tentang Apa itu Pengertian Hak Asasi Manusia. akan tetapi masih membawar persoalan yang sesungguhnya dapat melanggar butir-butir pokok di dalam definisi HAM itu sendiri. Pengertian HAM yang dimaksudkan di sini adalah HAM dalam arti universal atau HAM yang dianggap berlaku bagi semua bangsa. Piagam Magna Charta (Inggris) pada tahun 1215 membentuk suatu kekuasaan monarki yang terbatas.Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat Itulah tadi sedikit saya bahas mengenai Pengertian Hak Asasi Manusia dan Macam- Macam HAM. kemarin saya sudah membahas tentang Pengertian dan Fungsi Negara. setiap bangsa terbentuk dan dibentuk dari situasi dan sejarah masa lalu yang berbeda dengan bangsa-bangsa lainnya. Dimulai dari pengertian dasar. Contoh Kasus Pelanggaran HAM dan lain-lain yang berhubungan dengan Hak Asasi Manusia. Oh ya. Sejarah lahirnya HAM sesungguhnya sudah lama lahir jauh sebelum keluarnya Piagam . yaitu hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan atau disebut juga sebagai hak-hak dasar yang bersifat kodrati. Sejarah Singkat Konsep HAM yang sekarang ini diakui oleh PBB berasal dari sejarah pergolakan sosial di Eropa. Sementara itu. Lain waktu saya juga akan membahas tentang Pelanggaran Hak Asasi Manusia. Piagam Magna Carta atau disebut juga Magna Carta Libertatum (The Great Charter of Freedoms) dibuat di masa pemerintahan Raja John (King John of England) yang berlaku bagi raja-raja Inggris yang berkuasa berikutnya. Jika saja pemaksaan kehendak dianggap melanggar HAM.

Pakta Versailles (The Versailles Treaty) adalah aspek politik yang nampaknya tidak mendapatkan perhatian ketika diwujudkannya Deklarasi HAM tahun 1948. Pihak sekutu mempermasalahkan bentuk kekejaman kekuasaan Hitler yang ketika itu melakukan tindakan Genocide atau pemusnahan ras secara massal. Demikian pula halnya dengan sebagian negara yang memiliki ideologi khas seperti Indonesia sudah terlebih dahulu menuliskan konsep HAM dan pelaksanaannya. Seluruh bangsa di dunia ini yang melahirkan agama ataupun kepercayaan dan memiliki kitab sesungguhnya pula menuliskan sendiri konsep HAM maupun pelaksanaannya. Sebagai . Jerman mendapatkan hukuman untuk diblokade atau di- embargo secara ekonomi oleh negara-negara sekutu (pemenang perang). Konsep mengenai HAM mulai diperbincangkan dan dibahas kembali setelah berkecamuknya perang di Eropa (Perang Dunia I dan II). Embargo ekonomi bukan membuat Jerman lebih menghargai perdamaian. Agama yang dibawa oleh nabi-nabi di masa lalu sudah menuliskan dan sekaligus mengkonsepkan HAM dan pelaksanaannya di dalam kitab suci. Berakhirnya Perang Dunia II di Eropa pada tahun 1948 (paska kekalahan Jerman atas sekutu) kemudian dijadikan sebagai momentum dideklarasikannya konsep HAM yang dikenal “The Universal Declaration of Human Rights” yang selanjutnya menjadi asas dibentuknya organisasi PBB. maka Jerman paska PD I melakukan pembakaran uang seperti foto di samping ini. Inflasi tinggi dan tidak terkendali (hyper inflation) tercatat berlangsung dari tahun 1923 hingga 1924. Salah satu alasan Hitler jika dikatakan memulai Perang Dunia II adalah untuk menaklukkan dominasi negara-negara sekutu terhadap Jerman. Jika Indonesia dulu pernah melakukan apa yang disebut dengan pengguntingan mata uang. akan tetapi justru malah menjadi salah satu penyulut Perang Dunia II. Berdasarkan perjanjian ini. maka ini masih ditambahkan lagi dengan embargo paska Perjanjian Versailles. Ketidakseimbangan dalam perekonomian yang selanjutnya membentuk inflasi tinggi dikarenakan dampak dari embargo negara-negara sekutu melalui Perjanjian Versailles (1919).Magna Carta. Piagam Magna Carta lahir sendiri lahir dari pandangan konsep HAM dari kelompok agama (gereja) di Inggris. HAM Paska Perang Dunia I Kita akan mundur beberapa tahun dari tahun dibentuknya deklarasi HAM pada tahun 1948 ke tahun berakhirnya Perang Dunia I. Dasar pemikiran HAM ketika itu dilandasai oleh kekuasaan yang membatasi dan menghilangkan sejumlah hak-hak dasar manusia selama Perang Dunia II. Pihak Jerman sebagai pihak yang dianggap kalah perang pada Perang Dunia I dipaksa untuk menandatangani Perjanjian Versailles. Jika saja perekonomian suatu negara akan terkena imbas dari dampak perang.

