Desain Kemasan Jus Menggunakan Zip Lock

Pouch Bag
Ditujukan Guna Memenuhi Tugas Teknik Kemasan dan Penyimpanan

Disusun Oleh :
Akbar Eka Prasetya
131910101103

PROGAM STUDI S1 TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER
2016

penulis menyarankan desain baru dalam produk kemasan jus tersebut. marketing dan Logistik dimana kemasan menjual produk dengan menarik perhatian dan mengkomunikasikannya. material. Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk. Desain Awal Desain awal kemasan dari penjual jus berupa berupa gelas plastik yang tutupnya dipres. Dalam pembahasan kali ini penulis menemukan permasalahan dimana penjualan jus di daerah kampus Universitas Jember kemasannya menggunakan kemasan yang sama. . busuk. tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. citra. kemasan juga memiliki beberapa fungsi lain. Berikut merupakan kemasan awal dari jus buah. 2. Kemasan melindungi produk dalam pergerakan. struktur. atau kehilangan melalui pencurian atau kesalahan penempatan. Kemasan digunakan untuk membungkus. yaitu sebagai berikut: 1. Kemasan memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk. Selain berfungsi sebagai media pemasaran. mengeluarkan. namun ada juga sebagian penjual yang menggunakan tutup cup biasa sebagai tutup gelasnya. 3. warna. Salah satu fungsi dasar kemasan adalah untuk mengurangi terjadinya kehancuran. menyimpan. Kemasan ini digunakan oleh hampir seluruh penjual jus di daerah kampus. mengirim. yaitu gelas plastik. Sebagai terobosan baru. mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar. melindungi. Kombinasi dari keduanya.

dalam hal ini ketika setelah diminum dan masih ada sisa jus. Kelebihan dari kemasan ini harganya murah dan tidak sulit mendapatkannya. jus tidak bisa disimpan kembali pada kemasannya. konsumen harus menjaga agar jus . minuman yang ada di dalamnya mudah tumpah dan ketika jus sudah dibuka. Kekurangan dari kemasan ini menurut penulis yaitu desainnya tidak bervariasi.

ini tidak tumpah dengan cara memegangnya. Kantong zip lock yaitu kantung yang bisa menjadi wadah makanan atau minuman yang kelebihannya bisa ditutup dan dibuka kembali. Desain Akhir Sebagai terobosan dalam pengemasan jus. Penulis sengaja memilih zip lock pouch bag sebagai kemasan jus karena selain unik. . penulis memilih kantong zip lock sebagai kemasan jus. yaitu dapat ditutup rapat sehingga jus tadi tidak akan meluber keluar ketika ditutup kembali. Berikut ini merupakan desainnya. dalam hal ini minuman tidak akan meluber keluar ketika ditutup karena sistem pengunciannya sangat rapat. sehingga sangat efisien untuk dibawa kemana-mana. zip lock pouch bag juga unggul dalam fungsinya. tidak bisa langsung dimasukkan ke dalam tas dan sebagainya.