Standar Operasional

Prosedur Tahap Pertama
Indonesia’s Medical Student Health
Ambassador (IMSHA)

Health Policy Studies Wilayah
Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Wilayah 1
2017

com 2) PesertamenyertakanCurriculum Vitae / Biodatapadaberkaspendaftaranpeserta 3) Pesertamenyertakansuratpernyataanpadaberkaspendaftaranpeserta 4) Pesertamenyertakansuratrekomendasiketua BEM/ ketuasenat/ ketua KEMA padaberkaspendaftaranpeserta 5) PesertamengirimkanMotivation letter. danmengirimkannyasebelumtanggal18 Junikealamat email hps. Deskripsi Singkat Meningkatkan kesehatan bukan hanya tugas dari pemerintah saja.I. sudah seharusnya kita tidak berdiam saja melihat banyak rakyat Indonesia yan tidak sehat. Kita harus peduli dan melakukan apa saja untuk meningkatkan kesehatan sesuai dengan kapasistas kita. Sebuah tindakan kecil akan menjadi suatu dampak yang besar nantinya. masyarakat juga mempunyai andil dalam mewujudkan Indonesia yang sehat. Indonesia’s Medical Student Health Ambassador (IMSHA) yang adalah program kerja bidang Health Policy Study ISMKI Wilayah 1merupakan suatu ajang perlombaan pemilihan duta kesehatan Indonesia dari mahasiswa/i fakultas kedokteran. Sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang merupakan kaum intelektual. .wilayah1@gmail.ismki. Kepedulian akan masalah kesehatan di sekitar lingkungan harus dibangun mulai dari semasa pendidikan kedokteran karena dimasa yang akan datang kita akan menjadi seorang dokter yang harus peduli dengan kesehatan di sekitar kita. Essayserta video durasisingkatpadaberkaspendaftaranpeserta.rancangancampaign. Ketentuan Peserta KetentuanpesertaPesertaialahmahasiswaaktif yang tercatatsebagaisalahsatumahasiswa di 20FakultasKedokteran yang tergabungdalam ISMKI Wilayah 1 1) Pesertamengisi form pendaftaran Indonesia’s Medical Students Health Ambassador ISMKI Wilayah 1sertamelengkapikelengkapanberkaspersyaratan. II.

TAHAP PENJARINGAN . Peserta diharuskan melakukan kampanye kesehatan secara offline (berikan bukti berupa foto kegiatan) atau online (disebar melalui media sosial e. Panduan Pendaftaran 1. 5. 2015. tahap semi-final.000. Apabila peserta dinyatakan lolos seleksi interview. maka peserta berhak maju ke babak selanjutnya yaitu health media campaign. Peserta dapat mengunduh atau mengakses formulir pendaftaran. dan final wilayah. 6. 8.g. Pada tahap open recruitment peserta mengirimkan formulir pendaftaran. maupun menggunakan media lainnya kepada mahasiswa-mahasiswa lain maupun masyarakat. Peserta menggunakantema SDGs: Good Health and Well-Being dengan topik “Non- Communicable Disease (NCD)” 4. surat rekomendasi Ketua BEM Fakultas/ Gubernur Mahasiswa Fakultas serta draft topik (esai) yang berisi latar belakang dan urgensi topik yang dipilihkan kepada peserta dan media kampanye yang akan digunakan (poster dan atau video). youtube. Peserta diberikan waktu selama 42 hari (periode 9 Juli – 20 Agustus 2017)* untuk dapat membuat dan melakukan kampanye kesehatan berupa video. Peserta adalah mahasiswa fakultas kedokteran dengan program pendidikan kedokteran yang sedang menjalani masa pendidikan pre-klinik angkatan 2014. twitter. surat pernyataan peserta. 3. curriculum vitae. A. Pengumpulan berkas paling akhir pada tanggal 18 Juni 2017 pada pukul 23. Karya yang dibuat merupakan karya asli (orisinil) dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Ketentuan Kompetisi Kompetisi IMSHA pada tahap Wilayah terdiri atas 3tahap yaitu tahap penjaringan. dan curriculum vitae (terlampir). 7. 2. IV. surat pernyataan peserta (terlampir) yang bermaterai Rp 6.59 WIB*. dan 2016. poster.III. dimana final secara nasional akan dilaksanakanpada Indonesia Medical Student Summit 2018. Instagram. line dll).