Sekalipun Bangsa Jerman termasuk di dalam sejarah peradaban Eropa. Sejarah masa lalu paska kemerdekaan 1945 yang dipenuhi dengan gejolak politik di dalam negeri menyebabkan keterbatasan penyerapan nilai-nilai HAM. sekalipun dua negara seperti Spanyol dan Turki didominasi budaya Islam.P. Sejarah masa lalu dan kultur suatu bangsa hendaknya terlebih dahulu dihormati sebagai unsur pembentuk perilaku bangsa tersebut. Di sinilah batasan-batasan yang perlu diperhatikan ketika hendak menyamakan persepsi HAM. Perlu diakui jika penyamaan persepsi tentang HAM tidaklah mudah. tentunya sekutu tidak mungkin akan mengungkit soal Pakta Versailles. Setiap budaya yang lahir dan berkembang di dalam suatu bangsa memiliki cara pandang sendiri yang selanjutnya menciptakan nilai-nilai HAM pada bangsa tersebut. Tapi Memiliki Batasan Pada prinisipnya. Pelaksanaannya sendiri tidaklah sama antara satu bangsa dan bangsa-bangsa yang lainnya. yaitu Pancasila sesungguhnya pula sudah mengandung unsur-unsur yang terdapat pada “The Universal Declaration of Human Rights”. Pronk (Menkeu . Jika saja nilai-nilai ideologi yang kemudian diserap sebagai butir-butir HAM sesungguhnya belum lama diketahui. Seiring dengan berjalannya waktu. Butir-butiri pelaksanaan HAM yang dikenal “The Universal Declaration of Human Rights” oleh PBB tercipta dari kultur budaya di Eropa. Misalnya. Sekalipun Universal. setiap bangsa menciptakan sendiri konsep HAM dan pelaksanaannya ke dalam bentuk hukum adat ataupun bentuk hukum tertulis (seperti perundang-undangan). Segala bentuk perbedaan kepentingan bisa mengarah pada terciptanya situasi yang justru jauh dari apa yang diharapkan dengan terwujudnya HAM. sekalipun negeri ini sudah merdeka belum lama setelah dibentuknya PBB. Pergantian politik paska revolusi 1965 selanjutnya menyebabkan Bangsa Indonesia masuk ke dalam suatu rezim kekuasaan yang sama sekali tidak mengkedepankan nilai- nilai HAM. Perbedaan inilah yang selanjutnya juga diikuti dengan perbedaan pelaksanaan HAM di kedua negara. Sama halnya dengan pelaksanaan HAM pada bangsa-bangsa lainnya di dunia. Pengertian universal di sini tidak boleh diartikan sebagai bentuk alasan untuk melakukan suatu pemaksaan kehendak. akan tetapi Deklarasi HAM yang menjadi dasar dibentuknya PBB tidak bisa dipaksakan begitu saja ke semua bangsa.pihak pemenang perang. Istilah HAM sendiri sesungguhnya baru dikenal setelah J. akan tetapi sejarah di antara kedua bangsa ini sangat berbeda. termasuk kepada Bangsa Jerman sendiri. Ideologi dasar yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pengetahuan tentang HAM di Indonesia masih tergolong baru. setiap bangsa memiliki sendiri konsep HAM yang sesungguhnya tidak berbeda dengan konsep HAM yang didklarasikan pada tahun 1948.

Realisasi untuk menegakkan HAM sesuai dengan ideologi dasar Pancasila ataupun seperti yang tercantum dalam UUD 1945 masih pada taraf wacana publik. Mengenai pelaksanaannya. Baru setelah jatuhnya rezim Soeharto. akan tetapi sebagai suatu upaya untuk menjadikan suatu bangsa semakin beradab. Penegakan HAM tidak semata didukung oleh sikap moral. Dengan alasan apapun. Anda masih ingat dengan berita kasus aliran sesat dari kelompok yang dipimpin oleh Lia Eden?. Sekalipun demikian.Belanda) memaksakan pelaksanaan HAM ke dalam paket bantuan luar negeri. akan tetapi perlu pula mendapatkan dukungan secara politis. Untuk bisa dimasukkan ke dalam kurikulum nampaknya masih membutuhkan waktu guna melakukan penyesuaian internal yang terdapat dalam kurikulum nasional. Sekali lagi. Wasit tidak akan memperkenankan seorang petinju terus memukuli lawannya yang sudah terjatuh dan tidak berdaya. Dalam hal ini. Itu lah gambaran kecil tetang apa yang disebut sebagai perbuatan yang beradab. Di sini kita tidak berbicara soal keterkaitan HAM dengan aspek kesejahteraan dan kemajuan suatu bangsa. Pelaksanaan HAM di Indonesia sendiri sesungguhnya bisa dikatakan masih di atas kertas. bahkan telah dibentuk ke dalam kementrian dan departemen yang kemudian dikenal Departemen Hukum dan HAM (DepkumHAM). istilah HAM mulai dipopulerkan kembali. termasuk memasukkannya ke dalam tindakan kriminal. telah diatur melalui UU No 39 Tahun 1999 Tentang HAM dan UU No 26 Tahun 2000 Tentang Penyelenggaran Pengadilan HAM. landasan pemikiran ataupun pandangan tentang HAM yang terdapat di Indonesia tidak berbeda dengan konsep HAM yang dituangkan melalui ““The Universal Declaration of Human Rights” (1948). Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan landasan pokok yang membentuk konsep HAM di Indonesia. Sejauh ini. sistem yang berlaku belum mampu untuk mewujudkan tantanan . Hal yang sama dilakukan oleh pemerintah atas desakan kelompok yang mengaku perwakilan umat muslim terhadap pengikut Ahmadiyah. pelaksanaan HAM di Indonesia masih membutuhkan waktu yang panjang seiring dengan perubahan politik yang terjadi paska reformasi. pemerintah dianggap telah berlaku tidak adil dengan membiarkan pengikut Ahmadiyah menjadi korban kekerasan kelompok yang tidak mau mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum. Tentang HAM di Indonesia Seperti yang saya tuliskan sebelumnya. pemerintah sesungguhnya tidak memiliki hak untuk membubarkan organisasi keagamaan yang dibangun oleh Lia Eden. Soeharto sebagai penguasa rezim ketika itu menolak paket bantuan yang dimuati pelaksanaan HAM. Di sini saya akan sedikit menyinggung mengenai kesalahan penafsiran terhadap aliran sesat beberapa tahun belakangan ini.