instagram.Perubahan apa yang bisa dilakukan bersama ISMKI mengenai masalah tersebut . d. Spasi 1.Alasan mengapa ingin menjadi Indonesia Medical Student Health Ambassador ISMKI Wilayah 1 . c.Urgensi masalah/topik tersebut . kanan dan 4cm pada sisi kiri. Ketentuan Karya Peserta) . Campaign dilaksanakan dapat berupa campaign online berupa publikasi media campaign (poster dan atau video) melalui media youtube. Peserta mengumpulkan CV.Sasaran subjek campain . Tahap semi-final diikuti oleh 8 peserta dengan nilai tertinggi pada penilaian kompetisi tahap penjaringan b. bawah. dan line (liat bagian V. Diadakan interview melalui line untuk mengatahui pemahaman peserta mengenai essay yang dibuat. surat pengantar dapat disiapkan oleh pihak panitia) dengan output berupa video singkat berdurasi 5 menit dan 10 foto dokumentasi.5 menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12point sepanjang 3 s/d 6 Halaman. B. Campaign dilaksanakan dapat berupa campaign offline langsung ke masyarakat (maksimal pada tingkat puskesmas. Peserta diminta untuk membuat dan mengumpulkan video yang menampilkan wajah peserta berdurasi 3 menit yang menyampaikan tentang . line.Isu / Topik dari tema bahasan yang akan diangkat .Indikator keberhasilan campaign Penulisan konsep campaign dengan ketentuan diketik pada kertas A4 dengan margin 3cm di sisi atas. Peserta diminta untuk mengumpulkan konsep campaign yang berisikan uraian singkat mengenai rencana kampanye yang akan dilaksanakan berisikan .Kelebihan yang anda unggulkan sehingga pantas untuk menjadi Indonesia Medical Student Health Ambassador ISMKI Wilayah 1 d. Peserta diminta untuk mewujudkan rancangan konsep campaign yang telah dibuat c. dan surat rekomendasi ketua HIMA / ketua BEM b. surat pernyataan diri.Tujuan diadakan campaign .Rancangan media campaign . TAHAP SEMI-FINAL a. a.

sari pustaka. C. Ketentuan karya peserta: a. Pekanbaru. TAHAP FINAL Hasil pemilihan 2 peserta dengan nilai tertinggi pada kompetisi tahap Semi- Finalakan masuk ke Tahap FinalWilayah 1(yakni 1 peserta terbaik) yang akan dilaksanakan saat kegiatan Final IMSHA di Regional Meeting ISMKI Wilayah 1 2017 di Universitas Riau. hasil penelitian yang sudah dipublikasikan di majalah kesehatan populer / website (lampirkan dalam draft essay) c. Urut #IMSHA2017 #ISMKISatu @ismki_wilayah1 . Urut (publikasikan lewat youtube dan submit link nya kepada CP IMSHA 2017) Format video adalah . Judul video : Indonesia’s Medical Student Health Ambassador Wil1_NCD_No. Video: durasi maksimal adalah 3 menit dengan ketentuan : latar belakang – isi – kesimpulan / solusi. Peserta mecantumkan deskripsi yang sesuai dengan karya peserta Ketentuan masing-masing karya: a. Sumber yang digunakan dapat berasal dari literatur.FLV b.MP4 atau . Poster berisikan : judul – latar belakang . Peserta akan mempresentasikan hasil campaign secara langsung dan juga campaign online selama maksimal 8 menit dan menjawab pertanyaan dari juri seputar masalah kesehatan di Indonesia yang juga terkait Non- Communicable Disease (NCD) V. Caption LINE/ IG : [deskripsi singkat tentang campaign] Indonesia’s Medical Student Health Ambassador_Wilayah 1_NCD_No.isi – solusi. Peserta wajib menentukan hasil atau output yang ingin dicapai dengan karyanya d. Judul karya harus bisa menggambarkan tema dan isi yang akan disampaikan b.