maka kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu harus tetap dibuka. Dalam melakukan penyelidikan ini Komnas HAM dapat membentuk tim ad hoc yang terdiri atas Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan unsur masyarakat. UU No 26 tahun 2000 (download . c. tujuan. Instrumen nasional: a. Tap MPR No. kelengkapan. Komnas HAM didirikan dengan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Bukan bangsa lain yang melaksanakan. fungsi . Instrumen Internasional: a. tugas. Peraturan perundang-undangan nasional lain yang terkait. Instrumen Acuan Dalam melaksanakan fungsi.kemasyarakatan dan kebangsaaan yang adil dan beradab. UUD 1945 beserta amendemennya. asas.PDF. XVII/MPR/1998. UU No 39 Tahun 1999 (download . serta tugas dan wewenang Komnas HAM. Sejak 1999 keberadaan Komnas HAM didasarkan pada undang-undang.64 Kb). 26/2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia. Deklarasi Universal HAM 1948.keanggotaan. Komnas HAM juga berwenang melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang berat dengan dikeluarkannya UU No 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia. yakni Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 yang juga menetapkan keberadaan. 103. 76. . perlukah kita membukanya kembali? Jika Bangsa Indonesia menginginkan dirinya menjadi bangsa yang semakin beradab di kemudian hari. Mengenai pelanggaran HAM di masa lalu. dan wewenang guna mencapai tujuannya Komnas HAM menggunakan sebagai acuan instrumen-instrumen yang berkaitan dengan HAM. d.PDF. b. 1945 (link) b. Berdasarkan Undang-undang No. Tambahan Tentang Komnas HAM Pada awalnya. Di samping kewenangan menurut UU No 39 Tahun 1999. e. akan tetapi hanya bisa dilaksanakan dan diwujudkan oleh Bangsa Indonesia sendiri.81 Kb). Piagam PBB. Pendidikan mengenai HAM harus dimulai dengan mengenal terlebih dahulu diri sendiri sebelum akhirnya membentuk rancangan pelaksanaan HAM yang lebih baik. Komnas HAM adalah lembaga yang berwenang menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang berat. baik nasional maupun Internasional.

sbb. 1. Instrumen internasional lain mengenai HAM yang telah disahkan dan diterima oleh Indonesia. Menimbang bahwa pengakuan atas martabat manusia yang melekat dan hak-hak yang setara serta tidak dapat diasingkan dari semua anggota keluarga manusia itu adalah dasar kebebasan. Semakin manusia memperhatikan hak-hak asasi. Justru letak harga diri manusia itu pada penghargaan akan martabat manusia atau pada penghargaan akan hak-hak yang sangat mendasar itu. semakin manusia itu beradab. 1. yang dimiliki oleh manusia. semakin manusia itu biadab. Dr. mau dinyatakan kepada masyarakat dunia bahwa hak-hak yang benar-benar asasi itu sangatlah penting dan harus diperhatikan. Macam-Macam Hak-Hak Asasi Manusia 14May10 Prof. Deklarasi itu diperkaya dan ditambah dengan deretan hak-hak lain dalam berbagai instrumen Perserikatan Bangsa-Bangsa sesudah itu. tetapi hak-hak dasar yang ada pada manusia sudahlah dikemukakan di dalamnya. keadilan dan perdamaian di dunia. Sekalipun Deklarasi itu sudah berusia lebih dari lima puluh tahun. Kita harus memperhatikan konsiderans dalam mukadimah Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa. yang dihasilkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa. Dalam Deklarasi itu dikemukakan sebanyak tiga puluh hak yang fundamental. . Dengan adanya dokumen-dokumen yang sifatnya internasional.c. Menimbang bahwa mengabaikan dan meremehkan hak-hak asasi manusia telah menghasilkan dalam tindakan-tindakan barbar yang telah melecehkan hati nurani umat manusia. tetapi semakin manusia itu melecehkan hak-hak asasi. 2. dan terbentuknya suatu dunia yang makhluk manusia akan menikmati kebebasan berbicara dan beriman serta kebebasan dari ketakutan dan kehendak yang telah diwartakan sebagai aspirasi yang tertinggi dari rakyat biasa. Martino Sardi Perserikatan Bangsa-bangsa pada tanggal 10 Desember 1948 mempro-klamasikan deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia. 2. namun isi dari Deklarasi itu tetaplah aktual. Deklarasi itu dipengaruhi oleh jaman dan keadaan dunia pada waktu itu.

4. 7. Menimbang bahwa hak-hak asasi manusia itu dasariah. Majelis Umum dengan ini memproklamasikan Deklarasi Universal tentang Hak-hak Asasi Manusia sebagai suatu standar umum hasil yang harus dicapai oleh semua rakyat dan semua negara. 7. supaya orang tidak akan terpaksa memilih sebagai usaha terakhir untuk pemberontakan melawan tirani dan penindasan. 4. 3. akan berusaha dengan jalan mengajar dan mendidik untuk memajukan penghargaan pada hak-hak ini dan kebebasan-kebebasan tersebut. 5. Daftar Hak Asasi Manusia dalam deklarasi Universal ini bukanlah hukum yang dapat dipakai sebagai dasar untuk menuntut. Menimbang bahwa rakyat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa di dalam Piagamnya telah menyatakan kembali kepercayaan mereka akan hak-hak manusia yang fundamental. dan dengan ukuran progresif yang bersifat nasional dan internasional. 6. dengan dukungan pemerintah suatu negara atau pun berbagai lembaga . 3. dan telah menetapkan untuk mempromosikan kemajuan sosial dan standar hidup yang lebih baik dalam kebebasan yang lebih luas. pemajuan penghargaan universal dan penghormatan pada hak-hak asasi manusia dan kebebasan-kebebasan dasariah. 8. yang hendaknya dilindungi oleh tata peraturan hukum. Menimbang bahwa Negara-Negara Anggota telah menjanjikan diri guna mencapai. akan martabat dan nilai pribadi manusia dan akan hak-hak yang setara antara laki-laki dan perempuan. 6. guna menjamin pengakuan dan penghormatannya yang universal dan efektif. dengan tujuan agar setiap individu dan setiap organ dalam masyarakat dengan secara tetap mengingat Deklarasi ini. kalau dilanggar. Dengan tujuh pertimbangan tersebut di atas. Perserikatan Bangsa-bangsa merumuskan daftar Hak Asasi Manusia itu “sebagai suatu standar umum hasil yang harus dicapai oleh semua rakyat dan semua negara”. 5. Menimbang bahwa adalah dasariah untuk memajukan pembangunan hubungan persahabatan antara negara-negara. maka. dalam bekerjasama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. baik oleh rakyat dari Negara-Negara Anggota sendiri maupun oleh rakyat dari daerah-daerah yang berada di bawah yurisdiksi mereka”. Menimbang bahwa pemahaman umum akan hak-hak dan kebebasan- kebebasan itu begitu penting guna perelisasian yang penuh dari janji ini. tetapi sebagai ukuran umum yang diharapkan akan dapat dilaksanakan oleh semua orang.