Resolusi poster : Portrait : 210 x 297 mm Landscape : 297 x 210 mm Square : 1200x1200 mm Soft Copy Rancangan campaign poster dan/atau video dikirim ke email hps. HPS ISMKI Wilayah 1 akan memilih 1 pesertaterbaik dari masing-masing wilayah melalui mekanisme wilayah yang akan maju menuju tahapan final IMSHA nasional.com * Media karya yang digunakan bebas pilih salah satu atau boleh keduanya. .  Pada tahap final wilayah. dan website ISMKI Wilayah 1: wilayah1.org dan website ISMKI wilayah masing-masing. akan dipilih 2 peserta terbaik yang maju ke tahap final wilayah yang akan diumumkan pada saat Rakornas ISMKI Nasional 2017. Instagram:@ismki_wilayah1. LINE) maupun foto kegiatan wajib diberitahukan kepada pihak ISMKI dengan tag : @ismki_wilayah1beserta link video nya (bila menggunakan video).  Peserta yang lolos ke tahap final wajib mengikuti ketentuan yang tertera pada Buku Panduan Tahap Kedua.ismki. serta diumumkan via media sosial ISMKI dan ISMKI Wilayah 1 (OA Line ISMKI Wilayah 1: @ule7535k .  Pengumuman peserta per tahap seleksi akan diumumkan di website http://ismki.  Karya yang disebar melalui media sosial (instagram.org).ismki.wilayah1@gmail. Setiap postingan karya yang dilakukan oleh peserta wajib mencantumkan hashtag: #IMSHA2017 dan #ISMKISatu  Setiap postingan karya yang dilakukan oleh peserta wajib mencantumkan hashtag: #IMSHA2017 dan #ISMKISatu  Pada tahap health campaign (semifinal) ini.

maksimal 3 halaman.21 Juni: Pendaftaran IMSHA Wilayah 1 2.comdengan cc : hps. 24 Juni. 13 Juni. VI. Ketentuan: Peserta dipersilahkan memperkenalkan diri secara singkat dan menjelaskan bagaimana cara peserta berinisiatif untuk mempublikasikan karya dan menyampaikan maksud pesan karya lewat media sosial Jelaskan secara singkat.org setelah tahap pertama selesai. Curriculum vitae. 23 Juni : Pengumuman lolos berkas 4. surat pernyataan peserta dan draft topik dapat dikirim ke email HPS wilayah 1 yaitu hps. Topik Kematian dini akibat penyakit tidak menular (NCD).com VIII. 22 Juni : Seleksi Berkas 3.wilayah1@gmail. Timeline 1. 8 Juli: Pengumuman lolos interview .ismki2017@gmail.  Buku Panduan Tahap Kedua akan dirilis di website http://ismki. Tema SDGs: Good Health and Well-Being VII.  Peserta yang lolos ke tahap selanjutnya wajib hadir pada acara IMSS 2018 (Februari 2018) untuk mengikuti babak final.ismki.4 Juli : Interview 5. tepat. padat. Minimal 1 halaman.

Rakornas 2017 : Pengumuman calon wilayah 9.6. Pekanbaru . 7 September-11 September : Final dan Pengumuman hasil IMSHA 2017 Wilayah 1 bersamaan dengan Regional Meeting ISMKI Wilayah 1 di Universitas Riau. 9 Juli – 20 Agustus : Kampanye kesehatan 7.29 Agustus : Penilaian Kampanye 8. 22 Agustus .

..... Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya............... ....... (------------------------------------------- )Tanda Tangan dan Nama Jelas .... untuk memenuhi salah satu persyaratan mengikuti acara Indonesia’s Medical Students Health Ambassador 2017 Wilayah 1..... saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : Tempat Tanggal Lahir : Jenis Kelamin : Universitas / angkatan : Menyatakan bersedia mengikuti rangkaian acara Indonesia’s Medical Students Health Ambassador 2017 Wilayah 1 sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan panitia dan bahwa hasil tulisan dan karya yang saya buat adalah asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.2017 Calon peserta.... SURAT PERNYATAAN Indonesia’s Medical Students Health Ambassador 2017 Dengan hormat...................

.. Pilihan tema : 7. CURRICULUM VITAE Indonesia’s Medical Students Health Ambassador 2017Wilayah 1 1.. Email : 9...…. Nama lengkap : 2........ No.. . Jenis kelamin : Laki-laki/ Perempuan 4..... Asal Universitas : 5.. (……………………………………) Tanda tangan & nama jelas . HP : 8.... Tempat / tanggal lahir : 3... 2017 Hormat Saya.... Alamat Tinggal :  Nama Jalan :  Kota/Kabupaten:  Provinsi :  Kode Pos : 6.. Riwayat Pengalaman Organisasi / Kepanitiaan (bisa ditambahkan sendiri sesuai kebutuhan) : No Organisasi Tahun ..

5 Menggunakan f jenis Times New Roman ukuran 12 point) . MOTIVATION LETTER (A4 Margin 3 cm disetiap sisi kecuali sisi kiri 4 cm Spasi 1.