14. sampai kesalahannya terbukti. Hak atas suatu kewarganegaraan. hati nurani dan beragama dan bebas berganti agama. kehendak rakyat harus menjadi dasar kekuasaan pemerintahan. 11. Hak kesamaan dalam kebebasan dan martabat 2. 17. 13. 15. menerima dan menyampaikan informasi dan buah pikiran lewat media. hak untuk bebas dari intervensi urusan pribadi. dan tidak boleh dirampas dengan semena-mena. 18. hak terlaksana hak-hak ekonomi. Hak mendapatkan persamaan di muka hukum dan perlindungan tanpa diskriminasi. Hak atas jaminan sosial. Hak untuk mencari dad menikmati suaka politik di negeri lain. Hak mendapatkan pengadilan dalam pengadilan nasional yang kompeten 9. kebebasan dan keselamatan sebagai pribadi 4. mencari. Hak untuk menikah dan membentuk keluarga. Hak privacy. rumah tangga dan korespondensi. Hak berpartisipasi dalam pemerintahan negara. Tidak seorangpun boleh ditangkap. 8. Hak atas kebebasan bergerak dan tinggal di dalam batas-batas setiap negara. 20. 22. 19. Hak untuk memiliki harta baik secara pribadi maupun bersama. Kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat tanpa gangguan. dan tak seorangpun dapat dipaksa untuk ikut suatu perkumpulan. Hak untuk bebas dari perbudakan dan perhambaan 5. dan mendapat perlindungan darinya. Hak pengakuan sebagai seorang pribadi di muka hukum di mana saja berada 7. 16. pernikahan berdasarkan pilihan bebas dan persetujuan kedua mempelai. dan tak seorang pun boleh semena-mena mencabutnya. Kehendak itu nyata dalam pemilu. 21. Berikut ini.yang mempunyai perhatian akan Hak Asasi Manusia. Hak atas peradilan yang adil dan terbuka. 12. Hak atas kehidupan. sosial dan budaya demi . disajikan ringkasan tigapuluh artikel Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia tahun 1948 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa: 1. Dengan demikian daftar Hak Asasi Manusia yang ada dalam deklarasi universal itu merupakan bahan yang dapat dipakai untuk membuat hukum suatu negara. Kebebasan berkumpul dan berserikat dengan tujuan damai. Kebebasan berfikir. keluarga. Hak atas praduga tak bersalah. 10. ditahan atau dibuang secara sewenang- wenang. Keluarga itu kesatuan kodrati dan dasariah hidupbermasyarakat dan mendapat perlindungan. Hak untuk bebas dari diskriminasi 3. hak bebas berganti kewarganegaraannya. Hak untuk bebas dari tindak penyiksaan dan hukuman yang tidak manusiawi 6. tanpa diskriminatif.

libur berkala dengan tetap menerima gaji. Hak Asasi itu mengalami perkembangannya juga. Misalnya hak-hak anak yang belum lahir yang harus mendapat perlindungan (unborn child rights). dan perlindungan karya ilmiah. agama. yang mengarahkan ke penghargaan Hak-hak Asasi Manusia dan kebebasan fundamental. Dengan demikian damai akan terpelihara. 24. Manusia mempunyai hak-hak yang sungguh-sungguh fundamental dan tidak boleh dilecehkan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun juga .it. toleransi dan persaudaraan antar bangsa. E- mail: jserena@tiscali. 30. sehingga hak-hak asasi dihargai. 25. pembatasan jam kerja. Hak untuk beristirahat. . dapat mengembangkan kepribdiannya dengan bebas dan penuh. Hak ikutserta dalam kehidupan budaya masyarakat. msardi29@gmail. sehingga terjadi saling pengertian. Hak untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan yang adil. 23. Pelanggaran terhadap Hak-Hak Asasi Manusia merupakan suatu tindakan jahat .Hak atas tatanan sosial dan internasional. Penulis Direktur Pusat Studi HAM dan Demokrasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 29. 26. dan respek terhadap hak-hak asasi. 27. kelompok.pertumbuhan martabatnya. Kewajiban terhadap masyarakat.com. Hak-hak Asasi Manusia itu bukan hanya yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 1948 ini. 28. Hak atas taraf kehidupan yang memadai untuk kesehatan dan kesejahteraan keluarga. yang merendahkan martabat manusia. Hak atas pendidikan. Hak-hak yang menyatu dengan kehidupan manusia dan tidak dapat dilepaskan dari kemanusiaannya itu merupakan hak asasi yang harus dilindungi dan dipertahankan. libur dalam rangka kerja. sastra atau seni yang diciptakannya. dan bebas memasuki serikat kerja. hak hidup damai dan tenteram. dls. hak pembangunan. Hak dan kebebasan dalam Pernyataan ini tak boleh dirusak. 28.